Tips Membuat Telur Dadar Padang yang Tebal Namun Empuk

Ketika anda pergi ke rumah makan Padang, anda mungkin sering melihat menu telur dadar yang tebal. Tampilannya yang tebal dan padat terlihat nikmat, sehingga tak heran jika telur dadar Padang ini termasuk salah satu menu favorit.

Telur dadar khas Padang ternyata bisa dibuat dengan mudah di rumah. Ada tipsnya agar telur tebal dan padat seperti telur dadar Padang. Untuk mengetahuinya anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Tips membuat telur dadar Padang

Tips Membuat Telur Dadar Padang yang Tebal Namun Empuk

Membuat telur dadar Padang ternyata mudah dilakukan. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Menggunakan Telur Bebek

Telur ayam banyak dijadikan pilihan ketika hendak membuat telur dadar. Namun, jika anda ingin membuat telur dadar khas Padang yang tebal dan padat, namun tetap lembut, anda bisa mengganti telur ayam dengan telur bebek.

Baca juga : Tips Membuat Gorengan Agar Renyah

Telur bebek bagian kuningnya memiliki warna yang lebih pekat, gelap, serta aromanya lebih amis. Kandungan protein pada telur bebek lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam. Selain itu, rasa telur dadar padang menggunakan telur bebek memiliki rasa yang lebih nikmat.

Gunakan Telur Minimal 3 Butir

Selain memperhatikan jenis telur yang digunakan, anda juga harus memperhatikan jumlah telur. Untuk sekali membuat telur dadar khas Padang, anda bisa menggunakan minimal 3 butir. Jia ingin lebih tebal lagi anda bisa menggunakan telur sebanyak 4 hingga 5 telur.

Hanya saja, jika anda tidak memiliki cukup banyak telur bebek, maka alangkah lebih baik jika anda mengkombinasikannya dengan telur ayam dengan jumlah yang lebih banyak telur bebek. Misalkan 2 telur bebek dan 1 telur ayam.

Gunakan Tepung Terigu

Untuk mendapatkan telur dadar yang lebih tebal lagi, selain memakai telur dalam jumlah yang banyak, anda juga bisa menggunakan tepung terigu serbaguna. Untuk takaran tepung terigu itu sendiri bisa anda sesuaikan dengan jumlah telur yang anda gunakan. Namun, pastikan anda jangan terlalu banyak menggunakan tepung terigu agar telur dadar yang anda buat rasanya tetap nikmat.

Cara Mengaduk Telur

Cara mengaduk telur juga harus anda perhatikan. Ketika mengocok telur, jangan terlalu berbusa. Ketika anda mengocok telur hingga berbusa, telur hanya akan mengembang ketika digoreng saja kemudian akan mengempis pada saat sudah dingin. Sebaiknya kocok adonan telur yang sudah anda buat dengan pelan dan perlahan saja. Walaupun begitu pastikan semua bahan-bahan yang digunakan tetap tercampur merata.

Cara Menggoreng yang Tepat

Tidak hanya ketika mengaduk telur saja, cara menggoreng telur juga sebaiknya anda perhatikan. Ketika menggoreng telur dadar khas Padang, anda harus menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak dengan jumlah sekitar ¾ dari tinggi wajan yang anda gunakan untuk menggoreng.

Minyak goreng pada wajan harus dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan api sedang. Minyak yang sudah panas akan meletup-letup. Jika minyak goreng sudah panas, silakan kecilkan api kompor, kemudian anda masukan adonan telur yang sudah anda buat.

Lihat juga : Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai

Saat menggoreng telur, anda jangan terlalu sering membolak-balikan telur untuk mencegah telur dadar rusak. Anda cukup membalikan telur dadar pada saat salah satu sisi telur sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Anda bisa mengggoreng telur dadar hingga telur benar-benar matang. Hati-hati telur menjadi gosong.

Itulah tips membuat telur dadar Padang yang tebal, empuk dan lezat. Selamat mencoba di rumah.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons