Aneka Resep Ikan Bawal

ikan bawal

Ikan bawal salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, bagi anda yang ingin mencoba masakan ikan bawal, kami akan hadirkan aneka resep ikan bawal yang bisa anda coba dirumah. Salahsatu masakan ikan bawal adalah ikan bawal bakar, ikan bakar saus tiram, ikan bawal asam manis dan masih banyak lagi.

Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Saus Nanas Asam Manis

ikan bawal bumbu saus nanas

Berkerasi dalam membuat masakan memang sekarang ini banyak sekali macamnya, terlebih masakan dengan bahan dasar ikan bawal.

Ikan bawal salah satu ikan yang banyak diminati oleh banyak kalangan terutama oleh masyarakat Indonesia. Tidak jarang para penguasaha restoran ataupun rumah makan selalu menyajikan hidangan masakan ikan bawal. Ikan bawal memiliki tekstur dagingnya yang tebal dan gurih kala dimasak. Selain rasanya ikan bawal juga banyak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Resep Ikan Asam Manis

Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan bawal, ada baiknya mencoba mengkreasikannya, agar masakan ikan bawal ini lebih istimewa dan memiliki citarasa yang lebih nikmat dan lezat. Kali ini kami akan mencoba memberikan sesuatu yang berbeda bagaimanan membuat masakan ikan bawal yang enak dan lezat, baiklah berikut resep masakan ikan bawal bumbu saus nanas asam manis, berikut langkah-langkahnya. :

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Saus Nanas Asam Manis

Review

4.9 review 122

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Saus Nanas Asam Manis

Bahan dan Bumbu

  • 2 ekor ikan bawal segar
  • 2 buang bawang merah, diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 1 buah bawang bombay, diiris tipis
  • 4 buah cabai merah ukuran besar, diiris serong
  • 2 buah mentimun, buang bijinya diiris memanjang
  • 2 batang daun bawang, diiris memanjang
  • 1/4 buah nanas
  • 6 buah tomat
  • 4 sendok makan saus cabe
  • 5 sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan tepung maizena, dilarutkan
  • merica bubuk secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • garam secukupnya
  • 400 air putih
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Saus Nanas Asam Manis

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan, buang bagian sisi perutnya.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng kemudian goreng ikan bawal hingga kering dan matang, lalu tiriskan, sishkan dan simpan pada piring saji.
  3. Selanjutnya adalah membuat bumbu saus nanas asam manis
  4. Yang pertama adalah panaskan minyak lalu tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah dan juga cabai merah sampai harum
  5. Selanjutnya tambahkan air, kemudian garam, gula dan juga merica.
  6. Kemudian tambahkan potongan nanas, daun bawang, tomat dan juga mentimun.
  7. Selanjutnya adalah tambahkan saus cabe dan juga saus tomat, aduk hingga merata dan juga mendidih.
  8. Selanjutnya masukan larutan tepung maizena, aduk merata hingga kuah mengental. Angkat.
  9. Kemudian siramkan diatas ikan yang sudah ada pada piring saji.
  10. Ikan bawal bumbu nanas asam manis siap disajikan.

Itulah dia Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Saus Nanas Asam Manis yang bisa anda coba dirumah. Untuk bahannya pun sangat mudah ditemukan disekitar kita, serta cara pengolahannya sangat sederhana dan praktis. Rasa asam menjadikan makanan ikan bawal ini sangat khas ditambah dengan aroma bumbu lainnya membuat ikan bawal saus nanas asam manis ini mampu membuat selera makan anda bertambah. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat, serta hidangkan pada keluarga anda pada saat makan malam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Saus Nanas Asam Manis kepada seluruh teman, serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa juga untuk memberikan kometar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bakar Madu

ikan bawal bakar madu

Mau mencoba masakan ikan bakar dengan nuansa rasa yang berbeda kini kami hadirkan masakan ikan bakar madu.

Masakan ikan salah satu masakan yang banyak digemari oleh para pecinta kuliner, selain rasanya yang lezat ikan diyakini memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Ikan yang akan kami bahas kali ini adalah ikan bawal. Ikan bawal juga diyakini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, salahsatunya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol, pertumbuhan otak anak, mencegah stroke dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan bawal ini.

Setelah mengetahui manfaat yang didapat dari ikan bawal, tentunya mulai sekarang ada baiknya para pecinta kuliner akan selalu menyajikan masakan ikan bawal sebagai menu makanan harian anda di rumah. Banyak resep dan cara memasak dalam pengolahan ikan bawal ini, salah satunya masakan yang menjadi favorit setiap masyarakat adalah ikan bakar bawal madu. Aroma yang harum serta rasa yang enak dari madu ini menjadi masakan ini sangat khas, dan lebih nikmat kala disantap. Nah, penasaran bagaimana Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bakar Madu, berikut penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bakar Madu

Review

4.9 review 121

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Bawal Bakar Madu

Bahan

  • 1 ekor ikan bawal segar
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh saus sambal
  • 1 sendok makan madu
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 3 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih

Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bakar Madu

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan bawal, buang sisiknya serta bagian isinya, selanjutnya cuci kembali kemudian lumuri dengan air jeruk nipis, garam serta merica. lalu diamkan sekitar 10 menit
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng lalu tumis, bahan bumbu halus sampai harum, setelah itu tambhkan saus tomat, lalu saus sambal dan juga madu, aduk-aduk hingga berbuih.
  3. Setelah itu tambhkan garam dan juga merica lalu aduk-aduk sebentar.
  4. Angkat setelah itu lumuri ikan dengan bahan tadi.
  5. Selanjutnya adalah menyiapkan panggangan, kali ini kami menggunakan bara api, bakar ikan hingga benar-benar matang, sambil sesekali diolesi oleh bahan oalahan bumbu.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara membuat Masakan Ikan Bawal Bakar Madu yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara memasak yang sangat sederhana. Lebih special apabila anda bersama dengan keluarga tercinta ataupun kerabat membuatnya bersama, tentunya akan lebih istimewa. Ikan bawal bakar madu ini sangat cocok pada saat hangat ditambah dengan nasi putih hangat, kemudian ditambah dengan beberapa bahan tambahan lainnya berupa lalaban atupun membuat sambal yang pedas sesuai selera makan anda. Dan yang lebih penting lagi dengan membuat masakan ikan bawal bakar madu ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk dibagikan Masakan Ikan Bawal Bakar Madu kepada para pecinta kuliner baik saudara maupun kerabat dekat anda. Dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini yang sudah kami sediakan. Terima Kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat

ikan bawal masak kecap

Ingin masakan ikan yang pedas? ada baiknya anda mencoba masakan ikan bawal masak bumbu kecap.

Aneka masakan memang banyak sekali ragamnya, baik dari segi bahan utama maupun cara pengolahannya. Salah satunya adalah aneka masakan ikan, ikan menjadi primadona bagi masayrakat Indonesia. Selain rasanya ikan ini memiliki segudang manfaat yang baik kesehatan, sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan di setiap menu makanan harian anda. Kandungan pada ikan meiliki protein yang sangat tinggi, selain itu juga ada kandungan omega3 dan masih banyak lagi kandungan nutrisi gizi pada ikan ini. Salah satunya yang memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan adalah ikan bawal. Ikan bawal memiliki tekstur dagingnya yang lembut serta lezat kala disantap.

Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan, khususnya ikan bawal, kami akan hadirkan resep dan cara membuatnya dimana masakan ikan bawal ini akan sangat istimewa serta akan mebuat anda merasa ketagihan apabila setelah menyantapnya. Baiklah, berikut ini Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat

Review

4.9 review 117

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 2 ekor ikan bawal segar
  • 2 buah jeruk nipis
  • 5 buah bawang merah, diiris-iris
  • 3 siung bawang putih, diiris-iris
  • 6 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 4 buah cabai merah, diiris-iris
  • 10 cabai rawit, diiris-iris
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat

Cara Memasak

  1. Ikan bawal dicuci hingga bersih, kemudian buang bagian isi perutnya, cuci kembali, setelah itu lumuri dengan jeruk nipis, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu minyak goreng dipanaskan, kemudian goreng ikan bawal gingga warnanya kuning kecoklatan, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Selanjutnya adalah menumis bawang putih dan juga bawang merah, setelah itu tambhkan kecap, kemudian saus tomat dan juga air. aduk-aduk
  4. Setelah itu tambahkan cabai merah dan juga tomat serta cabai rawit. aduk sebentar dan angkat.
  5. Bahan tersebut siramkan pada ikan bawal goreng yang sudah disimpan pada piring saji.
  6. Ikan bawal bumbu kecap siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat yang bisa anda coba dirumah. Sensasi pedas dan beraoma sedap tentunya masakan ikan bawal masak bumbu kecap ini menjadi salahsatu pilihan menu makanan keluarga anda. Hidangkan ikan bawal bumbu kecap pedas ini selagi hangat ditambah dengan nasi putih hangat serta beberapa bahan tambahan lainnya berupa lalaban, wah..wah membuat anda merasa ketagihan tentunya. Ikan bawal masak bumbu kecap pedas ini sangat cocok dihidangkan pada saat makan malam. Dengan begitu selain rasanya yang lezat dan enak Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat ini menjadi salah satu koleksi menu harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Masak Bumbu Kecap Pedas dan Lezat kepada semuan saudara, teman serta kerabat dekat anda. Dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis

ikan bawal pesmol

Ikan bawal salah satu ikan tawar yang banyak dikenal dimasyarakat Indonesia. Dimana ikan bawal ini memiliki kandungan nutrisi gizi yang tinggi.

Ikan bawal memang tidak terlalu banyak diminati oleh para pecinta kuliner, seperti salah satunya ikan tuna, lele, ikan mas dan masih banyak ikan lainnya yang digerami. Namun jangan salah bahwa ikan bawal juga memiliki rasa yang lezat dan nikmat kala dsisantap. Selain itu juga banyak kandungan gizi yang terkandung pada ikan bawal ini, seperti untuk pertumbuhan otak anak, mencegah stroke dan masih banyak lagi yang manfaat tentunya bagi kesehatan

Karena itu tidak heran ikan bawal juga banyak dibudidayakan oleh para pecinta ikan kuliner. Berbicara tentang masakan ikan bawal ini banyak sekali jenisnya, namun yang akan kami bahas kali ini adalah ikan bawal pesmol, dimana memiliki rasa yang enak dan lezat. Penasaran bagaimana Resep Special Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis, berikut langkah-langkahnya.

Nama Resep

Resep Special Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis

Review

4.9 review 113

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis

Bahan dan Bumbu

  • 2 Ekor ikan bawal segar
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1/2 jari lengkuas
  • 1batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 6 buah bawang merah,belah dua
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 1 batang serai,iris halus
  • 1 buah tomat, iris kotak
  • 1 buah cabai merah, isris menyerong
  • 6 Cabai rawit utuh
  • 1 gelas air putih
  • 1/2 sendok makan air cuka

Bahan Bumbu Halus

  • 3 buah bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 jari kunyit
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1 cm jahe
  • Garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis

Cara memasak

  1. Ikan bawah dibesihkan, buang bagian isi perutnya, setelah itu sayat lalu lumuri dengan air jeruk lemon lalu garam dan juga merica, kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan bawal hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu panaskan minytak lalu tumis bahan bumbu halus, kemudian tambahkanb lengkuas, serai, daun salam serta daun jeruk, tumis hingga harum
  4. Selanjutnya masukan ir lalu tambahkan garam, merica dan gula pasir, lalu diamkan hingga mendidih.
  5. Setelah itu masukan sisa bahan lainnya terkecuali cuka, setelah diaduyk-aduk kemudian baru tambahkan cuka.
  6. Masaka hingga kuah terlihat mengental, selanjutnya baru masukan ikan bawal goreng, masak hingga bumbu meresap dan menggunakan api kecil.
  7. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Special Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis yang bisa anda coba dirumah. Rasa yang lezat dari masakan khas ikan bawal ini membuat pesmol ikan bawal banyak diminati. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat ditambah beberapa bahan lainnya berupa lalaban dan juga membuat sambal sesuai selera makan anda, menjadikan ikan bawal pesmol ini lebih istimewa. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Special Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Pesmol Yang Enak dan Praktis kepada seluruh pecinta kuliner baik teman, saudara serta kerabat anda, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini ya, terima kasih.

Resep Special Membuat Ikan Bawal Goreng Kering

ikan bawal goreng kering

Tekstur dagingnya yang lembut ditambah dengan citarasa yang gurih membuat ikan bawal goreng kering salah satu masakan favorit bagi pecinta kuliner.

Ikan bawal yang hidup di air tawar ini salah satu ikan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat kandungan gizi dan nutriusi pada ikan bawal ini juga sangat baik bagi kesehatan. Salahsatu manfaat yang bisa didapat dari ikan bawal ini adalah mampu mencegah stroke, mengontrol kadar kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, kemudian sangat baik untuk pertumbuhan otak anak, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan bawal ini.

Selain manfaat untuk kesehatan ikan bawal ini juga ternyata banyak kita jumpai di restoran maupun rumah makan, sehingga tidak heran para pecinta kuliner selalu memburunya karena kelezatannya. Nah kali ini kami akan memberikan tips yang sangat sederhana dalam pengolahan ikan bawal ini, hanya digoreng namun tetap memiliki rasa yang berbeda karena ditambah dengan beberapa bahan rempah yang sangat membantu dalam menjaga rasa pada ikan bawal ini. Penasaran bukan bagaimana resep special membuat ikan bawal goring kering, berikut kami berikan langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special Membuat Ikan Bawal Goreng Kering

Review

4.7 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bawal Goreng Kering

Bahan dan Bumbu

  • 6 ekor ikan bawal
  • 1 buah jeruk lemon
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 3 cm jahe
  • ketumbar secukupnya, disangrai
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Kering

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan bawal, buang bagian isi perutnya, lalu sayat baian tubuhnya.
  2. Selanjutnya adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan juga kunyit dihaluskan, lalu simpan pada wadah besar.
  3. Selanjutnya masukan perasan air jeruk lemon, lalu garam serta merica bubuk, kemudian aduk hingga merata.
  4. Setelah itu masukan ikan bawal pada wadah yang sudah berisi bahan bumbu, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  5. Setelah itu memanaskan minyak goreng  menggunakan api sedang, lalu goreng ikan bawal hingga kering dan matang.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Special Membuat Ikap Bawal Goreng Kering yang bisa anda coba dirumah bersama dengan kerabat atapun keluarga tercinta anda. Sangat sederhana dalam pengolahan dan juga bahan yang mudah ditemukan disekitar kita, membuat masakan ikan bawal goreng ini sangat banyak diminati. Nah bagi anda yang sedang malas untuk keluar rumah, dan ingin makan dengan cara yang sederhana dan cepat saji ini sangat cocok membuat ikan bawal goreng kering. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat dan juga ditambah dengan bahan lainnya berupa lalaban dan juga sambal sesuai selera makan anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Special Membuat Ikan Bawal Goreng Kering kepada penikmat ikan khususnya ikan bawal, baik saudara, teman serta kerabat anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Sederhana Mudah dan Praktis Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Rujak

Ikan bawal bumbu rujak

Ikan bawal bumbu rujak salah satu pilihan menu makanan para pecinta kuliner yang memiliki ciri khas rasa yang nikmat.

Bagi para pecinta kuliner ikan khususkan ikan bawal harus mengetahui manfaat serta kelezatan dari ikan tersebut. Ikan bawal salah satu ikan yang hidup di air tawar ini memang tidak setenar ikan lainnya seperti ikan tuna, ikan mas serta ikan yang memang menjadi salah satu konsumsi disetiap menu harian anda. Namun harus anda ketahui bahwa ikan bawal ini memiliki segudang manfaat yang bai bagi kesehatan, salah satunya ikan bawal ini mampu mencegah stroke, mampu menurunkan kadar kolsterol, mampu mengatasi anemia, kemudian pertumbuhan otak anak dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Nah, tidak perlu ragu, mulai sekarang ada baiknya anda mencoba ikan bawal ini selalu anda sajikan di setiap menu harain anda. Ikan bawal ini banyak sekali varian masakannya, seperti ikan bawal goreng, ikan bawal pesmol dan masih banyak lagi. Namun kali ini yang akan kami bahas adalah ikan bawal bumbu rujak. Rasa yang lezat dari bumbu rujak ini membuat ikan bawal bertambah lebih iostimewa kala disantap. Berikut  Resep Sederhana Mudah dan Praktis Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Rujak

Nama Resep

Resep Sederhana Mudah dan Praktis Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Rujak

Review

4.9 review 104

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Rujak

Bahan dan Bumbu

  • 2 ekor ikan bawal segar
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 2 sdt garam
  • 2 buah cabai merah, buang bijinya diiris serong
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula merah, disisir
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt maizena
  • minyak goreng secukupnya
  • 200 ml air putih

Bahan bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah ukuran besar
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 cm kunyit bakar

Cara Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Rujak

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan bawal, buang bagian isi perutnya, kemudian di kerat-kerat, lalu lumuri dengan garam dan juga jeruk nipis, diamkan sekitar 15 menit
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng kemudian goreng ikan bawal hingga kering dan matang, angkat lalu sisihkan
  3. Selanjutnya adalah menumis bahan bumbu halus hingga harunm, kemudian tambahkan cabai merah besar, lalu aduk hingga layu, setelah itu masukan kecap manis, aduk hingga merata.
  4. Setelah itu masukan air, gula merah dan juga garam serta kaldu ayam bubuk.
  5. Masak hingga mendidih, kemudian tambahkan tomat, aduk hingga rata, masukan larutan maizena, aduk-aduk hingga meletup-letup, kemudian baru masukan ikan bawal yang sudah digoreng, aduk-aduk hingga rata.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Sederhana Mudah dan Praktis Membuat Masakan Ikan Bawal bumbu rujak yang bisa anda coba dirumah, selamat mencoba. Bahan Yang mudah dirtemukan serta cara memasak yang sangat sederhana membuat masakan ikan bawal bumbu rujak tetap memiliki citarasa yang khas serta nikmat. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa bahan lainnya berupa lalaban, membuat lebih isitimewa. Dan tentunya yang lebih penting adalah dengan membuat masakan ikan bawal bumbu rujak akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mecoba

Jangan lupa share ya Resep Sederhana Mudah dan Praktis Membuat Masakan Ikan Bawal Bumbu Rujak  kepada teman serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa beri omentar dibawah ini, terima kasih

Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah

ikan bawal tepung crispy

Ikan bawal goreng tepung crispy salah satu sajian cepat saji yang sangat cocok bagi anak anda sebagai menu makanan.

Ikan adalah makanan yang sangat cocok bagi anak, karena pada ikan terdapat banyak kandungan gizi yang baik yang diperlukan untuk perkembangan serta pertubuhannya. Ikan laut maupun ikan air tawar memang banyak sekali manfaat apabila dikonsumsi. Adapun untuk pengolahan ikan ini banyak sekali jenisnya, seperti bakar ikan, pepes ikan, pesmol ikan dan masih banyak lagi masakan lainnya yang bisa menggugah selera makan anda.

Ikan yang akan kami bahas kali ini adalah ikan air tawar yaitu ikan bawal. Ikan bawal memang salah satu ikan yang banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Selain harga jual yang baik, ikan ini memiliki kandungan nutrisi gizi ynag baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol, mampu mencegah stroke, menurunkan resiko penyakit jantung, pertumbuhan otak anak dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan bawal ini.

Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ikan bawal, kami akan sajikan serep dan cara membuat ikan bawal goreng tepung crispy, dimana memiliki rasa yang enak dan renyak kala disantap, dan sangat cocok sebagai makanan siap saji. Penasaran bukan bagaimana Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah, mari kita simak langkah-langkahnya dibawah ini

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah

Review

4.9 review 119

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah

Bahan

  • 5 ekor ikan bawal segar
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Bahan pencelup

  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1/4 sendok makan bawang putih bubuk
  • 1/4 sendok teh kuniy bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 125 ml air es
  • 1 batang daun bawang, diiris halus

Bahan bumbu Pelapis

  • 150 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mebersihkan semua ikan bawal, buang bagian isi perutnya, kemudian kerat-kerat, setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis, kemudian bawang putih bubuk, garam dan juga merica bubuk, aduk hingga merata, diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu lumuri dengan bahan pelapis, stelah itu celupkan pada bahan pencelup, lalu setelah itu gulingkan kembali pada bahan pelapis hingga terbalut.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng dengan menggunakan api yang sedang, goreng ikan bawal hingga matang dan juga warnanya kecoklatan.
  4. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah yang bisa anda coba dirumah. Ikan bawal goreng crispy ini sangat cocok sebagai menu makanan bekal anak anda. Selain sederhana ikan bawal goreng crispy ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Selamat mencoba.

Jangan lupa Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal Goreng Tepung Crispy Yang Enak dan Renyah kepada teman dan saudara tercinta anda, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini ya, terima kasih.

Resep Membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak

ikan bawal bakar saus padang

Ikan bakar salah satu masakan yang banyak sekali peminatnya, aroma bau serta rasa yang enak membuat para pecinta kuliner merasa ketagihan.

Berbicara tentang aneka masakan ikan, memang banyak sekali jenis dan cara pengolahan yang berbeda. Baik ikan tawar maupun ikan laut sama-sama memiliki citarasa yang sama-sama lezat kala dimasak. Yang perlu diperhatikan dalam memasak ikan adalah menggunakan ikan yang masih segar, selain gurih kandungan gizi pada ikan tetap terjaga. Ikan kali ini yang akan kami masak dalah ikan bawal. Ikan bawal salah satu ikan juga yang banyak peminatnya, selain dagingnya yang gurig, serta dagingnya yang tebal ikan bawal ini memiliki manfaat yang banyak dan baik bagi kesehatan. Ada cara memasak ikan yang sangat mudah, yait dengan cara dibakar, namun tetap yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menjaga kelezatan ikan bawal tersebut tentunya dari racikan bumbu yang pas. Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan bawal bakar, berikut Resep Membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini

Nama Resep

Resep Membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak

Review

4.6 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak

Bahan

  • 2 ekor ikan bawal segar
  • 1 sdm perasan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 sendok makan margarin

Bahan Saus

  • 2 sendok makan cabai merah halus
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1 siung bawah putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)

Cara Membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan bawal, buang bagian sisi perutnya, setelah itu lumuri dengan jeruk nipis, bawah merah, garam dan juga mentega yang sudah dicairkan. Setelah itu diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan saus, selanjutnya amsukan ikan bawal pada campuran bahan halus, kemudian diamkan sekitar 20 menit.
  3. Selanjutnya adalh siapkan pembakaran, bakar menggunakan bara apai atau m,enggunakan panggangan, hingga matang dan warnanya terlihat kecoklatan.
  4. Matang dan angkat, Ikan bakar saus padang siap disajikan.

Itulah dia Resep Membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang cuyp sederhan dan cara memasaknya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Ikan bakar saus apadang salah satu sajikan makanan uyang sangat lezay kala disantap, aroma pedas adalah cici khas dari ikan bawak bakar saus padang ini. Sajikan bersama dengan nasi putrih hangat bersama dengan beberapa bahan pelengkap, seperti sambal ataupun lalaban tentunya akan mebuat lebih istimewa kala disantap bersama dengan keluarga tercinta anda. Dengan membuat ikan bawal bakar saus padang ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk share ya Resep Membuat Ikan Bawal Bakar Saus Padang Yang Enak kepada saudara, serta kerabat dekat anda, dan jangan lupa juga untuk memberikan kometar pada kolom yang sudah kamis sediuakan dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Special Membuat Ikan Bawal Asam Pedas

ikan bawal asam manis

Rasa yang asam ditambah dengan rasa yang pedas tentunya membuat masakan ikan bawal ini sangat istimewa.

Aneka masakan ikan bawal merupakan salah satu masakan yang banyak diminati oleh banyak masyarakat. Terlebih ikan bawal ini memiliki tekstur dagingnya yang tebal ditambah dengan rasa yang gurih kala dimasak membuat selerta makan anda bertambah. Selain rasanya ikan bawal ini memiliki banyak manfaat terlebih bagi kesehatan. Diantara banyak kandungan gizi yang teredapat pada ikan bawal ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah stroke, pertumbuhan otak sang anak dan masih banyak lagi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Masakan ikan bawal asam pedas, dari namanya sudah terbayang makanan ikan ini sangat lezat. Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ikan khusunya ikan bawal, kami akan hadirkan resep Masakan Special Membuat Ikan Bawal Asam Pedas, berikut langkah-langkahnya yang bisa anda coba dirumah. Kita simak yuk...!

Nama Resep

Resep Masakan Special Membuat Ikan Bawal Asam Pedas

Review

4.9 review 120

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bawal Asam Pedas

Bahan

  • 3 ekor ikan bawal
  • 1 buah jeruk nipis (perasan)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram tepung maizena
  • minyak goreng

Bahan saus

  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 siung bawang merah, dimemarkan
  • 1 sendok teh jahe, diiris kecil
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya potong kecil menyerupai korek api
  • 50 gram wortel, kupas lalu potong kecil mirip korek api
  • 250 ml kaldu ayam
  • 50 ml saus tomat, siap pakai
  • 1/2 sendok teh merica
  • 2 sendok makan merica bubuk
  • 1 sendok gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung maizena, dilarutkan
  • 1/2 sendok teh cuka

Cara Membuat Ikan Bawal Asam Pedas

Cara Memasak

  1. Yang perama adalah membersihkan ikan, buang bagian isi perutnya, setelah itu beri garam dan juga jeruk nipis, diamkan sekitar 30 menit, lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya adalah ikan bawal gulingkan pada tepung maizena, pastikan semua terbungkus dengan merata oleh tepung.
  3. Lalu panaskan minyak goreng, masak hingga matang dan warnya berubah hingga kekuningkuningan, lalu angkat dan tiriskan dan sisihkan.
  4. Seanjutnya adalah membuat saus, minyak goreng dipanaskan untuk menumis cabai merah, bawang putih dan juga jahe hingga mengeluarkan bau harum, setelah itu baru masukan wortel, lalu aduk hingga terlihat wortel layu.
  5. Setelah itu masukan saus tomat, kemudian kaldu, merica, garam dan juga gula pasir, lalu ididhkan.
  6. Selanjutnya tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental, lalu tambahkan cuka aduk kembali hingga merata, angkat.
  7. Siramkan diatas ikan bawal yang sudah disimpan sebelumnya pada piring saji.
  8. Ikan bawal saus asam pedas siap disajikan selagi hangat.

Itulah dia Resep Masakan Special Membuat Ikan Bawal Asam Pedas yang bisa anda coba dirumah, mengolah bersama dengan kerabat maupun keluarga tercinta anda akan membuat masakan ini lebi special tentunya. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa bahan lainnya berupa lalaban, sehingga akan menggugah selera makan anda. Bagi anda yang memiliki anak tentunya bisa disesuaikan bahan cabainya agar mereka menyukainya. Dengan membuat ikan bawal asam pedas ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Special Membuat Ikan Bawal Asam Pedas kepada seluruh pecinta kuliner selerasa.com dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Special Ikan Bawal Bakar Rica-Rica Nikmat dan Gurih

ikan bawal bakar rica

Rasa yang pedas pada ikan bawal bakar rica-rica ini akan sangat menggugah selera makan anda.

Aneka masakan ikan banyak sekali ragamnnya, baik masakan ikan yang berasal dari laut, mapun ikan ait tawar. Mengkonsumsi ikan tentunya sangat baik dan dianjurkan karena pada ikan terdapat kandungan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan. Ada banyak ikan yang bisa dikonsumsi salah satunya ikan tuna, ikan mas, ikan lele, ikan bawal dan masih banyak lagi ikan lainnya.

Salah satu ikan yang akan kami bahas adalah ikan bawal. Ikan bawal salah satu ikan yang hidup di air tawar perlu anda ketahui bahwa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, dimana gizi serta nutrisi pada ikan bawal ini sangat baik untuk kesehatan. Seperti halnya kandungan pada ikan bawal ini mampu mencegah stroke, menurunkan kadar kolsterol, pertumbuhan otakl anak dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan bawal ini.

Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ikan khusunya ikan bawal, banyak cara pengolahan dari ikan bawal ini seperti dbuat dengan cara sup ikan bawal, adapaun ikan bawal bakar. Yang akan kami hadirkan adalah ikan bawal bakar rica-rica yang memiliki rasa yang unik dank has akan pedasnya dari masakan ini. Penasaran bagaimana Resep Masakan Special Ikan Bawal Bakar Rica-Rica Nikmat dan Gurih, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Special Ikan Bawal Bakar Rica-Rica Nikmat dan Gurih

Review

4.9 review 117

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Special Ikan Bawal Bakar Rica-Rica Nikmat dan Gurih

Bahan dan Bumbu

  • 4 ekor ikan bawal segar
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 batanbg serai, memarkan
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 buah jeruk limau
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Tumbuk Kasar

  • 6 buah cabe merah keriting
  • 2 buah cabe merah ukuran besar
  • 8 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat, buang bijinya
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara Membuat Masakan Special Ikan Bawal Bakar Rica-Rica Nikmat dan Gurih

Cara memasak

  1. Ikan bawal dibesihkan terlebih dahulu, buang bagian isi perutnya, setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis, garam dan juga merica bubuk. lalu diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setlah itu panaskan minyak goreng. lalu tumis bahan yang ditumbuk kasar hingga harum lalu tambahkan serai daun jeruk yang dibuang tulangnya, setelah itu masukan garam, air asam dan juga gula merah, lalu aduk hingga rata, angkat.
  3. Setelah itu lumuri ikan bawal dengan bahan bumbu tadi, sekitar 30 menit.
  4. Siapkan pangangan atau bara api, lalu bakar ikan bawal , sambil diolesi dengan bumbu hingga matang. Angkat kemudian beri perasan air jeruk limau.
  5. Ikan bawal bakar siap disajikan.  

Itulah dia Resep Masakan Special Ikan BAWAL BAKAR RICA-RICA Nikmat dan Gurih yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemuykan serta cara pembuatan yang sangat sederhana tentunya sangat cocok bagi anda khusunya bagi pemula. Masakan ikan bakar adalah masakan favorit semua kalangan masyarakat, selain mudah memasaknya namun tetap terjaga kelezatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Special Ikan BAWAL BAKAR RICA-RICA Nikmat dan Gurih kepada seluruh penikmat masakan ikan, dan jangan lupa juga untuk mengsisi komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

  • 1
  • 2
Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda