Aneka Resep Empal Daging

aneka empal

Kumpulan aneka resep empal daging yang akan senantiasa membuat anda tidak lagi kesulitan membuat dan mengolah daging. Resep ini dibuat sedemikian rupa agar bisa dipraktikan dirumah dengan selera bintang lima yang siap menyemarakan ragam kuliner tanah air dengan hidangan yang lezat dan nikmat yang bisa diaplikasikan dengan mudah. 

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

resep empal daging sapi

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan sumber daya alamnya, baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui, baik itu dari jenis flora maupun fauna.

Selain kaya akan sumber daya alamnya yang begitu melimpah, Indonesia juga dikenal dengan negara yang kaya akan ragam kuliner yang begitu bervariasi yang tentunya masing-masing kuliner yang disuguhkan memiliki cita rasa yang khas dan begitu lezat bahkan sampai terkenal ke mancanegara.
Tumbuhan rempah yang hidup di Indonesia begitu berlimpah, hal inilah yang tentunya menjadi salah satu faktor mengapa hidangan nusantara dikenal dengan hidangan lezat yang kaya akan bumbu dan rempah yang begitu banyak. Bumbu rempah ini tentu saja bisa diaplikasikan pada banyak bahan makanan, seperti pada telur, ayam, daging, sayuran dan masih banyak lagi.

Beberapa hidangan nusantara menawarkan rasa alami Indonesia yang dipadu dan disesuaikan dengan lidah dan selera masyarakat Indonesia, sehingga tidak heran jika masyarakat Indonesia akan jatuh cinta dengan hidangan nusantaranya.

Nah, salah satu hidangan nusantara yang paling banyak dicari dan selalu menjadi hidangan istimewa dibeberapa momen adalah hidangan makanan yang dibuat dari bahan daging. Hidangan makanan dari bahan ini senantiasa menjadi hidangan utama yang selalu diburu dan banyak dicari. Betapa tidak, rasa gurih yang lezat dari daging yang berkolaborasi dnegan nikmatnya bumbu dan rempah membuat hidangan ini tentu saja tersaji dengan begitu istimewa dan lezat. Andapun mungkin sudah tidak asing dengan beberapa masakan nusantra yang dibuat dari bahan dasar daging dan tentunya anda setuju jika hampir semua olahan daging yang dibuat menjadi hidangan makanan memiliki cita rasa yang begitu lezat serta nikmat bukan?

Salah satu hidangan lezat khas Indonesia adalah hidangan empal daging lezat dengan cita rasa manis yang begitu nikmat. Dan kali ini kabar baiknya adalah kali ini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

Review

 

4.9 review 76

 

Waktu Memasak

Persiapan: 25 menit

Memasak: 35 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

Bahan Utama Untuk Membuat Empal Daging Manis:

  • 10 ons daging sapi
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 2 cm lengkuas (memarkan)
  • 1/2 liter air
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus Untuk Empal:

  • 100 gr gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 buah kemiri (disangrai)
  • 10 butir bawang merah
  • 100 ml air
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar halus

Cara Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

Cara Membuat EMpal Daging Manis:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan daging sapi hingga daging benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih, kemudian rebus daging bersama dengan garam, daun salam dan lengkuas hingga benar-benar matang dan empuk. Setelah empuk kemudian angkat.
  3. Selanjutnya, potong-potong daging sesuai dengan arah serat atau sesuai dengan selera anda.
  4. Lumuri daging dengan bumbu yang telah dihaluskan dan diamkan sementara hingga bumbu meresap pada daging.

Cara Menggoreng Empal dan Menyajikannya:

  1. Siapkan wajan dan goreng empal hingga berwarna kecoklatan dan daging menjadi benar-benar matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Sajikan empal daging manis selagi hangat dan berikan taburan bawang goreng dibagian atasnya untuk menambah selera.

Demikian resep membuat empal daging sapi manis yang lezat, selamat mencoba dan selamat menikmati.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Resep empal gentong

Resep hidangan lezat yang asli enak dan gurih memang seringkali menggoda untuk disantap.

Godaan dari aroma yang begitu semerbak serta penampilan lezat dari hidangan yang menggoda memang seringkali membuat rasa lapar tergugah dengan tiba-tiba dan membuat lidah seperti tak henti meneteskan air liurnya.

Ada begitu banyak hidangan lezat di nusantara yang mana beberapa diantaranya mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Hidangan yang nikmat dengan bumbu serta komposisi rempah yang begitu kaya adalah salah satu ciri khas makanan Indonesia. Sehingga tak heran jika cita rasa dari masakan Indonesia seringkali tersaji begitu istimewa.

Olahan dari daging sendiri memang memiliki ragam yang cukup luas. Namun kali ini kami akan bahas salah satu resep asli masakan Indonesia yang memiliki cita rasa khas yang begitu lezat serta begitu nikmat.

Adalah hidangan empal daging yang memiliki cita rasa gurih lezat dan bumbu yang begitu asli Indonesia. Terdapat banyak jenis hidangan empal daging salahsatunya adalah Empal gentong yang merupakan makanan khas yang berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Hidangan ini cukup mirip dengan gule yang dimasak dengan cara yang tradisional yakni diatas kayu bakar dan dibuat didalam gentong yang terbuat dari tanah liat. Jika dilihat hidangan ini memang merupakan hidangan kuno. Namun demikian, urusan rasa tentu saja tak boleh diragukan. Meskipun dimasak diatas kayu bakar dan dimasak menggunakan gentong, rasa dari hidangan empal gentong terasa begitu lezat dan nikmat. Seperti apa sih resepnya? Kita simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Review

 

4.7 review 56

 

Waktu Memasak

Persiapan: 20 menit

Memasak: 40 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Bahan Utama Empal Gentong:

  • 1/2 kg daging sandung lamur
  • 300 gr paru sapi
  • 300 gr babat sapi
  • 3 sdm minyak goreng
  • 3 lbr daun jeruk
  • 6 biji cengkih
  • 3 cm kayu manis
  • 2 biji kapulaga
  • 2 cm lengkuas
  • 2 ltr air
  • 2 cm jahe
  • 2 lbr daun salam
  • 2 batang serai
  • 1/2 butir kelapa setengah tua

Bumbu Untuk Empal Gentong:

  • 1 sdm ketumbar (disangrai)
  • 1 sdt merica butir
  • 2 sdt garam
  • 6 butir kemiri (disangrai)
  • 4 cm kunyit
  • 12 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Bahan Pelengkap Untuk Empal Gentong:

  • Kerupuk kulit
  • Kucai (diiris)
  • Bawang goreng
  • Cabai giling
  • Daun bawang (diiris)

Cara Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Empal Gentong:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memarut kelapa hingga kesemuanya diparut. Kemudian sangrai kelapa hingga berwarna kecoklatan dan angkat.
  2. Selanjutnya rebus daging sandung lamur dengan memasukan kayu manis, cengkih, daun salam, daun jeruk, jahe, kapulaga, serai dan lengkuas. Kemudian rebus daging hingga lunak, angkat kemudian potong-potong daging seukuran kecil atau sesuai selera.
  3. Rebus babat dan paru secara tepisah hingga empuk, angkat, tiriskan dan potong-potong sesuai dengan selera. Setelah selesai masukkan dalam kaldu daging sapi.
  4. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu balus, seperti bawang putih, kemiri, kunyit, bawang merah, ketumbar, garam dan merica butiran hingga harum. Lalu masukkan dalam kaldu daging.
  5. Masukkan potongdan daging bersama dengan jeroan dan kepala sangrai dalam kaldu dan didihkan sambil diaduk merata kemudian angkat.

Cara Menyajikan Empal Gentong:

  1. Setelah diangkat, ambil mangkuk saji atau piring saji, tuangkan empla kedalam piring saji.
  2. Kemudian masukan bahan pelengkap dan taburi juga dengan bawang goreng.

Demikian cara membuat empal daging sapi asli enak dan gurih. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

resep empal daging serundeng

Sajian sedap yang begitu nikmat yang hadir sebagai menu makanan tentu saja akan tersaji begitu menggoda.

Apalagi jika dihidangkan sewaktu perut terasa lapar, sudah pasti menu makanan yang disajikan di meja makan akan habis disantap tanpa menyisakan sedikitpun. Hidangan kuliner yang ada di nusantara memang memiliki ragam yang cukup banyak dan mungkin beberapa diantaranya belum sempat anda cicipi karena jumlah hidangannya yang terlalu banyak.

Nah, dari sekian banyak hidangan nusantara yang begitu populer, setujukah anda jika hidangan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging sapi seringkali menjadi hidangan lezat yang begitu istimewa? Ya, memang benar hidangan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging sapi memang seringkali menjadi sajian nikmat yang begitu disukai. Rasanya yang lezat serta rasa gurih yang begitu khas dari daging sapi membuat hidangan yang diolah dapat menghasilkan hidangan lezat yang begitu nikmat.

Nah, salah satu hidangan lezat yang dibuat dari bahan dasar daging sapi adalah hidangan empal daging sapi dengan taburan serundeng nikmat yang kaya akan bumbu dan rempah. Sajian sedap ini dibuat dengan cara memasak daging sapi dengan rempah dan bumbu hingga meresap kemudian digoreng dan disajikan bersama dengan parutan kelapa yang disangrai dan dibumbui. Urusan rasa, tentu saja sajian ini tak lagi diragukan. Bumbu manis yang ada pada daging bercampur menjadi satu dengan rasa gurih hidangan daging membuat makanan ini tersaji dengan begitu istimewa.

Anda tentu tidak lagi asing dengan hidangan ini dan mungkin seringkali menemukan hidangan ini disajikan dirumah makan atau restoran favorit anda. Namun kali ini anda akan dapat menyajikan dan menghidangkannya ditengah-tengah keluarga anda. Dengan resep yang akan kami jelaskan kali ini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak resep berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

Review

 

4.6 review 56

 

Waktu Memasak

Persiapan : 20 menit
Memasak : 30 menit
Total :  50 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

Bahan Utama Membuat Empal Goreng Serundeng:

  • 350 gram daging gandik
  • 1 ltr air
  • 3 lembar daun jeruk, diremas-remas
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 1 sentok teh gula pasir
  • 1 lembar daun salam
  • 2cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok teh garam
  • 75 gram kelapa parut
  • 250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 sendok teh air asam jawa

Bumbu Halus Untuk Membuat Empal Goreng Serundeng:

  • 8 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

Cara Membuat Empal Serundeng:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan merebus daging dalam air hingga menjadi tiga perempat matang.
  2. Selanjutnya angkat daging dan potong searah dengan serat daging. Kemudian memarkan dan ukur hingga kaldu menjadi sebanyak 500 ml dan sisihkan sementara.
  3. Setelah selesai, rebus kembali daging dan masukkan bumbu halus beserta dengan daun salam, gula, garam, merica, kaldu daging, serai dan santan hingga mendidih dan aduk-aduk.
  4. Tuangkan air asam jawa dan rebus hingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap, kemudian angkat.

Cara Menggoreng Empal Serundeng:

  1. Setelah diangkat, tiriskan kemudian goreng dalam minyak panas hingga menjadi kecoklatan.
  2. Kemudian aduk rata sisa bumbu dan kelapa parut kasar dan aduk-aduk diatas api kecil hingga kelapa mengering.

Kini anda bisa menuangkannya dalam mangkuk saji dan memberikan taburan serundeng diatas empal daging yang sudah anda buat. Demikialah resep daging empal goreng serundeng yang bisa anda coba di rumah.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep ini.

Resep dan Cara Membuat Daging Suwir Pedas Manis yang Empuk, Lezat nan Gurih

resep daging suwir pedas

Saat ini dunia kuliner tanah air sedang disemarakan dengan ragam kuliner baru dengan racikan bumbu yang berselera dan bercita rasa pedas.

Hidangan seperti inilah yang saat ini menjadi primadona dan begitu dicari. Entah wabah dan mode apa yang sedang marak di lingkungan masyarakat, saat ini makanan pedas seolah menghiptonis lidah masyarakat untuk mencicipi dan akhirnya membuat mereka jatuh cinta dan ketagihan mencicipi masakan dan kuliner pedas lainnya. Dan bahkan saking besarnya antusiasme masyarakat terhadap kuliner pedas kini beberapa kuliner nusantara dihidangkan dengan dua laternatif rasa yakni original dan rasa yang pedas.

Hampir sebagian besar hidangan kuliner nusantara dibuat dengan dua versi yang berbeda. Hal ini juga yang membuat para pencipta kuliner seolah memberikan ruang pada para pecinta makanan pedas untuk bisa menikmati hidangan lama dan hidangan baru yang disesuaikan dengan selera pedas mereka.

Nah, salah satunya seperti hidangan kali ini. Hidangan dengan bahan dasar daging sapi yang diolah dengan bumbu dan rempah serta kandungan cabai didalamnya akan senantiasa membuat hidangan kali ini selain lezat dan berbumbu tentu saja akan memiliki sensasi menyegarkan dari rasa pedasnya. Kuliner yang satu ini tentunya patut dicoba dan dicicipi. Pasalnya jika biasanya anda seringkali menikmati olahan daging dengan metode pengolahan lama yang biasa saja. Hidangan suwir empal daging kali ini benar-benar istimewa.

Apalagi jika disantap dengan nasi hangat dan ditaburkan diatas nasi seperti ketika anda menyantap abon. Tidak perlu lauk pauk lain, nasi hangat bertemankan dengan suwir daging sapi manis pedas ini akan cukup memuaskan dahaga anda akan menyantap makanan pedas. Resep ini sebenarnya cukup mudah dibuat. Hanya saja kam mengerti bagi anda para pemula atau yang saat ini baru saja belajar masak anda mungkin akan sedikit kebingungan seperti apa cara membuatnya.

Nah, kali ini kami akan jelaskan bagaimana membuah hidangan lezat suwir daging sapi manis pedas yang empuk dan lezat. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Daging Suwir Pedas Manis yang Empuk, Lezat nan Gurih

Review

 

4.9 review 76

 

Waktu Memasak

Persiapan : 20 menit
Memasak : 40 menit
Total : 60 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Daging Suwir Pedas Manis yang Empuk, Lezat nan Gurih

Bahan Utama Untuk Daging Suwir:

  • 500 gr daging sapi
  • 350 ml santan kelapa kental
  • 6 lbr daun jeruk purut
  • 3 lbr daun salam
  • garam secukupnya
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • gula pasir secukupnya
  • bumbu kaldu secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Daging Suwir:

  • 5 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri (disangrai)
  • 80 gr cabe rawit
  • 3 buah cabe merah
  • 1/2 sendok teh terasi bakar
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 10 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat Daging Suwir Pedas Manis yang Empuk, Lezat nan Gurih

Cara Membuat Daging Suwir:

  1. Langkah pertama cuci terlebih dahulu daging sapi hingga benar-benar bersih pada air yang mengalir.
  2. Selanjutnya, suwir-suwir daging dengan menggunakan pisau yang tajam dengan bentuk yang lancip, kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Dalam wajan yang berisi minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sambil diaduk-aduk hingga tercium aroma harum.
  4. Masukkan daun jeruk, serai, jahe, lengkuas dan daun dalam kemudian aduk hingga menjadi layu.
  5. Masukkan santan kelapa dan aduk-aduk hingga mendidi pastikan santan tidak pecah. Kemudian masukan daging kedalam bumbu.
  6. Masukkan bumbu-bumbu aduk hingga merata dan bumbu meresap pada daging.

Cara Menyajikan Daging Suwir:

  1. Angkat daging jika telah matang dan bumbunya telah pas.
  2. Ambil piring saji dan hidangkan dalam piri kemudian berikan potongan cabai diatasnya untuk mempercantik penampilannya.

Hidangkan kelezatan daging suwir buatan anda untuk keuarga dan sahabat. (Baca juga: Resep Empal Daging Sapi)

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Memasak Empal Daging Sapi Goreng yang Empuk dan Gurih

resep empal daging goreng

Hidangan makanan yang berbahan dasar daging memang selalu menjadi sajian istimewa yang hampir disukai oleh banyak orang.

Betapa tidak, hidangan lezat dengan rasa yang begitu gurih yang berkolaborasi dengan sedapnya rempah dan bumbu yang begitu kaya tentu saja akan dapat menghasilkan sebuah hidangan istimewa yang beraroma begitu menggoda.

Ya, di tanah air sendiri hidangan makanan yang diolah dari bahan dasar daging memang memiliki ragam dan variasi yang begitu banyak dan rasanya akan butuh waktu lebih dari satu hari untuk bisa mengurutkan dan mencatatkan satu persatu hidangan apa saja yang ada di nusantara dengan bahan dasar daging. Lagi pula akan banyak waktu yang terbuang jika memang harus mengurutkan satu persatu hidangan tersebut. Namun satu hal yang pasti adalah hidangan dari daging yang ada di nusantara hampir keseluruhannya memiliki rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Nah, salah satu hidangan dari daging yang mungkin tidak lagi asing ditelinga anda adalah olahan empal daging sapi yang digoreng dan dibumbui dengan rempah dan bumbu-bumbu yang begitu kaya dan berselera. Hidangan ini adalah olahan daging sapi yang dibuat dengan membumbui daging empal dan direbus hingga bumbu meresap kemudian diberikan sentuhan goreng sebagai metode terakhir sebelum hidangan tersebut disajikan sebagai makanan nikmat yang lezat.

Selain itu, disamping lezat tentunya hidangan yang berbahan dasar olahan daging menjadi hidangan yang dianjurkan untuk disantap sebagai menu makanan harian. Hal ini dikarenakan daging memiliki kandungan protein dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Dengan demikian, tidak salah jika hidangan ini begitu dianjurkan.

Nah, jika biasanya anda seringkali menyantap empal daging goreng ini di rumah makan atau pedagang kali lima. Kali ini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Dengan resep kali ini, anda akan dengan mudah membuat hidangan empal daging yang lezat dan nikmat. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Empal Daging Sapi Goreng yang Empuk dan Gurih

Review

4.9 review 46

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Daging Sapi Goreng yang Empuk dan Gurih

Bahan Utama Empal Goreng:

  • 5 potong daging (iris lebar)
  • 2 sdm gula jawa (iris)
  • Minyak goreng
  • Air secukupnya

Bumbu yang Diperlukan:

  • 5 siung bawang putih (iris-iris)
  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai

Cara Membuat Empal Daging Sapi Goreng yang Empuk dan Gurih

Cara Membuat Empal Goreng:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menghaluskan bawang putih, kemiri dan bawang merah. Kemudian tambahkan sedikit minyak.
  2. Setelah dihaluskan dan minyak tercampur dengan merata. Kini masukkan sangrai ketumbar dan haluskan kembali. Fungsi dari menghaluskan ketumbar adalah agar aroma bumbu lebih tercium.
  3. Selanjutnya, rebus daging yang telah dipotong-potong kedalam air mendidih hingga berubah warna.
  4. Setelah daging berubah warna, angkat daging keluar. Selagi daging masih panas silahkan tumbuk-tumbu atau pukul-pukul untuk melemaskan serat daging agar saat digoreng nanti menjadi mudah empuk.
  5. Kemudian campur bumbu dengan sedikit air dan rendam daging yang telah dipukul-pukul dengan bumbu ini.
  6. Ungkep daging diatas api kecil dan tambahkan air agar daging terendam. Masukkan gula jawa dan angkat jika airnya mulai surut.

Cara Menggoreng Empal Goreng:

  1. Pertama panaskan minyak goreng dalam wajan tunggu hingga benar-benar panas.
  2. Goreng daging hingga kecoklatan dan matang. Setelah itu angkat dan tiriskan.

Hidangkan lezatnya empal daging goreng ini bersama dengan keluarga.

Bagikan dan berikan komentar anda tentang resep ini.

Resep Bumbu Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

empal daging

Sajian sedap yang ada di tanah air sebagai hidangan kuliner nusantara memang memiliki ragam yang begitu banyak.

Hal ini wajar jika kita mengingat Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai pulau yang memiliki penduduk dengan suku bangsa yang berbeda-beda, jadi wajar jika ragam kuliner baru banyak dilahirkan. Selain itu, saat ini sudah banyak inovasi terbaru yang lahir di dunia kuliner Indonesia yang mana dari sini juga ragam dan macam kuliner Indonesia mengalami perluasan dan memperkaya daftar hidangannya. Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk anda para penikmat kuliner dengan semakin banyaknya ragam kuliner di tanah air, hal ini tentu saja akan membuat petualangan mencicipi dan menikmati makanan tidak akan ada habisnya.

Nah, salah satu hidangan kuliner nusantara yang begitu direkomendasikan bagi anda para penikmat kuliner adalah empal daging. Hidangan empal atau yang akrab disebut dengan gepuk dibeberapa daerah adalah kuliner masakan Indonesia yang diolah dari bahan utama daging sapi dengan cara direbus terlebih dahulu dan dibumbui dengan rempah yang begitu kaya kemudian dimasak hingga empuk dan dilumuri kembali dengan bumbu-bumu yang lezat sehingga menciptakan hidangan istemewa dengan rasa yang luar biasa.

Hidangan empal ini tentunya cocok disantap kapanpun dan dimanapun. Apalagi jika ditemani dengan nasi hangat, sambal segar dan bahan pelengkap lain seperti taburan bawang goreng dan kerupuk. Tentu akan menghasilkan sajian lezat yang tak tertandingi kelezatanya dengan masakan lain. Ada banyak jenis varian hidangan empal ini, dari mulai bahan pembuatan yakni empal daging sapi, empal daging ayam hingga ke cara pembuatan seperti presto atau goreng.

Hidangan ini memang banyak dijual di restoran, rumah makan dan bahkan di pedagang kaki lima. Hanya saja, jika anda membelinya tentunya anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya dan daging yang anda dapatkan jumlahnya terbatas dengan biaya yang anda keluarkan. Jika suda begini, memasak sendiri tentunya akan menjadi solusi yang lebih ekonomis. Selain itu anda akan dapat menghidangkannya untuk keluarga dan dengan demikian kemampuan anda untuk mengolah masakan akan dapat bertambah. Nah, agar tak lagi penasaran berikut ini resep membuat empal atau gempuk daging sapi yang lezat.

Nama Resep

Resep Bumbu Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Review

 

4.7 review 56

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 1/2 kg Daging sapi segar
  • 3 helai Daun salam
  • 1/2 sdt Asam jawa
  • 700 ml Santan kelapa
  • 50 ml Air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 10 biji bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt Gula merah
  • serai

Cara Membuat Sajian Sedap Empal Gepuk Daging Sapi Manis Lezat nan Gurih

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu anda harus mencuci bersih daging kemudian masukkan dalam panci yang sudah berisi air dan rebus hingga menjadi empuk.
  2. Setelah direbus, angkat dan potong kecil daging sapi. Kemudian pukul-pukul dengan ulekan atau alat hingga daging menjadi pipih.
  3. Setelah dipukul-pukul, didihkan santan dan masukan bumbu yang dihaluskan, dan masukkan air asam jawa beserta daun sama dan aduk-aduk pastikan agar santan tidak menjadi pecah.
  4. Kemudian masukkan daging yang sudah dipotong dan dipukul kedalam santan dan masak hingga santan kering dan mengental.
  5. Goreng daging sapi yang sudah dibumbui dengan santan sebelum disajikan.

Cara Menyajikan:

  1. Setelah matang digoreng, angkat daging dan tiriskan agar minyak surut dalam daging.
  2. Ambil piring saji dan hidangkan diatasnya.

Anda juga bisa menambahkan bawang goreng dan sajikan ditengah keluarga anda.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
 Resep Rendang Daging  Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
 Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
 Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis