Resep Selai Nanas yang Legit, Enak dan Segar

Resep Selai Nanas yang Legit, Enak dan Segar – Buah nanas bisa kita konsumsi langsung ataupun dibuat jus. Selain itu, juga bisa dibuat selai nanas agar menjadi lebih awet dan tahan lama. Selai bisa dijadikan isian kue ataupun olesan roti. Selai nanas yang dibuat sendiri tentunya akan lebih lezat dan tidak mengandung bahan pengawet. Yuk buat selai nanas sendiri di rumah, simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Selai Nanas Praktis

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword Resep Selai Nanas, Selai, Selai Nanas
Total Waktu 1 jam
Porsi 250 gram
Kalori 375 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah nanas
  • 5 cm kayu manis
  • 150 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam

Langkah-langkah

Cara Membuat Selai Nanas

  1. Jika bahan-bahan yang diperlukan sudah anda siapkan, sekarang anda bisa langsung membuat selai nanas. Pertama, silakan ambil buah nanas yang telah anda sediakan. Lalu kupas hingga benar-benar bersih. Buang juga matanya dan cuci sampai bersih di bawah air mengalir.

  2. Kemudian silakan buah nanas diparut.

  3. Ambil wajan yang akan digunakan untuk memasak buah nanas. Lalu masukan nanas yang sudah diparut ke dalam wajan.

  4. Anda bisa memasak buah nanas tersebut sambil diaduk-aduk hingga menyusut airnya.

  5. Setelah itu, silakan masukan bahan-bahan yang lainnya seperti garam, kayu manis dan gula pasir. Lalu aduk-aduk sampai selai nanas kering dan kesat.

  6. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkat dan menyimpannya pada wadah yang kedap udara. Namun, sebelum menyimpannya pastikan selai nanas yang sudah anda buat dingin.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Selai Nanas

  1. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan agar anda tidak gagal membuat selai nanas, seperti berikut ini.

  2. Sebaiknya pilih buah nanas matang.

  3. Sebelum air nanas menyusut atau habis, anda jangan memasukan gula pasir karena akan membuat selai nanas menjadi lama kering.

  4. Apabila selai yang anda buat akan digunakan untuk isian atau olesan roti, anda dapat memasaknya hingga setengah kering.

  5. Akan tetapi, jika selai digunakan sebagai isian kue nastar, anda harus memasaknya sampai benar-benar kering supaya kue nastar menjadi awet.

Selai nanas praktis sudah selesai dibuat. Rasanya yang segar cocok dijadikan olesan roti atau makanan lainnya agar menjadi lebih berselera.

Resep dan Cara Membuat Selai Nanas Berempah yang Nikmat

Resep Selai Nanas

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 600 gram nanas
  • 4 cm kayumanis
  • 2 butir cengkeh
  • 8 lembar daun jeruk
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 lembar daun pandan

Baca juga : Resep Cemilan Sehat

Cara Membuat Selai Nanas Berempah

  1. Pertama, silakan ambil buah nanas yang sudah anda sediakan. Kemudian kupas hingga bersih dan cuci di bawah air mengalir. Lalu ikat daun pandan dan buang bagian tulang daun jeruk.
  2. Selanjutnya silakan parut buah nanas. Jika sudah, siapkan wajan dan masukan nanas yang sudah diparut ke dalam wajan tersebut.
  3. Kemudian masak nanas hingga airnya meresap. Lalu masukan bahan-bahan lainnya seperti kayumanis, cengkeh, daun pandan, gula pasir dan daun jeruk. Masak dan aduk-aduk bahan selai menggunakan api kecil hingga kering.
  4. Setelah itu, silakan masukan air jeruk. Aduk-aduk lagi hingga merata, jika sudah anda isa mendinginkannya.

Selai nanas berempah sudah selesai dibuat. Rasanya yang manis dan segar, dengan aroma rempah yang menggoda akan membuat sajian roti atau kue yang anda buat semakin nikmat.

Resep dan Cara Membuat Selai Nanas Pepaya

Resep Selai Nanas

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kg gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2/3 pcs kayu manis
  • 2 buah nanas masak ukuran sedang
  • 3 buah cengkeh

Cara Membuat Selai Nanas Pepaya

  1. Pertama, silakan ambil buah nanas. Lalu kupas hingga bersih dan bersihkan juga bagian matanya.
  2. Kemudian kupas juga buah pepaya. Lalu cuci buah nanas dan buah pepaya hingga bersih di bawah air mengalir. Jika sudah tiriskan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, silakan buah nanas dipotong vertikal agar lebih mudah saat diparut. Anda bisa memotongnya menjadi 3 hingga 4 bagian.
  4. Jika sudah, silakan parut buah nanas dan buah pepaya. Jangan diblender.
  5. Setelah itu, silakan ambil panci yang akan digunakan untuk memasak selai. Lalu masukan bahan-bahan seperti nanas dan pepaya. Masak bahan-bahan ini.
  6. Lalu masukan bahan-bahan yang lainnya seperti cengkeh, garam dan kayu manis. Aduk-aduk lagi semua bahan hingga merata dan airnya menyusut.
  7. Jika sudah menyusut, anda bisa mengecilkan api dan masukan gula pasir. Aduk-aduk kembali dan pastikan adonan tidak gosong.
  8. Apabila semua bahan sudah tercampur dengan merata dan airnya sudah menyusut, anda bisa mengangkat selai.
  9. Tunggu beberapa saat hingga dingin. Jika sudah dingin, anda bisa menyimpannya dalam kulkas.

Selai nanas pepaya sudah selesai dibuat. Kombinasi nanas dan buah pepaya menjadikan selai lebih enak.

Tips Membuat Selai Nanas Agar Tahan Lama

Nah, untuk anda yang ingin membuat selai nanas sebagai stok, yuk simak tips membuat selai nanas agar tahan lama berikut ini.

  1. Perhatikan kualitas nanas. Ketahanan dan rasa dari selai nanas yang anda buat tergantung dari kualitas nanas yang anda pakai. Agar nanas tahan lama, anda bisa memilih buah nanas yang manis, sudah matang dan tidak memiliki tanda akan membusuk.
  2. Selain memperhatikan bahan utamanya, anda juga harus memperhatikan hal-hal lainnya seperti persiapan, cara pengolahan, serta tempat penyimpanan juga sebaiknya diperhatikan. Anda harus memastikan wadah dan alat yang dipakai kering dan bersih.
  3. Saat membuat selai nanas, anda sebaiknya jangan memakai alat untuk mempersiapkan atau pengolahan berbahan alumunium. Pasalnya, peralatan alumunium akan membuat selai rasanya menjadi pahit dan warnanya akan menjadi kebiruan.
  4. Alat yang digunakan untuk persiapan, pengolahan ataupun untuk tempat penyimpanan sebaiknya terbuat dari bahan kayu atau kaca. Jika anda ingin menggunakan peralatan kayu, pastikan alat yang digunakan benar-benar bersih, serta tidak terdapat jamur.
  5. Apabila anda masih belum yakin mengenai kebersihan dari alat yang digunakan, sebaiknya anda mencucinya dengan menggunakan air panas. Lalu silakan keringkan menggunakan lap bersih atau anda juga bisa menjemurnya sampai kering sempurna.
  6. Dalam pembuatan nanas gula menjadi pengawet alami. Hanya saja, apabila anda merasa penggunaan gula pada selai membuat selai tidak tahan lama, anda bisa menaburi lagi gula pasir di atas selai yang telah anda masukan pada wadah, ketebalannya ½ cm.
  7. Area penyimpanan selai nanas harus anda perhatikan juga. Pastikan area penyimpanan nanas keadaan bersih, serta tidak berdekatan dengan barang lainnya karena akan mengubah aroma dan rasa dari selai nanas, seperti kapur barus atau sabun.
  8. Supaya selai nanas menjadi tahan lama, anda dapat menyimpannya dalam kulkas. Selai nanas yang diletakan pada suhu ruang akan bertahan selama 5 hari. Apabila disimpan dalam lemari pendingin akan bertahan satu bulan. Jika selai nanas makin kering, maka kandungan airnya akan semakin sedikit dan selai nanas akan menjadi lebih tahan lama.

Itulah beberapa resep selai nanas dan cara membuatnya yang mudah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons
Scroll to Top