Resep Kulit Pastel yang Renyah dan Tahan Lama

Resep Kulit Pastel yang Renyah dan Tahan Lama – Pastel menjadi salah satu jajanan favorit, rasanya sangat enak dengan tekstur kulit yang renyah, rasanya gurih serta bentuknya menarik. Biasanya isian pastel yang digunakan yaitu ayam dan aneka sayuran, membuat pastel menjadi hidangan yang nikmat. Apalagi jika dinikmati dalam keadaan hangat, tentu akan terasa sangat nikmat.

Untuk bisa menikmati pastel ada banyak pedagang pastel yang bisa kita temukan. Namun, tidak ada salahnya jika anda membuatnya sendiri di rumah. Dimulai dari membuat kulit pastel hingga membuat bahan isian sendiri. Tidak perlu takut gagal membuat kulit pastel, sebab dengan mengetahui tips membuat kulit pastel yang tepat, kulit pastel yang didapatkan akan renyah dan enak.

Yuk simak beberapa resep kulit pastel yang renyah, gurih dan enak di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kulit Pastel

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka jajanan, Pastel, Resep gorengan
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 45 menit
Porsi 12 porsi
Kalori 235 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram terigu
  • 3 sendok makan minyak
  • 3 sendok makan margarin
  • Garam secukupnya
  • 150 ml air dingin
  • 2 sendok teh gula pasir atau sesuai selera

Langkah-langkah

Cara Membuat Kulit Pastel

  1. Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan semuanya siap, langkah berikutnya yaitu membuat kulit pastel. Pertama, silakan panaskan terlebih dahulu minyak goreng sebanyak 3 sendok makan. Lalu untuk margarin silakan dipanaskan atau dicairkan terlebih dahulu. Sisihkan.

  2. Selanjutnya siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan terigu ke dalamnya.

  3. Kemudian masukan minyak panas. Lalu aduk-aduk dengan merata. Aduk-aduk terigu hingga menjadi butiran seperti pasir.

  4. Langkah berikutnya yaitu silakan masukan margarin yang sudah dicarikan. Aduk-aduk kembali hingga merata.

  5. Setelah itu, silakan masukan air dingin setengahnya. Lalu uleni adonan sampai merata.

  6. Untuk sisanya, jika masih kurang anda bisa menambahkan lagi sedikit air. Uleni lagi hingga merata.

  7. Apabila sudah tercampur dengan merata, langkah berikutnya yaitu membentuknya bulat. Lalu adonan dimasukan lagi ke dalam plastik dan letakan dalam kulkas selama kurang lebih 20 menit.

  8. Jika sudah, silakan keluarkan kulit pastel dari kulkas.

  9. Silakan adonan pastel digiling sampai tipis. Anda bisa menggunakan cetakan pastel atau menggunakan tangan.

  10. Tambahkan isian pastel sesuai dengan selera.

Membuat kulit pastel harus dilakukan dengan benar agar tetap renyah. Kemudian anda dapat menambahkan bahan isian sesuai selera untuk mendapatkan hidangan pastel yang lezat.

Resep dan Cara Membuat Kulit Pastel Sederhana

Resep Kulit Pastel

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 500 gram terigu yang sudah diayak
  • 4 sendok makan margarin
  • 60 cc air es
  • 1 buah telur ayam

Cara Membuat Kulit Pastel

  1. Pertama-tama, silakan kocok lepas telur yang sudah disediakan.
  2. Kemudian siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan kulit pastel. Masukan bahan-bahan kulit pastel ke dalamnya seperti terigu, margarin, telur yang sudah dikocok dan air es. Uleni semua bahan-bahan tersebut hingga adonan licin. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Selanjutnya silakan adonan dibentuk bola. Lalu gilas adonan hingga tipis.
  4. Selanjutnya anda bisa menambahkan adonan isi sesuai selera. Lalu rapatkan agar adonan isi tidak keluar.
  5. Jika sudah, anda bisa menggorengnya.

Kulit pastel ini resep dan cara membuatnya sederhana. Anda bisa mengikutinya di rumah dengan mudah saat membuat pastel yang nikmat.

Itulah resep dan cara membuat kulit pastel yang renyah dan tahan lama. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah.

Baca juga : Resep Krecek

Tips Membuat Kulit Pastel Agar Sukses dan Hasilnya Renyah

Resep Kulit Pastel

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan saat membuat kulit pastel. Yuk simak berikut ini.

Perhatikan Takaran Adonan Kulit Pastel

Takaran adonan harus anda perhatikan saat membuat kulit pastel supaya tidak gagal dalam membuat kulit pastel. Tambahan garam, serta margarin pada adonan kulit pastel akan membuat kulit pastel lebih gurih. Adonan yang anda buat jangan terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Jika kulit pastel terlalu tipis maka akan robek saat digoreng. Sedangkan jika terlalu tebal, kulit pastel tidak renyah.

Menggunakan Air Es

Dalam membuat adonan kulit pastel, sebaiknya anda menggunakan air es. Penggunaan air es akan menjadikan kulit pastel lebih renyah. Selain itu hasil ulenannya akan lebih elastis dan tidak mudah sobek.

Uleni Adonan Secukupnya

Adonan kulit pastel sebaiknya anda uleni dengan menggunakan tangan. Ini dilakukan supaya hasilnya menjadi lebih elastis dan lembut. Akan tetapi, sebaiknya anda jangan uleni adonan pastel terlalu lama, karena akan membuat lemak dari margarin mencair. Jika seperti itu, maka kulit pastel akan menjadi kurang renyah pada saat digoreng.

Gilas Sampai Halus

Apabila adonan kulit sudah jadi, anda bisa segera gilas atau pipihkan kulit pastel agar lebih halus. Anda bisa memakai penggilas kayu ataupun mesin untuk menggiling mie untuk menipiskan adonan kulit pastel yang anda buat.

Jika anda menggunakan gilingan mie, anda bisa memakai nomor 5. Sedangkan jika menggunakan penggilas kayu, anda cukup menggilas adonan sampai benar-benar halus dan adonan tidak sobek.

Perhatikan Isian Pastel yang Anda Gunakan

Perlu anda ketahui, isian pastel juga akan mempengaruhi kerenyahan kulit pastel. Anda sebaiknya jangan membuat isian pastel terlalu basah, kemudian memasukannya ke dalam kulit pastel dalam keadaan panas. Karena akan membuat kulit pastel menjadi lembek, serta berbintil. Oleh karena itu, sebaiknya anda membuat bahan isian kulit pastel sehari sebelum membuat kulit pastel. Kemudian bisa menyimpannya dalam kulkas supaya tidak akan membuat kulit pastel lembek.

Menggunakan Minyak Panas Saat Menggoreng

Saat menggoreng pastel, anda harus memakai minyak yang baru supaya kulitnya tetap dalam keadaan renyah dan tidak lembek. Pastikan juga minyak sudah benar-benar panas sebelum anda memasukan pastel pada wajan untuk digoreng. Apabila pastel sudah matang, silakan angkat dan tiriskan 2 kali supaya kulit pastel tidak lembek dan berminyak.

Selain itu, ketika menggoreng pastel anda jangan hanya membolak-balikan pastel saja. Karena dengan cara ini kulit pastel nantinya tidak akan mengembang. Ketika pastel sudah dimasukan ke dalam penggorengan, anda sebaiknya langsung menyiram pastel dengan minyak goreng. Dengan seperti ini kulit pastel akan mengembang, bahkan membuat tampilannya terlihat menarik.

Sebagian Pastel Simpan Dalam Kulkas

Apabila anda membuat pastel dalam jumlah cukup banyak, anda bisa menggorengnya setengah kering, kemudian simpan dalam lemari es ataupun freezer. Jika akan disajikan, anda bisa menggoreng lagi pastel sampai benar-benar kering. Dengan cara ini kulit pastel akan tetap renyah, serta tidak mudah sobek. Bahkan jika sudah dingin kulit pastel tidak akan menjadi lembek.

Nah, agar pastel yang anda buat tetap renyah, anda bisa ikuti beberapa tips membuat kulit pastel seperti di atas. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Rating Resep




 

Show Buttons
Hide Buttons