• Selerasa.com

Aneka Resep Ikan

resep ikan

Berbagai resep dengan bahan utama ikan. Lengkapi koleksi menu anda dengan resep-resep ikan dari kami. Kami sajikan dengan mudah, praktis dan lengkap agar anda bisa mengaplikasikan di rumah untuk sajian keluarga anda. Terdiri dari berbagai macam resep ikan seperti ikan asam manis, ikan patin, resep ikan goreng dsb.

Resep Special dan Praktis Membuat Semur Ikan Patin Goreng

semur ikan patin goreng

Masakan semur memang sangat identik dengan masakan yang berkuah dan bercitarasa manis, karena menggunakan kecap manis ditambah beberapa bahan lainnya.

Aneka varian masakan ikan patin ini banyak sekali macamnya, seperti di masak dengan cara di sate, kemudian digoreng serta dibakar. Ikan patin menjadi salah satu pilihan pecinta kuliner selerasa.com karena memiliki dagingnya yang empuk dan gurih, selain itu juga ikan patin memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh, terlebih bagi anak yang mampu mencerdaskan otak anak anda.

Masakan semur memang identik dengan daging, namun sajian masakan yang akan kami bahas kali ini adalah membuat semur dengan bahan dasar ikan, khususnya ikan patin. Cita rasa dari semur ini akan semakin lezat ditambah dengan manisnya kecap yang tentunya akan sangat menggoda selera anda kala menyantapnya. Makanan semur ikan patin goreng ini sangat cocok bagi anak- anak, karena dalam pembuatan semur ikan patin goreng ini tidak menggunakan bahan berupa cabai sehingga anak bisa mengkonsumsinya. Namun bagi anda yang memang menyukai masakan yang pedas anda juga bisa menambahkan cabai sesuai selera anda. Nah, penasaran bukan, bagaimana resep dan cara membuat semur ikan patin goreng, berikut simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special dan Praktis Membuat Semur Ikan Patin Goreng

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Semur Ikan Patin Goreng

Bahan

  • 1 ekor ikan patin, dipotong-potong,
  • 1/2 sendok teh garam (untuk melumuri ikan)
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 3 butir cengkeh, dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 750 ml air
  • 5 sdm kecap manis
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada putih bubuk
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe

Cara Membuat Semur Ikan Patin Goreng

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan patin hingga bersih, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam, aduk-aduk hingga rata, lalu diamkan sekiar 10 menit. Setelah itu goreng hingga kering dan matang.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng kemudian tumis hingga aroma tercium harum bahan bumbu halus lalu tambahkan cengkeh serta kunyit.
  3. Selanjutnya tuangkan air, diamkan hingga mendidih.
  4. Selanjutnya tambahkan kecap manis, garam, lada putih bubuk serta gula bubuk, biarkan kembali hingga mendidih.
  5. Selanjutnya masukan ikan patin goreng, masak sampai matang dan bumbunya meresap, dengan menggunakan api kecil.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah Resep Special dan Praktis Membuat Semur Ikan Patin Goreng yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatannya pun sangat praktis sehingga sangat memudahkan bagi anda untuk mencobanya sendiri dirumah. Sajikan makanan semur ikan patin goreng ini dengan nasi putih hangat ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Rasa yang manis dank has dari semur ikan patin goreng ini tentunya akan membuat anda ketagian. Dengan membuat semur ikan patin goreng ini bertambah pula koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Special dan Praktis Membuat Semur Ikan Patin Goreng kepada teman, saudara dan juga keluarga pecinta kuliner selerasa.com, jangan lupa pula beri komentar dibaha ini, terima kasih.

Resep Membuat Pepes Ikan Patin Bumbu Kuning Kemangi Gurih dan Enak

pepes ikan patin bumbu kuning kemangi

Masakan pepes salah satu makanan yang sangat popular dikalangan masyarakat, salah satunya pepes ikan, pepes daging, dan masih banyak lagi.

Pepes ikan yang akan kami hadirkan adalah pepes ikan dengan bahan dasar ikan patin. Ikan patin salah satu ikan yang memiliki dagingnya yang empuk, serta memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Ikan patin ini sangat cocok kala dimasak dengan cara di pepes, rasa yang gurih dan daging yang empuk menjadikan pepes ikan patin ini akan sangat lezat dan menjadi pilihan bagi masyarakat sebagai makanan menu sehari-hari.

Pepes juga banyak jenisnya terlebih bahan dasarnya berupa daging ataupun ikan serta bumbunya pun ada yang berbeda, ada yang menggunakan cara memasak pepes yang sederhana. Namun membuat pepes ikan patin yang kali ini akan kami bahas adalah pepes ikan yang rasanya sedap ditambah dengan perpaduan dari bumbu kuning ini yang tentunya akan menggoda lidah anda semua, ditambah rasa harum khas dari daun kemangi. Rasa yang nikmat dalam membuat pepes ikan patin ini menjadikan anda menjadi betah dirumah, dengan menyajikannya terhadap keluarga tercinta anda dirumah. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat pepes ikan patin bumbu kuning kemangi ini, berikut kami jelaskan dibawah ini.

Nama Resep

Resep Membuat Pepes Ikan Patin Bumbu Kuning Kemangi Gurih dan Enak

Review

4.7 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pepes Ikan Patin Bumbu Kuning Kemangi Gurih dan Enak Bahan

Bahan

  • 1 ekor ikan patin (600 gram), dipotong-potong
  • 3 lembar daun jeruk, (ambil daunnya)
  • 30 ml santan yang kental
  • 3 lembar daun salam, diiris-iris
  • 1 ruas jari lengkuas, diiris-iris
  • 1 batang serai (putihnya), diiris-iris
  • 5 batang kemangi, (ambil daunnya)
  • 1 buah tomat ukuran sedang, diiris tipis
  • 10 buah cabai rawit merah
  •  daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Bumbu Halus

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit, dibakar
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 1/2 sendok makan garam
  • 3/4 sendok teh gula pasir

Cara membuat Pepes Ikan Patin Bumbu Kuning Kemangi Gurih dan Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan patin hingga bersih, setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya mencampur bumbu halus dengan santan dan ikan, aduk hingga rata lalu diamkan selama 15 menit
  3. Selanjutnya tambahkan daun salam, lengkuas, serai, kemangi, tomat dan juga cabai, aduk rata.
  4. Kemudian siapkan daun pisang kemudian taruh ikannya lalu bungkus, untuk bagian ujungnya semat dengan menggunakan lidi.
  5. Selanjutnya kukus sekitar 30 menit , hingga matang menggunakan api sedang.
  6. Angkat dan sobek bagian tengah daun pepes ikan, siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Demikianlah Resep Membuat Pepes Ikan Patin Bumbu Kuning Kemangi Gurih dan Enak yang bisa anda coba dirumah. Bahan dan cara pembuatan yang mudah tentunya tidak akan membuat anda kesulitan dalam membuat pepes ikan patin bumbu kuning kemangi ini. Setelah anda beserta keluarga tercinta apabila mencicipi makanan pepes ikan patin bumbu kuning kemangi ini dijamin nantinya pasti ketagihan. Selain itu tentunya dengan membuat pepes ikan patin bumbu kuning kemangi ini akan menambah koleksi menu harian anda.

Jangan lupa share ya Resep Membuat Pepes Ikan Patin Bumbu Kuning Kemangi Gurih dan Enak kepada seluruh pecinta kuliner selerasa.com, baik saudara, teman ataupun keluarga tercinta anda, jangan lupa pula beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Mudah Membuat Ikan Patin Goreng Tepung Kering Renyah dan Lezat

ikan patin goreng tepung

Aneka masakan ikan patin kali ini cukup sederhana yatiu membuat ikan patin goreng tepung kering renyah dan lezat.

Aneka resep ikan patin sudah banyak tersaji, terlebih bagi anda yang gemar dengan masakan atau akanan berbahan dasar ikan patin ini banyak tersedia di restoran-restoran ataupun rumah makan. Ikan patin memang memiliki kelebihan yang unik selain bentuk yang hampir menyerupai ikan lele ini, ikan patin ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Bahkan ikan patin termasuk kategori ikan air tawar yang memiliki kandungan gizi yang paling baik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Sehingga ikan patin ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak, karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan patin ini baik untuk mencerdaskan otak anak anda.  

Ikan patin merupakan ikan yang dubudidayakan karena memang banyak maysrakat yang sangat menyukai dengan makanan berbahan dasar ikan patin ini. Tidak heran hampir disetiap tempat rumah makan biasanya tersaji masakan ikan patin ini. Namun bagi anda yang ingin membuatnya dirumah, anda bisa mencoba masakan yang sangat sederhana, yaitu membuat ikan pating goreng tepung kering renyak dan lezat. Selain mudah cara membuatnya citarasanya pun tidak kalah enaknya dengan masakan ikan patrin lainnya. Nah, apabila anda ingin mencoba membuatnya, ikan patin ini tidaklah sulit mencarinya karena biasanya dipasar tradisional juga banyak terdapat penjual ikan patin ini, atau anda juga bisa temukan di supermarket terdekat anda. Kelezatan dari masakan tentunya ditentukan oleh ikan yang segar, dengan begitu masakan akan menjadi lebih nikmat kala disantap. Penasaran bagaimana cara membuat masakan yang mudah yaitu ikan patin goreng tepung kering renyah dan lezat, berikut ini penjelasannya dibawah.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Patin Goreng Tepung Kering Renyah dan Lezat

Review

4.8 review 96

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Patin Goreng Tepung Kering Renyah dan Lezat

Bahan

  • 1/2 kg ikan patin ukuran sedang
  • 2 sendok teh garam
  • 400 gram tepung tapioka
  • 2 sendok teh merica
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat ikan patin goreng tepung renyah dan lezat

Cara memasak

  1. Yang pertama ikan patin kita fillet dengan cara adalah mencuci ikan patin hingga bersih, lalu buang duri serta tulangnya, untuk kulit ikan patin juga dibuang.
  2. Setelah itu daging ikan patin dipotong tipis, kemudian tambahkan garam dan juga merica kemudian aduk hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya gulingkan ikan patin pada tepung tapioca dan pastikan daging ikan tertutupi dengan tepung.
  4. Setelah selesai, kemudian simpan adonan bahan ikan patin ini pada lemari es sekitar 30 menit.
  5. Selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng kemudian goreng ikan patin yang sudah dibaluti dengan tepung, masak hingga matang dan warnanya kuning keemasan.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Demikian resep cara membuat ikan patin tepung kering renyah enak dan lezat yang bisa anda coa dirumah. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatannya pun sangat sederhana, sehingga anda tidak memerlukan waktu yang banyak. Sajikan masakan ini pada anak dengan bahan tambahan berupa nasi putih hangat ditambah dengan saos (sesuai selera) tentunya akan menambah nafsu makanannya. Dengan begitu anak anda akan memenuhi kebutuhan gizi harian yang diperlukan oleh tubuh. Sealamat mencoba

Jangan lupa share ya resep cara membuat ikan patin tepung kering renyah enak dan lezat kepada teman, kerabat saudara pecinta kuliner semua, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado

ikan patin balado

Ikan patin bumbu balado memiliki cita rasa yang nikmat yang mampu menggoyangkan lidah anda.

Ikan patin merupakan ikan yang dibudidayakan serta hidupnya di air tawar, karena ikan patin ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Terlebih bagi anak-anak ikan patin ini memiliki kandungan protein yyang baik, omega 3 dan juga masih banyak kandungan yang dimiliki ikan patin ini yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih bagi anak yang mampu mencerdaskan otak anak anda. Aneka masakan ikan patin ini dapat tersaji di beberapa tempat seperti restoran ataupun rumah makan lainnya karena ikan patin memiliki daging yang empuk sehingga banyak pecinta kuliner menyukai masakan berbahan dasar ikan patin. Salah satu masakan yang banyak disukai oleh banyak kalangan adalah ikan patin bakar, pindang ikan patin, dan yang akan kami buat kali ini adalah masakan ikan patin bumbu balado. Perpaduan ikan patin bersama dengan bumbu balado dari rempah-rempah ini tentunya akan menambah cita rasa yang menggoda. Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan ikan patin bumbu balado ini, berikut ini kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado

Review

4.6 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan patin ukuran sedang, dipotong 4 bagian
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 2 buah bawang putih, dihaluskan
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 1 buah tomat ukuranb sedang, dipotong-potong
  • 4 buah belimbing wuluh, dipotong tebal
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Tumbuk Kasar

  • 7 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai merah keriting


Cara Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado  

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan patin hingga bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis, lalu tambahkan pula garam serta bawang putih, lalu diamkan sekitar 15 menit, kemudian sisihkan.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng untuk menggoreng ikan patin hingga matang, angkat lalu tiriskan dan sisihkan.
  3. Selanjutnya panaskan minyak secukupnya lalu tumis bahan bumbu yang ditumbuk kasar lalu tambahkan pula serai, dan juga daun jeruk sampai harum. Setelah itu tambahkan pula tomat dan juga belimbing, aduk hingga layu dan merata, kemudian tambahkan pula gula dan juga garam, aduk kembali hingga merata.
  4. Terakhir masukan ikan patin yang sudah digoreng, lalu aduk hingga rata, masak hingga matang.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah Resep Special Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado  yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang tentunya mudah ditemukan serta cara memasak yang sangat sederhan dan tidakl membutuhkan waktu yang cukup lama. Sajikan masakan ikan patin bumbu balado ini bersama dengan keluarga tercinta anda, ditambah dengan nasi putih hangat serta beberapa bahan lainnya berupa lalaban, membuat masakan ini menjadi lebih nikmat dan special kala disantap. Adapun masakan lainnya yang berbahan dasar ikan patin, yaitu masakan ikan patin asam pedas, ikan patin bumbu rujak, dll. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Special Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Balado pada teman pecinta kuliner lainnya seperti teman, kerabat serta keluarga tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini ya, terima kasih.

Resep Sederhana Memasak Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning Tanpa Santan Enak, Lezat dan Sehat

ikan-patin-bumbu-kuning-tanpa-santan

Resep sederhana ikan patin bumbu kuning tanpa santan tentunya sangat special karena salah satu kategori makanan yang sehat.

Secara umum ikan memang memiliki kandungan gizi yang baik, salah satunya ikan patin yang lebih baik kandungan gizinya dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Kandungan pada ikan khususnya berupa protein dan juga omega 3 yang baik. Selain kandungan gizi ikan juga memiliki lemak yang baik, tentunya sangat baik bagi kesehatan dibandingkan dengan lemak pada daging sapi maupun daging ayam. Dengan begitu mengkonsumsi ikan lebih baik khusunya ikan patin dibuat dengan cara di gulai yang tanpa mengunakan santan.

Resep sederhana membuat gulai bumbu kuning tanpa santan ini sangat mudah, selain itu gulai ikan patin ini juga sangat cocok dihidangkan pada anak, karena anak sangat membutuhkan kandungan gizi pada ikan patin yang fungsinya untuk mencerdaskan otak anak anda. Hanya saja untuk sang anak tentunya tidak menggunakan cabai yang berlebihan. Penasaran bagaimana cara membuat gulai bumbu kuning tanpa santan, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Nama Resep

Resep Sederhana Memasak Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning Tanpa Santan Enak, Lezat dan Sehat

Review

4.8 review 96

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning Tanpa Santan Enak, Lezat dan Sehat

Bahan

  • 300 gram ikan patin
  • Air asam jawa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 300 ml air putih

Bumbu yang dihaluskan

  • 1 siung bawang putih.
  •  6 siung bawang merah.
  • 3 buah cabai merah keriting (sesuai selera)
  • 1 buah tomat merah (sesuai selera)
  • 1 ruas jari kunyit
  • ¼  sendok teh terasi, dibakar
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada putih bubuk secukupnya

Bumbu pelengkap

  • 1 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
  • 1 ruas jari lengkuas, dimemarkan.
  • 1 batang serai, dimemarkan.
  • 1 lembar daun kunyit, disimpul.

Cara membuat Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning Tanpa Santan Enak, Lezat dan Sehat

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan patin, lalu lumuri dengan air asam jawa dan juga garam kemudian diamkan sekitar 10-15 menit. Sisihkan
  2. Selanjutnya adalah siapkan panci kecil ataupun wajan, kemudian masukan semua bahan bumbu yang dihaluskan dan juga bumbu pelangkap lalu aduk hingga rata.
  3. Setelah itu campuran bumbu tersebut lumuri pada ikan patin, kemudian diamkan sekitar 20 menit, atau bisa disimpan pada lemari es.
  4. Setelah itu tambahkan air kemudian panaskan hingga mendidih menggunakan api kecil, aduk sekali-kali sampai matang.
  5. Gulai ikan patin siap disiajikan.

Itulah dia Resep Sederhana Memasak Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning Tanpa Santan Enak, Lezat dan Sehat yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara memasak yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu yang lama. Hidangkan gulai ikan patin tanpa santan ini selagi hangat ditambah dengan nasi putih hangat bersama dengan keluarga tercinta anda. Rasa yang lezat gulai ikan patin tanpa santan ini tentunya sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan yang baik dan sehat kala disantap. Dengan membuat gulai ikan patin tanpa santan ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda, selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Sederhana Memasak Gulai Ikan Patin Bumbu Kuning Tanpa Santan Enak, Lezat dan Sehat pada kerabat, teman serta saudara anda sekalian, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Mudah Membuat Ikan Patin Bakar Bumbu Kecap Pedas Enak dan Lezat

ikan patin bakar bumbu kecap

Ikan merupakan sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu juga pada ikan terdapat kandungan omega dan berbagai kandungan vitamin gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berbicara tentang ikan, salah satu yang akan kami bahas kali ini adalah ikan patin, salah satu ikan yang hidup di air tawar yang memiliki kandungan gizi yang baik diantara ikan tawar lainnya. Karena itu tidak ada salahnya mencoba masakan berbahan dasar ikan patin. Namun sebetulnya dalam resep ikan bakar ini tidaklah harus ikan patin, ada beberapa ikan yang biasanya dimasak dengan cara dibakar, seperti ikan mujair, ikan mas, ikan gurame dan ikan lainnya.

Untuk pecinta kuliner selerasa.com tentunya resep ikan patin bakar ini cara membuatnya ataupun memasaknya hanya dengan cara dibakar ataupun dipanggang, yang lebih khas dari memanggang ini adalah aroma baunya yang sedap dan tajam kala tercium dan memiliki daging ikannya yang empuk dan lezat kala disantap. Penasaran bukan, berikut resep dan cara mudah membuat ikan patin bakar bumbu kecap pedas enak dan lezat, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Mudah Membuat Ikan patin bakar bumbu kecap pedas Enak dan Lezat

Review

4.9 review 96

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan patin bakar bumbu kecap pedas Enak dan Lezat

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan patin (ukuran sedang)
  • 5 sdm kecap manis
  • 1 sdm margarine

Bahan bumbu

  • 8 buah cabai merah
  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Ikan patin bakar bumbu kecap pedas Enak dan Lezat

Cara membuat bumbu

  1. Untuk membuat bahan bumbu ini , berupa cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri dan juga garam dihaluskan menggunakan ulekan ataupun menggunakan blender.

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan patin, kemudian cuci hingga bersih, setelah itu kerat-kerat pada bagian tubuhnya dikedua sisi badan ikan patin tersebut.
  2. Setelah itu ikan patin dilumuri dengan bahan bumbu yang sudah dihaluskan hingga rata, kemudian diamkan agar bumbunya meresap pada ikan patinnya, sekitar 20 menit.
  3. Sambil menunggu ikan patinnya, selanjutnya siapkan bara api, setelah itu panggang ikan patin diatas bara api tersebut, jangan lupa sambil diolesi dengan kecap manis dan juga margarine, bolak-balik, setelah terlihat matang dan bumbu meresap, ikan patin bakar siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Mudah Membuat  Ikan patin bakar bumbu kecap pedas Enak dan Lezat yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara memasak sangat mudah dan praktis, namun tetap lezat kala disantap. Ikan patin bakar ini bisa disajikan bersama-sama kala sedang santai dirumah yang akan menambah suasana hangat didalam keluarga tercinta anda. Ikan patin bakar ini tentunya memerlukan bahan pelengkap, agar makan kita menjadi lahap, seperti mentimun, tomat, kerupuk dll. Dengan begitu anda akan semakin lahap menyantapnya. Cukup mudah bukan, selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Mudah Membuat  Ikan patin bakar bumbu kecap pedas Enak dan Lezat pada teman, kerabat dan saudara anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin)

ikan patin kukus bumbu jahe

Ikan patin merupakan ikan yang hampir mirip dengan ikan lele, meski berbeda namun ada kesamaan dimana ikan patin dan ikan lele ini tidak memiliki sisik.

Ikan patin merupakan ikan yang hidupnya dia air tawar, ikan patin memiliki daging yang empuk dan bahkan ikan patin ini memiliki kandungan gizi yang baik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Ikan patin juga salah satu ikan tawar yang dibudidayakan oleh para peternak ikan. Selain dagingnya yang empuk ikan patin ini apabila dimasak akan sangat lezat kala di santap, salahsatunya adalah memasak ikan patin dengan cara dikukus. Bagi anda yang tidak suka dengan makanan seafood laut ikan patin menjadi salah satu pilihan untuk menggantinya. Penasaran bagaimana cara dan mamasak ikan patin kukus bumbu jahe, berikut simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe ( Steam Patin )

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin)

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan patin
  • 2 sdm Cuka beras
  • 3 sdm Kecap asin
  • Minyak wijen
  • Daun bawang secukupnya
  • Jahe secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin)

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan patin dicuci hinggah bersih
  2. Untuk anda yang tidak suka dengan kepala ikan patin ini bisa dipotong kemudian sisihkan/dibuang
  3. Selanjutnya adalah membelah bagian bawah ikan tersebut, kemudian baung tulang ikan patinnya. Sehingga ikan patin menjadi fillet yang tanpa memiliki tulang.
  4. Kemudian siapkan bahan alat pengkukus, kemudian isi air jangan lupa taruh raknya didalam alat pengukus, untuk memudahkan penyimpanan ikan patin yang ditaruh di pirng, lalu setelah siap nyalakan kompor menggunakan api kecil.
  5. Selanjutnya adalah jahe di iris tipis. sisihkan
  6. Kemudian siapkan piring yang ukurannya tentunya bisa masuk kedalam alat pengukus, selanjutnya tuang beras cuka diatas piring, lalu kecap asin, lalu aduk-aduk setelah itu masukan jahe yang sudah diiris kecil-kecil
  7. Sebelum ikan patin di simpan dipiring, ditaburi terlebih dahulu bagian atas dan bawah menggunakan  garam dan juga merica.
  8. Selanjutnya simpan di atas piring yang sebelumnya sudah diberi bahan bumbu dari kecap, setelah itu taruh ikan ke kukusan, tutup alat pengukus dan diamkan sekitar 10 menit
  9. Setelah itu untuk memberikan masakan menjadi lebih harum kita potong-potong daun bawang memanjang, sisihkan.
  10. Setelah dikukus selama 10 menit ikan patin kita cek terlebih dahulu, sudah matang apa belum? Kita coba tusukan ujung pisau pada bagian daging ikan patinnya, apabila terbelah dengan gampang, ikan pating sudah setengah matang tentunya, lalu tambahkan daun bawang lalu kukus kembali sebentar agar matang secara bersamaan ikan patin dan juga daun bawang.
  11. Setelah matang lalu taburi minyak wijen secukupnya pada bagian bahan kecapnya, lalu angkat. Setelah itu aduk-aduk tetesan minyak wijen pada kecap, kemudian siramkan pada ikan patin diatasnya.

Itulah dia Resep dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin) yang bisa anda coba dirumaah. Bahan yang mudah ditemukan dan sangat simple serta memasaknya pun sangat mudah dan praktis. Cukup mudah bukan? Dengan begitu ikan patin kukus bumbu jahe ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Berikut adalah video cara memasak ikan patin kukus bumbu jahe (Steam Patin)

Jangan lupa share dan Cara Memasak Ikan Patin Kukus Bumbu Jahe (Steam Patin) pada teman, sahabat, keluarga tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima Kasih.

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Enak dan Mudah

sup ikan patin enak dan mudah

Ikan patin menjadi salah satu pilihan makanan untuk dijadikan masakan sup, karena ikan patin memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Ikan patin merupakan ikan yang hidup di air laut, ikan patin bukan ikan yang dibudidayakan karena ikan patin ini banyak tersebar luas dilautan, salah satunya perairan di Indonesia. Karena itu ikan patin ini biasanya hanya bisa ditangkap oleh para nelayan yang mana sebagai mata pencahariannya. Untuk mendapatkan ikan patin yang segar memang harus membelinya pada saat para nelayan kedaratan ataupun tersedia di pasar-pasar tradisional dekat pantai, atau mungkin di pasar terdekat anda ataupun di Supermarket. Ikan patin memiliki dagingnya yang empuk, maka tak heran banyak orang menyukai masakan dengan bahan dasar ikan patin ikan patin ini.

Aneka varian olahan ikan patin sangat banyak salah satunya masakan ikan patin tempoyak, ikan patin bumbu kuning dan banyak lagi resep dengan bahan dasar ikan patin. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah membuat masakan sup ikan patin yang sederhana, dimana sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Ikan patin memiliki banyak kandungan gizinya yang mampu mencerdaskan otak anak anda. Selain ikan patin, membuat masakan sup ikan tuna juga sama baiknya untuk kesehatan. Nah, penasaran bagaimana resep dan cara membuat sup ikan patin enak namun mudah, berikut penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Enak dan Mudah

Review

4.6 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sup Ikan Patin Enak dan Mudah

Bahan

  • 750 gram ikan patin, dipotong-potong
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 3 buah cabai merah, dihaluskan
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 8 buah bawang merang, dihaluskan
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sdm kecap ikan
  • 3 buah tomat hijau, dipotong-potong
  • 5 buah belimbing sayur, dipotong-potong
  • 1 batang daun bawang, dipotong-potong
  • ¼ sdt garam
  • 1000 ml air

Cara Membuat Sup Ikan Patin Enak dan Mudah

Cara Memasak

  1. Ikan patin di cuci terlebih dahulu hingga bersih
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng kemudian tumis jahe, serai dan juga bumbu yang dihaluskan hingga harum kemudian tambahkan air lalu didihkan.
  3. Kemudian tambahkan ikan patin, lalu tambahkan pula kecap ikan, tomat hijau, lalu belimbing sayur dan juga garam, lalu diamkan hingga menididih
  4. Sebelum diangkat, taburi terlebih dahulu dengan bawang daun, aduk kembali hingga rata
  5. Angkat dan siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Patin Enak dan Mudah yang bisa anda coba dirumah. Rasa gurih dan enak kala disantap menjadikan makanan sup ikan patin ini banyak disukai banyak kalangan. Selain untuk anak mungkin sup ikan patin ini bisa anda konsumsi , untuk itu, mendapatkan sup ikan patin enak yang segar bagi anda yang menyukai makanan pedas ada baiknya menambahkan cabai sesuai selera. Nah cukup mudah bukan membuat sup ikan patin ini, dengan begitu membuat sup ikan patin enak dan mudah ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat sup ikan patin enak dan mudah ini kepada teman, kerabat atau saudara tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, Terima kasih

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Rujak

ikan patin bumbu rujak

Ikan patin menjadi salah satu varian aneka masakan salah satunya adalah masakan ikan patin bumbu rujak.

Masakan dengan bahan dasar ikan menjadi salah satu sajian menu yang banyak diminati, salah satunya ikan patin. Ikan patin memang memiliki kandungan gizi yang baik dibandingkan dengan ikan lainnya yang hidup diair tawar khususnya. Selain kandungan gizi yang baik bagi kesehatan ikan patin ini memiliki teksur daging yang lunak serta gurih kala disantap. Manfaat ikan patin untuk kesehatan ini sangat luar biasa karena mampu mencegah penyakit jantung koroner, selain itu juga ikan patin sangat baik untuk mencerdaskan otak pada anak.

Varian masakan ikan yang akan dibuat kali ini adalah ikan patin bumbu rujak. Ikan patin bumbu rujak ini memiliki rasa yang sangat enak dan lezat karena ditambah dengan beberapa bumbu pilihan dalam pembuatannya yang akan menggugah selerasa anda.  

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan patin Bumbu Rujak

Review

4.8 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ikan patin bumbu rujak

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan patin
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, geprek
  • 5 lembar daun jeruk, diiris
  • 2 batang serai, geprek
  •  400-500 ml santan kental
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 100 gram cabe merah (sesuai selera)
  • 10 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 6 biji kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 sdt terasi matang
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt gula merah
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dgn air

Cara membuat masakan ikan patin bumbu rujak

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan patin direndam dengan menggunakan air jeruk   
  2. Setelah itu selanjutnya ikan patin dibersihkan kembali, kemudian sisihkan    
  3. Setelah itu siapkan wajan lalu beri minyak secukupnya lalu tumis bumbu halus dan juga beri daun salam, lengkuas, serai serta daun jeruk sampai harum
  4. Kemudian tuang santan kedalam bahan bumbu halus tadi.   
  5. Lalu didihkan menggunakan api yang sedang, sambil diaduk sekali-kali agar santannya tidak pecah, dan santan mengental dan juga berminyak    
  6. Setelah itu ikan patin dibakar dengan menggunakan bara api ataupun bisa dipanggang dengan menggunakan oven hingga setengah matang, setelah itu olesi dengan bumbu rujak tadi lalu panggang atau bakar ikan patinnya hingga bumbu rujaknya sedikit mengering.
  7. Angkat dan ikan patin siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara membuat Masakan Ikan patin Bumbu rujak yang bisa anda coba dirumah. Sajikan ikan patin bumbu rujak ini di tengah-tengah keluarga anda. Dengan membuat masakan ikan patin tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Adapun resep lainnya yang bisa anda coba adalah pepes ikan patin, pepes ikan patin serta varian aneka resep ikan patin lainnya. Selamat mencoba.

Jangan lupa share Resep dan Cara membuat Masakan Ikan patin Bumbu rujak pada keluarga tercinta anda serta sahabat-sahabat anda. Jangan lupa beri komentar dibawah ini ya...!

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Goreng Petai Pedas dan Enak

ikan patin goreng petai pedas

Salah satu yang akan menggugah selerasa anda kali ini kami akan membuat masakan yang berbeda, yaitu ikan patin goreng petai pedas yang tentunya sangat enak kala disantap.

Aneka masakan ikan patin sekarang ini banyak diminati karena ikan patin memiliki rasa yang enak dan gurih. Ikan patin merupakan ikan yang hidup di air tawar dan bentuknya hampir mirip dengan ikan lele, hanya saja ikan patin ini memiliki postur tubuhnya yang besar terutama dibagian perutnya. Ikan patin menjadi salah satu ikan yang dibudidayakan dan dipelihara karena pada ikan patin memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Selain itu juga ikan patin ini memiliki tekstur dagingnya yang lembut sehingga sangat enak dan lezat kala disantap.

Berbicara tentang ikan yang satu ini memang tidak ada habisnya, ya ikan patin yang memiliki segudang kandungan gizinya yang baik bagi kesehatan berupa protein, lemak tak jenuh dan juga memiliki kandungan kolesterol yang rendah, menjadikan ikan patin ini salah satu ikan yang banyak dikonsumsi oleh banyak kalangan. Ada banyak aneka masakan ikan patin yang tersaji, salah satunya masakan ikan patin bakar, pepes ikan patin dan masih banyak lagi olahan ikan dengan bahan dasar ikan patin ini.

Kali ini kami membuat masakan yang berbeda, yaitu ikan patin goreng petai pedas yang tentunya sangat enak kala disantap. Pilihan pada petai goreng sendiri karena memang petai ini banyak juga diminati oleh banyak kalangan terlebih bagi orang dewasa dengan ditambah bumbu yang memiliki rasa yang sedap dan pedas. Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, kita simak dibawah ini :

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Goreng Petai Pedas dan Enak

Review

4.9review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Patin Goreng Petai Pedas dan Enak

Bahan :

  • 4 potong ikan patin
  • 10 gram petai
  • 3 batang serai
  • 5 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 10 cabe merah (dihaluskan)
  • 1 cm jahe
  • 1 gelas air asam jawa
  • serbuk kunyit secukupnya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Patin Goreng Petai Pedas dan Enak

Cara memasak :

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan patin ditaburi dengan serbuk kunyit, lalu tambahkan pula garam, lalu aduk hingga rata.
  2. Setelah itu serai dimemarkan, lalu tumbuk jahe, lalu bawang merah dan juga bawang putih.
  3. Panaskan minyak goreng lalu, goreng ikan patin, hingga kering dan matang. kemudiang angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutnya adalah petai digoreng hingga layu, angkat kemudian tiriskan.
  5. Setelah itu tumis bahan bumbu yang dihaluskan, lalu tambahkan cabe yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan garam secukupnya, tambahkan pula air asam jawa, gula pasir secukupnya yang terakhir tambahkan serai, kemudian aduk-aduk hingga harum.
  6. Terakhir adalah masukan ikan patin dan juga petai yang sudah digoreng, aduk-aduk hingga tercampur rata dan matang
  7. Siap disajikan

Untuk melengkapi lezatnya hidangan ikan patin goreng petai pedas dan enak ini tentunya disantap bersama dengan keluarga dan sahabat tercinta anda.

Demikianlah Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Goreng Petai Pedas dan Enak yang bisa anda coba dirumah tentunya. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhana. Ikan patin goreng petai pedas ini tentunya menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Berikut adalah video Cara Membuat Masakan Ikan Patin Goreng Petai Pedas dan Enak

Jangan lupa di share ya ikan patin goreng petai pedas dan enak ini pada keluarga dan teman-teman anda. Jangan lupa beri komentar anda dibawah ini. Terima Kasih

Resep dan Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

masakan pindang ikan patin

Indonesia kaya akan berbagai aneka resep masakan dengan berbahan dasar ikan.

Masakan ikan menjadi salah satu menu makanan favorit, terlebih bagi yang sedang melakukan liburan dimana selalu tersaji berbagai masakan dengan bahan dasar ikan. Salah satu ikan yang menjadi pilihan adalah ikan patin. Ikan patin yang yang hidup di air tawar ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya khas rasanya yang gurih, selain itu ikan patin juga memiliki tekstur dagingnya yang lembut, serta memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Masakan ikan patin banyak sekali ragamnya, salahsatunya ikan patin bakar, ikan patin tempoyak, pepes ikan patin. Namun kali ini membuat masakan ikan patin yang berbeda yaitu membuat masakan pindang ikan patin. Penasaran bagaimana cara membuat pindang ikan patin, yuk kita lihat resep dan cara memasaknya :

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Review

4.9review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Bahan Utama

  • Ikan Patin 5 ons

Bahan untuk Kuah pindang ikan patin

  • 6 buah Rampai ( ukuran kecil)
  • cabe keriting secukupnya ( sesuai selera)
  • 2 ruas jari jahe
  • 5 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari laos
  • 5 tangkai sereh
  • 5 buah daun salam
  • 8 biji bawang merah
  • air asam jawa
  • ½ buah nanas matang
  • gula merah secukupnya
  • daun kemangi secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Cara Memasak 

  1. Yang pertama adalah membuat bumbu halus dengan menggunakan blender , masukan seperti  bahan berupa rampei (setengahnya), kemudian jahe lalu, kunyit, kemudian nasas belah menjadi dua bagian, lalu setengah bagian dimasukin pada blender, selanjutnya tambahkan cabe merah secukupnya ( sesuai selera, mau pedas / tidak), tambahkan air secukupnya lalu blender hingga halus.
  2. Selanjutnya bumbu halus dituang kedalam panci yang sudah berisi air sebelumnya yang sudah dipanaskan, diamkan hingga mendidih.
  3. Selanjutnya adalah mengiris setengah potongan nanas kecil-kecil, lalu iris pula rampai, lalu laos dimemarkan, bawang merah secukupnya di memarkan (digeprek), lalu serai di memarkan juga daun salam simpan dalam satu wadah, kemudian masukan pada panci , diamkan hingga mendidih dan harum.
  4. Yang terakhir adalah memotong ikan patin yang sudah dibersihkan sebelumnya menjadi beberapa bagian (sesuai selera), Lalu masukan pada panci yang berisi bumbu yang mendidih, diamkan sekitar 10 sampai 15 menit agar bumbu meresep pada ikan patinnya.
  5. Setelah itu tambahkan bumbu penyedap rasa secukupnya/ untuk ukuran air bumbu yang dimasukan 1 liter bias menambahkan bumbu penyedap sekitar 3-4 sdt
  6. Kemudian tambahkan air asam, Lalu kemangi kemangi agar baunya harum. Angkat
  7. Pindang ikan patin siap dihidangkan

Itulah dia Resep Dan Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin yang bias anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sederhana. Hidangkan makanan pindang patin ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda pada saat makan malam. Dan tentunya dengan membuat masakan pindang ikan patin akan menambah koleksi menu harian anda. Anda juga bisa mencoba masakan ikan patin lainnya berupa ikan patin bumbu kuning yang tentunya sangat nikmat dan lezat.

Berikut adalah video Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Jangan lupa share resep dan cara membuat masakan pindang ikan patin ini kepada teman-teman ataupun keluarga anda. Dan tentunya beri komentar dibawah ini ya. Terima Kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas

Pepes ikan patin tempoyak merupakan makanan khas yang berasal dari daerah kota jambi.

Mengapa?, Ikan yang dipilih adalah ikan patin karena memiliki tekstur dagingnya yang lembut, enak dan juga nikmat selain itu ikan patin memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Untuk membuat masakan pepes ikan patin ini masih menggunakan bahan bumbu-bumbu tradisional.

Selanjutnya adalah tempoyak, yang merupakan bahan dasar dari durian yang diambil dagingnya, kemudian disimpan  atau dimasukan kedalam wadah yang baik dan bersih seperti toples agar harumnya durian tidak hilang, kemudian diberi garam dan gula secukupnya, dan yang paling unik adalah sebelum ditutup ada satu kebiasaan bahwa harus menamcapkan satu buah cabai di atas daging durian tersebut kemudian ditutup, lalu didiamkan selama tiga sampai empat hari dan bahkan bisa satu minggu. Semakin lama tempoyak disimpan pada wadah semakin enak rasanya. Jadi tempoyak itu merupakan pregmentasi dari buah durian. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan pepes ikan patin tempoyak pedas ini, simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas

Review

4.9 review 92

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan pepes ikan tempoyak pedas

Bahan Utama :

  • Ikan patin 1 Kg
  • Daun pisang secukupnya
  • 30 cm Bambu hijau dibelah dua bagian (diusahakan bamboo hijau namun tua)
  • Tusuk gigi secukupnya

Bahan Bumbu :

  • 3 sendok makan tempoyak
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 biji rawit atau ( 5 cabe merah )
  • 1 ruas kunyit
  • 1 tangkai serai
  • Gula putih secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Masakan pepes ikan patin tempoyak pedas

Cara membuat :

  1. Yang pertama adalah mengulek bawang putih, kemudian tambahkan bawang merah, kemudian garam, tambahkan pula gula sedikit, lalu cabe merah ( bias menggunakan cabe rawit) ulek hingga halus, lalu tambahkan pula serai di memarkan agar aroma bumbu wangi.
  2. Selanjutnya adalah menambahkan tempoyak pada ulekan yang berisi bumbu halus, kemudian ulek tempoyak bersama dengan bumbu halus, hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu siapkan daun pisang sekitar 2 lapis, kemudian bahan bumbu sedikit diolesi pada daun pisang, kemudian ikan patin disimpan pada daun pisang, selanjutnya ikan patin di balut dengan bahan bumbu halus hingga rata.
  4. Setelah selesai bungkus ikan patin kemudian pada ujung daun pisang tusukan tusuk gigi pada kedua ujung daun pisang tersebut.
  5. Selanjutnya ikan patin yang sudah terbungkus dengan daun pisang di kukus kurang lebih 15 menit. Kemudian angkat.
  6. Setelah itu ikan patin yang dikukus tadi lalu ikatkan pada bambu, fungsi bambu sendiri agar memudahkan untuk membolak-balikan pada saat memanggangnya dan juga mampu bembuat masakan menjadi harum. Panggang pepes ikan patin menggunakan api yang sedang sekitar 10 menit. Kemudian angkat.
  7. Selanjutnya buka ikatan bambu dan juga tusukan giginya.
  8. Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak  Pedas, Siap disajikan

Demikianlah Resep Dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak nan Pedas yang bisa anda coba dirumah. Membuat masakan pepes ikan dengan cara yang sederhana, unik  dan sangat tradisional ini tentunya memiliki rasa yang benar-benar lezat. Kenapa demikian karena membuat masakan pepes ikan tempoyak ini ada beberapa tahapan seperti dikukus lalu kemudian dibakar yang membuat masakan pepes ikan patin ini sangat lezat kala disantap. Jadikan masakan pepes ikan tempyak nan pedas ini sebagai koleksi menu harian anda.

Berikut adalah video membuat pepes ikan patin tempoyak

Jangan lupa juga bagikan Resep Dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas ini agar teman dan keluarga anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Ikan Patin Asam Pedas

Aneka resep masakan ikan salah satu masakan yang banyak dicari, karena ikan ini selain rasanya yang enak memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah ikan patin yang memiliki kandungan gizi yang baik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Kandungan pada ikan patin terdapat protein, mineral dan juga vitamin. Kandungan lainnya yang terdapat pada ikan patin yaitu mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta mampu mengurangi dan mencegah terhadap penyakit jantung koroner. Karena itu sekarang ini ikan patin banyak tersebar di seluruh nusantara, dan menjadikan salah satu ikan yang dibudidayakan.

Salah satu hidangan yang memiliki cita rasa yang enak dan juga lezat dan mampu membuat anda semua ketagihan adalah masakan dengan bahan dasar ikan patin ditambah dengan pengolahan rasa asam pedas. Masakan asam pedas ini sebetulnya masakan khas dari melayu, namun sekarang ini masakan asam pedas banyak digunakan sebagai salah satu makanan yang diminati karena memiliki rasa yang khas ditambah dengan bahan utama ikan patin yang memiliki tekstur dagingnya yang lembut. Bagi anda yang ingin mengolah masakan ikan patin dengan rasa asam pedas berikut resep dan cara membuatnya :

 

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Patin Asam Pedas

Review

4.9review 89

Waktu Memasak

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ikan patin asam pedas

Bahan Utama   

  • 750 gram ikan patin
  • 1 sendok teh garam 
  • 1 sendok makan perasan jeruk nipis
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 2 buah asam kadis
  • 4 lembar daun jeruk
  • 500 ml air
  • 2 sendok makan minyak goring
  • Tomat secukupnya

Bahan bumbu halus :

  • 100 gram cabai merah,
  • 5 siung bawang putih
  • 12 butir bawang merah

Cara Membuat Masakan Ikan Patin Asam Pedas

Membuat bumbu halus :

  1. Untuk semua bahan bumbu dihaluskan menggunakan ulekan atau bisa juga menggunakan blender agar lembut.

Cara memasak Ikan patin asam pedas :

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan patin dan membuang kotoran pada isi perutnya. Kemudian potong menjadi tiga bagian
  2. Selanjutnya apabila sudah bersih ikan patin dilumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng secukupnya lalu tumis semua bahan bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan kunyit, lengkuas, jahe, serai serta daun jeruk, lalu air dan juga asam kandis, aduk -aduk hingga mendidih.
  4. Selanjutnya masukan ikan patin, lalu masak hingga kuahnya mengental dan terlihat ikan patin matang. Kemudian tambahkan tomat sayur. Masak sampai matang. Angkat.
  5. Ikan patin asam pedas siap dihidangkan

Itulah dia resep masakan ikan patin asam pedas yang bias anda coba dirumah. Rasa yang gurih dan lezat olahan masakan ikan patin asam pedas ini tentunya akan membuat anda ketagihan. Bahannya pun sangat mudah ditemukan serta cara pembuatannya sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu banyak. Jadikan masakan ikan patin asam pedas ini sebagai makanan menu harian anda. Dan tentunya dengan membuat masakan ikan patin asam pedas ini menambah koleksi menu harian olahan masakan ikan dengan bahan dasar ikan patin. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya resep masakan ikan patin asam pedas ini kepada keluarga serta sahabat anda dan jangan lupa juga beri komentar. Terima Kasih

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Tempoyak

Ikan Patin Tempoyak

Banyak sekali olahan masakan dari ikan patin ini. Selain memiliki rasa yang khas patin juga memiliki tekstur dagingnya yang lembut. Ikan patin ini menjadi salah satu pilihan keluarga sebagai menu harian. Kali ini Ikan patin akan dikombinasikan dengan tempoyak tentunya akan sangat enak dan lezat. KarenaTempoyak merupakan bahan dari duriah yang sudah dipregmentasikan. Tempoyak ini banyak dijumpai di daerah sumatera dan juga di Kalimantan. Cara membuat ikan patin tempoyak ini sangat sederhana namun memiliki rasa yang khas ditambah dengan tambahan rempah berupa daun kessum yang bermanfaat untuk penyedap dan juga masakan menjadi harum. Daun kessum memang tidak mudah ditemukan, karena daun kesum ini bisa dijumpai di daerah Kalimantan.

Namun tridak perlu kuatir untuk membuat ikan patin tempoyak sebetulnya untuk aroma wangi dan sedap bisa digantikan dengan daun kemangi ataupun daun salam karena fungsinya memang sama agar masakan menjadi harum. Nah, bagi anda yang ingin membuat masakan ikan patin tempoyak berikut resep dan cara membuatnya :

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan patin Tempoyak

Review

4.8 review 87

Waktu Memasak

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ikan patin tempoyak

Bahan Utama :

  • 200 kg ikan patin
  • 3 sendok besar tempoyak (durian yang dipermentasi)
  • Daun kessum (bisan diganti dengan daun kemangi)
  • 1 batang seri, dimemarkan
  • ½ gelas air asam jawa
  • Gula secukupnya
  • 1 helai daun kunyit
  • Garam secukupnya

Bahan bumbu Dihaluskan :

  • 2 cabe merah (ukuran besar)
  • 10 biji cabe rawit
  • 1 cm kunyit, dipotong-potong
  • I cm jahe, dipotong-potong

Cara Membuat Masakan Ikan Patin Tempoyak

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah memotong/ iris daun kunyit. Kemudian sisihkan
  2. Selanjutnya ulek cabe rawit ditumbuk hingga sedikit lembut, setelah itu tambahkan cabe merah, ditumbuk kembali hingga sedikit halus, setelah itu tambahkan pula kunyit dan jahe, tumbuk kembali hingga semua tercampr dan halus, lalu tambahkan garam agar semua bahan yang ditumbuk mudah hancur dan lembut. Atau bisa menggunakan blender.
  3. Selanjutnya bahan yang ditumbuk simpan pada wajah yang sudah disiapkan diatas kompor.
  4. Kemudian tempoyak ditumbuk sebentar agar tidak lengket, lalu tambahkan air secukupnya lalu tuang kedalam wajan yang sudah diisi tumbukan bahan tadi lalu aduk-aduk, tambahkan kembali air secukupnya.
  5. Lalu tambahkan air asam jawa, aduk kembali.
  6. Tambahkan serai, kemudian daun kessum atau bisa juga diganti dengan daun kemangi dan juga tambahkan daun kunyit yang sudah dipotong-potong kecil.
  7. Selanjutnya nyalakan kompor dengan menggunakan api sedang biarkan hingga mendidih.
  8. Terakhir masukan ikan patin, lalu tambahkan garam secukupnya, kemudian gula secukupnya, lalu aduk sebentar dan tunggu hingga mendidih.
  9. Agar bumbu meresap kedalam ikan patin tersebut, gunakan api kecil lalu diamkan beberapa menit hingga mendidih dan matang. Ikan patin tempoyak siap dihidangkan.

Itulah dia  resep dan cara membuat masakan ikan patin tempoyak  yang bisa anda coba dirumah. Cukup mudah bukan serta cara pembuatannya pun sangat sederhana. Sajikan menu masakan ikan patin tempoyak ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Ikan patin tempoyak ini tentunya menambah koleksi menu makanan harian anda. Selamat mecoba.

Berikut adalah video cara membuat masakan ikan patin tempoyak

Jangan lupa share resep dan cara membuat masakan ikan patin tempoyak ini bersama dengan teman dan keluarga dan jangan lupa berikan komentar anda. Terima Kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Bakar

Ikan bakar merupakan makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Ikan bakar juga banyak ditemukan di restoran-restoran dan juga bahkan apabila anda sedang berlibur bersama dengan keluarga tercinta tentunya sajian ikan bakar ini selalu tersedia di tempat dimana anda sedang melakukan liburan. Bahkan banyak yang merasa ketagihan apabila setelah memakan ikan bakar ini. Ikan bakar sendiri memiliki rasa khas dan juga lezat, serta aroma baunya dari ikan bakar sangat nikmat apalagi ditambah beberapa perpaduan bahan rempah yang pastinya akan menambah selera makan anda. Ikan bakar ini banyak sekali ikan yang bisa di masak dengan cara dibakar, salah satunya ikan mas, ikan mujair dan ikan lainya. Namun kali ini yang akan kami bahas adalah cara membuat masakan ikan patin bakar.

Ikan patin ini hidup di air tawa dan memiliki kandungan gizi berupa protein hewani lebih besar dibandingkan dengan ikan tawar lainnya serta memilki tekstur dagingnya yang lembut. Karena itu ikan patin menjadi salah satu pilihan menu makanan favorit terlebih cara memasaknya dengan dibakar. Cara memasak ikan patin ini banyak sekali olahannya, sama seperti ikan lainnya, dan yang akan kami bahas kali ini adalah cara memasak ikan patin bakar. Penasarn bukan, yuk kita simak apa saja resep dan cara membuat masakan ikan patin bakar dibawah ini.

 
Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Bakar

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : 40 Menit

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk memasak ikan patin bakar

Bahan Utama :

  • ikan patin 2 ekor
  • bawang bombay (diiris)
  • cabai hijau (diiris)
  • cabai merah (diiris)
  • saus tomat secukupnya
  • kecap secukupnya
  • minyak goring untuk menumis
  • air secukupnya

Bahan pelengkap :

  • tomat 1 buah (diiris)
  • mentimun 1 buah (diiris menyamping)
  • jeruk nipis

Cara membuat masakan ikan patin bakar

Cara memasak :

  1. Yang pertama dilakukan membuang dan membersihkan isi ikan patin selanjutnya ikan dipotong menjadi tiga bagian, lalu ikan patin dibakar menggunakan panggangan, kemudian bolak balik agar merata matangnya. Lalu angkat dan sisihkan.
  2. Kemudian siapkan wajan lalu beri minyak goring secukupnya lalu tumis bawang Bombay, cabai hijau, dan cabai merah yang sudah diiris semuanya.
  3. setelah tumisan baunya sedap lalu tambahkan saus tomat dua sendok makan atau sesuai selera, lalu aduk hingga rata.
  4. Selanjutnya tambahkan kecap secukupnya dan juga air, kemudian aduk kembali hingga bumbu rata dan baunya tercium harum.
  5. Yang terakhir adalah masukan ikan patin bakar pada tumisan kemudian aduk- aduk hingga bumbunya meresap pada ikan patin bakar tersebut.
  6. Siapkan piring saji, kemudian angkat lalu taruh ikan patin bakar tersebut pada piring selanjutnya tambahkan bahan pelengkap berupa tomat dan juga mentimun yang sudah di iris kemudian taburi dengan perasan air jeruk nipis.  

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Demikianlah resep dan cara membuat masakan ikan patin bakar yang bias anda coba dirumah. Cukup mudah bukan serta cara pembuatannya pun sangat sederhana. Sajikan menu masakan ikan patin bakar ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Ikan patin bakar ini tentunya menambah koleksi menu makanan harian anda. Selamat mecoba.

Jangan lupa share resep dan cara membuat masakan ikan patin bakar ini bersama dengan teman dan keluarga dan jangan lupa berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Kuning

Ikan patin merupakan makanan yang kaya akan protein selain itu juga memiliki kandungan lemak rendah. Ikan patin sangat baik bagi kesehatan tubuh karena banyak memiliki kandungan nutrisi yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ikan patin juga sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan usia, bagi anak tentunya ikan patin ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, dan daya tahan tubuh.  Makanan ikan patin merupakan makanan pilihan yang sangat banyak digemari karena ikan patin memiliki rasa yang khas serta teksur yang lembut.

Bagi anda yang sangat menyukai makanan ikan patin kami sajikan resep masakan ikan patin bumbu kuning. Bumbu kuning  pada masakan  ikan patin ini berupa kunyit yang berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ikan patin tersebut ditambah dengan beberapa bahan bumbu lainnya yang membuat masakan ikan patin bumbu kuning ini semakin lezat dan enak kala disantap. Dengan membuat masakan ikan patin ini tentunya akan menambah koleksi menu makanan harian keluarga anda yang lebih bervariasi dari olahan ikan khususnya ikan patin yang kaya akan nutrisi.


Nama Resep

Resep dan Membuat Masakan Ikan Patin Bumbu Kuning

Review

4.8 review 89

Waktu Memasak

Persiapan :  menit

Memasak : menit

Total : menit

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat ikan patin bumbu kuning

Bahan utama

  • Ikan patin 2 ekor, buang isi dalam perutnya, kemudian bersihkan
  • Sereh 1 batang dimemarkan
  • Lengkuas 2 cm dimemarkan
  • 5 belimbing wuluh, belah menjadi dua bagian
  • Gula pasir 1 sdm
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • 2 Cabe merah ukuran besar, buang bijinya kemudian potong serong
  • 21 buah tomat ukuran sedang dan iris menjadi 4 bagian
  • Daun bawang secukupnya, diiris
  • Garam secukupnya
  • Minyak goring secukupnya
  • Santan atau air masak 400 ml

Bahan bumbu :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung  bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 cm  kunyit
  • 2 biji kemiri

Cara memasak Ikan patin Bumbu kuning

Cara Membuat bumbu halus :

  1. Semua bahan bumbu dihaluskan dengan cara diulek atau menggunakan blender.

Cara Memasak :

  1. Siapkan wadah kemudian simpan ikan patin, kemudian lumuri dengan garam dan perasan air jeruk nipis, agar bau amis pada ikan patin hilang. Diamkan selama 15 menit.
  2. Selanjutnya siapkan wajan diatas kompor kemudian tuangkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan patin hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu tumis bahan bumbu halus menggunkan minyak goring secukupnya sampai harum.
  4. Selanjutnya masukan santan, garam, gula, tomat, daun bawang, belimbing wuluh, cabei merah, sereh dan juga daun salam.
  5. Setelah semua bumbu sudah tercampur lalu masukan ikan patin yang sudah digoreng, kemudian wajan ditutup agar air mendidih meletup-letup serta bumbu meresap pada ikan patinnya.
  6. Setelah masak diamkan sebentar lalu hidangkan selagi hangat.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Demikian resep dan cara membuat masakan ikan patin bumbu kuning yang bisa anda praktekan dirumah. Begitu mudah sederhana dan kaya akan kandungan gizi untuk disajikan  menjadi menu hidangan utama. Hidangkan masakan ikan patin bumbu kuning ini pada keluarga tercinta anda. Jangan lupa juga bagikan resep masakan ikan patin ini agar teman dan keluarga anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Membuat Ikan Tuna Saus Asam Manis

ikan tuna asam manis

Ikan tuna salah satu ikan yang bisa diolah dengan sangat baik, karena memiliki rasa yang lezat kala dimasak.

Nah bagi anda yang sangat menyukai masakan ikan, terutama ikan tuna ada baiknya dimasak dengan cara yang unik dan cepat namun memiliki rasa yang tetap lezat dan juga nikmat. Salah satunya adalah dimasak dengan cara membuat ikan tuna saus asam manis, dengan cara digoreng terlebiuh dahulu ikan tuna nya kemudian baru membuat bumbunya berupa saus, yang cara penyajiannya pun saus tersebut disiramkan pada ikan tuna yang sudah digoreng. Mudah bukan, resep ikan asam manis ini banyak tersaji di restoran atupun dirumah makan lainnya, dan tentunya memiliki harga yang mahal. Dari pada anda membelinya lebih baik mencobanya sendiri dirumah. Barikut iniu kami berikan resep dan cara membuat ikan tuna saus asam manis

Nama Resep

Resep Masakan Membuat Ikan Tuna Saus Asam Manis

Review

4.7 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Tuna Saus Asam Manis

Bahan Utama

  • 500 gram Fillet ikan Tuna, potong dadu
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan perasan air jeruk nipis/ lemon
  • 6 sendok makan tepung maizena

Bahan Saus

  • 1 buah wortel ukuran sedang, dipotong korek
  • 80 gram kacang polong
  • 1 buah bawang Bombay, ptong memanjang
  • 3 buah bawang putih, digeprek
  • 2 cm jahe, dicincang halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 6 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 1 buah cabe merah, diris-iris
  • 1 buah cabe besar hijau, diiris-iris
  • 1 sendok makan saus sambal pedas (sesuai selera)
  • 150 ml air
  • 1 sendok makan tepung maizena untuk pengental

Cara Membuat Ikan Tuna Saus Asam Manis

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan hingga bersih kemudian lumuri dengan garam dan juga perasan air jeruk serta merica bubuk, lalu aduk hingga rata, diamkan sekitar 15 menit.
  2. Seteleh itu lumuri dengan tepung maizena, aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu masukan ikan hingga matang dan warnanya kecoklatan, angkat lalu tiriskan.

Cara Membuat Saus

  1. Yang pertama dilakukan adalah memanaskan minyak goreng untuk menumis lalu masukan bawang Bombay dan juga bawang putih hingga harum, lalu tambahkan jahe, lalu sayuran, aduk-aduk hingga rata dan sayur menjadi layu.
  2. Setelah itu tambahkan air, lalu masukan semuan sisa bahan bumbu terkecuali tepung maizena, aduk-aduk hingga rata dan mendidih.
  3. Setelah itu tambahkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan air agar mengental, lalu masak hingga mendidih atau meletup-letup.
  4. Simpan ikan pada piring saji lalu siram diatasnya dengan saus hingga rata
  5. Ikan tuna saus asam siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep Masakan Membuat Ikan Tuna Saus Asam Manis yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembauatan yang sangat sederhana, dengan begitu anda dapat menambah koleksi menu harian anda. Bagi anda yang mempunyai selera makan pedas, bisa anda tambahkan cabai ataupun saus sesuai selera. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Membuat Ikan Tuna Saus Asam Manis kepada semua teman pecinta kuliner selerasa.com, jangan lupa beri komentar dibawah ini ya, terima kasih

Resep dan Cara Membuat Ikan Tuna Bumbu Acar Kuning Enak dan Lezat

ikan tuna bumbu acar kuning

Membuat ikan tuna bumbu acar kuning bisa anda sajikan untuk si kecil, karena memiliki kandungan gizi yang baik.

Aneka resep ikan memang banyak sekali varian masakan yang bisa disajikan, salah satunya masakan ikan tuna, ikan patin, ikan gurame dan masih banyak lagi ikan tawar ataupun ikan laut yang bisa dibuat menbjadi masakan yang sangat lezat serta istimewa. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah ikan tuna, dimana ikan tuna ini memiliki kandungan yang sangai baik baik, berupa protein hewani yang sangat bermanfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun kandungan yang baik untuk perkembangan otak sang anak adalah kandungan asam lemak omega 3.

Ikan tuna selain memiliki kandungan gizi yang baik, ternyata ikan tuna ini memiliki tekstur daging yang lembut serta tanpa duri yang tentunya sangat aman dikonsumsi bagi siapapun terlebih bagi anak-anak. Nah bagi anda yan g memiliki daging ikan tuna dirumah dan masih bingung harus dimasak seperti apa, berikut kami berikan resep dan cara membuat ikan tuna bumbu acar kuning enak dan lezat, berikut kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Tuna Bumbu Acar Kuning Enak dan Lezat

Review

4.6 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Tuna Bumbu Acar Kuning Enak dan Lezat

Bahan

  • 500 gran fillet, ikan tuna
  • 1 buah wortel
  • 100 gram buncis
  • 1 buah mentimun
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 biji kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • Merica / lada secukupnya
  • 350 ml air kaldu
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai

Cara membuat Ikan Tuna Bumbu Acar Kuning enak dan lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci bersih ikan tuna
  2. Selanjutnya uleg bawang putih, jahe, kemiri dan juga kunyit, (untuk kemiri dan kunyit digoreng dulu sebentar)
  3. Setelah itu  wortel di potong-potong, Kemudian mentimun dan juga buncis, lalu belah dua bawang merah, lalu sereh digeprek.
  4. Setelah itu panaskan minyak goreng sekitar 2 sdm, kemudian tumis bumbu halus, lalu tambahkan pula salam, daun jeruk serta sereh hingga baunya harum dan matang, lalu beri sedikit air, setelah itu tambahkan wortel dan juga ikan tuna, setelah terlihat berubah warna kemudian tambahkan sisa air dan masukan buncis dan juga mentimun. diamkan hingga mendidih
  5. Setelah mendidih, tambahkan gula, garam, merica serta bawang dan juga cabe rawit dan juga air jeruk nipius, aduk-aduk hingga matang.
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Tuna Bumbu Acar Kuning yang bisa nada coba dirumah. Bahan yang mudahj ditemukan dan cara pembuatan yang sederhana, namun tetap memiliki citra rasa dari bumbu yang nikmat kala disantap. Bagi anda yang suda dengan masakan pedas, bisa anda tambahkan cabai dalam pembuatannnya. Untuk itui sajikan bersama dengan nasi putih hangat bersama dengan keluarga tercinta anda. Dengan membuat ikan tunabumbu acar kuning tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Dan jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Tuna Bumbu Acar Kuning pada semua keluarga pecinta kuliner selerasa.com dimanapun berada, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Tuna Goreng Tepung Bumbu Asam Manis

resep tuna goreng tepung asam manis

Hidangan ikan tuna goreng tepung bumbu asam manis mungkin sering anda jumpai direstoran.

Hidangan ini umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, daripada anda membelinya di restoran, kali ini anda akan dapat membuat sendiri dirumah. Inilah dia resep membuat ikan tuna goreng tepung bumbu asam manis.

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Tuna Goreng Tepung Bumbu Asam Manis

Review

4.7 review 101

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tuna Goreng Tepung Bumbu Asam Manis

Bahan Utama Membuat Tuna Goreng Tepung:

  • 300 gram tuna fillet potong dadu
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh air jeruk lemon
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup Ikan Tuna Goreng:

  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 15 gram tepung maizena
  • 150 ml air es
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bahan Saus Asam Manis:

  • 1/2 sendok makan kecap inggris
  • 2 siung bawang putih memarkan
  • 1/2 buah bawang bombay iris panjang
  • 125 gram saus tomat
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air kaldu ayam
  • 1 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang daun bawang iris miring
  • 1/2 sendok makan tepung sagu 1/2
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Ikan Tuna Goreng Tepung Bumbu Asam Manis

Cara Membuat Ikan Tuna Goreng Tepung:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk membuat ikan tuna goreng tepung adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan tuna dengan menggunakan air bersih hingga kotoran dan kuman yang ada didalamnya bisa diberihkan dengan baik.
  2. Setelah ikan dibersihkan dengan baik, sekarang tempatkan ikan pada tatakan seperti talenan dan berikan taburan garam dan merica bubuk. Lalu aduk-aduk dengan menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur merata.
  3. Lalu berikan perasan air jeruk lemon dan minyak goreng, aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata.
  4. Setelah diberikan bahan-bahan diatas, sebaiknya masukkan ikan kedalam wadah tutupi bagian atasnya dengan plastik dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Selagi menunggu ikan didiamkan selama waktu yang ditentukan, sekarang kita akan buat bahan pencelupnya. Caranya campur dan aduk rata semua bahan pencelup.
  6. Jika sudah tiba waktunya, silahkan celupkan ikan pada bahan pencelup dan siapkan wajan dengan minyak goreng yang telah dipanaskan. Lalu goreng ikan hingga matang dan renyah secara merata.
  7. Silahkan goreng ikan dengan menggunakan api sedang hingga ikan matang dan berwarna kecoklatan.
  8. Setelah matang, angkat dan tiriskan minyaknya pada piring yang dilapisi dengan tisu handuk agar minyaknya menyerap.

Cara Membuat Saus Asam Manis:

  1. Cara pertama yang boleh anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menyiapkan wajan dan berikan minyak sedikit lalu tunggu hingga minyak menjadi lebih panas.
  2. Setelah panas, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga tercium bau harum yang sedap dan bahan yang ditumis menjadi lebih layu secara merata.
  3. Setelah harum, masukkan kecap inggris kedalamnya dan aduk-aduk hingga merata.
  4. Tuangkan air dan masak hingga air mendidih, lalu tambahkan garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk-aduk hingga merata sampai semua bumbu tercampur merata.
  5. Terakhir, silahkan kentalkan bumbu asam manis dengan larutan tepung sagu yang sudah kita siapkan. Masukkan pula daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk merata.

Setelah saus matang dan siap disajikan, sekarang tata ikan gtuna goreng tepung pada piring saji dan sirami bagian atasnya dengan saus asam manis yang telah kita buat barusan.

Jangan lupa share resep kali ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Bumbu Asam Pedas yang Enak, Segar dan Mudah

resep tuna asam manis

Hidangan ikan tuna bumbu asam pedas cocok sekali disajikan untuk keluarga.

Pasalnya, selain nikmat hidangan ini cukup mudah dipraktikan dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat masakan ikan tuna bumbu asam pedas yang enak dan nikmat? Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Bumbu Asam Pedas yang Enak, Segar dan Mudah

Review

4.5 review 33

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Tuna Bumbu Asam Pedas yang Enak, Segar dan Mudah

Bahan Utama Ika Tuna Bumbu Asam Pedas:

  • 200 gr Fillet ikan tuna
  • 3 sdm Air perasan lemon
  • 1/4 sdt Garam
  • 2 lembar Daun jeruk
  • 1 sdm Saus tomat
  • 1 sdm Kecap manis
  • 1/4 sdt Gula
  • Olive Oil secukupnya, untuk menggoreng

Bahan dan Bumbu Ikan Tuna yang Diaduk Rata:

  • 3 sdm Tepung terigu
  • 1/2 sdt Ketumbar bubuk
  • 1/4 sdt Pala bubuk
  • 1 sdt Garam
  • 1/4 sdt Merica

Bahan yang Dikocok Lepas:

  • 1 butir telur, ambil putihnya

Bumbu Ikan Tuna yang Dihaluskan:

  • 2 butir Bawang putih
  • 50 gr Bawang Bombay
  • 2 cm Kunyit
  • 2 siung Bawang merah
  • 2 sdm Olive Oil
  • 2 cm Jahe
  • 3 buah Cabai merah besar (buang biji)
  • 4 buah Cabai rawit merah
  • 1 buah Tomat ukuran sedang

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Bumbu Asam Pedas yang Enak, Segar dan Mudah

Cara Membuat Ikan Tuna Goreng:

  1. Pertama, hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah kali ini adalah dengan mencuci bersih daging ikan tuna yang telah difillet dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang menempel pada ikan diberishkan dengan baik.
  2. Setelah dicuci bersih, selanjutnya letakan ikan pada tatakan dan berikan dengan perasan air jeruk lemon dan taburan garam serta bawang putih bubuk sedikit saja. Lalu lumuri dengan menggunakan tangan agar perasan jeruk dan bawang putih bubuk bisa melumuri semua bagian daging ikan tuna.
  3. Setelah itu, masukkan ikan kedalam mangkuk atau wadah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap kedalamnya.
  4. Setelah 15 menit, lumuri ikan fillet dengan adonan putih telur yang sudah dikocok lepas. Pastikan semua bagian daging dilumuri dengan sempurna.
  5. Lalu gulingkan ikan pada tepung terigu secara merata.
  6. Lumuri kembali ikan dengan putih telur dan kembali gulingkan diatas tepung. Setelah dua kali pengulangan ini baru anda bisa menggoreng ikan.
  7. Siapkan wajan, berikan minyak goreng dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas secara merata. Lalu masukkan ikan fillet yang sudah dicelupkan tadi kedalamnya dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  8. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya.

Cara Membuat Saus Asam Pedas:

  1. Pertama, silahkan tumis terlebih dahulu bumbu yang telah dihaluskan pada wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk hingga tercium bau harum yang sedap dan bahan menjadi lebih layu, gunakan api kecil sewaktu menumis bumbu ini.
  2. Setelah itu, masukkan garam, gula, saus tomat dan juga kecap manis kedalam tumisan bumbu apabila bumbu halus yang ditumis sebelumnya sudah mengeluarkan aroma harum.
  3. Tuangkan air perasan jeruk lemon sesuai dengan selera kedalam tumisan bumbu dan aduk-aduk merata sampai bumbu meletup-letup.

Jika bumbu asam pedas ini sudah matang, silahkan angkat dan sajikan bersama dengan ikan goreng yang sudah kita buat tadi dengan cara menyiraminya dibagian atas ikan. Sajikan hidangan ini untuk keluarga tercinta selagi masih hangat. Demikian resep membuat sajian ikan tuna bumbu asam pedas yang enak dan nikmat.

Jangan lupa berikan komentar anda dan share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat.

Resep Membuat dan Cara Memasak Ikan Tuna Bumbu Pedas yang Enak dan Nikmat

resep tuna asam pedas

Sajian masakan ikan tuna bumbu pedas adalah hidangan makanan yang lezat.

Rasa pedas yang nikmat yang berpadu dengan gurih dan nikmatnya ikan tuna akan membuat hidangan yang anda masak menjadi hidangan istimewa dan nikmat. Hidangan ini cocok sekali disajikan untuk keluarga. Nah, agar ibu bisa menyajikan sendiri sajian ini dirumah, kita simak resepnya berikut ini.

Nama Resep

Resep Membuat dan Cara Memasak Ikan Tuna Bumbu Pedas yang Enak dan Nikmat

Review

4.8 review 142

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tuna Bumbu Pedas yang Enak dan Nikmat

Bahan Utama Ikan Tuna Bumbu Pedas:

  • 250 g ikan tuna
  • 1 sdt kecap asin
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml air
  • 1/4 sdt gula pasir
  • minyak untuk menumis

Bumbu IKan Tuna yang Dihaluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 siung bawang putih

Cara Memasak Ikan Tuna Bumbu Pedas yang Enak dan Nikmat

Cara Membersihkan Ikan Tuna:

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini bisa dilakukan dengan cara mengolah ikan tuna terlebih dahulu sebelum kita masak dan dibumbui dengan rempah dan bahan lainnya.
  2. Cara mengolah ikan tuna yang pertama saya lakukan dengan mencuci bersih ikan dengan air yang mengalir danmemastikan jika kotoran dan kuman yang menempel pada ikan serta lendir dikulitnya bisa dibersihkan dengan benar.
  3. Setelah ikan dicuci, selanjutnya dipotong-potong dengan bentuk dadu sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.
  4. Sebelum ikan dimasak, saya juga lebih suka memberikan perasan air jeruk nipis, taburan garam dan merica pada badan ikan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan dan memberikan rasa. Jadi seaktu ikan dimasak rasanya sudha keluar dari bumbu rendaman yang kita berikan.
  5. Setelah itu, sisihkan dan diamkan terlebih dahulu ikan tuna selama kurang lebih 15 menit sebelum kita masak dengan bumbu lain.

Cara Membuat Bumbu Racikan Pedas:

  1. Pertama, kita tumis terlebih dahulu bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan serai pada wajan yang diberikan minyak dan telah dipanaskan. Silahkan tumis hingga bumbu yang dimasukkan tadi mengeluarkan bau aroma yang sedap dan nikmat.
  2. Setelah bumbu tumisan harum, sekarang tuangkan air kedalamnya dan didihkan air sementara.
  3. Lalu masukkan ikan tuna yang sudah kita lumuri dengan bumbu sebelumnya, aduk-aduk dan tumis hingga ikan berubah warnanya menjadi lebih coklat dan setengah matang serta teksturnya menjadi lebih kaku.
  4. Tuangkan kecap manis, kecap ikan, garam, merica bubuk dan gula pasir pada rebusan ikan dan aduk-aduk hingga merata.
  5. Masak ikan hingga matang dan bumbu yang dimasukkan menjadi lebih meresap kedalamnya secara merata. Tunggu hingga kuah ikan menysut dan lebih mengental.

Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring saji, sebagai sentuhan terakhir untuk mempercantik penampilan ikan tuna yang kita masak anda bisa memberikan taburan bawang goreng dan potongan cabai dibagian atasnya. Hidangkan sajian ini untuk keluarga tercinta dirumah.

Demikian resep membuat sajian ikan tuna bumbu pedas yang lezat dan nikmat, semoga resep ini bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Sajian Ikan Tuna Saus Asam Manis yang Segar dan Enak

resep tuna bumbu pedas

Bingung menghidangkan sajian lezat untuk menu makanan keluarga dirumah?

Yuk, kita simak resep lezat sajian ikan tuna saus asam manis yang segar dan enak berikut ini. Inilah dia resep ikan tuna saus asam manis yang segar dan enak.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sajian Ikan Tuna Saus Asam Manis yang Segar dan Enak

Review

4.8 review 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Ikan Tuna Saus Asam Manis yang Segar dan Enak

Bahan Utama Membuat Tuna Asam Manis:

  • 500 gr Fillet ikan Tuna putih, potong kecil
  • 1 sdm juice jeruk lemon/nipis
  • 1 sdt garam /sesuai selera
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 6 sdm tepung maizena

Bahan Membuat Saus Asam Manis:

  • 1 bh wortel ukuran sedang, kupas dan potong korek api
  • 80 gr kacang polong
  • 1 bh bawang bombay, potong memanjang
  • 3 bh bawang putih, press
  • 1 sdt fish sauce (kecap ikan)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 cm jahe, cincang halus
  • 6 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal pedas (opsional)
  • 1 bh paprika merah, buang biji, potong kecil
  • 1 bh paprika kuning, buang biji potong kecil
  • 150 ml air
  • 1 sdm tepung maizena untuk pengental

Cara Membuat Sajian Ikan Tuna Saus Asam Manis yang Segar dan Enak

Cara Memasak Ikan Tuna:

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada resep kali ini adalah dengan memasak ikan tuna terlebih dahulu sebelum kita goreng dan kita masak bersama dengan saus asam manis yang lezat dan nikmat.
  2. Untuk memasak ikan tuna, terlebih dahulu pastikan jika anda telah membersihkannya dengan menggunakan air dan kotoran serta lendir yang ada pada ikan bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Setelah itu, tempatkan ikan pada talenan atau tatakan (setelah ikan dicuci) lalu berikan taburan merica bubuk dan garam, aduk-aduk hingga merata sampai semua bagian permukaan ikan terlumuri dengan bumbu ini.
  4. Lalu berikan perasan jeruk nipis disemua bagian permukaannya. Hal ini difungsikan agar ikan tuna yang kita masak terhindar dari bau amis yang tdak sedap yang menempel pada ikan.
  5. Masukkan ikan kedalam mangkuk atau wadan dan tutupi bagian atasnya dengan menggunakan plastik wrap dan sisihkan sementara biarkan bumbu lumuran yang kita berikan tadi meresap pada ikan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Nah, apabila sudah lewat waktunya, silahkan lumuri ikan dengan tepung mazeina secara merata pada semua bagian permukaan ikan.
  7. Setelah itu, siapkan penggorengan dan goreng ikan pada minyak panas hinga erwarna kecoklatan dan bagian permukaan ikan terlihat renyah. Angkat dan letakan diatas piring yang telah diberikan alas tisu handuk untuk meniriskan minyaknya agar menyerap.

Cara Membuat Saus Asam Manis:

  1. Pertama, panaskan sedikit minyak dalam wajan anda bisa menggunakan minyak sisa menggoreng tadi.
  2. Setelah minyak panas, masukkan bawang bombay dan bawang putih dan tumis hingga kedua bahan ini mengeluarkan aroma harum yang sedap dan nikmat.
  3. Masukkan jahe yang telah dipotong-potong dan tumis kembali hingga tercium bau harum.
  4. Sekarang masukkan sayuran , audk-aduk hingga setengah layu dan tambahkan air kedalamnya bersama dengan sisa bumbu yang belum dimasukkan terkecuali tepung mazeina.
  5. Masak dan biarkan air mendidih secara merata dan masak sampai bumbu kuah menjadi menyusut.
  6. Terakhir, kentalkan kuah saus asam manis dengan menggunakan larutan mazeina dan aduk-aduk dengan cepat sampai kuah mengental. Setelah kuah meletup-letup dan bumbunya pas silahkan angkat.

Setelah matang dan bumbu sudah siap anda bisa menyajikan hidangan ini dengan menyiramkan bumbu saus asam manis diatas potongan ikan goreng yang renyah dan lezat. Hidangan ini akan terasa lebih lezat dan nikmat jika disajikan dan disantap bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep Memasak dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

resep sup ikan tuna kuah pedas

Hidangan sup ikan tuna kuah pedas adalah salah satu menu sajian istimewa.

Sajian ini bukan hanya nikmat, namun juga cukup mudah dibuat sendiri dirumah. Seperti apa resep membuat sup ikan tuna kuah pedas yang enak dan lezat? Kita simak resepnya berikut ini.

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

Review

4.8 review 115

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas:

  • 600 Gram ikan tuna
  • 1/2 lembar daun kunyit
  • 3 buah tomat, potong-potong
  • 1 batang serai, ambil putih dan memarkan
  • 15 tangkai kemangi, ambil daunnya
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1.000 ml air

Bumbu Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Dihaluskan:

  • 10 buah cabai merah
  • 1 cm lengkuas
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 8 butir bawang merah
  • 2 cm jahe bakar
  • 2 cm kunyit, bakar

Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Ikan Tuna Sebelum Diberikan Bumbu:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan mencuci bersih ikan dengan menggunakan air bersih yang mengalir, lalu pastikan jika kotoran dan lendir yang menempel pad aikan bisa dibersihkan dengan baik.
  2. Setelah selesai dibersihkan dengan air bersih, sekarang silahkan potong-potong ikan dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan memotong ikan terlalu kecil agar sup ikan yang dibuat tidak hancur.
  3. Selesai dipotong-potong, sekarang masukkan ikan kedalam wadah dan lumuri bagian permukaan ikan dengan air perasan jeruk nipis secara merata. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan kotoran dan meminimalisir bau amis yang menempel pada ikan sehingga ketika ikan dimasak aromanya akan lezat dan rasanya nikmat.
  4. Lalu diamkan dan sisihkan ikan yang sudah diberikan lumuran jeruk nipis selama kurang lebih 10-15 menit dan biarkan jeruk nipis meresap kedalamnya.

Cara Membuat Bumbu Sup Ikan Tuna Kuah Pedas:

  1. Setelah ikan dilumuri dengan air jeruk nipis, sekarang siapkan wajan dan masukkan minyak kedalamnya, tunggu hingga minyak menjadi panas dan goreng ikan terlebih dahulu sampai ikan menjadi kecoklatan dan krispi.
  2. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya sebentar.
  3. Pada wajan lain dengan memanaskan sedikit minyak, masukan semua bahan halus dan tumis hingga bahan tersebut mengeluarkan aroma sedap dan harum yang lezat.
  4. Setelah bumbu tumisan mengeluarkan aroma yang lezat, sekarang tungkan air kedalamnya dan biarkan air mendidih sementara. Lalu setelah itu, masukkan potongan tomat dan biarkan tomat mengeluarkan airnya.
  5. Masukkan ikan tuna yang telah digoreng kedalamnya dan rebus terus hingga air kuah sup ikan tuna menyusut dan masak dengan menggunakan api kecil hingga bumbu meresap pada ikan tuna.
  6. Tuangkan garam dan bumbu-bumbu lain kemudian masak kembali sampai bumbu meresap pada ikan tuna goreng yang sedang direbus.

Setelah matang, silahkan angkat sajian sup ikan tuna kuah pedas ini dan sajikan pada mangkuk saji yang telah anda persiapkan. Sebagai sentuhan akhir anda bisa memberikan taburan bawang goreng dan potongan cabai atau memberikan cabai merah utuh dibagian atasnya sebagai garnish untuk mempercantik penampilannya dan membuatnya menjadi terlihat lebih menggoda.

Demikian resep dan cara membuat sajian sup ikan tuna kuah pedas yang nikmat dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep Membuat dan Cara Memasak Sup Ikan Tuna Kuah Asam Pedas yang Bening dan Segar

resep sup ikan tuna asam pedas

Lezatkan selera santapan keluarga dengan menu hidangan istimewa sup ikan tuna kuah asam pedas.

Sajian ini cocok sekali dihidangkan untuk makan siang dengan kuah asam yang segar. Yuk, kita simak resep berikut ini untuk mengetahui cara membuat sup ikan tuna kuah asam pedas.

Nama Resep

Resep Membuat dan Cara Memasak Sup Ikan Tuna Kuah Asam Pedas yang Bening dan Segar

Review

4.7 review 124

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Tua Kuah Asam Pedas yang Bening dan Segar

Bahan Utama Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Asam Pedas:

  • 250 gram ikan tuna
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 4 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • 750 ml air
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 2 buah tomat hijau, potong-potong
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 batang daun bawang, potong 1 1/2 cm
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Sup IKan Tuna Kuah Asam Pedas yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 2 butir kemiri, sangrai

Cara Memasak Sup Ikan Tua Kuah Asam Pedas yang Bening dan Segar

Cara Membersihkan Ikan Tuna Sebelum Dimasak:

  1. Pertama-tama, hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada resep kali ini adalah dengan membersihkan ikan tuna yang sudah anda beli dengan menggunakan air bersih.
  2. Silahkan cuci bersih ikan tuna dan pastikan jika kotoran atau lendir yang ada pada ikan bisa dibersihkan dengan benar.
  3. Setelah dicuci bersih, sekarang potong tebal ikan setebal 1 1/2 cm atau sesuai dengan potongan yang anda inginkan.
  4. Masukkan kedalam wadah dengan ukuran sedang dan lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan taburan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan.
  5. Lalu setelah itu sisihkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit biarkan jeruk nipis meresap pada ikan.

Cara Membuat Bumbu Sup Ikan Tuna:

  1. Langkah pertama untuk membuat bumbu sup ikan adalah dengan memanaskan minyak goreng pada wajan atau panci lalu tunggu hingga minyak menjadi panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan serai, daun jeruk, salam dan jahe hingga tericum bau harum yang sedap dan bahan-bahan yang ditumis menjadi lebih layu dan matang secara merata.
  3. Setelah tercium bau harum sekarang silahkan masukkan tomat hijau dan aduk-aduk hingga layu.
  4. Tuangkan air kedalam tumisan bumbu dan didihkan. Lalu masukkan belimbing wuluh. Aduk-aduk belimbing wuluh hingga hampir layu dan biarkan sari asamya meresap bersama dengan kuah sup ikan.
  5. Lalu masukkan ikan tuna yang telah diberikan lumuran perasan jeruk nipis dan air. Aduk-aduk lalu berikan bumbu seperti garam dan gula pasir dan masak hingga ikan menjadi lebih matang secara merata.
  6. Menjelang diangkan, tambahkan daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai daun bawang yang baru saja dimasukkan menajdi lebih layu agar tidak tercium bau bawang yang menyengat.

Nah, jika sudah matang, kini anda telah siap menyajikan hidangan ini untuk keluarga tercinta. Sajian ini juga lezat dijadikan untuk menu berbuka puasa nanti bersama dengan keluarga.

Demikian resep dan cara membuat sajian sup ikan tuna bumbu asam pedas yang segar dan nikmat, semoga resep ini bisa dengan mudah ibu buat dirumah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep Memasak dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening yang Sedap

resep sup ika tuna kuah bening

Sajikan lezatnya sup ikan tuna kuah bening dirumah untuk keluarga tercinta.

Hidangan ini selain lezat, juga cukup mudah dibuat sendiri dirumah. Ingin tahu seperti apa cara membuat sup ikan tuna kuah bening yang sedap? Simak resepnya berikut ini.

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening yang Sedap

Review

4.7 review 143

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening yang Sedap

Bahan Utama Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening:

  • 500 gr daging ikan tuna
  • 1 lembar daun jeruk nipis
  • 1/4 daging buah tomat
  • 200 ml air
  • 1 siung bawang putih, iris
  • 1/2 sendok teh bawang goreng
  • 1 sendok teh mentega
  • 1 siung bawang merah, iris

Bumbu Sup Ikan Tuna:

  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya penyedap rasa
  • 1 batang duan bawang
  • 1 batang seledri

Bahan Pelengkap Sup Ikan Tuna:

  • Bawang goreng
  • Nasi putih hangat
  • Kerupuk

Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening yang Sedap

Cara Mengolah Ikan Tuna Sebelum Dimasak dan Dibumbui:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu pada resep kali ini adalah dengan membersihkan daging ikan tuna sebelum kita bumbui dengan bumbu dan rempah untuk disajikan menjadi hidangan sup ikan tuna yang lezat dan nikmat.
  2. Untuk membersihkan ikan tuna pertama silahkan cuci bersih dnegan menggunakan air mengalir dan bersihkan bagian permukaan ikan dengan tangan, pastikan jika kotoran dan lendir pada ikan bisa dibersihkan dengan benar.
  3. Setelah itu, potong dadu ikan tuna dengan ukuran yang diinginkan. Untuk bisa memotong dadu ikan tuna bisa dilakukan dengan memotong bagian perut ikan tuna dikedua sisi, lalu potong-potong dengan bentuk kotak dadu.
  4. Jika sudah dipotong dengan bentuk dadu, sekarang cuci bersih daging dengan air yang mengalir dan masukkan kedalam wadah atau baskom. Lalu tiriskan air cuciannya hingga bersih.
  5. Setelah ditiriskan, berikan taburan garam dan perasan jeruk nipis pada badan ikan untuk menghilangkan bau amis yang kurang sedap.

Cara Membuat Bumbu Sup Ikan Tuna Kua Bening:

  1. Untuk membuat bumbu sup ikan pertama siapkan wajan dan berikan mentega, tunggu hingga meleleh dan panas lalu tumis tomat yang sudah dicincang halus bersama dengan bawnag merah dan bawang putih hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  2. Setelah beraroma harum, kemduian masukkan ikan tuna yang telah anda potong-potong dadu secara merata.
  3. Masukkan daun jeruk kedalamnya, dengan sedikit diremas-remas dan aduk-aduk lalu tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan bahan menjadi lebih layu merata.
  4. Tunggu dan masak sejenak ikan tuna yang sudah dimasukkan dalam tumisan sampai warnanya berubah menjadi setengah matang , lalu tuangkan air secukupnya.
  5. Tunggu hingga air mendidih dan masak ikan tuna hingga empuk dan matang secara merata. Jangan lupa untuk memasukan bumbu seperti garam, gula, penyedap rasa dan merica bubuk yang telah dipersiapkan.
  6. Terakhir menjelang matang masukkan daun bawang dan seledri kedalamnya untuk menambah rasa dan selera ikan tuna yang kita masak.

Jika sudah matang, silahkan sajikan sup ikan tuna kuah bening dengan bumbu yang lezat ini pada mangkuk saji yang telah kita persiapkan sebelumya. Sajian ikan tuna ini akan lebih nikmat apabila disantap saat masih hangat dan jangan lupa berikan taburan bawang goreng dibagian atasnya untuk menambah rasa dan selera. Demikian resep dan cara membuat sajian sup ikan tuna kuah bening yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

resep sup ikan tuna gurih

Sajian sup ikan tuna kuah gurih adalah salah satu menu hidangan utama yang memiliki cita rasa sedap dan nikmat.

Selain dinikmati oleh orang dewasa, hidangan ini cocok disajikan untuk anak-anak. Nah, bagi ibu yang penasaran ingin menyajikan sendiri hidangan ini dirumah, yuk kita simak resep membuat sup ikan tuna kuah gurih berikut ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Review

4.9 review 124

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Bahan Utama Sup Ikan Tuna:

  • 1 ekor ikan tuna ukuran 500 gram
  • 1 lembar daun jeruk nipis
  • 1 siung bawang merah, iris tipis
  • 1/4 daging buah tomat, potong wedges
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdt garam
  • Air secukupnya
  • 1 sdt mentega untuk menumis
  • 2 sdt gula pasir

Bahan Pelengkap Sup Ikan Tuna:

  • 1 batang daun bawang
  • 3 butir cabai merah, biarkan utuh
  • Bawang goreng secukupnya
  • Nasi putih hangat

Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Cara Mengolah Ikan Tuna Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan tuna yang sudah anda persiapkan sebelum kita olah dan dibumbui dengan rempah dan tersaji menjadi hidangan istimewa yang lezat.
  2. Untuk membersihkannya, pertama silahkan bersihkan bagian permukaan ikan tuna dengan menggunakan air bersih, pastikan jika lendir yang ada pada ikan bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Selanjutnya, potong-potong daging ikan tuna dengan ukuran sesuai dengan yang anda inginkan. Disini saya mengguankan ikan tuna dnegan ukuran sedang dan memotongnya menjadi 5-6 bagian.
  4. Setelah bersih dari cucian dan sudah dipotong-potong kesemuanya menjadi ukuran yang anda inginkan, sekarang angkat daging ikan tuna dari cucian dan masukkan dalam wadah kemudian tiriskan air cuciannya.
  5. Sebelum diolah dan dimasak, sebaiknya berikan taburan garam dan perasan jeruk nipis pada bagian permukaan ikan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ikan.
  6. Lalu sisihkan sementara sebelum kita masak dan kita olah dengan bumbu sup ikan.

Cara Membuat Sup IKan Tuna Kuah Gurih:

  1. Pertama, kita panaskan wajan terlebih dahulu dan masukkan margarine kedalamnya, tunggu hingga margarin meleleh dan panas.
  2. Setelah panas, masukkan bawang bombay, bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan bahan-bahan yang ditumis menjadi lebih layu secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan air matang kedalamnya, dan masukkan ikan tuna lalu rebus hingga matang dan ikan yang dimasak menjadi lebih kaku teksturnya dan matang secara merata.
  4. Terakhir, masukkan wortel dan bunga kol kedalam rebusan ikan tuna, aduk-aduk hingga merata sampai bahan-bahan menjadi lebih empuk secara merata.
  5. Tunggu sebentar sambil sesekali diaduk-aduk, lalu masukkan merica bubuk, garam gula dan sedikit penyedap rasa untuk membuatnya terasa lebih lezat dan membuat kuah sup ikan tuna menjadi lebih gurih dan lezat.
  6. Masukkan bawang daun dan seledri serta tomat kedalam rebusan, masak sebentar lalu angkat apabila sudah matang secara merata.

Setelah matang, masukkan hidangan ini kedalam mangkuk saji yang sudah anda persiapkan dan sajikan untuk keluarga. Hidangan ini akan terasa lebih lezat dan lebih nikmat apabila disajikan selagi masih hangat.

Demikian resep dan cara membuat sajian sup ikan tuna yang elzat dan nikmat, semoga resep ini bisa ibu sajikan dirumah untuk keluarga sehingga cita rasa santapan keluarga terhadap menu yang ibu buat menjadi semakin berselera.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini.

Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Tuna Bakar Bumbu Kecap Manis Pedas dan Lezat

Ikan tuna Bakar

Ikan tuna merupakan ikan yang hidup di air laut dan memiliki ukuran tubuh yang besar, namun memiliki dagingnya yang gurih kala dimasak.

Aneka Varian masakan merupakan salah satu Makanan yang banyak diminati dan banyak sekali jenisnya, baik berupa masakan berbahan daging, seafood, ikan , sayuran dan banyak lagi makanan yang mampu menggugah selera makan anda. Salah satunya adalah masakan dengan cara dibakar. Biasanya cara memasak dengan dipanggang atapun dibakar ini merupakan sebuah moment dimana anda sedang berlibur disebuah pantai bersama dengan teman, amaupun keluarga tercinta anda, ataupun barang kali membuatnya dirumah anda sendiri.

Memasak dengan cara dipanggang ataupun dibakar merupakan masakan yang memiliki rasa dan aroma yang khas, tercium aroma dari bau asap ditambah dengan racikan bumbu yang mantap tentunya apapun yang akan dimasak dengan cara dibakar akan sangat banyak orang menyukainya, salah satunya yang akan kami bahas adalah masakan ikan tuna bakar dengan ditambah bumbu kecap manis dan pedas akan menambah lezat masakan ini. Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, berikut penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Tuna Bakar Bumbu Kecap Manis Pedas dan Lezat

Review

4.9 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tuna Bakar Bumbu Kecap Manis Pedas dan Lezat

Bahan Utama

  • 500 gram Tuna Fillet dipotong dadu
  • 2 buah Tomat dipotong dadu
  • 8 buah Cabai Rawit Merah dirajang halus
  • 5 siung Bawang Merah dirajang halus
  • Kecap Manis Pedas
  • 1 buah Jeruk Limau (ambil airnya)
  • Tusukan sate secukupnya

Bahan Bumbu

  • 2 siung Bawang Putih
  • 1 sdt Ketumbar
  • 4 buah Cabai Rawit Merah
  • 5 sdm Air Asam Jawa
  • 5 sdm Kecap Manis Pedas
  • 1 sdm Minyak Sayur
  • 1 sdm Gula Merah
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Air untuk mengencerkan

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Bakar Bumbu Kecap Manis Pedas dan Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama tentunya adalah mencuci ikan tuna hingga bersih, setelah itu lumuri dengan air asam jawa sekitar 10-15 menit, lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya adalah haluskan ketumbar, bawang putih cabai merah, lalu tambahkan minyak sayur, gula merah, kecap manis pedas, tambahkan air kemudian aduk hingga bumbu agak encer.
  3. Setelah itu tusukan daging ikan tuna pada tusukan satu lalu masukan sate ikan tuna pada bahan bumbu cair tadi, lalu aduk-aduk sampai rata, kemudian diamkan sekitar 5-10 menit (bumbu meresap).
  4. Selanjutnya siapkan panggangan lalu bakar ikan tuna, ataupun bisa dibakar di atas bara api, hingga setengah matang, kemudian olesi dengan bumbu, sambil diblolak balik agar matangnya merata. Lakukan hal yang sama hingga sate ikan tuna habis.
  5. Angkat dan lau simpan di piring saji, kemduain taburi dengan irisan tomat, irisan cabai serta irisan bawah putih, lalu siram dengan kecap manis pedas, terakhir kucuri dengan air jeruk limau, lalu taburi dengan merica bubuk secukupnya.

Demikianlah Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Tuna Bakar Bumbu Kecap Manis Pedas dan Lezat yang bisa anda coba dirumah. Rasa yang khas dari ikan bakar tentunya akan menambah nafsu makan anda. Dengan begitu tentunya anda menjadi tahu bagaimana membuat masakan ikan tuna bumbu kecap manis pedas, sehingga menjadi koleksi menu harian anda. Selain memasak dengan cara dibakar ikan tuna juga bisa dibuat mnenjadi masakan ikan tuna saus teriyaki, ikan tuna goreng balado dan masih banyak lagi yang bisa anda temui di selerasa.com. Selamat mencoba.

Dan jangan lupa share ya resep mudah ikan tuna bakar kecap manis pedas dan lezat ini kepada teman, keluarga ataupun kerabat tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

ikan tuna saus teriyaki

Salah satu varian masakan ikan tuna adalah memasaknya dengan tambahan bumbu saus teriyaki yang tentunya sangat lezat dan nikmat.

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang besar dan hidup di laut, namun demikian ikan tuna ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja karena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak mengkonsumsi ikan tuna ini baik untuk mencerdaskan otak sang anak. Dengan begitu anda bisa sajikan masakan ikan tuna saus tirayaki pada sang anak, adapun masakan ikan tuna yang cocok untuk anak anda adalah Sup Ikan Tuna Kuah Bening yang tidak kalahnya enak dan lezat dengan masakan ikan tuna lainnya.

Ikan tuna yang kaya akan kandungan gizi serta dagingnya yang putih dan empuk memiliki cita rasa yang lezat kala dimasak. Salah satunya yaitu masakan ikan tuna saus teriyaki dimana ikan tuna ini dilumuri dengan menggunakan bahan dari saus teriyaki yang dibuat sesudah menggoreng ikan tunanya. Untuk menambah kehangatan suasana di keluarga anda sebaiknya mencoba membuat masakan ikan tuna saus teriyaki ini bersama-dengan keluarga tercinta seperti suami ataupun anak anda dikala sedang libur. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan ikan tuna saus teriyaki, yuk kita intip dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Bahan Utama

  • 2 ekor ikan tuna yang segar
  • daun bawang
  • 3 buah tomat ukuran kecil
  • Air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya
  • jeruk nipis untuk melumuri ikan tuna

Bahan Bumbu

  • Saus teriyaki secukupnya
  • 1 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay ukuran kecil dipotong bulat
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap asin
  • 1sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tomat

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah melumuri ikan tuna dengan jeruk nipis dan juga garam, kemudian diamkan sekitar 10 menit, fungsinya dilumuri dengan jeruk npis adalah untuk menghilangkan bau amis ikan tuna.
  2. Selanjutnya adalah menyiapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng untuk menggoreng ikan tuna hingga matang dan warnanya kecoklatan, kemudian sisihkan.
  3. Selanjutnya adalah membuat saus teriyaki, siapkan wajan kemudian beri minyak goreng sekitar 2 sdm, setelah panas kemudian tumis bawang bombay dengan menggunakan api kecil, setelah berubah warna tambahkan bawang putih.
  4. Lalu tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong kecil
  5. Kemudian tambahkan air secukupnya hingga mendidih
  6. Selanjutnya masukan saus teriyaki, lalu merica bubuk, daun bawang, kecap asin, kecap manis dan juga saus tomat, aduk-aduk sampai matang, setelah itu tambahkan daun bawang, kemudian angkat
  7. Setelah ikan tuna disipkan pada wadah lalu siram ikan tuna dengan bumbu saus tirayaki diatasnya, sehingga terlihat menarik.
  8. Siap disajikan ditambah dengan nasi putih hangat

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Teriyaki yang bis anda coba dirumah. Dengan membuat masakan ikan tuna teriyaki ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Rasa nikmat dan lezat tentunya akan menambah selera anda kala menyantapnya bersama dengan keluarga. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat masakan ikan tuna saus teriyaki ini kepada teman, saudara ataupun kerabat tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening Enak, Segar dan Praktis

sup ikan tuna kuah bening

Sup ikan tuna kuah bening ini sangat cocok di konsumsi bagi anak-anak karena tidak pedas serta memiliki rasa yang enak dan gurih.

Masakan sup menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa anda berikan pada anak, terutama sup dengan bahan dasar ikan tuna. Ikan tuna sangat baik dikonsumsi bagi anak karena memiliki kandungan gizi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk perkembangan otak anak anda dan juga system pertahanan tubuhnya. Ikan tuna salah satu ikan hidup di air laut dimana ikan yang hidup di laut memiliki kaya akan kandungan gizi serta protein dan juga vitamin yang baik dibandingkan ikan yang hidup di air tawar.

Aneka masakan olahan dari bahan dasar ikan tuna ini sangat banyak salah satunya seperti masakan ikan tuna rica-rica, pepes ikan tuna, ikan tuna goreng balado, namun alangkah baiknya anda mengolah ikan tuna ini dengan cara di sup sangat cocok bagi anak anda, karena mengolah sup ikan tuna ini tanpa menggunakan cabe sehingga sangat baik untuk kesehatan anak anda. Selain itu cita rasa yang enak serta segar dalam sup ikan tuna kuah bening ini tentunya akan menambah selerta nafsu makan anak anda.

Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana resep dan cara membuat sup ikan tuna enak, segar dan praktis berikut kami sajikan dibawah ini :

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening Enak, Segar dan Praktis

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening Enak, Segar dan Praktis

Bahan 

  • 250 gram daging ikan tuna, potong dadu
  • 1 buah tomat ukuran sedang, dipotong menjadi 6 bagian
  • 1 buah bawang merah, diiris tipis
  • 1 siung bawang putih
  • 1 lebar daun jeruk nipis
  • 1 sdt mentega, untuk menumis
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • Air secukupnya

Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening Enak, Segar dan Praktis

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan tuna hingga bersih
  2. Kemudian tumis bawang merah, bawang putih dan juga tomat menggunakan mentega.
  3. Selanjutnya tambahkan ikan tuna, tambahkan pula daun jeruk nipis
  4. Masak hingga ikan tuna berubah warna lalu tambahkan air secukupnya
  5. Tambahkan garam dan juga gula secukupnya agar kuah memiliki rasa, diamkan hingga air mendidih dan matang.
  6. Angkat dan siap disajikan

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening Enak, Segar dan Praktis yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sajikan menu makanan ikan tuna kuah bening ini pada anak anda ditambah dengan nasi putih yang hangat yang tentunya sehat serta bergizi. Sup ikan tuna kuah bening ini tidak hanya bisa dikonsumsi bagi anak saja, anda juga bisa menikmati rasa yang lebih segar apabila anda menyukai makanan pedas tinggal tambahkan saja cabai pada sup ikan tuna kuah bening ini. Cukup mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Bening Enak, Segar dan Praktis ini pada teman, kerabat serta keluarga tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Tongseng Ikan Tuna Special dan Istimewa

tongseng ikan tuna

Masakan tongseng ikan tuna tentunya akan memanjakan lidah anda sekeluarga dengan rasa yang special serta Istimewa.

Varian aneka masakan ikan sangat banyak sekali olahannya, terlebih masakan dengan bahan dasar ikan tuna. Ikan tuna menjadi salah satu pilihan dalam pembuatan masakan, karena ikan tuna memiliki daging yang gurih serta empuk kala disantap, selain itu ikan tuna juga memiliki kandungan gizi yang baik yang tentunya sangat  dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam hal memasak ikan tuna agar lezat ini  tinggal bagaimana kita mengolahnya dengan baik, seperti membuat pepes ikan tuna, ikan tuna rica-rica, ikan tuna goreng balado, karena itu kami juga akan mengajak anda untuk membuat masakan tongseng ikan tuna special dan istimewa.

Masakan tongseng salah satu makanan yang banyak diminati oleh banyak kalangan dan tongseng ini juga salah satu masakan khas tradisional Indonesia, dan biasanya tongseng ini bahan dasarnya berupa daging kambing. Namun tidak perlu khawatir  bagi anda yang tidak menyukai daging kambing karena mungkin beberapa alasan, tertentu disini kami mencoba membuat varian tongseng dengan menggunakan bahan dasar ikan tuna, yang tidak kalah lezatnya dengan tongseng bahan daging kambing. Mungkin terlintas dalam benak anda, seperti apa rasa tongseng ikan tuna ini. Yang tentunya Lezat, gurih dan nikmat  yang akan menggugah selera anda kala menyantap tongseng ikan tuna special dan istimewa ini. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan tongseng ikan tuna, simak dibawah ini

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Tongseng Ikan Tuna Special dan Istimewa

Review

4.6 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan tongseng ikan tuna special dan istimewa

Bahan Utama

  • 200 gr fillet ikan tuna (potong dadu)
  • 500 gram tomat merah, (direbus kemudian blender sampai halus)
  • 2 sdm minyak goreng, untuk menumis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena, (larutkan dengan 2 sdm air matang)

Bahan bumbu

  • 3 siung bawang putih, (dimemarkan lalu iris tipis)
  • 5 butir bawang merah, diiris tipis
  • 1 buah bawang bombai, dicincang
  • 2 buah cabai merah, (buang biji lalu iris memanjang)

Cara membuat masakan tongseng ikan tuna special dan istimewa

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan tuna hingga bersih, lalu simpan pada wadah.
  2. Selanjutnya siapkan wajan kemudian beri minyak secukupnya lalu ikan tuna digoreng sampai matang, lalu sisihkan
  3. Selanjutnya bahan bumbu iris ditumis sampai harum. Lalu masukan ikan tuna masak sebentar.
  4. Kemudian tambahkan tomat yang sudah diblender halus, garam dan juga gula pasir, lalu aduk hingga ikan tuna dagingnya empuk.
  5. Kemudian tuang larutan maizena lalu aduk sampai rata. Diamkan hingga bumbu merasap dan juga saus mengental.
  6. Angkat dan siap disajikan tongseng ikan tuna bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Tongseng Ikan Tuna Special dan Istimewa yang bisa anda coba dirumah. Masakan rasa yang lezat dan istimewa ini tentunya akan menambah selera makan anda saat memakannya bersama dengan keluarga tercinta anda. Dengan begitu membuat masakan tongseng ikan tuna akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat masakan tongseng ikan tuna special dan istimewa ini kepada teman, sahabat serta keluarga tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar tentang membuat masakan tongseng ikan tuna dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Tuna Lezat dan Mudah

gulai ikan tuna

Masakan gulai ikan tuna lezat dan mudah menjadi salah satu makanan pilihan kali ini karena memiliki rasa yang lezat.

Gulai dengan bahan dasar ikan tuna ini akan menjadi sangat istimewa karena kelezatan dari ikan tuna tidak kalah nikmatnya dengan ikan yang lainnya kala disantap. Ikan tuna yang hidup di air laut ini memang salah satu ikan yang banyak digemari oleh banyak masyarakat. Selain dagingnya yang empuk dan juga gurih, ikan tuna juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu banyak sekali varian masakan dari bahan dasar ikan tuna ini, salah satunya adalah tumis ikan tuna, ikan tuna goreng balado, ikan tuna bumbu kuning dan masih banyak lagi yang tentunya sangat enak.

Masakan gulai ikan tuna merupakan makanan yang banyak diminati karena itu tidak heran apabila makanan gulai ini makanan yang sangat terkenal khsusunya di Indonesia. Namun membuat masakan gulai sebetulnya tidak harus menggunakan ikan tuna, anda bisa juga membuat gulai dengan bahan dasar ikan lainnya seperti ikan patin, ikan mujair ataupun ikan kakap. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat suiatu masakan tentunya harus pintar memilih bahan dasar ikan yang masih segar agar kelezatan masakannya terjaga, terlebih membuat masakan gulai ikan tuna ini. Baik, kali ini kami mengajak anda bagamana resep dan cara membuat masakan ikan tuna lezat dan mudah ini. Penasaran bukan yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Tuna Lezat dan Mudah

Review

4.9 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan gulai ikan tuna lezat dan mudah

Bahan

  • 2 ikan tuna ukuran kecil (potong masing-masing ikan menjadi 3 bagian)
  • Air jeruk nipis 2 sdt
  • Merica bubuk ¼ sdt
  • Minyak goreng 3 sdm (untuk menumis)
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 400 ml santan (1 butir kelapa)
  • 3 tangkai daun kemangi, (diambil daunnya)
  • garam, secukupnya
  • gula secukupnya

Bumbu halus

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • 6 buah cabe merah keriting
  • 3 cm kunyit (dibakar, kemudian kupas)

Cara membuat masakan gulai ikan tuna lezat dan mudah

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan tuna dilumuri dengan air jeruk nipis, kemudian tambahkan garam serta merica bubuk, kemudian diamkan agar bumbu meresap sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya ikan tuna dibakar dengan menggunakan bara apai ataupun panggangan hingga matang
  3. Kemudian tumis bahan bumbu halus sampai harum, lalu masukan serai, daun jeruk serta jahe masak sampai matang.
  4. Setelah itu masukan ikan tuna, hati-hati jangan sampai ikan tunanya hancur.
  5. Tambahkan santan dan juga garam, masak hingga mendidih dan juga mengental, kemudian tambahkan juga daun kemangi, aduk sampai rata.
  6. Angkat, gulai ikan tuna siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Tuna Lezat dan Mudah yang bisa anda coba dirumah. Lezat dan nikmat dari masakan gulai ini tentunya akan menambah selera makan anda. Selain itu tentunya membuat masakan gulai ikan tuna ini akan menambah menu harian makan anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Tuna Lezat dan Mudah kepada teman-teman anda atupun keluarga tercinta anda, agar mereka mencoba membuat masakan gulai ikan tuna ini dirumahnya dengan rasa yang lezat serta mudah. Terima kasih

Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tuna Lezat dan Praktis

nugget ikan tuna

Nugget adalah satu jenis makanan cepat saji yang banyak diminati banyak orang karena cara penyajiannya yang sangat sederhana dan praktis.

Makanan nugget yang biasa kita teumkan adalah nugget dengan bahan dasar ayam, sapi  yang banyak ditemui di supermarket. Makanan nugget juga banyak disajikan ditempat seperti cafe ataupun restoran-restoran yang tentunya memiliki tempat yang bersih dan juga megah biasanya diminati kalangan menengah keatas.

Namun sebetulnya membuat nugget ternyata bisa berbahan dasar dari ikan khususnya ikan tuna. Mungkin jarang kita mendengar ataupun menjual nugget yang terbuat dari ikan tuna. Karena itu tidak ada salahnya membuat varian nugget special ini dari bahan dasar ikan tuna. Ikan tuna sendiri sangat baik dikonsumsi dan sangat bermanfaat karena memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih bagi anak-anak ikan tuna bermanfaat bagi perkembangan otaknya. Dengan seperti itu ikan tuna bisa anda buat menjadi makanan yang special seperti nugget yang banyak digemari oleh anak-anak. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat nugget ikan tuna lezat dan special, simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tuna Lezat dan Praktis

Review

4.7 review 94

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Nugget Ikan Tuna Lezat dan Praktis

Bahan utama

  • 1,5 kg ikan tuna
  • 500 gram tepung tapioca
  • ¼ kg bawang putih
  • 6 butir telur dikocok lepas
  • 6 sdm minyak goreng dari hasil menggoreng bawang putih
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelapis

  • 750 gram tepung panir yang kasar
  • 10 butir putih telur dikocok lepas

Cara Membuat Nugget Ikan Tuna Lezat dan Praktis

Cara Membuat

  1. Yang pertama Ikan tuna di cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu bawang putih di goreng sebentar hingga harum.
  3. Selanjutnya adalah ikan tuna dan juga bawang putih di cincang hingga halus atau bisa menggunakan chopper. Kumudian sisihkan
  4. Setelah ikan tuna dan bawang putih tercincang halus campurkan bersama dengan minyak hasil menggoreng dari bawang putih sekitar 6 sdm, lalu tambahkan pula tepung tapioca, beri juga garam secukupnya serta merica, aduk hingga rata.
  5. Kemudian siapkan Loyang yang sudah diolesi dengan minyak lalu taruh bahan adonan, setelah itu kukus hingga matang sekitar 30 menit, angkat dan dinginkan.
  6. Apabila sudah dingin adonan bisa dicetak ataupun dibentuk sesuai selera, setelah itu balut menggunakan putih telur selanjutnya guylingkan pada tepung panis. Lakukan hal yang sama hingga dua kali pelapisan dan juga lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  7. Terakhir adalah simpan nugget ikan tuna ini pada freezer hingga beku.
  8. Setelah nugget ikan tuna beku makan nugget siap digoreng hingga warnanya kekuning- kuningan atau keemasan.
  9. Angkat dan siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan juga saos (sesuai selera).

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tuna Lezat dan Praktis yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederha serta praktis. Untuk menambah selera makan anak anda sebaiknya dalam pembuatan nugget ini cetak adonan berupa mainan ataupun boneka agar tampilan nugget ikan tuna ini lebih menarik bagi anak serta nafsu makan anak bertambah. Dengan membuat nugget ikan tuna ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Jangan lupa share Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tuna Lezat dan Praktis pada teman, kerabat serta keluarga tercinta anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih

Resep Masakan Tumis Ikan Tuna Saus Kecap Pedas Special

tumis ikan tuna saus kecap pedas

Ikan tuna merupakan ikan yang hidup diar laut, dan ikan tuna ini tergolong ikan dengan ukuran yang besar yang banyak ditangkap oleh para nelayan.

Ikan tuna memiliki bentuk yang khas serta dagingnya yang putih, enak serta  lezat kala di santap. Karena itu aneka masakan berbahan dasar ikan tuna ini banyak digemari oleh banyak orang, tidak heran apabila membeli makanan dari ikan tuna ini akan harganya sangat mahal. Salah satu pilihan masakan ikan tuna ini diolah menjadi ikan tuna rica-rica, ikan tuna goreng balado serta banyak lagi olahan ikan tuna lainnya yang tentunya sangat menggoda selera makan anda menjadi lebih special.

Namun kali ini yang akan kami bahas adalah membuat masakan tumis dari ikan tuna yang tidak kalah enaknya dengan olahan ikan tuna lainnya yang disebutkan diatas. Masakan tumis ikan tuna saus kecap pedas dengan memiliki rasa yang khas dari rasa manis ditambah dengan rasa pedas serta gurih yang tentunya mampu menggoyahkan selera lidah anda. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat tumis ikan tuna saus kecap pedas special berikut ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Tumis Ikan Tuna Saus Kecap Pedas Special

Review

4.7 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Tumis Ikan Tuna Saus Kecap Pedas Special

Bahan dan bumbu

  • 550 gram fillet ikan tuna, potong potong bentuk dadu
  • 8 siung bawang merah
  • 3 buah siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 buah tomat,
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 buah cabe hijau, potong menyerong
  • 2 batang sereh, dimemarkan
  • 450 ml air bersih
  • 5 sdm kecap
  • 3 sdm kecap ikan
  • garam secukupnya
  • perasan air jeruk secukupnya
  • lada bubuk secukupnya

Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Tuna Saus Kecap Pedas Special

Cara Memasak :

  1. Yang pertama dilakukan adalah fillet ikan tuna di bersihkan kemudian ditaburi dengan perasan air jeruk secukupnya, lalu diamkan sekitar 10 menit
  2. Kemudian bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah, beri sedikit air lalu diblender.
  3. Selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng secukupnya lalu cabe ditumis sampai harum (sebentar).
  4. Kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan menggunakan blender, aduk-aduk hingga rata dan tercium bau harum
  5. Kemudian tambahkan sereh, ikan tuna, kecap manis dan juga kecap ikan lalu tambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan pula garam dan juga lada bubuk sesuai selera.
  6. Diamkan, masak hingga matang sambil sesekali diaduk, dan jangan lupa menggunakan api sedang.
  7. Angkat dan Siap disajikan

Itulah dia Resep Masakan Tumis Ikan Tuna Saus Kecap Pedas Special yang bisa anda coba dirumah. Sajikan menu tumis ikan tuna saus kecap pedas special ini pada saat sedang makan malam bersama dengan keluarga tercinta anda. Selain makan malam anda bisa konsumsi tumis ikan tuna ini pada saat sarapan ataupun makan siang. Dengan membuat tumis masakan ikan tuna saus kecap pedas ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Jangan lupa share resep masakan tumis ikan tuna saus kecap pedas special ini pada teman, sahabat ataupun keluarga tercinta anda. Jangan lupa juga beri komentar dibawah ini. terima kasih

Resep Masakan Ikan Tuna Goreng Balado

ikan tuna goreng balado

Resep masakan ikan tuna goreng balado yang istimewa akan memanjakan lidah anda dengan rasa yang pedas dan nikmat kala disantap.

Ikan tuna merupakan ikan yang hidup di air laut, dengan memiliki dagingnya yang empuk serta tidak banyak durinya. Ikan tuna sendiri banyak tersebar di perairan laut di nusantara ini. Banyak para nelayan yang menangkap ikan tuna di laut ini karena memiliki nilai jual yang lumayan tinggi selain itu juga karena memang ikan tuna banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya dagingnya yang gurih ikan tuna juga memiliki kandungan gizi yang banyak yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih bagi anak mengkonsumsi ikan tuna ini sangat baik untuk perkembangan otak anak anda. Untuk anak anda mungkin bisa berikan ikan tuna berupa sop ikan tuna karena dalam resep serta pembuatannya ada beberapa bahan tambahan berupa sayuran yang tentunya sangat baik untuk kesehatan anak anda.

Berbicara tentang aneka masakan ikan tuna banyak sekali yang bisa anda buat salah satunya membuat masakan ikan tuna rica-rica, lalu masakan pepes ikan tuna panggang dan masih banyak lagi olahan masakan berbahan dasar ikan tuna, namun kali ini kami khusus membahas membuat masakan  ikan tuna goreng balado ini sangatlah mudah dan sederhana karena tidak memelurkan waktu yang banyak. Rasa yang gurih dengan perpaduan ikan tuna dengan balado ini akan semakin istimewa karena memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Penasaran bagaimana resep dan cara memasaknya, berikut ini kami sajikan dibawah ini :

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Tuna Goreng Balado

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tuna Goreng Balado

Bahan Utama

  • 450 gram fillet ikan tuna segar
  • 50 ml air asam Jawa
  • 100 ml minyak kelapa
  • 1 sdm mentega
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir

Bahan Bumbu (tumbuk kasar)

  • 5 butir bawang merah
  • 8 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan

Pelengkap

  • Bawang goreng
  • Nasi putih hangat

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Goreng Balado

Cara memasak 

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan tuna segar, buang bagian isi perutnya, sisiknya, setelah itu iris-iris dengan ketebalan sekitar 1 cm, bersihkan kemudian tambahkan air asam jawa lalu diamkan sebentar dan simpan di lemari pendingin sekitar 10 – 15 menit.
  2. Selanjutnya adalah memanaskan minyak kemudian masukan mentega hingga meleleh, setelah itu tumis bumbu sampai harum.
  3. Setelah itu tambahkan ikan tuna, masak hingga matang dan bahan bumbunya terlihat meresap dan juga berwarna kemerahan.
  4. Angkat dan simpan pada wadah kemudian taburi dengan bawang goreng.
  5. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep Masakan Ikan Tuna Goreng Balado yang bias anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhana dan praktis. Nikmat dan lezat tentunya akan menambah selera anda dalam mengkonsumsinya bersama dengan keluarga tercinta anda, ditambah dengan bahan pelengkap lainnya berupa kerupuk ataupun lalaban seperti mentimun, kol dan lainnya sesuai selera anda. Dengan membuat masakan ikan tuna goreng balado ini akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Tuna Goreng Balado pada anggota keluarga anda, ataupun teman serta sahabat-sahabat anda. Dan tentunya jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih

Resep dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Tuna Panggang

pepes ikan tuna panggang

Ikan tuna merupakan ikan air laut yang memiliki bentuk memipih pada bagian sisinya serta untuk moncongnya meruncing.

Berbicara aneka masakan berbagan dasar ikan tuna ini sangat banyak peminatnya, dan biasanya ikan tuna diolah menjadi sop dengan tambahan berbagai sayuran berupa wortel, kentang dan juga tahu putih. Tetapi ikan tuna ini selain diolah menjadi sup, ikan tuna ini juga bias diolah menjadi masakan ikan tuna rica-rica, masakan ikan tuna saus tiram dan lain-lain. Namun yang akan dibahas kali ini yang tidak kalah lezatnya adalah memasak ikan tuna dengan cara di pepes. Pepes ikan tuna sendiri biasanya hanya dikukus, namun dengan berkembangnya cara membuat masakan ikan tuna ini bisa dibuat dengan cara dipanggang.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Tuna Panggang

Review

5.0 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Pepes Ikan Tuna Panggang

Bahan utama:

  • 2 ikan tuna (disayat bagian tubuhnya)
  • dua genggam daun kemangi
  • daun pisang secukupnya
  • Tusukan gigi secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 8  buah cabai merah keriting
  • 7 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 1  ruas kunyit yang telah dibakar
  • 1 sendok teh ketumbar yang telah disangrai
  • 5 butir kemiri yang telah disangrai
  • 2 ruas jahe
  • 1 batang serai yang telah diambil bagian putihnya saja
  • 1 ruas lengkuas muda

Bahan bumbu lainnya:

  • 10 siung cabai rawit hijau yang masih utuh
  • 3 lembar daun jeruk yang telah dirajang halus
  • 3 lembar daun salam yang telah disobek kasar
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 sdm air asam jawa
  • 5  butir tomat hijau/tomat merah yang telah diiris tipis

Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Tuna Panggang

Cara membuat bahan bumbu halus

  1. Sebelum dihaluskan, ketumbar dan juga kemiri disangrai terlebih dahulu kemudian untuk kunyit dibakar, setelah itu semua bahan bumbu halus dihaluskan menjadi satu bahan bumbu halus.

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan sebelum mencuci ikan tuna, lumuri terlebih dahulu ikan tuna menggunakan satu sendok asam jawa, lalu air jeruk serta garam secukupnya, kemudian diamkan sekitar 10 menit lalu setelah itu cuci ikan tuna tersebut hingga bersih
  2. Selanjutnya sambil menunggu ikan tuna yang didiamkan, berikutnya adalah menumis bumbu halus hingga harum, setelah itu tambahkan bahan bumbu lainnya seperti lengkuas, cabai rawit, daun jeruk, garam, daun salam, kaldu bubuk dan juga air asam jawa aduk hingga rata lalu tambahkan potongan tomat, aduk kembali hingga semua rata. Kemudian matikan api.
  3. Kemudian siapkan daun pisan yang dipotong-potong sesuai ukuran ikan tuna, lalu dilayukan dengan cara dikukus sebentar, kemudian beri bumbu sekitar satu sendok lalu ratakan diatas daun pisang tersebut, setelah itu simpan satu ikan tuna, kemudian tambahkan / olesi kembali bumbu diatas ikan tuna. Lalu bungkus hingga ikan tuna tertutup dengan bagian ujungnya direkatkan dengan tusukan gigi. Lakukan hal yang sama pada ikan tuna yang satunya lagi.
  4. Terakhir adalah menyiapkan panggangan yang sudah diolesi dengan minyak goreng lalu simpan pepes ikan tuna hingga nantinya daun pisang berwarna kecoklatan.
  5. Pepes ikan tuna panggang matang dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Tuna Panggang yang bias anda coba dirumah. Dengan membuat masakan pepes ikan tuna panggang ini akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Pepes Ikan Tuna Panggang ini kepada teman, keluarga serta sahabat-sahabat anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih

Resep Masakan Ikan Tuna Bumbu Kuning Nikmat dan Special

Ikan tuna bumbu kuning

Aneka masakan ikan tuna sangat banyak diminati semua kalangan terlebih mengolah ikan tuna dengan menggunakan bumbu kuning yang memiliki rasa nikmat dan special.

Untuk membuat masakan ikan tuna bumbu kuning ini sangat mudah dan bahkan untuk bahan bumbunyapun banyak ditemukan disekitar kita. Ikan tuna bumbu kuning ini sangat cocok sebagai alternative di menu harian anda. Dalam pembuatan masakan ikan tuna ini pun tidak memerlukan waktu yang banyak tanpa mengurangi rasa dari ikan tuna yang nikmat.

Masakan ikan tuna bumbu kuning ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat serta lezat, dan yang lebih penting adalah kandungan dari ikan tuna sendiri yang kaya akan gizinya yang baik untuk kesehatan yang sangat diperlukan untuk tubuh. Dalam pembuatan masakan ikan tuna bumbu kuning ini bisa anda sajikan kepada anak anda, karena masakan ikan tuna bumbu kuning tidak menggunakan cabai sehingga sangat cocok untuk anak anda. Namun bagi anda yang sangat menyukai masakan dengan rasa yang pedas anda bisa membuatnya sambal tomat ataupun sambal terasi. Penasaran bagaimana cara membuat masakan ikan tuna bumbu kuning simak ulasan dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan ikan tuna bumbu kuning nikmat dan special

Review

4.6 review 92

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuatMasakan ikan tuna bumbu kuning nikmat dan special

Bahan dan Bumbu :

  • 1 kilogram ikan tuna, potong-potong sesuai selera
  • 2 buah tomat yang sudah merah dipotong-potong
  • 400 mL air bersih siap konsumsi
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh penyedap masakan

Bumbu Halus :  

  • 8 butir kemiri yang sudah dibersihkan
  • 1 buah lengkuas panjang sekitar 2 cm
  • 6 buah bawang merah, dibersihkan dan buang kulit luarnya
  • 1 buah jahe sekitar 2 cm
  • 4 buah bawang putih
  • 1 buah kunyit dengan panjang sekitar 6 cm

Cara Membuat Resep Masakan ikan tuna bumbu kuning Nikmat dan Special

Cara Membuat bumbu Halus

  1. Campurkan semua bumbu diatas jadi satu kemudian tumbuk hingga halus, atau bias menggunakan blender.

Cara memasak ikan tuna bumbu kuning

  1. Yang pertama dilakukan adalah menyiapkan wajan kemudian isi dengan minyak goring lalu panaskan.
  2. Selanjutnya goring ikan tuna hingga matang, namun jangan sampai kering. Angkat sisihkan
  3. Setelah itu wjajan siapkan kembali kemudian beri sedikit minyak goreng, lalu masukan bahan halus kemudian tumis hingga harum
  4. Kemudian tambahkan air lalu tambvahkan pula tomataduk hingga rata dan sampai mendidih.
  5. Setelah itu tambahkan gula pasir, garam halus serta penyedap rasa aduk hingga rata.
  6. Kemudian masukan potongan ikan tuna yang sudah digoreng kedsalam masakan bumbu lalu aduk hingga rata.
  7. Masak hingga matang serta kuahnya terlihat meresap.
  8. Angkat dan siap disajikan.


Itulah dia Resep Masakan ikan tuna bumbu kuning Nikmat dan Special yang bias anda coba dirumah. Kenikmatan serta lezat dari masakan ikan tuna bumbu kuning ini tentunya akan menambah selera makan anda. Lengkapi dengan sambal terasi atau sambal tomat bagi anda yang senang dengan masakan yang pedas. Selamat mencoba

Jangan lupa share Resep Masakan ikan tuna bumbu kuning Nikmat dan Special ini pada teman-teman ataupun sahabat terdekat anda, agar mereka merasakan nikmatnya dari ikan tuna bumbu kuning special ini. Dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini ya...Terima kasih.

Resep Masakan Ikan Tuna Rica- Rica Enak dan Praktis

Masakan ikan tuna rica-rica sangat enak kala disantap serta dalam pembuatannya pun sangat praktis.

Berbicara tentang masakan khas Indonesia terlebih dengan masakan tradisional tidak akan pernah habis, karena Indonesia memiliki berbagai macam masakan yang dimiliki hampir disetiap daerah di Nusantara ini. Salah satunya adalah masakan berbahan dasar ikan, seperti yang akan dibahas kali ini adalah ikan tuna. Ikan tuna salah satu ikan yang hidup di air laut, dan hanya bisa ditangkap oleh para nelayan karena banyak tersebar di wilayah perairan Indonesia. Namun ikan yang baik terlebih ikan tuna ini akan sangat segar apabila membeli ikan tuna pada saat nelayan menangkapnya dan dibawa kedaratan dan langsung tersedia dipasar tradisional di dekat pantai. Namun tidak hanya pasar dekat pantai ikan tuna juga bisa ditemukan dipasar-pasar dekat anda. Yang terpenting dalam pemilihan ikan adalah yang masih segar agar membuat masakan apa saja tetap enak dan terjaga kelezatannya.

Ikan tuna tidak kalah lezatnya dengan ikan lainnya karena ikan tuna memiliki rasa yang sedap serta lezat dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Ikan tuna ini akan bertambah sensasi kelezatannya apabila dimasak dengan menggunakan resep rica-rica ditambah dengan bumbu-bumbu yang sangat sederhana yang akan membuat menu makan pagi, siang serta malam anda akan sangat nikmat dan special tentunya.
Nikmatnya menu hidangan ikan tuna rica-rica ditambah dengan rasa yang khas dari aroma cabai yang pedas tentunya akan membuat hidangan ini lebih istimewa terlebih bagi anda yang sangat menyukai makanan pedas. Penasaran bagaimana cara membuat resep masakan ikan tuna rica-rica simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Tuna Rica- Rica Enak dan Praktis

Review

4.9 review 94

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ikan tuna rica-rica enak dan praktis

Bahan Utama:

  • 500 gram tuna segar fillet, potong kotak
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 100 ml air
  • 75 ml minyak goreng, untuk menumis
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Bumbu Tumbuk Kasar :

  • 10 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat merah

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Rica- Rica Enak dan Praktis

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah melumuri ikan tuna dengan jeruk nipis dan juga garam
  2. Kemudian panaskan minyak goring lalu ikan tuna goring dengan menggunakan api sedang hingga berkulit. Kemudian sisihkan
  3. Selanjuntnya panaskan kembali minyak goreng lalu tambahkan gula pasir, kemudian aduk hingga gula larut.
  4. Kemudian tambahkan bumbu yang sudah ditumbuk kasar, seperti daun salam, lengkuas, serai serta daun jeruk, aduk hingga harum.
  5. Setelah itu ikan tuna masukan dalam masakan bumbu, kemudian aduk hingga rata lalu tambahkan garam, merica bubuk serta air. Aduk hingga meresap.
  6. Angkat, ikan tuna rica-rica siap disajikan

Itulah dia Resep Masakan Ikan Tuna Rica – Rica Enak dan Praktis yang bias anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara memasak yang praktis. Tentunya dengan memasak ikan tuna rica-rica ini akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan resep masakan ikan tuna rica-rica enak dan praktis ini pada teman ataupun sahabat anda, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini. Terima Kasih.

Resep Masakan Ikan Tuna Saus Tiram Yang Enak dan Lezat

ikan tuna saus tiram

Aneka varian masakan ikan tuna menjadi salah satu pilihan yang banyak digemari oleh masyarakat karena memilik rasa yang enak dan lezat.

Ikan tuna merupakan ikan yang hidup di air laut, dan ikan tuna juga bukan ikan yang di budidayakan, karena sampai saat ini ikan tuna banyak ditemukan di perairan Indonesia terutama di wilayah Samudra Hindia dan juga Samudra Pasifik yang secara sengaja di tangkap oleh para nelayan. Ikan tuna yang segar dan baik biasanya ditemukan di pasar dekat pantai karena kesegarannya masih terjaga, namun ikan tuna juga tersebar di berbagai pasar-pasar tradisional.

Berbicara aneka masakan dengan bahan dasar ikan tuna, perlu kita coba, karena ikan tuna sendiri sangat baik dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang baik sehingga sangat diperlukan oleh tubuh. Berikut salah satunya kandunga gizi pada ikan tuna Kaya Omega-3, Sumber Mineral, Sumber Vitamin.  Aneka masakan ikan tuna ini banyak sekali, ada yang hanya digoreng, di pepes serta dibakar. Namun kali ini yang akan dibahas adalah pengolahan membuat masakan ikan tuna saus tiram yang memiliki cita rasa yang menggoda selerasa anda. Bagi anda yang sanga tertarik dengan masakan dengan bahan dasar ikan tuna ini berikut resep cara membuat masakan ikan tuna saus tiram.

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Tuna Saus Tiram Yang Enak dan Lezat

Review

4.9 review 98

4.9 review 97

Waktu memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tuna Saus Tiram Yang Enak dan Lezat

Bahan Utama dan Bumbu

  • 1 Ikan tuna segar, potong menjadi bentuk kotak-kotak kecil
  • Mentega Secukupnya
  • Bawang putih, tumbuk kasar hingga memar
  • 1 buah wortel, bersihkan dan potong tipis-tipis menyamping
  • Brokoli segar, potong kecil-kecil
  • Saus tiram secukupnya
  • Gula pasir, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • lada, secukupnya
  • Tepung Maizena
  • Air secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Tuna Saus Tiram Yang Enak dan Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah memanaskan mentega, kemudian tumis bawang putih hingga harum
  2. Selanjutnya masukan potongan ikan tuna, aduk sampai warnanya berubah.
  3. Kemudian tambahkan brokoli dan juga wortel lalu aduk hingga rata.
  4. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan juga saus tiram, lalu beri garam, gula serta lada. Aduk hingga rata.
  5. Kemudian ambil sedikit kuahnya lalu simpan pada wadah mangkok kemudian masukan tepung maizena lalu aduk hingga rata.
  6. Masukan tepung maizena tersebut ke dalam masakan.
  7. Lalu aduk hingga rata serta kuahnya menjadi mengental
  8. Masak hingga matang serta mengeluarkan harum
  9. Angkat dan siap disajikan

Itulah dia Resep Masakan Ikan Tuna Saus Tiram Yang Enak dan Lezat yang bisa anda coba dirumah. Cukup mudah bukan, Masakan ikan tuna ini bias anda sajikan di menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya masakan ikan tuna saus tiram ini kepada keluarga tercinta anda serta sahabat-sahabat anda. Dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima Kasih

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo

gurame goreng cabe ijo

Resep mudah serta cara pembuatan yang sangat sederhana yaitu membuat masakan ikan gurame goreng cabe ijo.

Aneka resep ikan banyak sekali jenisnya, baik ikan laut maupun ikan tawar. Masakan ikan menjadi salah satu makanan ataupun masakan yang favorit, dimana ikan ini memiliki daging yang enak dan lezat kala disantap. Karen itu tidaklah heran banyak disekeliling kita, baik rumah makan atupun restoran-restoran selalu menyajikan makanan dengan bahan dasar ikan. Salah satu pilihan pecinta kuliner yang banyak diminati adalah ikan gurame. Ya, ikan gurame ini memiliki bentuk yang khas serta memiliki dagingnya yang tebal, serta apabila dimasak daging ikan gurame ini sungguh enak dan lezat.

Meskipun ikan gurame ini hidup di air tawar, namun memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan pada ikan gurame merupakan kaya akan protein, vitamin dan masih banyak lagi kandungan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan gurame, kali ini kami akan mengajak anda mencoba membuat masakan ikan gurame goreng cabe ijo. Cara membuat masakan ikan gurame cabe ijo ini sangatlah cepat dan praktis, karena itu sangat cocok bagi anda yang pemula ada baiknya mencoba masakan gurame goreng cabe ijo ini. Berikut resep dan cara membuatnya, kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo

Review

4.6 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo

Bahan

  • 1 ekor gurame ukuran sedang
  • 8 buah cabe rawit ijo
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah Cabe ijo ukuran besar
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng ikan dan menumis)
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat Gurame Goreng Cabe Ijo

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adah memcuci ikan gurame hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan perasan jeruk nipis dan juga garam, aduk-aduk, lalu diamkan sekitar 5 menit.
  2. Setelah itu panaskan miyak goreng, lalu masukan ikan gurame, goreng hingga kering dan warnanya kecoklatan, angkat lalu tiriskan dan sisihkan lalu simpan ditempat piring saji.
  3. Setelah itu siapkan ulekan, kemudian masukan garam secukupnya, kemudian bawang putih, lalu bawang merah, ulek kasar, setelah itu masukan kembali cabe hijau dan juga cabe rawit, ulek kasar.
  4. Selanjutnya panasakan minyak goreng untuk menumis, masukan bahan bumbu yang diulek tadi, lalu tambahkan air sedikit saja, tambahkan pula gula secukupnya, lalu aduk-aduk sebentar.
  5. Angkat dan tuangkan bahan bumbu cabe hijau diatas ikan gurame yang sudah disiapkan di piring saji.
  6. Ikan gurame cabe hijau siap dihidangkan

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo yang bisa anda coba dirumah. Cara pembuatan yang sangat sederhana dan bahan yang mudah ditemukan, masakan ikan gurame ijo ini akan menggugah selera makan anda. Untuk anda penggemar masakan pedas bisa anda coba tambahkan beberapa cabai rait agar masakan ikan gurame lebih mantap kala dimakan. Dengan adanya resep dan cara pembuat ikan gurame goreng cabe ijo ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo kepada semua kerabat, teman dan juga saudara tercinta anda, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini ya, terima kasih.

Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

ikan gurame saus besengek

Ingin mencoba masakan yang sangat sederhana dan praktis yuk kita coba membuat masakan ikan gurame saus besengek.

Berbicara tentang masakan berbahan dasar ikan, selalu mejadi pilihan para pecinta kuliner untuk mencicipinya. Selain rasa yang lezat dari ikan, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan ini, salah satunya ikan gurame. Ikan gurame sangat baik bagi kesehatan, Karena ikan gurame memiliki kandungan yang kaya akan protein, vitamin dan juga banyak lagi kandungan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dagingnya yang empuk dan gurih ikan gurame ini sangat cocok dimasak dengan cara apapun, salah satunya gurame bakar, sup ikan gurame, ikan gurame asam manis dan masih banyak lagi jenis masakan berbahan dasar ikan gurame ini. Karen itu tidak heran banyak masakan ikan gurame ini tersaji ditempat rumah makan ataupun restoran yang selalu memberikan sajian sedap enak dari masakan ikan gurame ini.

Namun kali ini kami selerasa.com mencoba memberikan resep yang sangat mudah dan praktis yaitu resep masakan ikan gurame saus besengek. Cita rasa yang sangat lezat inilah masakan ikan gurame menjadi salah satu masakan favorit keluarga pecinta kuliner. Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ikan gurame, tidak ada salahnya mencoba masakan ikan gurame saus besengek, berikut resep dan cara membuatnya.

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Bahan

  • 500 gram fillet ikan gurame, dipotong sesuai selera
  • 85 gram tepung bumbu
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 Liter minyak goreng (5 sdm untuk menumis)
  • 200 ml santan
  • 2 batang serai, diiris-iris
  • 6 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula merah
  • 3 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah menduci ikan gurame hingga besih, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk, kemudian diamkan sekitar 5 menit.
  2. Selanjutnya adalah siapkan tepung bumbu dalam wadah, kemudian gulingkan fillet ikan gurame pada tepung.
  3. Kemudian panaskan minyak untuk mengoreng ikan gurame, hingga warnanya coklat kekuning-kuningan, lalu angkat dan tiriskan lalu simpan dipiring saji.
  4. Selanjutnya cabai merah dihaluskan ditambah dengan air putih menggunakan blender hingga halus.
  5. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng untuk menumis, lalu tumis cabai merah yang sudah diblender, kemudian masukan pula serai yang sudah dipotong-potong serong, lalu aduk hingga rata.
  6. Selanjutnya masukan santan, gula merah, lalu asam jawa dan juga garam, lalu aduk-aduk hingga kuahnya terlihat menyusut dan mendidh, angkat
  7. Siramkan kuah tersebut diatas ikan gurame yang sudah disimpan pada piring saji hingga merata.
  8. Ikan gurame saus besengek siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat

Demikianlah Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek yang bisa anda coba dirumah. Sajikan masakan ikan gurame saus besengek ini ditengah-tengah keluarga anda. Menu harian anda akan semakin lengkap dengan mencoba membuat masakan ikan gurame besengek ini. Rasa yang lezat dari ikan gurae ditambah dengan bumbu saus yang diracik sedemikan rupa, menjadikan masakan gurame saus besengek ini menjadi makanan pilihan keluarga anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek agar teman, saudara serta keluarga tercinta anda merasakan betapa lezatnya masakan ikan gurame saus besengek ini, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda