Aneka Resep Ikan Sarden

ikan sarden

Ikan sarden salah satu ikan laut yang banyak diminati oleh para pecinta kuliner, kelezatan dari ikan sarden ini tentunya sangat gurih kala di olah seperti masakan ikan sarden goreng, ikan sarden asam manis dll. Aneka masakan ikan sarden ini selain rasa yang lezat ada berbagai macam manfaat bagi kesehatan, adapun kandungan pada ikan sarden ini seperti protein, lemak, kalsium, vitamin dll

Resep Masakan Membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis

resep ikan sarden asam manis

Ingin membuat masakan yang praktis, ada baiknya membuat masakan dengan bahan dasar ikan sarden yaitu membuat ikan sarden asam manis.

Ikan sarden yang bentuknya kecil dan hidup di air laut ini sangat banyak disukai oleh para penikmat kuliner. Rasa yang lezat dari ikan sarden ini menjadi salah satu unggulan karena ikan sarden diolah dengan cara apaun tetap menampilkan rasa yang nikmat dan lezat. Namun ikan sarden cenderung sebagai makanan kalengan, yang awal mulanya dipopulerkan oleh orang-orang Eropa kemudian berkembang hingga ke Amerika dan bertahan sampai sekarang. Di Indonesia sendiri ikan sarden kalengan salah satu jenis makanan yang praktis. Selain itu perlu anda ketahui bahwa ikan sarden ini memiliki banyak kandungan berupa protein yang tinggi, kemudian lemak, vitamin. Kalsium dan masih banyak lagi kandungan lainnya yang sangat baik untuk tubuh.

Ikan sarden ini selain rasa yang lezat serta beberapa kandungan yang ada didalam ikan sarden mampu menghasilkan manfaat yang sangat baik, karena mampu mencegah penyakit jantung, mampu mencegah berbagai penyakit kanker, kemudian untuk kesehatan tulang, untuk kesehatan kulit danlainnya. Mulai sekarang ada baiknya mencoba masakan dengan bahan dasar ikan sarden kalengan. Berikut ini kami hadirkan Resep Masakan Membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis, yuk kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis

Review

4.9 review 276

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis

Bahan dan Bumbu

  • 1 kaleng ikan sarden
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 3 lembar daun jeruk (buang tulangnya)
  • 8 buah bawang merah
  • 3 buah tomat hijau
  • 50 ml santan
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah buka kaleng ikan sarden, kemudian piashkan ikan dan bumbunya, lalu masing-masing ikan dipotong sesuai selera.
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng, lalu tumis bahan bumbu bhalus hingga harum, kemudian tambahkan daun jeruk, lalu masukan bawang merah, tomat, daun bawang, aduk dan masak hingga layu.
  3. Setelah itu masukan ikan sarden yang sudah dipotong-potong, disusul dengan bumbu dari sardennya, aduk hingga rata secara perlahan agar ikan tidak hancur, didihkan.
  4. Setelah itu masukan kecap manis kemudian santan, aduk kembali hingga merata, masak hingga mendidih, Matang
  5. Sarden asam manis siap disajikan.

Itulah dia Resep Masakan Membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis yang bisa anda coba buat dirumah. Untuk bahan tentunya sangat mudah didapatkan dan tersedia di pasar tardisional ataupun supermarket dan juga di Warung-warung. Kelezatan dai masakan ikan sarden asam manis ini yang menjadi salah satu pilihan para pecita kuliner untuk mencicipinya. Sajikan ikan sarden asam manis ini bersama dengan nasi putih hangat dengan begitu pastinya membuat selera makan anda akan bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Membuat Ikan Sarden Asam Manis Yang Praktis kepada semua teman serta kerabat dan keluarga tercinta dimanapaun berada, dan juga jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana

resep ikan sarden goreng

Ingin membuat masakan yang praktis dan sederhana dengan bahan sadar ikan sarden, berikut resep serta cara membuatnya!

Ikan sarden ikan laut dengan bentuk yang kecil, namun banyak disukai oleh banyak kalangan khususnya para pecinta kuliner. Sarden juga banyak di kenal sebagai ikan yang dikemas seperti kalengan. Karena itu ikan sarden ini lebih dikenal dengan makanan kalengan namun sebagai penyimpanan makanan yang terbaik. Ikan sarden ini pertama kali di kenalkan oleh orang-orang eropa kemudian tersebar hingga ke amerika, dan hingga kini sarden sangatlah popular dengan sajian masakan kalengan. Perlu anda ketahui mengkonsumsi ikan sarden ini ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapat bagi kesehatan tubuh. Manfaat itu diantaranya mampu menguatkan tulang, kemudian mampu membangun system kekebalan dalam tubuh, lalu mencegah penyakit jantung lalu mampu mencegah berbagai penyakit kanker serta menjaga kulit agar tetap sehat.

Kandungan pada ikan sarden yaitu protein yang tinggi, kemudian lemak, lalu ada omega 3, vitamin, kalsium dan masih banyak lagi yang pastinya dibutuhkan oleh tubuh. Mengolah ikan sarden tidak harus dengan sarden kalengan, karena ikan sarden ini juga ada dengan bentuk ikan sarden yang masih segar. Untuk mendapatkan ikan sarden yang segar ini bisa anda temui di pasar tradisional atapun di supermarket. Untuk anda sebagai pemula kami akan mengahadirkan resep yang sangat sederhana dan paraktis dalam pengolahannya. Goreng ikan sarden dengan di beri bumbu rempah yang sederhana namun mampu menjadikan masakan ikan sarden ini menjadi sesuatu sensasi bercitarasa yang lezat dan sangat gurih. Nah, penasaran bagaimana resep serta cara membuatnya, berikut ini adalah Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana, kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana

Review

4.8 review 209

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana

Bahan dan Bumbu

  • 600 gram ikan sarden
  • 1 sendok makan garam
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 1 sendok makan biji ketumbar
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana

Cara memasak

  1. Ikan sarden di bersihkan terlebih dahulu, buang bagian isi perutnya, lalu cuci hingga bersih.
  2. Selanjutnya adalah siapkan ulegkan, lalu tumbuk halus ketumbar dan garam, kemudian disusul dengan bawang merah dan bawang putih, lalu masukan kunyit, ulek semua bahan hingga halus.
  3. Setelah itu ikan dilumuri dengan bahan yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata, lalu diamkan sebentar
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng, kemudian goreng ikan hingga matang dsan kering. Tiriskan menggunakan tissu
  5. Ikan sarden goreng siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan ytang mudah ditemukan serta cara memasak yang sangat sederhana dan praktis. Gurih dan lezat pada ikan sarden goreng ini tentunya sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat, ditrambah dengan sambal tomat ataupun sambal sesuai selera makan anda. Sederhana dan praktis ini mejadi salah satu resep ikan sarden goreng sebagai masakan koleksi dalam menu masakan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Yang Praktis dan Sederhana kepada seluruh pecinta kuliner selerasa.com dimanapun berada, serta jangan lupa juga untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih

Resep dan Cara Membuat Sarden Tumis Pedas

membuat tumis sarden pedas

Membuat masakan pedas ada baiknya anda mencoba masakan ikan khususnya ikan sarden.

Ikan laut salah satu pilihan kuliner yang banyak diminati. Selain kelezatan pada ikan serta gurihnya daging ikan ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan ini. Ikan laut yang satu ini salah satunya ikan sarden. Ikan sarden yang memiliki bentuk kecil ternyata menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Manfaat dari mengkonsumsi ikan sarden ini diantaranya mampu mencegah penyakit jantung, pembekuan darah lalu mampu mencegah berbagai penyakit kanker. Untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada pada ikan sarden akan kami sampaikan bahwa ikan sarden ini memiliki kandungan berupa protein yang tinggi, lalu kandungan lemak, omega 3, vitamin, zat besi, kandungan vitamin dan mineral. Dengan semua kandunga pada ikan sarden ini tentunya akan memenuhi nutrisi serta gizi harian anda khususnya bagi si kecil

Ikan sarden memang lebih dikenal sebagai makanan kalengan, dan mejadi salahsatu sajian yang sangat mudah untuk diolah. Namun bagi anda yang ingin mengolah ikan sarden yang masih segar akan kami coba hadirkan resep serta cara membuatnya. Sarden tumis pedas inilah yang menjadikan masakan ikan lebih istimewa dan sangat special. Penasaran bagaimana resep dan cara memasak ikan sarden tumis pedas, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sarden Tumis Pedas

Review

4.6 review 189

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sarden Tumis Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 300 gram ikan sarden segar
  • 1/2 lembar daun pandan, diiris kasar
  • 4 buah daun jeruk purut, ambil daunnya
  • 10 buah cabe rawit merah utuh
  • 1 ikat daun kemangi, ambil daunnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 250 ml air putih
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 8 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 12 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Sarden Tumis Pedas

Cara Memasak

  1. Yang peratama adalah membersihkan ikan sarden, baung kepalanya, serta buang bagian isi perutnya, lalu potong menjadi dua bagian dari masing-masing ikan sarden, cuci hingga bersih
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng, lalu tumis bahan bumbu halus hingga harum
  3. Setelah itu masukan daun pandan, lalu daun jeruk, lalu cabae rawit merah, masak hingga layu
  4. Setelah itu masukan ikan sarden yang sudah dipotong-potong, lalu tuang air, kemudian masukan garam dan juga gula.  Masak hingga kuahnya menyusut dan matang
  5. Menjelang diangkat masukan daun kemangi aduk hingga merata. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sarden Tumis Pedas yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan bisa anda cari di pasar tradisional atapun di supermarket. Cara memasaknya pun sangat sederhana dan sangat praktis sehingga sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Sajikan sarden tumis pedas ini bersama dengan nasi hangat ditambah dengan beberapa makanan lainnya, tentunya membuat makan anda akan berselera. Penting untuk mengetahui resep dan cara membuat sarden tumis pedas ini sebagai salah satu yang bisa dijadikan koleksi didalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Sarden Tumis Pedas ini kepada semua teman, kerabat serta saudara tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah ini, terima kasih

Resep Sajian Sedap Membuat Ikan Sarden Goreng Tepung

resep ikan sarden goreng tepung

Ikan sarden tepung ini akan kami hadirkan dengan sensasi kelezatan yang tidak tertandingi oleh olahan masakan lainnya.

Ikan sarden ini banyak diminati oleh banyak kalangan baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Ikan sarden memang ada dengan bentuk sudah menjadi kemasan kalengan adapula ikan sarden yang masih segar. Ikan sarden kalengan ini menjadi salah satu makanan yang menjadi unggulan karena mampu memudahkan para pecinta kuliner untuk memasaknya. Ikan sarden memang jenis ikan laut yang mermiliki kelezatan serta gurih kala di masak. Ikan sarden adalah ikan dengan bentuk kecil namun banyak sekali manfaat yang bisa didapat terlebih untuk kesehatan tubuh. Manfaat pada ikan sarden ini berupa pencegahan terhadap penyakit jantung, kemudian mencegah berbagai penyakit kanker dan juga pembekuan adar dan masih banyak lagi ymanfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan pada ikan sarden ini sama halnya dengan ikan jenis laut lainnya yang mudah diolah serta banyak digemrai oleh para pecinta kuliner, kandungan tersebut berupa protein, lemak, mineral, omega 3, vitamin dan masih banyak lagi. Karena itu dengan mengetahui berbagai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan ada baiknya mulai sekarang anda mengkonsumsi ikan sarden baik ikan sarden kalengan ataupun ikan sarden yang masih segar. Kali ini kami akan hadirkan resep ikan sarden kalengan, berikut Resep Sajian Sedap Membuat Ikan Sarden Goreng Tepung, kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Sajian Sedap Membuat Ikan Sarden Goreng Tepung

Review

4.9 review 222

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sarden Goreng Tepung

Bahan Utama

  • 1 kaleng ikan sarden
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Pencelup

  • 100 gram tepung terigu
  • 10 gram tepung sagu
  • 25 gram tepung beras
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk

Bahan Saus

  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 buah bawang merah, diiris tipis
  • 200 ml saus sarden
  • 1/8 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 100 ml air putih
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Tepung

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah ikan sarden kaleng di saring terlebih dahulu, ambil ikan sardennya saja.
  2. Setelah itu membuat celupan, untuk semua bahan pencelup dicampur rata.
  3. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu ikan sarden celupkan pada bahan pencelup, setelah itu goreng hingga kering. Angkat dan sisihkan.
  4. Selanjutnya membuat sausnya, panaskan minyak goreng lalu tumis bawang putih serta bawang merah hingga harum.
  5. Setelah itu baru masukan saus sarden, lalu masukan garam dan juga gula pasir, lalu masak hingga mendidih.
  6. Setelah itu tuang air putih, lalu masak hingga matang. Angkat, siramkan pada ikan yang sudah digoreng di piring saji.
  7. Ikan sarden goreng tepung siap disajikan.

Itulah dia Resep Sajian Sedap Membuat Ikan Sarden Goreng Tepung yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara memasak yang sangat praktis. Gurih dan lezat ini lah yang menjadi unggulan di dalam ikan sarden goreng tepung yang tentunya akan membuat anda akan merasa ketagihan setelah menyantapnya. Hidangkan ikan sarden goreng tepung ini bersama dengan nasi putih hangat. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep Sajian Sedap Membuat Ikan Sarden Goreng Tepung kepada semua saudara anda tercinta, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Masakan dan Cara Membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat

resep ikan sarden masak kuah santan

Ingin masakan berkuah dengan kelezatan yang tidak tertandingi, ada baiknya mencoba masakan dengan bahan dasar ikan sarden.

Ikan sarden salah satu ikan yang menjadi pilihan untuk dikonsumsi oleh berbagai banyak kalangan, karena selain kelezatannya serta gurih kala disantap, ikan sarden ini ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Ikan sarden ini diyakini memiliki kandungan-kandungan yang mampe mencegah beberapa penyakit seperti penyakit jantung, lalu berbagai penyakit kanker, kemudian pembekuan darah dll. Ikan sarden ini meskipun memiliki bentuk yang kecil namun mampu memenhui kebutuhan gizi di dalam menu harian anda. Kandungan pada ikan sarden ini berupa protein yang sangat tinggi dan baik bagi kecerdasan otak anak serta pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan lainnya pada ikan sarden berupa lemak, omega 3, lalu vitamin kalsium, zat besi dll.

Ikan sarden salah satu jenis ikan juga pilihan yang mampu menjadi makanan kalengan yang banyak tersedia di pasar tradisional ataupun di supermarket. Dengan bentuk kemasan kalengan ini salah satu makanan yang siap saji dan sangat mudah dalam pengolahannya. Nah kali ini kami mencoba varian baru dari masakan ikan sarden ini dengan ditambah beberapa bahan rempah dan juga santan. Berikut ini Resep Special Masakan dan Cara Membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special Masakan dan Cara Membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat

Review

4.7 review 209

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 1 kaleng ikan sarden ukuran sedang
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai hijau, dipotong serong
  • 1 sdt kari bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 400 ml santan
  • 2 buah tomat, dipotong-potong
  • 5 batang kemangi, ambil daunnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah menumis bawang putih, kemudian bawang merah dan juga cabai hijau, masak sampai harum
  2. Setelah itu masukan ikan sarden beserta bumbunya, lalu aduk merata secara perlahan agar ikan tridak hancur.
  3. Setelah itu masukan santan, lalu kari bubuk, lalu garam, merica bubuk serta gula pasir, aduk merata. Masak hingga mendidih.
  4. Kemudian tambahkan tomat serta daun kemangi, aduk kembali hingga rata. Matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Special Masakan dan Cara Membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat yang bisa anda buat dirumah. Dengan bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sangat sederhana menjadikan masakan sarden kuah santan ini pilihan di setiap hidangan keluarga. Kelezatan pada masakan ikan sarden kuah santan ini tentunya sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan kerupuk membuat makan keluarga anda semakin istimewa. Dengan membuat masakan ikan sarden masak kuah santan ini tentunya semakin bertambah pula koleksi didalam menu makanan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep Special Masakan dan Cara Membuat Ikan Sarden Masak Kuah Santan yang Lezat pada semua teman dan keluarga tercinta pecinta kuliner selerasa.com, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu

resep tumis ikan sarden dan tahu

Memiliki citarasa yang lezat kini kami hadirkan dengan membuat masakan tumis ikan sarden dan tahu.

Ikan sarden jenis ikan laut yang banyak diminati oleh banyak kalanga. Ikan sarden ini juga salah satu jenis ikan yang sangat baik sebagai makanan dengan cara di kemas. Ikan sarden termasuk kategori jenis ikan kecil, namun memiliki kelezatan saat diolah, sehingga banyak yang mengkonsumsi. Selain cara mudah dalam pengolahannya serta kelezatan dari ikan sarden ini, terdapat manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan pada ikan sarden merupakan protein yang sangat tinggi, kemudian kandungan omega 3, vitamin, kalsium, kalium zat besi dan masih banyak lagi kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Berbicara tentang aneka masakan ikan sarden ini ada banyak caranya, baik ikan sarden kalengan ataupun ikan sarden yang masih segar. Untuk memudahkan anda membuatnya kami akan memberikan resep yang sederhana dan praktis. Gizi serta nutrisi pada masakan ikan ini tentunya bertambah dengan dipadukan ikan sarden dengan tahu, membuat masakan ini semakin lezat kala disantap. Nah, penasaran bagaimana resep serta cara membuatnya, berikut ini Resep Special Membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu, yuk kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special Membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu

Review

4.9 review 288

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu

Bahan dan Bumbu

  • 1 kaleng besar ikan sarden
  • 200 gram tahu, dipotong kotak
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 cm jahe, diiris-iris
  • 2 buah cabai hijau, diiris serong
  • 1 buah tomat, diiris-iris
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 200 ml air putih
  • 1 batang daun bawang, diiris-iris
  • minyak goreng secukupnya
  • kuah sarden

Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah buka kaleng ikan sarden, lalu ikan sarden dipotong sesuai selera. sisihkan
  2. selanjutnya adalah panaskan minyak goreng, kemudian bawang putih dan bawang bombay ditumis sampai harum.
  3. Setelah itu masukan jahe dan juga cabai hijau, lalu aduk hingga layu, setelah itu masukan tomat, aduk hingga rata.
  4. selanjutnya masukin ikan sarden, lalu tahu yang sudah dipotong kotak, kemudian saus tomat, kecap manis, lalu garam, serta gula dan merica bubuk, aduk hingga merata secara perlahan agar ikan dan tahu tidak hancur.
  5. Setelah itu masukan air lalu disusul dengan kuah sarden, aduk hingga meresap, setelah itu baru masukan daun bawang, aduk kembali hingga rata. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Special Membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan ini banyak tersedia disekitar kita seperti di pasar ataupun di supermarket. Pengolahannya pun sangat sederhana sehingga tidak memerlukan waktu yang banyak. Hidangkan ikan sarden dan tahu ini selagi hangat kemudian ditambah dengan nasi putih hangat membuat makan anda semakin lahap. Bertambah lagi menu resep makanan harian anda dengan membuat masakan tumis ikan sarden dan tahu ini. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Special Membuat Masakan Tumis Ikan Sarden dan Tahu pada semua para pecinta kuliner selerasa.com dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Ikan Sarden Ungkep Kecap Yang Gurih

resep sarden ungkep kecap

Ingin masakan dengan citarasa yang manis namun memiliki kelezatan yang sangat luar biasa, kami hadirkan masakan ikan sarden ungkep kecap.

Ikan sarden memiliki bentuk yang kecil ini termasuk ke dalam golongan ikan berminyak. Biasanya sarden ini sebgaimai makanan dengan ikan emasan kaleng. Sarden ini sebetulnya ada beberapa kategori jenis ikan sarden namun tetepa memiliki satu specias yang biasanya disaparkan dengan ikan sarden kalengan yang bisasanya banyak kita jumpai.

Ikan asrden yang hidupnya di air laut ini sebetulnya banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan sarden, salahsatu manfaat yaitu pencegahan penyakit jantung, kemudian beberapa penyakit kanker dll. Dapaun manfaat lainnya dari mengkomsumsi ikan sarden ini ternyata manpu menguatkan tulang, kemudian membangun sistem kekebalan tubuh lalu ada peremajaan terhadap kulit. Ikan sarden ini ternyata memang mampu bermanfaat baik bagi kesehatan karena banyak terkandung nutrisi, terlebih pada ikan jenis laut yitu protein yang sangat tinggi, salahsatunya bisa ditemukan pada ikan sarden.
Nah, setelah mengetahui manfaat yang baik bagi kesehatan ada baiknya sekarang mulai membuatnya suatu varian masakan dari ikan sarden ini, kami akan hadirkan masakan yang sederhana berupa ikan sarden ungkep kecap serta bumbu bawang. Yuk kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Sarden Ungkep Kecap Yang Gurih

Review

4.9 review 306

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Sarden Ungkep Kecap Yang Gurih

Bahan Utama

  • 4 ekor ikan sarden
  • 2 siung bawang putih, diparut
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 250 gram tofu, dipotong-potong
  • 300 ml air
  • Minyak sayur secukupnya

Bahan Bumbu

  • 20 gram bawang Bombay, dicincang halus
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh minyak wijen

Cara Membuat Masakan Ikan Sarden Ungkep Kecap Yang Gurih

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan sarden, untuk kepalanya dipotong, buang bagian isi perutnya, setelah itu cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan bawang putih, lalu garam dan jeruk nipis. kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak sekitar 3 sdm, lalu tumis bawang bombay serta bawang putih sampai harum.
  3. Selanjutnya tambahkan kecap asin, kecap manis, kemudian merica bubuk, lalu minyak wijen, kemudian tuang air lalu aduk hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih kemudian masukan ikan sarden serta tofu, aduk perlahan.
  5. Masak hinggga matang dan kuah terlihat mengental serta agar bumbunya meresap kedalam ikan sarden.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Masakan Ikan Sarden Ungkep Kecap Yang Gurih yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan juga cara membuatnya sangat sederhana. Kelezatan dari ikan sarden ungkep kecap ini memiliki rasa yang gurih serta manis hingga menembus pada daging serta tulang ikan sarden. Sajikan ikan sarden ungkep ini bersama dengan nasi putih hangat yang pastinya membuat anda akan merasa ketagihan. Dengan membuat masakan ikan sarden ungkep kecap ini tentunya akan menambhak koleksi dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Sarden Ungkep Kecap Yang Gurih kepada semua teman dan juga kerabat selerasa.com dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih

resep ikan sarden goreng rempah

Ingin masakan rumahan yang sangat sederhana serta praktis dalam membuatnya, kami coba hadirkan ikan sarden goreng rempah.

Ikan sarden salah satu ikan yang hidupnya di air laut ini memiliki bentuk yang kecil. Meskipun kecil ikan sarden ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terlebih kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Ikan sarden ini biasanya sudah dikemas dengan kaleng yang sudah dibumbui, sehingga sangat praktis dalam penyajiannya. Adapun manfaat mengkosusmi ikan sarden ini ternyata mampu mencegah penyakit jantung, kemudian mampu mencegah berbagai penyakit kanker, lalu mampu menguatkan tulang.

Untuk mendapatkan ikan sarden yang masih segar ini sangatlah mudah karena banyak dijumpai di pasar tradisional maupun di supermarket. Ikan sarden ini sebetulnya tidak dalam bentuk kalengan saja namun berupa ikan yang masih segar sehingga mampu diolah dengan cara apapun. Kami mencoba membuat masakan rumahaan yang praktis dengan dimabah dengan rempah bumbu yang mampu menghasilkan sebuah masakan yang lezat dan enak. Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, berikut ini Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih, yuk kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih

Review

4.8 review 206

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram ikan sarden segar
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 batang serai, diiris tipis
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak sayur secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 8 buah cabai rawit merah
  • 6 buah cabai merah
  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 cm lengkuas
  • 1 ruas jari kunyit
  • garam secukupnya
  • gula putih secukupnya

Cara Membuat Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih

Cara Memasak

  1. Ikan sarden pertama tentunya harus dibersihkan terlebih dahulu, buang bagian isi perutnya, setelah itu cuci hingga bersih, kemudian lumuri dengan air jeruk dan juga garam secukupnya, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya ikan sarden yang sudah dibersihkan dicampur dengan bahan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata, agar bumbu meresap sebaiknya dipijat-pijat bumbunya pada ikan. Lalu diamkan sebentar.
  3. Selanjutnya campur tepung terigu dengan lada bubuk, kemudian bawang putih bubuk lalu garam dan juga gula pasir secukupnya, kemudian tambahkan juga penyedap rasa sesuai selera.
  4. Setelah itu panaskan minyak goreng, lalu balut ikan sarden satu demi satu pada campuran tepung, kemudian goreng hingga matang dan warnanya kecoklatan. Matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih yang bisa anda coba buat dirumah. Kelezatan pada ikan sarden ini dengan dibalut oleh tepung terigu yang sudah dibumbui, membuat masakan ikan sarden goreng lebih ini banyak disukai oleh banyak kalangan. Sajikan ikan sarden goreng tepung ini bersama dengan nasi putih hangat kemudian ditambah dengan menu sayuran lalu membuat sambal tomat, terasa lengkap dan isitimewa kala anda menyantapnya. Dengan membuat masakan ikan sarden goreng rempah ini tentunya akan menambah koleksi dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan cara membuat Ikan Sarden Goreng Rempah Yang Enak dan Gurih kepada para pecinta kuliner selerasa.com. dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Sarden dan Sayuran

resep sarden dan sayuran

Ingin membuat masakan untuk si kecil, cobalah membuat masakan ikan sarden ditambah dengan sayuran sehat.

Ikan sarden salah satu ikan yang banyak diminati oleh banyak kalangan. Kelezatan pada ikan sarden ini sudah tidak diragukan lagi. Meskipun bentuknya yang kecil namun ikan sarden ini memiliki segudang manfaat. Manfaat yang bisa didapat antara lain, ternyata mampu mencegah penyakit jantung, kemudian mencegah berbagai penyakit kanker, serta untuk kesehatan kulit. Kandungan pada ikan sarden adalah protein yang tinggi, kemudian lemat, zat besi, kaslium dan masih banyak lagi kandungan yang baik bagi kesehatan.

Nah, ikan sarden ini bisa anda hidangkan pada si kecil. Selain memiliki protein ada kandungan serat dan juga lemak yang sengaja kami padukan bersama dengan sayuran. Dengan memadukan kedua bahan tersebut tentunya akan mecukupi kebutugan gizi serta nutrisi bagi si kecil. Citarasa pada masakan ikan sarden dan juga sayuran ini tentunya nafsu makan anak anda akan bertambah. Nah, penasaran bagaimana resep serta cara membuat masakan ikan sarden ini, berikut kami hadirkan Resep Dan Cara Membuat Masakan Ikan Sarden dan Sayuran yang cocok bagi anak anda, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Sarden dan Sayuran

Review

4.9 review 209

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Sarden dan Sayuran

Bahan Utama

  • 2 kaleng ikan sarden
  • 1 butir telur ayam
  • 75 gram tepung bumbu goreng (beli jadi)
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Saus Ikan sarden dan Sayuran

  • 100 gram wortel. diiris tipis
  • 10 gram brokoli, potong kecil
  • 3 buah bawang merah, diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 5 sendok makan saus tomat
  • 6 lembar daun jeruk

Cara Membuat Masakan Ikan Sarden dan Sayuran

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah kocok telur sampai merata, kemudian masukan ikan sarden secara pelan-pelan agar ikan sardennya tidak hancur. aduk merata.
  2. Selanjutnya siapkan tepung bumbu, lalu gulingkan ikan sarden, pastikan terbalut rata.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu goreng ikan sarden sampai matang dan warnanya kecoklatan, angkat lalu sisihkan.
  4. Setelah itu membuat saus sayuran, pertama tentunya panaskan minyak secukupnya, kemudian tumis bawang merah dan juga bawang putih sampai harum, setelah itu masukan saus tomat, serta daun jeruk dan juga bmbu sarden kaleng, lalu masak hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih masukan brokoli dan juga wortel, amasak hingga sayuran layu.
  6. Siapkan ikan sarden pada piring saji, kemudian siramkan bahan saus di atasnya.
  7. Ikan sarden sayuran siap disajikan.

Itulah dia Resep Dan Cara Membuat Masakan Ikan Sarden dan Sayuran yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sangat sederhana membuat masakan lezat ini mampu mememnuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak anda. Libatkan anak anda pada saat membuatnya agar mereka merasakan serta memberikan perlunya mengkonsumsi ikan sarden ditambah dengan sayuran yang sehat. Sajikan ikan sarden dan sayuran ini bersama dengan nasi putih hangat. Dengan membuat ikan sarden dan sayuran ini tentunya bakan menambah koleksi didalam menu masakan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan Resep Dan Cara Membuat Masakan  Ikan Sarden dan Sayuran kepada teman, kerabat serta saudara tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kamin sediakan diobawah ini, terima kasih.

Resep Praktis Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat Pedas

resep sarden saus tomat pedas

Ingin Masakan yang praktis serta sederhana namun memiliki rasa yang lezat dan pedas dengan bahan dasar ikan sarden.

Ikan sarden memiliki bentuk yang kecil ini biasa banyak ditemukan di pasar tradisional maupun di supermarket. Ikan sarden juga cenderung banyak ditemukan sudah di kemas dalam kaleng, sehingga memudahkan untuk memasaknya. Untuk pertama kalinya ikan sarden kaleng ini sebetulnya awal mulanya lahir di Eropa, agar semua orang tahu bahwa ikan sarden ini salah satu jenis ikan yang bisa dikemas mejadi makanan yang terbaik apabila dikemas. Ikan sarden dikenal juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya manfaat yang didapat adalah mampu mencegah penyakit jantung, kemudian pencegahan terhadap berbagai penyakit kanker, dan juga mencegah pembekuan darah, dan masih banyak lagi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan pada ikan sarden ini berupa protein yang tinggi, kemudian mengandung energi, lemak, kalsium, zat besi, kalium, natrium dll.  

Setelah mengetahui banyaknya manfaat pada ikan sarden, mulai sekarang ada baiknya selalu menyajikan di dalam menu makan harian anda agar semua keluarga dapat terpenuhi kebutuhan nutrisi dan juga gizi. Kali ini kami akan memberikan resep yang sangat praktis, mudah dan sederhana dalam pengolahannya sehingga sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Ikan sarden kaleng yang akan kami pilih sebagai hidangan masakan kali ini. Ikan sarden dengan tambahan beberapa rempah yang sederhana namun mampu menghasilkan kelezatan yang sangat tidak tertandingi ditambah dengan bahan berupa saus tentunya masakan ikan sarden ini menjadi pedas. Baiklah berikut ini Resep Praktis Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat Pedas, dibawah ini langkah-langkahnya.

Nama Resep

Resep Praktis Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat Pedas

Review

4.9 review 243

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sarden Saus Tomat Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 1 kaleng ikan sarden segar
  • Air putih secukupnya
  • 3 sendok makan saos pedas
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 4 buah bawang merah, diiris-iris
  • 2 buah bawang putih, diiris-iris
  • 1 buah cabai merah besar, diiris tipis

Cara Membuat Ikan Sarden Saus Tomat Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah siapkan wajan kemudian beri sedikit minyak goreng, kemudian bahan bumbu halus ditumis hingga harum.
  2. Setelah itu beri garam dan juga gula pasir, kemudian tuang air secukupnya, masak hingga mendidih.
  3. Selanjutnya masukan saos tomat dan juga saos pedas, aduk-aduk.
  4. Setelah itu baru masukan ikan sarden, kemudian masak sebentar, bolak balik secara perlahan agar ikan sarden tidak hancur. Matang
  5. Ikan sarden saus tomat pedas siap disajikan.

Itulah dia Resep Praktis Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat Pedas yang bisa anda baut dan sajikan bersama dengan keluarga tercinta anda. Mudah dan sederhana serta praktis dalam pengolahannya membuat tidak perlu banyak waktu dalam pembuatannya. Kesederhanaan dari masakan ikan sarden ini namun apabila dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat akan membuat masakan ikan sarden saus tomat pedas ini sangat lezat. Dengan membuat Ikan sarden saus tomat ini tentunya akan menambah koleksi dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat

Jangan lupa share ya Resep Praktis Cara Memasak Ikan Sarden Saus Tomat Pedas kepada semua teman pecinta selerasa.com dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan koemtar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

  • 1
  • 2
Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda