Resep Kue Lumpur

aneka kue lumpur

Aneka sajian kue lumpur yang akan dapat ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Sajian ini pun dirangkum agar lebih mudah dibuat da praktis untuk dipraktikan dirumah. Yuk, simak langsung beberapa resep kue lumpur yang akan dapat anda buat dengan mudah.

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

Resep-kue-lumpur-tape.jpg

Kue lumpur adalah salah satu makanan khas Indonesia. Kue lumpur terbuat dari tepung terigu bersama dengan campuran bahan-bahan yang lainnya. Kue ini merupakan jajanan yang murah meriah namun nikmat.

Untuk menghasilkan kue lumpur yang lebih enak dan spesial dari kue lumpur biasanya, maka kita bisa mengkombinasikan bahan dengan bahan tambahan. Kue lumpur yang ditambahkan tape akan menghasilkan kue yang sangat enak. Tambahan tape akan menjadikan kue ini semakin menggoda. Teksturnya yang lembut akan menyergap mulut dan membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan.

Resep kue lumpur tape sangat praktis dan sederhana. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan mudah dan hemat. Cara membuatnya pun mudah sehingga anda tidak akan merasa kesulitan ketika di dapur meskipun anda belum pernah membuatnya sama sekali. Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat kue lumpur tape, anda bisa simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. ( Lihat juga : Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Istimewa, Lembut, Sederhana dan Gurih )

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

4,9 review 879

Waktu Memasak

Persiapan: 30 menit

Memasak : 60 menit

Total : 90 menit

Jumlah Porsi

25 buah

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

  • 400 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
  • 150 gram tape
  • 260 ml air
  • 75 gram margarin
  • 75 gram nangka
  • 130 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram kismis
  • 160 gram tepung terigu protein sedang
  • 6 butir telur

Cara Membuat Kue Lumpur Tape yang Lembut, Enak dan Mudah

Cara Membuat Adonan

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan blender. Lalu blender santan bersama dengan tape hingga benar-benar halus. Jika sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, panaskan margarin bersama dengan air sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Jika sudah mendidih, anda bisa langsung mematikan api kompor.
  3. Masukan bahan bahan yang lainnya seperti gula pasir, tepung terigu dan garam. Aduk merata dan kembali nyalakan api kompor. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga kalis. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung mengangkat dan mendinginkannya terlebih dahulu.
  4. Masukan telur satu demi satu sambil dikocok hingga merata. Lalu anda bisa menambahkan tape yang sudah diblender sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga merata. Sisihkan.

Cara Membuat Kue Lumpur Tape

  1. Siapkan cetakan kue lumpur. Lalu panaskan cetakan kue lumpur tersebut.
  2. Jika cetakan kue lumpur sudah panas, anda bisa menuangkan adonan kue ke dalam cetakan tersebut. Tunggu beberapa saat hingga adonan setengah matang.
  3. Setelah adonan setengah matang, anda bisa menabur nangka yang sebelumnya sudah dipotong kotak kecil dan kismis yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, anda bisa menutupnya dan diamkan hingga kue matang sempurna.
  4. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya.
  5. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan benar-benar habis.

Kue lumpur tape sudah selesai dibuat. Anda bisa langsung menyajikannya di tengah-tengah keluarga. Kue lumpur tape ini akan sangat nikmat jika disantap bersama dengan teh hangat. ( Artikel lainnya : Aneka Resep Kue Lumpur )

Itulah resep dan cara membuat kue lumpur tape. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman anda. Terimakasih.

Resep Kue Lumpur Susu yang Enak, Lembut dan Cara Membuat yang Sederhana

Resep kue lumpur susu

Kue lumpur merupakan salah satu jajanan pasar berupa kue basah yang banyak digemari karena memiliki rasa yang begitu enak dan lezat. Kue ini terbuat dari bahan utama seperti kentang, tepung terigu, telur yang kemudian dikombinasikan dengan bahan bahan yang lainnya untuk menghasilkan kue yang begitu istimewa. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan lumer, sehingga siapa saja yang menyantapnya akan merasa ketagihan. Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda.

Dari banyaknya variasi kue lumpur, salah satu kue lumpur yang populer yaitu kue lumpur susu. Kue lumpur yang dikombinasikan dengan susu akan semakin spesial dan istimewa. Kue lumpur sangat pas dijadikan sebagai cemilan untuk keluarga tercinta di rumah ataupun sebagai bekal buah hati ke sekolah.

Cara membuat kue lumpur susu cukup mudah dan sederhana, bahan bahannya praktis dan terjangkau. Yuk buat kue lumpur susu ini di rumah! Untuk memudahkan anda ketika berada di dapur, silahkan simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Resep Kue Lumpur Kentang )

Nama Resep

Resep Kue Lumpur Susu yang Enak, Lembut dan Cara Membuat yang Sederhana
4.8 335

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

24 Buah

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Lumpur Susu yang Enak, Lembut

Bahan Utama Kue Lumpur Susu

  • 25 gram susu bubuk
  • 150 gram tepung terigu
  • 250 gram kentang
  • 300 ml susu cair
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram margarin
  • 150 gram gula pasir
  • Bubuk vanili secukupnya

Bahan Taburan

Kelapa muda dan kismis secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Susu yang Enak, Lembut

Cara Membuat Adonan Kue Lumpur Susu

  1. Siapkan peralatan untuk mengukus. Lalu kukus kentang yang sudah anda siapkan sampai matang. Jika sudah, silahkan haluskan.
  2. Setelah itu, siapkan wadah. Lalu campurkan bahan-bahan seperti misalkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir dan kentang yang sudah anda haluskan tadi dalam wadah tersebut. Kemudian aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Ambil telur ayam yang sudah anda siapkan, lalu aduk pelan-pelan. Jika anda memanfaatkan mixer, gunakanlah kecepatan rendah.
  4. Setelah itu, masukan susu cair ke dalam adonan. Kemudian kocok kembali adonan.
  5. Selanjutnya masukan vanili dan margarin. Lalu aduk-aduk sampai merata. Jika sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
  6. Ambil cetakan kue lumpur. Lalu olesi cetakan kue lumpur tersebut dengan menggunakan minyak goreng.

Cara Membuat Kue Lumpur Susu yang Enak

  1. Panaskan cetakan yang sudah diolesi dengan menggunakan minyak goreng tersebut. Setelah panas, silahkan tuangkan adonan yang sudah anda buat ke dalam cetakan sebanyak 3/4 dari tinggi cetakan. Panggang adonan hingga setengah matang.
  2. Apabila adonan sudah setengah matang, taburkan kismis dan kelapa muda yang sudah anda siapkan. Lalu panggang kembali sampai benar-benar matang atau hingga bagian bawah kue berwarna kecoklatan.
  3. Jika sudah matang, silahkan angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  4. Panggang adonan kue lumpur hingga semua adonan benar-benar habis.
  5. Sajikan kue lumpur susu ini di tengah-tengah keluarga tercinta. Nikmati kelezatan kue yang satu ini bersama dengan keluarga di rumah. Agar terasa lebih nikmat, anda bisa menyantapnya bersama dengan secangkir teh hangat.

Demikian resep kue lumpur susu dan cara membuatnya. Selamat mencoba di rumah. Jangan lupa untuk share atau bagikan resep ini kepada teman-teman anda.

Resep Kue Lumpur Pisang Coklat yang Enak, Sederhana, Lembut dan Lumer

Resep kue lumpur pisang

Salah satu variasi kue lumpur yang begitu menggoda yaitu kue lumpur pisang coklat. Tambahan pisang yang dikombinasikan dengan coklat akan membuat kue lumpur semakin enak disantap. Rasanya akan semakin istimewa dan tentu saja akan membuat siapa saja tergoda. Teksturnya yang lembut dan lumer akan sangat memanjakan di lidah.

Kue lumpur pisang cocok dijadikan sebagai cemilan sehat keluarga. Selain itu, kue ini juga bisa anda jadikan sebagai makanan untuk menjamu tamu ataupun sebagai bekal si kecil ke sekolah.

Anda bisa membuat kue lumpur pisang coklat ini di rumah, karena cara membuatnya sederhana dan mudah, anda tidak akan kesulitan meskipun belum pernah mencoba membuatnya. Selain itu, bahan bahan yang dibutuhkannya terjangkau dan mudah didapatkan.

Nah, berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat kue lumpur pisang coklat sebagai panduan untuk membuatnya ketika di dapur.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Pisang yang Enak, Sederhana, Lembut dan Lumer
4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

24 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Lumpur Pisang yang Enak, Sederhana, Lembut dan Lumer

Bahan Utama Kue Lumpur Pisang Coklat

  • 50 gram margarin
  • 275 ml susu cair
  • 1/8 sendok teh garam
  • 175 ml air
  • 185 gram tepung terigu
  • 100 gram pisang ambon
  • 160 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 100 gram kentang
  • 4 butir telur
  • 1/8 sendok teh esens pisang

Bahan Taburan

2 buah pisang ambon

Cara Membuat Adonan Kue Lumpur Pisang Coklat

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus kentang yang sudah anda siapkan sampai matang. Setelah matang, silahkan haluskan kentang hingga benar-benar halus. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kupas pisang ambon dan haluskan. Untuk pisang ambon sebagai bahan taburan di potong tipis dengan arah menyerong.
  3. Setelah itu, silahkan panaskan margarin bersama dengan air dalam panci. Lalu rebus hingga mendidih.
  4. Masukan bahan bahan yang lainnya seperti misalkan cokelat bubuk, tepung terigu dan garam sambil diayak dan diaduk-aduk sampai merata.
  5. Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan bersama dengan gula pasir. Aduk hingga kalis. Jika sudah seperti itu, silahkan angkat dan dinginkan.
  6. Masukan bahan bahan yang lainnya seperti misalkan telur, pisang ambon, baking powder dan esens pisang. Lalu kocok sampai merata.
  7. Selanjutnya, tuangkan susu cair dan kocok kembali sampai merata.
  8. Siapkan cetakan kue lumpur dan olesi dengan menggunakan minyak goreng. Jika sudah sisihkan terlebih dahulu. ( Baca juga : Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Pandan Hijau )

Cara Membuat Kue Lumpur Pisang Coklat

  1. Panaskan cetakan yang sudah diolesi dengan menggunakan minyak goreng. Setelah cetakan panas, silahkan tuangkan adonan kue lumpur yang sudah anda buat sebanyak 3/4 dari tinggi cetakan. Lalu panggang beberapa saat hingga setengah matang.
  2. Setelah kue lumpur setengah matang, ambil pisang sebagai bahan taburan dan letakan di atas adonan.
  3. Tutup cetakan dan panggang sampai benar-benar matang.
  4. Jika sudah matang, silahkan angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa langsung menyajikannya pada tempat saji yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Kue lumpur pisang coklat sudah selesai dibuat. Nikmati kue lumpur pisang coklat ini bersama keluarga tercinta di rumah.

Itulah resep dan cara membuat kue lumpur pisang. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share atau membagikan resep ini kepada teman teman anda.

Resep Kue Lumpur Pandan Hijau yang Lembut dan Sederhana

Resep kue lumpur pandan hijau

Kue lumpur merupakan makanan ringan yang berbahan dasar kentang, santan, tepung terigu dan telur yang kemudian dikombinasikan dengan bahan-bahan yang lainnya untuk menghasilkan kue yang nikmat dan enak. Kue lumpur termasuk salah satu kue khas Indonesia yang cukup terkenal karena memiliki rasa yang istimewa. ( Baca juga : Resep Kue Lumpur Kentang )

Kue lumpur itu sendiri memiliki banyak variasinya. Dimana salah satu variasi kue lumpur yang banyak diburu oleh masyarakat yaitu kue lumpur pandan. Aroma pandan akan membuat kue lumpur ini semakin menggoda. Warnanya yang cantik akan menggugah selera.

Resep kue lumpur pandan bisa anda buat di rumah dengan mudah. Cara membuatnya sederhana dan praktis, bahan bahan yang diperlukannya pun terjangkau. Nah, berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat kue lumpur pandan hijau yang lembut dan sederhana khusus untuk anda.

Nama Resep

Resep Kue Lumpur Pandan Hijau yang Lembut dan Sederhana
4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

40 Buah

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Lumpur Pandan Hijau yang Lembut dan Sederhana

Bahan Utama Kue Lumpur Pandan

  • 75 gram margarin
  • 4 butir telur
  • 200 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gram kelapa muda yang sudah dikeruk panjang
  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 200 gram kentang kukus yang sudah dihaluskan
  • 50 ml air daun suji yang diambil dari 20 lembar daun suji beserta 2 lembar daun pandan

Bahan Taburan

50 gram kenari iris panjang

Cara Membuat Kue Lumpur Pandan Hijau yang Lembut dan Sederhana

Cara Membuat Adonan Kue Lumpur Pandan Hijau

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan panci. Lalu masukan air dan margarin ke dalam panci tersebut. Kemudian rebus atau panaskan hingga mendidih.
  2. Setelah itu, masukan tepung terigu bersama dengan bahan bahan yang lainnya seperti misalkan garam, gula pasir, vanili bubuk dan kentang yang sudah dihaluskan. Aduk semua bahan bahan tersebut sampai kalis. Jika sudah, silahkan angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  3. Tambahkan telur yang sudah anda siapkan satu persatu sambil adonan dikocok merata.
  4. Setelah itu, tuangkan santan bersama dengan air daun suji sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai merata. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur. Lalu olesi cetakan kue lumpur tersebut dengan menggunakan minyak secukupnya.

Cara Membuat Kue Lumpur Pandan

  1. Panaskan cetakan kue lumpur yang sudah diolesi dengan minyak goreng tersebut.
  2. Selanjutnya, tuangkan adonan kue lumpur yang sudah dibuat sekitar 3/4 dari tinggi cetakan. Lalu tunggu beberapa saat hingga kue lumpur setengah matang.
  3. Jika kue lumpur sudah setengah matang, silahkan tambahkan kelapa muda yang sudah anda siapkan. lalu taburi kenari di atasnya.
  4. Setelah itu, tutup cetakan dan tunggu beberapa saat hingga kue matang. Jika sudah matang, silahkan angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  5. Apabila sudah dingin, anda bisa langsung menyajikannya pada tempat atau piring saji yang sudah anda siapkan.
  6. Kue lumpur pandan ini cocok dijadikan sebagai cemilan sehat untuk keluarga ataupun untuk menjamu tamu. Akan lebih nikmat jika anda menyantap kue lumpur pandan ini dengan ditemani secangkir teh hangat.

Itulah resep dan cara membuat kue lumpur pandan. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba membuat di rumah dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada sahabat, saudara atau teman-teman anda.

Resep Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Pandan yang Enak dan Lumer

Resep Kue Lumpur Sidoarjo Pandan

Sajikan kue lumpur lapindo Sidoarjo pandan yang nikmat ini di tengah-tengah keluarga. Rasanya yang istimewa akan selalu memanjakan dilidah. Teksturnya yang empuk dan lumer akan siap menyergap mulut anda.

Jadikan kue lumpur lapindo ini sebagai cemilan sehat untuk keluarga tercinta. Anda bisa membuatnya di rumah sendiri dengan mudah, bahan-bahan yang diperlukannya praktis dan terjangkau. Nah, bagi anda yang penasaran resep dan cara membuat kue lumpur lapindo Sidoarjo pandan, anda bisa langsung simak resep dan cara membuatnya pad apembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Resep kue lumpur ubi ungu )

Nama Resep

Resep Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Pandan yang Enak dan Lumer
4.7 635

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Jumlah Porsi

28 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Pandan yang Enak dan Lumer

Bahan Utama Kue Lumpur Lapindo

  • 25 gram tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 600 mL santan kelapa kental
  • 9 butir kuning telur
  • 25 gram tepung maizena
  • 5 butir putih telur
  • 50 gram margarine
  • 5 lembar daun pandan yang sudah disimpulkan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder

Alat Alat yang Dibutuhkan

  • Wadah
  • Timbangan
  • Panci
  • Cetakan
  • Sendok teh

Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Pandan yang Enak dan Lumer

Cara Membuat Adonan Kue Lumpur Lapindo

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu membuat adonan. Setelah semua bahan bahan yang diperlukan sudah anda siapkan, maka sekarang anda bisa langsung mengolah adonan. Dalam membuat adonan, silahkan terlebih dahulu rebus santan yang sudah anda siapkan sebanyak kurang lebih 350 ml di dalam panci. Lalu masukan daun pandan yang sudah disimpulkan. Rebus santan dan daun pandan ini hingga mendidih. Setelah mendidih, anda bisa langsung mengangkatnya. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  2. Pada tempat yang berbeda, silahkan anda masak margarine bersama dengan santan yang tersisa. Lalu aduk-aduk hingga mendidih dan merata. Jika sudah anda bisa langsung mengangkatnya.
  3. Tambahkan bahan bahan yang lainnya seperti misalkan tepung terigu, maizena, garam, gula pasir dan vanili. Aduk semua bahan bahan tersebut hingga merata.
  4. Ambil rebusan santan dan tuangkan sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk. Aduk adonan sampai merata dan jika sudah anda bisa menyisihkannya.
  5. Kocok putih telur dan kuning telur hingga mengembang. Lalu masukan adonan sambil terus diaduk hingga tercampur merata. Ambil baking powder dan masukan ke dalam adonan. Selanjutnya aduk-aduk sampai merata.
  6. Ambil cetakan kue lumpur yang sudah anda siapkan. Lalu olesi cetakan tersebut dengan menggunakan minyak goreng. Jika sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu. ( Baca juga : Resep kue lumpur kentang )

Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo

  1. Panaskan cetakan yang sudah anda olesi dengan minyak tersebut.
  2. Setelah panas, silahkan masukan adonan yang sudah anda buat sekitar 3/4 dari tinggi cetakan. Masak adonan selama kurang lebih 35 menit.
  3. Jika sudah matang, atau bagian bawah berubah warna menjadi agak kecoklatan, anda bisa langsung mengangkatnya.
  4. Kembali tuangkan adonan dan panggang sampai matang.
  5. Jika sudah selesai, silahkan siapkan piring atau tempat saji. Lalu sajikan kue lumpur lapindo di atas piring saji yang sudah anda siapkan.

Resep kue lumpur lapindo Sidoarjo pandan sudah selesai dibuat. Nikmati kue yang enak ini dengan ditemani secangkir teh hangat.

Itulah resep dan cara membuat kue lumpur lapindo Sidoarjo. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepaa teman-teman anda.

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

kue-lumpur-ubi-ungu.jpg

Apa jadinya jika sajian kue lumpur dibuat dari ubi ungu yang enak? Nah, kali ini kami berikan resep kue lumpur sedap dan mudah untuk dibuat dirumah. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur ubi ungu yang istimewa? Simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak
4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

Bahan-Bahan Kue:

  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 200 gram ubi ungu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram kelapa muda
  • 200 ml air
  • 6 butir telur
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat Kue Lumpur Ubi Ungu yang Istimewa, Gurih dan Enak

Cara Persiapan:

  1. Persiapan menjadi hal penting yang perlu untuk dilakukan kali ini karena dengan langkah ini maka nantinya anda akan terbantu untuk dapat membuat adonan dengan lebih mudah. Adapun beberapa peralatan yang diperlukan diantaranya adalah sebuah panci untuk merebus margarin, cetakan kue lumpur, mixer untuk membuat adonan dan sebuah baskom. Pastikan beberapa peralatan ini dipersiapkan dengan baik agar anda dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
  2. Setelah selesai dengan peralatan lanjutkan langkah kali ini dengan mengolesi cetakan kue lumpur dengan menggunakan margarin. Hal ini dilakukan untuk menghindari cetakan yang lengket dan membuat adonan menjadi sulit untuk dikeluarkan.
  3. Bila sudah selesai dengan cara diatas, lanjutkan dengan membersihkan ubi ungu dengan menggunakan air bersih secara merata sampai bersih dan kotoran dihilangkan dengan baik.
  4. Kemudian, potong-potong ubi ungu dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam panci dan isikan air kedalamnya. Rebus sajian ini sampai matang dan ubi menjadi lebih lembut dan lembek.
  5. Angkat ubi yang sudah matang, lalu masukkan dalam wadah atau langsung pada mesin pelembut makanan. Kemudian haluskan sajian ini saat masih panas agar mudah lembut.
  6. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda memasukkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  7. Terakhir adalah dengan mengeruk kelapa muda atau degan dengan menggunakan sendok secara merata. Tampung dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk Membuat sajian ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah panci dan rebus air bersama dengan margarin secara merata. Lalu tambahkan kedalamnya gula bersama dengan garam. Aduk-aduk sajian ini secara merata hingga tercampur dan mendidih secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalam adonan yang sedang direbus. Aduk-aduk sajian ini hingga kalis dan tercampur secara merata. Angkat sajian ini.
  3. Lalu tambahkan segera dengan ubi ungu yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Kemudian aduk merata sampai lumat.
  4. Masukkan telur kedalam adonan ini saat sudah dingin dengan perlahan satu demi satu bergantian dengan memasukan santan lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata.
  5. Tuangkan adonan kedalam cetakan lumpur yang sudah dipanaskan. Lalu masak sajian ini sampai setengah matang dan tutupi bagian atasnya secara merata.
  6. Buka penutup dan taburi bagian atas sajian ini dengan menggunakan kerokan kelapa muda yang sudah kita buat sebelumnya. Tutup kembali dan masak sajian ini sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini ketika masih hangat.

Yuk, berbagi resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

kue-lumpur-tanpa-telur.jpg

Hidangan kue lumpur umumnya selalu menggunakan telur sebagai bahan pengembangnya. Akan tetapi kali ini kami akan menyajikan hidangan kue lumpur tanpa menggunakan telur. Yuk, simak resep kue lumpur tanpa kentang yang lembut dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang
4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

Bahan-Bahan Kue:

  • 500 gr tepung terigu
  • 500 gr terigu
  • 850 ml santan cair
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 250 gr kentang
  • 250 gr margarine

Bahan Pelengkap:

  • Susu kental manis
  • Potongan kurma

Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Telur yang Lembut, Gurih, Enak dan Mengembang

Cara Persiapan:

  1. Silahkan awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa perlatan yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kali ini. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah cetakan kue lumpur, beberapa baskom, sebuah mixer, sebuah kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat adonan kali ini dirumah. Untuk itu, pastikan bila anda anda tidak melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lumuri cetakan kue lumpur dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar cetakan yang anda gunakan tidak lengket atau sulit untuk dikeluarkan. Untuk itu, silahkan olesi cetakan ini dengan tipis dan merata. Setelah itu, sisihkan sementara.
  3. Bila sudah selesai, silahkan cairkan margarin dalam wajan yang dipanaskan. Caranya, panaskan terlebih dahulu wajan dengan menggunakan api yang sedang pada kompor. Lalu masukkan margarin kedalamnya. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan masak sampai mencair. Lalu angkat dan sisihkan sementara.
  4. Kemudian lanjutkan cara ini dengan membersihkan kentang yang sudah anda persiapkan dengan menggunakan air bersih. Pastikan kotoran tanah yang terdapat pada kentang dapat dibersihkan dengan merata.
  5. Bila sudah selesai, silahkan potong-potong kentang dengan asal dan masukkan dalam panci yang diisi dengan air. Lalu masak air dan rebus kentang sampai matang hingga empuk dan lebih lmbut.
  6. Angkat kentang yang sudah matang dan masukkan dalam mesin penghalus atau pada wadah. Ulek dan haluskan bahan ini secara merata dengan menggunakan ulekan sampai tidak berbutir dan teksturnya benar-benar lembut.
  7. Masukkan kentang yang sudah halus dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat adonan ini dapat dilakukan dengan mempersiapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya kentang bersama dengan margarin yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk semua bahan ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang rendah.
  2. Lalu tambahkan santan cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Lalu tambahkan gula bersama dengan garam dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini merata.
  3. Terakhir, silahkan masukkan tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk kembali hingga semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata. Gunakan kecepatan rendah pada mixer pada saat anda mengaduk bahan ini agar tepung tidak berantakan atau membuat adonan yang anda kocok menjadi berantakan.
  4. Setelah selesai, silahkan panaskan cetakan kue lumpur yang sudah diolesi dengan menggunakan margarin diatas kompor.
  5. Tuangkan adonan kedalamnya dan lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa sampai memenuhi cetakan kue lumpur. Masak sajian ini sampai setengah matang dan tutupi bagian atasnya.
  6. Lalu taburkan bahan taburan dibagian atasnya dan masak kembali sampai semua bahan ini menjadi lebih matang secara merata dan berwarna kecoklatan.

Bila sudah matang angkat dan sajikan bersama dengan kalurga.

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana yang Praktis, Lembut dan Enak

kue-lumpur-tanpa-kentang.jpg

Jika umumnya sajian kue lumpur selalu menyertakan kentang sebagai bahan utamanya. Lain halnya dengan sajian kue lumpur yang satu ini sebab kali ini kami tidak menyertakan kentang dalam resep kue lumpur kali ini. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur tanpa kentang yang enak? Mari simak resep mudahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana yang Praktis, Lembut dan Enak
4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana yang Praktis, Lembut dan Enak

Bahan-Bahan Kue:

  • 200 gram tepung terigu
  • 1 buah daging kelapa muda
  • 250 cc susu
  • 120 gram gula pasir
  • 350 cc santan
  • 2 sendok makan mentega
  • 3 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana yang Praktis, Lembut dan Enak

Cara Persiapan:

  1. Kita akan awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu melakukan persiapan. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena dengan begini maka nantinya anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kue ini dengan lebih praktis. Adapun persiapan yang lebih dulu kita lakukan adalah persiapan peralatan yang akan digunakan. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat adonan kali ini diantaranya adalah sebuah kocokan atau mixer, cetakan kue lumpur dan sebuah garpu.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan diatas maka anda akan dapat melanjutkan langkah ini dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep, Adapun beberapa bahan yang perlu diolah yakni adalah mentega. Untuk mengetahui pengolahannya mari kita simak dilangkah selanjutnya.
  3. Untuk mengolah mentega anda hanya perlu mencairkan bahan yang satu ini. Caranya, silahkan panaskan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah itu, masukkan margarin kedalamnya dan biarkan sampai meleleh.
  4. Kemudian angkat dan sisihkan agar bahan mentega atau margarin menjadi lebih dingin pada suhu ruangan namun tidak kembali beku.

Cara Membuat Adonan:

  1. Selanjutnya untuk dapat membuat adonan dapat dilakukan dengan mempersiapkan sebuah baskom dan masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan gula, mentega, garam dan juga vanili. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara keseluruhan.
  2. Setelah itu, dalam wadah yang lain silahkan masak santan bersama dengan daun pandan sampai mendidi. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk bahan ini agar tidak pecah yang membuat rasa dan penampilan dari santan menjadi berubah.
  3. Kemudian, masukkan kedalam tepung panas-panas dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata dengan cepat agar semua bahan dapat menyatu.
  4. Kemudian setelah itu, masukkan susu cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali hingga semua tercampur dan lebih mengental.
  5. Setelah adonan hampir dingin, silahkan masukkan telur bersama dengan daging kelapa muda kedalamya dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara merata.
  6. Panaskan cetakan kue lumpur diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukan adonan kedalamnya hingga 3/4 hampir penuh. Tutupi adonan dan masak sajian ini sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, anda akan dapat mengangkat sajian ini dengan menggunakan garpu atau menggunakan sendok lainnya. Kini sajian kue lumpur tanpa kentang sudah bisa anda nikmati bersama dengan orang terkasih.

Yuk, berbagi resep spesial ini dengan yang lain. Anda cukup klik tombol share yang akan muncul berikut ini dan resep ini sudah dapat dibagikan dengan yang lainnya.

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Surga yang Sederhana, Spesial dan Enak

kue-lumpur-surga.jpg

Nikmati lezat dan sedapnya hidangan kue lumpur surga yang sedap. Seperti namanya hidangan ini akan dapat memanjakan lidah anda dan memberikan sensasi menggoda dari setiap gigitan hidangan ini. Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep kue lumpur surga yang enak mari simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Surga yang Sederhana, Spesial dan Enak
4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Surga yang Sederhana, Spesial dan Enak

Bahan-Bahan Kue:

  • 100 gr terigu
  • 250 gr kentang kukus
  • 100 gr santan
  • 150 gr gula pasir
  • 40 gr susu cair
  • 3 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 75 gr Butter

Cara Membuat Kue Lumpur Surga yang Sederhana, Spesial dan Enak

Cara Persiapan:

  1. Hal pertama dapat dilakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah sebuah cetakan kue lumpur, sebuah kocokan, sebuah baskom dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat hidangan kali ini. Mengingat pentingnya beberapa peralatan ini maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah kali ini.
  2. Bila peralatan sudah disiapkan silahkan bersihkan kentang yang sudah anda beli dari kotorannya. Gunakan air bersih untuk membersihkan kentang secara merata.
  3. Kemudian potongg-potong sajian ini dengan menggunakan pisau diatas tatakan dan masukkan langsung kedalam sebuah panci. Tuangkan air kedalamnya dan rebus sajian ini diatas panci dengan menggunakan api yang sedang. Biarkan selama beberapa saat sampai kentang menjadi lebih matang secara merata dan lebih lembut.
  4. Angkat kentang yang telah matang dan haluskan selagi masih panas dengan menggunakan ulekan atau dengan menggunakan mesin blender. Aduk-aduk kembali secara merata dan masukkan dalam wadah lalu sisihkan sementara.
  5. Olesi pula cetakan kue lumpur dengan menggunakan margarin agar nantinya loyang yang anda gunakan tidak lengket atau sulit untuk dikeluarkan. Lalu sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian ini dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya susu cair, putih telur, butter dan juga santan. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi untuk mengaduk bahan ini secara merata sampai mengembang dan adonan menjadi lebih pucat selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, masukkan gula pasir kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai gula larut dengan bahan-bahan lainnya. Lalu dengan perlahan masukkan tepung terigu sambil mengecilkan volume pada mixer agar tepung yang anda masukkan tidak berantakan. Kocok kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  3. Setelah itu, tambahkan kentang kukus yang sudah dihaluskan. Dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata dengan perlahan.
  4. Kemudian tuangkan kuning telur dan aduk-aduk kembali secara merata hingga semua bahan ini tercampur secara merata dan mengental.
  5. Nah, setelah semua bahan tercampur merata silahkan sisihkan sementara dan panaskan cetakan dengan menggunakan api yang kecil. Lalu setelah itu, tuangkan adonan kedalamnya secara merata dan tutupi sampai matang.

Setelah adonan matang, angkat dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini dengan teman dan sahabat.

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning Istimewa yang Gurih dan Praktis

kue-lumpur-labu-kuning.jpg

Hidangkan nikmat dan lembutnya sajian kue lumpur labu kuning yang gurih. Hidangan ini akan cocok menemani waktu luang dan santai anda bersama dengan orang tercinta. Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep kue lumpur labu kuning yang sedap maka mari simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning Istimewa yang Gurih dan Praktis
4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Labu Kuning Istimewa yang Gurih dan Praktis

Bahan-Bahan Kue:

  • 250 gr tepung terigu
  • 500 gr labu kuning
  • 2 helai daun pandan
  • 2 putih telur
  • 250 gr gula pasir
  • 450 ml santan
  • 1 sdt vanilli
  • 3 kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr margarin
  • kismis untuk topping secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning Istimewa yang Gurih dan Praktis

Cara Persiapan:

  1. Persiapan menjadi langkah yang akan mengawali pembuatan sajian kue lumpur kali ini. Untuk itu, silahkan pastikan bila anda tidak melewati langkah kali ini. Adapun beberapa peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini adalah sebuah baskom, mixer, cetakan kue lumpur dan sebuah garpu atau spatula kecil untuk mengangkat kue lumpur yang sudah jadi.
  2. Setelah selesai, lanjutkan langkah kali ini dengan mengupas labu kuning terlebih dahulu dengan menggunakan pisau. Gunakan tatakan untuk memudahkan anda mengupas bahan ini secara merata.
  3. Kemudian potong-potong labu dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam kukusan. Untuk kemudian kukus sajian ini sampai matang dan lebih lembut secara merata. Angkat bila sudah matang dan masukkan dalam wadah.
  4. Silahkan haluskan labu kuning selagi masih panas dan gunakan ulekan atau mesin blender untuk memudahkan anda menghaluskan sajian ini. Angkat dan masukkan dalam wadah sebelum anda dapat mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Cairkan juga margarin dengan menggunakan wajan yang sudah dipanaskan. Caranya, masukkan margarin dalam wajan dan diamkan sementara sampai bahan ini leleh. Angkat dan sisihkan sementara agar lebih dingin.
  6. Sementara itu, untuk pandan silahkan cuci bersih bahan ini dengan menggunakan air dan ikat simpul bahan ini secara merata lalu sisihkan.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan sebuah panci dan tempatkan diatas kompor lalu masukkan daun pandan bersama dengan santan. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai mendidih. Angkat dan dinginkan sementara.
  2. Kemudian dalam wadah yang lain, silahkan kocok telur bersama dengan gula pasir dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai mengembang dan lebih kental.
  3. Lalu masukkan garam bersama dengan vanili kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata. Lalu tuangkan santan kedalamnya dan aduk-aduk kembali pada kecepatan rendah dengan merata.
  4. Setelah itu, masukkan labu yang sudah dihaluskan dengan merata bergantian dengan memasukkan tepung terigu dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata.
  5. Tuangkan pula margarin yang telah dicairkan dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan tersebut tercampur dan teraduk mengental dan merata.
  6. Panaskan cetakan kue lumpur dan masukkan adonan kedalamnya. Lalu tuangkan adonan kedalamnya dan masak dengan menggunakan api yang kecil. Buka penutup saat adonan sudah setengah matang dan masukkan kismis kedalamnya. Tutup kembali dan masak sampai matang.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

  • 1
  • 2
Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat