Aneka Resep Dendeng Daging

aneka dendeng

Kumpulan resep aneka sajian dendeng daging yang mudah dan praktis dipraktikan dirumah. Resep ini diharapkan mampu memperkaya koleksi resep ibu dirumah sehingga ibu tak lagi dibuat pusing mengolah daging menjadi sajian yang nikmat dan lezat. Resep ini juga dilengkapi dengan resep aneka rendang dan masih banyak lagi. 

Resep Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatera Barat

resep dendeng batokok lado hijau

Sajian dendeng lambok lado hijau merupakan salah satu sajian hidangan makanan lezat dari Sumatera Barat.

Sajian ini selain menggoda karena penampilan dan aromanya yang nikmat, juga memiliki cita rasa lezat dan sensasi pedas yang menyegarkan dari sambal lado hijaunya.

Nah, agar anda tak lagi penasaran bagaimana resep membuatnya. Kali ini kami bagikan resep membuat dendeng lambok lado hijau untuk anda.

Nama Resep

Resep Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatera Barat

Review

4.8 review 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatra Barat

Bahan Utama Membuat Dendeng Lambok:

  • 500 gr daging sapi has luar
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok makan asem jawa
  • Air secukupnya untuk merebus

Bahan dan Bumbu Membuat Sambal Lado Hijau:

  • 15 bh cabe hijau
  • 2 bh asem kandis
  • 2 lbr daun jeruk
  • 8 bh bawang merah
  • 1 bh jeruk nipis

Cara Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatra Barat

Cara Membuat Dendeng Lambok:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging yang sudah disiapkan dengan ukuran tipis memanjang. Hindari memotong daging dengan ukuran terlalu tebal atau telalu besar, hal ini akan membuat daging yang dimasak menjadi sulit matang secara merata, selain itu bumbu yang dibuat pun sulit meresap kedalam daging secara merata.
  2. Selesai memotong-motong daging, ambil wadah berukuran sedang dan masukkan daging kedalamnya.
  3. Setelah itu, ambil daging ke tempat cucian dan cuci bersih daging hingga kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan keseluruhan.
  4. Angkat daging dari cucian dan sisihkan sementara. Siapkan panci dan berikan air, tunggu hingga air dalam panci mendidih, baru masukkan daging yang sudah dicuci kedalamnya dan rebus bersama dengan asam jawa dan garam. Rebus selama kurang lebih 20-25 menit hingga daging menjadi lebih empuk secara merata.
  5. Setelah daging selesai direbus, ambil daging dari air rebusannya dan tempatkan pada wadah lain.
  6. Selesai direbus, masukkan kembali pada rebusan dan rebus kembali daging selama kurang lebih 1 jam dan biarkan hingga bumbu bisa meresap kedalamnya secara merata.
  7. Ambil daging dari rebusan, dinginkan sementara dan pukul-pukul daging hingga melebar atau yang dalam bahasa Padang di tokok.
  8. Selesai dipukul-pukul, sekarang siapkan minyak dalam wajan, tunggu hingga panas dan goreng daging yang sudah ditokok hingga menjadi berwarna lebih kehitamans secara merata. Hanya saja, pastikan jika daging yang anda goreng tidak hangus.
  9. Selesai digoreng, angkat dan tiriskan minyaknya hingga minyak pada daging surut secara merata. Kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Lado Hijau:

  1. Untuk membuat sambal lado hijau pertama silahkan iris cabe hijau yang telah dipersiapkan, iris juga bersama dengan bawang merah hingga halus secara merata.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis asam kandis dengan daun jeruk bersama dengan potongan bawang dan cabai. Tumis-tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan wangi.
  3. Angkat tumisan dan saring minyaknya kemduian campurkan garam dan perasan jeruk nipips dan aduk-aduk hingga tercampur merata.

Setelah sambai lado hijau matang dari tumisan, silahkan ambil dendeng yang sudah dibuat tadi dan sajikan bersama dengan siraman sambal lado hijau ini dibagian atasnya. Sajian ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat apabila disajikan selagi hangat dan disantap dengan nasi hangat yang sedap.

Demikian resep membuat dendeng lambok lado hijau yang lezat dan nikmat, semoga resep ini bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

resep dendeng balado kering

Sajian dendeng sapi balado umumnya menjadi salah satu hidangan favorit keluarga karena rasanya yang sedap dan nikmat.

Agar hidangan ini bisa ibu buat sendiri dirumah untuk keluarga tercinta. Yuk, kita simak resep membuat sajian dendeng daging sapi balado yang renyah dan gurih kering.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

Review

4.7 review 113

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

Bahan Utama Membuat Dendeng Balado Kering:

  • 1 kg daging sapi tanpa lemak
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Balado Untuk Dendeng Daging Sapi:

  • 2 buah cabai merah besar, potong-potong
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 8 buah bawang merah, iris halus
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Renyah yang Gurih dan Kering

Cara Memasak Dendeng Daging Sapi:

  1. Langkah pertama, silahkan lakukan dengan cara membersihkan daging yang sudah dipersiapkan dengan mencucinya menggunakan air bersih yang mengalir. Saat mencuci daging, pastikan jika tidak ada kotoran yang masih menempel pada daging. Untuk itu, bersihkan daging dengan benar akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel.
  2. Selesai dibersihkan dengan air, sekarang masukkan atau tempatkan daging kedalam wadah atau baskom.
  3. Sekarang lumuri daging dengan menggunakan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Memberikan air perasan jeruk pada daging dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada daging, karena mencuci saja tidak cukup menghilangkan aroma bau yang ada pada daging.
  4. Selagi menunggu daging didiamkan, sekarang siapkan air pada panci dan tunggu hingga air menjadi mendidih. Setelah itu, baru masukkan daging yang sudah dilumuri dengan perasan jeruk dan rebus hingga daging matang secara merata.
  5. Setelah direbus, angkat daging dan tiriskan air rebusannya. Angkat daging dan tempatkan pada wadah, lalu masukkan daging kedalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  6. Selanjutnya, ambil daging dari freezer dan iris tipis melebar dengan potongan melawan serat daging agar daging yang dimasak tidak hancur.
  7. Siapkan wajan diatas kompor dan dan masukkan minyak goreng kedalamnya, tunggu hingga minyak panas dan baru masukkan daging yang telah dipotong tipis-tipis kedalamnya.
  8. Goreng daging hingga kering dan renyah. Jangan membulak-balik daging terlalu sering agar daging tak hancur. Goreng daging hingga dibagian satu sisinya matang, baru setelah itu balikkan dan goreng dibagian sisi lainnya hingga kering dan renyah.
  9. Angkat daging yang sudah matang dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya hingga menetes. Masukkan dalam piring dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Balado:

  1. Hal pertama untuk membuat sambal balado bisa dilakukan dengan memanaskan minyak dalam wajan sedikit saja dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas.
  2. Tumis bawang merah hingga matang dan masukkan cabai yang telah ditumbuk kasar bersama dengan daun jeruk, air jeruk dan garam.
  3. Setelah itu masukkan daging kedalamnya dan masak hingga matang secara merata.

Apabila tumisan sudah tercium bau harum yang sedap, silahkan angkat tumisan bumbu dan hidangkan bumbu balado dengan campuran dendeng ini pada piring saji. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan lebih sedap apabila dinikmati selagi masih hangat dan bertemankan dengan nasi putih yang pulen.

Demikian resep dan cara membuat sajian dendeng balado kering yang renyah, semoga resep ini bisa bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dengan mengklik tombol share berikut ini dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Basah yang Enak dan Lezat

resep dendeng balado basah

Hidangan dendeng sapi balado basah adalah salah satu menu hidangan daging yang nikmat dan lezat.

Jika anda merasa hidangan ini sulit dibuat dirumah sementara anda ingin sekali membuatnya. Maka jangan khawatir, kali ini kami akan berbagi resep mudah dan praktis membuat dendeng daging sapi balado agar bisa dipraktikan dirumah. Simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Basah yang Enak dan Lezat

Review

4.8 review 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Basah yang Enak dan Lezat

Bahan Untuk Kaldu Sapi:

  • 800 gr daging pantat sapi
  • 5 lbr daun salam
  • 1.2 sdt lengkuas haluskan
  • 1 sdt bawang putih, haluskan
  • 1/2sdt kunyit haluskan
  • 15 gr asam jawa
  • 2 lbr daun kunyit
  • 7 lbr daun jeruk
  • garam secukupnya

Bahan Untuk Sambal Dendeng Basah:

  • 200 gr cabai merah besar, tumbuk kasar
  • 50 gr bawang merah
  • 100 gr cabai merah keriting, tumbuk kasar
  • garam secukupnya

Bahan Tumisan Untuk Dendeng Balado:

  • 2 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang daun bawang
  • 2 buah tomat

Cara Membuat Dendeng Daging Sapi Balado Basah yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Daging Dendeng:

  1. Langkah pertama, silahkan bersihkan daging dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan pastikan jika tidak ada kotoran yang menempel pada daging.
  2. Setelah itu, siapkan panci dan masukkan air kelapa kedalam panci tersebut bersama dengan bahan kaldu sapi lainnya kemudian rebus daging hingga menjadi lebih empuk secara merata.
  3. Diamkan rebusan selama kurang lebih 45 menit agar bumbu meresap kedalamnya. Alasan menggunakan air kelapa dibandingkan dengan air biasa pada resep kali ini adalah karena air kelapa mampu membuat daging yang dimasak memiliki aroma yang lebih kuat dan gurih hingga kebagian terdalam daging. Sehingga ketika dicicipi rasa daging akan lebih gurih dan lebih nikmat secara merata.
  4. Selesai di rebus, angkat daging dari rebusan dan tiriskan airnya, sisakan sekitar 70 ml air rebusan daging untuk kita gunakan menumis bumbu dendeng balado basah.
  5. Setelah itu, silahkan potong-potong daging dengan ukuran tipis dan potong daging melawan seratnya agar daging yang dimasak tidak hancur.
  6. Pukul-pukul daging dengan menggunakan pemukul daging hingga daging menjadi lebih pipih dan seratnya melebar.
  7. Selesai dipukul-pukul, sekarang siapkan wajan, berikan minyak goreng secukupya dan goreng daging yang sudah dipipihkan hingga daging berwarna kecoklatan, hanya saja jangan menggoreng daging terlalu kering atau terlalu crispy.
  8. Angkat daging dari penggorengan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita masak dan sajikan dengan bumbunya. Setelah matang, tempatkan daging pada wadah atau piring dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Balado:

  1. Pertama silahkan tumbuk bahan untuk sambal dendeng basah hingga menghasilkan tekstur yang kasar.
  2. Jika sudah ditumbuk, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Siapkan wajan, berikan sedikit minyak dan tunggu hingga minyak panas. Setelah itu, masukkan daun salam, daun jeruk bawang putih, tomat, daun bawang dan aduk-aduk hingga merata. Tumis hingga tercium bau harum yang sedap serta bahan-bahan yang dimasukkan menjadi lebih layu secara merata.
  4. Setelah itu, masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Aduk-aduk kembali dan tambahkan air kaldu daging secukupya. Aduk merata dan tambahkan bumbu seperti garam, gula dan penyedap.
  5. Masak tumisan dan masukkan daging dendeng yang telah dipotong-potong. Masak hingga bumbu meresap kedalamnya.

Apabila daging sudah matang dan bumbu telah meresap kedalamnya, sekarang angkat dan tuangkan sajian dendeng balado basah kedalam piring saji dan hidangkan selagi masih panas. Santap bersama dengan nasi hangat yang pulen akan terasa lebih lezat apalagi disantap bersama dengan keluarga tercinta. Demikian resep membuat sajian dendeng balado basah yang nikmat dan sedap. Semoga resep ini bisa dipraktikan dirumah dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Sajian Dendeng Balado Daging Sapi yang Enak dan Sedap

resep dendeng balado

Anda tentu tidak asing dengan sajian dendeng balado bukan?

Nah, kali ini kami akan menghadirkan resep special dendeng balado yang mudah dan praktis dibuat dirumah. Sajian ini bisa anda jadikan sebagai hidangan utama untuk keluarga. Bagaimana sih membuat sajan dendeng balado daging sapi yang enak dan sedp? Simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sajian Dendeng Balado Daging Sapi yang Enak dan Sedap

Review

4.9 review 103

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Dendeng Balado Daging Sapi yang Enak dan Sedap

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Balado Daging Sapi:

  • 1 kg daging paha (gandik) sapi utuh
  • 2 sdt garam
  • Air untuk merebus
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Bumbu Perendam Untuk Dendeng:

  • 250 ml air
  • 1 sdm merica bubuk
  • 6 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdm garam

Bumbu Balado Untuk Daging Dendeng:

  • 200 gr tomat merah
  • 6 siung bawang putih
  • 12 buah cabai merah besar
  • 12 butir bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • 100 ml minyak untuk menumis
  • 1  sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt cuka masak

Cara Membuat Sajian Dendeng Balado Daging Sapi yang Enak dan Sedap

Cara Mengolah Daging Dendeng Sapi:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk mengawali langkah diresep kali ini adalah dengan memotong-motong daging dengan ukuran tipis dan potong daging dengan arah melawan serat daging. Hal ini dimaksudkan agar ketika daging dimasak, bagian daging tidak mudah hancur.
  2. Selesai dipotong-potong, silahkan tempatkan daging kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian.
  3. Cuci daging dengan menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih dan pastikan jika tidak ada kotoran dalam daging yang masih tersisa. Hal ini dimaksudkan agar hidangan lezat yang kita buat terjaga ke-higinesiannya.
  4. Angkat daging setelah dicuci dan tempatkan kembali pada wadah sebelumnya, hanya saja cuci terlebih dahulu baskom hingga bersih sebelum daging dimasukkan kembali kedalamnya. Sisihkan semetara.
  5. Siapkan panci dan berikan air kedalamnya secukupnya saja. Tunggu hingga air mendidih dan masukkan daging yang telah dipotong-potong kedalamnya hingga daging menjadi 3/4 lebih matang.
  6. Apabila daging telah matang, sekarang angkat daging dan tiriskan, sisihkan sebanyak kurang lebih 100 ml air kaldu rebusan daging untuk kita gunakan untuk menumis.
  7. Kembali ke daging, ambil daging, tempatkan diatas tatakan dan pipihkan daging dengan menggunakan pemukul daging sampai serat-serat daging menjadi lebih lebar.
  8. Masukkan daging kedalam bumbu perendam dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.
  9. Goreng daging dengan minyak yang panas hingga daging menjadi lebih kering dan matang secara merata, angkat kemudian tiriskan minyaknya.

Cara Membuat Sambal Balado Untuk Daging:

  1. Siapkan tumbukan dan tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, cabai bersama dengan tomat.
  2. Panaskan minyak diatas wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan memberikan merica, garam, gula dan cuka. Kemudian masak hingga matang dan tumisan tercium bau harum yang sedap.

Setelah tumisan matang, angkat dan hidangkan sambal balado ini diatas daging dendeng yang sudah kita buat tadi, sirami dibagian atasnya dengan sempurna. Sajian ini akan terasa lebih mantap dan lebih lezat apabila disantap selagi masih hangat.

Demikian resep dan cara membuat sajian dendeng balado yang enak dan sedap, semoga resep kali ini bisa dipraktikan dirumah dengan mudah dan sederhana.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.  

Resep dan Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Kerinci yang Sedap dan Nikmat

resep dendeng batokok kerinci

Dendeng batokok khas Kerinci adalah salah satu hidangan dari daging yang lezat dan nikmat.

Selain dibeli di restoran atau rumah makan, sajian ini juga musah dibuat sendiri dirumah. Dan untuk anda yang ingin mencoba menyajikan sendiri lezat dan nikmatnya hidangan dendeng batokok khas Kerinci dirumah. Kita simak resep berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Kerinci yang Sedap dan Nikmat

Review

4.7 review 124

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Batokok Khas Kerinci yang Sedap dan Nikmat

Bahan Utama Membuat Dendeng Batokok Khas Kerinci:

  • 1 kg daging sapi
  • 500 ml air kelapa
  • 2 sdm mentega (untuk menumis)

Bahan dan Bumbu Dendeng Batokok Khas Kerinci:

  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdm jintan
  • 1/2 sdm merica
  • 1 sdm laos
  • 4 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 3 mata asam kandis
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bumbu Sambal Untuk Dendeng Batokok Khas Kerinci:

  • 10 cabai hijau besar
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 3 mata asam kandis
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • Sedikit air panas

Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Kerinci yang Sedap dan Nikmat

Cara Memasak Dendeng Khs Kerinci 

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging sapi yang sudah disiapkan dengan ukuran tipis memanjang dan potong daging berlawanan dengan arah serat. Jangan memotong daging terlalu besar atau terlalu tebal agar ketika daging diolah dan dimasak bisa menghasilkan daging yang mudah empuk dan matang secara merata.
  2. Selesai memotong-motong daging, sekarang tempatkan daging kedalam wadah atau baskom dan ambil ke tempat cucian.
  3. Silahkan cuci daging hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan seksama.
  4. Angkat daging dari cucian dan masukkan kedalam air kelapa kemudian biarkan rendaman selama kurang lebih 1/2 jam hingga air kelapa meresap kedalamnya dengan sempurna.
  5. Giling atau haluskan semua bumbu dan tambahkan dengan garam dan sedikit gula secukupnya.
  6. Setelah setengah jam, ambil daging dari rendaman dan lumuri bagian daging dengan bumbu yang telah dihaluskan ini kemudian ungkap dan biarkan hingga kering dengan memberikan sedikit air dan masukkan ai asam dan bumbu penyedap.
  7. Panaskan minyak sayur dan tuangkan mentega diatasnya, biarkan mentega meleleh dan menjadi lebih panas, setelah itu, masukkan semua daging yang sudah diungkep dan dibumbui dengan bumbu dan rempah.
  8. Aduk-aduk secara merata sampai daging berubah menjadi lebih kuning secara merata.
  9. Angkat daging dari tumisan dan pukul-pukul daging hingga membentuk pipih secara merata.
  10. Baru setelah itu, siapkan pembakaran dan bakar dendeng daging hingga berwarna kecoklatan dan lebih matang secara merata. Angkat dan sajikan dalam piring saji kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Dendeng Batokok:

  1. Langkah yag pertama, silahkan giling atau tumbuk semua bahan yakni cabai hijau dengan bawang merah dan bawang putih hingga menjadi lebih kasar.
  2. Tambahkan bumbu penyedap, gula pasir, gaam, asam kandis dan berikan sedikit air panas.
  3. Aduk-aduk hingga merata dan cicipi bumbunya hingga pas sesuai dengan selera.

Setelah selesai membuat sambal sekarang ambil dendeng yang sudah dibakar dan sajikan dengan sambal yang baru saja dibuat dengan menempatkannya dibagian atas secara merata. Demikian resep dan cara membuat sajian dendeng batokok khas Kerinci yang mudah dan sedap. Semoga resep kali ini bisa dipraktikan dirumah dengan mudah.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Dendeng Baka Batokok Bakar Asli Padang yang Lezat dan Enak

resep dendeng batokok bakar

Sajian dendeng baka batokok bakar adalah salah satu menu hidangan masakan padang yang terkenal dengan rasanya yang mantap.

Sajian ini selain bisa dijumpai di rumah makan padang, sebenarnya mudah pula dibuat dirumah dengan praktis.

Nah, bagi anda yang ingin sekali mencoba menyajikan hidangan ini untuk keluarga agar mereka semakin betah menyantap makanan dirumah. Tak perlu khawatir, berikut ini kami akan bagikan resepnya. Inilah dia resep dan cara membuat sajian dendeng baka batokok baka asli Padang yang lezat dan enak, kita simak berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Baka Batokok Bakar Asli Padang yang Lezat dan Enak

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Baka Batokok Bakar Asli Padang yang Lezat dan Enak

Bahan Utama Membuat Dendeng Baka Batokok Bakar:

  • 400 gr Daging Has Dalam
  • 1 sdm Ketumbar
  • 10 siung Bawang Merah
  • 5 siung Bawang Putih
  • Garam secukupnya

Bahan Membuat Sambal Lado Mudo:

  • 15 buah Cabe Hijau Besar
  • 10 buah Jeruk Limau
  • 3 buah Tomat Hijau
  • 15 siung Bawang Merah
  • 1/2 Liter Minyak Kelapa Murni
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Dendeng Baka Batokok Bakar Asli Padang yang Lezat dan Enak

Cara Mengolah Daging Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah diresep kali ini adalah dengan memotong-motong daging menjad 8 bagian melintang dengan serat dan pastikan jika ukuran potongan pada daging dibuat dengan ukuran lebih tipis, hal ini dimaksudkan agar dendeng yang kita buat menjadi lebih mudah kering dan teksturnya menjadi lebih empuk secara merata.
  2. Setelah daging dipotong-potong dengan ukuran yang dianjurkan, sekarang masukkan daging kedalam mangkuk dan ambil ketempat cucian.
  3. Cuci bersih daging dengan menggunakan air mengalir pada keran dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan seksama.
  4. Setelah itu, angkat daging dari cucian dan tiriskan airnya. Pastikan jangan sampai ada air yang menggenang pada baskom.
  5. Sekarang, siapkan panci dan masukkan air kedalamnya, tunggu hingga air mendidih secara merata. Masukkan daging dan rebus dengan menggunakan api kecil.
  6. Haluskan ketumbar bersama dengan bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan tumbukan kemudian berikan sedikit air dan garam secara menyeluruh.
  7. Apabila daging telah matang dari rebusan, ambil daging dan pisahkan dari air rebusannya.
  8. Tumbuk atau pukul-pukul daging dengan menggunakan pemukul daging atau ulekan batu hingga daging menjadi lebih pipih dan seratnya melebar. Tunggu hingga beberapa saat sampai bumbu daging meresap kedalamnya dengan sempurna.
  9. Setelah itu, baru bakar daging dendeng yang telah dibumbu dan direbus hingga berwarna kecoklatan dan matang. Jangan lupa dibalikan dan jika sudah matang, angkat dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Lado Mudo:

  1. Pertama, giling cabai hijau, tomat dan bawang merah dengan menggunakan blender atau ditumbuk dengan ulekan batu hingga tekstunya kasar. Tidak perlu terlalu lembut, tumbuk kasar saja cukup.
  2. Selanjutnya, rendam gilingan kasar cabe ini dengan menggunakan minyak kelapa dan bumbui dengan garam dan perasan jeruk limau secara merata.

Hidangkan kelezatan dendeng batokok ini ditengah keluarga anda dengan disirami sambal lado mudo dibagian atasnya. Sajian ini akan terasa lebih nikmat apabila disajikan bersama dengan nasi hangat yang sedap dan nikmat. Demikian resep membuat sajian dendeng baka batokok bakar yang sedap dan nikmat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep kali ini.

Resep dan Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Padang yang Lezat dan Nikmat

resep dendeng batokok padang

Sajian dendeng daging batokok adalah salah satu masakan khas dari Padang.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang tak kalah sajian masakan padang lainnya. Selain itu, hidangan yang satu ini juga terbilang mudah dibuat sendiri dirumah.

Nah, bagi anda yang penasaran seperti apa resep membuat sajian dendeng batokok khas Padang yang lezat dan nikmat. Berikut ini kami jelaskan resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Padang yang Lezat dan Nikmat

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Batokok Khas Padang yang Lezat dan Nikmat

Bahan Utama Membuat Dendeng Batokok Padang:

  • 1 kg daging has dalam
  • Air untuk merebus
  • 3 siung bawang putih, geprak
  • 3 buah pekak
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • Garam

Bahan Bumbu Perendam Dendeng Batokok:

  • 3 buah bawang merah
  • Garam dan gula pasir
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm air asam
  • 3 siung bawang putih
  • Air secukupnya
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan dan Bumbu Cabai Lado Merah/Ijo:

  • 10 buah cabe, potong kasar
  • Garam dan gula
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm air asam
  • 8 buah bawang merah
  • Minyak kelapa

Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Padang yang Lezat dan Nikmat

Cara Mengolah Daging Sebelum Dibumbui dan Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan daging yang sudah dibeli dan dipersiapkan dengan cara mencucinya dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Pastikan jika sewaktu anda mencuci daging, kotoran dan kuman yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan seksama.
  2. Selesai mencuci, masukkan daging kedalam baskom atau mangkuk berukusan besar dan tiriskan air cuciannya. Pastikan jika tidak ada air yang menggenang pada baskom yang akan membuat daging tetap basah dengan air.
  3. Setelah itu, sisihkan sementara sebelum kita siapkan panci dan air.
  4. Mauskkan air kedalam panci yang sudah disiapkan, masukkan daging kedalamnya dan rebus daging dengan memasukan bumbu-bumbu dan rebus hingga daging menjadi lebih empuk secara merata.
  5. Selesai direbus, angkat daging dari rebusan dan pisahkan dengan kuah rebusannya, masukkan daging kedalam baskom sebelumnya.
  6. Siapkan tatakan dan iris-iris daging dengan arah melawan serat daging dan usahkan memotong daging dengan bentuk yang tipis agar ketika daging digoreng atau dimasak teksturnya menjadi lebih empuk dan mudah matang secara merata.

Cara Memasak Dendeng Batokok Khas Padang:

  1. Pertama, silahkan giling atau tumbuk halus bumbu perendam, berkan garam dan air serta gula pasir secukupnya. Lalu aduk-aduk emrata hingga bumbu larut merata.
  2. Rendam potongan daging yang telah diiris dengan bumbu rendaman ini dan diamkan selama kurang lebih 1 jam untuk memastikan jika bumbu meresap pada daging dengan keseluruhan.
  3. Setelah satu jam, siapkan minyak pada wajan secukupnya, tunggu hingga minyak panas dan goreng dendeng daging yang sudah direndam hingga kering dan berubah kehitaman namun tidak hangus.
  4. Setelah matang, angkat dan tiriskan agar minyaknya menetes kebawah sebelum disajikan.
  5. Selesai menggoreng kita akan buat sambal lado ijo atau merahnya. Caranya, kukus cabe bersama dengan tomat dan bawang hingga menjadi lunak selama kurang lebih 10 menit.
  6. Giling atau tumbuk kasar bahan-bahan tersebut kemudian tambahkan bumbu seperti garam, gula dan air asam secara merata. Tumis-tumis sebentar hingga tercium bau harum dan angkat.

Jika tumisan sudah matang, ambil dendeng yang sudah digoreng dan sajikan bersama dengan sambal lado ijo atau lado merah yang sudah dibuat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep kali ini.

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Batokok Cabe Merah yang Mudah dan Lezat

resep dendeng batokok cabe merah

Sajian dendeng batokok cabe merah merupakan salah satu hidangan nusantara yang berasal dari Sumatra Barat.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat yang mana cocok sekali disajikan untuk makan siang maupun bekal makanan anak-anak ke sekolah. Selain itu cara membuatnya mudah sekali. Ingin tahu seperti apa cara membuat dendeng batokok cabe merah? Kita simak resepnya berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dendeng Daging Batokok Cabe Merah yang Mudah dan Lezat

Review

4.7 review 89

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Daging Batokok Cabe Merah

Bahan Utama Membuat Dendeng Daging Batokok:

  • 800 gr daging sapi
  • 15 gr asam jawa
  • 2 lbr daun kunyit
  • 7 lbr daun jeruk
  • 5 lbr daun salam
  • 1/2 sdt kunyit, haluskan
  • 1/2 sdt lengkuas, haluskan
  • 1 sdt bawang putih, haluskan
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya

Bahan Sambal Cabai Merah Untuk Dendeng:

  • 200 gr cabai merah besar, tumbuk kasar
  • 50 gr bawang merah
  • 100 gr cabai merah keriting, tumbuk kasar
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

Bahan dan Bumbu Tumisan Untuk Dendeng:

  • 1 batang daun bawang, potong panjang
  • 1 buah tomat, potong
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 lembar daun jeruk, remaskan
  • 1 lembar daun salam

Bahan Membuat Dendeng Batokok Lainnya:

  • Santan dari 1 buah kelapa
  • 80 gr gula

Cara Membuat Dendeng Daging Batokok Cabe Merah

Cara Mengolah Daging Sapi:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan terlebih dahulu mengiris daging sapi yang telah disiapkan dengan bentuk tipis bentuk memanjang. Selain itu, silahkan potong daging melawan dengan arah serat daging, hal ini dikarenakan memotong daging searah dengan seratnya akan membuat daging menjadi hancur dan sulit di pipihkan.
  2. Setelah itu, mauskkan daging kedalam wadah atau mangkuk dengan ukuran besar.
  3. Siapkan tatakan, ambil pemukul daging dan pukul daging hingga membentuk pipihkan sampai serat daging menjadi lebih gepeng.
  4. Cuci daging setelah dipukul-pukul dengan menggunakan air bersih dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan seksama. Kemudian angkat dan sisihkan sementara.

Cara Memasak Dendeng Batokok Cabe Merah:

  1. Siapkan panci, tambahkan air dan masukkan daging yang telah dipotong-potong kedalamnya kemudian rebus daging sambil memasukan semua bahan dendeng.
  2. Rebus daging selama kurang lebih satu jam agar bumbu meresap pada dendeng secara merata dan daging menjadi lebih empuk dan matang.
  3. Setelah matang, angkat daging dan tiriskan airnya kemudian tempatkan daging pada wadah kecil atau mangkuk berukuran besar dan sisihkan sementara sebelum kita membuat sambal cabai merahnya.

Cara Membuat sambal Cabai Merah:

  1. Pertama, rebus air sebanyak 3 liter didalam panci, tambahkan semua bahan bersama dengan daging yang telah direbus.
  2. Dan rebus kebali daging hingga matang dan menjadi lebih lembut teksturnya selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, angkat dan tiriskan daging lalu dinginkan sebentar.
  3. Selagi menunggu daging lebih dingin, tumbuk kasar bawang merah bersama dengan cabai merah dan garam. Sisihkan.
  4. Ambil daging dan geprek hingga permukaan daging menjadi lebih datar.
  5. Kemudian goreng daging dalam wajan yang diberikan minyak hingga matang dan merata, sisihkan.
  6. Tumis daun salam bersama dengan jeruk nipis, bawang putih, daun bawang dan tomat hingga tercium bau harum yang lezat, masukkan bumbu dan cicipi hingga pas. Kemudian masukkan daging yang telah digoreng dan aduk-aduk hingga bumbu meresap.

Jika sudah meresap angkat daging dan sajikan dengan bumbu sambal cabai merah yang sudah dibuat sebelumnya. Siramkan sambal dibagian atasnya dan hidangkan. Demikian resep membuat dendeng batokok yang lezt dan nikmat , semoga resep ini bermanfaat.

Jangan lupa share resep ini dan berikan komentar anda.

Resep Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

resep dendeng goreng

Hidangan dendeng sapi goreng mungkin menjadi salah satu olahan daging yang banyak disukai.

Betapa tidak, hidangan ini cukup mudah dibuat dan bisa diawetkan dalam lemari pendingin, sehingga setiap kali kita ingin menyantapnya.

Nah, bagi anda yang ingin menghidangkan sendiri kelezatan dendeng sapi goreng yang empuk dirumah dengan mudah dan praktis. Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

Nama Resep

Resep Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Review

4.7 review 89

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Bahan Utama Membuat Dendeng Sapi Goreng:

  • 1 kg daging sapi
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam Secukupnya

Bahan dan Bumbu Cabe Untuk Dendeng Goreng:

  • 4 buah cabe merah besar diulek kasar saja
  • 100 gram Cabe merah keriting
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sendok makan air asam jawa, caranya ambil asam jawa lalu diberi air
  • 3 siung bawang putih
  • Air kaldu dari rebusan daging

Cara Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Cara Mengolah Daging Sebelum Dimasak dan Dibumbui:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging dengan bentuk memanjang ukuran yang tipis dan pastikan jika anda memotongnya melawan serat daging agar ketika daging dimasak tidak mudah hancur dan teksturnya menjadi lebih mudah empuk.
  2. Selesai dipotong-potong, sekarang masukkan daging sapi kedalam wadah atau mangkuk berukuran besar dan bawa ke tempat cucian.
  3. Cuci bersih daging dengan air hingga kotoran dan kuman yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan seksama. Kemudian angkat dari cucian dan tiriskan airnya lalu sisihkan sementara.

Cara Membuat Bumbu Dendeng Goreng:

  1. Pertama, siapkan panci, tempatkan diatas kompor dan berikan sedikit air untuk merebus daging. Masukkan daging kedalamnya dan rebus daging bersama dengan bawang putih yang telah dihaluskan hingg dagig menjadi lebih empuk.
  2. Lanjutkan merebus daging sampai kuah rebusan daging surut. Setelah daging empuk, angkat rebusan dan angkat dagingnya kemudian sisihkan dalam wadah.
  3. Ambil daging dan pukul-pukul dengan menggunakan pemukul daging hingga daging menjadi bentuk pipik dan seratnya menjadi lebih hancur.
  4. Lumuri daging dengan bumbu cabe secara merata dan jemur daging dibawah sinar matahari hingga dgaing menjadi lebih kering secara merata. Selama kurang lebih 2-3 jam sampai benar-benar tidak ada kandungan air didalam daging.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajn dan tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata.
  6. Ambil potongan daging yang telah dipukul-pukul, kemudian goreng dalam minyak panas.
  7. Jangan terus membulak-balikan daging yang sedang digoreng biarkan daging matang dan kering di satu bagian kemudian setelah itu baru balikan dan goreng bagian satunya lagi hingga sama matangnya dengan bagian sebelumnya.

Apabila dendeng goreng telah matang, silahkan angkat dari penggorengan dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya hingga menetes secara keseluruhan. Setelah itu baru tempatkan pada piring saji dan sajikan dengan nasi hangat selagi dendeng baru diangkat dari penggorengan. Selain itu, daging dendeng sebenarnya bisa anda goreng sebagian dna sebagiannya lagi bisa disimpan di lemari es dan disajikan saat anda menginginkannya.

Dengan demikian anda tidak akan kerepotan menyajikan makanan baru setiap harinya. Demikian resep membuat sajian dendneng goreng daging spai yang enak dan lezat, semoga resep kali ini bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini.

Resep Sajian Sedap Dendeng Sapi Serundeng yang Garing dan Enak

resep dendeng serundeng

Hidangan dendeng sapi serundeng merupakan salah satu sajian lezat yang cocok disajikan untuk santapan makan bersama dengan keluarga.

Hidangan ini cocok sekali disantap dan disajikan dengan sepiring nasi hangat yang lezat.

Jika biasanya anda seringkali menyantap sajian ini dengan cara membelinya dirumah makan atau restoran, kali ini anda akan dapat menyajikan hidangan dendeng sapi serundeng dengan mudah dirumah. Dengan demikian keluarga dirumah akan dapat menyantap hidangan ini kapanpun mereka inginkan. Nah, penasaran seperti apa resep dan cara membuat sajian dendeng sapi serundeng? Yuk, kita simak resep mudahnya berikut ini.

Nama Resep

Resep Sajian Sedap Dendeng Sapi Serundeng yang Garing dan Enak

Review

4.9 review 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sedap Dendeng Sapi Serundeng yang Garing dan Enak

Bahan Utama Untuk Membuat Dendeng Sapi Serundeng:

  • 200 gr daging sapi has dalam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar Daun Salam
  • 1/2 butir Kelapa Setengah Tua, parut
  • Minyak Goreng secukupnya

Bumbu Dendeng Sapi Serundeng yang Dihaluskan:

  • 5 siung Bawang Putih
  • 1/4 sendok teh Jinten
  • 1 cm Lengkuas
  • 3 buah Cabe Merah
  • 1 sendok teh Ketumbar
  • 7 butir Bawang Merah
  • 2 sendok makan Gula Merah
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sajian Sedap Dendeng Sapi Serundeng yang Garing dan Enak

Cara Mengolah Daging Sebelum Diolah dan Dibumbui:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging sapi yang telah disiapkan dengan ukuran tipis memanjang. Hindari memotong daging dengan ukuran terlalu tebal, hal ini dikhawatirkan jika bumbu yang diracik dan dilumurkan pada daging tidak bisa meresap secara keseluruhan.
  2. Setelah selesai dipotong-potong, silahkan masukkan daging pada wadah atau baskom dengan ukuran sedang.
  3. Siapkan tatakan kayu atau alas yang bersih, tempatkan daging dibagian atasnya dan ambil pemukul daging kemudian pukul-pukul daging hingga membentuk ukuran pipih yang tipis.
  4. Selesai dipukul-pukul, selanjutnya ambil daging ke tempat cucian dan cuci bersih daging menggunakan air hingga kotoran yang ada pada daging bisa dihilangkan dengan baik. Sisihkan daging sementara.

Cara Memasak Dendeng Daging Serundeng:

  1. Pertama-tama, silahkan siapkan wajan diatas kompor yang menyala, berikan minyak goreng secukupnya dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas secara merata.
  2. Jika minyak sudah panas, baru masukkan potongan daging yang telah dipotong-potong dan goreng hingga berwarna kecoklatan.
  3. Jangan terlalu sering membulak-balik daging, biarkan terlebih dahulu agar matang dan kering dibagian satu sisi, baru setelah itu balikan dan goreng bagian sisi ini sampai kering dan matang.
  4. Setelah matang, angkat dan tiriskan minyaknya dan sisihkan sementara diatas piring atau wadah yang bersih.
  5. Siapkan wajan lain diatas kompor yang menyala, berikan sedikit minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu hingga tercium bau harum yang sedap.
  6. Setelah tumisan matang, masukkan pula daun salam, garam dan gula beserta dengan kelapa yang telah diparut.
  7. Silahkan tumis sampai semua bumbu meresap kedalam kelapa parut dan kelapa yang ditumis menjadi lebih kering secara merata.

Jika kelapa serundeng sudah matang, sekarang angkat serungdeng dan taburkan dibagian atas dagig dendeng yang sudah kita goreng sebelumnya dengan merata. Demikian resep dan cara membuat sajian dendeng serundeng yang lezat dan nikmat, semoga resep kali ini bisa dipraktikan dirumah dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan pula komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini.

  • 1
  • 2
Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
 Resep Rendang Daging  Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
 Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
 Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis