Tips Membersihkan Mixer Supaya Tidak Mudah Rusak

Mixer biasanya digunakan untuk membuat adonan kue. Agar awet dan tahan lama, tentunya alat ini harus dirawat dengan tepat, termasuk membersihkan mixer dengan baik dan benar. Membersihkan mixer harus dilakukan dengan tepat agar semua bagian mixer benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran. Nah, berikut ini beberapa tips membersihkan mixer yang dapat anda ikuti.

Tips Membersihkan Mixer

Tips Membersihkan Mixer Supaya Tidak Mudah Rusak

Mixer yang sudah kotor atau sudah digunakan sebaiknya segera dibersihkan kembali. Agar memudahkan anda ketika membersihkan mixer, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Kabel Listrik Harus Dicabut

Langkah pertama kali yang dapat anda lakukan ketika membersihkan mixer yaitu mencabut kabel listrik. Langkah ini sering dilupakan, padahal sangat penting untuk dilakukan. Sebelum anda membersihkan mixer, anda harus mencabut terlebih dahulu kabel listriknya.  Anda harus berhati-hati ketika mencabut kabelnya, pastikan tangan anda dalam keadaan kering. Oleh karena itu, sebaiknya lap terlebih dahulu tangan anda dan tunggu hingga kering. Air akan bisa menghantarkan listrik ke tangan yang dapat menyebabkan tersetrum. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berhati-hati.

Baca juga : Tips Talenan Kayu Tetap Bersih

Pisahkan Setiap Bagian Mixer

Setelah digunakan, sebaiknya anda langsung membersihkan mixer. Jangan membiarkan mixer dalam keadaan kotor. Jika mixer semakin lama ditunda untuk dibersihkan, maka sisa adonan yang masih menempel pada mixer nantinya akan menjadi keras sehingga sulit untuk dibersihkan. Tidak hanya  itu, mixer dalam keadaan kotor juga akan dapat mengundang kuman dan serangga yang dapat menyebabkan penyakit.

Anda bisa membersihkannya dengan memisahkan setiap bagian mixer, seperti pengocok, mangkuk, badan dan leher mixer. Kemudian letakan pengocok di dalam mangkuk mixer. Anda harus melakukannya dengan cepat supaya adonan tidak menetes. Lalu anda bisa menyimpannya ke dalam tempat pencuci piring.

Rendam Mixer dengan Air Panas dan Sabun

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu, silakan isi mangkuk dengan menggunakan air hangat yang sudah ditambahkan sabun. Agar kotoran yang menempel bisa dihilangkan dengan cepat dan mudah, anda bisa menambahkan ekstrak jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 3 menit sampai kotoran luruh.

Gosok mangkuk, serta pengocok dengan menggunakan spon yang lembut dan halus. Hindari menggosok bagian mixer dengan menggunakan spon yang kasar dan memiliki kawat. Benda keras akan dapat menggores mixer dan membuat mixer cepat rusak. Jika sudah, anda bisa langsung mengeringkan mixer. Keringkan dengan menggunakan kain yang lembut. Lalu terakhir silakan simpan.

Manfaatkan Sikat Gigi

Apabila sisa adonan masih menempel dan sulit untuk dihilangkan, anda bisa memanfaatkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk menggosok dan menghilangkan kotoran yang  menempel pada mixer. Sikat gigi juga bisa anda gunakan untuk membersihkan sela-sela pengocok serta bagian lainnya yang sulit untuk dijangkau.

Artikel lainnya : Tips Bersihkan Dapur

Bersihkan dengan Menggunakan Kain Basah

Bagian leher, serta badan mixer biasanya terlihat bersih. Namun, anda tetap harus membersihkannya karena mungkin saja ada cipratan dari adonan yang mengenainya. Untuk membersihkannya, anda cukup lap area badan mixer, leher, bawah dan di sekitar tombol mixer menggunakan kain basah. Anda harus memeras terlebih dahulu kain supaya air nantinya tidak menetes pada mesin mixer. Anda bisa menggunakan kain dengan daya serap yang tinggi supaya mixer menjadi cepat kering.

Demikian tips membersihkan mixer supaya tahan lama dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons