Resep dan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ditengah maraknya penyebaran virus Corona seperti sekarang  ini. Beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di antaranya yaitu melakukan pola hidup sehat, konsumsi vitamin dan lain sebagainya.

Baca juga : Resep Jamu Empon-Empon

Ramuan tradisional dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, berikut ini resep ramuan tradisional untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jamu Kunyit Asam

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Jamu Kunyit Asam

  • 150 gram kunyit
  • 50 gram asam jawa
  • 150 gram gula merah atau gula aren
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 liter air

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

  1. Pertama-tama, silakan ambil kunyit yang sudah anda sediakan. Lalu kupas kunyit dan cuci di bawah air mengalir hingga bersih.
  2. Jika sudah,  silakan kunyit ditumbuk kasar. Sisihkan.
  3. Siapkan panci yang akan anda gunakan untuk merebus jamu. Lalu masukan air ke dalam panci tersebut. Rebus air hingga mendidih.
  4. Apabila air sudah mendidih, silakan masukan semua bahan-bahan yang sudah anda sediakan ke dalam rebusan air.
  5. Rebus semua bahan-bahan dengan menggunakan api kecil sampai warnanya menjadi kecoklatan. Rebus selama kurang lebih 30 menit.
  6. Kemudian anda bisa mengoreksi rasanya, jika menurut anda kurang manis, anda bisa menambahkan gula sesuai selera.
  7. Setelah rasanya pas, anda bisa mengangkat dan menyaringnya. Lalu sajikan pada gelas yang sebelumnya sudah anda sediakan.
  8. Anda bisa menyajikannya ketika dalam keadaan hangat ataupun dingin sesuai selera.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat baik kunyit untuk kesehatan. Di antaranya seperti berikut ini.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat kunyit yang pertama untuk kesehatan yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kabar kunyit bisa menangkal virus Corona memang ada benarnya. Karena seperti yang kita ketahui, virus Corona akan rentan menyerang seseorang dengan sistem imun tubuh yang rendah.  Meminum jamu kunyit dapat menjadi salah satu pencegahan dari virus Corona. Kunyit memiliki sifat antibakteri, antiperadangan, antioksidan, antijamur dan antivirus.

Mengatasi Maag

Rempah yang  satu ini juga sering direkomendasikan untuk membantu mengatasi maag. Senyawa kurkumin terkandung pada kunyit dan bermanfaat untuk mengatasi maag. Dimana karena kandungan senyawa kurkumin ini dapat membantu mengatasi peradangan. Termasuk peradangan yang terjadi pada usus yang bisa menimbulkan penyakit maag.

Untuk mendapatkan khasiat dari kunyit ini, anda bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jamu atau sebagai campuran teh ataupun susu.

Mengatasi Diare

Kunyit dapat membantu mengatasi diare karena kandungan kalium dan magnesiumnya. Dimana kandungan tersebut berperan untuk menyeimbangkan cairan pada tubuh. Sehingga dengan begitu, selain mengobati diare juga bermanfaat sebagai anti dehidrasi.

Meredakan Peradangan

Kunyit memiliki sifat antiradang karena kandungan kurkumin di dalamnya. Kurkumin ini akan berfungsi untuk menghalau sitokin, dan juga proses inflamasi. Efeknya peradangan pada tubuh akan menjadi lambat seiring dengan kadar histamin yang menurun dan produksi kortison alami pada kelenjar ardenal meningkat.

Antioksidan

Kunyit juga memiliki peran sebagai antioksidan, sehingga kunyit dapat membantu menangkal radikal bebas, termasuk virus Corona.

Menurunkan Berat Badan

Kunyit dapat membantu menurunkan berat badan. Kurkumin yang terkandung pada kunyit dapat membuat proses inflamasi lambat. Dengan begitu secara tidak langsung dapat mengatur kadar lemak pada tubuh.

Selain beberapa manfaat kunyit seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat kunyit lainnya untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan otak, mengatasi nyeri saat menstruasi, mengatasi perut kembung dan lain sebagainya.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons