Aneka Resep Ikan Tawes

aneka resep ikan tawes

Aneka hidangan sajian ikan tawes salah satu ikan yang banyak disukai oleh banyak kalangan, rasanya yang enak dan gurih serta memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi ikan tawes salahsatunya dapat memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi harian anda sekeluarga. Beberapa aneka masakan ikan tawes, diantaranya, pepes ikan tawes, ikan tawes asam manis, ikan tawes pesmol dll.

Resep Masakan Sederhana dan Cara Mermbuat Ikan Tawes Goreng Tepung yang Renyah

resep ikan tawes goreng tepung

Ikan yang di goreng dengan balutan tepung tentunya sangat renyah kala disantap, membuat anda akan merasa ketagihan.

Aneka masakan ikan memang banyak sekali jenis, rasa yang khas dengan bentuk-bentuk yang memang mampu menarik perhatian seolah masakan ini mampu membuat anda merasa tergugah selera makan anda. Masakan ikan laut ataupun masakan ikan air tawar tentunya salah satu pilihan yang selalu mampu membuat anda berselera sehingga anda mencoba membuatnya dirumah. Dengan mengkonsumsi masakan ikan salah satu hal yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena dengan makan ikan di setiap menu makan anda tentunya kebutuhan gizi harian anda akan terpenuhi. Seperti kita ketahui bahwa dalam ikan terdapat kandungan yang sangat baik, berupa kandungan protein yang tinggi, selain itu juga ada kandungan omega 3, vitamin, mineral, kalsium serta banyak lagi yang baik bagi kesehatan.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat masakan ikan dirumah, kami akan coba hadirkan masakan ikan air tawar, yaitu ikan tawes. Ikan tawes merupakan ikan yang memiliki cirri yang khas yaitu dengan memiliki warna yang putih bening diseluruh bagian tubuhnya. Ikan tawes ini juga banyak ditemukan disekitar kita karena ikan tawes ini salah satu ikan yang dibudidayakan serta banyak tersedia juga di pasar tradisional dan juga di supermarket. Tanpa berlama-lama kami akan mencoba memberikan resep masakan yang sederhana yaitu membuat ikan tawes goreng tepung yang renyah, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Sederhana dan Cara Mermbuat Ikan Tawes Goreng Tepung yang Renyah

Review

4.9 review 247

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Tawes Goreng Tepung yang Renyah

Bahan dan Bumbu

  • 100 gram ikan tawes ukuran kecil
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 3/4 sdt garam
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan
  • minyak goreng secukupnya

Bahan pelapis (Campur rata)

  • 150 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung beras
  • 1/2 sdt daun ketumbar cincang, peras
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk

Bahan pencelup

  • 1 butir telur kocok lepas

Cara Membuat Ikan Tawes Goreng Tepung yang Renyah

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan tawes, mulai dari membuang sisisiknya, kemudian buang bagian dalam isi perutnya, cuci hingga bersih. lalu potong menjadi 2 bagian.
  2. Setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis, garam dan juga bawang putih yang dihaluskan, kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  3. Selanjutnya siapkan campuran tepung dalam wadah, kemudian masukan ikan tawes yang sudah bersih dan di potong-potong, setelah itu baru celupkan pada kocokan telur.
  4. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan yang sudah terbalut dengan tepung, masak menggunakan api sedang hingga garing dan warnanya kuning keemasan. Matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Dengan mengetahui Resep Masakan Sederhana dan Cara Mermbuat Ikan Tawes Goreng Tepung yang Renyah tentunya memudahkan anda untuk membuatnya sendiri dirumah, ditambah lagi dengan mengetahui resep serta cara membuat masakan ikan tawes goreng tepung yang renyah ini membuat koleksi menu makan harian anda akan bertambah. Untuk melengkapi sajian hidangan masakan ikan tawes ini di meja makan anda tentunya dengan disantap bersama dengan nasi putih hangat akan membuat nafsu makan anda akan bertambah. Selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep Masakan Sederhana dan Cara Mermbuat Ikan Tawes Goreng Tepung yang Renyah pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Pedas Yang Sederhana Namun Gurih dan Lezat

resep ikan tawes bakar pedas

Sajian masakan ikan bakar memang selalu menjadi masakan yang favorit terlebih dihidangkan bersama-sama dengan keluarga serta kerabat.

Untuk anda para pecinta kuliner, mungkin sudah banyak masakan/makanan yang pernah anda coba buat sendiri atau hanya sekedar mencicipinya di restoran ataupun dirumah makan, baik masakan hidangan utama ataupun masakan pudding dll. Terlebih dengan sajian hidangan masakan ikan, mungkin anda salah satu penikmat masakan ikan. Ikan yang kaya akan kandungan gizi ini mampu memikat banyak para penggemar kuliner. Seperti yang anda ketahui bahwa kandungan pada ikan ini memang banyak sekali dan bisa sangat bermanfaat bagi tubuh. Adapaun kandungan pada ikan adalah protein yang tinggi, kemudian kandungan omega 3, kalsium dll. Sehingga ikan ini sangat diperlukan dan harus dikonsumsi di setiap menu makan harian anda karena mampu memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda.

Namun pernahkan anda mencoba membuat masakan ikan yang satu ini? Ikan yang hidup di air tawar ini salah satu ikan yang banyak digemari, selain yang bentuk dan warnanya yang khas, ikan ini memiliki dagingnya yang enak dan gurih kala dimasak. Penasaran ikan apa? Ya, ikan tawes, ikan ini salah satu pilihan yang memang sangat baik diolah dengan cara apapun, karena itu kami akan memberikan resep yang sederhana yaitu membuat ikan tawes bakar pedas, dan masakan ini sangat cocok bagi anda penikmat masakan pedas. Penasaran seperti apa cara membuatnya, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Pedas Yang Sederhana Namun Gurih dan Lezat

Review

4.9 review 247

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Bakar Pedas Yang Sederhana Namun Gurih dan Lezat

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan tawes
  • 1 buah jeruk nipis
  • kecap manis secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Bahan Lumuran

  • Larutan dari asam jawa,ketumbar, jahe, gula merah serta garam secukupnya

Cara Membuat Ikan Bakar Pedas Yang Sederhana Namun Gurih dan Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertma tentunya ikan tawes harus dibersihkan terlebih dahulu, kemudian buang juga isi bagian dalam perutnya, untuk sisiknya ada baiknya jangan dibuang karena apabila dibakar nanti akan hilang dengan sendirinya, setelah itu cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu ikan tawes tersebut dilumuri dengan bahan larutan tadi fungsinya agar bau amisnya hilang.
  3. Setelah itu ikan ikan dilumuri juga dengan bahan bumbu yang dihaluskan, kemudian diamkan sekiatr 10 menit agar meresap bumbunya.
  4. Selanjutnya adalah menyiapkan bara api, panggang dengan merata, jangan lupa untuk selalu membolak balikannya, sesekali di olesi dengan bahan bumbu halus. Bakar hingga matang.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Pedas Yang Sederhana Namun Gurih dan Lezat yang bisa anda coba buat dirumah. Untuk lebih menyempurnakan, ada baiknya mengolah ikan bakar ini bersama-sama dengan keluarga tercinta ataupun kerabat dekat anda. Karena masakan ikan bakar salah satu masakan yang memiliki keeratan dalam kebersamaan. Ikan bakar tawes pedas ini sangat mantap apabila dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat, kemudian ditambah bagi anda penggemar pedas, membuat sambal kecap ataupun sambal lainnya yang sesuai selera makan anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar Pedas Yang Sederhana Namun Gurih dan Lezat kepada semua teman, keluarga serta kerabat anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Kuning yang Lezat

resep ikan tawes kuah kuning

Ikan memang salah satu pilihan masakan yang banyak digemari seperti masakan ikan tawes kuah kuning yang memiliki rasa yang lezat.

Aneka masakan ikan memang banyak sekali ragamnya, baik masakan ikan air laut ataupun masakan ikan air tawar. Banyak sekali yang menyediakan aneka masakan ini baik di rumah makan ataupun di restoran bahkan di pinggiran jalan dan biasanya banyak ditemukan pada malam hari. Selain sensasi rasa yang enak dan lezat ini, ikan memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan pada ikan seperti kita ketahui memiliki banyak kandungan protein, kemudian ada kandungan omega 3, kandungan vitamin, kalsium dll. Karena itu ikan ini ada baiknya selalu tersaji di menu makan harian anda, agar semua kebutuhan gizi keluarga anda terpenuhi.

Nah, kali ini kami akan memberikan resep dengan bahan dasar ikan air tawar yaitu ikan tawes. Ikan tawes salah satu ikan yang memiliki bentuk dan ciri yang unik ini seperti warnanya yang memang putih dan biasanya ikan tawes ini banyak tersebar di kolam-kolam milik pribadi. Adapaun untuk anda yang ingin mencoba masakan ikan tawes biasanya banyak tersedia di pasar tradisional dan juga di supermarket. Baiklah, bagi anda yang ingin mencoba masakan yang berkuah kami hadirkan resep dan cara membuat masakan ikan tawes kuah kuning yang lezat, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Kuning yang Lezat

Review

4.8 review 269

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Kuning yang Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 1 ekor ikan tawes
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 batang kemangi, siangi
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 1 batang serai,memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 600 ml air matang

Bahan Bumbu Halus

  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 2 cm, jahe
  • 3 buah kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt sdm garam

Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Kuning yang Lezat

Cara Memasak

  1. Ikan tawes terlebih daulu dibersihkan, kemudian buang bagian isi perutnya beserta sisiknya, cuci hingga bersih.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu bahan bumbu halus di tumis hingga harum masukan pula serai dan juga salam. Masak hingga matang.
  3. Selanjutnya tuang air putih, aduk-aduk dan masak hingga mendidih.
  4. Kemudian masukan ikan tawes, lalu masukan pula garam, gula beserta cabai rawit, masak hingga matang.
  5. Sebelum diangkat jangan lupa masukan daun kemangi serta perasan jeruk nipis, aduk aduk. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Kuning yang Lezat yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Dalam pengolahan yang sederhana tentunya membuat anda tidakj merasa kesulitan, dengan melihat resep ytang kami utarakan di atas. Sajikan ikan kuah kuning ini bersama dengan nasi putih hangat, kemudian ditambah dengan kerupuk membuat makan anda akan semakin lengkap dan istimewa. Satu lagi tentunya bagi anda bahwa dalam membuat masakan ikan tawes kuah kuning akan menambah koleksi dalam menu makan harian anda. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Kuning yang Lezat kepada semuan teman serta keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah ini, terima kasih.

Resep Ikan Tawes Goreng Renyah Sederhana dan Gurih

resep ikan tawes goreng-sederhana-gurih

Masakan yang sederhana bisa anda coba dirumah tentunya ada pada pilihan ikan tawes goreng renyah dan gurih.

Masakan ikan memang selalu menampilkan beberapa aneka masakan yang memiliki ciri-ciri khas tersendiri. Memasak ikan laut ataupun ikan air tawar memang selalu menjadi pilihan masakan di setiap keluarga, karena memang untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda. Ikan seperti yang kita tahu bahwa memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, terlebih ikan ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi seperti kandungan protein, kemudian kandungan omega 3, dll. Untuk protein sendiri sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan sang anak serta mampu mencerdaskan otak sang anak pula. Karena itu ada baiknya hidangan ikan ini selalu tersaji di menu hidangan makan keluarga anda.

Untuk itu kami akan coba membuat masakan dengan bahan dasar ikan air tawar berupa ikan tawes. Ikan tawes yang memiliki bentuk yang unik serta memiliki cirri yang khas yaitu berwarna putih ini memiliki dagingnya yang enak dan gurih kala dimasak. Untuk anda yang ingin memcoba masakan yang sederhana, berikut ini kami akan coba hadirkan berupa resep ikan tawes goreng renyah dan gurih, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Ikan Tawes Goreng Renyah Sederhana dan Gurih

Review

4.9 review 289

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Tawes Goreng Renyah Sederhana dan Gurih

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan tawes
  • 1 sendok makan jeruk nipis
  • 1 sdm cuka
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 1/2 ruas jari kunyit
  • 1 buah kemiri
  • 1/2 ruas jari jahe
  • garam secukupnya

Cara Memasak Ikan Tawes Goreng Renyah Sederhana dan Gurih

Cara Memasak

  1. Yang pertama tentunya bersihkan ikan mulai dari membuang sisiknya, kemudian buang juga bagian isi perutnya, lalu kerat badannya, setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis dan juga cuka, aduk merata, diamkan sekitar 10 menit, cuci bersihkan kembali.
  2. Selanjutnya ikan tawes dilumuri / dicampur dengan bahan bumbu halus, aduk merata, p[astikan hingga kedalam perutnya juga terbalut dengan bumbu halus. Setelah itu diamkan sekitar 30 menit, agar bumbu meresap.
  3. Selanjutnya siapkan wajan kemudian isi minyak goreng secukupnya, pastikan nanti ikan terendam dengan minyak goreng, panaskan, setelah itu masukan ikan, goreng hingga kering dan juga garing dan warna ikan berubah menjadi kuning keemasan. Matang
  4. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Ikan Tawes Goreng Renyah Sederhana dan Gurih yang bisa anda coba buat dirumah. Untuk bahan sangat mudah didapatkan dan banyak tersedia di pasar tradisional serta untuk bahan bumbu pun mudah didapat. Ikan tawes goreng meskipun mudah dalam pembuatannya namun mampu menampilkan masakan yang lezat dan gurih. Karena itu ikan tawes goreng ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa bahan seperti lalapan serta sambal sesuai dengan selera makan anda. Dengan membuat masakan yang sederhana ini tentunya akan menambah koleksi dalam nemu makan harian keluarga anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Ikan Tawes Goreng Renyah Sederhana dan Gurih kepada semua teman serta kerabat tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Merah Pedas

resep ikan tawes asam kuah pedas

Untuk anda yang gemar dengan masakan ikan tawes, kini kami coba hadirkan resep masakan ikan tawes kuah merah pedas.

Ikan salah satu hidangan yang paling banyak disukai oleh banyak orang, baik orang dewasa, orangtua bahkan anak-anak sekalipun. Banyak sajian masakan ikan yang bisa dinikmati, baik masakan ikan laut ataupun ikan tawar. Kedua jenis ikan yang hidupnya berbeda di alam air ini memang menjadi favorit dengan disesuaikan dengan selera keluarga makan anda. Banyak ikan air laut yang bisa dikonsumsi seperti seafood yang banyak tersedia di rumah makan, restoran dan bahkan di jajanan pinggir jalan. Namun tidak kalah penting juga ada masakan ikan air tawar yang banyak digemari seperti salah satunya ikan tawes. Ikan tawes yang memiliki bentuyk yang unik dan warnanya yang khas yaitu putih bening ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapaun kandungan pada ikan tawes berupa kandungan protein yang tinggi, serta ada beberapa kandungan lainnya berupa omega 3, vitamin dll.

Nah, pilihan masakan ikan tentunya ada pada anda? Karena itu tidak ada salahnya mencoba masakan ikan tawes. Ikan tawes perlu anda ketahui memiliki dagingnya yang gurih kala dimasak. Seperti yang akan kami coba informasikan kali ini berupa resep dan cara membuat masakan ikan tawes kuah pedas, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Merah Pedas

Review

4.9 review 259

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Merah Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 1 ekor ikan tawes besar segar
  • 1 sendok makan jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris-iris
  • 3 siung bawang putrih, iris tipis
  • 2 ruas jari jahe, memarkan
  • 2 buah tomat merah, dipotong-potong
  • 5 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 batang daun, potong-potong
  • 750 ml air putih
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Merah Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan tawes dibesihkan terlebih dahulu, buang sisiknya serta buang bagian isi perutnya, setelah itu potong-potong sesuai selera, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis serta garam,aduk rata dan diamkan sekitar 15 menit.
  2. kemudian selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang bombay, bawang putih serta jahe, masak hingga harum.seteleha itu masukan tomat, lalu aduk hingga layu.
  3. Selanjutnya masukan air putih, lalu aduk-aduk, kemudian masukan sas sambal, saus tomat, lalu kecap ikan, kaldu ayam bubuk, kemudian garam, merica dan juga gula pasir, aduk merata, masak hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih masukan ikan tawes, kemudian aduk merata, masak hingga matang.
  5. Sebelum diangkat masukan daun bawang yang sydah di potong-potong, kemudian aduk merata. Matang
  6. Angkat dan diap disajikan

Demikianlah Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Merah Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan untuk membuat asakan ini juga tentunya sangat mudah kita temukan disekeliling kita. Hidangkan masakan ikan tawes kuah merah pedas ini bersama dengan nasi putih hangat. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Kuah Merah Pedas pada semua teman serta kerabat tercinta anda, serta jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Sambal Serai Yang Wangi

resep ikan tawes bakar serai

Sajian hidangan masakan kali ini adalah ikan tawes bakar sambal serai yang wangi akan mewarnai menu makan keluarga tercinta anda.

Sensasi kelezatan dari masakan ikan bakar adalah aromanya yang mampu menggeugah selera makan anda. Banyak cara serta resep yang digunakan dalam pengolahan masakan ikan bakar, dengan selalu menampilkan bahan bumbu yang memang mampu membuat masakan ikan bakar menjadi lebih enak. Salah satunya adalah ikan tawes, ikan tawes ini memang bisa diolah sedemikian rupa seperti halnya acar ikan tawes, ikan tawes goreng, ikan tawes asam manis dll. Namun ikan tawes ii juga sngat bbaik dan enak serta lezat kala dimasak dengan cara dibakar. Sensasi aroma wangi dari sambal serai inilah yang menjadikan masakan ikan bakar tawes ini menjadi pilihan masakan yang banyak disukai oleh banyak kalangan.

Apakah anda penggemar masakan ikan tawes? Baiklah kami akan coba berikan resep sederhana membuat masakan ikan tawes bakar sambal serai yang wangi, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan ikan Tawes Bakar Sambal Serai Yang Wangi

Review

4.9 review 245

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan ikan Tawes Bakar Sambal Serai Yang Wangi

Bahan dan Bumbu

  • 3 ekor ikan tawes ukuran sedang
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jari jahe, dimemarkan
  • 1 ruas jari, lengkuas dimemarkan
  • 150 ml santan
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 6 buah cabai merah, diiris tipis
  • 5 buah bawang merah, diiris tipis
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 1 sendok makan kunyit, diiris tipis
  • 1/2 sendok teh bubuk kari
  • 3 batang serai, diiris halus
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Bahan Bumbu Sambal

  • 5 buah cabai merah, diiris tipis
  • 3 buah bawang merah, diiris tipis
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 3 buah serai, diiris tipis
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk limau

Cara Membuat Masakan ikan Tawes Bakar Sambal Serai Yang Wangi

Cara memasak

  1. Yang pertama ikan tawes di bersihkan terlebih dahulu dengan cara membaung bagian dalam isi perutnya, kemudian cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan garam, merica serta air jeruk limau, aduk rata dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Kemudian untuk membuat bahan untuk olesan dengan cara mencampurkan semua bahan bumbu halus dengan santan, lalu aduk merata.
  3. Setelah itu olesi ikan dengan bahan campuran bumbu halus dan juga santan, pastikan diolesi dengan merata.
  4. Setelah itu siapkan tungku kemudian bakar ikan tawes sambil dioelsi dengan bumbu hingga matang. Angkat
  5. Setelah itu siapkan wajan kemudian isi minyak goreng sekitar 2 sendok makan, lalu panaskan dengan api sedang, lalu tumis bahan bumbu sambal, aduk rata hingga harum, angkat dan siramkan pada ikan tawes yang sudah dibakar.
  6. Ikan tawes bakar serai siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan ikan Tawes Bakar Sambal Serai Yang Wangi yang bisa anda coba buat sendiri ataupun bersama dengan keluarga tercinta dirumah. Kelezatan pada masakan ikan bakar adalah dimana cara membuatnya secara bersama-sama dengan melibatkan semua anggota keluarga, termasuk suami, anak dan juga bahkan saudara serta kerabat. Hidangkan masakan ikan tawes bakar sambal serai ini bersama dengan nasi putih hangat. Dengan mengetahui resep yang berbeda dari mulai bahan serta bumbu tentunya ini sangat cocok sebagai koleksi di menu masakan di keluarga anda. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan ikan Tawes Bakar Sambal Serai Yang Wangi kepada semua teman, kerabat serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep Praktis Membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak

resep ikan tawes goreng bumbu kuning

Saatnya mencoba masakan yang sederhana dan praktis dengan cara membuat masakan ikan tawes goreng bumbu kuning.

Ikan merupakan sajian hidangan yang sangat lezat dan enak kala disantap. Ikan laut ataupun ikan air tawar selalu menampilkan masakan yang berbeda-beda, banyak varian dalam pengolahan serta dalam meracik bumbu serta rempah agar mampu mewarnai rasa disetiap masakan. Ada banyak ikan yang bisa dikonsumsi, salah satunya ikan tawes. Ikan tawes merupakan ikan yang hidupnya di air tawar dengan bentuk yang unik, memiliki isisknya yang tebal kemudian warnannya yang khas yaitu putih bening. Ikan merupakan makanan yang baik dikonsumsi karena banyak memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Kandungan pada ikan berupa protein yang tinggi, kemudian ada kandungan omega 3, kalsium, mineral dll. Ikan ini bisa anda dapatkan di sekitar kita karena memang ikan tawes ini salah satu ikan yang memang dibudidayakan, sehingga banyak tersebar di pasar tradisional ataupun di supermarket.

Ikan bisa dikategorikan salah satu masakan yang bisa memenuhi gizi serta nutrisi didalam menu makan harian anda. Nah, setelah mengetahui manfaat serta kandungan apa saja pada ikan tawes, sekarang ada baiknya menyimak resep serta cara memasak ikan tawes. Komplit dan sederhana dalam pengolahannnya membuat masakan ini banyak disukai oleh para pecinta kuliner. Baiklah, kami akan coba berikan Resep Praktis Membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Praktis Membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak

Review

4.9 review 278

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak

Bahan Utama

  • 2 ekor ikan tawes segar
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 6 buah bawang merah
  • 2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama-tama dilakukan adalah membersihkan ikan tawes, buang sisiknya kemudian buang juga bagian isi perutnya, cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu lumuri ikan dengan bahan bumbu halus tadi, aduk merata, diamkan sekitar 30 menit, agar bumbu meresap.
  3. Setelah itu sipkan wajan isi dengan minyak, lalu panaskan dengan menggunakan api sedang, goreng ikan tawes hingga matang dan juga warnanya kuning kecoklatan. Matang
  4. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Praktis Membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak yang bisa anda coba buat dirumah. Sensansi kelezatan dari masakan ikan tawes goreng bumbu kuning ada pada bumbu yang sangat baik dan serta dalam pengolahannya yang memang tidak memerlukan trik khusus namun mampu menyajikan suatu masakan yang enak dan lezat. Masakan ikan tawes goreng bumbu kuning ini sangat cocok apabila dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat, kemudian ditambah dengan beberapa makanan lainnya berupa tumisan kangkung, dan juga sambal. Dengan mengetahui resep serta cara memasak ikan tawes goreng bumbu kuning ini tentunya akan menambah kolksi dalam setiap menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Praktis Membuat Masakan Ikan Tawes Goreng Bumbu Kuning Yang Enak kepada semua temn, kerabat serta keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar [pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu Padang

resep ikan tawes bakar bumbu padang

Masakan padang memang selalu menjadi pilhan karena selalu menampilkan masakan yang sangat lezat dan gurih.

Masakan Ikan salah satu masakan yang banyak diminati oleh para pecinta kuliner, baik ikan laut ataupun ikan air tawar sama-sama selalu menampilkan sebuah masakan yang sangat enak dan lezat. Pernahkah anda mencoba masakan ikan tawes? Ikan tawes salah satu sajian hidangan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kandungan ikan tawes juga banyak sekali salah satunya adalah kandungan protein, kalsium, magnesium, vitamin dll.

Bagi anda pecinta kuliner khususnya ikan kami akan coba berikan resep mudah dan sederhana, namun memiliki rasa yang lezat. Seperti kita ketahui masakan padang selalu memiliki cirri khas akan masakan serta bumbu-bumbu dalam pembuatan masakan selalu pas dengan masakan bahan dasar apapun. Masakan padang memang sangat terkenal, salah satunya rending. Namun ada masakan lainnya yang sangat khas yaitu masakan ikan tawes bakar bumbu padang. Penasaran seperti apa resep serta cara membuatnya, berikut ini Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu padang, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu padang

Review

4.9 review 296

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu padang

Bahan Utama

  • 6 ekor ikan tawes sedang dan segar
  • 100 ml santan kental
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok makan mentega

Bahan Bumbu

  • 4 sendok makan cabai merah, dihaluskan
  • 1/4 sendok makan merica bubuk
  • 3 sendok makan merica bubuk
  • 1/4 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 7 buah bawang merah
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, dimemarkan

Cara membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu padang

Cara Memasak

  1. Ikan tawes terlebih dahulu dibersihkan dengan membuang bagian isi perutnya, lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, aduk rata diamkan sekitar 5 menit, setelah itu cuci kembali kemudian ikan tawes di olesi dengan mentega. Sisihkan
  3. Selanjutnya adalah membuat bumbunya, yang pertama adalah bawang merah serta bawang putih dihaluskan kemudian juga tambahkan merica bubuk, gula pasir, garam, penyedap rasa, kunyit, adun jeruk dan juga serai, haluskan menggunakan blender.
  4. Setelah itu siapkan wajan isi dengan minyak goreng sekitar 2 sendok makan, kemudian panaskan lalu tumis bahan bumbu yang duhaluskan tersebut, masak hingga harum, setelah itu baru masukan santan, aduk rata dan matang, Angkat dan sisihkan.
  5. Setelah itu siapkan tungku, kemudian juga pembakar, olesi terlebih dahulu ikan tawes dengan tumisan bahan bumbu halus, lalu bakar hingga matang merata.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu padang yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Kelezatan pada masakan khas padang memang terletrak dari racikan bumbunya yang mampu membuat masakan menjadi sangat special dan sangat enak dan gurih kala dimasak. Masakan ikan tawes bakar bumbu padang ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dan sambal kecap. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Bakar Bumbu padang pada semua teman, kerabat serta saudara tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol

resep pesmol ikan tawes

Masakan pesmol yang akan kami coba hadirkan adalah berbahan dasar ikan tawes.

Aneka masakan ikan tawes merupakan salah satu masakan yang banyak disukai oleh banyak kalangan, baik orang dewasa hingga anak-anak. Anak-anak sangat disarankan mengkonsumsi makanan dari bahan dasar ikan, karena pada ikan memiliki kandungan yang snagat baik bagi kecerdasan otak si kecil, seperti kandungan protein yang tinggi. Selain kandungan protein, ikan memiliki kandungan lainnya berupa lemak, vitamin, kalsium, omega 3 dll. Untuk anda yang gemar sekali dengan masakan ikan, ada baiknya mencoba masakan ikan tawes. Ikan tawes masak pesmol menjadi pilihan masakan untuk keluarga tercinta anda! Penasaran seperti apa resep serta cara membuatnya, baiklah kami hadirkan Resep dan Cara Membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol

Review

4.8 review 299

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol

Bahan dan Bumbu

  • 3 ekor ikan tawes segar
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 lembar daun dalam
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut, diiris kasar
  • 8 buah cabai hijau rawit utuh
  • 2 buah cabai merah ukuran besar, diiris-iris
  • 500 ml air putih
  • 2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 3/4 sdt gula pasir
  • 1 sdt cuka masak
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari kunyit, bakar

Cara Membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan tawes di bersihkan, buang sisiknya serta buang bagian isi perutnya, cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan merica, lalu garam serta perasan air jeruk nipis, lalu diamkan sekitar 15 menit
  2. Setelah itu panaskan wajan yang sudah diisi minyak goreng, goreng ikan tawes dengan menggunakan api sedang, masak hingga warnanya kuning kekemasan, angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu panaskan kembali wajan yang diisi dengan minyak goreng sekitar 2 sendok makan, lalu tumis bahan bumbu halus, lalu tambahkan daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, kemudian cabai rawit utuh serta cabai merah, aduk hingga harum, setelah itu tuang air, lalu didihkan.
  4. Setelah mendidih, masukan garam, merica bubuk serta gula pasir, masak hingga mengental.
  5. Setelah terlihat kental kemudian masukan ikan tawes, aduk merata, masak hingga bumbu meresap, menjelang diangkat tambahkan cuka, aduk rata, Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol yang bisa anda buat sendiri dirumah. Kelezatan pada ikan tawes masak pesmol inilah yang menjadi alas an mengapa keluarga saya membuatnya dirumah. Ikan tawes masak pesmol ini sangat lezat disantap bersama dengan nasi putih hangat. Bertambah lagi satu resep masakan yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda sebagai menu koleksi masakan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Tawes Masak Bumbu Pesmol keada semua teman serta kerabat tercinta anda dimanapun berada, jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kamis sediakan pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar

resep ikan tawes masak ketumbar

Saatnya mencoba masakan dengan citarasa khas akan aroma mewangi dari daun ketumbar! Kami akan hadirkan resep masakan ikan tawes masak ketumbar.

Ikan memang salah satu jenis hewan yang apabila diolah dengan cara apapun tetap menampilkan aroma rasa yang benar-benra lezat. Baik ikan laut ataupun ikan air tawar sama-sama menjadi sumber pilihan dalam setiap menu masakan anda dirumah. Mungkin sudah banyak masakan ikan yang pernah anda coba, baik laut maupun ikan air tawar. Namun pernahkan anda mencoba masakan dengan bahan dasar ikan tawes? Ikan air tawar ini selalu menjadi pilihan keluarga dan banyak sekali yang menyukai masakan dari ikan tawes ini. Lantas apakah anda mau mencobanya? Ikan tawes salah satu ikan yang baik dikonsumsi, selain banyak manfaatnya ikan tawes memiliki banyak kandungan berupa protein, yang sangat baik bagi pertumbuhan serta perkembangan sang anak. Ikan tawes masak ketumbar? Masakan ini yang akan kami coba sajikan untuk keluarga kami dirumah. Penasaran seperti apa resep serta cara memasaknya, baiklah berikut ini Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar

Review

4.9 review 283

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar

Bahan dan Bumbu

  • 4 ekor ikan tawes
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 3 ruas jari jahe, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Siraman

  • 5 siung bawang putih, cincang kasar
  • 5 buah cabai merah besar, buang bijinya,cincang kasar
  • 5 buah cabai merah keriting, cincang kasar
  • 1/2 sdt kecap ikan
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt daun ketumbar,cincang halus
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan tawes, buang bagian isi perutnya dan juga sisiknya, cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan iar jeruk nipis, jahe serta garam, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya siapkan wajan yang sudah diisi minyak goreng kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang, goreng ikan tawes hingga matang. angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang putih dan juga cabai hingga harum.
  4. Setelah itu masukan kecap ikan, garam dan juga gula, aduk merata.
  5. Selanjutnya masukan daun ketumbar serta daun bawang, aduk rata.
  6. Setelah itu baru masukan ikan tawes, aduk rata. Matang
  7. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan tentunya membuat anda tidaklah kesulitan untuk mengaplikasikannya dirumah. Ikan tawes ini banyak ditemukan di pasar tradisional serta di supermarket. Hidangkan sajian masakan ikan tawes masak ketumbar ini bersama dengan nasi putih hangat, ditambah dengan kerupuk tentunya sangat istimewa menyantapnya bersakma keluarga tercinta anda. Bertambah lagi resep untuk melengkapi koleksi sebagai menu makanan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tawes Masak Ketumbar kepada semua temn serta kerabat tercinta anda dimanapun berada,dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

  • 1
  • 2
Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda