Resep dan Cara Membuat Wedang Teh Jahe Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting dilakukan agar terhindar dari berbagai serangan penyakit, termasuk virus Corona. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Resep Jamu Kunyit Asam

Beberapa minuman tradisional diketahui dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, termasuk wedang teh jahe. Nah, anda bisa membuat minuman ini di rumah karena bahan-bahan yang dibutuhkannya sederhana, serta cara membuatnya mudah. Yuk simak resep dan cara membuat wedang teh jahe di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Wedang Teh Jahe Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword jahe, minuman jahe, wedang teh
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Porsi 3
Kalori 2 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Wedang Teh Jahe

  • Teh secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
  • Jahe secukupnya
  • Gula aren/gula merah secukupnya
  • Jeruk nipis atau asam jawa secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Wedang Teh Jahe

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu membersihkan jahe yang sudah anda sediakan. Jika jahe masih kotor atau masih terdapat tanah yang menempel, anda bisa membersihkannya hingga benar-benar bersih. Sebaiknya bersihkan di bawah air yang mengalir. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.

  2. Selanjutnya, silakan haluskan jahe yang sudah anda bersihkan tadi bersama dengan bahan-bahan yang lainnya seperti misalkan gula pasir, gula aren. Lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis.

  3. Silakan sediakan panci, lalu masukan air secukupnya ke dalam panci. Rebus air hingga mendidih.

  4. Lalu silakan masukan teh celup ke dalam rebusan air. Aduk-aduk hingga merata.

  5. Kemudian masukan bahan-bahan yang telah dihaluskan ke dalam rebusan air. Aduk-aduk kembali hingga merata dan airnya mendidih.

  6. Apabila sudah seperti itu anda bisa matikan api kompor dan tuangkan wedang teh jahe yang sudah anda buat pada gelas yang sudah anda sediakan. Terakhir anda bisa menghidangkannya untuk keluarga di rumah.

Wedang teh jahe sudah selesai dibuat. Anda bisa menikmatinya ketika masih dalam keadaan hangat agar lebih enak.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Semenjak adanya wabah virus Corona, jahe menjadi salah satu rempah yang populer. Rempah yang sering digunakan sebagai penyedap makanan ini baik untuk kesehatan tubuh. Sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antivirus dimiliki oleh jahe sehingga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pada jahe terkandung gingerol, yakni zat yang akan memberikan rasa hangat dan memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Tidak hanya baik untuk sistem imun saja, namun jahe juga memiliki banyak manfaat jahe lainnya untuk kesehatan seperti berikut ini.

  • Mengatasi masalah pencernaan. Pada jahe terkandung zat phenolic yang berperan untuk mencegah iritasi yang terjadi pada sistem pencernaan, mengurangi perut kembung, meningkatkan nafsu makan, menstimulasi produksi air ludah dan cairan empedu dan membantu mengatur pergerakan makanan pada saluran pencernaan.
  • Meredakan mual. Jahe juga dapat membantu meredakan mual karena berkendara, mual dipagi hari yang biasanya dialami ibu hamil dan setelah kemotrapi.
  • Mengurangi batuk pilek. Jahe dapat membuat tubuh hangat dari dalam, serta memicu keringat untuk keluar. Hal ini tentunya bermanfaat untuk meringankan pilek dan batuk. Selain itu, jahe juga akan membantu melegakan pernapasan, serta tenggorokan.
  • Mengatasi sakit karena menstruasi. Jahe berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa sakit, termasuk sakit yang disebabkan akibat menstruasi.
  • Meredakan sakit otot. Rempah yang satu ini juga memiliki efek sebagai anti peradangan, sehingga dapat membantu mengatasi sakit otot.

Selain bermanfaat untuk sistem imun, jahe juga memiliki manfaat bagus lainnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons