Aneka Resep Ikan Haruan

resep ikan haruan

Berbagai macam aneka masakan ikan memang selalu tersaji di menu hidangan makan keluarga tercinta, seperti halnya menu masakan ikan haruan/ ikan gabus. Ikan haruan yang hidupnya di air tawar ini mampu menampilkan berbagai macam aneka rasa setelah diolah menjadi masakan. Salah satunya adalah masakan ikan haruan bakar, tim ikan haruan dll. Semua masakan ikan haruan ini bisa anda aplikasikan dirumah.

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

resep ikan haruan masak habang
 

Anda ingin tahu salah satu masakan khas dari Banjarmasin yaitu ikan haruan masak habang enak dan lezat membuat anda akan merasa ketagihan.

Indonesia kaya akan aneka masakan, hamper masing-masing diwilayah nusantara ini memiliki masakan khas salah satunya adalah Banjarmasin yang menampilkan ikan haruan masak habang. Ikan haruan ini juga salah satu ikan yang sangat favorit di wilayah Banjarmasin sehingga tidak heran banyak yang selalu memasak ikan haruan ini. Ikan haruan atau yang biasa disebut ikan gabus ini salah satu ikan yang hidup di air tawar. Ikan yang memiliki ukura tbuhnya sedang ini sangat gurih dan enak kala dimasak. Adapaun kandungan pada ikan haruan atau ikan gabus ini terdapat protein yang tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan sang anak selain itu juga baik untuk otak sang anak. Kandungan lainya tentunya seperti omega 3, vitamin, klium dll. Menarik bukan, bagaiman jika anda mencoba membuat sendiri dirumah, tanap harus pergi ke Banjarmasin, karena itu kami akan coba hadirkan resep sert cara membuatnya, yuk kta simak dibawah ini  Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Review

4.8 review 250

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Bahan dan Bumbu

  • 1 ekor ikan haruan/ikan gabus
  • 1 potong ayam (sesuai selera0
  • 5 butir telur ayam rebus
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula
  • 10 buah cabai merah keriting kering
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 Liter air putih

Bahan bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kencur

Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Cara Memasak

  1. Pertama-tama adalah membersihkan ikan haruan dengan cara membuang bagian dalam isi perutnya, lalu potong sesuai selera,kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan air asam jawa dan juga garam, diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya adalah merebus cabai merah rawit hingga lembek setelah itu haluskan menggunakan blender.
  4. Kemudian siapkan wajan lalu isi minyak goreng sekitar 3 sendok makan kemudian panaskan, lalu tumis bahan bumbu halus sampai harum, lalu masukan cabai merah yang dihaluskan.
  5. Setelah itu masukan daging ayam, kemudian telur disusul dengan ikan, aduk merata, masak hingga mengental bumbunya, setelah itu masukan air dan juga sisa bumbu. Masak hinggga kuahnya menyusut. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin yang bisa anda buat sendiri dirumah. Ikan haruan masak habang khas Banjarmasin ini sangat udah dan sederhana dalam pembuatannya,sehingga bisa anda hidangkan ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Ikan haruan masak habang ini sanagat cocok apabila disantap bersama dengan nasi putih hangat. Dengan mengetahui resep dan cara membuat ikan haruan masak habang khas Banjarmasin ini tetunya membuat koleksi menu makan harian anda akan bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasinkepada semua keluarga dan juga kerabat tercinta anda, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

resep ikan haruan panggang
 

Masakan ikan panggang salah satu masakan yang banyak sekali peminatnya terlebih bagi anda penikmat kuliner, seperti membuat ikan haruan panggang saus pedas.

Aneka masakan ikan menjadi sangat popular karena selalu menampilkan masakan yang sangat beraneka ragam, baik dari cara pengolahan hingga rasa dan juga bahan dasar yang digunakan serta bumbu rempah yang mampu menunjang sebuah masakan menjadi sangat istimewa. Karena itu tidak heran jika masakan ikan panggang menjadi sangat popular karena biasanya masakan ikan panggang dibuat secara bersama-sama baik bersama dengan keluarga ataupun dengan kerabat dekat anda seperti tetangga ataupun teman main anda. Karena itu tidak heran juga membuatmasakan ikan panggang hamper semuanya terlibat dalam pembuatanya, dan salah satu masakan yang menciptakan keharmonisan baik bersama dengan keluarga ataupun kerabat.

Namun pernahkan anda mencoba membuat masakan ikan panggang sengan bahan dasar ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan yang tebal dagingnya serta sangat enak dan lezat dan juga gurih kala dimasak. Baiklah kami akan coba membuat ikan haruan panggang saus pedas. Berikut ini langkah-langkahnya dibawah ini

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

Review

4.9 review 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

Bahan Utama

  • 4 ekor ikan haruan/ikan gabus
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit bakar

Bahan Untuk Saus

  • 6 buah cabai merah
  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi, goreng
  • 2 buah tomat merah
  • 1 1/2 sdt gula pasir
  • 1 1/4 sdt garam

Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan dibersihkan, kemudian belah bagian perutnya lalu buang bagian isi perutnya, untuk kepalanya buang saja. Cuci hingga bersih.
  2. Selanjutnya siapkan wajan kemudian isi minyak sekitar 1 sendok makan lalu panaskan setelah itu tmis bahan bumbu halus hingga harum, matang angkat.
  3. Tumisan tersebut sirambkan pada ikan haruan /ikan gabus, aduk merata.
  4. Selanjutnya siapkan bara api dan juga alat pemnggang, kemudian panggang ikan sesekali dibolak balikan, dan sekali-kali olesi dengan sisa bumbu tumisan. Bakar hingga matang.
  5. Membuat Saus, yang pertama adalah menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi dan juga tomat.
  6. Selanjutnya panaskan kembali minyak goreng, lalu bahan saus tersebut ditumis hingga harum, beri garam dan juga gula pasir, masak hingga kental.
  7. Sajikan ikan harian panggang bersama dengan sausnya. Siap disantap.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas yang bisa anda coba buat sendiri ataupun bersama dengan keluarga ataupun kerab anda. Untuk ikan haruan ini banyak sekali anda temukan dan biasanya banyak tersedia dipasar tradisional dan juga supermarket. Makan bersama-sama tentunya mejalin keluarga yang harmonis dengan membuat ikan haruan panggang ditambah dengan sausnya yang pedas membuat lidah anda akan dimanjakan dengan citara yang enak dan lezat. Dengan mengetahui resep ikan harian panggang saus pedas ini tentunya bertambah koleksi menu makan harian keluarga anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas kepada semua keluarga tercinta anda ataupun kerabat anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

resep sop ikan haruan
 

Ingin masakan yang berkuah, kami coba hadirkan resep dan cara membuat sop ikan haruan goreng khas Kalimantan Selatan.

Sekarang ini banyak sekali aneka jenis masakan, mulai dari bahan daging, ikan, sayuran, mie dll. Karena itu tidak heran apabila sekarang ini banyak sekali varian-varian aneka masakan yang menyajikan berbagai aroma serta aneka rasa yang khas. Namun bagaimana dengan masakan ikan? Masakan ikan juga salah satu jenis masakan yang banyak sekali, baik ikan laut ataupun ikan air tawar sekarang ini mampu dimodifikasi sedemikian rupa agar menciptakan rasa yang enak dan lezat. Sama halnya dengan masakan sop yang kali ini akan kami bahas. Masakan sop kali ini kami coba buat dengan bahan dasar ikan, yaitu ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan haruan ikan yang hidupnya di air tawar ini memiliki dagingnya yang tebal dan sangat enak kala dimasak. Selain rasanya ikan haruan ini juga memilikibanyak kandungan berupa protein yang tinggi, kemudian omega 3, vitamin dll.

Sop ikan haruan ini sangat cocok anda hidangka ditengah-tengah keluarga tercinta terlebih bagi sang anak. Dengan mengkonsumsi sop ikan ini tentunya akan memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi keluarga anda. Baiklah tanpa berlama-lama lagi yukkita simak dibawah ini, bagamina resep dan cara membuat sop ikan haruan goreng khas Kalimantan selatan.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

Review

4.9 review 33

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram Ikan haruan/ gabus
  • 1 buah wortel
  • 2 butir cengkeh
  • 1 ruas jari kayu manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 750 ml air
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sdt pala parut

Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan

Cara Memasak

  1. Yang pertama ikan haruan/ikan gabus dibersihkan seperti buang bagian dalam isi perutnya, setelah itu potong sesuai selera, kemudian beri garam dan asam, lalu diamkan sebentar 10 menit.
  2. Selanjutnya siapkan wajan, kemudian beri minyak goreng, lalu panaskan dan goreng ikan haruan hingga matang dan kering, angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan wortel, lalu kupas dan diiris tipis, sisihkan.
  4. Selanjutnya panaskan minyak sekitar 3 sendok makan, kemudian tumis bahan bumbu halus, lalu masukan juga cengkeh serta kayu manis, aduk rata hingga harum.
  5. Selanjutnya tuang air dan juga masukan wortel, masak hingga layu dan matang.
  6. Kemudian masukan ikan yang sudah digoreng, kemudian masukan bumbu berupa merica, lalu gula, garam, lalu penyedap rasa dan juga beri kecap, aduk merata perlahan, masak hingga matang.
  7. Angkat dan siap disajikan bersama taburan bawang goreng.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan yang bisa anda buat dan sajikan di tengah-tengah keluarga tercinta. Sop ikan haruan dihidangkan bersama dengan nasi putih kemudian dotambah dengan kerupuk tentunya membuat nafsu makan keluarga anda akan bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Haruan Goreng khas Kalimantan Selatan pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada,dan jangan lupa juga untuk  memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih

tim ikan haruan
 

Saatnya mencoba membuat masakan dengan bahan dasar ikan haruan, yaitu tim ikan haruan yang empuk dan enak.

Masakan ikan memang menjadi salah satu masakan yang banyak digemari, terlebih ikan ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Selain rasanya ikan ini juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan, salah satunya kandungan yang ada pada ikan berupa protein yang tinggi, kemudian kandungan omega 3, vitamin dll. Masakan ikan juga salah satu sebagai sajian untuk selalu anda hidangkan bersama dengan keluarga tercinta anda dirumah. Dengan mengkonsumsi ikan tentunya asupan gizi serta nutrisi harian keluarga anda akan terpenuhi. Terlebih bagi sang anak masakan ikan ini sangat baik, karena baik untuk pertumbuhan serta perkembangan sang anak dan juga mampu untuk mencerdaskan otak anak anda. MUngkin anda sudah sering memasak ikan yang selalu itu-itu saja, nah kali ini kami akan coba berikan resep yang berbeda, yang tentunya tidak kalah menarik serta rasanya yang memiliki kelezatan yang sangat tinggi.

Pernahkah anda mencoba membuat masakan tim ikan, dalam membuat tim kali ini kami mencoba dengan bahan dasar ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan haruan yang hidupnya di air tawar ini salah satu ikan yang banyak dibudidayakan, karena memang memiliki nilai jual yang baik serta memiliki rasa yang lezat dan gurih kala dimasak. Baiklah berikut ini kami coba hadirkan Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih

Review

4.8 review 241

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih

Bahan dan Bumbu

  • 250 gram ikan haruan
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 1 buah cabai merah
  • 1 buah cabai hijau
  • 3 buah belimbing sayur
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 1/4 sdt gula
  • air secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih

Cara Memasak

  1. Ikan haruan atau biasa disebut ikan gabus dibersihkan terlebih dahulu, buang bagian isi perutnya, kemudian potong sesuai selera, selanjutnya cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis,kemudian diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah itu untuk bawang merah serta bawang putih dirajang, kemudian untuk cabai diiris serta belimbing sayur juga di potong-potong.
  3. Setelah itu, semua baan tersebut di campur merata pada ikan gabusnya, beri garam secukupnya, kemudian diamkan sekitar 10 menit.
  4. Selanjutnya siapkan wajan masukan ikan, kemudian air serta serai yag sudah di geprek, lalu masak hingga matang dan empuk, kemudian beri gula secukupnya. matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk ikan haruan atau ikan gabus ini banyak tersedia di pasar tradisional ataupun di supermarket. Tim ikan haruan sangat cocok apabila disantap selagi hangat ditambah dengan nasi putih hangat pula membuat makan anda akan sangat istimewa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Haruan Yang Empuk dan Gurih kepada semua teman serta kerabat tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa untukmemberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Kecap

resep ikan haruan masak kecap
 

Pernahkah anda mencoba masakan ikan haruan/ ikan gabus, rasa yang lezat tentunya ikan haruan masak kecap yang membuat anda akan ketagihan setelah menyantapnya.

Aneka masakan ikan memang selalu menjadi pilihan para pecinta kuliner, karena ikan memiliki rasa yang enak dan lezat serta memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Ikan memang sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan serta mampu mencedaskan otak sang anak. Adapun kandungan lainnya berupa kandungan omega 3, vitamin, kalsium dll.

Ikan yang akan kami coba hadirkan adalah ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan gabus ikan yang hidupnya di air tawar ini memiliki dagingnya yang tebal dan juga sangat gurih kala dimasak dengan cara apapun seperti yang akan kami coba hadirkan, yaitu berupa ikan haruan masak kecap. Ikan haruan masak kecap ini tentunya mampu memanjakan lidah anda, karena rasa yang lezat dan gurih ini melekat pada daging ikannya. Penasaran seperti apa resep serta cara membuatnya, mari kita lihat dibawah ini bagaimana resep dan cara membuat ikan haruan masak kecap.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Kecap

Review

4.8 review 248

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Masak Kecap

Bahan Utama

  • 500 gram ikan haruan/ikan gabus
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 2 batang daun bawang
  • 1 batang daun seledri
  • 5 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 cm kayu manis
  • 1/4 biji pala
  • 2 cm jahe

Bahan Bumbu lainnya

  • 2 buah cengkeh
  • garam secukupnya
  • gula putih secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • mie soun secukupnya

Cara Membuat Ikan Haruan Masak Kecap

Cara Memasak

  1. Yang pertama ikan haruan atau ikan gabus dibersihkan buang bagian dalam isi perutnya, potong sesuai selera, lalu cuci hingga bersih, kemudian dilumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam, aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya siapkan wajan beri minyak yang banyak, lalu goreng ikan hingga warnanya kuning kecoklatan dan matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng sekitar 3 sendok makan saja,kemudian tumis bahan bumbu halus, kemudian masukan ikan haruan, lalu cengkeh, kayu manis serta kecap manis. Aduk merata.
  4. Setelah itu tambahkan garam dan juga gula, masak hingga matang, menjelang diangkat masukan soun, aduk merata. Matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara  Membuat Ikan Haruan Masak Kecap yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Hidangkan ikan haruan ini di tengah-tengah keluarga tercinta anda. Mudah dan sangat sederhana dalam pembuatannya membuat anda bisa selalu aplikasikan di setiapkesempatan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda. Hidangkan ikan haruan masak kecap ini bersama dengan nasi putih hangat dan juga ditambah dengan beberapa makanan lainnya baik berupa tempe goreng ataupun tahu goreng membuat makan keluarga anda sangat istimewa. Bertambah lagi menu masakan ikan seperti ikan haruan masak kecap ini yang bisa anda aplikasikan dirumah dan juga bertambah koleksi dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa juga untuk membagikan Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Kecap kepada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, jangan lupa juga berikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Masak Habang Ikan Haruan & Telur Yang Pedas

resep ikan haruan & telor
 

Mau masakan dengan bahan dasar ikan bercita rasa yang pedas, kami coba hadirkan ikan haruan masak habang ditambah dengan telur.

Ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus salah satu ikan yang hidupnya di peairan tawar. Ikan ini salah satu ikan yang banyak dibudidayakan, karena memang ikan ini memiliki nilai jual yang baik, selain itu juga ikan haruan /ikan gabus ini memiliki dagingnya yang enak dan lezat serta tebal. Ikan ini juga banyak ditemukan dirawa, sungai dan juga danau. Ikan haruan ikan yang banyak sekali menampilkan beberapa masakan yang sangat banyak disukai oleh banyak kalangan, seperti ikan haruan masak kecap, ikan haruan panggang dll. Ikan haruan juga ikan yang sangat baik dikonsumsi karena sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga banyak terdapat beberapa kandungan yang baik bagi tubuh. Seperti halnya ikan haruan ini memiliki kandungan protein, omega 3, kalsium, vitamin dll.

Namun pernahkah anda mencoba masakan yang berbeda dengan bahan dasar ikan haruan, kali ini kami akan coba padukan bersama dengan telur, yaitu habang ikan haruan dan telur. Penasaran ya seperti apa resep serta cara membuatnya, yuk mari kita lihat cara-caranya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Masak Habang Ikan Haruan & Telur Yang Pedas

Review

4.8 review 173

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masak Habang Ikan Haruan & Telur Yang Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram ikan haruan/ ikan gabus
  • 5 butir telur ayam rebus
  • 50 gram cabai merah keriting
  • 1 ruas kayu manis
  • asam jawa secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 Liter air

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kencur
  • 2 sdm gula merah
  • 1/4 sdt terasi bakar

Cara Membuat Masak Habang Ikan Haruan & Telur Yang Pedas

Cara Memasak

  1. Ikan haruan dibersihkan terlebih dahulu, buang bagian dalam isi perutnya, setelah itu potong sesuai selera, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan asam jawa dan garam, diamkan sebentar.
  2. Setelah itu siapkan wajan, isi minyak goreng yang banyak karena untuk menggoreng ikan haruan hingga kering, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya adalah menyiapkan cabai merah, buang bijinya, kemudian bersihkan lalu haluskan menggunakan blender, sisihkan.
  4. Kemudian siapkan wajan lalu Setelah itu masukan cabai yang sudah dihaluskan dicampur dengan bahan bumbu halus, biarkan hingga meletup-meletup, baru kemudian beri minyak sekitar 3 sendok makan, aduk merata.
  5. Selanjutanya masukan air, setelah itu masukan telur ayam yang sudah direbus sebelumnya, masak sambil diaduk-aduk.
  6. Selanjutnya masukan ikan haruan yang sudah digoreng, aduk merata dan beri garam, masak hingga mengental bumbunya. Matang
  7. Simpan dipiring saji lalu taburi dengan bawang goreng. Siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Masak Habang Ikan Haruan & Telur Yang Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk ikan gabus atau ikan haruan ini banyak anda temukan di pasar tradisional ataupun di supermarket. Masak habang ikan haruan dan telur ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Masak Habang Ikan Haruan & Telur Yang Pedas kepada teman dan juga keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk selalu memberikan komentara pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

ikan haruan pecit pedas
 

Ikan haruan pencit atau biasa yang disebut dengan pencok ini salah satu menu andalan kami, yuk simak resep dan cara membuat ikan haruan goreng sambal pencit pedas.

Membuat masakan ikan salah satu hal yang paling penting dalam keluarga, karena dengan memasak ikan tentunya membuat kebutuhan gizi serta nutrisi keluarga anda terpenuhi. Ikan ini juga sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak karena banyakkandungan proteinnya yang manfaatnya bisa untuk pertumbuhan serta perkembangan dan juga untuk mencerdaskan otak. Banyak sekali aneka masakan ikan yang tersaji seperti ikan air laut ataupun ikan air tawar. Untuk kali ini kami akan coba hadirkan masakan ikan air tawar yaitu ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan haruan ikan yang memiliki dagingnya yang tebal dan sangat empuk dam lezat kala dimasak.

Nah, kali ini kami akan mencoba membuat masakan ikan haruan dengan citarasa yang pedas, hmmm tentunya sangat cocok bagi anda yang gemar dengan masakan pedas. Ikan aruan goreng sambal pencit pedas ini apabila anda mencobanya sekali saja membuat anda akan merasa ketagihan. Baiklah tanpa berlama-lama lagi berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat ikan haruan goreng sambal pencit pedas, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

Review

4.8 review 232

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram ikan haruan
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit
  • 2 sendok teh ketumbar
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Bahan Sambal Pencit

  • 1 buah mangga muda
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 siung bawang putih
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan terlebih dahulu seperti buang bagian dalam isi perutnya, buang bagian insang serta kepalanya, cuci hingga bersih. Lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis, diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya siapkan bahan berupa bawang putih, ketumbar, kunyit serta garam haluskan menggunakan ulekan, kemudian masukan pada ikan, aduk merata.
  3. Setelah itu siapkan wajan lalu beri minyak goreng banyak, setelah panas goreng ikan sampai kering dan matang.
  4. Setelah itu buat sambal, siapkan ulekan kemudian haluskan cabai rawit, bawang putih, gula dan juga tomat.
  5. Kemudian untuk mangga mudanya dicacah saja kecil kecil lalu campurkan dalam ulekan, aduk rata.
  6. Siap disajikan bersama sambal Pencit.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas yang bisa anda coba buat dirumah. Untuk bahan dalam pembuatannya tentunya banyak tersedia disekeliling anda, terlebih untuk ikan haruan ini banyak ditemukan di pasartradisional ataupun di supermarket. Ikan haruan goreng sambal pencit pedas ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dan juga lalapan. Dengan mengetahui masakan ikan haruan goreng sambal pencit pedas ini tentunya akan menamba koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar apada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda