Resep Susu Kedelai yang Enak, Praktis dan Kental

Resep Susu Kedelai yang Enak, Praktis dan Kental – Resep dan cara membuat susu kedelai sangat mudah, anda tinggal menghaluskan kedelai menggunakan blender, kemudian disaring, dipanaskan dan ditambahkan bahan lainnya. Dengan membuat susu kedelai sendiri di rumah anda jadi bisa memperhatikan kebersihan dari susu.

Susu kedelai mengandung gizi serta nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Beberapa manfaat susu kedelai di antaranya yaitu mendukung tumbuh kembang anak, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, bermanfaat untuk kesehatan tulang serta gigi, mencegah osteoporosis dan lain sebagainya.

Nah, anda bisa menyajikannya untuk keluarga di rumah. Jika ingin sajian susu kedelai yang lebih nikmat, anda bisa menambahkan bahan tambahan lainnya seperti kurma. Yuk simak berikut ini beberapa resep susu kedelai, di antaranya ada susu kedelai murni, susu kedelai aneka rasa dan susu kedelai kurma.

Resep dan Cara Membuat Susu Kedelai

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword Resep Susu, Resep Susu Kedelai, Susu Kedelai
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 9 jam
Porsi 5 porsi
Kalori 54 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram kacang kedelai
  • 100 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 ruas jahe
  • 2 liter air matang
  • Kain tipis yang dibutuhkan untuk menyaring 

Langkah-langkah

Cara Membuat Susu Kedelai

  1. Setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah anda siapkan, sekarang anda bisa langsung membuat susu kedelai. Cara pertama yaitu, silakan cuci kedelai yang sudah anda sediakan hingga benar-benar bersih. Jika sudah, rendam kedelai dengan menggunakan air yang banyak selama semalaman hingga lunak.

  2. Kemudian kulit ari kedelai silakan dibuang. Lalu cuci lagi sampai bersih. Jika sudah, silakan tiriskan terlebih dahulu.

  3. Langkah berikutnya silakan sediakan blender. Lalu masukan kacang kedelai ke dalamnya bersama dengan air sebanyak ½ liter. Blender kedelai hingga benar-benar halus. Jika sudah, silakan saring dengan menggunakan kain tipis. Sisihkan.

  4. Untuk ampas sisa saringan, silakan blender lagi dengan menggunakan air sebanyak ½ liter. Anda bisa menyaringnya kembali menggunakan air tipis.

  5. Selanjutnya silakan sediakan panci. Lalu masukan susu kedelai ke dalam panci tersebut. Masukan juga aneka bahan yang lainnya seperti jahe, pandan, garam, gula dan air. Masak semua bahan-bahan tersebut sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

  6. Apabila sudah mendidih, anda bisa mematikan api kompor.

  7. Terakhir anda bisa menyajikannya dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

Susu kedelai sudah selesai dibuat. Kini untuk menikmati susu kedelai, anda tidak perlu lagi membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan sederhana.

Resep dan Cara Membuat Susu Kedelai Aneka Rasa

Resep Susu Kedelai

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 2 1/2 kg kedelai
  • 2 1/2 kg gula pasir
  • 25 liter air
  • 70 gram kopi instan
  • 1 sdt pewarna hijau
  • 1/2 sdt pewarna merah muda
  • 50 gram teh hijau bubuk
  • 60 gram garam
  • 2 1/2 sdt esens stroberi

Cara Membuat Susu Kedelai

  1. Pertama-tama, silakan ambil kedelai yang sudah anda sediakan. Lalu cuci kedelai hingga benar-benar bersih. Jika sudah, silakan tiriskan terlebih dahulu.
  2. Langkah berikutnya, silakan kedelai diseduh dalam air mendidih sebanyak 1.500 ml. Tutup kedelai dan diamkan selama semalaman.
  3. Selanjutnya, silakan cuci bersih lagi kedelai yang sudah direndam. Tiriskan.
  4. Siapkan blender. Masukan kacang kedelai ke dalam blender tersebut. Masukan juga sebagian air. Lalu blender hingga benar-benar halus.
  5. Ampasnya silakan diukur hingga tersisa 2 kg. Lalu silakan buang ampasnya.
  6. Siapkan panci dan masukan susu kedelai ke dalamnya. Tambahkan gula pasir beserta garam. Rebus susu kedelai sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  7. Kemudian susu kedelai silakan dibagi menjadi 3 bagian. Untuk satu bagian susu kedelai ditambahkan dengan kopi instan. Lalu masak lagi susu hingga mendidih.
  8. Sedangkan untuk bagian lainnya silakan ditambahkan pewarna makanan hijau bersama dengan teh hijau bubuk. Masak susu kedelai hingga mendidih.
  9. Untuk bagian yang lainnya silakan tambahkan pewarna makanan merah muda dan esens stroberi. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  10. Jika sudah selesai, anda bisa mengemas susu masing-masing dalam kantung plastik.
  11. Apabila sudah, anda bisa menyimpannya dalam kulkas agar bisa dinikmati dalam keadaan dingin.

Sajian susu kedelai aneka rasa sudah selesai dibuat. Minuman yang sehat dan nikmat ini siap memanjakan lidah anda.

Baca juga : Resep Bola Ubi Kopong

Resep dan Cara Membuat Susu Kedelai Kurma

Resep Susu Kedelai

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 400 gram kacang kedelai
  • 6 buah kurma
  • Perisa vanilla secukupnya
  • 8 cangkir air putih

Cara Membuat Susu Kedelai Kurma

  1. Silakan cuci bersih kacang kedelai yang sudah anda sediakan. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan masukan kacang kedelai ke dalam wadah berukuran besar. Lalu tambahkan air dan rendam selama semalaman. Pastikan air yang digunakan untuk merendam susu kedelai jumlahnya banyak. Pasalnya saat direndam kacang kedelai akan menyerap air.
  3. Saat esok harinya, anda bisa meniriskan kacang kedelai. Lalu silakan kembali dibilas hingga bersih.
  4. Ambil blender dan masukan kacang kedelai yang sudah bersih tersebut ke dalam blender. Tambahkan air putih sebanyak 4 cangkir. Blend sampai kacang kedelai halus. Apabila terlalu banyak, anda bisa membaginya menjadi beberapa bagian.
  5. Setelah kacang kedelai sudah halus, silakan sediakan wadah berukuran besar beserta saringan. Silakan saring kacang kedelai yang sudah diblender tersebut dengan menggunakan saringan. Susu silakan disaring hingga tersisa ampasnya.
  6. Anda bisa mengulangi proses penyaringan sampai mendapatkan susu kedelai yang banyak.
  7. Ambil panci dan masukan susu yang sudah disaring ke dalam panci tersebut. Lalu didihkan.
  8. Saat merebusnya anda bisa mengaduk-ngaduk susu kedelai. Hati-hati saat mengaduk-ngaduknya karena susu kedelai akan berbusa, serta mengembang ketika direbus.
  9. Apabila sudah mendidih, silakan api dikecilkan. Lalu biarkan susu matang atau selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Aduk-aduk terus susu dengan hati-hati supaya tidak meluap.
  10. Ketika merebus susu, anda harus membuang busa.
  11. Setelah susu matang atau selama kurang lebih 20 menit, anda bisa mendiamkan susu hingga mendingin atau mencapai suhu kamar.
  12. Nah, untuk membuat susu kedelai rasa kurma, silakan blend susu kedelai bersama dengan kurma. Lalu tambahkan perisa vanila sebanyak beberapa tetes.
  13. Terakhir anda bisa menyimpan susu kedelai kurma ini ke dalam botol yang kedap udara. Bisa dinikmati langsung atau dinikmati dalam keadaan dingin.

Susu kedelai kurma sudah selesai dibuat. Tambahan buah kurma membuat susu kedelai ini semakin lezat dan nikmat. Susu kedelai ini bisa dinikmati maksimal selama 3 hingga 4 hari.

Itulah beberapa resep susu kedelai yang mudah dan praktis yang bisa anda ikuti di rumah. Selain rasanya enak, juga termasuk minuman sehat. Anda bisa membuatnya sebagai stok dan disimpan dikulkas. Selain dinikmati langsung, susu kedelai juga bisa anda campurkan dengan sereal untuk sarapan pagi, dicampurkan saat membuat oatmeal, dicampurkan dengan smoothies buah dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Rating Resep