Tips Membuat Gorengan Agar Renyah dan Tidak Berminyak

Tips Membuat Gorengan – Gorengan biasanya dijadikan sebagai cemilan ataupun untuk lauk. Tekstur gorengan yang renyah, dengan rasa yang lezat tentunya sangat memanjakan lidah. Makanan yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah, banyak pedagang yang menjual aneka gorengan yang nikmat.

Ketika membuatnya sendiri di rumah, terkadang gorengan tidak serenyah dan senikmat seperti kita membelinya. Bahkan gorengan yang dibuat sendiri cenderung lebih berminyak. Lantas mengapa demikian?

Agar gorengan renyah dan tidak berminyak, ada beberapa tips membuat gorengan yang harus anda ikuti. Mulai dari pemilihan minyak hingga cara menggoreng yang tepat. Nah, di bawah ini kami hadirkan tips membuat gorengan agar renyah dan tidak berminyak.

Tips membuat gorengan

Tips Membuat Gorengan Agar Renyah dan Tidak Berminyak

Jika anda ingin membuat gorengan lezat, renyah dan tidak berminyak, anda bisa ikuti beberapa tips di bawah ini.

Menggunakan Minyak Goreng Berkualitas

Tips pertama membuat gorengan agar renyah dan tidak berminyak yaitu memperhatikan minyak goreng yang digunakan. Anda harus memilih minyak goreng yang berkualitas. Ketika menggoreng gunakanlah minyak goreng yang masih baru. Hanya saja, jika anda memiliki sisa minyak yang cukup banyak dan warnanya masih bening, anda bisa menggunakannya untuk menggoreng gorengan.

Namun, setelah digunakan sebaiknya ganti dengan minyak yang baru apabila anda ingin menggoreng lagi. Jika minyak goreng warnanya sudah gelap, serta terdapat bintik hitam akan membuat kualitas gorengan menurun, serta gorengan tidak akan matang dengan sempurna.

Baca juga : Resep Gorengan Bakwan

Minyak Dipanaskan Terlebih Dahulu

Ketika menggoreng gorengan, pastikan minyak harus benar-benar panas. Jika anda menggoreng gorengan pada minyak yang masih belum panas, gorengan nantinya tidak akan matang sempurna. Suhu yang berubah dengan mendadak, dari dingin ke panas hanya akan membuat bagian luarnya saja yang matang dan bagian dalamnya masih mentah.  Dengan begitu anda membutuhkan waktu lebih lama ketika menggoreng dan akan membuat gorengan menjadi berminyak.

Oleh karena itu, sebelum menggoreng gorengan pastikan minyak sudah benar-benar panas. Untuk mengetahui apakah minyak sudah panas atau belum caranya yaitu dengan mencelupkan sutil kayu ke dalam minyak. Jika ada gelembung yang banyak di sekitarnya maka tandanya minyak telah panas.

Masukan Adonan Sedikit Demi Sedikit

Anda harus memasukan adonan sedikit demi sedikit ke dalam minyak. Memasukan adonan yang banyak hingga wajan terisi penuh hanya akan membuat gorengan menjadi berminyak. Wajan yang diisi banyak gorengan akan dapat menyebabkan suhu minyak turun yang akan membuat minyak terserap lebih banyak oleh gorengan. Oleh karena itu, dalam sekali penggorengan goreng adonan sedikit demi sedikit.

Tiriskan Gorengan yang Sudah Matang

Ketika menggoreng gorengan, pastikan gorengan sudah benar-benar matang dengan merata dan warnanya kuning kecoklatan. Jangan menggoreng gorengan terlalu matang atau kurang matang karena rasanya akan berbeda.

Apabila gorengan sudah matang, sebaiknya anda meniriskannya terlebih dahulu. Jangan langsung meletakan gorengan pada piring saji. Pasalnya jika tidak ditiriskan gorengan akan sangat berminyak dan membasahi piring saji, serta membuat gorengan lembab sehingga teksturnya tidak akan renyah.

Anda bisa meniriskan terlebih dahulu gorengan pada saringan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tisu dapur untuk diletakan pada piring saji sebelum anda menyimpan gorengan pada piring. Ketika meletakannya pada piring, gorengan jangan ditumpuk agar tidak lembab.

Nah, demikian tips membuat gorengan agar renyah dan tidak berminyak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons