Aneka Resep Ikan Bilis

aneka resep ikan selar

Ikan bilis salah satu ikan yang hidup di air tawar dan layak untuk dikonsumsi, karena ikan bilis memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Selain kandungan yang baik ikan bilis ini memiliki dagingnya yang enak dan gurih kala dimasak. Karena itu banyak aneka masakan dari bahan dasar ikan bilis berupa balado ikan bilis, perkedel ikan bilis, pepes ikan bilis dll. Hidangkan masakan ikan bilis ini di setiap menu makan harian keluarga anda.

Resep dan Cara Membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas

resep ikan bilis bumbu pedas

Pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis, ikan dengan bentuk kecil dan warnanya putih ini salah satu ikan yang memiliki dagingnya yang gurih.

Sensasi kelezatan dari masakan ikan memang yang menjadi salah satu pilihan para pecinta kuliner untuk menikmatinya. Selain rasanya yang lezat dan gurih, ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Kandungan ikan tersebut berupa protein yang sangat tinggi, selain itu juga ada beberapa kandungan lainnya berupa kandungan kalsium, kalium, vitamin dll. Namun pernahkah anda mencoba mengkonsumsi ikan air tawar berupa ikan bilis? Ikan bilis ikan yang biasa hidup di rawa-rawa, danau dan juga bahkan di sungai-sungai. Untuk mendapatkan ikan bilis ini juga banyak tersedia di pasar tradisional ataupun di warung-warung dekat dengan anda.

Hidangan ikan bilis ini juga beraneka ragam, banyak cara untuk mengolah ikan bilis ini, meskipun ikan bilis bentuknya kecil namun mampu dioah sedemikian rupa, seperti halnya balado ikan bilis, pepes ikan bilis, perkedel ikan bilis dll. Nah, kali ini akan kami coba membuat masakan dengan bahan dasar ikan bilis dengan di campur sambal, yuk kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas

Review

4.9 review 289

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas

Bahan Utama

  • 100 gram ikan bilis segar
  • 50 gram petai
  • 200 ml air
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai keriting merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 1 sendok makan gula merah, diserut
  • 2 bungkus kecil terasi
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama ikan bilis disiangi, kemudian bersihkan.
  2. Setelah itu siapkan wajan, lalu beri minyak goreng, kemudian panaskan dengan apis sedang, ikan bilis digoreng hingga kering dan matang, angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian siapkan kembali wajan, lalu isi minyak goreng sebanyak 2 sendok makan, lalu tumis bahan bumbu halus, aduk aduk hingga harum.
  4. Setelah itu masukan air, kemudian aduk merata, masak hingga terlihat bumbu meresap.
  5. Kemudian masukan penyedap, lalu disusul dengan pete, serta ikan bilis yang digoreng, aduk merata. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahannya yang sederhana membuat anda leluasa membuatnya sendiri dirumah. Sambal ikan bilis ini sangat cocok bagi anda yang gemar dengan masakan pedas, karena itu ada baiknya mencoba masakan ikan bilis bumbu pedas dengan ditambah nasi putih hangat membuat makan anda akan berselera. Bertambah lagi koleksi di dalam menu makan harian anda dengan adanya resep serta cara membuat sambal ikan bilis bumbu pedas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas ini kepada semua teman serta saudara tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

resep balado ikan bilis

Pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis diolah menjadi masakan balado sambal cabai hijau!

Ikan bilis salah satu ikan yang memiliki bentuknya yang kecil, ikan ini hidupnya di aiar rawa, di danau dan juga di sungai-sungai dengan kebanyakan airanya yang mengalir ikan bilis ini sangat suka hidup di tempat sepertri itu. Meskipun bentuknya yang kecail dan juga warnanya yang putih, ikan bilis ini salah satu ikan yang layak dikonsumsi, karena memang dagingnya yang enak dan gurih, kemudian pada ikan bilis ini terdapat beberapa kandungan, seperti protein yang sangat tinggi, kemudian kandungan omega 3, kalsium dll.

Ikan bilis ini ikan yang biasanya ditangkap oleh para pemancing, karena itu tidak heran ikan bilis ini juga banyak ditemukan di pasar tradisonal dan untuk harganyapun sangat terjangkau. Namun pernahkan anda mendengar ataupun mencoba masakan balado ikan bilis sambal cabai hijau? Sensasi kelezatan ini yang coba kami hadirkan untuk anda, dengan begitu inilah resep sederhana cara membuat balado ikan bilis sambal cabai hijau, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

Review

4.6 review 170

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

Bahan Utama

  • 500 gram ikan bilis segar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Sambal Hijau

  • 500 ml air putih
  • 10 buah cabai hijau ukuran besar
  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh air jeruk lemon

Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi, kemudian bersihkan dan cuci.
  2. Setelah itu siapkan wajan isi minyak goreng kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang, kemudian ikan bilis digoreng hingga kering. Angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian membuat sambal hijau, dengan cara air direbus hingga mendidih, setelah baru masukan cabai hijau, lalu bawang merah serta bawang putih, diamkan hingga cabai terlihat layu. Angkat dan tiriskan, setelah itu bahan tersebut ditumbuk kasar.
  4. Setelah itu siapkan wajan kembali kemudian beri minyak goreng sebanyak 2 sendok makan, panaskan dengan menggunakan api sedang, lalu tumis bahan cabai tadi yang ditumbuk kasar, tumis hingga harum dan juga matang.
  5. Setelah itu masukan garam dan juga air jeruk lemon, aduk merata, kemudian baru masukan ikan bilis yang sudah digoreng, aduk merata. Matang

Itulah dia Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara membuatnya yang sederhana sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Balado ikan bilis ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dan juga beberapa tambahan makanan lainnya berupa tumisan kangkung ataupun masakan lainnya seperti goreng temped an juga tahu sangat cocok untuk melengkap[i makan anda agar semakinj berselera. Dengan mengetahui resep serta cara membuat balado ikan bilis sambal cabai hijau tentunya menambah koleksi didalam menu makan harian keluarga anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Sederhana Cara Membuat Balado Ikan Bilis Sambal Cabai Hijau pada semua teman serta keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap

resep ikan bilis kentang goreng

Saatnya membuat masakan yang sederhana dan mudah dengan bahan dasar ikan bilis, yaitu masakan ikan bilis kentang goreng kecap.

Banyak sekali aneka varian masakan dengan bahan dasar ikan ini, baik ikan laut maupun ikan tawar sama-sama memampu menyguhkan suatu hidangan masakan yang sangat khas akan rasa dan aromanya yang membuat semua para pecinta kuliner akan merasa ketagihan setelah mencobanya. Selain sensasi kelezatan pada masakan ikan ada hal yang lebih penting tentunya, yakni dengan mengkonsumsi ikan kita akan memenuhi kebutihan gizi serta nutrisi gizi harian sekeluarga. Ikan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi karena itu sangat cocok apabila dihidangkan pada sang anak, karena baik bagi pertumbuhan serta perkembangan dan juga untuk kecerdasan sang anak.

Karena itu kami rasa resep ini sangat cocok untuk anda hidangkan bagi si kecil, karena kami akan coba padukan ikan bilis ini bersama dengan kentang, dengan rasa yang manis akan kecap inilah sangat cocok bagi keluarga anda. Penasaran resep dan cara membuat masakan ikan bilis kentang goreng kecap, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap

Review

4.8 review 253

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap

Bahan dan Bumbu

  • 50 gram ikan bilis segar
  • 2 buah kentang, potong dadu kecil
  • 1/2 buah lobak merah, diiris kecil
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris iris
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 buah bawang merah, diiris iris
  • 1 siung bawang putih, diiris iris
  • 5 buah cabai hijau
  • Minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi, kemudian bersihkan bagian isi perutnya ataupun buang kulitnya.
  2. Setelah itu siapkan wajan, kemudian beri minyak lalu ikan bilis digoreng hingga kering dan matang, angkat dan tiriskan serta sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan kembali wajan kemudian panaskan beri minyak goreng, lalu kentang goreng hingga kering dan matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Kemudian siapkan kembali wajan, lalu beri minyak sekitar 3 sendok makan, lalu panaskan menggunakan api sedang, lalu tumis bawang merah dan juga bawang putih hingga harum.
  5. Kemudian masukan pula bawang bombay, kemudian lobak merah, lalu cabai cabai hijau, aduk rata.
  6. Setelah itu masukan kecap masin, lalu tambahkan pula garam, aduk merata.
  7. Setelah itu masukan ikan bilis dan juga kentang yang sudah pada digoreng. Aduk merata. Matang
  8. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk bahan dasar ikan bilis ini bisa anda temui di pasar tradisional ataupun di warung-warung terdekat rumah anda. Hidangkan masakan ikan bilis kentang goreng kecap ini bersama dengan nasi putih, ataupun bagi si kecil masakan ini bisa juga sebagai cemilan, kar5ena kita tahu kentang juga mengandung karbohidrat sama halnya dengan nasi. Bertambah lagi koleksi didalam menu makan harian anda setelah mengetahui resep serta cara membuat masakan ikan bilis kentang goreng kecap. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap pada semua temn serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

resep ikan bilis perkedel

Pernahkah anda mencoba perkedel dengan rasa yang berbeda, berupa bahan dasar ikan bilis!

Ikan memang memiliki keunikan tersendiri baik dari jenis dan bentuknya. Meskipun begitu banyak ikan laut ataupun ikan air tawar yang bisa dikonsumsi. Seperti halnya ikan air laut seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan teri, ataupun ikan jenis air tawar berupa ikan mas, ikan mujair, ikan patin, ikan bilis. Namun pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis? Ikan bilis salah satu jenis kan dengan kategori tubuhnya yang kecil dengan memiliki warnanya yang putih dan biasanya banyak ditemukan di sungai, di danau ataupun di rawa-rawa.

Ikan bilis salah satu ikan yang layak dikonsumsi karena memiliki dagingnya yang enak dan gurih, selain itu banyak akndungan gizi dan nutrisi yang ada pada ikan bilis. Protein yang tinggi inilah yang menjadi alas an ikan bilis ini sangat baik dikonsumsi, selain itu juga ada kandungan lainnya berupa kalsium, kalium, vitamin dll. Namun pernah anda mencoba makanan perkedel? Perkedel identik dengan bahan dasar kentang, namun apa jadinya jika ikan bilis ini sebabagai bahan utamanya dengan balutan tepung terigu. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat perkedel ikan bilis pedas dan gurih, yuk kita simak langakh-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

Review

4.9 review 243

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

Bahan dan Bumbu

  • 1/4 kg ikan bilis
  • 7 buah cabai rawit merah, diiris tipis
  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang seledri, dirajang kecil
  • tepung terigu secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah mencuci ikan bilis hingga bersih.
  2. Selanjutnya adalah siapkan blender kemudian haluskan bawang merah, bawang putih serta merica.
  3. Setelah itu siapkan wadah berupa mangkok, siampan ikan bilis tersebut, kemudian lumuri dengan bahan bumbu halus yang di blender tadi, lalu masukan juga telur ayam, seledri dan cabai rawit yang sudah diiris iris tadi.
  4. Kemudian masukan tepung terigu serta air, kemudian aduk hingga menjadi kental dan bisa diambil.
  5. Setelah itu siapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng, lalu adon perkedel, lalu goreng hingga matang. Lakukan hal yang sama sampai adonan perkedel habis.
  6. Perkedel ikan bilis siap dihidangkan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan berupa ikan bilis ini sangat mudah anda temui yakni banyak tersedia di pasar tradisional. Sensasi kelezatan dari perkedel ikan bilis pedas ini akan menyertai makanan di meja makan anda dengan dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat, membuat makan keluarga anda semakin lengkap dan isitimewa. Dengan mengetahui resep serta cara membuat perkedel ikan bilis pedas dan gurih ini tentunya akan menambah koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih kepada para vpecinta kuliner dimanapun berada, baik saudara maupun saudara tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

resep pepes ikan bilis

Masakan khas aceh, pernahkah anda mencoba masakannya, kami coba hadirkan pepes ikan bilis khas aceh!

Bangga akan luasnya nusantara, dimana hampir di setiap wilayah memiliki cirri khas tersendiri akan masakan. Masakan yang berbeda dengan bahan dasar yang sama membuat kaya akan nuansa varian masakan yang sangat dinanti-nanti para pecinta kuliner. Seperti halnya hampir di setiap wilayah memiliki masakan pepes, namun dalam bahan dasarnya mungkin sama, namun terkadang dalam hal bumbu serta pengolahannya itulah yang menjadi berbeda, karena itu memiliki ciri khas tersendiri.

Pernahkah anda mendengar masakan pepes ikan khas aceh, kami akan coba hadirkan bahan dasarnya ikan bilis, dimana ikan bilis ini dengan bentuk ayng kecil serta warnannya yang putih ini sangat cocok dibuat pepes. Meski bentuk ikan bilis kecil namun memiliki kelezatan yang sama dengan ikan besar lainnya, bahkan kandungan pada ikan bilis juga sama denga yang lainnya. Sepertri kita tahu bahwa dalam kandungan ikan berupa protein yang tinggi. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi yuk kita simak bagaimana resep serta cara membuat pepes ikan bilis khas aceh yang pedas dan enak ini, yuk langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

Review

4.8 review 281

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

Bahan Utama

  • 1/5 Kg ikan bilis segar
  • 2 buah jeruk nipis
  • 5 buah belimbing wuluh
  • garam secukupnya
  • daun pisang secukupnya
  • 1 batang daun serai
  • air ecukupnya
  • minyak greng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 1/2 ons cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 sendok air asam
  • 1 sendok teh cabai merah bubuk

Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi, kemudian bersihkan. Setelah itu lumuri dengan garam secukupnya dan juga persan air jeruk nipis dan juga belimbing wuluh yang sudah dirajang, aduk rata, kemudian diamkan sekitrar 10 menit.
  2. Setelah itu siapkan bahan bumbu halus, kemudia campurkan bersama ikan bilis, kemudian beri serai, aduk hingga merata.
  3. Kemudian siapkan daun pisang, lalu bungkus, jangan lupa untuk kedua ujungnya disematkan menggunakan lidi agar nantinya ikan bilisnya tidak keluar/berantakan.
  4. Selanjutnya siapkan alat pengkukus, beri air sedikit, kemudian kukus sebentar saja.
  5. Selanjutnya siapkan alat pembakar ataupun bara api, kemudian bakar pepes ikan bilis tersebut hingga warna daunnya terlihat kecoklatan. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itula dia Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Ikan bilis mudah anda temukan di pasar tradisional dan bahkan di supermarket pun ada. Untuk harganya pun ikan bilis ini sangatlah terjangkau, sehingga anda bisa memasaknya kapan saja. Hidangkan masakan pepes ikan bilis khas aceh ini bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa masakan lainnya berupa tumisan sayuran atauoun gorengan tahu ataupun tempe, membuat makan anda akan lengkap dan istimewa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan ya Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak pada semua anggota keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

resep tumis ikan bilis

Pernahkah anda memnncoba masakan tumis ikan bilis? Lezat dan enak akan mewarnai masakan ini.

Aneka varian masakan ikan memang banyak sekali jenis dan ragammnya, baik masakan dari bahan dasar ikan laut ataupun ikan air tawar. Ikan memang salah satu sajian juga yang mnenjadi favorit karena dengan mengkonsumsi ikan ini sangat baik bagi kesehatan. Terlebih bagi sang anak kandungan pada ikan beruypa protein yang fungsinya baik bagi pertumbuhan serta perkembangan serta kecerdasan sang anak. Adapun kandungan lainnya yaitu kalsium, kalium, vitamin dll. Ikan yang akan kami coba hadirkan adalah ikan bilis. Ikan bilis salah satu ikan dengan jenis kategoti ikan yang kecil dengan memiliki warnanya yang putih, dan banyak ditemukan di sungai-sungai, dirawa dan juga di danau.

Namun untuk anda yang ingin membuat masakan dari bahan dasar kan bilis, tidak perlu khawatir karena ikan bilis ini banyak ditemuykan di pasar tradisional. Namun dalam pengolahan ikan tentunya sangat perlu dipoerhatikan kesegarannya Karen dapat berpengaruh rterhadap kelezatan masakan itu sendiri. Baiklah, berikut ini resep dan cara membuat masakan tumis ikan bilis yang sederhana dan lezat, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

Review

4.8 review 243

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 130 gram ikan bilis segar
  • 8 siaung bawang merah, diiris-iris
  • 1 sendok makan bawang putih halus
  • 3 buah cabai hijau, diiris serong
  • 5 buah cabai merah, diiris serong
  • 1 cm lengkuas, diiris-iris
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

Cara memasak

  1. Ikan bilis terlebih dahulu siangi, kemudian cuci hingga bersih, (kalau saya buang bagian isi perutnya).
  2. Setelah itu siapkan wajan kemudian isi minyak goreng, pnaskan dengan menggunakan api sedang, lalu goreng hingga kering dan matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan kembali wajan lalu isi minyak goreng sekitar 2 sendok makan, lalu panaskan dengan menggunakan api kecil, kemudian tumis lengkuas, bawang merah serta bawang putih yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum.
  4. Setelah itu masukan cabai merah serta cabai hijau yang sudah diiris-iris. Aduk-aduk, masak hingga matang.
  5. Setelah itu masukan ikan bilis yang sudah digoreng sebelumnya, kemudian aduk-aduk. Setelah itu tambahkan bumbu berupa gula pasir dan juga garam, aduk merata. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sederhana ini sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Tumis ikan bilis ini sangat lezat ka dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat ditabah dengan sambal terasi membuat makan anda akan berselara. Dengan mengetahui resep serta cara membuat tumis ikan bilis ini tentunya bertambah kembali koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat pada semua kerabat serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambal Ijo Yang Pedas dan Enak serta Lezat

resep ikan bilis pete sambal ijo

Saatnya bagi anda yang gemar dengan masakan ikan , kami coba hadirkan ikan bilis pete sambal ijo yang pedas.

Sajian hidangan masakan ikan bilis bisa anda hadirkan di tengah-tengah keluarga anda. Ikan bilis kita tahu memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan ikan bilis berupa kandungan protein yang sangat tinggi, dan sangat baik dikonsumsi bagi sang anak karena berpengaruh terhadap kecerdasan otaknya dan juga untuk pertumbuhan serta perkembangannya. Selain kandungan protein, ikan bilis juga memiliki kandungan omega 3, kalsium, kalium dll. Nah, bagaimana kalau sekarang anda mencoba masakan ikan bilis pete sambal ijo dengan citarasa yang pedas namun memiliki kelezatan yang enak kala disantap. Yuk kita simak langkah resep serta cara membuatnya di bawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambal Ijo Yang Pedas dan Enak serta Lezat

Review

4.9 review 253

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bilis Pete Sambal Ijo Yang Pedas dan Enak serta Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 50 gram ikan bilis segar
  • 2 papan petai
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 ruas jari laos, geprek
  • 3 buah daun jeruk (sobek-sobek)
  • Gula aren secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • air putih secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai ijo besar
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat hijau

Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambal Ijo Yang Pedas dan Enak serta Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis rendam menggunakan air, diamkan sebentar. angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang, kemudian goreng ikan bilis hingga kering, angkat dan tiriskan
  3. Setelah itu petai juga di goreng hingga kering, angkat dan sisihkan.
  4. Selanjutnya adalah wajan siapkan kemudian kasih minyak goreng sekitar 2 sendok makan, kemudian tumis bahan bumbu halus sampai harum, aduk rata.
  5. Setelah itu masukan serai, kemudian laos, daun salam serta daun jeruk, aduk-aduk.
  6. Setelah baru masukan ikan bilis yang sudah digoreng sebelumnya, kemudian masukan juga petai goreng, aduk merata. Kemudian tambahkan air dan juga garam secukupnya, setelah itu masukan penyedap rasa dan juga gula aren, aduk merata. Matang
  7. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambal Ijo Yang Pedas dan Enak serta Lezat yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bagi anda yang ingin membuat masakan ini untuk bahan utama ikan bilis sendiri sanagt mudah ditemukan dan banyakj tersedia di pasar tradisional. Sajian hidangan masakan ikan bilis pete ini sangat cocok dikonsumsi dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa makanan lainnya berupa tumisan sayuran kangkung ataupun goreng temped an juga goreng tahu, membuat makan nafsu anda akan bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Pete Sambal Ijo Yang Pedas dan Enak serta Lezat kepada semua keluarga tercinta anda dimanapun berada ataupun pada kerabat, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Bumbu Cabai Yang Pedas

resep ikan bilis bumbu pedas

Ingin mencoba masakan yang pedas, kami akan coba hadirkan resep dan cara membuat ikan bilis bumbu cabai.

Ikan salah satu sajian masakan yang banyak sekali jenis dan ragamnya, sehingga mampu menghiasi hampir di setiap menu makan keluarga tercinta. Ikan memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, karena ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, dan fungsinya sangat baik bagi pertumbuhan serta perkembangan sanga anak, dan juga baik untuk mencerdaskan otak sang anak. Selain kandungan protein, ada beberapa kandungan lainnya beruapa kandungan omega 3, kalsium, kalium dll. Namun pernahkah anda mencoba membuat masakan ikan bilis? Ikan bilis yang bentuyknya kecil dengan warna yang putih ini biasanya banyak hidup di sungai, di rawa serta di danau-danau.

Ikan bilis ini juga sangat banyak sekali jenis dan ragamnya, baik dibuat dengan cara do balado, di pepes dll. Namun pernahkan anda mencoba masakan dengan ikan bilis bumbu cabai. Pastinya, pedas dan lezat akan memwarnai masakan ikan bilis bumbu cabai ini yang membuat anda akan semakijn bertambah selera makan anda. Baiklah, tanpa perlu berbasa-basi lagi, kami coba hadirkan resep dan cara membuat ikan bilis bumbu cabai yang pedas ini, mari kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Bumbu Cabai Yang Pedas

Review

4.8 review 257

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bilis Bumbu Cabai Yang Pedas

Bahan Utama

  • 100 gram ikan bilis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Tumbuk Kasar

  • 10 buah cabai merah besar
  • 8 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ikan Bilis Bumbu Cabai Yang Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi, setelah itu cuci hingga bersih.
  2. Selanjutnya siapkan wajan kemudian beri minyak goreng lalu ikan bilis goreng hingga kering, angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng sekitar 3 sendok makan, untuk menumis bahan bumbu, aduk rata hinggga harum, lalu tambahkan air jeruk nipis, lalu gula pasir, aduk merata.
  4. Kemudian masukan ikan bilis yang sudah digoreng, aduk rata. Matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itula dia Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Bumbu Cabai Yang Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk bahan ikan bilis ini juga banyak ditemui di pasar tradisional dan juga untuk bumbunya pun mudah ditemukan sehingga memudahkan anda membuatnya sendiri. Ikan bilis bumbu cabai yang pedas ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan kerupuk membuat makan anda akan semakin istimewa dan special. Bertambah lagi koleksi dalam menu makan harian anda setelah mengetahui resep serta cara membuat ikan bilis bumbu cabai ini yang sewaktu-waktu bisa anda hadirkan di tengah-tengah keluarga tercinta anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Bilis Bumbu Cabai Yang Pedas pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kamis edaiakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Goreng Ikan Bilis Campur Kacang Enak dan Gurih

resep goreng ikan bilis campur kacang

Pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis kemudian dicampur dengan kacang,,,hmm tentunya membuat makan anda akan semakin berselara setelah mencobanya.

Ikan air tawar salah satu ikan yang memang banyak dikonsumsi oleh banyak masyarakat di Indonesia, namun demikian ikan laut juga sebetulnya tidak kalah enaknya dengan masakan ikan air tawar. Namun yang membedakan ikan air laut dengan ikan air tawar yaitu dari segi ekonomi, ikan laut terkadang harganya lebih mahal dibandingkan dengan ikan air tawar. Namun demikian ikan air tawar memiliki banyak kandungan juga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu nya adalah ikan bilis. Ikan bilis yang bentuknya kecil dan berwarna putih ini banyak ditemuai di danau, dirawa atapun disungai-sungai.

Namun tidak perlu khawatir ikan bilis ini banyak ditemukan di pasar tradisional, dan untuk harganyanya juga sangat terjangkau sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah. Ikan bilis ini akan kami coba padukan bersama dengan kacang tanah. Penarasan seperti apa ya rasanya, yang pasti lezat dan gurih akan menghiasi masakan goreng ikan bilis dengan kacang tanah ini yang apabila anda mencobanya akan membuat nafsu makan anda akan bertambah. Makin penarasaran bukan, yuk kita simak resep dan cara membuat goreng ikan bilis campur kacang enak dan gurih dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Goreng Ikan Bilis Campur Kacang Enak dan Gurih

Review

4.6 review 189

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Goreng Ikan Bilis Campur Kacang Enak dan Gurih

Bahan dan Bumbu

  • 250 gram ikan bilis
  • 150 gram kacang tanah
  • 2 buah bawang merah, cincang
  • gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Goreng Ikan Bilis Campur Kacang Enak dan Gurih

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi terlebih dahulu, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu siapkan wajan, beri minyak lalu panaskan dengan api sedang, goreng ikan bilis hingga kering dan matang, angkat dan tiriskan, sisihkan.
  3. Setelah itu panaskan kembali minyak goreng, kemudian goreng kacang tanah
  4. Setelah itu panaskan kembali minyak goreng, kemudian bawang merah yang dicincang di goreng, kemudian setelah warna bawangnya kekuning-kuningan, kemudian baru masukan ikan bilis serta kacang tanah yang tadi sudah digoreng, aduk merata. Mtang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Goreng Ikan Bilis Campur Kacang Enak dan Gurih yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Hidangkan masakan goreng ikan bilis campur kacang ini bersama dengan nasi hangat tentunya membuat makan keluarga anda akan semakinj berselara. Dengan mengetahui resep serta cara membuat goreng ikan bilis campur kacang ini akan bertambah koleksi dalam menu makan harian anda tentunya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Goreng Ikan Bilis Campur Kacang Enak dan Gurih pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Balado Ikan Bilis Pedas Lezat

resep balado ikan bilis pedas

Sajian hidangan kali ini yang akan kami coba hadirkan berupa balado ikan bilis pedas.

Ikan memang sangat banyak sekali jenis dan ragammya, baik ikan air tawar ataupun ikan air laut memang memiliki ciri khas masing-masing baik dalam bentuknya ataupun dari segi rasanya. Ikan juga sebetulnya salah satu sajian hidangan yang paling banyak disukai, baik orang dewasa ataupun bahkan anak-anak skalipun sangat menyukai masakan ikan ini. Mengkonsumsi ikan memang sangat baik dan sangat dianjurkan, karena dengan mengkonsumsi ikan tentunya gizi harian kelaurga anda akan terpenuhi. Adapun kandungan gizi pada ikan berupa protein yang tinggi, adapun kandungan lainnya berupa omega 3, kalsium, kalium dll.

Namun pernahkan anda mencoba mengkonsumsi ikan air tawar yaitu ikan bilis? Ikan bilis yang bentuk nya kecil dan kebanyakan hidupnya nya ini didanau ataupun dirawa-rawa banyak kita jumpai di sekitar kita. Meski begitu ikan bilis ini juga bisa anda dapatkan di pasar tradisional, ikan yang akan khas keseharian karena ikan ini sudah tidak asing lagi bagi anda yang mungkin berada di dekat perdesaan serta banyak di temukan juga disungai-sungai. Namun pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis? Balado ikan bilis, tentunya bagi anda sangat asing yang akrena ikan yang kecil ini bisa dibuat balado. Nah, baiklah penasaran seperti apa resep dan cara membuat balado ikan blilis pedas ini, Baiklah kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Balado Ikan Bilis Pedas Lezat

Review

4.9 review 297

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Balado Ikan Bilis Pedas Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 300 gram ikan bilis kering
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 cm lengkuas
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 15 buah cabe merah besar
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 12 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Balado Ikan Bilis Pedas Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan bilis kering, siangi.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang, kemudian goreng ikan bilis sampai kering dan matang, angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian panaskan minyak goreng sekitar 5 sendok makan, lalu tumis bahan bumbu halus hingga harum setelah itu tambahkan tomat, kemudian serai, daun salam serta lengkuas, aduk merata
  4. Selanjutnya masukan ikan bilis yang sudah digoreng, aduk rata. Kemudian beri perasan air jeruk nipis, kemudian beri garam dan juga gula pasir. Aduk merata. Masak hingga matang dan bumbu meresap.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Balado Ikan Bilis Pedas lezat yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sederhana membuat sajian hidangan anda akan semakin lengkap dengan hadirnya masakan balado ikan bilis ini. Hidangkan balado ikan bilis pedas ini bersama dengan nasi putih hangat, membuat makan anda akan berselara. Bertambah lagi koleksi resep serta cara membuat masakan ikan dalam menu makan harian anda sekeluarga, terlebih balado ikan bilis ini tentunya sangat cocok bagi anda yang gemar dengan masakan yang pedas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Balado Ikan Bilis Pedas lezat pada semua keluarga serta kerabat anda, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda