• Selerasa.com

Tips dan Tricks

aneka tips dan trik

Temukan tips dan trik menarik dari mengolah bahan-bahan yang ada disekitar anda menjadi sesuatu yang berguna yang dapat anda gunakan kembali. Dengan menyimak tips dan trik kali ini diharapkan mampu membantu anda mengolah bahan-bahan yang tak terduga menjadi bernilai guna. Yuk, simak disini tips dan tricksnya. 

Tips Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kotak Makan Si Kecil

Membekali anak-anak dengan aneka ragam makanan rumahan tentu menjadi hal yang baik untuk ibu lakukan. Apalagi jika saat ini melihat banyaknya aneka jajanan yang kurang sehat dan aman untuk si buah hati, rasanya membuat pilihan memberikan bekal makanan dari rumah menjadi alternatif paling baik untuk menghindarkan mereka dari bahaya konsumsi makanan atau jajanan di sekolah yang kurang menyehatkan.

Selain sehat, makanan yang ibu masak sendiri di rumah untuk dijadikan bekal makan si kecil ke sekolah. Tentu memberikan kesempatan ibu dapat memastikan si kecil mendapatkan asupan gizi yang mereka butuhkan.

Apalagi namanya anak-anak di usia mereka saat ini tentunya mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Dimana fase ini menuntut ibu mampu memberikan asupan nutrisi dan gizi yang mereka butuhkan.

Dengan demikian tumbuh kembang si kecil akan dapat terjaga dengan baik.

Tips Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Kotak Makan Si Kecil

Sayangnya, selain kebingungan dengan menu makanan yang terus diganti setiap harinya. Masalah lain yang akan mungkin ibu hadapi adalah permasalahan bau tidak sedap yang seringkali muncul pada kotak nasi si kecil.

Aroma bau yang timbul dari sisa makanan yang tertinggal pada kotak bekal si kecil memang seringkali membuat ibu kebingungan membersihkannya. Namun tak perlu khawatir dibawah ini kami akan berikan beberapa tips penting hanya untuk anda.

Atasi dengan Koran yang Diremas

Cara pertama yang akan bisa anda lakukan untuk mengatasi bau tidak sedap dari kotak makan bekal si kecil adalah dengan menggunakan koran yang diremas. Dengan begini anda tidak perlu repot mencari dan menggali cara untuk dapat mengatasi bau amis atau tidak sedap ini pada kotak makan si kecil.

Jadi demikian, ketika anda berlangganan koran di rumah maka jangan buang koran bekas yang sudah tidak lagi terpakai. Sebab barang ini akan dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang sedang ibu hadapi saat ini.

Lantas mengapa koran? Hal ini dikarenakan koran dikenal sebagai salah satu barang tak terduga yang kaitannya erat untuk menyerap bau tidak sedap pada sebuah peralatan. Termasuk dengan bau tidak sedap yang ada pada kotak bekal si kecil.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu untuk meremas koran bekas yang sudah tidak terpakai. Lalu masukkan dalam kotak nasi si kecil dan gosok-gosokkan dengan perlahan pada setiap sudutnya sampai bersih. Diamkan sementara dan tutupi kotak makan dengan tutupnya.

Setelah beberapa saat anda akan mendapati kotak makan si kecil bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring. Untuk mengecek berhasil atau tidaknya maka setelah dicuci anda bisa mencium bagian dalam kotak makan si kecil.

Serap Bau dengan Arang

Tahukah anda? Arang bukan hanya dapat bekerja untuk membersihkan kotoran dan menyerapnya dengan baik. Namun juga bau yang tidak sedap akan dapat diatasi dengan menggunakan arang. Cara yang satu ini akan tentu bermanfaat untuk anda yang tengah dirundung masalah dengan bau tidak sedap pada kotak makan si buah hati.

Biasanya permasalahan mengatasi bau ini sulit sekali anda atasi. Nah, daripada mengganti kotak nasi dengan yang baru, mengapa tidak mencoba langkah mudah kali ini dengan menggunakan arang.

Hanya saja, mempertimbangkan arang akan mungkin meninggalkan bekas hitam pada kotak nasi. Maka sebaiknya, lakukan percobaan terlebih dahulu apakah noda arang akan bisa dibersihkan dengan sabun pencuci piring atau tidak.

Adapun cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyimpan arang langsung didalam kotak nasi. Lalu tutupi bagian atasnya dengan menggunakan penutup. Baru setelah itu, diamkan selama beberapa saat atau seharian.

Keesokan harinya anda akan dapat membersihkan kotak nasi dengan menggunakan sabun pencuci secara merata. Selanjutnya silahkan coba apakah cara ini berhasil atau tidak. Sebab biasanya untuk bahan plastik cara ini akan cukup efektif.

Oleskan Baking Soda

Mendapati kotak nasi si buah hati dihinggapi bau yang kurang sedap maka mungkin membuat ibu bingung dengan kondisi ini. Bila tidak diatasi dengan baik maka mungkin bau ini akan berimbas pada makanan yang anda masukkan kedalamnya.

Bukan tidak mungkin makanan segar yang ibu masukkan kedalam kotak nasi si kecil mudah tercium bau akibat bau yang dibawa oleh kotak nasinya. Selain itu, sisa bau yang tersisa pada kotak nasi bisa mungkin menimbulkan makanan yang ibu masukkan kedalamnya menjadi mudah basi.

Untuknyalah penting sekali mencari cara untuk dapat mengatasi masalah ini dengan baik. Nah, daripada kebingungan dengan membuang kotak nasi yang baru. Maka mungkin hal ini akan dapat menghamburkan uang yang banyak. Daripada dibuang mengapa tidak mengatasi masalah ini dengan baik?

Salah satunya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda adalah salah satu bahan membuat kue yang umum dijumpai. Dengan begini maka anda akan lebih mudah untuk menemukan bahan yang satu ini dimana saja.

Cara penggunaan bahan yang satu ini sebenarnya cukup mudah. ANda hanya perlu membentuk baking soda menjadi pasta. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air dan aduk-aduk sampai bahan ini menjadi mengental.

Baru setelah itu, oleskan pada bagian permukaan kotak nasi dan diamkan selama seharian agar manfaatnya dapat bekerja dengan baik dan merata dalam membersihkan bau pada kotak nasi si kecil.

Gunakan Kopi

Bahan lain yang akan dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kotak nasi si buah hati adalah dengan menggunakan kopi. Bahan yang satu ini sudah sejak dulu dikenal sebagai bahan yang baik untuk dapat menyerap bau dari peralatan atau sebuah barang.

Kandungan kafein pada kopi pun akan dapat anda manfaat dengan baik untuk membersihkan peralatan dari noda yang menempel. Untuk itu, maka bahan yang satu ini akan efektif anda gunakan dengan baik untuk mengatasi bau yang menyengat.

Adapun jenis kopi yang dibutuhkan untuk dapat membersihkan bau dari kotak nasi si buah hati adalah kopi bubuk. Kopi hitam bubuk tanpa campuran gula atau campuran lainnya adalah jenis kopi yang efektif untuk mengatasi masalah bau pada kotak nasi.

Untuk itulah, anda akan dapat menggunakan bahan ini dengan cara menaburkan kopi secara langsung pada kotak nasi lalu ratakan dengan menggunakan tangan. Atau anda bisa memasukkannya dengan cara mengaduk-aduk dan tutupi bagian atasnya secara merata.

Tunggu selama kurang lebih seharian dan esok harinya anda akan dapat membersihkan sajian ini secara merata. Cuci bersih wadah nasi si kecil dengan menggunakan air dan bersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring.

Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Sudah sejak lama bahan lemon atau jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Baik pada makanan atau mungkin pada peralatan memasak, lemon menjadi bahan alami yang baik untuk mengatasi bau yang tidak sedap semacam ini. Untuk itulah tak heran bila bahan yang satu ini akan dapat anda manfaat dengan baik.

Selain itu, bila kita jeli melihat ada banyak bahan pencuci piring yang menggunakan lemon atau jeruk nipis sebagai bahan utama produk pencuci piringnya. Hal ini seolah menjelaskan dengan gambling bahwa bahan ini akan sangat baik untuk membersihkan abu dan kotoran pada kotak nasi dan peralatan makan lainnya.

Untuk itulah, anda akan bisa memanfaatkan bahan ini dengan baik untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kotak makan si kecil. Caranya cukup mudah, anda hanya butuh satu sampai dengan dua buah jeruk lemon. Belah menjadi dua dan oleskan pada semua permukaan kotak nasi.

Tunggu selama beberapa saat dan esok harinya anda akan dapat membersihkan kotak nasi si kecil seperti biasa dengan menambahkan sabun pencuci piring kedalamnya. Lalu gosok secara merata hingga kotoran dan lemak bisa dibersihkan dengan baik.

Gunakan Ampas Teh

Bahan lainnya yang akan bermanfaat baik untuk mengatasi bau amis pada kotak nasi dan peralatan makan lainnya yakni dengan menggunakan ampas teh. Terkadang menghadapi masalah seperti bau tidak sedap pada peralatan makan meski sudah dibersihkan dengan baik dan menggunakan sabun cuci piring. Namun bau yang ditinggalkan masih saja tercium kentara maka mungkin hal ini bisa menjadi hal yang sangat membingungkan.

Namun tidak kali ini, bila anda memiliki ampas teh di rumah atau untuk anda yang seringkali menikmati teh celup. Maka mulai saat ini jangan buang ampas kantung teh yang anda gunakan. Sebab bahan ini akan dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kotak makan si kecil.

Caranya cukup mudah dan hampir mirip dengan beberapa langkah diatas yang kita praktikan dari beberapa bahan sebelumnya. Anda hanya perlu mengeluarkan ampas teh dari kantungnya dan perlahan aplikasikan secara menyeluruh pada bagian dalam kotak nasi.

Termasuk pada bagian penutupnya secara merata. Selanjutnya tutup dengan rapat dan anda akan dapat membersihkan sajian ini esok harinya. Seperti biasanya anda akan dapat menggunakan sabun pencuci piring secara merata. Lalu bersihkan seperti biasanya. Dengan begini anda akan mendapati kotak makan si kecil terbebas dari bau yang menyengat.

Manfaatkan Jahe

Cara terkahir yang akan dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah bau pada kotak makan si kecil adalah dengan menggunakan jahe. Cara ini akan menjadi metode yang cukup mudah anda aplikasikan. Hal ini dikarenakan seperti yang kita ketahui bahwa jahe adalah salah satu bahan masakan yang selalu ada di dapur.

Jadi demikian, untuk menggunakan metode yang satu ini maka anda akan bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus mencari-cari jahe ke pasar atau ke supermarket terlebih dahulu. Selain itu, pengaplikasiannya pun cukup sederhana dan anda akan dapat melakukannya dengan cepat dan mudah.

Caranya adalah dengan memotong jahe dengan menggunakan pisau. Lalu bagian yang sudah anda potong akan dapat anda oleskan pada seluruh permukaan kotak nasi si kecil secara merata. Lalukan cara ini pada bagian tutup makan si kecil.

Tunggu selama beberapa saat sampai seharian, nah esok harinya anda akan dapat membersihkan kotak bekal ini dengan membersihkannya menggunakan sabun dan melakukannya seperti biasanya. Dengan begini maka bau amis dan bau kurang sedap lainnya akan dapat diatasi dengan baik.

Mengenali Jenis Pisang yang Cocok Untuk Digoreng

Tahukah ibu? Ternyata tidak semua pisang yang anda jumpai selama ini bisa digoreng lho. Pada faktanya memang hanya beberapa jenis pisang yang memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan tekstur pisang yang lezat pada saat digoreng.

Jadi demikian, pada saat ibu hendak membuat sajian pisang goreng atau hidangan pisang yang akan digoreng maka tidak sembarang pisang bisa anda gunakan. Nah, menghadapi hal semacam ini maka para ibu penting untuk memahami jenis pisang seperti apa saja yang cocok untuk digoreng.

Pada umumnya kreteria yang memungkinkan sebuah pisang yang baik untuk digoreng adalah jenis pisang dengan beberapa kreteria tertentu. Guna menghasilkan tekstur gorengan yang pas maka pisang yang digunakan haruslah pisang yang bertekstur padat dan agak keras.

Selain itu, pisang yang digunakan pun haruslah jenis pisang yang memiliki kadar air yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan jika pisang yang digunakan adalah jenis pisang meja yang pada umumnya cenderung lembut dan lembab.

Maka mungkin pada saat ibu menggorengnya, si tekstur pisang akan melempem dan sulit untuk mendapatkan pisang yang krispi. Hal inilah yang mengurangi kenikmatan dari sajian menyantap pisang goreng.

Untuk mengetahui jenis pisang apa saja yang cocok untuk digoreng. Maka kali ini kami akan berikan informasinya untuk anda. Mari simak dibawah ini.

Mengenali Jenis Pisang yang Cocok Untuk Digoreng

Pisang Uli

Jenis pisang pertama yang akan cocok untuk anda jadikan sebagai pisang goreng adalah pisang uli. Jenis pisang yang satu ini adalah salah satu pilihan pisang paling cocok untuk digoreng. Tak heran bila untuk beberapa pedagang pisang goreng, mereka akan cenderung menggunakan jenis pisang yang satu ini untuk bahan utama pilihan pisangnya.

Hal ini dikarenakan pisang uli adalah jenis pisang yang memenehui kreteria pisang yang cocok untuk digoreng. Tekstur pisang yang lebih padat dan berpati memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan citarasa pisang yang lezat dan nikmat.

Selain itu, pisang uli dikenal dengan jenis pisang yang manis. Ukurannya pun tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sehingga ideal untuk dijadikan hidangan pisang goreng yang enak.

Pisang Tanduk

Jenis pisang selanjutnya yang akan dapat anda jadikan sebagai bahan untuk digoreng adalah pisang tanduk. Jenis pisang ini akan dapat dengan mudah anda jumpai di pasar. Ukuran dari pisang tanduk layaknya seperti namanya sendiri. Yakni besar dan melengkung.

Ukuran panjang dari pisang ini pun lebih besar dibandingkan dengan pisang lain pada umumnya. Inilah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan plantain atau pisang yang diperlukan untuk keperluan memasak.

Pisang yang satu ini memiliki ciri khas rasa yang agak masam. Namun seiring dengan pertumbuhannya yang lebih matang maka rasa masam tersebut akan menghilang dan berubah menjadi rasa manis yang nikmat.

Karena ukuran pisang yang lebih besar maka pada umumnya untuk anda yang ingin mengolah pisang ini menjadi pisang goreng atau aneka masakan lainnya. Maka sebaiknya anda perlu memotong-motongnya terlebih dahulu.

Selain itu, untuk mendapatkan cita rasa pisang yang lebih lezat. Maka sebaiknya gunakan pisang yang sudah matang atau ripened. Jangan khawatir dengan bintik hitam pada pisang karena bisanya ini menandakan pisang sudah matang.

Pisang Nangka

Jenis pisang yang satu ini adalah jenis pisang yang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan pisang goreng. Rasa dan aroma dari pisang yang mencolok memang seringkali menggoda untuk disantap. Adapun alasan yang membuat pisang ini diberi nama pisang nangka adalah karena tekstur dan rasanya yang manis dan menggoda.

Warna dari pisang yang satu ini pun kuning cerah sehingga nampak cantik dan menggoda pada saat digigit. Pisang nangka adalah salah satu kreteria model pisang yang sempurna secara fisik. Sehingga tak heran banyak orang lebih memilih menggunakan pisang ini untuk dibeli.

Rasanya yang manis dan begitu khas pun seringkali sulit untuk dilupakan sehingga banyak orang menjadikan pisang nangka sebagai pilihan untuk membuat hidangan pisang yang enak dan sedap.

Untuk anda yang hendak membuat sajian pisang goreng maka pisang nangka akan menjadi pilihan yang baik untuk anda. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang manis, pisang nangka pun memiliki tekstur yang lebih padat.

Selain itu, kandungan air pada pisang ini pun cenderung sedikit. Sehingga ketika anda memasaknya maka anda akan dapat menghasilkan tekstur pisang yang lebih lezat dan lebih nikmat. Dengan demikian, perhatikan dengan baik pilihan pisang anda ya bu!

Itulah dia beberapa jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Tentunya mengetahui beberapa jenis pisang yang sesuai dan nikmat untuk digoreng akan memudahkan anda untuk bisa memilih pisang yang tepat saat anda hendak membuat sajian yang lezat untuk pisang olahan anda.

Tips Membuat Pisang Goreng yang Krispi dan Nikmat

Nah, diatas kita sudah menyimak beberapa jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Selain itu, kali ini kami akan pula memberikan anda tips membuat pisang goreng yang krispi dan nikmat hanya untuk anda. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini.

Tentukan Pilihan Pisang Anda

Setelah memahami dan menentukan jenis pisang apa yang akan anda gunakan. Maka hal ini akan memudahkan anda untuk bisa menyajikan hidangan pisang goreng yang lezat dan nikmat. Untuk itu, sebelum anda terburu menciptakan hidangan yang lezat dari masakan kalin ini. Maka terlebih dahulu tentukan jenis pisang apa yang akan anda gunakan pada resep pisang goreng yang akan anda buat.

Perhatikan Ketebalan Potongan Pisang

Guna menghasilkan sajian pisang dengan tekstur krispi yang enak. Maka penting sekali memperhatikan ketebalan pisang sewaktu anda memotongnya. Terutama untuk anda yang ingin menghasilkan tekstur yang benar-benar krispi dari sebuah pisang goreng.

Layaknya seperti membuat pisang kipas dimana potongan pisang dibuat dengan beberapa layer. Maka potongan pisang yang dibuat lebih tipis pun akan penting untuk anda perhatikan. Jangan buat potongan yang terlalu tebal dan besar agar nantinya pisang yang dihasilkan lebih renyah dan krispi.

Perhatikan Adonan Pisang

Selain hanya terfokus memperhatikan pisang pada pembuatan pisang goreng, factor lain yang akan menentukan kelezatan dari pisang goreng adalah bahan pencelup yang dibuatnya. Adonan yang terdiri dari tepung ini perlu anda racik sedemikian rupa agar dapat menghasilkan adonan yang lezat dan nikmat.

Nah, adapun kunci rahasia dari mendapatkan pisang krispi dengan adonan pencelup sendiri adalah dengan memberikan tambahan telur dan mentega kedalamnya. Selain itu, air yang digunakan untuk menambah adonan pun sebaiknya diambil dari air es.

Air es yang bersatu dengan adonan telur dan terigu akan dapat menghasilkan adonan yang lebih renyah dan keriting pada saat bersentuhan dengan minyak panas. Untuknya, maka perhatikan kunci keberhasilan membuat adonan pisang yang satu ini. 

Makanan Untuk Cegah Sariawan Saat Puasa

Makanan-untuk-cegah-sariawan-saat puasa.jpg

Saat puasa terkadang beberapa masalah datang menghampiri, salah satunya sariawan. Sariawan saat puasa sudah dianggap sebagai hal lumrah karena banyak penderita yang mengalami permasalahan satu ini.

Selain merasa tidak nyaman, mengalami sariawan saat puasa tentunya akan mengganggu puasa yang kita jalankan. Rasa perih dan sakit yang timbul akan menghambat kita untuk menjalankan ibadah saat puasa. Bahkan buka atau sahur menjadi tidak berselera karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Daripada mengobati lebih baik untuk mencegah. Sariawan saat puasa sebenarnya bisa dicegah dengan mudah. Beberapa makanan diketahui dapat membantu mencegah sariawan saat puasa, bahkan berkhasiat menyembuhkan sariawan saat sudah terjadi. Makanan ini bisa dikonsumsi saat buka puasa ataupun sahur. Lantas apa saja makanan untuk cegah sariawan saat puasa? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Aneka Makanan Untuk Cegah Sariawan Saat Puasa

Tak hanya sehat, makanan ini pun memiliki khasiat untuk membantu mencegah permasalahan yang menimpa mulut ini. Berikut ini makanan untuk cegah sariawan saat puasa.

Sayuran, Buah-Buahan, Gandum dan Makanan Tinggi Serat

Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi atau kaya akan serat memiliki risiko lebih kecil mengalami sariawan saat puasa dibandingkan dengan mereka yang kurang mengkonsumsi makanan tinggi serat. Untuk mencegah masalah sariawan saat puasa, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi akan serat. Anda bisa mengkonsumsinya saat buka puasa atau sahur.

Brokoli, Kembang Kol, Kale dan Brussels Sprouts

Kesemua sayuran ini mengandung suatu senyawa yang disebut dengan sulforaphane. Dimana senyawa tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab sariawan. Dalam sebuah penelitian, seorang pasien positif terinfeksi oleh virus penyebab sariawan, lalu ia diberikan brokoli sebanyak setengah cangkir dua kali sehari, selama tujuh hari lamanya. Setelah kembali diuji, pasien tersebut 78 persen negatif terkena bakteri.

Buah Pisang Raja

Pisang raja mengandung tepung dan terkenal karena teksturnya yang lengket. Karena seperti itu, pisang raja diyakini mampu meringankan selaput lendir yang mengalami peradangan saat sariawan. Pisang raja yang masih hijau dapat membantu mencegah sariawan, juga bisa menyembuhkan sariawan yang sudah terjadi. Untuk mengkonsumsinya anda hanya perlu merebus pisang. Jangan digoreng karena  lemak justru akan semakin memperburuk keadaan sariawan. ( Baca juga : Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin )

Madu

Seperti yang sudah kita ketahui, madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Madu pun dipercaya dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab sariawan. Mengkonsumsi madu efektif untuk mencegah dan menyembuhkan sariawan pada mulut anda. Para peneliti mencoba menguji madu yang terbuat dari nektar bunga, hasilnya menunjukan bahwa madu dapat menghambat tumbuhnya bakteri.

Kubis

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung asam amino glutamin. Dimana kandungannya tersebut dapat mencegah sariawan. Selain mencegah, kandungan glutamin juga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan yang  terjadi. Anda hanya cukup mengkonsumsi dua cangkir kubis mentah setiap harinya, saat buka puasa dan sahur. Anda juga bisa menambahkannya dalam salad atau sebagai pembungkus makanan lainnya.

Yogurt dan Kefir

Yogurt dan kefir merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung bakteri baik di dalamnya. Dimana bakteri tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab sariawan, serta mampu membantu menyembuhkan sariawan. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi yogurt paling tidak sebanyak 3 kali dalam seminggu memiliki kemungkinan kecil mengalami sariawan.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu anda mencegah sariawan saat  puasa.  Semoga bermanfaat.

Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

TIPS-MEMBEDAKAN-AYAM-SEHAT-DAN-TIDAK-SEHAT.jpg

Makanan yang enak dan sehat merupakan makanan yang unggul dalam cita rasanya, serta kandungan dari bahan makanan yang digunakan tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, makanan yang enak dan sehat tidak selamanya harus memperhatikan dalam hal cita rasa atau kandungan dari bahan makanan itu sendiri, karena bisa saja bahan makanan yang digunakan untuk memasak yang kita anggap sehat dari segi kandungannya ternyata sudah tidak sehat karena dimanipulasi oleh pedagang atau lain sebagainya. Hal ini biasanya dilakukan oleh para pedagang curang untuk mengambil keuntungan yang lebih besar. Nah, salah satu bahan makanan yang sering dimanipulasi atau diakali yaitu ayam. Ayam diakali dengan berbagai cara agar terlihat tetap segar, namun faktanya ayam tersebut sudah lama atau busuk.

Seperti yang kita ketahui, menjelang hari raya atau lebaran permintaan bahan makanan seperti daging ayam memang sangat meningkat di pasaran. Ketika anda membeli ayam, anda harus lebih selektif dan berhati hati dalam memilih dan membedakan ayam segar dan berkualitas dengan ayam sebaliknya. Saat ini banyak beredar ayam tiren, ayam berformalin dan ayam suntik di pasaran. Nah, agar anda tidak terjebak ketika memilih ayam, berikut ini kami sajikan tips mengenali ayam suntik, ayam tiren dan ayam berformalin seperti di bawah ini.

Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

Ayam Suntik

Ayam suntik merupakan ayam yang ditambahkan air dengan cara disuntikan pada bagian dada, punggung, atau paha. Cara ini dilakukan agar ayam yang kecil bisa terlihat besar. Berikut ini ciri-ciri ayam suntik yang harus diwaspadai.

1. Ayam suntik biasanya memiliki kulit yang mengkilap dan teksturnya tidak kesat.

2. Daging ayam ketika dimasak akan mengeluarkan cukup banyak air dan ukurannya akan menyusut.

3. Ketika ditekan daging ayam akan kencang dan tidak lembek.

4. Jika daging ayam disimpan dengan posisi digantung atau ketika diangkat akan banyak meneteskan air. Jika ayam tersebut diletakan akan terlihat basah dan air akan menggenang di sekitarnya.

Ayam Tiren

Ayam tiren merupakan ayam yang sudah mati sebelum dipotong atau dijual. Ayam ini apabila dikonsumsi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Berikut ini ciri ciri ayam tiren yang harus anda cermati.

1. Ayam tiren biasanya memiliki aroma yang lebih amis dibandingkan dengan ayam lainnya.

2. Bekas potongan pada  bagan leher ayam akan terlihat sedikit dan tidak lebar.

3. Ayam tiren memiliki daging yang berwarna pucat, tidak segar atau kebiruan.

4. Pada bagian leher atau kepala ayam terdapat bercak-bercak darah.

Ayam Berformalin

Pemakaian formalin pada bahan makanan tertentu saat ini sudah menggemparkan dan meresahkan banyak warga. Formalin itu sendiri merupakan bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk kesehatan dan tidak dianjurkan untuk dipakai pada bahan makanan. Namun, demi meraup keuntungan yang lebih banyak biasanya banyak pedagang yang memanfaatkan bahan kimia yang satu ini agar dagangannya lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Salah satu bahan makanan yang sering diawetkan dengan menggunakan formalin yaitu ayam. Berikut ini ciri-ciri ayam berformalin.

1. Ayam berformalin memiliki daging dengan tesktur yang kenyal dan warnanya putih mengkilat.

2. Ayam berformalin juga biasanya memiliki aroma yang khas seperti menyerupai bau obat.

3. Selain itu, lalat enggan hinggap pada ayam berformalin sehingga dagingnya tidak dikerubuti oleh lalat.

Demikian tips cermat mengenali ayam tiren, suntik dan berformalin. Demi kesehatan keluarga anda harus lebih selektif ketika membeli dan memilih bahan makanan tertentu.

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

10.TIPS-MENYIMPAN-SANTAN.jpg

Santan merupakan cairan putih yang berasal dari kelapa. Santan biasanya digunakan untuk memasak sayur atau hidangan tertentu. Dengan tambahan santan, hidangan yang dibuat akan terasa lebih enak dan gurih. Santan itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni santan kental, santan cair, santan instan dan lain sebagainya.

Nah, karena begitu pentingnya santan untuk masakan, maka tidak jarang ibu ibu membeli atau membuatnya dalam jumlah yang banyak sebagai stock. Namun,  santan yang disimpan  biasanya cepat basi dan tidak tahan lama meskipun baru disimpan beberapa hari saja.

Tips menyimpan santan yang baik dan benar harus anda ketahui agar santan tetap tahan lama, baik itu santan segar atau santan dalam kemasan. Jika santan tahan lama, anda bisa memakainya kembali dan tidak usah repot-repot untuk membelinya lagi, sehingga anda pun akan lebih hemat. Lantas apa saja tips menyimpan santan kelapa agar awet dan tidak mudah basi? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

Tips Menyimpan Santan Kelapa Agar Awet dan Tidak Mudah Basi

  1. Santan pada dasarnya memiliki umur pendek, yang mana santan segar hanya bisa tahan sekitar 4 hari itupun jika disimpan di dalam kulkas. Apabila santan tidak akan langsung anda olah, maka alangkah lebih baik apabila anda menyimpan santan di dalam freezer. Namun, sebelum menyimpannya akan lebih baik jika anda menambahkan terlebih dahulu garam ke dalam santan. Lalu rebus santan hingga mendidih. Jika sudah seperti itu, angkat santan dan tunggu sampai dingin. Kemudian, simpan santan di dalam wadah tertutup. Diketahui, dengan cara ini santan mampu bertahan kurang lebih 3 bulan.
  2. Jika santan segar akan anda simpan di dalam kulkas, maka alangkah lebih baik jika anda menyimpan santan tersebut di dalam plastik atau wadah yang tertutup rapat. Hindari menyimpan santan di dalam wadah yang terbuat dari kaleng logam atau wadah tersebut tidak kedap udara.
  3. Selain garam, anda juga bisa memasak santan bersama 1 buah cabai merah.  Masak santai sampai mendidih, lalu angkat dan tunggu hingga santan dingin. Kemudian, simpan santan di dalam wadah tertutup. Jangan aduk atau kocok santan yang sudah didinginkan atau disimpan, hal ini bertujuan untuk mempertahankan santan sehingga tidak mudah rusak.
  4. Sedangkan untuk santan kemasan bisa disimpan di dalam suhu ruangan. Yang terpenting santan tersebut belum melewati tanggal kadaluarsa. Namun, jika santan sudah dibuka anda harus menyimpannya di dalam kulkas atau lemari es. Akan lebih baik jika santan tersebut digunakan sebelum waktu 2 minggu. Agar kualitasnya tetap terjaga, anda harus memastikan untuk memindahkan santan tersebut ke dalam wadah atau tempat yang kedap udara.
  5. Selain santan yang masih dalam keadaan segar atau santan di dalam kemasan, menu makanan yang terbuat dari santan pun harus disimpan di dalam kulkas agar tidak mudah basi. Jika makanan tersebut akan dihidangkan kembali, alangkah lebih baik untuk menghangatkannya agar rasanya tetap terjaga.

Itulah tips menyimpan santan agar awet dan tidak mudah basi. Dengan tips ini santan yang anda beli tidak akan terbuang sia-sia.

Setelah mengetahui tips ini akan lebih baik untuk berbagi bersama dengan teman atau orang terdekat anda yang ada di sekitar. Sertakan juga komentar pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Loading...