Aneka Resep Masakan Italia

aneka masakan talia

Hidangan Italia memang menggoda, dari mulai hidangan pembuka hingga penutup semua rasa dan aneka ragamnya terlihat begitu menggoda. Nah, kali ini dalam kategori resep masakan Italia ini anda akan dapat menemukan hidangan utama resep khas Italia yang kami rangkum dibawah ini. Yuk, kita simak seperti apa saja sih ragam hidangan italia dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

risotto ayam sayuran

Bagi anda para pencinta hidangan kuliner mancanegara, anda mungkin sudah tak lagi asing dengan hidangan risotto.

Ya, sajian khas Italia yang dibuat dari bahan dasar beras Arborio ini dibuat dengan mencampurkan kaldu kedalamnya yang dimasak bersama beras agar beras berubah menjadi nasi dengan tekstur yang lembut dan nikmat.

Nah, kali ini kita pun buat sajian risotto ayam dan sayuran yang lezat. Yuk, simak seperti apa resep membuat risotto ayam sayuran yang lezat dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Review

4.7 review 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Bahan Utama Risotto:

  • 150 gram beras
  • 2 potong daging ayam
  • 50 gram keju cheddar
  • 1 buah wortel kecil
  • 5 buah buncis

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 600 ml air kaldu ayam
  • 1 siung bawang putih dicincang
  • Secukupnya daun seledri
  • minyak untuk menumis
  • garam dan merica
  • 1/2 bawang bombay, diiris kotak kecil

Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan utama. Hal ini sebenarnya menjadi langkah yang cukup penting dalam resep kali ini. Karena dengan mengetahui cara mempersiapkan bahan utama, maka anda akan paham bagaimana mengolah bahan-bahan tersebut sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat. Akan tetapi, sebelum itu sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk memotong seperti pisau, talenan dan juga beberapa wadah yang akan digunakan untuk menampung bahan yang telah dipotong.
  2. Untuk bahan pertama yang akan kita proses adalah beras risottonya. Silahkan masukkan beras risotto kedalam wadah dan bersihkan jika anda melihat terdapat kotoran dalam beras. Setelah itu, baru sisihkan beras yang sudah anda sortir.
  3. Bahan selanjutnya adalah dagin ayam, silahkan bersihkan daging ayam dan hilangkan kotoran yang mungkin masih terdapat pada ayam. Setelah ayam bersih, angkat ayam dan sisihkan dalam wadah.
  4. Selanjutnya untuk buncis, silahkan potong buncis dengan ukuran 1 cm dan masukkan hasil potongannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  5. Untuk wortel, kupas terlebih dahulu bagian luar wortel dengan menggunakan pisau setelah bersih, baru potong-potong wortel dengan bentuk dadu kecil. Sama seperti beberapa bahan sebelumnya, setelah diproses masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  6. Nah, untuk keju cheddar, siapkan wadah dan parutan lalu parut keju secara merata dan masukkan hasil parutannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan juga.

Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran:

  1. Nah, apabila bahan-bahan utama diatas sudah dipersiapkan dan dibersihkan itu artinya kita akan siap memasak sajian kali ini. Rebus terlebih dahulu daging ayam dalam panci hingga matang. Angkat daging yang telah matang dan potong-potong dengan bentuk kotak ukuran kecil. Lalu masukkan potongannya dalam wadah.
  2. Selanjunya, panaskan minyak dalam wajan dna tumis bawang bombay bersama dengan seledri dan bawang putih hingga tercium bau yang sedap.
  3. Masukkan beras risotto kedalamnya dan aduk-aduk secara merata hingga tercampur.
  4. Setelah itu, masukkan 3 sendok sayur kaldu kedalam tumisan beras dan masak hingga meresap.
  5. Bubuhi dengan garam dan merica sesuai dengan selera dan aduk-aduk secara merata. Jika air kaldu mulai menyusut, lakukan kembali menyendokan kaldu kedalam beras secara berulang kali sampai kaldu habis dan beras matang menjadi nasi.
  6. Setelah matang, masukkan daging ayam, buncis, wortel dan aduk-aduk secara merata.

Setelah matang, sajian ini akan siap diangkat dan siap disantap bersama dengan teman dan sahabat. Hidangan ini pun akan semakin lezat bisa dinikmati selagi hangat.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Risotto Primavera yang Sedap, Enak dan Lezat

risotto primavera

Hidangan risotto primavera adalah sajian yang lezat. Hidangan ini tentunya akan cocok disantap untuk anda yang sedang mendamba menikmati sajian mancanegara yang lezat.

Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep membuat risotto primavera, maka kita simak resep mudahnya dibawah ini

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Primavera yang Sedap, Enak dan Lezat

Review

4.7 review 354

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Primavera yang Sedap, Enak dan Lezat

Bahan Utama Risotto:

  • 300 gram beras risotto
  • 50 gram asparagus
  • 60 gram jamur merang
  • 120 gram buncis
  • 300 gram beras
  • 2 buah wortel

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 750 cc kaldu ayam
  • 3 sendok makan arak putih
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan mentega
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, potong kecil-kecil
  • 1/2 sendok teh merica hitam bubuk
  • 4 sendok makan keju pormesan

Cara Membuat Risotto Primavera yang Sedap, Enak dan Lezat

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama. Hal ini tentunya penting sekali karena bahan utama diatas perlu kita bersihkan dan dipotong terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat.
  2. Untuk bahan pertama adalah beras risotto, silahkan masukkan beras kedalam wadah atau baskom dan sisihkan sementara. Sebaiknya beras jangan dicuci hanya didiamkan sementara sebelum kita proses bahan-bahan lainnya.
  3. Bahan selanjutnya yang akan diproses adalah buncis. Silahkan bersihkan bagian runcing dan serat yang ada dibagian pinggir buncis. Setelah dibersihkan, silahkan potong-potong buncis dengan ukuran 1 cm dan masukan hasil potongannya kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Sementara untuk asparagus, potong asparagus menjadi dua bagian dan sisihkan dalam wadah.
  5. Untuk wortel, kita bersihkan terlebih dahulu bagian luar kulit wortel dengan menggunakan pisau secara merata. Baru setelah itu, potong-potong wortel dengan bentuk bulatan tipis. Lalu cuci dengan menggunakan air bersih. Siapkan panci dan masukkan air kedalamnya, untuk kemudian rebus sebentar wortel, angkat dan sisihkan.
  6. Sementara untuk jamur merang, potong jamur dengan bentuk tipis, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Risotto Primavera:

  1. Setelah bahan utama dibersihkan dan diproses secara merata, sekarang kita akan panaskan minyak zaitun bersama dengan mentega dalam wadah dan aduk-aduk secara merata hingga bahan ini tercampur.
  2. Setelah itu, tumis bawang bombay bersama dengan bawang putih hingga tercium bau harum yang enak dan lezat.
  3. Kemudian, masukkan beras dan aduk-aduk secara merata, lalu tambahkan arak putih dan aduk-aduk kembali merata.
  4. Panaskan kaldu ayam hingga mendidih dengan menggunakan api yang sedang, setelah mendidih kecilkan api dan ambil sebanyak 2 sendok makan, lalu tuangkan dalam campurna beras yang sedang dicampur bersama dengan bumbu. Aduk merata.
  5. Masukkan sisa kaldu auam dan aduk-aduk secara merata lalu masak sampai beras matang dan kuah kaldu terserap oleh beras yang membuat beras menjadi lebih matang dan lunak secara merata.
  6. Masukkan bunci, asparagus, jamur merang dan juga wortel. Aduk-aduk secara merata dan bubuhi dengan bumbu seperti merica dan garam. Aduk kembali merata dan angkat.

Setelah matang, sajikan dalam mangkuk dan berikan bagian atasnya dengan taburan keju parmesan untuk kemudian sajian ini akan siap dinikmati bersama dengan keluarga saat masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

risotto seafood

Hidangan risotto seafood adalah hidangan yang enak dan lezat.

Sajian ini akan cocok anda sajikan untuk keluarga dirumah dan dinikmati selagi hangat. Selain menambahkan berbagai macam hidangan seafood, sajian risotto ini sebenarnya bisa dibuat dari beraneka ragam bahan yang anda sukai seperti menambahkan daging, sayuran atau mungkin ayam.

Nah, agar anda juga bisa menyajikan hidangan mudah dan lezat dari mancanegara ini. Maka mari kita langsung simak seperti apa resep membuat risotto seafood dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Review

4.6 review 502

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Bahan Utama Risotto:

  • 300 gram beras risotto
  • 150 gram udang
  • 50 gram kacang polong
  • 100 gram kerang hijau
  • 150 gram cumi

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 2 sendok makan mentega tawar
  • 1/2 sendok teh merica hitam, tumbuk halus
  • 600 ml kaldu udang, dari rebusan kepala dan kulit udang
  • 50 gram keju parmesan parut
  • 3 sendok makan mentega tawar, untuk menumis

Cara Membuat Risotto Seafood yang Mudah, Enak dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan utama diatas. Maksudnya mempersiapkan disini adalah dikarenakan bahan diatas harus dipotong dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang lezat dan enak. Untuk itu, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan anda butuhkan untuk memotong seperti pisau, talenan dan juga beberapa wadah.
  2. Setelah disiapkan, silahkan bersihkan bahan yang pertama yakni beras risotto. Untuk membersihkan beras ini bisa dilakukan dengan memasukan beras kedalam wadah untuk kemudian cuci bersih beras dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan kuman pada beras.
  3. Selanjutnya, untuk udang silahkan kupas kulit udang dengan mengunakan tangan dan potong bagian kepala. Akan tetapi, bagian kepala udang ini tidak dibuang sebab akan digunakan untuk membuat kuah kaldu udang. Setalah dikupas, sisakan bagian ekor dan masukkan dalam wadah dan sisihkan.
  4. Untuk cumi, kerat-kerat cumi dengan menggunakan pisau dan potong dengan bentuk kotak-kotak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lalu sisihkan juga.
  5. Sementara untuk kerang hijau, silahkan bersihkan kerang dengan air bersih dan bershkan pula bagian luar kulit kerang dengan digosok menggunakan sponge dan angkat jika sudah bersih. Lalu rebus kerang dalam panci dengan air. Setelah itu kupas kulit kerang dan sisakan daging kerang dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Untuk kacang polong, silahkan masukkan kacang dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Risotto Seafood:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan setelah bahan-bahan utama dibersihkan, adalah dengan menumis bawang bombay dalam wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Tumis bahan ini hingga tercium bau harum yang lezat dan nikmat.
  2. Kemudian, masukkan udang bersama dengan kerang hijau dan juga cumi kedalam tumisan. Aduk-aduk bahan tersebut hingga warnanya berubah secara merata.
  3. Tuangkan beras risotto kedalam tumisan seafood dan aduk-aduk secara merata hingga bahan ini tercampur.
  4. Masukkan kaldu udang yang dibuat dari kepala udang. Aduk-aduk secara merata.
  5. Kemudian masukkan kacang polong dan bubuhi dengan garam juga merica hitam. Aduk-aduk secara merata dan masak hingga air kaldu terserap kedalam beras secara merata. Tutup panci dan masak selama kurang lebih 10 menit sampai risotto matang secara merata.

Menjelang diangkat, sajikan bersama dengan parutan keju parmesan yang ditaburkan dibagian atasnya. Sajikan saat hangat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Salmon Risotto Khas Italia yang Enak, Lezat dan Mudah

risotto salmon

Sajian salmon risotto adalah hidangan istimewa yang enak.

Citarasa hidangan Italia ini akan cocok dilidah anda. Pasalnya bahan dasar beras mungkin akan membuat anda tidak asing dengan tekstur hidangan ini. Selain itu, rasa dan toping yang diberikan pada risotto ragamnya cukup bervariasi dan akan sangat lezat untuk disantap.

Selain itu, sajian ini pun bisa anda buat dari banyak sajian bahan pelengkap seperti daging, ayam, sayuran dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan buat sajian risotto salmon. Yuk, simak seperti apa resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Salmon Risotto Khas Italia yang Enak, Lezat dan Mudah

Review

4.6 review 276

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahna-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Salmon Risotto Khas Italia yang Enak, Lezat dan Mudah

Bahan Utama Risotto:

  • 2 cangkir beras arborio
  • 500 gr salmon fillet

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 4-6 gelas kaldu ayam
  • 1 gelas kecil white wine
  • Secukupnya merica bubuk
  • Secukupnya olive oil
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 sdm mentega
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • secukupnya keju parmesan, parut
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya daun bawang

Cara Membuat Salmon Risotto Khas Italia yang Enak, Lezat dan Mudah

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama diatas. Hal ini penting sekali karena bahan utama diatas harus kita bersihkan dan persiapkan terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat.
  2. Untuk bahan pertama yang akan diproses terlebih dahulu adalah beras arborio. Caranya, masukkan beras kedalam wadah untuk kemudian bawa ke tempat cucian dan bersihkan secara merata. Gunakan air bersih untuk membersihkan kuman dan kotoran yang ada pada beras. Setelah itu, angkat jika beras sudah bersih dan tiriskan air cuciannya secara merata.
  3. Selanjutnya, untuk fillet salmon, silahkan bawa pula salmon ke tempat cucian dan bersihkan dengan menggunakan air bersih secara merata. Pastikan jika anda membersihkan dan membuang kotoran yang menempel pada ikan. Angkat ikan dan sisihkan dalam wadah.

Cara Membuat Salmon Risotto:

  1. Setelah bahan utama dibersihkan, selanjutnya silahkan siapkan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tuangkan kaldu ayam kedalamnya dan tunggu hingga kaldu ayam mendidih secara merata.
  2. Sementara itu, dalam panci yang berbeda, silahkan tumis bawang merah bersama dengan bawang putih hingga tercium bau harum yang enak dan sedap. Gunakan olive oil untuk menumis bahan ini.
  3. Selanjutnya, baru masukkan beras kedalam tumisan bawang dan aduk-aduk secara merata agar bawang bersama dengan beras tercmapur merata.
  4. Masukkan white wine sedikit saja, namun jika anda tidak suka atau tidak mengkonsumsi bahan ini, maka bagian ini bisa dihilangkan. Hanya saja, rasanya akan sedikit berbeda. Namun abaikan saja langkah ini jika anda tidak suka menggunakan white wine pada bahan makanan.
  5. Aduk-aduk hingga beras hampir lunak dan matang, setelah itu baru masukkan ladu ayam. Aduk-aduk dan masak hingga kaldu terserap kedalam beras secara merata.
  6. Selagi menunggu, silahkan masak ikan salmon dengan sedikit minyak zaitun atau olive oil sampai matang. Angkat dan suwir-suwir daging ikan.
  7. Setelah hampir matang, masukkan suwiran ikan salmon kedalam nasi dan aduk-aduk secara merata.

Angkat hidangan ini dan sajikan dalam wadah untuk kemudian siap disantap.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Risotto Jamur/Mushromm Risotto yang Enak, Lezat dan Spesial

risotto jamur

Hidangan risotto jamur adalah sajian istimewa yang nikmat.

Sajian khas Italia ini dibuat dari bahan dasar beras Arborio yang dimasak bersama dengan kuah kaldu gurih dengan rentan waktu yang cukup sehingga menghasilkan tekstur nasi risotto yang begitu lembut dan lezat.

Di negara asalnya sendiri, hidangan ini biasa dibuat dengan beraneka ragam kuah kaldu. Bukan hanya dari kaldu ayam, sajian ini pun bisa dibuat dari kaldu ikan, kaldu daging dan lain sebagainya. Selain itu, keneka ragaman toping atau bahan tambahan yang dimasukan kedalam risotto, membuatnya semakin lezat dan bercita rasa nikmat.

Nah, agar anda bisa menyajikan hidahgan ini dirumah, mari kita simak resep membuat risotto jamur dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Jamur/Mushromm Risotto yang Enak, Lezat dan Spesial

Review

4.8 review 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Jamur/Mushroom Risotto yang Enak, Lezat dan Spesial

Bahan Utama Risotto:

  • 400 g beras Arborio
  • 100 g jamur shimeji
  • 100 g jamur kancing
  • 100 g daging asap
  • 100 g jamur portobello

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 3 sdm mentega tawar
  • 1 1/2 buah bawang bombay, iris halus
  • 1 L kaldu sapi
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica hitam bubuk

Cara Membuat Risotto Jamur/Mushromm Risotto yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama. Hal ini penting sekali karena bahan utama diatas harus kita potong dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi hidangan yang nikmat dan lezat.
  2. Untuk bahan yang akan kita persiapkan terlebih dahulu adalah beras arborio atau beras Italia. Caranya, masukkan beras kedalam wadah dan cuci bersih dengan menggunakan air untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang mungkin tersimpan dalam beras.
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan mempersiapkan daging asap. Caranya, potong-potong daging asap dengan bentuk dadu dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Selanjutnya, untuk jamur kancing, silahkan iris tipis jamur kancing dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah dan sisihkan pula.
  5. Setelah itu, untuk jamur portobello, silahkan potong dengan bentuk tipis sama dengan ketika anda memotong jamur kancing. Masukkan hasil potongannya dalam wadah yang sama dan sisihkan pula.
  6. Untuk jamur shimeji, silahkan pisahkan perpayung dan masukkan dalam wadah yang sama saat anda menempatkan jamur. Lalu sisihkan sementara.
  7. Terakhir, bersihkan semua jamur yang telah dipotong dengan menggunakan air bersih dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Risotto Jamur:

  1. Panaskan mentega dalam wajan atau panci dan gunakan api yang sedang. Setelah itu, tumis bawang bombay kedalamnya hingga tercium bau harum yang lezat.
  2. Masukkan bawang putih dan tumis hingga kedua bahan ini layu secara merata dan mengeluarkan aroma harum yang lezat.
  3. Selanjutnya, masukkan beras, aduk-aduk secara merata dan tuangkan setengah bagian kaldu lalu aduk merata dan masak hingga kuah kaldu menyusut. Dan tekstur beras menjadi lebih lunak secara merata.
  4. Masukkan sisa kaldu dan aduk-aduk secara merata. Lalu amsak kembali hingga beras matang dan lunak.
  5. Masukkan daging asap kedalamnya bersama dengan semua jenis jamur dan merica. Aduk-aduk secara merata dan masak hingga matang.

Setelah matang, angkat sajian ini dan berikan taburan keju dibagian atasnya.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

risotto

Hidangan risotto merupakan sajian khas dari Italia Utara.

Sajian ini dibuat dari beras yang dicampur bersama dengan kaldu yang gurih. Adapun pembuatan kaldu ini biasanya dibuat dari beberapa bahan utama seperti kaldu ayam, dagig, ikan dan lain sebagainya.

Sajian risotto merupakan cara penyajian nasi paling lazim di italia. Hidangan ini dibuat dengan tekstur creamy sehingga cocok disantap selagi masih hangat dan baru saja keluar dari wajan atau oven. Sajian ini seringkali disantap dengan paha sapi yang dbuat dengan berbagai metode baik di goreng maupun dipanggang. Sajian ini tentu saja nikmat dan special.

Nah, bagi anda yang ingin menyimak seperti apa resep mudahnya, mari kita simak membuat risotto khas Italia berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Review

4.9 review 276

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Bahan Utama Risotto:

  • 400 gr beasr Arborio (risotto)
  • 3 buah wortel

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 5 butir bawang putih, cincang
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1,5 ltr kaldu ayam
  • 1 cup keju parmesan
  • 1/2buah jeruk lemon
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar, cincang

Cara Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan utama yang sudha anda beli. Hal ini adalah langkah yang cukup penting agar anda mengetahui bagaimana cara membersihkan bahan-bahan utama sebelum anda memasak hidangan ini menjadi sajian yang enak dan lezat. Dengan demikian, selain cara dan metode memasak, anda pun akan mempelajari cara membersihkan bahan-bahan ini sebelum diolah.
  2. Nah, untuk bahan pertama yang akan dibersihkan adalah beras risottonya. Caranya, masukkan beras kedalam wadah dan cuci beras dengan mengunakan air bersih secara merata. Saat dicuci, silahkan remas-remas agar kotoran dan partikel kecil pada beras bisa bersih dengan air bersih.
  3. Lakukan cara membersihkan beras ini beberapakali hingga air beras menjadi bening yang mana ini artinya beras sudah bersih secara merata.
  4. Angkat beras dari cucian dan tiriskan terlebih dhaulu air cuciannya. Jangan sampai saat anda meniriskan airnya, beras ini berjatuhan atau hanyut bersama dengan air yang anda buang.
  5. Selesai dengan beras, lanjutkan dengan membersihkan wortel dan kulit bagian luarnya secara merata. Gunakan pisau untuk melakukan hal ini.
  6. Setelah bersih, lanjutkan dengan memotong wortel dengan bentuk dadu kecil secara merata. Masukkan hasil potongan wortel dalam wadah dan bawa ke tempat cucian.
  7. Cuci bersih wortel untuk menghilangkan kuman dan kotoran secara merata. Angkat dan tiriskan juga air cuciannya.

Cara Membuat Risotto Basic Italia:

  1. Pertama, setelah bahan utama dipersiapkan, kita akan panaskan oven dan atur suhu 180 derajat celcius. Tinggalkan oven sementara anda menunggu.
  2. Silahkan panaskan wajan diatas kompor dan tumis bawang bombay bersama dengan bawang putih hingga harum secara merata.
  3. Siapkan pinggan yang tahan panas dan masukkan tumisan kedalamnya bersama dengan kaldu ayam, berad dan aduk-aduk bahan ini secara merata. Lalu tutupi bagian atasnya dengan alumunium foil.
  4. Masukkan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 45 menit atau sampai sajian ini matang secara merata.
  5. Setelah matang, keluarkan dari oven dan taburi bagian atasnya dengan keju parmesan saat masih panas. Lalu berikan pula perasan air jeruk lemon.

Angkat sajian ini dan hidangkan selagi masih hangat. Sajian ini akan siap anda nikmati bersama dengan keluarga dirumah.

Jangan lupa klik tombol share ini agar anda bisa berbagi resep ini.

Resep dan Cara Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

risotto sayuran

Hidangan risotto sayuran adalah sajian istimewa yang lezat dan akan dapat anda buat dirumah.

Mengapa demikian, karena pembuatan dan resepnya akan kami bahas kali ini sehingga akan terasa lebih mudah untuk anda agar bisa menyajikan hidangan ini.

Selain daripada sayuran, berbagai macam bahan lain sebenarnya bisa dimasukan dan dibuat untuk risotto semisal seperi ikan, udang, ayam, daging dan lain sebagainya. Akan tetapi, kali ini kita akan buat versi yang mudah dan sehat dengan memasukan sayuran. Yuk, simak seperti apa resep membaut risotto sayuran yang enak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

Review

4.7 review 354

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

Bahan Utama Risotto:

  • 1 1/2 cup beras Arborio
  • 1/4 cup kacang polong
  • 1/4 cup buncis
  • 1/4 cup keju Parmesan
  • 1/4 cup jamur

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 1 bawang bombai putih ukuran kecil
  • 3 sdm mentega
  • 3 cup kaldu ayam
  • 1/4 sdt saffron
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm Dill (sejenis daun rempah-rempah)

Cara Membuat Risotto Sayuran yang Enak, Lezat dan Sehat

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membersihkan dan mempersiapkan bahan utama yang sudaha nda persiapkan. Hal ini penting skeali karena bahan utama ini harus kita proses sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat.
  2. Nah, untuk bahan pertama yang akan dipersiapkan adalah beras risotto. Masukkan beras ini dalam wadah untuk kemudian bawa ke tempat cucian. Di tempat cucian, silahkan bersihkan beras dengan air bersih dan buang air cuciannya. Hanya saja, jangan sampai beras risotto hanyut bersama dengan air yang anda buang. Dengan itu, maka gunakan tangan untuk menutupi bagian baskom saat anda membuang airnya.
  3. Selesai membersihkan air cucian dari beras risotto, lanjutkan dengan membersihkan kacang polong. Jika anda menggunakan kacang polong kaleng, silahkan buka bagian kaleng dan tiriskan airnya. Lalu sisihkan sementara.
  4. Untuk buncis, silahkan bersihkan bagian ujungnya dan berishkan pula bagian serat buncis yang ada dipinggirnya. Kemudian potong-potong dengan ukuran 2 cm dan sisihkan dalam wadah.
  5. Sementara untuk keju parmesan, silahkan siapkan wadah kcil dan parutan. Lalu parut keju dengan menggunaka parutan dan masukkan hasil parutannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Untuk jamur, silahkan suwir-suwir atau potong jamur dengan bentuk dan ukuran yang anda inginkan dan masukkan hasil potongannya dalam wadah lalu sisihkan juga.

Cara Membuat Risotto Sayuran:

  1. Untuk membuat risotto kali ini, silahkan panaskan wajan dan berikan minyak goreng kedalamnya. Tunggu hingga minyak yang baru saja anda masukkan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Selanjutnya, tumis bawang bombay yang telah dicincang dengan menggunakan api sedang hingga layu dan mengeluarkan aroma harum yang sedap.
  3. Selanjutnya, masukkan beras risotto kedalamnya. Aduk-aduk merata agar beras dan bawang tercampur. Lalu biarkan beras tersangrai dalam wajan selama kurang lebih 1-2 menit agar bumbu dari bawang meresap kedalam beras.
  4. Selagi menunggu, panaskan kaldu ayam dalam panci yang terpisah dna gunakan api sedang lalu didihkan. Tambahkan helaian saffron da masukkan dalam kaldu.
  5. Masukkan kaldu kedalam beras risotto dan masak hingga kuah kaldu menyusut sambil terus diaduk-aduk secara merata.
  6. Masukkan sayuran kedalamnya, aduk-aduk secara merata dan masukkan bumbu seperti garam dan merica. Aduk hingga tercampur.
  7. Terakhir masukkan parutan keju dan sajikan.

Hidangan ini akan siap disantap dan dinikmati selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Risotto Keju Parmesan yang Gurih, Creamy dan Enak

risotto keju parmesan

Hidangan risotto keju adalah sajian yang enak dan lezat.

Sajian khas Italia ini memiliki tekstur yang lembut dan begitu creamy karena dibuat dengan memasukkan air kaldu gurih dan beberapa campuran seperti mentega dan keju yang lezat.

Dengan demikian, beras risotto akan berubah teksturnya menjadi begitu lembut dan gurih. Di Negara asalnya Italia, sajian ini biasanya dihidangkan dengan ossobuco atau paha sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu. Penyajian ini dianggap sebagai salah satu kombinasi paling sempurna untuk menyantap hidangan yang satu ini.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat risotto keju parmesan yang gurih dan creamy, mari kita langsung simak saja resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Keju Parmesan yang Gurih, Creamy dan Enak

Review

4.5 review 287

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Keju Parmesan yang Gurih, Creamy dan Enak

Bahan Utama Risotto:

  • 275 gram beras risotto
  • 50 gram keju parmesan

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 1/2 sendok teh merica hitam, tumbuk halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 650 ml kaldu sapi, panaskan
  • 2 sendok makan mentega tawar
  • 3 sendok makan mentega tawar untuk menumis
  • Bahan Pelengkap:
  • 5 tangkai daun basil
  • 25 gram irisan parmesan

Cara Membuat Risotto Keju Parmesan yang Gurih, Creamy dan Enak

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama. Hal ini penting sekali karena sebalum dimasak, bahan-bahan diatas perlu dibersihkan dan diproses terlebih dahulu.
  2. Nah, bahan pertama yang akan dipersiapkan adalah beras risottonya. Caranya, masukkan beras ini dalam wadah dan bawa ke tempat cucian. Di tempat cucian, silahkan bersihkan beras cucian dengana ir bersih untuk menghilangkan kotoran ataupartikel kecil didalamnya.
  3. Setelah bersih, angka beras dan tiriskan airnya terlebih dahulu untuk kemudian, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya, untuk keju parmesan. Parut keju dan siapkan wadah lalu amsukkan hasil pasrutan keju dalam wadah tersebut dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Risotto Keju Parmesan:

  1. Jika bahan utama sudah dibersihkan dan dicuci, lanjutkan dengan memanaskan wajan diatas kompor dan tunggu hingga minyak panas secara merata. Stelah itu, tumis bawang bombay hingga layu dan tercium bau harum yang lezat.
  2. Baru masukkan beras risotto kedalamnya dan audk-aduk secara merata hingga beras dan bawang bombay tercampur merata.
  3. Tambahkan kaldu sapi kedalamnya dan aduk-aduk hingga haldu meresap kedalam beras dan masak selama kurang lebih 10 menit sampai air menyusut dan risotto matang secara merata.
  4. Selanjutnya, masukkan bumbu seerti garam, merica hitam dan aduk-aduk secara merata hingga bumbu bercampur.
  5. Angkat sajian ini jika sudah matang dan sajikan bersama dengan keju parmesan dan mentega sambil diaduk merata sampai keju dan beras tercampur.

Terakhir, hidangkan dan jangan lupa masukkan pula bahan-bahan pelengkap yang sudah anda persiapkan. Hidangan ini tentu akan lebih lezat dan sedap bila disantap selagi masih hangat.

Demikian resep membuat risotto keju parmesan yang enak dan lezat. Semoga dengan menyaksikan resep ini, anda akan dapat membuat sajian ini dirumah dengan mudah dan sederhana.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Memasak Risotto Ayam Khas Italia yang Enak, Gurih dan Spesial

risotto ayam

Hidangan risotto ayam khas Italia adalah sajian yang lezat.

Di Negara asalnya Italia, sajian risotto adalah cara penyajian nasi paling lazim yang dibuat dengan memasukan kuah kaldu dan dimasak hingga menyusut sehingga menghasilkan tekstur masakan yang lebih lembut dan creamy. Adapun sajian ini bisa dibuat dengan berbagai macam aneka campuran.

Hanya saja kali ini kita akan membuat risotto versi ayam yang begitu lezat. Ayam disini akan kita potong dan cincang menjadi bentuk yang kecil dan dimasukan kedalam nasi risotto sehingga ketika matang nanti si ayam dan nasi teksturnya akan dapat matang secara bersamaan. Yuk, simak seperti apa resep membuat risotto ayam khas Italia berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Risotto Ayam Khas Italia yang Enak, Gurih dan Spesial

Review

4.8 review 265

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Ayam Khas Italia yang Enak, Gurih dan Spesial

Bahan Utama Risotto:

  • 200 gram Pasta Risoni
  • 100 gram Ayam Fillet
  • 1 buah Wortel
  • 1 cangkir Kacang Polong
  • 1 cangkir Jamur Kancing
  • 1 buah Sosis Ayam
  • 1 buah Paprika Merah

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 2 siungĀ  Bawang Putih
  • 1 buah Bawang Bombay
  • 2 sendok makan Butter
  • 300 ml Air Kaldu
  • 3 sendok makan Minyak Zaitun
  • 3 sendok makan Keju
  • 1 buah Tomat
  • 1 sendok teh Merica Bubuk
  • secukupnya Garam

Cara Memasak Risotto Ayam Khas Italia yang Enak, Gurih dan Spesial

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan mempersiapkan bahan utama diatas. Hal ini penting sekali agar anda pun bisa mengetahui secara terperinci bagaimana membersihkan dan mengolah bahan-bahan ini sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat.
  2. Nah, untuk bahan pertama yang akan diolah adalah pasta risoni. Silahkan masukkan pasta ini kedalam wadah dan bersihkan secara merata. Sambil dibersihkan, silahkan remas-remas bahan ini dengan menggunakan tangan untuk menghilangkan kotorannya secara merata. Setelah sibersihkan, angkat pasta dan tiriskan airnya sementara lalu sisihkan.
  3. Lalu berishkan ayam fillet dengan air bersih. Angkat dan potong-potong ayam dengan bentuk dan ukuran yang anda inginkan, masukkan dalam wadah berbeda dan sisihkan.
  4. Untuk wortel, bersihkan kulit luar wortel dengan menggunakan pisau dan potong-potong wortel denganbentuk dadau dan masukkan dalam wadah yang baru, kemudian sisihkan juga.
  5. Untuk sosis ayam, potong sosis dengan bentuk menyerong dan masukkan dalam wadah, lalu sisihkan.
  6. Kacang polong, silahkan masukkan dalam wadah dan bersihkan bagian kotorannya. Sisihkan juga.
  7. Untuk jamur dan paprika, silahkan bersihkan dan potong-potong dengan bentuk dan ukurna yang anda inginkan. Lalu masukkan dalam wadah yang sama dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Risotto Ayam:

  1. Tumis terlebih dahulu awang yang telah dicincang dan tumis hingga harum secara mertaa. Setelah itu, masukkan ayam yang sudah dicincang dan tumis ayam hingga berubah warna.
  2. Masukkan pasta risoni, aduk-aduk hingga merata bersama dengan bumbu dan ayam.
  3. Masukkan kedalamnya air kaldu bersama dengan bumbu seperti lada dan garam. Aduk-aduk agar kaldu bersatu dengan risoni.
  4. Aduk-aduk hingga air menyusut dan pasta risoni menjadi lebih mengembang dan matang, Setelah hampir matang, amsukkan sosis, wortel, paprika, kacang polong, jamur, tomat dan keju partu. Aduk-aduk secra merata dan kecilkan api. Lalu koreksi rasanya.

Setelah matang dan pas, sajikan hidangan ini dalam wadah untuk kemudian akan siap disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Risotto Spesial Ala Italia yang Sedap, Lezat dan Istimewa

risotto spesial

Hidangan risotto adalah sajian nasi yang diolah bersama dengan kaldu sedap yang begitu nikmat.

Hidangan khas Italia ini memiliki tekstur creamy yang begitu nikmat. Hal ini dikarenakan kuah kaldu yang dimasak bersama dengan beras risotto dibiarkan menyusut bersama dengan beras yang hasilnya ya inilah sajian yang enak dan lezat. Yuk, simak resep membuat risotto berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Spesial Ala Italia yang Sedap, Lezat dan Istimewa

Review

4.8 review 265

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Sederhana Ala Italia yang Sedap, Lezat Namun Spesial

Bahan Utama Risotto:

  • 450 g beras abrorio (beras Italia)
  • 200 g udang
  • 300 g kerang tahu
  • 300 g kerang hijau
  • 200 g cumi

Bahan dan Bumbu Risotto Spesial:

  • 1 sdm minyak zaitun
  • 200 g bawang bombay, cincang kasar
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt merica hitam bubuk
  • 1 1/2 L kaldu ikan/seafood
  • 1/2 sdt merica putih bubuk
  • 60 ml krim kental
  • 1 sdm mentega
  • 1 batang bawang daun, ambil bagian hijaunya, iris tipis
  • 200 g keju parmesan, parut
  • 2 sdm peterseli cincang

Cara Membuat Risotto Spesial Ala Italia yang Sedap, Lezat dan Istimewa

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertamakali bisa dilakukan adalah dengan memperiapkan bahan utama. Hal ini penting sekali agar anda juga bisa tahu bagaimana membersihkan dan mempersiapkan bahan-bahan diatas sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat. Dengan demikia, andapun akan dapat mempelajari banyak hal dari membuat resep hidangan kali ini.
  2. Nah, untuk bahan pertama yang akan dibersihkan adalah dengan memasukkan beras itali kedalam wadah atau baskom dan bawa beras ini ke tempat cucian untuk kemudian beras akan siap dibersihkan dari kotoran dan kuman yang bersarang didalamnya. Untuk itu, silahkan remas-remas dengan perlahan beras yang anda cuci, juga lakukan langkah membersihkan ini beberapa kali agar beras bersih secara merata.
  3. Angkat beras yang sudah bersih dan tiriskan airnya. Untuk kemudian sisihkan sementara sebelum kita bersihkan bahan yang lainnya.
  4. Selanjutnya, untuk kerang hijau, bersihkan kerang dengan menggunakan air bersih dan sebaiknya gosok bagian luar kerang dengan menguankan sponge untuk membersihkan kotoran atau lumut yang ada pada keras secara merata. Setelah itu, angkat dan tiriskan air cuciannya dan sisihkan.
  5. Untuk kerang tahu, sama halnya dengan kerang hijau anda bisa menggosok bagian luarnya dengan menggunakan sponge dan bersihkan secara merata hingga bersih. Angkat jika sudah bersih dan sisihkan sementara.
  6. Sementara untuk udang, bersihkan udang dna buang kulit bersama dengan kepalanya secara merata.
  7. Untuk cumi, potong cumi dengan bentuk membujur dan bersihkan dengan air bersih lalu sisihkan.

Cara Membuat Risotto Spesial:

  1. Panaskan minyak zaitun dalam panci berukuran besar. Lalu tumis bawang bombay bersama dengan merica putih, merica hitam dan juga garam. Aduk-aduk secara merata hingga layu.
  2. Lalu masukkan air kaldu dan juga bawang putih, masak bahan ini hingga mendidih secara merata. Kecilkan api da didihkan perlahan hingga 5 menit sampai aroma bawang dan kaldu merata.
  3. Masukkan beras kedalamnya dan masak hingga air menysut selama kurang lebih 12 menit sambil terus diaduk.
  4. Masukkan kerang hijau, kerang tahu, udang dan juga cumi. Masak terus bahan ini hingga bahan seafood dan nasi matang secara merata sekitar 15 menit.
  5. Masukkan mentega dan krim kental, keju dan bawang daun. Masak selama dua menit dan aduk-aduk terus.

Angkat sajian ini dan berikan taburan peterseli. Sajikan hidangan ini untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda.

  • 1
  • 2
Loading...