5 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

5 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia – Buah kurma identik dengan bulan Ramadhan. Walaupun tumbuh subur di Timur Tengah, namun buah yang satu ini juga cukup populer di Indonesia. Rasanya manis, teksturnya legit membuat buah ini banyak disukai. Tidak hanya rasanya yang enak, namun buah kurma juga mengandung sejumlah nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Lihat juga : Ceklist.id

Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

5 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia

Nah, dari banyaknya jenis kurma, ada beberapa jenis kurma yang populer di Indonesia seperti berikut ini.

Kurma Ajwa

Salah satu kurma yang populer di Indonesia yaitu kurma ajwa atau disebut juga kurma nabi. Kurma ini asalnya dari Arab Saudi bagian barat. Kurma ini memiliki ciri warnanya hitam dan rasanya tidak terlalu manis. Ketika digigit tekstur dari kurma ini lebih lembut.

Selain enak, kurma ajwa juga memiliki banyak manfaat. Kurma ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang bisa mencegah kerusakan sel. Pada kurma ajwa ini terkandung flavonoid dan glikosida yang cukup tinggi, bermanfaat sebagai antioksidan untuk membantu mencegah radikal bebas. Selain itu, kurma ajwa juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Gula pada kurma ajwa bersifat monosakarida dapat dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Kurma Barhi

Kurma barhi yaitu jenis kurma yang populer di Indonesia, berasal dari  Afrika Utara dan Timur Tengah. Kurma ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan teksturnya renyah, serta lapisan kulitnya tipis. Dagingnya sangat lembut.

Kurma barhi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pada kurma barhi kandungan nutrisinya hampir sama dengan kurma yang lainnya. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu zat besi, serat, vitamin B, kalium, antioksidan dan flavonoid.

Flavonoid merupakan antioksidan yang terkandung pada kurma barhi, manfaatnya yaitu mengurangi risiko kanker, Alzheimer dan diabetes. Kurma barhi ini bermanfaat untuk mengontrol gula darah sebab kandungan pemanis alami di dalamnya.

Baca Juga  Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai Agar Layak Pakai Lagi

Kurma Deglet Noor

Selanjutnya ada kurma deglet noor. Rasa dari jenis kurma ini tidak terlalu manis, ukurannya lebih kecil dan warnanya kuning cerah. Jenis kurma ini budidayanya menyebar di Aljazair, Libya, Tunisia hingga Amerika Serikat.

Menurut sebuah studi menunjukan bahwa mengonsumsi kurma ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Serat yang terkandung pada jenis kurma ini bisa mencegah masalah sembelit dan bagus bagi kesehatan usus.

Selain itu pada penderita disfungsi seksual, menurut penelitian menunjukan serbuk kurma dengan kandungan flavonoid dan estradiol memiliki fungsi untuk meningkatkan kesuburan.

Kurma Medjool

Kurma medjool juga merupakan jenis kurma yang populer di Indonesia. Kurma jenis ini sering dianggap ratu kurma sebab memiliki ukuran yang besar. Tidak hanya di Indonesia saja, namun jenis kurma ini juga populer di Timur Tengah. Untuk rasa, jenis kurma ini cenderung seperti karamel.

Pada kurma yang enak ini terkandung gula, karbohidrat, kalium, serat, lemak, protein, tembaga dan zat besi. Kurma ini bagus untuk kesehatan jantung. Antioksidan dan serat yang terkandung pada kurma ini dapat menurunkan kolesterol jahat.

Kurma Sukari

Kurma sukari juga banyak disukai dan asalnya dari wilayah budidaya Al Qaseem, Aram Saudi. Rasanya manis dan legit, dengan daging yang lembut.

Menurut sejumlah penelitian menyatakan, kurma sukari manfaatnya sebagai antioksidan. Kandungan gula alami pada kurma ini seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa lebih mudah dicerna sehingga dapat membuat energi meningkat.

Itulah beberapa jenis kurma yang populer di Indonesia beserta manfaatnya.

Tinggalkan komentar