• Selerasa.com

Aneka Resep Daging

aneka resep dagingAneka resep daging yang dapat anda jadikan koleksi menu makanan anda. Aneka resep daging ini bisa anda buat dengan mudah di rumah, untuk memperkaya hidangan bagi keluarga anda. Dilengkapi dengan berbagai resep seperti resep semur daging, rendang, resep daging ayam, resep daging sapi, sop daging, soto daging, dsb

Resep dan Cara Membuat Bistik Daging Sapi Cincang Giling dengan Telur yang Enak dan Gurih

Sebagai ibu rumah tangga yang dibebani dengan tugas dan tanggung jawab mengelola rumah dan mengurus rumah tangga, seringkali para ibu mengalami banyak kesulitan saat menghadapi kendala menjalankan tugas sehari-harinya, termasuk memasak dan menghidangkan sajian untuk keluarga.

Tidak jarang ketika kendala ini dihadapi ibu akan merasa bingung dan panik bagaimana mencari solusinya. Apalagi ketika masalah memasak membuat ibu seringkali frustasi, seringnya menghidangkan masakan yang itu-itu saja seringkali membuat ibu jenuh memasak makanan itu-itu saja dan membuat anggota keluarga bosan dengan hidangan makanan yang itu-itu saja.

Ingin memasak menu lain tidak ada inspirasi, pergi membeli makanan cepat saji akan menghambur-hamburkan uang. Lantas bagaimana solusinya? Nah, solusi terbaik adalah dengan menggali dan mencari resep cara mengolah masakan terbaru yang sekiranya bisa ibu ikuti dan bisa dipraktikan dirumah.

Nah, salah satunya seperti kali ini kami memiliki resep membuat bistik daging sapi cincang giling dengan campuran kocokan telur yang dipadu bersama dengan saus manis lezat dan kombinasi bumbu yang kaya. Hidangan kali ini tentu saja bisa menjadi hidangan istimewa yang lezat dan nikmat, yang juga bisa anda sajikan kapanpun dan dimanapun. Lezat dijadikan sebagai menu santapan makan siang, juga nikmat dihidangkan sewaktu makan malam.

Selain itu, hidangan bistik cincang giling telur ini bisa dipadukan bersama dengan nasi hangat ataupun dengan ketupat. Apalagi jika diberikan taburan bawang goreng dibagian atasnya. Sudah pasti semua makanan yang ibu sajikan di meja makan akan habis dilahap dengan tidak menyisakan sisa.

Agar ibu tak lagi penasaran seperti apa resep dan cara membuatnya? Berikut ini kami jelaskan resepnya. Seperti apa? Yuk, kita simak berikut ini.

resep bistik daging cincang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bistik Daging Sapi Cincang Giling dengan Telur yang Enak dan Gurih
4.9 99

 

Waktu Memasak

Persiapan: 25 menit

Memasak: 35 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bistik Daging Sapi Cincang Giling dengan Telur yang Enak dan Gurih

Bahan Utama Bistik Daging Giling:

  • 1/4 kg daging sapi cincang
  • 3 sendok makan mentega
  • 5 buah tomat
  • garam secukupnya

Bahan Untuk Saus Kecap Manis Bistik Giling:

  • 8 buah bawang merah diiris iris halus
  • kecap manis secukupnya
  • 300 cc kaldu sapi
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • garam secukupnya
  • 3 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 5 sendok makan kecap manis bango

Cara Membuat Bistik Daging Sapi Cincang Giling dengan Telur yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Daging Bistik Giling:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mencampur daging yang telah dicincang halus dengan telur dan berikan garam untuk menambah rasa kemudian aduk-aduk hingga merata.
  2. Setelah selesai melumuri daging dengan telur dan garam, letakan adonan dalam wajan anti panas dan oven hingga bistik menjadi matang merata.

Cara Membuat Saus Bistik:

  1. Setelah selesai dengan daging bistik, selajutnya kita akan buat saus kecap manisnya dengan memanaskan minyak dalam wajan kemduian tumis irisan bawang merah hingga tercium aroma harum.
  2. Selanjutnya masukkan kuah kaldu sapi kedalam tumisa tersebut dan aduk-aduk hingga menjadi rata.
  3. Tambahkan lada, kecap manis, garam dan pala secukupnya hingga rasa dan bumbu dirasa pas. Kemudian aduk kembali hingga merata.
  4. Selanjutnya masak saus bistik daging hingga mendidih. Angkat dan matikan.

Ambil piring saji tempatkan daging bistik diatasnya dan siram dengan saus kecap manis yang lezat dan nikmat ini. Hidangkan kelezatan dan kenikmatan menyantap bistik daging sapi dengan saus yang lezat. (Baca juga: Resep Semur Daging)

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep ini.

Resep dan Cara Membuat Masakan Bumbu Bistik Daging Sapi Masak Kecap yang Enak dan Gurih

Enak dan gurih, itulah kesan pertama yang terlintas dalam benak kita sewaktu mendengar hidangan bistik daging sapi.

Ya, hidangan yang dibuat dari bahan dasar daging sapi ini memang memiliki cita rasa lezat yang begitu nikmat. Rasa gurih yang begitu khas dari daging yang dikolaborasi dengan bumbu dan rempah yang lezat tentu saja akan menghasilkan hidangan nikmat yang begitu istimewa. Selain lezat daging juga merupakan salah satu sumber protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Yang mana ini berarti ketika anda menyantap daging sebagai menu makanan anda, maka bukan hanya rasa lezat yang bisa anda dapatkan, namun kebaikan dari daging pun akan bisa anda dapatkan.

Hanya saja, sayangnya saat ini harga daging yang semakin melambung tinggi membuat sebagian besar masyarakat Indonesia merasa kesulitan mendapatkan daging sapi untuk bisa diolah menjadi hidangan makanan sehari-harinya. Hal ini memang cukup menyulitkan, terutama bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah kebawah. Namun demikian, tidak ada salahnya ketika anda memiliki kesempatan untuk bisa mengolah daging sapi, anda bisa mengolahnya menjadi sebuah sajian lezat yang memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat.

Dan kali ini kami memiliki sebuah resep lezat bagaimana mengolah daging sapi menjadi hidangan bistik dengan saus kecap manis yang enak dan gurih. Hidangan ini tentunya bisa anda sajikan ditengah keluarga menjadi hidangan istimewa yang bisa memuaskan hasrat lapar semua anggota keluarga anda. Seperti apa resepnya? Yuk, kita simak berikut ini.

resep bistik masak kecap

Nama resep masakan

Resep dan Cara Membuat Masakan Bumbu Bistik Daging Sapi Masak Kecap yang Enak dan Gurih
4.8 78

 

Waktu Memasak

Persiapan: 25 menit

Memasak: 35 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Bumbu Bistik Daging Sapi Masak Kecap yang Enak dan Gurih

Bahan Utama Untuk Bistik Daging:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap inggris

Bahan Saus Bistik Daging:

  • 1/2 buah bawang bombay (potong panjang)
  • 1 sdt kecap inggris
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 75 gram kacang polong
  • 1/4 sdt garam
  • 500 ml air
  • 1/2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm mentega (untuk tumis)

Bahan Pelengkap Untuk Bistik Daging:

  • Secukupnya french fries (digoreng)
  • 200 gram wortel (ptong 4 bagian dan rebus)
  • 100 gram buncis (potong-potong)

Cara Membuat Masakan Bumbu Bistik Daging Sapi Masak Kecap yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Daging Bistik:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melumuri daging dengan kecap inggris, pala bubuk dan merica bubuk. Namun tentunya setelah anda mencuci bersih daging sapi anda.
  2. Diamkan daging selama kurang lebih 30 menit dalam lemari es hingga bumbu yang dilumurkan meresap pada daging.

Cara Membuat Saus Bistik Daging:

  1. Sambil menunggu bumbu daging meresap. Panaskan margarin dalam wajan dan tumis bawang bombay hingga tercium aroma harum. Kemudian masukkan kecap inggris, kecap manis, merica bubuk, pala bubuk dan saus tomat kemudian aduk-aduk hingga merata.
  2. Setelah itu, masukkan daging sapi kedalam saus dab aduk-aduk hingga merata.
  3. Tuangkan air secara bertahap dan masak daging hingga meresap dan daging menjadi setengah matang.
  4. Angkat daging sapi dan potong melawan arah serat dengan ketebalan 1 1/2 cm. Kemudian masukkan kembali potongan daging kedalam rebusan saus dan rebus sambil ditambahkan sisa air.

Masak bistik hingga matang dan masukkan kacang polong kemudian aduk-aduk hingga rata dan sajikan dengan lezat.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda. Baca juga: Resep Semur Daging

Resep dan Cara Membuat Bistik Daging Sapi Khas Jawa yang Lezat dan Mantap

Hidangan makanan yang ada di nusantara memang memiliki ragam dan variasi yang begitu banyak.

Dari Sabang sampai Merauke, hidangan tanah air senantiasa tersaji dengan begitu khas dan istimewa. Hal ini wajar, jika mengingat Indonesia adalah Negara kepulauan dengan latar belakang penduduk dari berbagai suku bangsa. Sehingga tidak heran jika ada banyak kuliner baru yang lahir akibat budaya yang berbeda-beda. Namun satu hal yang pasti adalah hidangan nusantara memiliki cita rasa yang lezat dan begitu berbumbu.

Salah satu hidangan nusantara yang paling banyak dicari dan banyak diburu oleh banyak masyarakat Indonesia adalah hidangan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging. Betapa tidak, hidangan ini adalah hidangan gurih yang begitu lezat. Apalagi saat dikombinasikan bersama dengan bumbu dan rempah yang kaya dan begitu beragam. Sudah pasti hidangan yang dihasilkan adalah hidangan lezat yang begitu istimewa.

Nah, salah satu hidangan istimewa yang dibuat dari bahan dasar daging adalah hidangan bistik daging sapi. Hidangan ini adalah sajian istimewa yang dibuat dengan cara merebus daging, membumbuinya dengan rempah dan bumbu kemudian disajikan bersama dengan saus lezat yang begitu khas. Hidangan ini tentu saja nikmat dan lezat dihidangkan kapan saja dan dimana saja. Tak perlu menunggu waktu tertentu seperti musim hujan atau musim panas, dinikmati kapanpun dan dimanapun anda akan dapat menikmati lezat dan nikmatnya hidangan bistik daging sapi.

Sebenarnya hidangan bistik daging memiliki berbagai jenis dan ragam. Namun salah satu yang paling lezat dari jenis bistik daging adalah hidangan bistik daging khas jawa yang dibuat dengan komposisi bumbu yang pas dan begitu lezat. Nah, untuk bisa mengetahui seperti apa cara membuat dan seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Resep bistik jawa

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bistik Daging Sapi Khas Jawa yang Lezat dan Mantap
4.9 57

 

Waktu Memasak

Persiapan: 25 menit

Memasak: 35 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bistik Daging Sapi Kha Jawa yang Lezat dan Mantap

Bahan dan Bumbu yang Diperlukan Untuk Bistik Jawa:

  • 350 gram has dalam (potong lebar)
  • 300 ml air
  • 75 gram jamur kancing (belah 2 bagian)
  • 1/2 sdt garam
  • 3 siung bawang putih (dicincang halus)
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 buah bawang bombay (dipotong-potong)
  • 1 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm mentega (untuk menumis)

Bahan Pelengkap Untuk Bistik Jawa:

  • Secukupnya nasi
  • 3 tomat (diiris bulat)
  • 14 lembar selada

Cara Membuat Bistik Daging Sapi Kha Jawa yang Lezat dan Mantap

Cara Membuat Bistik Jawa:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah kali ini adalah dengan menempatkan margarin pada wajan dan panaskan, kita akan menumis bawang bombay bersama dengan bawang putih hingga tercim aroma harum.
  2. Tambahkan daging kedalam tumisan dan aduk-aduk hingga daging berubah warnanya.
  3. Tuangkan jamur yang sudah dipotong-potong kedalam tumisan daging berserta dengan pala, merica, saus tomat, kecap manis dan garam. Kemudian aduk-aduk hingga merata.
  4. Tuangkan air kedalam tumisan dan masak hingga bumbu meresap kedalamnya dan daging menjadi berselera.

Cara Menyajikan Bistik Jawa:

  1. Setelah selesai memasak dan bumbu meresap kedalamnya. Matikan kompor dan angkat daging.
  2. Ambil piring saji dan tuangkan daging diatasnya.

Jangan lupa berikan taburan bawang goreng diatasnya untuk menambah selera dan membuat hidangan terasa lezat dan lebih nikmat. Hidangkan pula hidangan ini untuk keluarga tercinta. (Resep menarik lainnya: Resep Semur Daging)

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep ini.

Resep (Recipe) Sajian Sedap Semur Daging Sapi Pedas Spesial

Daging sapi merupakan salah satu hidangan spesial yang hampir disukai banyak orang.

Sebab selain rasanya yang nikmat, daging sapi relatif cocok dijadikan banyak hidangan makanan yang bercita rasa gurih, nikmat dan sedap. Untuk melengkapi asupan gizi sehari-hari, daging sapi sebenarnya dianjurkan dikonsumsi sebagai sumer protein dan zat besi yang mana baik untuk tubuh dan kesehatan. Hanya saja masalah yang dihadapi saat ini harga daging sapi yang semakin hari semakin melambung, membuat sebagian masyarakat Indonesia mengalami kesulitan untuk selalu menyajikan daging sapi sebagai konsumsi sehari-harinya.

Memang ada banyak ragam dan jenis olahan daging spai yang begitu bervariasi yang mana hampir kesemua olahan tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat, beberapa diantaranya adalah soto daging, sop daging, rendang, semur daging dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu hidangan yang paling banyak disajikan dalam beberapa momen yang diselenggarakan masayarakat Indonesia adalah sajian sedap semur daging.

Kombinasi rempah dan bumbu yang begitu kaya bercampur bersama dengan gurih dan empuknya daging tersaji menjadi hidangan lezat yang begitu nikmat. Hidangan ini umum sekali dijumpai dalam beberapa acara besar seperti acara pernikahan, acara berkumpul bersama keluarga dan masih banyak lagi. Selain itu, sajian semur daging akan terasa lebih istimewa jika disantap bersama dengan nasi hangat, kerupuk yang keriuk dan secangkir teh hangat.

Kuah kecap semur daging yang membasahi nasi akan membuat lidah anda dimanjakan dengan begitu istimewa. Apalagi jika hidangan semur daging yang disajikan memiliki cita rasa pedas yang nikmat dan menyegarkan, hal ini tentunya akan membuat momen menyantap semur daging bersama dengan nasi hangat anda akan terasa begitu lezat dan lebih nikmat. Kuah kecap dengan nasi hangat dan terasa pedas di lidah akan memberikan sensasi segar yang begitu berbeda. Nah, bagi anda yang ingin menyajikan lezat dan nikmatnya hidangan semur daging lezat yang pedas, kita simak resep semur daging berikut ini. 

semur daging pedas

Nama Resep

Resep (Recipe) Sajian Sedap Semur Daging Sapi Pedas Spesial
4.9 78

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Sedap Semur Daging Sapi Pedas Spesial

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 1/2 kg daging sapi has dalam (potong sesuai selera)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 batang serai (dimemarkan)
  • 5 butir cengkeh
  • 100 ml kecap manis
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 liter kaldu sapi
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 8 siung bawang merah
  • 5 butir cabai merah besar
  • 4 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 3 butir kemiri

Cara Membuat Sajian Sedap Semur Daging Sapi Pedas Spesial

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu yakni tuangkan minyak goreng dalam wajan kemudian tunggu sementara hingga panas, masukkan bumbu yang telah dihaluskan kemudian tumis hingga aroma bumbu tercium harum.
  2. Selanjutnya, masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong sesuai dengan selera yang diinginkan, tambahkan cengkeh, serai, pala bubuk, merica halus, garam beserta dengan kecap manis dan aduk-aduk hingga merata dan daging berubah warna menjadi lebih matang.
  3. Tambahkan kaldu. Tunggu hingg air menysut dan daging sapi yang direbus menjadi lebih empuk.
  4. Setelah empuk, anda bisa menghidangkan. Angkat dari rebusan dan matikan kompor kemudian tuangkan dalam mangkuk saji.

Untuk melengkapi lezatnya hidangan semur daging pedas yang baru saja anda buat anda bisa menaburkan bawang goreng kering dibagian atasnya. Hidangkan kelezatan semur daging pedas yang lezat dan istimewa ditengah keluarga anda.

Berikut ini ada resep semur daging sapi sebagai gambaran untuk membuat semur daging kecap lezat, untuk membuatnya terasa pedas, resep diatas bisa anda buat.

 

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan jangan lupa berikan komentar anda.

Resep (Recipe) dan Cara Membuat Sajian Sedap Semur Daging Sapi Khas Sunda Spesial

Hidangan lezat dari daging memang kerap kali menggoda dan mengguah selera makan seseorang menjadi berselera.

Ada beragam menu yang datang dari olahan daging dan di nusantara sendiri hidangan ini sudag begitu tak terhitung yang jika disebutkan satu persatu rasanya tidak akan pernah cukup. Beberapa menu olahan daging yang cukup terkenal diantaranya adalah sop daging, soto daging, rendang, bistik dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu hidangan daging yang juga memiliki citra yang begitu besar di lidah masyarakat Indonesia adalah semur daging. Kandungan bumbu dan rempah serta komposisinya yang begitu pas membuat hidangan semur daging senantiasa menjadi hidangan yang begitu dicari dan dinanti-nanti. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya jenis dan ragam hidangan semur daging di berbagai daerah di nusantara dan selalu menjadi hidangan yang paling banyak disantap sewaktu disajikan bersama dengan hidangan lainnya.

Kuah bumbu yang lezat dan penggunaan bumbu serta rempah yang begitu kaya dan berkolaborasi dengan gurih dan sedapnya daging sapi membuat hidangan semur daging terasa begitu lezat dan nikmat. Apalagi seperti yang kita ketahui jika olahan daging memang dasarnya sudah memiliki aroma dan kelezatan yang begitu istimewa.

Nah, seperti yang disebutkan diatas, ragam olahan dari semur daging memang beragam. Salah satunya kali ini kita akan bahas dan sajikan resep semur daging khas Sunda yang begitu lezat. Yang berbea dari hidangan semur daging sapi khas Sunda dengan semur daging sapi lainnya adalah penggunaan pemanis seperti gula tidak terlalu dominan yang membuat rasa dari semur daging menjadi begitu manis. Melainkan menyeimbangkan rasa manis agar tidak terlalu dominan. Hal ini diselaraskan dengan selerasa orang Sunda yang tidak terlalu senang dengan masakan dengan rasa yang terlalu dominan rasa manisnya. Selain daripada itu, metode yang digunakan dan cara pengolahan pada daging sama seperti kebanyakan semur lainnya.

Lantas seperti apa sih resep dan cara membuat hidangan lezat semur daging khas Sunda yang lezat dan enak? Yuk, ita simak resepnya berikut ini.

semur daging sunda

Nama Resep

Resep (Recipe) dan Cara Membuat Sajian Sedap Semur Daging Sapi Khas Sunda Spesial
4.8 56

 

Waktu Memasak

Persiapan : 30 menit
Memasak : 40 menit
Total : 70 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Sedap Semur Daging Sapi Khas Sunda Spesial

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 1 kg daging
  • 2 lembar salam
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 1/4 gelas kecap manis
  • 1 sdm gula putih
  • 7 gelas santan (dari 1 butir kelapa)

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 buah cabe merah
  • 2 sdm bawang goreng
  • 1 buah tomat besar
  • 1/4 butir pala
  • 4 siung bawang putih
  • 1 1/2 sdt merica bijian
  • 1/2 sdm kemiri

 

Cara Membuat Sajian Sedap Semur Daging Sapi Khas Sunda Spesial

Cara Membuat Semur:

  1. Langkah pertama yang anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging sesuai dengan selera. Kemudian masukan dalam panci, berikan air secukupnya dan rebus hingga menjadi lebih empuk.
  2. Setelah empuk kemudian angkat dan tiriskan daging sebelum kita melangkah pada tahap selanjutnya.
  3. Selanjutnya, siapkan semua bumbu dan masukan dalam wajan kemudian tambahkan santan.
  4. Setelahnya, masukkan daging dalam wajan yang berisi santan dan bumbu, kemudian masukan salam, lengkuas, garam, gula dan kecap beserta dengan pala.
  5. Panaskan api sedang kemudian masak daging sambil diaduk-aduk untuk memastikan jika santan tidak pecah. Aduk terus hingga santan mengental.

Cara Menyajikan:

  1. Apabila santan telah mengental sewaktu anda mengaduk-aduk itu tandanya semur daging yang anda buat sudah matang. Angkat.
  2. Ambil mangkuk saji dan hidangkan bersama dengan taburan bawang goreng.

Hidangkan kelezatan semur daging ala Sunda bertemankan dengan nasi hangat dan disajikan selagi panas akan menambah cita rasa yang semakin lezat.

Bagikan dan berikan komentar anda tentang resep semur daging sapi ini.

Resep (Recipe) dan Cara Membuat Bumbu Sajian Sedap Semur Daging Sapi Hitam Khas Betawi Asli yang Empuk, Enak dan Sederhana

Salah satu hidnagan jamuan makanan khas betawi dengan bahan dasar dari daging sapi rasanya selalu tersaji begitu istimewa dan tak habis jika disebutkan satu persatu.

Nikmat dan gurihnya olahan daging yang berkombinasi bersama dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya, membuat hampir semua hidangan daging selalu dinanti dan diburu.

Ragam menu dari olahan daging memang memiliki ragam dan variasi yang begitu banyak dan rasanya tidak ada hidangan dari daging yang tidak memiliki rasa dan cita rasa yang istimewa. Dan memang olahan daging sebelum diberikan bumbu dan diolah dengan sedemikian rupa, rasanya sudah terasa begitu nikmat dan gurih. Apalagi jika sudah diberikan rempah dan bumbu yang lezat, cita rasa dari olahan ini akan tersaji begitu nikmat.

Nah, salah satu hidangan lezat yang berbahan dasar daging yang khas dari betawi adalah semur daging hitam yang begitu istimewa. Sajian ini tentu saja memiliki cita rasa yang lezat dan seperti kebanyakan hidangan nusantara, hidangan semur daging hitam khas betawi selalu dibumbui dengan rempah yang begitu kaya sehingga menciptakan sebuah hidangan yang istimewa dan lezat sewaktu disantap.

Hidangan semur daging ini mungkin akan mudah dijumpai pada beberapa momen khusus yang diselenggaraka pada beberapa acara orang-orang betawi, salah satunya adalah acara pernikahan, acara kumpul-kumpul bersama dengan keluarga dan bahkan dijadikan sebagai menu yang istimewa saat menyambut hari raya lebaran. Penyajian hidangan semur daging hitam khas betawi cocok sekali jika disajikan bersama dengan nasi hangat ataupun bertemankan dengan ketupat lontong bersama dengan teh hangat yang begitu nikmat.

Kandungan kecap manislah yang menjadikan hidangan semur daging khas betawi diberinama sebagai semur hitam. Dari namanya mungkin terdengar cukup menyeramkan ya? Namun urusan rasa jangan lagi ditanya. Hidangan kali ini benar-benar nikmat dan lezat. Nah, lantas seperti apa sih resep semur daging dan cara membuatnya? Kita simak berikut ini.

semur daging hitam betawi

Nama Resep

Resep (Recipe) dan Cara Membuat Bumbu Sajian Sedap Semur Daging Sapi Hitam Khas Betawi Asli yang Empuk, Enak dan Sederhana
4.9 39

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bumbu Sajian Sedap Semur Daging Sapi Hitam Khas Betawi

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 500 gram daging sapi, iris melintang serat
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 4 cm kayu manis
  • 3 buah cengkih
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 buah kulit ari biji pala
  • 1 ½ liter air
  • 1 sdm bawang goreng

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 5 butir bawang merah (iris)
  • 4 butir kemiri (sangrai)
  • 1 sdt garam
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar butiran (sangrai)
  • 1/4 sdt jintan (sangrai)
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 7 butir bawang merah
  • 2 cm jahe

Cara Membuat Membuat Bumbu Sajian Sedap Semur Daging Sapi Hitam Khas Betawi

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama terlebih dahulu anda bisa memulai langkah dengan menempatkan minyak pada wajan, tunggu sampai panas kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan pula daun salam, cengkih, kulit biji pala dan kayumanis kemudian tumis hingga matang dan tercium aroma harum.
  2. Selanjutnya, masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong kedalam tumisan bumbu masak dan aduk-aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan tomat dan aduk-aduk hingga layu, setelah layu masukkan kecap manis, aduk hingga merata.
  4. Tuangkan air, aduk-aduk dan rebus hingga daging menjadi lebih empuk dan matang.

Cara Menyajikan:

  1. Setelah rebusan semur daging matang, angkat dan matikan kompor.
  2. Ambil mangkuk atau piring saji dan tuangkan daging semur diatasnya kemudian untuk menambah rasa taburi bagian atas dengan bawang goreng.

Dan kini anda siap menghidangkan serta mencicipi lezatnya hidangan semur daging hitam khas betawi yang enak, lezat dan berbumbu.

Jangan lupa bagikan resep semur daging sapi lezat kali ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan komentar anda.

Resep (recipe) Bumbu Sajian Sedap Semur Daging Sapi dan Kentang Kecap Spesial yang Enak dan Sederhana

Olahan kuliner dari daging memang memiliki ragam dan aneka yang begitu bervariasi.

Jika berbicara mengenai menu olahan daging yang ada di Nusantara rasanya tak akan cukup satu hari untuk menulis dan menyebutkan satu-satu makanan apa saja yang dibuat dari olahan daging. Namun yang pasti, hidangan dari daging selalu menjadi hidangan istimewa yang menjadi buruan dan paling dicari. Betapa tidak, hidangan dari daging hampir seluruhnya selalu sukses menjadi kulliner lezat yang bercita rasa nikmat. Jangankan sudah dibumbui dan diolah sedemikia rupa, hanya dibubuhi garam dan direbus saja, cita rasa dari daging sudah begitu lezt dan mengeluarkan aroma semerbak yang membuat perut keroncongan.

Beberapa menu dari olahan daging yang cukup terkenal ditanah air diantaranya adalah bakso, sop daging, soto daging, bola-bola daging, daging cincang, steak, bistik dan masih banyak lagi. Yang mana hampir kesemua ragam olahan ini selalu menjadi menu istimewa dan paling banyak dipilih saat dihidangkan bersama dengan makanan lainnya.

Nah, ada juga salah satu olahan dari daging sapi yang dibuat dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya dan menciptakan sebuah hidangan lezat yang tak kalah bersaing dengan menu olahan daging yang lainnya, yakni hidangan semur daging. Anda tentu tidak asing bukan dengan hidangan yang satu ini? Hidangan lezat dengan rasa manis dan aroma rempah lezat yang begitu kuat menjadi hidangan semur daging sebagai salah satu masakan yang istimewa.
Nah, kali ini kami akan berbagi resepnya bersama dengan anda. Namun yang unik dari hidangan semur daging kali ini adalah penambahan kentang yang begitu empuk dan dikombinasikan bersama dengan bumbu semur dan lezatnya daging tentu saja akan menambah kelezatan dan kenikmatan hidangan semur yang kita sajikan kali ini. Bukan saja itu, kandungan gizi dan protein dalam semur daging kentang ini tentunya jauh lebih banyak dibandingkan dengan semur daging biasa. Kandungan karbohidrat dari kentang akan membuat anda merasa lebih kenyang. Seperti apa sih resepnya? Kita Simak berikut ini.

semur daging sapi kentang

Nama Resep

Resep (recipe) Bumbu Sajian Sedap Semur Daging Sapi dan Kentang Kecap Spesial yang Enak dan Sederhana

4.9 101

Waktu Memasak

Persiapan :menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Semur Daging Sapi dan Kentang Kecap Spesial yang Enak dan Sederhana

Bahan Untuk Semur:

  • 1000 gr daging sapi (potong sesuai selera)
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 1 Liter air matang
  • 1/4 kentang (potong dadu)

Bumbu Untuk Semur:

  • 10 siung bawang merah, iris halus
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 2 cm kayumanis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah biji pala, memarkan
  • Garam secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 7 butir kemiri sangrai
  • 2 cm jahe
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar sangrai

Cara Membuat Semur Daging Sapi dan Kentang Kecap Spesial yang Enak dan Sederhana

Cara Membuat Semur Daging Kentang:

  1. 1. Langkah pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang merah dan masukan pula beserta bumbu halus, kayu manis, daun salam dan biji pala kemudian tumis hingga menjadi harum dan matang.
  2. 2. Setelah Selesai, masukkan daging dan tambahkan kecap manis kemudian aduk-aduk dan tumis hingga bumbu meresap kedalam daging dan daging menjadi lebih empuk.
  3. 3. Masukkan air beserta dengan kentang dan aduk hingga merata kemudian biarkan hingga daging matang beserta dengan kentangnya menjadi lebih empuk.

Cara Menyajikan:

  1. Pertama setelah daging beserta kentang matang dan bumbu telah dirasa pas. Angkat dan matikan kompor.
  2. Kemudian ambil piring atau mangkuk saji dan tuangkan dalam wadah tersebut. Untuk memberikan rasa yang lebih lezat anda bisa memberikan taburan bawang goreng diatasnya.

Dan kini anda siap untuk menghidangkan lezatnya semur daging dan kentang dengan rasa yang lezat dan nikmat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda mengenai resep lezat yang kami berikan kali ini.

Aneka Resep Soto Nusantara yang Enak dan Lezat

Resep Membuat Soto Ayam Ambengan yang Enak

Bahan-Bahan:

  • 1/2 ekor ayam
  • 1.500 ml air
  • 2 batang serai ambil putihnya, memarkan
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Minyak untuk menggoreng
  • 6 lembar daun jeruk buang tulangnya, sobek-sobek

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 3 cm kunyit bakar
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm jahe

Bahan Sambal Rawit:

  • 12 buah cabai rawit merah, rebus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, rebus
  • 3 buah cabai keriting
  • 150 ml air
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Bahan Poyah yang Dihaluskan:

  • 2 sendok makan bawang putih goreng
  • 50 gram kerupuk udang

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram soun, rendam
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 3 lembar kol, diiris halus
  • 2 butir telur rebus, potong-potong
  • 1 batang daun bawang, iris halus

Persiapan Membuat Soto Ayam Ambengan yang Enak :

  1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan senantiasa mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep sebelum sajian ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Untuk itu, melihat cukup pentingnya langkah kali ini maka anda tidak sebaiknya melewatkan langkah kali ini.
  2. Untuk bahan pertama yang perlu untuk dipersiapkan dengan baik adalah ayamnya. Silahkan siapkan tatakan dan pisau lalu kemudian potong ayam menjadi dua bagian secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan ayam kedalam sebuah wadah dan bawa sajian ini ke tempat cucian. Di tempat cucian silahkan bersihkan sajian ini secara merata dan pastikan kotoran pada ayam dihilangkan.
  4. Kemudian angkat ayam yang sudah dibersihkan dan sisihkan dalam sebuah wadah kemudian tiriskan air cuciannya secara merata sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Lalu kita lanjutkan dengan menyiapkan bahan pelengkapnya. Bahan pelengkap pertama yang akan dapat anda siapkan adalah sounnya. Bahan ini dapat anda rendam dengan menggunakan air panas. Lalu angkat dan biarkan sajian ini sampai menjadi lebih matang.
  6. Setelah itu, angkat sajian ini dan biarkan dalam sebuah wadah untuk kemudian tiriskan airnya secara merata sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  7. Kemudian bahan selanjutnya adalah dengan memotong-motong telur rebus. Untuk setiap satu butir telur anda bisa memotongnya dengan 4 bagian secara merata dan sisihkan sementara.
  8. Selanjutnya anda akan dapat meneruskan langkah pembuatan sajian soto ayam ini dengan menyimak cara pembuatannya setelah menyelesaikan langkah persiapan kali ini.

Cara Membuat Soto Ayam Ambengan yang Enak :

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah panci nyang diisi dengan air. Lalu masukkan kedalamnya ayam bersama dengan jahe dan daun jeruk. Masak sajian ini secara merata hingga mendidih.
  2. Kemudian setelah itu, lanjutkan langkah kali ini dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  3. Selanjutnya, masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan duan jeruk dan aduk-aduk semua sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak dan sedap.
  4. Kemudian tuangkan bumbu ini kedalam rebusan ayam yang sedang anda masak. Lalu aduk-aduk sajian ini secara merata hingga tercampur dan teraduk bersama dengan ayam.
  5. Tambahkan bumbu kedalamnya seperti garam, merica bubuk dan juga gula pasir. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan matang.
  6. Masak sajian diatas sampai matang dan bumbu meresap kedalam sebuah bahan yang anda masak didalamnya.
  7. Lalu angkat sementara ayam dari rebusan dan siapkan sebuah wajan untuk kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  8. Masukkan ayam kedalamnya dan goreng sampai ayam berkulit saja. Lalu angkat dan tiriskan minyaknya kemudian tunggu sampai ayam menjadi lebih hangat.
  9. Baru setelah itu, suwir-suwir ayam dengan menggunakan tangan dan tampung didalam wadah. Untuk kemudian lakukan langkah kali ini sampai semua bagian ayam disuwir secara merata.
  10. Untuk membuat sambal cabe rawit kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah ulekan dan cobek.
  11. Lalu masukkan kedalamnya rebusan cabai rawit bersama dengan bawang putih dan haluskan sajian ini sampai merata dan halus. Baru bumbui dengan menggunakan garam, gula pasir dan juga air. Aduk-aduk sajian ini sampai merata dan tercampur.

Lalu untuk bisa menyajikan hidangan ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah mangkuk saji. Lalu masukkan bahan pelengkap kedalamnya dan tata dengan cantik. Lalu masukkan pula sambal cabai rawit kedalamnya, poyah dan suwiran ayam.

Kini anda akan dapat menyajikan hidangan ini dan menyantapnya selagi masih hangat bersama dengan sepiring nasi hangat yang enak dan tentunya nikmat.

Resep Membuat Soto Khas Blitar yang Enak dan Gurih

Bahan-Bahan:

  • 1/2 ekor ayam
  • 1.750 ml air
  • 1 cm lengkuas, dimemarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 5 siung bawang putih

Sambal Cabai Rawit Pedas:

  • 20 buah cabai rawit
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 siung bawang putih

Bahan Pelengkap:

  • 150 gram kelapa parut kasar
  • 2 batang daun seledri, iris halus
  • 50 gram taoge pendek
  • 2 buah jeruk nipis
  • 25 gram bawang merah goreng

Persiapan Membuat Soto Khas Blitar yang Enak dan Gurih:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda akan senantiasa bisa melakukannya dengan waktu yang singkat. Selain itu, bahan-bahan pada resep yang disebutkan memang perlu untuk diolah sebentar sebelum akhirnya sajian ini dicampur dan dimasak dengan bahan-bahan lainnya.
  2. Bahan pertama yang perlu untuk anda olah terlebih dahulu adalah ayamnya. Silahkan ambil tatakan dan sebuah pisau serta sebuah wadah.
  3. Kemudian potong ayam dengan menggunakan pisau yang tajam secara merata. Sebaiknya guna memudahkan anda dalam memotong ayam kami sarankan anda menggunakan pisau dengan ukuran yang lebih besar.
  4. Potong ayam dengan 2 sampai 4 bagian. Namun jangan memotongnya terlalu kecil sebab nantinya ayam yang akan kita masukkan dalam sajian kali ini adalah ayam yang disuwir. Jadi demikian memotongnya terlalu kecil mungkin menyulitkan anda untuk melakukan suwiran pada ayam nantinya.
  5. Bila ayam sudah dipotong maka bawa ayam ke tempat cucian dan bersihkan ayam dengan menggunakan air bersih secara merata. Ketika membersihkan ayam ada baiknya anda meremas-remasnya secara merata. Untuk memastikan kotoran pada ayam dibersihkan.
  6. Angkat ayam bila sudah dibersihkan secara merata. Kemudian sisihkan dalam sebuah wadah dan untuk menghilangkan bau amis pada ayam maka anda bisa mengucuri daging ayam yang sudah dibersihkan menggunakan air jeruk nipis dan berikan sedikit garam.
  7. Setelah itu, baru diamkan bahan ini secara merata selama kurang lebih 15 menit setelah diaduk-aduk sampai tercampur rata.
  8. Sementara itu, kita menuju bahan pelengkap untuk bahan pelengkap kelapa parut maka anda bisa mengolahnya menjadi serundeng.
  9. Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah wajan dan simpan diatas kompor dengan menggunakan api yang kecil. Lalu masukkan kelapa kedalamnya dan sangrai sajian ini sampai matang dan kering.
  10. Bila sudah selesai maka silahkan sisihkan sementara bahan ini sebelum dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Soto Khas Blitar yang Enak dan Gurih:

  1. Untuk membuat soto khas Blitar kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu merebus ayam yang sudah anda siapkan dalam sebuah panci dan berikan air kedalamnya.
  2. Masukkan ayam bersama dengan bumbu rempah lain seperti daun salam, daun jeruk, jahe dan lengkuas.
  3. Lalu untuk menambahkan rasa dari sajian ini maka anda akan dapat memasukan gula pasir bersama dengan garam. Lalu rebus sajian ini sampai matang dan bumbu meresap kedalam ayam secara merata.
  4. Bila ayam sudah matang, angkat ayam dari rebusan dan tiriskan sementara air rebusannya. Lalu siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya.
  5. Tunggu sampai minyak yang anda masukkan kedalam wajan menjadi lebih panas secara merata. Baru setelah itu, anda akan dapat menuangkan ayam kedalamnya dan goreng ayam sampai berkulit saja.
  6. Angkat ayam yang sudah matang dan berkulit kemudian sisihkan sementara agar minyaknya meniris dan ayam menjadi lebih hangat.
  7. Setelah hangat ayam akan dapat anda suwir-suwir secara merata. Lalu masukkan suwiran ayam kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum hidangan ini dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  8. Dalam wajan yang baru maka silahkan panaskan kembali minyak kedalamnya dan tunggu sampai matang. Baru tumis bumbu halus kedalam wajan dan tumis sajian ini hingga harum da tercium bau yang enak.
  9. Kemudian tuangkan bumbu tersebut kedalam rebusan yang sedang anda masak. Lalu didihkan sajian ini sampai matang baru angkat dan sisihkan.
  10. Sementara itu, untuk membuat sajian sambal rawit kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu merebus cabai rawit bersama dengan bawang putih secara merata.
  11. Lalu angkat sajian ini setelah beberapa saat dan masukkan gula pasir bersama dengan garam. Lalu haluskan sajian ini secara merata hingga menyatu.
  12. Masukkan sambal dalam sebuah mangkuk dan anda akan dapat menyusun soto dalam sebuah mangkuk saji.
  13. Caranya adalah dengan masukkan semua bahan pelengkap kedalamnya dan siram dengan kuat soto yang sudah anda buat sebelumnya. Lalu masukkan serundeng kelapa sebagai taburan dan tambahkan pula sambal cabai rawit untuk membuat rasa dari sajian kali ini lebih enak dan lezat.

Tentunya setelah selesai anda akan dapat menyajikan dan menikmati sajian ini untuk disantap bersama dengan nasi hangat yang enak dan lezat. Jangan lupa santap juga sajian ini bersama dengan emping atau dengan kerupuk yang renyah dan enak.

Resep Membuat Soto Sulung Khas Surabaya yang Sedap

Bahan-Bahan:

  • 250 gram babat
  • 250 gram paru sapi
  • 250 gram daging sapi
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2000 ml air untuk merebus
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 1 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 cm kunyit
  • 4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir

Bahan Pelengkap:

  • 2 sendok makan bawang goreng
  • 2 batang daun seledri, diiris tipis
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 3 butir telur ayam rebus
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 2 buah jeruk nipis

Persiapan Membuat Soto Sulung Khas Surabaya yang Sedap:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda kana senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep kali ini. Cara ini akan penting untuk dilakukan guna memudahkan anda mencampurkan sajian in bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  2. Bahan tersebut adalah jeroan sapi yang akan perlu untuk kita rebus terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Bahan pertama yang akan direbus adalah babat sapinya.
  3. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Lalu masukkan babat kedalamnya dan berikan taburan garam. Lalu masak sampai matang secara merata dan angkat sajian ini setelah matang. Lalu masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Kemudian bahan selanjutnya adalah paru sapi. Sama halnya dengan ketika anda merebus babat sapi. Maka masukkan paru kedalamnya. Hanya saja, sebaiknya jangan gunakan air rebusan yang sama ketika anda merebus babat sapi.
  5. Masak dan rebus paru sampai matang dan lebih mengeras atau padat. Lalu angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian anda akan dapat mempersiapkan bahan lainnya.
  6. Selanjutnya ganti kembali air rebusan dan berikan taburan garam kedalamnya. Lalu masukkan daging kedalamnya dan rebus sajian daging secara merata sampai matang dan angkat.
  7. Tiriskan air rebusannya dan masukkan dalam mangkuk untuk kemudian anda akan dapat menyisihkannya sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  8. Baru setelah itu, sisihkan semua sajian yang sudah anda persiapkan. Dan ambil sebuah tatakan dan pisau serta beberapa wadah.
  9. Gunakan tatakan dan pisau untuk memotong atau mengiris bahan-bahan jeroan dan daging sapi yang sudah anda rebus sebelumnya.
  10. Potong-potong dengan ukuran kecil-kecil dan sisihkan dalam wadah atau mangkuk yang berbeda. Lalu sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Soto Sulung Khas Surabaya yang Sedap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu membuang semua air rebusan kecuali rebusan bekas daging pada rebusan terakhir.
  2. Nah, dari bahan kaldu atau rebusan daging tersebut anda akan dapat mengambil sebanyak 750 ml air kaldunya. Lalu sisanya bisa anda buang dan sisihkan.
  3. Selanjutnya masukkan usus, bersama dengan babat, paru dan daging yang sudah anda rebus sebelumnya kedalam rebusan air kaldu dan masak sampai mendidih.
  4. Selagi menunggu bahan diatas mendidih maka anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan dan berikan minyak kedalamnya. Tunggu sementara hingga minyak panas dan matang/
  5. Baru masukkan bumbu halus dan tumis sajian ini bersama dengan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Lalu aduk-aduk semua sajian ini hingga merata.
  6. Lalu masukkan bumbu tumisan yang sudah matang kedalam rebusan air kaldu yang anda masak bersama dengan daging. Aduk-aduk secara merata dan pastikan semua sajian ini tercampur secara merata.
  7. Selanjutnya adalah dengan membumbui sajian ini dengan menggunakan gula, garam dan juga merica bubuk. Bila perlu anda akan senantiasa menambahkan kaldu bubuk kedalamnya. Lalu aduk-aduk secara merata dan masak sampai bumbu meresap kedalam bahan-bahan yang anda masak.

Nah, setelah selesai dimasak maka sajian ini akan dapat anda tata dalam sebuah mangkuk saji. Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah mangkuk saji dan masukkan semua bahan pelengkap kedalamnya. Berikan pula telur rebus dan potong telur menjadi dua bagian atau 4 bagian secara merata.

Baru setelah itu, anda akan dapat menuangkan kuah soto kedalamnya. Lalu berikan taburan daun bawang bersama dengan seledri dan kucuri bagian atasnya dengan menggunakan jeruk nipis secara merata. Kini anda akan senantiasa dapat menikmati sajian ini bersama dengan keluarga di rumah.

Resep Membuat Soto Banjarmasin

Bahan-Bahan:

  • 1/2 ekor (450 gram) ayam
  • 2.000 ml air
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 4 cm kayumanis
  • minyak untuk menumis
  • 4 sendok teh garam
  • 5 butir cengkeh
  • 3 sendok teh gula pasir

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 12 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 2 cm jahe
  • 6 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh adas manis

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram soun, rendam
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 tangkai seledri, diiris halus
  • 6 buah perkedel kentang
  • 3 butir telur rebus
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 sendok makan bawang merah goreng

Cara Membuat Soto Banjarmasin:

  1. Untuk membuat sajian kali ini lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ayam secara merata. Lalu potong ayam dan bagi menjadi dua bagian secara merata.
  2. Lalu rebus ayam dalam sebuah panci dan tambahkan kedalamnya bumbu rempah seperti cengkeh dan kayu manis.
  3. Lalu masak sampai setengah matang dan bumbu rempah ini meresap untuk menghilangkan bau amis pada ayam.
  4. Ambil dan takar kaldu ayam sebanyak 1.7 liter secara merata. Sementara untuk sisa kaldunya dibuang saja. Kemudian didihkan kembali ayam didalam bumbu kaldu yang sudah lebih sedikit.
  5. Sementara itu, siapkan sebuah wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak goreng menjadi lebih panas secara merata.
  6. Kemudian masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sajian ini secara merata dan harum. Angkat dan tuangkan bumbu tumisan ini kedalam rebusan ayam yang anda masak.
  7. Bumbui rebusan dengan menggunakan garam dan tambahkan dengan merica bubuk bersama dengan gula pasir secara merata. Kemudian masak sajian ini sampai matang dan enak.
  8. Angkat ayam dan suwir-suwir secara merata. Lalu sajikan soto dalam wadah dan masukkan bahan pelengkap bersama dengan ayam suwirnya juga.

Kini sajian soto Banjarmasin akan dapat anda nikmati selagi masih hangat bersama dengan sepiring nasi. Bila anda ingin rasanya lebih pedas maka anda bisa menambahkan sambal rawit kedalamnya.

Aneka Resep Soto Mie yang Enak dan Sedap Bisa Dibuat di Rumah

Sajian dan nikmati enak dan segarnya hidangan soto mie yang akan senantiasa anda buat di rumah dengan mudah. Inilah dia resep yang akan senantiasa anda simak dengan mudah dan sederhana.

Resep Membuat Laksa Khas Jepara yang Berkuah Enak

Bahan-Bahan:

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 100 gram udang jerbung
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1.000 ml air

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 2 sendok makan kelapa parut, sangrai
  • 5 cm kunyit
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cm jahe
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 3 sendok makan ebi, seduh, tiriskan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram bihun, rebus
  • 4 tangkai daun kemangi
  • 50 gram taoge, seduh
  • 100 gram oncom seduh sebentar
  • 2 butir telur rebus, dipotong-potong
  • 1 sendok makan bawang goreng
  • 1 buah jeruk nipis

Persiapan Membuat Laksa Khas Jepara yang Berkuah Enak:

  1. Untuk cara yang pertama membuat hidangan kali ini cukup mudah dan sederhana. Anda akan dapat mempersiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang ada pada resep sebelum diolah menjadi sajian yang enak dan lezat.
  2. Bahan pertama yang akan kita olah pada sajian kali ini adalah ayamnya terlebih dahulu. Sillahkan masukkan ayam kedalam sebuah wadah dan bawa ayam ke tempat cucian.
  3. Adu-aduk ayam dan pastikan ayam tercampur dan teraduk secara merata agar kotoran dan kuman yang ada pada ayam dapat dibersihkan secara merata.
  4. Lalu angkat ayam dan potong ayam menjadi empat bagian atau anda dapat memotongnya sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  5. Bila sudah selesai dipotong maka cuci kembali ayam dengan merata menggunakan air yang bersih. Baru setelah itu, tiriskan air cuciannya dan sisihkan ayam sebelum sajian ini dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  6. Kemudian cuci pula udang dan kupas bagian kulitnya secara merata. Potong bagian ekornya sampai yang tersisa hanya bagian dagingnya saja.
  7. Lalu tempatkan udang yang sudah dibersihkan diatas tatakan secara merata. Kemudian ambil pisau dengan ukuran yang besar dan cincang udang secara merata.
  8. Masukkan udang dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum hidangan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Laksa Khas Jepara yang Berkuah Enak:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan senantiasa menyiapkan sebuah panci dan tempatkan panci diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Setelah itu, masukkan air dan rebus ayam kedalamnya sampai berkaldu dan ayam matang secara merata.
  3. Lalu angkat ayam dari rebusan dan suwir-suwir ayam secara merata dengan menggunakan tangan untuk memastikan ayam disuwir secara merata.
  4. Lalu takar kaldu sebanyak 750 ml dan sisanya disisihkan. Lalu masukkan kembali ayam kedalam kuah haldu dan rebus kembali sampai mendidih.
  5. Dalam wajan yang lain silahkan panaskan minyak dan masukkan bumbu halus kedalamnya untuk kemudian tambahkan dengan menggunakan daun salam, serai, daun jeruk dan aduk-aduk semua sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  6. Lalu setelah itu, masukkan udang kedalamnya dan masak sajian ini hingga warnanya berubah secara merata.
  7. Kemudian masukkan tumisan bumbu ini dalam kuah kaldu yang sedang anda rebus. Lalu aduk-aduk secara merata sajian ini sampai tercampur dan teraduk. Kemudian masak sajian ini sampai mendidih dan matang,
  8. Masukkan santan kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini secara merata sambil diaduk dengan perlahan hingga tercampur dan matang bersama dengan kuah kaldu yang anda masak.
  9. Untuk menyajikan hidangan ini maka silahkan tata bahan pelengkap dalam sebuah mangkuk saji. Kemudian siram bagian atasnya dengan menggunakan kaldu yang sudah anda buat.

Nah, setelah selesai maka selanjutnya sajian laksa khas Jepara ini akan dapat anda sajikan untuk keluarga dan dinikmati selagi masih hangat. Apalagi untuk cuaca musim dingin seperti ini maka akan sangat cocok sekali membuat sajian yang satu ini.

Resep Membuat Soto Ayam Gurih Ala Pedagang Kaki Lima

Bahan-Bahan Untuk Kuah:

  • 1 ekor ayam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 10 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2.500 ml air
  • 5 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 15 butir bawang merah
  • 5 cm kunyit, dibakar
  • 8 butir kemiri, disangrai
  • 8 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Bahan Pelengkap:

  • 3 butir telur rebus, dipotong-potong
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 tangkai seledri, diiris halus
  • 150 gram kol, diiris kasar
  • 50 gram soun, direndam
  • sambal cabai rawit

Persiapan Membuat Soto Ayam Gurih Ala Pedagang Kaki Lima:

  1. Untuk cara pertama yang akan dapat anda lakukan guna mengawali langkah kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan ayamnya sebelum bahan ini dicampurkan dan dimasak bersama dengan bumbu dan rempah lainnya yang kita siapkan pada resep.
  2. Untuk itu, masukkan ayam kedalam sebuah wadah dan langsung bawa ayam ke tempat cucian guna dibersihkan secara merata.
  3. Akan tetapi, sebelum dikucurkan dibawah air yang mengalir akan lebih baik bila anda terlebih dahulu memotong ayam dengan banyak 4 bagian. Atau mungkin bila potongan ini dianggap terlalu besar maka anda dapat memotongnya sesuka hati anda. Hanya saja. jangan dipotong terlalu kecil sebab nantinya kita akan menyuwir ayam dan tidak akan memasukan ayam dalam keadaan utuh.
  4. Setelah selesai memotong ayam secara merata maka masukkan ayam kembali kedalam wadah dan aduk-aduk sajian ini secara merata untuk memastikan ayam dibersihkan secara merata.
  5. Bila sudah selesai kemudian silahkan angkat ayam dan tiriskan airnya. Lalu kucuri ayam dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dan berikan taburan garam sedikit saja. Cara ini penting dilakukan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam.
  6. Lalu diamkan bahan diatas selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata dan sempurna.

Cara Membuat Soto Ayam Gurih Ala Pedagang Kaki Lima:

  1. Nah, selesai dengan persiapan diatas maka langkah selanjutnya anda akan senantiasa bisa mempersiapkan untuk membuat hidangan kali ini. Untuk itu, maka silahkan ambil sebuah panci dan tempatkan diatas kompor.
  2. Nyalakan api yang sedang pada kompor secara merata. Lalu tuangkan air kedalamnya secukupnya saja untuk merebus ayam. Lalu masukkan ayam dan rebus sajian ini sampai matang secara merata.
  3. Kemudian setelah itu, angkat ayam yang sudah matang dan sisihkan didalam sebuah wadah secara merata.
  4. Selagi menunggu ayam lebih dingin maka silahkan siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Baru setelah itu, masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  5. Kemudian masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis bersama dengan serai, daun jeruk dan aduk-aduk sampai harum hingga tercium bau enak yang sedap.
  6. Masukkan bumbu ini pada rebusan ayam, lalu kemudian masukkan gula dan garam kedalamnya. Aduk-aduk sajian ini dan masak sampai matang secara merata.
  7. Siapkan kembali wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  8. Kemudian goreng ayam kedalamnya asal berkulit saja secara merata. Lalu angkat sajian ini dan tiriskan secara merata minyaknya.
  9. Suwir ayam yang sudah anda masak secara merata. Kemudian sajikan didalam mangkuk dan masukkan pula ayam suwir yang baru saja anda siapkan. Masukkan pula bahan pelengkap lainnya seperti poyah, dan juga sambal rawit.

Nah, setelah selesai maka anda akan senantiasa menyajikan hidangan ini dalam sebuah wadah untuk kemudian sajian ini dapat anda nikmati selagi masih hangat dan enak.

Resep Membuat Soto Mie Daging yang Enak dan Sedap

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sengkel
  • 2.500 ml air
  • 1 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 sendok teh merica
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 6 butir kemiri, disangrai
  • 12 butir bawang merah
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 4 siung bawang putih

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram mi kuning kering
  • 2 buah kentang
  • 5 tangkai seledri, diiris halus
  • 50 gram bihun
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 150 gram kol, iris halus
  • 5 buah lumpia bihun, potong-potong
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 4 sendok makan air jeruk limau

Persiapan Membuat Soto Mie Daging yang Enak dan Sedap:

  1. Untuk persiapan kali ini kita akan olah bahan-bahan pelengkap yang ada pada resep kali ini. Hal ini dikarenakan sebelum sajian ini dicampurkan menjadi satu bagian, terlebih dahulu penting sekali untuk mengolah bahan-bahan tersebut.
  2. Untuk itu, maka silahkan ambil kentang dan bawa ke tempat cucian. Bersihkan bagian permukaan kentang secara merata dan bersihkan pula kotoran seperti tanah yang sudah kering pada permukaan kulit kentang dengan cara menggosok-gosoknya secara merata.
  3. Kemudian setelah itu, ambil kentang yang sudah bersih dan kukus dalam sebuah panci sampai matang secara merata dan lembut.
  4. Setelah itu, angkat sajian ini bila sudah matang maka sisihkan sajian ini jangan lupa untuk mengupasnya dan sisihkan sementara sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Kemudian setelah itu, rebus juga mie kuning dalam sebuah panci. Caranya siapkan air dalam sebuah panci secara merata dan tunggu sampai airnya mendidih.
  6. Lalu masukkan mie kuning kedalamnya dan rebus sampai matang secara merata. Namun jangan memasaknya terlalu lembek sebab mungkin sajian ini tidak akan berasa nikmat pada saat anda campurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  7. Selanjutnya adalah dengan merebus bihun sebentar dalam panci yang berisikan dengan air. Asal bihun menjadi lebih lunak dan bagian kasarnya dihilangkan secara merata. Maka anda akan dapat mengangkatnya dan menyisihkannya dalam sebuah wadah untuk kemudian tiriskan airnya secara merata.

Cara Membuat Soto Mie Daging yang Enak dan Sedap:

  1. Untuk membuat sajian soto mie kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu membuat kuahnya.
  2. Untuk membuat bahan kuah ini lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan atau panci dan masukkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata.
  3. Setelah itu, masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis bersama dengan bahan-bahan lainnya seperti daun jeruk dan juga serai. Aduk-aduk kesemua sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  4. Kemudian masukkan air kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini secara merata. Lalu masukkan daging sengkel selanjutnya anda akan dapat merebus sajian ini secara merata sampai daging berubah warnanya.
  5. Setelah itu, baru masukkan garam bersama dengan gula pasir dan tambahkan dengan menggunakan merica bubuk kedalamnya. Masak kembali sajian ini sampai daging menjadi lebih empuk secara merata dan matang.
  6. Kemudian masukkan daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sajian ini hingga tercampur. Kemudian angkat daging dan potong-potong secara merata sajian ini hingga tercampur,
  7. Untuk menyajikan hidangan ini maka silahkan tata mie dan bihun bersama dengan kol, tomat, lumpia dan seledri dalam sebuah wadah. Lalu tambahkan pula potongan daging dibagian atasnya secara merata/
  8. Terakhir anda akan dapat menuangkan kuah panas yang anda buat sebelumnya. Lalu kucuri bagian atasnya dengan menggunakan jeruk limau secara merata.

Bila sudah selesai maka sajian ini akan senantiasa dapat anda nikmati selagi masih hangat. Bila anda suka anda dapat menambahkan sambal dibagian atasnya dan santap sajian ini bersama dengan kerupuk atau emping yang enak.

Resep Membuat Soto Sokaraja yang Enak dan Sedap

Bahan-Bahan:

  • 1/2 ekor ayam
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 3 lembar daun salam
  • 2.500 ml air
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 4 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 sendok teh merica
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm jahe

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram soun
  • 2 batang seledri, diiris halus
  • 3 butir telur rebus
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 100 gram taoge pendek
  • 3 sendok makan bawang putih goreng
  • 5 sendok makan kacang kedelai goreng
  • 6 sendok makan sambal kacang
  • 100 gram kerupuk kanji merah

Persiapan Membuat Soto Sokaraja yang Enak dan Sedap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengolah beberapa bahan yang ada pada resep yang memang perlu diolah terlebih dahulu sebelum anda mencampurkan sajian ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  2. Bahan pertama yang perlu kita olah terlebih dahulu sebelum mencampurkan bahan lainnya adalah ayamnya. Silahkan potong ayam menjadi dua bagian dengan menggunakan pisau. Selain itu, untuk memudahkan anda memotong ayam maka gunakan pisau yang ukurannya agak besar dan tajam.
  3. Bila ayam sudah berhasil dipotong secara merata maka masukkan ayam kedalam sebuah wadah untuk kemudian bawa ke tempat cucian.
  4. Bersihkan ayam secara merata dan pastikan anda membersihkan ayam dari kotoran atau mungkin bulu ayam yang masih menempel pada kulitnya.
  5. Setelah ayam bersih secara merata maka angkat ayam kedalam sebuah wadah dan tiriskan air cuciannya sementara.
  6. Baluri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata dan taburi dengan menggunakan garam. Lalu aduk-aduk secara merata dan biarkan bahan bumbu ini meresap selama kurang lebih 15 menit. Cara ini dilakukan untuk membersihkan bau amis yang masih menempel pada ayam.
  7. Kemudian selagi menunggu ayam maka selanjutnya anda akan dapat memasukkan soun kedalam wadah dengan bagian yang berongga. Lalu siram soun dengan menggunakan air panas atau air mendidih dan seduh sajian ini secara merata.
  8. Angkat soun yang sudah direndam dan berubah teksturnya menjadi lebih lembut. Maka anda akan dapat meniriskan airnya dan pisahkan secara merata. Untuk kemudian sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  9. Terakhir untuk telur rebus. Setelah telur berhasil direbus secara merata maka angkat sajian ini dan kupas bagian cangkangnya secara merata. Untuk masing-masing telur anda bisa memotongnya dengan banyak 4 bagian secara merata dan sisihkan.

Cara Membuat Soto Sokaraja yang Enak dan Sedap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cukup mudah dan sederhana, yakni dengan hanya menyiapkan sebuah panci diatas kompor dan masukkan air kedalamnya kemudian tuangkan pula bumbu rempah seperti daun salam, lengkuas, gula dan garam.
  2. Kemudian baru masukkan ayam yang sudah dibersihkan kedalamnya dan masak sajian ayam ini sampai matang secara merata.
  3. Setelah matang maka anda akan senantiasa dapat mematikan kompor dan angkat ayam dari rebusan untuk kemudian sisihkan air rebusannya secara merata.
  4. Siapkan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu panaskan minyak kedalamnya dan masukkan ayam yang sudah anda rebus. Masak ayam sampai berwarna kuning dan kecoklatan cukup sampai berkulit saja.
  5. Angkat ayam yang sudah digoreng baru setelah itu, suwir-suwir ayam dengan merata menggunakan tangan dan tampung dalam sebuah wadah.
  6. Panaskan kembali minyak dalam wajan bekas anda menggoreng ayam. Namun kali ini jumlah minyak yang digunakan sebaiknya tidak terlalu banyak.
  7. Masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sampai matang dan harum secara merata. Setelah matang maka masukkan tumisan bumbu halus ini kedalam rebusan.
  8. Lalu masa kembali rebusan diatas api yang kecil sampai mendidih dan matang secara merata.
  9. Untuk menyajikan hidangan ini anda akan dapat menata taoge bersama dengan ayam suwir kemudian telur, daun bawang, seledri dan juga kacang kedelai. Lalu setelah itu, tuangkan kuah soto panas dibagian atasnya secara merata.
  10. Terakhir anda akan senantiasa bisa memberikan taburan bawang goreng putih dibagian atasnya. Untuk selanjutnya nikmati bahan ini bersama dengan kerupuk dan sambal kacang yang sudah disiapkan.

Santap sajian ini selagi masih hangat bersama dengan nasi yang hangat. Anda juga bisa memberikan tambahan seperti emping atau kerupuk. Sajian sambal kacang akan menjadi pelengkap yang enak bersama dengan sajian soto yang enak.

Resep Coto Makassar Kuliner Nusantara yang Enak dan Lezat

Makanan khas Indonesia sangat beragam dengan cita rasa yang akan membuat lidah para pecintanya terpuaskan. Kuliner Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya kuliner dari Sulawesi Selatan atau tepatnya di Makassar yang terkenal dengan sebutan coto Makassar.

Coto Makassar ini memiliki rasa yang begitu enak dan lezat, serta kuahnya gurih. Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya.

Untuk mendapatkan coto Makassar ini sebenarnya anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar, karena anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Cara membuatnya cukup praktis dan sederhana. Berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat coto Makassar.

Resep coto makassar

Nama Resep

Resep Coto Makassar Kuliner Nusantara yang Enak dan Lezat

4.9 750

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Orang

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Coto Makassar Kuliner Nusantara yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Coto Makassar

  • 1 kg daging sapi
  • 5 batang serai
  • 2.000 ml air cucian beras putih
  • 5 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 250 gram kacang tanah
  • 5 cm jahe
  • 1 ruas lengkuas

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri sangrai
  • 1 sendo makan ketumbar sangrai
  • 1 sendok teh jinten sangrai
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh garam

Bahan pelengkap

  • Bawang merah goreng
  • Seledri yang sudah diiris
  • Daun bawang yang sudah diiris

Cara Membuat Coto Makassar yang Enak dan Lezat

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu, mencuci daging sapi yang sudah anda siapkan.
  2. Memarkan batang serai.
  3. Lalu goreng kacang tanah. Jika sudah, tumbuk dan haluskan.
  4. Memarkan jahe dan lengkuas.
  5. Haluskan semua bumbu yang sudah disebutkan seperti di  atas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, anda dapat menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender.

Cara membuat Coto Makassar

  1. Jika semua bahan dan bumbu sudah siap, maka anda bisa langsung mengolahnya. Siapkan panci di atas kompor. Lalu rebus daging sapi menggunakan air cucian beras bersama dengan langkuas, jahe, daun salam dan serai yang sudah dimemarkan. Rebus semua bahan bahan sampai daging menjadi empuk.
  2. Apabila daging sudah empuk atau lunak, anda dapat langsung memotong-motongnya membentuk dadu. Jika sudah, tiriskan. Jangan buang air rebusan atau kaldu tadi.
  3. Siapkan wajan di atas kompor dengan ditambahkan 3 sendok makan minyak goreng. Biarkan minyak goreng sampai panas. Setelah panas, masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis sampai matang atau mengeluarkan aroma harum.
  4. Setelah bumbu harum dan matang, anda bisa mematikan kompor dan memasukan tumisan bumbu ini ke dalam air kaldu. Panaskan kembali air kaldu.
  5. Tambahkan kacang tanah goreng yang sudah anda haluskan. Aduk merata dan rebus sampai mendidih. Jika sudah, anda bisa mematikan api kompor.

Saran Penyajian

  1. Siapkan mangkuk saji. Lalu masukan irisan daun bawang dan seledri, beserta sedikit garam.
  2. Masukan potongan daging.
  3. Tuangkan air kaldu ke dalam mangkuk saji yang sudah anda siapkan. Kemudian, taburi di atasnya dengan bawang merah goreng.
  4. Untuk hasil yang lebih nikmat, anda bisa menambahkan kecap dan air perasan jeruk nipis.
  5. Santap coto Makassar ini dalam keadaan hangat agar lebih nikmat.

Tips Membuat Coto Makassar

  1. Agar daging lebih cepat empuk, anda dapat menggunakan presto.
  2. Apabila anda menambahkan jeroan seperti misalkan jantung, hati dan lain-lain, maka sebaiknya rebus di tempat terpisah dengan rebusan daging menggunakan air biasa.

Demikian resep dan cara membuat coto Makassar. Selamat menikmati dan jangan lupa untuk share atau  bagikan resep ini kepada teman-teman anda.

Resep dan Cara Membuat Soto Kambing Betawi Kuah Santan yang Enak dan Nikmat

Sajian soto kambing betawi kuah santan merupakan salah satu hidangan soto yang lezat dan begitu nikmat.

Hidangan ini cocok disajikan kapanpun dan dimanapun, terumata nikmat dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

Hidangan ini biasanya banyak dijual di rumah makan di Ibu Kota. Hanya saja bagi anda yang penasaran ingin mencicipi lezatnya rasa soto kambing betawi kuah santan. Tak perlu jauh-jauh menyengaja mengunjungi ibu kota. Dengan resep membuat soto kambing betawi kuah santan kali ini anda akan dapat membuat hidangan lezat ini dirumah. Seperti apa resep soto daging ini? Kita simak berikut ini.

resep soto kambing kuah santan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Soto Kambing Betawi Kuah Santan yang Enak dan Nikmat
4.9 87

 

Waktu Memasak

Persiapan: 35 menit

Memasak: 45 menit

Total: 80 menit

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Kambing Betawi Kuah Santan yang Enak dan Nikmat

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Soto Kambing Kuah Santan:

  • 1/2 kg daging kambing
  • 2 liter susu cair atau santan (plus 2 liter air rebusan daging)
  • 1 butir tomat (potong dadu)
  • 1 batang seledri (rajang halus)
  • 2 batang daun bawang (rajang halus)
  • 3 butir kentang (belah, goreng)
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Soto Kambing Kuah Santan yang Dihaluskan:

  • 3 butir bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sendok teh merica butiran

Bumbu Soto Kambing Kuah Santan Lainnya:

  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir kapulaga
  • 1 butir kembang lawang
  • 2 batang serai di pipihkan
  • 3/4 sendok makan garam
  • 1 batang kayu manis
  • 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara Membuat Soto Kambing Betawi Kuah Santan yang Enak dan Nikmat

Cara Mengolah Daging Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan memotong-motong daging dengan ukuran cukup besar untuk membuat soto daging kambing kali ini. Hanya saja, jika anda ingin memotong daging dengan ukuran lebih kecil agar penyajiannya lebih banyak, anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Setelah daging selesai dipotong-potong dengan ukuran yang diinginkan. Silahkan cuci bersih daging dengan menggunakan air yang mengalir dan cuci hingga daging benar-benar bersih merata.
  3. Setelah itu, siapkan panci berikan air dan rebus daging hingga setengah empuk dan biarkan sementara.

Cara Membuat Soto Kambing Kuah Santan:

  1. Siapkan wajan, berikan sedikit minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap dan bumbu menjadi lebih matang.
  2. Setelah selesai menumis, angkat tumisan dan tuangkan bumbu tumisan kedalam rebusan daging bersama dengan rempah kapulaga, kembang lawang, gula dan garam, kayu manus. Masak dan rebus hingga daging empuk dan bumbu meresap kedalamnya.
  3. Masukkan air kaldu, susu bubuk dan santan. Aduk-aduk agar santan tidak pecah dan tidak ada gumpalan susu pada kuah soto.
  4. Terakhir cicipi bumbu hingga pas dan masukkan jika masih belum ada bumbu yang dimasukkan dalam masakan. Jika bumbu dirasa kurang jangan ragu menambahkan kembali bumbu kedalamnya. Dan masak hingga matang.

Setelah matang, ambil mangkuk saji dan sajikan soto kambing diatasnya. Terakhir berikan taburan bawang goreng dan santap selagi hangat akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat. Hidangan ini juga cocok disantap dengan nasi hangat atau bersama dengan lontong ketupat. Namun jangan lupakan kerupuk keriuk untuk pelengkapnya. Demikian resep membuat soto kambing kuah santan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan klik tombol share dibawah ini jika anda ingin berbagi resep dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep Soto Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat

Siapa yang tak kenal dengan sajian soto kambing khas Betawi?

Sajian soto yang begitu digilai masyarakat ibu kota ini, memiliki cita rasa yang lezat dengan paduan kuah susu yang lezat. Nah, jika biasanya di daerah kota sendiri sajian soto banyak dijual dengan kuah yang beragam. Namun inilah yang unik dari sajian soto kambing betawi. Kuah susu yang kental dan kaya akan bumbu menjadi jaminan lezat dan nikmatnya hidangan kali ini.

Nah, bagaimana untuk anda yang tinggal jauh dari ibu kota, sementara anda ingin bisa menikmati sajian soto kambing betawi kuah susu? Tak perlu khawatir, kali ini kami akan berbagi resep membuat soto kambing betawi kuah susu yang enak dan lezat. Seperti apa cara membuatnya dan bahan-bahan apa saja yang harus dipersiapkan? Kita simak berikut ini.

resep soto kambing kuah susu

Nama Resep

Resep Soto Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat
4.7 78

 

Waktu Memasak

Persiapan: 35 menit

Memasak: 40 menit

Total: 75 menit

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Yang Diperlukan:

  • 1 kg daging kambing (bisa ditambah jeroan sapi ataupun kaki kambing)
  • 1 sereh (dimemarkan)
  • 1 lengkuas (geprek)
  • 3 lembar daun salam

Bumbu Soto Kambing Susu yang Dihaluskan:

  • 5 bawang merah
  • lada butir secukupnya
  • 1 ruas jempol jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 bawang putih
  • 1/2 sdt jinten

Bahan Pelengkap Soto Kambing Kuah Susu:

  • 1 kotak kecil santan instant
  • Kentang kupas belah 2 goreng
  • Tomat
  • 1/2 liter susu kambing segar
  • Jeruk sambal
  • Emping goreng
  • Daun bawang prei diiris
  • Bawang goreng

Cara Membuat Soto Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Daging Kambing dan Jeroan:

  1. Pertama-tama, hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada langkah diresep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging kambing dan jeroan yang sudah anda beli, jika ukuran daging dirasa terlalu besar.
  2. Setelah daging dan jeroan dipotong-poton cuci bersih daging dengan menggunakan air mengalir agar kotoran yang ada pada daging bisa dengan lebih mudah dibersihkan.
  3. Selanjutnya, siapkan rebusan air dalam panci dan masukkan daging bersama dengan jeroan kemudian rebus hingga daging menjadi setengah empuk.
  4. Angkat rebusan dari kompor dan sisihkan sementara, kita akan membuat bumbu soto dan memasak kuah susu santannya.

Cara Memasak Soto Kambing Betawi Kuah Susu:

  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan pada wajan dan masukkan pula bersama dengan daun salam, serai, lengkuas dan daun salam. Tumis hingga tercium bau harum yang sedap.
  2. Setelah tumisan matang dan tercium bau harum, angkat dan masukkan tumisan kedalam kuah rebusan kaldu daging.
  3. Rebus kembali daging dalam api sedang. Masukkan bumbu dan garam serta penyedap rasa hingga bumbu benar-benar pas merata.
  4. Tambahkan santan dan susu cair kedalamnya. Aduk-aduk hingga merata sampai santan dan susu mendidih namun santan yang dimasukkan tidak pecah. Untuk itu, teruskan mengaduk-aduk hingga santan tidak pecah.

Setelah daging dan soto matang, angkat rebusan, matikan kompor dan sajikan lezatnya hidangan soto kambing betawi kuah susu dengan bahan pelengkap. Sajikan pula dengan taburan bawang goreng, berikan sedikit perasan jeruk nipis dan santap dengan sambal yang lezat. Sajian ini akan lezat jika disantap selagi masih hangat. Demikian resep membuat soto kambing betawi kuah susu yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa klik tombol share untuk berbagi resep soto daging spesial ini dan berikan pula komentar anda dikolom komentar dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Soto Kambing Madura Asli Enak yang Nikmat dan Sedap

Hidangan soto kambing Madura adalah sajian lezat yang hadir di nusantara.

Sajian ini umumnya banyak dijual di pedagang kaki lima atau rumah makan. Rasa lezat dari daging kambing dan kuah soto yang begitu berbumbu, membuat sajian ini memang tersaji dengan istimewa. Selain itu, sajian soto kambing Madura juga dibuat dengan bahan-bahan yang cukup beragam dan kaya akan bumbu.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu bagaimana resep soto daging kambing Madura yang asli dan enak. Kita simak resepnya berikut ini.

resep soto kambing madura

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Soto Kambing Madura Asli Enak yang Nikmat dan Sedap
4.9 87

 

Waktu Memasak

Persiapan: 30 menit

Memasak: 40 menit

Total: 70 menit

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Kambing Madura Asli Enak yang Nikmat dan Sedap

Bahan Utama Membuat Soto Kambing Madura:

  • 300 gram daging sapi
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 150 gram usus sapi rebus
  • 150 gram babat cuci bersih
  • 150 gram paru sapi rebus
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 3 batang serai ambil putihnya
  • 4 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 4 sendok teh garam
  • 3.500 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Soto Kambing Madura yang Dihaluskan:

  • 4 butir kemiri sangrai
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit bakar
  • 12 butir bawang merah
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh merica

Bahan Pelengkap Soto Kambing Madura:

  • 3 sendok makan bawang goreng
  • 3 tangkai seledri iris halus
  • 3 batang daun bawang iris halus
  • 3 buah jeruk nipis

Bahan Sambal Pelengkap Soto Kambing Madura yang Dihaluskan:

  • 10 buah cabai rawit merah rebus
  • 2 butir kemiri goreng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 buah cabai merah keriting rebus

Cara Membuat Soto Kambing Madura Asli Enak yang Nikmat dan Sedap

Cara Mengolah Daging Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebelum daging dan jeroan kambing kita masak dan kita olah menjadi hidangan soto kambing madura. Ada baiknya jika terlebih dahulu kita potong-potong daging sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Begitupun jeroan kambing, jika anda merasa ukurannya terlalu besar, maka silahkan potong-potong jeroan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  2. Setelah selesai dipotong-potong dengan ukuran yang diinginkan. Cuci bersih daging beserta dengan jeroan yang sudah disiapkan pada air yang mengalir dan pastikan jika jeroan dan daging yang anda cuci bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Setelah dicuci, angkat dan tiriskan air cuciannya.
  4. Rebus daging pada panci yang telah diberikan air hingga daging menjadi lebih empuk setengah matang. Setelah itu, angkat dan saring air kaldu dagingnya.
  5. Masukkan pula jeroan kambing kedalam rebusan dan masak hingga mendidih.

Cara Membuat Soto Kambing Madura:

  1. Siapkan wajan, berikan sedikit minyak kedalamnya, tunggu hingga panas dan tumis bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya bersama dengan lengkuas, daun jeruk dan serai kemudian tumis hingga tercium bau harum dari tumisan, angkat kemudian tiriskan.
  2. Setelah tumisan diangkat, masukkan bumbu tumisan kedalam rebusan daging. Aduk-aduk merata agar bumbu meresap pada daging.
  3. Masak hingg daging matang dan masukkan bumbu-bumbu yang masih tersisa kedalamnya, cicipi juga bumbu soto apakah sudah pas atau belum.
  4. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring saji.

Sajikan hidangan ini bersama dengan bahan pelengkap yang sudah anda siapkan. Sajikan pula dengan sambal soto yang lezat akan terasa lebih nikmat.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan komentar anda mengenai resep yang kami bagikan kali ini.

 

Resep dan Cara Membuat Masakan Soto Kambing Enak dan Lezat

Soto kambing merupakan salah satu sajian lezat yang banyak diminati.

Sajian empuk dari daging kambing dan kuah kaldu soto yang begitu lezat, membuat hidangan ini cocok sekali disantap dan disajikan sewaktu makan siang.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencoba menghidangkan sendiri menu sajian soto kambing dirumah dengan cara yang mudah dan praktis, kali ini kami akan berbagi resep praktisnya. Bagaimana resep membuat resep soto daging kambing yang enak dan lezat? Yuk, kita simak resep berikut ini.

resep soto kambing

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Soto Kambing Enak dan Lezat
4.8 234

 

Waktu Memasak

Persiapan: 30 menit

Memasak: 45 menit

Total: 75 menit

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Soto Kambing Enak dan Lezat

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Soto Kambing:

  • 500 gr daging kambing
  • 500 gr iga kambing

Bumbu Soto Kambing yang Dihaluskan:

  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombay
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 3 cm jahe
  • 1/2 sdt lada putih bubuk

Bumbu dan Bahan Lain Untuk Soto Kambing:

  • 1 btg irisdaun bawang
  • 3 cm memarkan lengkuas
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 btg serai, memarkan
  • Secukupnya garam

Bahan Pelengkap Soto Kambing:

  • Seledri
  • Daun bawang iris
  • Bawang goreng
  • Irisan telur rebus
  • Kentang goreng
  • Irisan halus daun kol
  • Irisan tomat ceri
  • Emping/krupuk jagung
  • Sambal
  • Jeruk lemon/jeruknipis
  • Kecap manis

Cara Membuat Masakan Soto Kambing Enak dan Lezat

Cara mengolah dan Membersihkan Daging:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada resep kali ini adalah dengan memotong-motong daging kambing dan iga kambing yang sudah disiapkan, jika iga dan daging dibeli dengan ukuran yang besar. Silahkan potong-potong sesuai dengan selera yang diinginkan.
  2. Setelah daging dan iga selesai dipotong-potong sesuai dengan keinginan. Silahkan cuci bersih daging dan iga pada air yang mengalir dan pastikan jika kotoran dan kuman yang ada pada daging dihilangkan dengan benar.
  3. Setelah dicuci, lumuri daging dan iga dengan perasan jeruk lemon dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Hal ini bertujuan agar daging kambing yang dimasak tidak mengeluarkan bau menyengat yang kurang sedap seperti biasa kita jumpai pada daging kambing.
  4. Setelah satu jam didiamkan, silahkan cuci kembali daging di air mengalir dan tiriskan.

Cara Memasak Soto Daging Kambing:

  1. Siapkan panci diatas kompor, nyalakan api dan berikan air kemudian rebus daging kambing bersama dengan iga kambing hingga setengah empuk dan kaku.
  2. Kemudian tumis bumbu halus dalam wajan yang telah diberikan sedikit minyak, hingga harum dan tercium wangi sedap dari tumisan bumbu.
  3. Selesai menumis, masukkan bumbu tumisan ini kedalam rebusan daging dan iga kambing tadi. Aduk-aduk hingga merata sampai bumbu tumisan meresap pada daging dengan sempurna.
  4. Didihkan kembali rebusan hingga daging empuk, dan tambahkan raburan garam dan bumbu yang belum dimasukkan.

Setelah soto daging dirasa sudah matang dan daging empuk merata. Silahkan ambil piring saji, tata bahan pelengkap pada mangkuk dan sirami bagian atasnya dengan kuah daging beserta dengan isinya. Terakhir dibagian atas berikan taburan bawang goreng dan perasan air jeruk untuk menyegarkan aromanya dan membuat tampilannya lebih menarik. Jangan lupa pula sajikan bersama dengan kerupunya. Dimakan hangat dan diberikan kucuran kecap manis dan saus sambal akan terasa lebih lezat dan nikmat. Selamat menyantap dan semoga resep kali ini bermanfaat.

Silahkan klik tombol share untuk dapat berbagi resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan jangan lupa berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Soto Daging Sapi Kuah Santan Spesial yang Lezat

Anda tentu sudah tidak asing dengan hidangan soto daging sapi bukan?

Hidangan nikmat dengan kuah gurih dan kandungan bumbu serta rempah yang begitu lezat membuat hidangan soto senantiasa tersaji dengan nikmat dan istimewa.

Kuah gurih yang nikmat bersatu dengan aroma bumbu yang begitu kaya serta kolaborasi daging bersama dengan bahan pelengkap membuat hidangan ini tersaji begitu istimewa dan terasa begitu lezat. Hidangan ini memang lezat, namun selain lezat hidangan soto daging juga nikmat disajikan kapanpun dan dimanapun. Baik saat siang, pagi sore maupun malam hidangan ini selalu cocok disantap. Dan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, hidangan ini seringkali menjadi menu andalan sewaktu dijadikan sebagai menu sarapan yang dilengkapi dengan lontong ketupat sebagai asupan karbohidrat yang dapat membuat perut kenyang beberapa saat.

Ada beraneka ragam hidangan soto daging yang ada di Nusantara, salah satu hidangan soto daging yang menjadi favoritadalah soto daging sapi dengan kuah santan. Hidangan ini umumnya seringkali dijadikan hidangan andalan dalam beberapa momen seperti halnya saat menyambut acara hari besar yakni Idul Fitri. Bertemankaan dengan lontong ketupat, kerupuk keriuk dan sambal cabai rawit yang lezat. Hidangan ini tersaji begitu lezat dan istimewa.

Hidangan lezat yang menemani suka cita hari Raya Idul Fitri dan indahnya bersilaturahmi akan terasa lebih lengkap dengan sajian istimewa nan lezat ini. 

Nah, bagi anda yang ingin menyajikan cita rasa lezat hidangan soto daging kuah santan, anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh membeli atau kesulitan meminta bantuan oranglain. Berikut kami hidangkan resep soto daging dan cara membuatnya. Seperti apa sih cara membuat dan resepnya? Yuk, kita simak berikut ini.

soto daging kuah santan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Soto Daging Sapi Kuah Santan Spesial yang Lezat
4.6 49

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total :

90

Menit

Bahan-Bahan Untuk Membuat Soto Daging Sapi Kuah Santan Spesial yang Lezat

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 350 gram daging sapi ( potong sesuai selera )
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 cm lengkuas (digeprek)
  • 150 ml santan kelapa kental
  • 2 lbr daun salam
  • 2 batang serai (digeprek)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Irisan seledri
  • 700 ml air
  • 1 buah tomat (potong – potong)

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 6 siung bawang merah
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 cm kunyit
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 cm jahe
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bahan Pelengkap:

  • Ketupat
  • Jeruk limau
  • Emping
  • Bawang goreng
  • Sambal

Cara Membuat Soto Daging Sapi Kuah Santan Spesial yang Lezat:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium aroma harum.
  2. Selanjutnya, tuangkan air kemudian masukkan daging dan masak hingga daging menjadi lebih empuk dan matang.
  3. Selanjutnya, mauskkan santan kelapa dan masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk dan pastikan jika santan yang dimasukkan tidak pecah, aduk-aduk hingga mendidih dan tercium aroma harum. Setelah itu angkat dan matikan kompor.
  4. Tambahkan potongan tomat, bawang goreng dan taburan seledri pada mangkuk saji kemudian masukkan pula bersama dengan pelengkapnya setelah itu tuangkan kuah soto dan dagingnya.

Kini anda siap menghidangkan nikmat dan lezatnya soto daging kuah santan. Nikmati bersama dengan emping dan sambal lezat.

Jangan lupa share resep soto daging sapi kuah santan ini bersama dengan teman dan keluarga agar mereka juga bisa menyajikan lezat dan nikmatnya soto ini dan tak lupa pula berikan komentar anda.

Resep Masakan Soto Daging Santan Sapi Betawi Asli yang Enak, Gurih dan Lezat

Ragam dan aneka kuliner di tanah air memang semakin hari semakin beragam.

Rasanya tak akan habis jika kita menghitung dan mencatatkan satu demi satu nama-nama dan ragam kuliner di nusantara, mulai dari sabang sampai merauke, hidangan tanah air selalu tersaji dengan begitu unik serta kandungan rempah dan bumbu yang begitu bervariasi.

Jangan jauh-jauh ke pelosok negeri ketika pensaran menjajal cita rasa kuliner. Di ibu kota sendiri ada begitu banyak ragam olahan makanan yang begitu kaya akan bumbu dan unik baik dari segi rasa, penyajia maupun kenikmatanya.

Salah satu resep paling lagendaris dari hidangan ibu kota adalah soto Betawi. Soto yang sudah ada sejak jaman dulu ini rupanya masih bertahan dan bahkan eksistensinya belum terkalahkan hingga saat ini. Meskipun hadir ragam makanan teranyar yang menyuguhkan berbagai rasa dan penampilan yang lebih unik dan menarik, nyatanya tidak melunturkan citra nikmat dan lezat dari hidangan soto Betawi.

Bahkan yang menarik saking terkenalnya, banyak masyarakat Indonesia yang bermukim di luar negeri, membuka usaha kuliner ini dan rupanya antusiasme warga asing terhadap hidangan yang satu ini cukup baik dan membuat hdiangan soto betawi cukup diterima dengan baik dilidah mereka. Nah, berikut ini ada resep cara membuat soto betawi asli yang enak, gurih dan lezat.

soto santan betawi

Nama Resep

Resep Masakan Soto Daging Santan Sapi Betawi Asli yang Enak, Gurih dan Lezat

4.8 78

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Daging Santan Sapi Betawi Asli yang Enak, Gurih dan Lezat

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 150 gram paru sapi
  • 150 gram babat sapi
  • 200 ml susu sapi
  • 300 gram daging sandung lamur atau sengkel
  • 500 ml santan encer
  • 150 gram usus sapi
  • 1/2 L air untuk merebus
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 cabai merah
  • 1 sdt cengkeh
  • 10 butir bawang merah
  • 2 sdt jintan
  • 2 cm jahe
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 4 lbr daun salam
  • 2 batang serai (memarkan)
  • Garam secukupnya

Bahan untuk Pelengkap:

  • Irisan seledri
  • Emping goring
  • Tomat (potong kecil)
  • Bawang goring
  • Sambal cabai rawit
  • Irisan daun bawang

Cara Membuat Soto Daging Santan Sapi Betawi Asli yang Enak, Gurih dan Lezat

Cara Mengolah:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu rebus daging sengkel dan sandung lamur pada panci dengan menggunakan air, rebus sebentar hingga di daging berubah warna, kemudian tiriskan dan buang air rebusan pertamanya.
  2. Selanjutnya rebus kembali daging tadi dengan setengah liter air dan garam kemudian rebus daging sengkel dan andung lemur hinga menjadi lunak. Angakt dan tiriskan kemudian potong-potong seukuran dadu kecil dan sisihkan air kaldunya.
  3. Selanjutnya, rebus semua daging jeroan hingga menjadi empuk dan tiriskan kemudian buang air rebusannya, karena kita hanya akan mengguanakan air rebusan kaldu daging sebagai kuah sotonya.
  4. Potong kecil-kecil babat, paru dan usus menjadi ukuran kecil seukuran kotak-kotak.
  5. Panasi kaldu daging dengan api sedang kemudian tumis bumbu halus, sereh dan daun salam dengan minyak goreng hingga tercium aroma wanginya dan menjadi matang, kemudian segera masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu.
  6. Masukkan potongan daging dan jeroan ke dalam air kaldu keduan tambahkan susu dan santan. Aduk-aduk hingga mendidih dan pastikan santan tidak pecah. Matikan Api dan sajikan.

Cara Menyajikan:

  1. Sajikan soto dalam mangkuk berikan irisan tomat beserta dengan bahan pelengkap lain.
  2. Tambahkan emping melinjo dibagian atasnya masukan pula acar beserta sambal untuk menambah selera.

Demikian cara membuat soto betawi asli yang enak, bagaimana cukup mudah bukan?

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep Masakan Soto Daging Sapi Khas Solo yang Enak, Lezat Namun Sederhana

Hidangan lezat, berkuah gurih dan beraroma nikmat tentu saja akan senantiasa menggoda dan membuat lidah seperti menagih dan ingin segera mencicipi nikmatnya hidangan tersebut.

Hidangan berkuah memang banyak ragam dan jenisnya, namun rasanya salah satu hidangan yang paling sering diidentikan dengan hidangan lezat dan kuah yang gurih, hal pertama yang terlintas dalam benak kita mungkin hidangan soto daging dengan kuah gurih dan aroma lezat sewaktu si panci hidangan baru saja dibuka.

Ya, memang benar hidangan soto memang selalu menjadi hidangan istimewa yang hampir disukai oleh sebagai besar masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya pedagang kaki lima yang menjual hidangan soto dan selalu ramai dan habis terjual. Selain itu, jika kita amati hidangan soto di tanah air ragamnya semakin mengalami perluasan dan lebih kaya dalam urusan menu, contohnya saja kita bisa melihat banyak hidangan soto dalam beberapa ragam dan bahkan sepertinya hampir setiap daerah di Nusantara memiliki hidangan soto khasnya. Misalnya saja seperti soto Madura, soto Lamongan, soto Betawi, soto Bandung dan masih banyak lagi. Anda mungkin sudah tidak asing dengan beberapa hidangan soto diatas. Namun pernahkah anda menicicipi nikmatnya soto kwali khas dari Solo?

Bagi anda yang belum pernah menginjak tanah Solo anda mungkin sedikit asing dengan hidangan soto kali ini. Dan mungkin saat ini anda penasaran ingin bisa mencicipinya. Namun apakah anda yakin rela berepot-repot mengunjungi tanah Solo hanya sekedar ingin mencicipi soto ini?

Soto Solo umumnya lebih dikenal dengan sebutan soto kwali, hal ini dikarenakan metode memasak soto masih menggunakan alat memasak tradisional yakni dengan menggunakan kuali atau yang dalam bahasa jawa adalah kwali dan ini juga yang mnejadi salah satu keunikan dan ciri khas dari hidangan soto Solo.

Nah, bagi anda yang ingin menikmati nikmatnya soto kwali khas dari kota Solo. Tenang, anda bisa mengolahnya dirumah dengan langkah dan cara yang akan kami jelaskan kali ini. Seperti apa resep soto daging ini? Kita simak berikut ini.

soto daging solo

Nama Resep

Resep Masakan Soto Daging Sapi Khas Solo yang Enak, Lezat Namun Sederhana
4.8 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 90 Menit

Bahan-Bahan Untuk Membuat Soto Daging Sapi Khas Solo yang Enak, Lezat Namun Sederhana

Bahan utama yang Diperlukan:

  • 500 gr daging sapi bagian sandung lamur
  • 2 Ltr air
  • 50 g tempe semangit (potong-potong)
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 10 lembar daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang bawang daun, potong 3 cm
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 4 siung bawang putih, iris tipis, goreng kering
  • 200 gr taoge seduh dan tiriskan

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 sdt ketumbar butiran
  • 4 siung bawang putih
  • 1 1/2 sdt garam
  • 8 butir bawang merah
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bahan Pelengkap:

  • Irisan daun seledri
  • Jeruk nipis
  • Sambal cabai rawit
  • Bawang goreng

Cara Membuat Soto Daging Sapi Khas Solo yang Enak, Lezat Namun Sederhana

  1. Langkah pertama terlebih dahulu rebus daging dalam panci hingga benar-benar empuk. Angkat, kemudian potong-potong daging seukuran dadu kecil dan masukan kembali dalam kuah kaldu.
  2. Panaskan minyak dalam wajan dan masukan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas dan serai kemudian tumis hingga menjadi harum. Angkat kemudian masukan tumisan bumbu ini dalam kaldu daging.
  3. Masukan tempe semangit dan daun bawang kemduian didihkan. Setelah selesai, masukan bawang putih goreng, didihkan kembali kemduian masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sisihkan.
  4. Masukan tauge dalam mangkuk saji, kemudian tuangkan kuah beserta daging dan sajikan bersama dengan pelengkap.

Hidangan ini terasa lebih lezat jika dihidangkan bersama dengan emping melinjo atau bersama dengan kerupuk kriuk.

Jangan lupa bagikan resep soto daging sapi ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Serta Memasak Soto Daging Kuah Santan Kuning Enak, Lezat dan Sederhana

Lezat dan nikmat, itulah kesan yang mungkin terbayang dalam benak kita semua sewaktu mendengar hidangan sotodaging sapi.

Betapa tidak, rasa yang lezat yang berklaborasi dengan kuah gurih yang nikmat dan berbumbu membaut hidangan kali in terasa begitu istimewa.

Apalagi hidangan soto tentunya sudah bukan menu yang asing dan tidak dikenali oleh masyarakat Indonesia. Hidangan yang seringkali disajikan sebagi menu santapan sarapan selalu menjadi buruan ini seringkali banyak diminati dan dicari terutama oleh para pecinta hidangan soto.

Anda tentu tidak asing dengan hidangan soto bukan? Hidangan yang memiliki ragam yang cukup banyak ini seolah membuktikan jika eksistensi dari hidangan soto tidak pernah padam ataupun memudar. Apalagi saat ini inovasi terhadap soto banyak dilakukan, pengkombinasian bahan-bahan baru dan beragam semakin membuat cita dan rasa dari soto menjadi semakin kaya.

Nah, jika biasanya anda seringkali menikmati soto di pinggir jalan atau membeli di restoran, kini tidak ada salahnya jika anda sendiri mulai mencoba meraciknya sendiri dirumah. Kali ini kami akan berbagi resep soto daging sapi kuah santan kuning yang diberikan kombinasi jeroan seperti babat dan limpa. Rasanya tentu saja tak usah lagi diragukan, kuah gurih dan tekstur daging yang empuk tentu akan membuat lidah anda terus-terusan meminta lebih dan ingin kembali mencicipi rasa lezat dari soto kuah santan kuning ini. Selain itu, hidangan ini juga nikmat dihidangkan kapanpun dan dimanapun.
Nah, seperti apa sih cara resep soto daging kuah santan kuning enak, lezat dan sederhana? Yuk, kita simak resep masakan berikut ini.

soto daging santan kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Serta Memasak Soto Daging Kuah Santan Kuning Enak, Lezat dan Sederhana
4.9 76

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 90 Menit

Bahan-bahan Untuk Membuat Serta Memasak Soto Daging Kuah Santan Kuning Enak, Lezat dan Sederhana

Bahan yang Diperlukan:

  • 250 gram daging sapi
  • 500 gram jeroahan sapi (babat dan limpa)
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 liter air
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 500 ml santan
  • 1 sdt merica
  • 3 cm kunyit
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 sdm garam
  • 3 cm jahe
  • 2 batang seledri, iris halus

Bahan Pelengkap:

  • perkedel kentang
  • jeruk lemau
  • emping/kerupuk
  • kecap manis
  • sambal cabai rawit
  • bawang goreng

Cara Membuat Serta Memasak Soto Daging Kuah Santan Kuning Enak, Lezat dan Sederhana

Cara Mengolah Jeroan:

  1. Langkah pertama sebelum memasak dan meracik bumbu, terlebih dahulu kita olah jeroan. Memang agak sulit mengolah jeroan agar tidak menimbulkan bau amis pada masakan yang dibuat untuk itu, kami berikan caranya. Cuci bersih jeroan dan pastikan anda menghilangkan kotorannya.
  2. Rebus jeroan hingga matang dan buang air rebusannya. Kemudian potong jeroan seukuran dadu kecil-kecil dan sisihkan.

Cara Membuat Soto dan Bumbu Racikannya:

  1. Rebus daging bersamaan dengan serai, daun salam dan lengkuas hingga menjadi empuk. Kemudian angkat dan potong-potong seukurn dadu dan sisihkan air rebusannya untuk kita jadikan kuah.
  2. Tumis bumbu halus hingga aromanya tercium kemduian masukan ke dalam air kaldu daging.
  3. Tuangkan santan kental dan aduk-aduk hingga mendidih, pastikan agar santan tidak pecah.
  4. Masukan daging beserta dengan jeroan dan masak hingga bumbu meresap.
  5. Angkat dan sajikan dalam manguk saji dan berikan pelengkap kemudian hidangkan.

Soto daging kuah kuning kali ini akan sangat nikmat jika disajikan bersama dengan ketupat atau lontong dan diberikan sedikit cabai untuk rasa pedas menambah selera.

Bagikan resep soto daging sapi  ini dan berikan komentar anda.

Resep Soto Daging Sapi Lamongan Asli yang Enak, Sederhana Namun Istimewa

Ada begitu banyak hidangan sarapan yang seringkali menggoda dan membuat pagi hari kita diawali dengan hidangan yang istimewa.

Umumnya menu sarapan pagi yang paling sering disantap dan banyak dijual di jajanan kaki lima tidak jauh dari hidangan bubur, nasi kuning dan soto. Beberapa menu kuliner inilah yang identik dijadikan sebagai menu sarapan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Berbicara mengenai hidangan soto, hidangan yang satu ini memang selalu menggoda. Rasa gurih nikmat dan kuah yang menggoda memang selalu menjadi buruan, apalagi hidangan soto bukanlah hidangan yang asing dan selalu menjadi hidangan yang paling dicari. Hal ini mengingat kandungan rempah dan cita rasa dari olahan soto cocok dengan lidah orang Indonesia.

Nah, menyinggung mengenai soto, anda mungkin sudah tidak asing jika ragam soto di Indonesia begitu beraneka macam. Dan mungkin inilah yang membuktikan jika kuliner soto memang masih menjadi buruan. Bahkan beberapa daerah di tanah air hampir memiliki hidangan sotonya sendiri. Misalkan seperti soto Madura, soto Bandung dan soto Lamongan.

Dan dari sekian banyak soto yang dibuat, soto Lamongan sepertinya menjadi salah satu soto yang banyak diburu dan dicari.

Hanya saja, untuk mendapatkan rasa origial dari daerah Lamongan rasanya malas jika harus berkunjung atau pergi jauh-jauh ke kota Lamongan. Namun tenang, daripada anda jauh-jauh pergi ke Lamongan dengan menempuh jarak berkilo-kilo meter hanya untuk bisa mencicipi nikmatnya hidangan soto Lamongan yang original. Kali ini kita akan buat sendiri dengan resep soto daging mudah dan praktis bagaimana membuat soto daging sapi Lamongan yang nikmat dan lezat. Seperti apa resep masakan nya? Yuk, kita simak berikut ini.

soto lamongan bening

Nama Resep

Resep Soto Daging Sapi Lamongan Asli yang Enak, Sederhana Namun Istimewa

4.7 39

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 90 Menit

Bahan-Bahan Untuk Membuat Soto Daging Sapi Lamongan Asli yang Enak, Sederhana Namun Istimewa

Bahan yang Diperlukan:

  • 3 lbr daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt gula pasir
  • 1000 ml santan kental
  • 3 batang serai
  • 2 sdm garam
  • 1/2 kg daging sapi segar
  • air secukupnya

Bahan yang Dihaluskan:

  • 1 sdt merica halus
  • 4 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit bakar
  • 1 cm jahe, geprek
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • bumbu kaldu instan secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan Pelengkap Lainnya:

  • Soun
  • Bawang groeng
  • Irisan kol
  • Tauge (rendam air hangat)

Cara Membuat soto Daging Sapi Lamongan Asli yang Enak, Sederhana Namun Istimewa:

Cara Membuat Kuah Soto:

  1. Langkah pertama sebelum meracik bumbu kita buat terlebih dahulu kuah sotonya. Caranya rebus semua bahan yang diperlukan terkecuali santan kental, rebus hingga melunak.
  2. Selanjutnya matikan api dan janagn buang air sisa rebusan, sisakan sedikit untuk kaldu.

Cara Membuat Soto:

  1. Angkat daging dari rebusan kemudian potong-potong daging menjadi ukuran dadu kecil. Gunakan pisau dan garpu untuk membantu anda memotongnya jika anda merasa daging masih terlalu panas.
  2. Kemudian tumis semua bumbu yang telah dihaluskan dalam panci dengan sedikit minyak, tumis hingga harus dan aromanya tercium.
  3. Selanjutnya, masukkan kembali daging yang telah dipotong-potong bersama dengan tumisan kedalam air kaldu. Tambahkan santan kenatl dan aduk-aduk hingga semuanya mendidih dan matang.
  4. Setelah matang merata, tempatkan bahan pelengkap didalam mangkuk saji. Dan tuangkan kuah soto dan daging kedalamnya kemudian taburi dengan bawang goreng.

Kini hidangan lezat soto daging sapi Lamongan siap dihidangkan. Sajikan kenikmatan dan aroma harum dari hidangan kali ini bersama dengan keluarga anda. Bagaimana cukup mudah bukan?

Jangan lupa bagikan resep soto daging sapi sajian kali ini bersama dengan teman dan keluarga agar mereka juga bisa mengolah nikmatnya sajian soto daging Lamongan. Dan jangan lupa berikan komentar anda.

Resep dan Cara Memasak Soto Daging Sapi Madura Asli, Bening dan Asli Enak

Siapa yang tidak tergoda dengan resep masakan dari olahan daging?

Begitu banyaknya ragam olahan daging seolah membuktikan jika masyarakat tanah air tercinta kita ini memang sebagian besarnya adalah para penikmat daging. Rasa nikmat, gurih dan kandungan bumbu serta rempah yang selalu kaya seolah menjadi ciri khas pengolahan dari daging.

Ada banyak ragam dan aneka olahan masakan dari daging, salah satu yang paling sering dibuat dan selalu menjadi buruan adalah soto daging. Ya, hidangan soto daging merupakan satu dari sekian banyak olahan daging yang begitu lezat dan memiliki kuah gurih yang tak lagi bisa diragukan.

Di Indonesia sendiri, olahan soto daging tidak hanya satu resep. Di beberapa daerah resep soto daging memiliki keunikan dan kenikmatan tersendiri. Bahkan setiap daerah di Indonesia sepertinya memiliki masing-masing resep olahan soto yang lezat. Misalkan seperti soto lamongan, soto malang dan soto Madura. Nah, dari sekian banyak soto yang ada di Nusantara, ternyata soto Maduralah yang banyak menjadi buruan. 

Hidangan soto yanglezat dengan kuah bening yang khas dan kandungan rempah yang begitu berlimpah membuat hidangan soto ini menjadi begitu diburu. Apalagi hidangan soto daging ini cocok sekali dihidangkan kapanpun, bukan hanya nikmat disajikan saat udara dingin atau pagi hari. Soto daging sapi madura juga lezat disajikan saat siang, sore maupun malam hari. Bertemankan dengan sepiring nasi hangat dan secangkir teh hangat akan menambah cita rasa yang begitu sempurna dan lengkap dari menikmati soto daging sapi Madura asli dengan kuah bening.

Nah, kali ini kita akan korek lebih dalam seperti apa resep soto daging sapi Madura asli dengan kuah bening yang lezat dan nikmat. Seperti apa? Yuk, kita simak berikut ini.

soto daging madura bening

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Soto Daging Sapi Madura Asli, Bening dan Asli Enak
4.9 33

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 90 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Daging Sapi Madura Asli, Bening dan Asli Enak

Bahan yang Diperlukan:

    • Babat sapi 75 gr
    • daung bawang 2 batang (iris)
    • kaldu sapi instan 1 sdt
    • minyak sayur untuk menumis 3 sdm
    • kunyit bakar 3 cm

Bumbu Soto yang tidak dihaluskan:

      • Jahe 3 cm
      • Serai 2 batang
      • daun jeruk 6 lembar
      • daun salam 3 lembar
      • Gula pasir secukupnya

Bahan Pelengkap:

      • Soun
      • Irisan kol
      • Tomat
      • Seldri
      • Bawang goreng
      • Tauge

Cara Membuat Soto Daging Sapi Madura Asli, Bening dan Asli Enak

Cara Mengolah Babat:

      1. Pertama, cuci terlebih dahulu babat pada air yang mengalir dan pastikan jika anda membersihkannya dengan baik jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.
      2. Setelah dicuci bersih, masukan dalam panci besar dan rebus hingga babat menjadi empuk. Angkat kemduian potong-potong dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Soto Madura Kuah Bening:

      1. Setelah merebus babat, selanjutnya kita akan tumis bumbu yang telah dihaluskan kemudian tambahkan jahe, serai, daun jeruk dan salam kemudian tumis hingga tercim aroma harum.
      2. Masukan babat yang telah dipotong-potong dalam tumisan kemudian aduk-aduk. Selanjutnya masukan daun bawang dan aduk hingga merata.
      3. Tambahkan gula pasir kemudian aduk gingga kuah mengental dan angkat.
      4. Selanjutanya siapkan manguk yang telah diisi dengan bahan pelengkap dan tuangkan kuah soto diatasnya.
      5. Terakhir anda bisa masukan daun seledri, tomat dan bawang goreng sebagai pelengkap dan membuat hidangan soto anda terlihat lebih cantik.

Kini anda siap menghidangkan lezatnya soto daging yang telah anda buat. Mudah bukan?

Jangan lupa bagikan dan berikan komentar anda tentang resep soto daging sapi kali ini.

Resep (recipe) dan Cara Memasak Soto Daging Sapi Bening Tanpa Santan yang Enak dan Spesial

Resep masakan dari olahan daging memang selalu menjadi favorit.

Rasanya hampir semua hidangan yang diolah dari daging selalu menjadi hidangan yang sukses membuat semu lidah bergoyang dan membuat para penikmatnya ketagihan dengan hidangan yang lezat dan berbumbu ini. Dan memang sepertinya demikian, banyak yang mengatakan jika hidangan daging memang sudah memiliki cita rasa yang lezat dan rasa gurih tersendiri yang membuat si daging itu sendiri bercita rasa istimewa meskipun belum diolah dan dibumbui dengan banyak rempah.

Ada begitu banyak sajian dan hidangan lezat dari daging yang tentunya masing-masig diantaranya memiliki banyak penggemar dan penikmatnya.
Nah, salah satunya kali ini adalah hidangan soto daging sapi bening tanpa santan yang enak dan spesial. Anda mungkin sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Ya soto daging biasanya banyak disajikan dalam beberapa acara, salah satunya ketika berkumpul bersama dengan keluarga besar baik sewaktu memperingati sebuah acara atau hanya sekedar berkumpul acara tahunan dan mungkin sewaktu menyambut hari raya Idul Adha.

Ya, oleh sebagian banyak umat muslim di Tanah Air hari raya Idul Adha banyak dimanfaatkan sebagai moment berkumpul bersama dengan keluarga sambil menikmati suasana suka cita berkurban. Dan kali ini untuk melengkapi olahan daging sapi dirumah anda bisa mengolahnya menjadi soto daging sapi bening tanpa santan yang enak dan special. Kita simak seperti resep soto daging dan bahan-bahannya, yuk!

soto daging sapi bening

Nama Resep

Resep (recipe) dan Cara Memasak Soto Daging Sapi Bening Tanpa Santan yang Enak dan Spesial
4.7 39

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 90 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Soto Daging Sapi Bening Tanpa Santan yang Enak dan Spesial

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • Tulang paha sapi (untuk kaldu rebusan)
  • Garam dan gula secukupnya
  • daging sapi 500 gr (potong kecil)
  • Bumbu yang Dihaluskan:
  • Jahe 1 ruas
  • Merica bubu 1 sdt
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 10 siung

Bahan Pelengkap:

  • Seledri (potong halus)
  • Bawang goreng
  • Tauge (rendam air panas)

Cara Membuat Soto Daging Sapi Bening Tanpa Santan yang Enak dan Spesial

Cara Membuat Kuah Bening Tanpa Santan:

  1. Pertama, bersihkan terlebih dahulu tulang paha sapi dengan menggunakan air dan usahakan cuci hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih dan sudah dipotong-potong, masukan pada panci berukuran besar dan rebus hingga mendidih, setelah mendidih baru masukan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam rebusan tadi.
  3. Pastikan anda juga menambahkan dan menyesuaikan komposisi bumbu sesuai dengan selera anda sendiri. Jangan ragu untuk menambahkan atau mengurangi jumlah bumbu yang digunakan, karena masing-masing selera berbeda.

Cara Membaut Soto Daging Sapi yang Spesial dan Enak:

  1. Setelah memasukan bumbu dalam rebusan, sekarang masukan potongan daging sapi dan rebus kurang lebih selama 30 menit. Kecilkan api dan lanjutkan merebus hingga daging menjadi lebih empuk.
  2. Angkat daging dan pastikan jika anda sudah mencicipi jika bumbunya sudah pas. Kemudian tiriskan daging ditempat terpisah.
  3. Masukan semua bahan pelengkap dalam mangkok saji, kemudian ketika hendak dihindangkan, tambahkan daging dan siram dengan kuah bening tanpa santan.

Sekarang anda siap menghidangkan dan menikmati lezatnya soto daging sapi kuah bening tanpa santan yang enak dan spesial. Bagaimana cukup mudah bukan? Nah, berikut ini ada video memasak soto daging kuah bening, gambaran ketika memasak soto kali ini tidak akan jauh berbeda dengan video berikut.

Jangan lupa

 

bagikan resep soto daging sapi ini bersama dengan keluarga dan sahabat agar mereka bisa pula menghidangkan nikmatnya olahan daging sapi ini. Dan jangan lupa berikan komentar anda tentang resep spesial kami kali ini.

Koleksi Aneka Resep Sop Iga Rumahan yang Nikmat dan Gurih

Sajikan dan nikmati enaknya sip iga dengan variasi bumbu yang sedap dan enak. Sajian sop akan cocok dinikmati kapan saja dan dimana saja, apalagi ditambah dengan bumbu rempah yang enak dan lezat tentu membuat kuah dari sajian kali ini semakin menggoda.

Nah, untuk anda yang ingin menyajikan hidangan ini di rumah dengan mudah dan sederhana. Maka tak perlu khawatir koleksi aneka resep sop iga rumahan kali ini akan dapat anda nikmati dengan mudah di rumah. Berikut ini kami berikan resepnya hanya untuk anda mari simak secara langsung dibawah ini.

Resep Sop Iga Kuah Bumbu Rempah yang Nikmat

Nama Resep

Resep Sop Iga Kuah Bumbu Rempah yang Nikmat

Review

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan:

  • 700 gram iga
  • 1 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 1500 ml air
  • 1 sendok teh pala bubuk
  • 3 cm kayumanis
  • 5 butir cengkeh
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 3 batang seledri, ikat
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 2 sendok teh gula pasir

Persiapan Membuat Sop Iga Kuah Bumbu Rempah yang Nikmat:

  1. Untuk persiapan kali ini anda akan dapat membuat sajian ini dengan terlebih dahulu menuangkan iga dalam sebuah wadah secara merata. Gunakan wadah dengan ukuran yang sedang yang memungkinkan iga ditampung didalamnya dengan merata.
  2. Lalu setelah itu, anda akan dapat membawa iga ke tempat cucian secara merata. Ditempat cucian silahkan bersihkan iga secara merata dan pastikan kotoran dan kuman yang mungkin terdapat pada iga dibersihkan secara merata.
  3. Remas-remas sajian ini pada saat mencuci iga untuk memastikan daging dan tulang iga dibersihkan secara merata.
  4. Bila sudah selesai mencuci atau membersihkan iga maka langkah selanjutnya adalah dengan terlebih dahulu mengucuri iga dengan menggunakan air jeruk nipis.
  5. Aduk-aduk secara merata dan diamkan iga dengan bumbu ini. Cara ini dilakukan untuk mengurangi bau amis yang ada pada iga.
  6. Untuk itu, sisihkan dan diamkan sajian ini secara merata sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Sop Iga Kuah Bumbu Rempah yang Nikmat:

  1. Bila sudah selesai dengan persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan air didalam panci dan panaskan secara merata.
  2. Kemudian baru masukkan iga kedalamnya dan rebus sajian ini sampai mendidih secara merata dan berbusa. Setelah itu, buang air rebusan ini dan sisihkan kembali.
  3. Siapkan air rebusan yang baru dan masukkan jahe kedalamnya bersama dengan kayu manis. Lalu tambahkan pula rempah lainnya seperti cengkeh, pala bubuk dan masak sajian iga sampai setengah matang secara merata.
  4. Tuangkan garam kedalamnya dan bumbui dengan menggunakan rempah lain yakni merica dan berikan seledri yang sudah anda ikat secara merata.
  5. Baru setelah itu masak kembali sajian ini sampai matang dan meresap bumbu kedalamnya secara merata.
  6. Baru tuangkan daun bawang kedalam sajian ini secara merata menjelang diangkat. Cara ini dilakukan untuk memberikan rasa dan selera pada sajian ini secara merata.
  7. Jangan lupa cicipi bumbu sampai pas. Bila anda mendapati bumbu belum pas maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.

Nah, setelah bumbu meresap kedalamnya dan dirasa sudah pas maka anda akan dapat mematikan api. Lalu masukkan sajian sop iga kedalam sebuah wadah atau mangkuk saji. Untuk selanjutnya hidangan ini akan dapat anda nikmati bersama dengan sepiring nasi hangat dan tambahan pelengkap seperti emping atau kerupuk yang renyah.

Resep Sop Janda yang Pedas Gila dengan Kuah Hijau yang Sedap

Nama Resep

Resep Sop Janda yang Pedas Gila dengan Kuah Hijau yang Sedap

Review

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging sengkel
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 15 buah cabai rawit hijau, dimemarkan
  • 2.000 ml air
  • 20 buah cabai rawit hijau utuh
  • 1 blok kaldu sapi
  • 2 cm kayumanis
  • 4 sendok teh garam
  • 2 butir cengkeh
  • 1 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah, digoreng
  • 3 siung bawang putih, digoreng
  • Bahan Pelengkap:
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 tangkai seledri, diiris halus

Persiapan Membuat Sop Janda yang Pedas Gila dengan Kuah Hijau yang Sedap:

  1. Untuk persiapan kali ini anda akan dapat mempersiapkan beberapa bahan untuk membuat hidangan kali ini. Cara ini akan penting dilakukan untuk memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini.
  2. Bahan yang penting untuk anda olah terlebih dahulu adalah daging sengkelnya. Cara ini akan penting anda perhatikan dengan baik guna memudahkan anda menyajikan hidangan sop janda kali ini.
  3. Untuk itu, silahkan masukkan daging dalam wadah dan siapkan tatakan bersama dengan sebuah pisau. Lalu gunakan bahan ini untuk memotong daging secara merata. Lalu masukkan kembali dalam sebuah wadah dan sisihkan.
  4. Selesai dipotong maka anda akan dapat mencuci sajian ini dengan menggunakan air bersih secara merata. Lalu pastikan anda meremas-remas daging pada saat mencucinya untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel pada daging.
  5. Selanjutnya adalah dengan mengucuri daging dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan taburan garam kedalamnya. Lalu aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
  6. Cara diatas dilakukan untuk mengurangi bau amis yang menempel pada daging. Maka demikian, diamkan sajian ini secara merata agar meresap kedalam daging selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Sop Janda yang Pedas Gila dengan Kuah Hijau yang Sedap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah panci dan masukkan air yang sudah anda siapkan kedalamnya.
  2. Tuangkan pula bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan bumbu larut bersama dengan kuah.
  3. Selanjutnya baru masukkan daging sengkel kedalamnya dan aduk-aduk secara merata. Lalu ikuti dengan menuangkan cabai rawit utuh kedalamnya bersama dengan cabai yang sudah anda memarkan secara merata.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan rempah seperti cengkeh, kayu manis dan masak sajian ini sampai harum.
  5. Periksa daging bila masih belum matang maka anda akan dapat melanjutkan memasak sajian ini sampai daging menjadi lebih lunak secara merata.
  6. Setelah daging empuk maka silahkan masukkan bumbu seperti garam, gula, merica bubuk dan juga kaldu sop sapi berbentuk blok. Aduk-aduk semua bumbu ini agar tercampur dan larut bersama dengan air.
  7. Lalu masak kembali sampai bumbu meresap kedalam daging dan jangan lupa untuk mencicipi bumbu dari sajian ini secara merata.
  8. Kemudian masukan pula bahan pelengkap lainnya untuk menambah aroma dan rasa dari sajian ini secara merata.

Nah, setelah matang maka anda angkat dapat mengangkat sajian ini untuk kemudian nikmati bersama dengan sepiring nasi hangat. Kuah sop daging kali ini memiliki cita rasa pedas yang kuat. Jadi demikian, nikmati sajian ini dengan perlahan agar jangan sampai anda tersedak karena tidak hati-hati.

Resep Sop Iga Makaroni yang Nikmat dan Gurih

Nama Resep

Resep Sop Iga Makaroni yang Nikmat dan Gurih

Review

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan:

  • 500 gram iga sapi
  • 75 gram makaroni kerang
  • 5 lembar kol potong-potong
  • 75 gram buncis, potong-potong
  • 2 buah wortel potong bulat 1 cm
  • 2 buah kentang, potong-potong kotak
  • 1 batang seledri ikat
  • 25 gram jamur kuping
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1 1/8 sendok makan garam
  • 1.500 ml kaldu ayam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Bahan Taburan Sop:

  • 1 sendok makan bawang merah goreng

Persiapan Membuat Sop Iga Makaroni yang Nikmat dan Gurih:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini silahkan olah atau persiapkan iga sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Cara ini akan penting sekali guna memudahkan anda mengolah sajian ini dengan lebih sederhana dan praktis.
  2. Mengolah iga dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menuangkan iga dalam sebuah wadah. Gunakan wadah dengan ukuran yang sedang atau cukup untuk menampung iga yang sudah anda beli.
  3. Selanjutnya bawa bahan ini ke tempat cucian dan di tempat cucian bersihkan sajian ini secara merata. Jangan lupa pastikan untuk meremas-remas iga secara merata.
  4. Bila sudah dibersihkan secara merata maka anda akan dapat menuangkan kembali sajian ini kedalam sebuah wadah secara merata.
  5. Lalu kucuri sajian ini dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Berikan pula sedikit garam kedalamnya dan sisihkan bahan ini.
  6. Cara diatas dilakukan agar bau amis pada iga dapat sedikit dihilangkan. Untuk itu, maka sisihkan sajian ini selama kurang lebih 15 menit.

Cara Sop Iga Makaroni yang Nikmat dan Gurih:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu merebus iga dalam sebuah panci. Lalu masak sajian ini sampai mendidih.
  2. Masukkan sediki potongan jahe dan berikan garam kedalamnya. Masak sajian ini sampai setengah matang dan kuahnya berbusa.
  3. Kemudian ganti kuah dengan air yang baru lalu masak kembali sajian iga sampai matang secara merata.
  4. Selagi menunggu sajian iga matang merata, maka anda akan dapat merebus makaroni dalam sebuah panci sampai empuk dan kenyal. Angkat makaroni dan sisihkan sementara.
  5. Selanjutnya, siapkan wajan dan masukkan minyak kedalamnya. Setelah panas baru masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sajian ini secara merata.
  6. Baru tuangkan bumbu ini kedalam rebusan air iga dan biarkan mendidih dan meresap kedalam iga secara merata.
  7. Setelah itu, baru masukkan seledri kedalamnya bersama dengan wortel. Aduk-aduk dan masak sajian ini secara merata hingga tercampur.
  8. Masak sajian ini sampai setengah matang dan masukkan kol bersama dengan buncis. Lalu bumbui dengan garam dan merica bubuk secara merata.
  9. Baru masukkan makaroni kedalamnya bersama dengan jamur yang sudah dipotong-potong secara merata. Lalu kemudian masukkan pula duan bawang kedalamnya. Lalu masak sajian sebentar baru angkat.

Bila sudah matang anda akan dapat menyajikan hidangan ini bersama dengan pelengkap sajian ini. Anda pun akan pula dapat menyantap sajian ini selagi masih hangat bersama dengan nasi pulen.

Resep Membuat Sop Iga Kambing Cabai Kuah Pedas yang Menggugah Selera

Nama Resep

Resep Membuat Sop Iga Kambing Cabai Kuah Pedas yang Menggugah Selera

Review

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 85 Menit

Bahan-Bahan:

  • 750 gram iga kambing
  • 4 cm kunyit, bakar, memarkan
  • 8 butir bawang merah, bakar, iris
  • 2 lembar daun salam
  • 3 siung bawang putih, bakar, iris
  • 1 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2.000 ml kaldu daging
  • 2 buah jeruk lemon, ambil airnya
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah cabai rawit merah utuh, memarkan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan garam
  • 3/4 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Persiapan Membuat Sop Iga Kambing Cabai Kuah Pedas yang Menggugah Selera:

  1. Untuk membuat sajian kali ini caranya cukup mudah dan sederhana anda hanya perlu menyiapkan sebuah baskom dan masukkan iga yang sudah anda beli dan anda potong secara merata kedalamnya.
  2. Bawa iga ke tempat cucian lalu bersihkan sajian ini secara merata di tempat cucian. Untuk memastikan agar bahan ini dibersihkan secara merata anda akan dapat meremas iga pada saat dibersihkan.
  3. Bila sudah selesai maka angkat dari air, lalu masukkan kembali kedalam wadah dan tiriskan airnya secara merata.
  4. Kemudian setelah itu, kucuri iga dengan menggunakan air jeruk nipis lalu berikan taburan garam. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata dan pastikan anda menyisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
  5. Cara diatas dilakukan untuk mengurangi bau amis pada iga kambing. Untuk itu, setelah diberikan air jeruk nipis maka anda akan dapat menyisihkan sajian ini sementara selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Sop Iga Kambing Cabai Kuah Pedas yang Menggugah Selera:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak dalam sebuah wajan.
  2. Lalu setelah minyak panas baru anda akan dapat memasukkan bawang merah bersama dengan bawang putih. Tambahkan pula daun salam kedalamnya bersa,a dengan kunyit yang sudah anda bakar.
  3. Selanjutnya masukkan lengkuas dan tumis sajian ini sampai layu dan tercium bau harum yang enak dan sedap.
  4. Kemudian anda akan dapat memasukkan iga kambli kedalamnya dan tuangkan pula bahan pelengkap seperti pala bubuk dan juga tomat.
  5. Baru masukkan air kedalamnya dan bumbu sajian ini dengan menggunakan garam bersama dengan gula, merica dan juga pala bubuk. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
  6. Bila sudah selesai langkah selanjutnya anda akan dapat memasak sajian ini sampai matang dan berkuah. Lalu tambahkan pula air jeruk lemon kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini secara merata hingga tercampur.

Setelah matang selanjutnya silahkan berikan air jeruk lemon kedalamnya dan aduk merata sampai tercampur.

Kini sajian sop iga kambing pedas kuah lezat sudah selesai anda akan dapat menyajikan hidangan ini dalam wadah dan nikmati selagi masih hangat.

Aneka Sajian Resep Sup Daging Kuah Gurih yang Nikmat

Nikmati dan sajikan hidangan aneka resep sup daging dengan aneka sajian kuah bening yang istimewa. Sajian kali ini akan dapat anda jadikan sebagai menu hidangan utama yang lezat dan nikmat. Mari simak secara langsung resepnya dibawah ini.

Resep Sup Ayam Kuah Jahe yang Hangat

Nama Resep

Resep Sup Ayam Kuah Jahe yang Hangat

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 55 Menit

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh air jeruk lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram kacang polong
  • 1/2 buah bawang bombay, potong panjang
  • 15 cm jahe iris
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah wortel, potong bulat 1 cm
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan garam
  • 1 batang daun bawang potong 1/2 cm
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2000 ml air
  • 2 sendok minyak untuk menumis

Persiapan Membuat Sup Ayam Kuah Jahe yang Hangat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini, akan lebih baik jika kita terlebih dahulu membersihkan ayamnya terlebih dahulu. Namun tentunya selain membersihkan ayam, semua bahan pada resep kali ini perlu anda bersihkan secara merata.
  2. Sementara itu, untuk membersihkan ayam anda bisa membawanya ke tempat cucian. Untuk selanjutnya silahkan bersihkan sajian ini dengan menggunakan air mengalir yang bersih. Lalu pastikan semua bagian ayam dibersihkan dari kotoran atau mungkin bulu-bulu yang masih tersisa.
  3. Bila sudah dibersihkan secara merata. Silahkan angkat ayam dari tempat cucian dan letakkan diatas tatakan atau sebuah talenan. Silahkan potong ayam menjadi 20 bagian secara merata. Atau buat potongan sesuai dengan pilihan anda sendiri.
  4. Kemudian, masukkan ayam yang sudah dipotong kedalam baskom. Untuk selanjutnya silahkan ambil ke tempat yang bersih dan kucuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan taburan garam secara merata.
  5. Cara diatas ditujukan untuk mengurangi bau amis pada ayam sehingga nantinya rasa ayam semakin lezat pada saat diolah dengan bahan-bahan lainnya. Untuk itu, pastikan bila anda mengucurinya dengan jeruk nipis dan juga garam. Lalu sisihkan selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Sup Ayam Kuah Jahe yang Hangat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini, anda dapat melakukannya dengan mengambil ayam yang sudah dilumuri dengan jeruk nipis. Lalu nyalakan kompor dan masukkan air kedalam panci.
  2. Untuk selanjutnya rebus ayam kedalamnya dengan menggunakan api yang sedang sampai ayam benar-benar lunak dan matang secara merata.
  3. Bila sudah selesai, silahkan nyalakan api pada kompor dan siapkan wajan diatasnya. Lalu tuangkan minyak goreng kedalamnya tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  4. Lalu tuangkan bumbu seperti bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai semua sajian ini menjadi lebih harum secara merata.
  5. Lalu tuangkan tumisan bumbu ini kedalam kuah ayam yang sedang anda rebus. Lalu masak sampai harum dan bumbu tersebar secara merata.
  6. Kemudian, masukkan wortel yang sudah dipotong-potong bersama dengan kacang polong kedalamnya. Lalu masak sajian ini sampai matang dan merata.
  7. Lalu masukkan garam dan merica bubuk kedalamnya. Untuk kemudian aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur merata.
  8. Jangan lupa untuk mencicipi kuah kaldunya apakah bumbu yang anda masukkan sudah cukup atau belum. Jika belum maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu.
  9. Menjelang diangkat anda akan dapat menambahkan minyak wijen kedalamnya bersama dengan daun bawang dan tomat. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata dan tercampur.

Kini sajian sup ayam kuah jahe akan dapat anda sajikan dan nikmati bersama dengan keluarga. Untuk pelengkap anda bisa menambahkan bawang goreng dibagian atasnya secara merata.

Sup Daging Sapi Kuah Rempah yang Gurih dan Nikmat

Nama Resep

Sup Daging Sapi Kuah Rempah yang Gurih dan Nikmat

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 85 menit
Memasak : 40 menit
Total : 125 Menit

Bahan-Bahan:

  • 400 gram daging sengkel
  • 2 buah kentang, potong kotak 2x2 cm
  • 1 batang daun bawang, ikat
  • 2.000 ml air
  • 2 tangkai seledri, ikat
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 2 buah wortel, potong bulat 1 cm
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 1/2 buah pala bubuk
  • 8 butir cengkeh
  • 2 cm kayu manis
  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Persiapan Membuat Sup Daging Sapi Kuah Rempah yang Gurih dan Nikmat:

  1. Untuk kali ini sebaiknya kita akan persiapkan terlebih dahulu bahan utama yakni daging sapinya. Pemilihan bagian sengkel daging sapi pada resep kali ini dimaksudkan agar nantinya bagian daging masih memiliki lemak sehingga mampu memberikan sensasi yang lebih gurih pada hidangan masakan yang anda buat. Untuk itu, maka penting sekali untuk menggunakan bagian daging yang satu ini pada daging yang akan anda gunakan.
  2. Selanjutnya kita akan bersihkan daging secara merata untuk menghilangkan kotoran dan bagian yang kasar pada daging. Untuk itu, silahkan masukkan daging kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian.
  3. Bersihkan daging dari bagian yang masih kotor atau lemak daging yang terpisah. Dimana bagian ini mungkin terasa lebih lembek. Untuk itu maka silahkan bersihkan bagian ini secara merata.
  4. Setelah selesai, lanjutkan langkah kali ini dengan mengangkat daging dari cucian. Untuk selanjutkan silahkan keringkan air cuciannya dan masukkan dalam wadah.
  5. Kucuri daging dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata dan taburi dengan sedikit garam. Cara ini penting dilakukan untuk mengurangi bau amis pada daging secara merata.
  6. Setelah itu, tunggu selama beberapa saat kurang lebih 15 menit agar bahan ini meresap kedalam daging secara merata.

Cara Membuat Sup Daging Sapi Kuah Rempah yang Gurih dan Nikmat:

  1. Untuk membuat sajian daging kali ini anda dapat mengisi air kedalam panci yang akan digunakan untuk merebus daging.
  2. Lalu tuangkan kedalamnya daging bersama dengan seledri dan juga daun bawang. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan masak daging sampai matang dan empuk secara merata.
  3. Baru setelah itu, siapkan wajan yang lain dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Setelah minyak panas, silahkan masukan bumbu yang sudah anda haluskan sebelumnya. Masak sajian ini sampai harum dan lezat.
  4. Lalu tuangkan tumisan bumbu kedalam rebusan daging yang sudah anda masak sebelumnya. Lalu aduk-aduk sajian ini secara merata.
  5. Tambahkan cengkeh bersama dengan kayumanis dan pala bubuk. Aduk-aduk secara merata sajian ini hingga tercampur.
  6. Masukkan kentang bersama dengan wortel kedalamnya dan rebus kembali sampai sayuran menjadi lebih empuk dan matang secara merata.
  7. Baru tuangkan tomat bersama dengan daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur.
  8. Jangan lupa cicipi bumbunya sampai anda merasa bumbu kuah sudah cukup lezat. Angkat dan sajikan hidangan ini.

Resep Membuat Sup Daging Goreng dengan Kuah Gurih yang Bening

Nama Resep

Resep Membuat Sup Daging Goreng dengan Kuah Gurih yang Bening

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 85 menit
Memasak : 40 menit
Total : 125 Menit

Bahan-Bahan:

  • 400 gram daging sengkel
  • 2500 ml air
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 2 buah wortel, dipotong bulat
  • 3 buah kentang, dipotong kotak 2x2 cm
  • 3 cm kayumanis
  • 1 1/8 sendok makan garam
  • 2 buah kapulaga
  • 3 butir cengkeh
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 1/2 sendok teh gula pasir
  • 3 tangkai seledri, diikat
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawnag putih

Persiapan Membuat Sup Daging Goreng dengan Kuah Gurih yang Bening:

  1. Pertama kita jelaskan terlebih dahulu kenapa bagian daging sengkel yang dipilih untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan bagian daging ini masih memiliki lemak yang lezat. Sehingga ketika dimasak maka sajian ini akan dapat memberikan rasa yang lebih sedap baik pada kuah atau masakan yang anda buat. Akan tetapi, bila anda memiliki daging sapi yang utuh atau bukan bagian sengkel. Maka bagian daging tersebut akan bisa anda gunakan.
  2. Selanjutnya mari kita bersihkan terlebih dahulu daging sebelum dimasak dan dicampurkan menjadi sebuah hidangan yang lezat. Bawa daging ke tempat cucian dan masukkan kedalam baskom.
  3. Ditempat cucian silahkan bersihkan secara merata daging dari kotoran atau bagian yang masih kurang bersih. Pada saat membersihkan daging sebaiknya lakukan dengan meremas-remasnya secara merata agar kotoran pada daging dibersihkan secara keseluruhan.
  4. Ambil daging yang sudah bersih dan masukkan kedalam wadah. Untuk selanjutnya silahkan tiriskan air cucianya sampai kering dan bersih.
  5. Sebelum daging diolah, silahkan lumuri daging dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburan garam secara merata. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada daging.
  6. Agar meresap secara merata maka diamkan sajian ini selama kurang lebih 15 menit agar meresap kebagian dalam daging.

Cara Membuat Membuat Sup Daging Goreng dengan Kuah Gurih yang Bening:

  1. Selesai merendam daging, lanjutkan langkah kali ini dengan memasukkan daging kedalam panci yang sudah diberikan dengan air.
  2. Letakkan diatas api yang sedang dan rebus sajian ini sampai empuk dan matang secara merata selama kurang lebih 1 jam lebih.
  3. Kemudian angkat daging yang sudah matang dan saring lalu ukur kaldunya sebanyak 1,7 liter dan masukkan kembali dalam panci untuk selanjutnya anda akan siap untuk membumbui hidangan kali ini.
  4. Didihkan kembali daging dengan jumlah kuah daging yang sudah anda saring sebelumnya. Kemudian panaskan minyak dalam wajan yang lain sampai panas merata.
  5. Baru setelah itu, tumis bumbu yang dihaluskan sampai sajian ini menjadi lebih harum secara merata. Kemudian tambahkan kayumanis, cengkeh dan kapulaga. Aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur merata.
  6. Kemudian tuangkan bumbu tumisan ini kedalam rebusan aging dan tambahkan dengan merica, garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk secara merata dan masak kembali sampai mendidih secara merata.
  7. Masukkan sayuran seperti kentang, wortel dan juga tomat. Aduk-aduk kembali dan masak sampai sajian sayuran ini menjadi lebih matang secara merata.
  8. Menjelang diangkat, anda bisa menambahkan daun bawang kedalamnya bersama dengan seledri dan aduk-aduk kembali sajian ini secara merata.
  9. Angkat daging dari rebusan, siapkan wajan dan berikan minyak secukupnya. Panaskan minyak secara merata dan goreng daging dalam minyak sampai matang secara merata dan berwarna kecoklatan.

Resep Sup Ayam Sawi Hijau dengan Kuah Bening yang Sehat

Nama Resep

Resep Sup Ayam Sawi Hijau dengan Kuah Bening yang Sehat

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 40 menit
Total : 55 Menit

Bahan-Bahan:

  • 15 buah sayap pentul
  • 200 gram sawi asin
  • 1.500 ml kaldu ayam
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 1 cm jahe, iris
  • 4 siung bawang putih, diiris
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan garam
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm

Persiapan Membuat Sup Ayam Sawi Hijau dengan Kuah Bening yang Sehat:

  1. Hal pertama yang akan dapat anda lakukan kali ini adalah dengan memotong sawi asin yang tertera pada resep. Anda bisa memotong sawi menjadi dua bagian pada satu tangkai. Untuk memudahkan anda memotong bagian sawi anda bisa menggunakan pisau dan meletakkannya diatas tatakan secara merata.
  2. Setelah dipotong secara merata, maka silahkan masukkan sawi kedalam wadah atau baskom. Untuk selanjutnya silahkan sisihkan sementara.
  3. Kini kita akan bersihkan sawinya secara merata. Caranya adalah dengan membawa sawi ke tempat cucian lalu ambil helai demi helai sawi dan bersihkan sampai kebagian batangnya secara merata.
  4. Bila semua sawi sudah dibersihkan secara merata maka lanjutkan langkah kali ini dengan mengangkat sawi kedalam baskom dan tiriskan air cucianya. Lalu sisihkan kembali.
  5. Selanjutnya mari kita bersihkan ayamnya terlebih dahulu. Caranya akan hampir sama pada saat anda membersihkan sawi. Silahkan masukkan ayam kedalam baskom atau wadah dan bawa ke tempat cucian.
  6. Bersihkan ayam dengan diremas-remas secara merata dan pastikan anda bisa membersihkannya dari kotoran dan sisa bulu-bulu yang masih menempel.
  7. Bila sudah bersih, masukkan kembali pada baskom dan tiriskan pula air cuciannya sampai kering secara merata.
  8. Sebelum sajian ayam dicampur dan dimasak dengan bahan lainnya. Silahkan lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam. Cara ini digunakan untuk mengurangi bau amis pada ayam. Untuk itu, silahkan diamkan sajian ini selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap kedalamnya secara merata.

Cara Membuat Sup Ayam Sawi Hijau dengan Kuah Bening yang Sehat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini, anda akan dapat mendidihkan terlebih dahulu kaldu ayam. Caranya adalah dengan menuangkan air sedukupnya kedalam sebuah panci. Lalu letakkan diatas kompor dan tunggu sampai bahan ini menjadi lebih mendidih secara merata.
  2. Masak juga sampai ayam menjadi menjadi lebih empuk dan matang secara merata. Agar nantinya sajian ayam menjadi lebih nikmat dan matang pada saat dinikmati.
  3. Bila sudah matang dan keluarga kaldu ayam, maka silahkan masukkan bawang putih bersama dengan jahe kedalamnya. Masak sampai sajian ini menjadi lebih harum secara merata.
  4. Kemudian setelah itu, silahkan masukkan tomat hijau dan bumbu lain seperti halnya kecap ikan, garam, merica bubuk dan juga gula pasir. Aduk-aduk secara merata semua sajian ini.
  5. Lalu masak sampai mendidih dan merata. Jangan lupa untuk mencicipi bumbunya sampai pas. Namun bila anda merasa kuah bumbu kali ini belum pas, maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak sajian bumbu kedalamnya.
  6. Setelah mendidih, anda baru bisa memasukkan sawi asin kedalamnya bersama dengan duan bawang dan juga seledri. Aduk-aduk kembali sajian ini dan masak sampai sawi menjadi layu secara merata.

Resep Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat

Hidangan sop kaki kambing adalah salah satu sajian lezat yang cocok disantap untuk menu makan siang.

Rasa empuk dari daging dan kuah kaldu susu yang begitu gurih akan senantiasa membuat momen santap siang kali ini menjadi momen yang menyenangkan dan begitu menggoda.

Nah, jika biasanya hidangan sop kaki kambing seringkali anda santap di pinggir jalan atau rumah makan kesukaan anda. Kali ini tidak ada salahnya, jika anda mencoba meracik sendiri bumbu hidangan sop kaki dan menyajikannya untuk keluarga tercinta dirumah. Berikut Ini ada resep membuat sop kaki kambing betawi kuah susu yang enak dan lezat agar bisa dipraktikan dirumah. Seperti apa resep sop daging ini? Kita simak berikut ini.

resep sop kaki kambing kuah susu

Nama Resep

Resep Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat
4.8 98

 

Waktu Memasak

Persiapan: 35 menit

Memasak: 45 menit

Total: 80 menit

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu:

  • 1 buah kaki kambing
  • 1500 cc air
  • 5 sdm susu bubuk (susu kambing)

Bumbu Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu:

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 5 cm kayu manis
  • 3 cm jahe, haluskan
  • 5 butir kapulaga
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 3 butir cengkeh
  • gula merah sedikit
  • garam secukupnya

Bahan Pelengkap Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu:

  • irisan jeruk nipis
  • tomat, iris tipis
  • emping goreng
  • bawang goreng untuk taburan
  • acar mentimun

Cara Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Kuah Susu yang Enak dan Lezat

Cara Membersihkan dan Mengolah Kaki Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan membersihkan terlebih dahulu kaki kambng yang sudah anda persiapkan. Jika kaki kambing masih berbulu, silahkan bersihkan bulu-bulunya hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah kaki kambing bersih dari bulu-bulunya. Selanjutnya, potong-potong kaki kambing sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan terlalu tipis atau terlalu kecil, karena selain akan sulit dipotong, dikhawatirkan kaki kambing akan hancur.
  3. Setelah dipotong-potong, silahkan cuci kembali dan pastikan jika kali ini kaki kambing dibersihkan dengan seksama.
  4. Masukkan potongan kaki kambing kedalam panci, berikan air dan silahkan rebus hingga kaki kambing menjadi lebih empuk secara merata. Setelah empuk, angkat dan sisihkan. Sisakan air rebusan kaki kambing untuk kita jadikan sebagai kuah kaldunya.

Cara Memasak Sop Kambing Betawi Kuah Susu:

  1. Siapkan wajan diatas kompor, berikan sedikit minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium bau aroma harum dari tumisan.
  2. Selesai menumis, angkat dan panaskan kemblai rebusan kaki kambing. Kemudian masukkan bumbu yang baru saja ditumis kedalamnya. Aduk-aduk merata agar bumbu tercampur secara merata dan meresap pada daging.
  3. Masukkan susu bubuk kedalam kuah dan masak hingga matang merata dan kaki kambing benar-benar empuk.
  4. Masukkan juga bumbu-bumbu yang belum dimasukkan. Diamkan hingga bumbu meresap dan berpadu bersama kuah susu kaldu dan cicipi rasanya hingga pas.
  5. Jika rasa sudah pas dan kaki kambing sudah matang. Angkat rebusan dan matikan kompor.

Ambil mangkuk saji dan sajikan rebusan sop kaki kambing betawi dengan kuah susu yang gurih dan nikmat ini kedalamnya. Berikan taburan bawang goreng dan sajikan bersama degan bahan pelengkap yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Jangan lupa bagikan resep ini dengan mengklik tombol share dibawah ini dan berikan pula komentar anda di kolom komentar dibawah ini. Baca juga: Resep Sop daging sapi

Resep Sop Daging Kambing Bening Madura yang Asli dan Enak

Sajian sop daging kambing adalah hidangan lezat yang begitu nikmat.

Hidangan ini enak disajikan kapan saja dan nikmat dinikmati dimana saja. Bertemankan dengan sepiring nasi hangat dan bahan pelengkap dengan kerupuk yang lezat akan membuat sajian ini tersaji dengan nikmat.

Nah, agar anda bisa mengolah sendiri sajian lezat sop kambing bening khas Madura. Kali ini kami akan berbagi resep mudahnya. Sajian ini bisa dibuat dirumah dan cukup mudah. Bagaimana resep membuat sop daging kambing bening masura yang asli dan enak? Yuk, kita simak resepnya berikut ini dan kira-kira bahan apa saja yang harus dipersiapkan.

resep sop kambing madura

Nama Resep

Resep Sop Daging Kambing Bening Madura yang Asli dan Enak

4.9 233

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Daging Kambing Bening Madura yang Asli dan Enak

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Sop Kambing Bening Madura:

  • 500 gr daging kambing campur dengan tulang
  • 2 sdm minyak goreng
  • secukupnya daun bawang
  • secukupnya daun seledri
  • 3 lbr daun jeruk
  • 2 batang serai (geprek)
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1/2 sdt kayumanis bubuk
  • 1/4 sdt cengkih bubuk
  • 1/4 sdt jintan bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 600 ml air
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu Sop Kambing Bening Madura yang Dihaluskan:

  • Secukupnya merica
  • Secukupnya garam
  • 2 cm jahe
  • 3 cm lengkuas
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 8 siung bawang merah
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat Sop Daging Kambing Bening Madura yang Asli dan Enak

Cara Mengolah Daging Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong daging sesuai dengan selera. Biarkan daging bercampur bersama tulang. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kuah gurih dari tulang dan daging yang akan dapat menghasilkan sajian yang lezat dan nikmat.
  2. Setelah daging di potong-potong, silahkan cuci bersih daging dan pastikan jika semua kotoran dan kuman yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan merata.
  3. Setelah dicuci, silhkan berikan perasan jeruk nipis pada daging dan berikan taburan garam. Hal ini difungsikan agar daging tidak terciumbau menyengat aroma bau kambing. Dan sisihkan sementara.

Cara Memasak Sop Kambing Bening Madura:

  1. Siapkan wajan, bseikan sedikit minyak pada wajan dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas. Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya hingga tercium bau harum yang sedap.
  2. Siapkan panci, tuangkan air kedalamnya dan masukkan daging kedalam panci kemduian rebus hingga daging yang telah dipotong-potong sebelumnya menjadi berubah warna dan menjadi lebih kaku.
  3. Setelah dimasukkan daging kedalamnya, masukkan bumbu halus yang telah ditumis dan biarkan masak daging hingga setengah matang dan agak empuk.
  4. Masukkan jintan bubuk, cengkeh bubuk, kayu manus, air asam, daun jeruk, ketumbar dan masak hingga bumbu meresap kedalam daging serta daging yang direbus menjadi lebih empuk dan matang.
  5. Jangan terlebih dahulu diangkat, masukkan bumbu seperti garam dan gula dan pastikan jika bumbu yang anda masukkan komposisinya telah pas. Biarkan pula hingga kuah daging mengeluarkan lemak dan berminyak agar tersaji lebih gurih.

Setelah matang, angkat dan sajikan bersama dengan taburan bawang goreng dan seledri. Sajikan kelezatan hidangan sop kambing bening khas Madura ini ditengah keluarga dengan cinta dan suka cita. Selamat makan dan semoga resep kali ini bermanfaat untuk dipraktikan.

Silahkan klik tombol share dibawah ini untuk berbagi resep dengan yang lain dan berikan pula komentar anda.

Resep Masakan Sop Daging Kambing Bening yang Enak dan Sedap

Hidangan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging memang memiliki cita rasa lezat yang begitu nikmat.

Ada begitu banyak sajian makanan yang dibuat dari hidangan daging, salah satunya adalah sajian sop daging. Sop daging sendiri dibaut dari berbagai bahan dasar daging ada daging sapi, daging ayam dan daging kambing.

Hanya saja, pengolahan daging kambing tidak semua bisa diterima dengan baik di lidah masyarakat. Pasalnya, aroma daging yang kurang sedap membuatnya kurang banyak diminati. Nah, kali ini ada resep sop daging kambing bening yang enak dan sedap. Seperti apa resepnya? Simak berikut ini.

resep sop kambing bening

Nama Resep

Resep Masakan Sop Daging Kambing Bening yang Enak dan Sedap

4.9 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Sop Daging Kambing Bening yang Enak dan Sedap

Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Kambing Bening:

  • 750 gram Daging kambing
  • 5 butir Cengkih
  • 3 cm Jahe (memarkan)
  • 1 sendok teh Garam
  • 3 sendok makan Minyak goreng (untuk menumis)
  • 4 cm Kayu manis
  • 150 gram Tomat (potong — potong)
  • 2 batang Daun bawang (iris 2 cm)
  • 2.250 ml Air (untuk merebus)

Bumbu Sop Kambing Bening yang Dihaluskan:

  • 75 gram Bawang merah
  • 3 lung Bawang putih
  • 1 sendok teh Merica
  • 1 sendok teh Garam

Bahan Pelengkap dan Taburan Sop Kambing Bening:

  • 2 sendok makan Bawang goreng
  • 1 sendok makan Seledri
  • Kecap manis secukupnya
  • Sambal cabai secukupnya

Cara Membuat Masakan Sop Daging Kambing Bening yang Enak dan Sedap

Cara Mengolah Daging Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong daging kambing sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Hanya saja jangan memotong terlalu besar, alangkah lebih baik potongannya lebih kecil untuk membuat penampilannya lebih menarik.
  2. Setelah daging dipotong-potong sesuai dengan selera yang diinginkan, silahkan cuci daging hingga bersih sampai kotoran yang ada pada daging bisa dihilangkan dan dirontokan dengan benar.
  3. Selesai dicuci, rebus daging bersama dengan air jahe dan garam dan rebus pada panci yang telah diberikan air hingga daging menjadi lebih kaku dan berubah warnanya. Kemudian angkat daging dan sisihkan sementara.

Cara Memasak Sop Kambing Bening:

  1. Panaskan minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu halus bersama dengan kayu manis dan cengkih. Aduk-aduk hingga merata sampai bumbu yang ditumis tercium bau harum yang nikmat dan rempah yang dimasukkan menjadi lebih layu.
  2. Angkat tumisan bumbu dari wajan dan tuangkan bumbu yang ditumis kedalam panci rebusan daging, jerangkan kembali rebusan daging diatas api hingga mendidih dan kecilkan apinya, kemudian tutup panci dan biarkan rebusan mendidih dan bumbunya meresap kedalam daging serta masak hingga sari daging keluar dan kaldunya sedikit menyusut dan daging menjadi lebih empuk secara merata.
  3. Masukkan tomat beserta daun bawang kedalam rebusan daging dalam panci dan masak terus hingga seluruh bahan yang dimasukan menjadi lebih empuk dan lebih matang secara merata.
  4. Setelah bahan-bahan matang dar rbusan. Silahkan matikan kompor dan angkat rebusan sop kambing bening dari kompor.

Ambil piring saji dan tuangkan sop kambing bening dengan kuah gurih yang menggoda kedalamnya, berikan taburan bawang goreng dan seledri dan hidangkan bersama dengan bahan pelengkap lainnya. Disantap bersama dengan nasi hangat yang begitu lezat akan terasa lebih nikmat. Selamat mencoba dan semoga resep kali ini bisa bermanfaat.

Silahkan klik tombol share dibawah ini untuk berbagi resep spesial sop kambing bening bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda mengenai resep kali ini.

Resep Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Khas Tanah Abang yang Enak dan Lezat

Sajian sop kaki memang menjadi sajian kuliner yang begitu banyak diminati.

Pasalnya, rasa gurih dari sumsum tulang kaki dan tekstur kenyal dari kikil kaki membuat sajian ini tersaji begitu istimewa dan lezat. Sajian ini aka terasa lebih nikmat jika disantap sewktu makan siang dengan bertemankan sepiring nasi hangat.

Nah, salah satu hidangan sop kaki kambing yang cukup terkenal di ibu kota adalah sajian sop kaki kambing yang ada di Tanah Abang. Kini daripada pergi jauh-jauh ke tanah abang. Tidak ada salahnya jika anda mulai membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resep membuat sop kaki kambing Betawi khas Tanah Abang? Kita simak resepnya berikut ini.

resep sop kaki kambing tanah abang

Nama Resep

Resep Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Khas Tanah Abang yang Enak dan Lezat

4.9 132

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan Utama Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Khas Tanah Abang yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Membuat Sop Kaki Kambing Betawi:

  • Kaki kambing 500 gr
  • Jahe 2 cm, memarkan
  • Garam 2 sdm
  • Air 2 liter
  • Minyak goreng untuk menumis 3 sdm

Bumbu Untuk Membuat Sop Kaki Kambing Betawi:

  • Cengkeh 7 butir
  • 1 butir biji pala (belah 4 bagian)
  • Daun bawang 2 batang
  • Tomat merah 5 buah (potong-potong)

Bumbu Sop Kaki Kambing Betawi yang Dihaluskan:

  • Bawang putih 5 siung
  • 1/2 merica butir
  • Bawang merah 10 butir

Bahan Pelengkap Sop Kaki Kambing Betawi:

  • Bawang goreng 1 sdm
  • Sambal cabai rawit
  • Emping goreng
  • Seledri 1 btng, iris halus

Cara Membuat Sop Kaki Kambing Betawi Khas Tanah Abang yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Kaki Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan kaki kambing dan menghilangkan bulu-bulu yang ada pada kaki kambing. Pastikan jika kotoran dan bulu pada kaki kambing dibersihkan dengan keseluruhan.
  2. Setelah dibersihkan kesemuanya, silahkan potong-potong kaki kambing seukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan terlalu kecil atau terlalu tipis memotong kaki kambing agar tidak hancur.
  3. Setelah itu, cuci bersih pada air mengalir dan pastikan jika kotoran benar-benar dihilangkan.
  4. Setelah dicuci bersih, rebus daging dalam panci yang telah diberikan air selama kurang lebih 15 menit hingga daging menjadi lebih kaku. Angkat kemduian ganti air rebusan daging dengan air yang baru.
  5. Kemudian rebus kembali dengan kuah yang baru dan masukan jahe beserta taburan garam sedikit dan tunggu hingga daging matang.

Cara Memasak Sop Kaki Kambing Betawi:

  1. Panaskan wajan, tambahkan minyak sedikit tunggu hingga panas dan tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan kayu manis, biji pala, dan cengkih, aduk-aduk merata hingga tumisan daging tercium bau harum dan matang.
  2. Setelah tumisan matang, ankat dan masukkan bumbu tumisan ini kedalam rebusan daging, lalu aduk merata dan rebus kembali hingga daging matang dan bumbu meresap kedalamnya.
  3. Masukkan irisan tomat dan daun bawang kedalam rebusan daging kemudian masak hingga daging mepuk dan kuah berbumbu pas sesuai dengan selera anda.
  4. Setelah rebusan matang, matikan kompor dan angkat.

Ambil piring saji dan hidangkan kelezatan sop kaki kambing betawi ini dengan penuh cinta dan sajikan bersama dengan bahan pelengkap dan taburan bawang goreng. Demikian resep membuat sop kaki kambing betawi yang lezat. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan klik tombol share untuk berbagi resep dan berikan komentar anda.

Resep Membuat Sop Kaki Kambing Kuah Bening yang Enak dan Spesial

Lezat, nikmat dan gurih, itulah mungkin kesan pertama yang muncul dibenak kita sewaktu melihat sajian ini tersaji di meja makan.

Betapa tidak, kuah gurih yang nikmat dan tekstur kikil dari kaki kambing membuat sajian ini begitu menggoda.

Nah, jika biasanya anda seringkali membeli sajian ini di restoran atau rumah makan, kali ini anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dengan resep yang akan kami jelaskan kali ini anda akan dapat membuat sajian sop kaki kambing yang lezat. Lantas seperti apa resep sop kaki kambing kuah bening yang enak dan special? Yuk, kita simak resepnya kali ini agar tak lagi penasaran.

resep sop kaki kambing bening

Nama Resep

Resep Membuat Sop Kaki Kambing Kuah Bening yang Enak dan Spesial

4.9 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Kaki Kambing Kuah Bening yang Enak dan Spesial

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Sop Kaki Kambing Kuah Bening:

  • 1 kg kaki kambing
  • Wortel 3 buah, potong-potong
  • Air 1 liter
  • Tomat 1 buah, iris
  • Kayu manis 5 cm
  • Jahe 3 cm
  • Pala 1 butir, geprek
  • Cengkeh 5 butir
  • Daun bawang, secukupnya
  • Seledri, secukupnya
  • Bawang goreng untuk taburan

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Sop Kaki Kambing Kuah Bening:

  • Lada bubuk, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Gula putih, secukupnya
  • Merica bubuk, secukupnya
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 8 siung

Cara Membuat Sop Kaki Kambing Kuah Bening yang Enak dan Spesial

Cara Mengolah Daging Kambing:

  1. Pertama-tama hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan mengolah daging kambing dengan memotong-motongnya terlebih dahulu sesuai dengan selera. Jika anda ingin tulang daging kambing dibiarkan dengan ukuran besar, maka susuaikan potongan daging dan tulang dengan selera anda.
  2. Setelah itu, cuci bersih kaki kambing pada air yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging dan tulang bisa dibersihkan secara keseluruhan.
  3. Setelah selesai dicuci, sisihkan dan masukan kaki kambing kambing dalam rebusan air dan berikan jahe beserta taburan garam. Bumbu inilah yang akan dapat mengurangi bau amis pada daging dan dapat menghasilkan hidangan yang lezat.
  4. Silahkan rebus kaki kambing sebentar hingga daging berubah warna, dan sisihkan sementara.

Cara Memasak Sop Kaki Kambing Kuah Bening:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menumis bumbu yang telah dihaluskan dalam wajan yang diberikan minyak goreng. Tumis hingga harum dan tercium aroma semerbak yang sedap.
  2. Setelah tumisan matang, masukkan bumbu tumisan ini kedalam rebusan kaki kambing dan rebus kembali hingga kaki kambing menjadi matang dan lebih empuk.
  3. Masukkan potongan wortel kedalamnya dan masukkan pala, cengkih, kayu manis dan bajan lain yang belum dimasukkan.
  4. Kemudian masak hingga daging kaki kambing benar-benar matang secara merata. Masukkan irisan daun bawang dan tomat kedalam rebusan dan masak hingga tomat dan daun bawang menjadi lebih layu.
  5. Masukkan bumbu dan cicipi kuah apakah sudah meresap atau belum. Jika belum jangan sungkan menambahkan bumbu yang anda inginkan.

Setelah rebusan dan kaki kambing menjadi lebih empuk serta matang merata. Ambil mangkuk saji dan tuangkan sop kaki kedalamnya berikan taburan bawang goreng dan sajikan selagi hangat baik disantap sendiri atau bertemankan dengan bahan pelengkap lain seperti nasi atau bubur akan terasa sedap dan lezat.

Jangan lupa klik tombol share jika ingin berbagi resep lezat sop kaki kambing ini dan jangan lupa berikan komentar anda.

Resep Sop Kambing Betawi Bening yang Asli dan Original Juga Enak dan Lezat

Hidangan sop kambing Betawi adalah salah satu sajian sop yang istimewa.

Sajian ini enak dinikmati untuk dijadikan santapan saat makan siang. Hasrat lapar yang begitu mendera dipuaskan dengan hidangan sop kambing yang begitu lezat dan kuah bening yang sedap akan membuat sajian ini tersaji begitu istimewa.

Nah, salah satu sajian istimewa dari sop kambing adalah sop kambing betawi. Nah, agar anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Kita simak resep sop kambing betawi bening yang asli dan original berikut ini.

resep sop kambing bening betawi

Nama Resep

Resep Sop Kambing Betawi Bening yang Asli dan Original Juga Enak dan Lezat

4.9 89

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Kambing Betawi Bening yang Asli dan Original Juga Enak dan Lezat

Bahan utama Sop Kambing Betawi Bening yang Diperlukan:

  • 500 gram daging kambing, pilih yang bertulang
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 liter air
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdm garam

Bumbu Sop Kambing Betawi Bening yang Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 1 batang seledri (iris halus)
  • 1/2 sdt merica butir
  • 7 butir cengkih
  • 5 cm kayumanis
  • 1 butir biji pala (belah)
  • 5 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang (potong-potong)
  • 5 butir tomat merah (potong)
  • 2 sdm bawang goreng

Bahan Pelengkap Sop Daging Kambing Bening Betawi:

  • Emping goreng
  • Sambal cabai rawit

Cara Membuat Sop Kambing Betawi Bening yang Asli dan Original Juga Enak dan Lezat

Cara Mengolah Daging Kambing:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan pada langkah diresep kali ini adalah dengan mengolah daging kambingnya terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui daging kambing memiliki aroma yang menyengat dan bau yang kurang sedap jika kita kurang pintar mengolahnya. Untuk itu, silahkan potong-potong terlebih dahulu daging kambing sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Setelah selesai dipotong, silahkan cuci bersih daging agar kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan keseluruhan.
  3. Setelah selesai dicuci, rebus daging dengan air pada panci dan berikan jahe yang sudah digeprek dan masukkan pula garam kemudian rebus daging hingga daging menjadi lebih empuk setengah matang.

Cara Memasak dan Membuat Sop Bening Betawi:

  1. Panaskan minyak pada wajan dan tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan cengkih, biji pala, kayumanis hingga harum dan matang. Aduk-aduk terus dan jagan sampai bumbu yang ditumis menjadi hangus.
  2. Setelah selesai menumis bumbu dan sudah tercium aroma harum dari tumisan, angkat tumisan dan sisihkan sementara. Kemudian masukkan bumbu tumisan ini kedalam rebusan kaldu daging yang sebelumnya kita masak. Aduk-aduk merata dan teruskan memasak.
  3. Lanjutkan merebus hingga daging menajdi lebih empuk dan matang serta kaldu menjadi lebih menyusut sedikit.
  4. Masukkan irisan daun bawang dan tomat kedalam rebusan. Aduk-aduk dan masak sebentar hingga tomat dan daun bawang menjadi lebih layu.

Setelah rebusan daging matang, silahkan angkat dari kompor dan tempatkan rebusan ditempat yang aman. Ambil piring saji dan masukkan rebusan daging kedalam mangkuk saji. Berikan tabutan daun seledri dan bawang goreng diatasnya untuk membuat rasa dan penampilannya tampak lebih menarik. Hidangan ini akan lebih nikmat dan mantap jika disantap saat masih hangat. Demikian resep membuat sop daging kambing betawi dengan kuah bening yang lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan cara klik tombol share dibawah ini dan berikan pula komentar anda dikolom komentar yang ada dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Betawi yang Enak, Sederhana dan Lezat

Hidangan nusantara memang terdiri dari berbagai macam masakan dan kuliner yang dibuat dari berbagai bahan makanan yang tersaji menjadi sebuah sajian lezat yang memiliki cita rasa tersendiri yang begitu asli dan nikmat.

Saking begitu kayanya, ragam masakan nusantara, rasanya tidak mungkin jika kita mengurutkan dan menghitung ada berapa banyak sajian masakan yang hadir di nusantara ini. Namun demikian satu hal yang paling jelas dan pasti adalah kesemua sajian tersebut memiliki cita rasa yang khas dengan perpaduan bumbu asli Indonesia yang tentunya lezat dan nikmat.

Nah, salah satu hidangan yang paling banyak memiliki daftar menu dan olahan adalah kuliner yang berasal dari daging, terutama daging sapi. Berbagai kuliner dan olahan yang dibuat dari daging memang memiliki cita rasa khas tersendiri yang sebelum diberikan dengan bumbu dan rempah rasanya sendiri memang begitu lezat dan nikmat. Ada begitu banyak olahan makanan dari daging yang hampir kesemua hidangan tersebut memiliki cita rasa yang lezat sehingga tersaji sebagai sebuah menu hidangan lezat yang begitu nikmat.

Sudah bukan hal yang asing jika salah satu hidangan dari daging memang telah mendunia salah satunya adalah rendang daging. Makanan Indonesia yang baru-baru ini mendunia dan telah diklaim sebagai salah satu makanan terlezat di dunia ini tentu saja ikut membawa cita baik nama Indonesia di kancah kuliner dunia.

Namun demikian, tentunya bukan hanya rendang daging yang menjadi olahan lezat dan disukai banyak orang. Ada juga sajian lezat dari daging yang memiliki cita rasa yang tak kalah saing dari hidangan lain, yakni hidangan sop iga sapi khas betawi. Seperti apa sih resepnya? Kita simak berikut ini.

sop iga betawi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Betawi yang Enak, Sederhana dan Lezat

4.7 56

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Iga Sapi Betawi yang Enak, Sederhana dan Lezat

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • Iga sapi 500 gr
  • Salam 2 daun
  • Belimbing sayur 7 buah
  • Sereh 2 batang
  • Garam, gula sesuai selera
  • Penyedap rasa sapi

Bumbu yang Ditumbuk Sangrai:

  • Bawang merah 6 butir
  • 2 buah cabe merah
  • Kunyit 2 cm
  • Lengkuas 2 cm
  • Bawang putih 3 butir

Bahan Pelengkap:

  • Jeruk limo
  • Cabe rawit giling
  • Emping

Cara Membuat Sop Iga Sapi Betawi yang Enak, Sederhana dan Lezat

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencuci bersih iga sapi dalam air mengalir.
  2. Kemudian rebus rebus iga dalam panci yang diberikan air dan masukkan potongan belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong. Masukkan juga salam, sereh dan garam kemudian aduk-aduk merata.
  3. Setelah itu, masukan bumbu yang disangrai dan sangrai sampai harum.
  4. Kemudian tumbuk kasar bumbu yang disangrai dan masukan dalam air rebusan.
  5. Rebus daging sampai matang dan empuk masukan juga bumbu penyedap dan gula aduk-aduk merata dan masak hingga matang.

Cara Menyajikan:

  1. Matikan kompor dan angkat kemudian ambil mangkuk saji.
  2. Tuangkan iga dan kuahnya dan sajikan bersama dengan bahan pelengkap dan emping melinjo yang keriuk.

Hidangkan kelezatan dan kenikmatan sop iga betawi ditengah keluarga anda dengan cinta dan keceriaan.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Bakar yang Paling Enak, Spesial Namun Sederhana

Ada begitu banyak ragam olahan nusantara yang memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Rasanya jika kita hitung satu persatu resep dan daftar menu makanan yang ada di nusantara tidak akan cukup waktu satu hari untuk mengurutkannya. Namun satu hal yang pasti ialah semua hidangan yang ada di nusantara memiliki cita rasa tersendiri yang begitu unik, lezat dan berbumbu.

Satu lagi hidangan daging yang mungkin tak lagi asing ditelinga yakni sajian sup iga sapi. Hidangan lezat yang dibuat dari olahan daging sapi yang mengambil bagian iga ini tentu saja menjadi olahan lezat yang begitu nikmat. Apalagi dikolaborasikan dengan lezatnya sayuran serta kombinasi bumbu dan rempah yang begitu khas sehingga membuat hidangan ini tersaji begitu istimewa.

Anda mungkin seringkali mengunjungi restoran atau rumah makan saat hasrat menyantap sup iga sapi menghampiri anda. Sup iga sapi memang lezat apalagi jika iga yang dimasukan dalam sup melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Sudah pasti rasanya akan begitu nikmat dan gurih. Nah berikut ini ada resep dan cara membuat sup iga sapi bakar yang mudah dan sederhana. Seperti apa? Kita simak berikut ini.

sop iga bakar

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Bakar yang Paling Enak, Spesial Namun Sederhana

4.8 87

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Iga Sapi Bakar yang Paling Enak, Spesial Namun Sederhana

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 750 gram iga sapi (potong sesuai selera)
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 batang daun bawang, buat simpul
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 tangkai seledri, buat simpul
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1.000 ml air

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sendok teh black paper bubuk

Bahan Untuk Membuat Sup:

  • 150 gram wortel 9potong bulat)
  • 150 gram kentang (potong dadu)
  • 2 ons gram daging bagian sandung lamur (potong kecil)
  • 1 sendok makan garam
  • 1 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sdt black paper, sangrai, tumbuk kasar
  • 1/2 sdm bawang putih goreng, remas-remas
  • 2 batang daun bawang (potong serong)
  • 5 buah jeruk limau
  • 1.500 ml air

Cara Membuat Sop Iga Sapi Bakar yang Paling Enak, Spesial Namun Sederhana

Cara Membuat Iga Bakar:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melumuri daging dan tulang iga dengan menggunakan air jeruk lemon, daun salam, saun jeruk, lengkuas dan bumbu halus.
  2. Kemudian tambahkan kecap asin dan aduk-aduk merata sambil diremas-remas agar daging terlumuri dengan bumbu. Kemudian diamkan selama 30 menit.
  3. Selanjutnya, presto iga bersama dengan campuran bumbu, daun bawang dan seledri hingga benar-benar menjadi empuk selama 40 menit kemudian ukur kaldu hingga kurang lebih sebanyak 750 ml.
  4. Kemudian bakar iga sambil diolesi dengan 1 sendok makan margarin yang telah dilelehkan hingga harum dan kecoklatan.

Cara Membuat Sup:

  1. Sekarang kita akan buat supnya. Rebus air, kaldu iga dan daging hingga empuk. Masukkan iga yang telah dibakar bersama dengan sayura dan masak hingga sayuran matang.
  2. Masukkan garam, gula dan merica hitam dan bawang putih goreng serta daun bawang dan masak hingga mendidih.

Angkat dan kemudian sajikan berikan perasan jeruk limau sewaktu menghidangkan untuk menambah rasa.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi yang Paling Enak dan Sederhana

Hidangan lezat yang dibuat dari bahan dasar daging sapi yang tersaji menjadi sebuah hidangan lezat dengan kombinasi kuah gurih yang nikmat dan sayur mayur yang kaya akan serat, itulah sop iga sapi. Ya, memang rasanya hidangan kuliner dari daging sapi seringkali menjadi sebuah sajian istimewa dengan rasa yang lezat dan begitu nikmat.

Selain itu, hidangan dari daging adalah salah satu sajian istimewa yang bergizi, kandungan protein dan zat besi yang ada pada daging adalah sumber energi yang baik untuk tubuh kita. Dimana jika kebutuhan gizi dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik, maka tubuh akan terlihat lebih bugar dan terasa lebih segar sehingga aktiftas sehari-hari dalam hidup bisa berlangsung dengan tanpa keluhan dan kendala. Apalagi jika protein yang terkandung dalam daging sapi dikolaborasikan bersama dengan sayur mayur yang tinggi akan serat. Tentu saja hidangan ini akan menghasilkan sajian lezat yang kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh.

Selain itu, sajian sedap sop iga sapi memang cocok dan nikmat dihidangkan kapan saja dan dimana saja. Tak perlu menunggu pagi hari untuk menyantapnya dan tak usah menunggu saat cuaca dingin, dihidangkan siang hari atau ketika cuaca sedang terik, hidangan ini selalu menjadi menu makanan yang lezat dan beraroma begitu khas. Salah satu hidangan paling pas untuk menikmati sop iga sapi adalah dengan bertemankan nasi hangat atau ketupat dan dinikmati bersama dengn emping melinjo atau kerupuk yang kriuk. Dijamin hidangan ini akan terasa begitu nikmat dan lzat. Siap-siap saja dengan sensasi nikmat yang akan dirasa serta berkolaborasi dengan nikmatnya kuah gurih yang akan senantiasa membuat lidah anda dimanjakan.
Nah, jika biasanya untuk bisa mencicipi dan menikmati sop iga sapi ini anda seringkali membelinya di rumah makan, restoran atau pedagang kaki lima. Kini anda akan bisa membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

sop iga sapi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi yang Paling Enak dan Sederhana

4.9 89

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Iga Sapi yang Paling Enak dan Sederhana

Bahan yang Diperlukan:

  • 2 buah kentang (potong dadu)
  • 3 buah tomat (iris)
  • 1 batang daun bawang (iris)
  • 2 buah wortel (potong bulat)
  • 1 batang seledri (iris)
  • 1/2 bawang bombay (potong kotak)
  • 1 kg tulang iga sapi
  • 2 l air

Bumbu-Bumbu yang Dibutuhkan:

  • Penyedap rasa sapi instant
  • 6 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 3 buah cengkeh
  • 1/2 butir pala (parut)
  • 5 cm kayu manis
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 3 siung bawang putih (cincang)

Cara Membuat Sop Iga Sapi yang Paling Enak dan Sederhana

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan memasukkan tulang iga sapi ke dalam panci bertekanan (presto) bersamaan dengan memasukan sayuran dan bumbu kedalamnya.
  2. Setelah dimasukan kesemuanya. Masak dan rebus selama kurang lebih 35 menit atau hingga si daging dan tulang menjadi lebih empuk
  3. Buka tutup panci setelah selesai memasak dan aduk-aduk hingga merata.
  4. Cicipi bumbu yang dimasukkan, jika anda masih merasa kurang salah satu bumbu, jangan sungkan untuk menambahkan bumbu lain atau menguranginya sesuai dengan selera.

Cara Menyajikan:

  1. Setelah selesai diaduk-aduk dan bumbu sudah terasa pas. Matikan kompor kemudian angkat.
  2. Siapkan mangkuk saji dan hidangkan sop iga sapi buatan anda.

Sajikan nikmatnya sop iga sapi ditengah-tengah keluarga dengan penuh cinta.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep Sajian Sedap Sop Buntut Sapi Goreng Spesial yang Enak (Fried Oxtail Soup Recipe)

Sajian masakan dan kuliner di nusantara memang begitu beragam.

Saking banyaknya ragam yang ada, rasanya hampir sulit jika menghitung satu persatu daftar makanan dan kuliner apa saja yang ada di tanah air ini. Dan uniknya, dari sekian banyak hidangan yang ada di nusantara masing-masing hidangannya memiliki rasa dan aroma tersendiri yang begitu khas. Namun satu yang pasti jika semua hidangan tersebut tentunya bercita rasa yang lezat dan nikmat.

Nah, kira-kira ketika ditanya olahan makanan nusantara yang memiliki cita rasa yang paling lezat dan nikmat apa sih jawabannya? Sedikit sulit sepertinya untuk menjawab pertanyaan ini ya? Pasalnya, semua masakan yang hadir di nusantara masing-masingnya memiliki rasa yang khas dan bercita rasa yang sulit jika dibandingkan dengan makanan lain.

Namun bagaimana dengan kuliner dari daging? Setujukah anda jika kuliner yang satu ini sulit untuk ditolak? Ya, rasanya yang lezat dan aromanya yang begitu khas serta rasa gurih dan nikmat yang begitu menggoda memang sulit membuat kita menolak hidangan yang satu ini.

Memang ada banyak macam variasi hidangan berbahan dasar daging di tanah air ini. Namun yang paling nikmat dari daging adalah olahan daging sapi, terutama dibagian buntutnya. Bagian buntut sapi yang memiliki tingkat kekenyalan yang begitu elastis dan rasa gurih yang begitu menggoda membuat hidangan ini tersaji begitu istimewa. Belum lagi jika hidangan ini dikombinasikan dengan sayuran dan rempah bumbu yang begitu kaya. Sudah pasti rasa lapar kita akan tiba-tiba memuncak dan membuat kita tak sabar ingin segera menyantap hidangan lezat dari olahan buntut sapi.

Ada beberapa ragam dan macam olahan buntut sapi salah satunya adalah sop buntut. Sop buntut sapi memang terasa begitu menggoda dengan kenikmatannya apalagi jika buntutnya digoreng terbelih dahulu. Nah, berikut ini ada resep sop buntut goreng yang bisa anda sajikan dirumah.

sop buntut goreng

Nama Resep

Resep Sajian Sedap Sop Buntut Sapi Goreng Spesial yang Enak (Fried Oxtail Soup Recipe)

4.7 38

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Sedap Sop Buntut Sapi Goreng Spesial yang Enak (Fried Oxtail Soup Recipe):

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 6 daging buntut sapi
  • 1 buah tomat (potong dadu)
  • 1 daun bawang (iris halus)
  • 1 buah wortel (potong bulat)
  • 1/2 biji pala (parut)

Bahan Bumbu Kuah:

  • 1 kayu manis
  • 3 butir cengkeh
  • 1 bawang bombay
  • 2 bawang merah (cincang)
  • 3 bawang putih (cincang)
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt merica

Bahan Bumbu Goreng:

  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya

Cara Membuat Sajian Sedap Sop Buntut Sapi Goreng Spesial yang Enak (Fried Oxtail Soup Recipe)

Cara Mengolah:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan merebus daging buntut sapi dalam panci yang telah diberikan air dan jahe yang dimemarkan hingga menjadi empuk.
  2. Kemudian dalam wajan masukan minyak dan tumis bawang hingga harum dan aromanya tercium.
  3. Setelah rebusan daging buntut empuk, masukan tumisan bawang kedalam rebusan dan tambahkan kayu manis, cengkeh dan merica dan kemduan masak kembali hingga daging menjadi empuk.
  4. Setelah daging empuk angkat dan tiriskan. Kemudian masukkan tomat dan daun bawang serta tomat aduk sebentar dan cicipi rasanya kemduian tambahkan bumbu dan sesuaikan dengan selera.

Cara Membuat Buntu Goreng:

  1. Sebelum digoreng lumuri terlebih dahulu daging buntut dengan kecap manis beserta dengan saus tiram dan aduk hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap.
  2. Kemudian goreng dan masak buntut dengan dalam wajan tambahkan air kaldu dan angkat.

Terakhir hidangkan dengan kuah terpisah dalam mangkuk lain.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep Sajian Sedap Bumbu Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

Hidangan menu makanan yang diolah dari bahan dasar daging memang selalu lezat dan senantiasa menghasilkan sajian menu makanan yang begitu istimewa.

Jika diperhatikan, rasanya tidak ada sajian makanan berbahan dasar daging yang memiliki cita rasa yang mengecewakan. Justru sebaliknya, hidangan-hidangan tersebut seringkali menjadi hidangan istimewa yang banyak disukai dan diburu banyak orang.

Sebenarnya, ada begitu banyak hidangan makanan yang berbahan dasar daging yang memiliki cita rasa yang begitu khas. Diantaranya yang paling terkenal adalah rendang daging. Siapa yang tidak kenal dengan hidangan rendang daging, kuliner nusantara yang telah mendunia ini memang cukup fenomenal, selain rasanya yang lezat dan begitu khas Indonesia, rahasia yang paling jelas dari hidangan ini adalah penggunaan rempah dan bumbu yang begitu kaya serta pengolahannya yang cukup memakan waktu untuk bisa menghasilkan rendang daging original khas Indonesia dengan rasa yang begitu asli.

Namun demikian, ukan berarti hidangan rendang menjadi hidangan satu-satunya yang berbahan dasar daging dan disukai banyak orang. Ada juga hidangan lain yang memiliki cita rasa lezat yang tak kalah dengan hidangan rending daging. Salah satunya adalah hidangan sop buntut. Anda mungkin tidak asing dengan hidangan yang satu ini atau mungkin anda sebenarnya adalah penggemar berat hidangan yang satu ini.

Nah, yang unik dari hidangan sop buntut adalah ragamnya yakni ada sop buntut bakar dan sop buntut goring, yang maka keduanya memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat. Dan kali ini, bagi anda para penggemar sop buntut bakar yang lezat dan istimewa anda bisa membuatnya dirumah dengan resep yang akan kami jelaskan kali ini. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

sop buntut bakar

Nama Resep

Resep Sajian Sedap Bumbu Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

4.8 54

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 1000 gr buntut sapi (potong-potong)
  • 2 buah wortel (potong-potong 1 cm)
  • 2 batang seledri segar (iris tipis)
  • 2 sdm mentega
  • 3 buah kentang, kupas kulit, potong dadu
  • 1 sdt garam
  • 2 batang daun bawang (iris kasar)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 butir pala, memarkan
  • 1 1/2 liter air matang
  • 5 butir cengkeh

Rempah dan Bumbu :

  • 5 butir cengkeh
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 butir pala, memarkan
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Bakar Spesial, Istimewa dan Paling Enak Sekali

Cara Mengolah Buntut Sapi:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan rebus terlebih dahulu air dalam panci dan masukkan buntu sapi kedalamnya rebus dengan menggunakan api besar hingga mendidih dan keluar buih. Setelah itu buang terlebih dahulu air buihannya.
  2. Ambil panci lain dan masukan buntut kedalamnya dan berikan dengan air kaldu kira-kira secukupnya. Kemudian masukan bumbu dan rempah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dan rebus buntu dengan api kecil hingga mendidih dan menjadi lebih empuk
  3. Selanjutnya masukan sayuran yakni kentang dan wortel kemudian masak hingg matang dan tambahkan daun bawang serta seledri didihkan sementara kemduian angkat dan matikan kompor.

Cara Membuat Buntut Bakar:

  1. Tiriskan buntut sapi dalam wadah, olesi dengan sedikit mentega.
  2. Panggang sebentar diatas wajan tebal atau panggangan hingga buntut sapi menjadi lebih kecoklatan.
  3. Angkat dan sajikan bersama dengan kuah selagi masih hangat.

Hidangkan bersama dengan bawang goreng dan sajikan selagi masih hangat. Santap bersama dengan nasi hangat dan kerupuk akan terasa lebih lezat.

Bagikan resep ini dan jangan lupa berikan komentar anda.

Resep (Recipe) dan Cara Membuat Masakan Sop Buntut Sapi Special, Istimewa yang Enak

Hidangan dari daging memang senantiasa memiliki cita rasa yang begitu lezat dan gurih.

Rasanya hampir semua bagian daging memiliki cita rasa yang nikmat sewaktu disajikan sebagai menu makanan istimewa yang begitu lezat. Mulai dari kepala hingga kebagian kaki semuanya bisa diolah menjadi sajian makanan yang jika pengolahannya benar maka akan tercipta makanan yang lezat dan nikmat.

Sajian dari daging lain yang memiliki rasa dan aroma yang begitu khas adalah sajian sop. Hidangan yang khas dengan penggunaan sayuran dan kuah gurih dari daging ini memang begitu istimewa. Sebenarnya ada begitu banyak ragam sup yang hadir dalam daftar menu resep sajian nusantara ini. Bahkan rasanya hampir setiap daerah di nusantara memiliki hidangan sup tersendiri dengan rasa yang lezat.

Nah, salah satu hidangan sup yang cukup terkenal adalah hidangan sup buntut sapi. Mengapa bagian buntut sapi menjadi begitu populer dan banyak dipilih sebagai bahan untuk dijadikan sup? Hal ini dikarenakan tekstur kulit pada bagian buntut memiliki tingkat kekenyalan yang lebih elastis dan terasa begitu nikmat selain itu kandungan lemak pada buntut sapi membuatnya semakin istimewa dan nikmat. Rasa gurih yang dihasilkan dari buntut sapi memang tiada tandingannya.

Hidangan ini lezat disantap kapanpun dan dimanapun. Baik siang hari, sore hari, pagi hari maupun malam hari, rasanya tak pernah ada batasa waktu untuk bisa menyantap lezatnya sajian sop buntut. Apalagi jika hidangan ini dinikmati sewaktu cuaca dingin dengan hujan yang tidak reda-reda. Hidangan sop buntut akan dapat menghangatkan tubuh dan membuat selera makana anda semakin tergugah. Nah, berikut ini ada resep bagaimana membuat sop buntut. Yuk kita simak.

sop buntut

Nama Resep

Resep (Recipe) dan Cara Membuat Masakan Sop Buntut Sapi Special, Istimewa yang Enak

4.9 90

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Sop Buntut Sapi Special, Istimewa yang Enak

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • 1 kilogram buntut sapi (potong sesuai keinginan)
  • 2 liter air
  • 3 buah kentang, potong kecil/dadu
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 4 buah wortel, kupas, potong 1/2 cm

Bumbu sop buntut:

  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 6 siung bawang putih, memarkan
  • 1 butir pala, memarkan
  • gula, secukupnya
  • 5 buah cengkeh
  • garam, secukupnya
  • 1 buah tomat merah, potong-potong (kasar)
  • 2 cm kayu manis
  • Bumbu kaldu instant (rasa sapi)

Bahan Pelengkap :

  • Bawang goreng
  • 1 batang daun seledri, iris tipis
  • Sambal
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • Kerupuk
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Masakan Sop Buntut Sapi Special, Istimewa yang Enak

Cara Mengolah Buntut Sapi:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mencuci bersih buntu sapi dalam air yang mengalir kemudian pastikan anda mencucinya hingga bersih.
  2. Setelah selesai, rebus air selama 10-15 menit dan masukkan buntut sapi, buang air rebusannya.

Cara Membuat Sop Buntut:

  1. Kemudian siapkan panci mauskan air hingga mendidih dan kembali masukkan buntut, masukkan kayu manis serta cengkeh.
  2. Masak air hingga menyusut kurang lebih hingga ukuran 1.5 liter. Kemudian matikan kompor.
  3. Selagi menunggu dingin, ulek merica, pala, bawang putih dan garam kemudian tumis hingga menjadi harum.
  4. Didihkan kembali buntut sapi, muuskan bumbu tumis kedalamnya aduk hingga rata dan masukan sayurannya hingga matang dan empuk.

Angkat dan sajikan masukkan pula bahan pelengkapnya dan sajikan dengan istimewa.

Berikut ini ada gambaran bagaimana memasak dan membuat sop buntut yang lezat dan nikmat. Video ini hanya sekedar gambaran bagaimana membuat sop buntut

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep Masakan Sop Tulang Kaki Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak dan Lezat

Siapa yang tidak kenal dengan sajian sup yang lezat dan begitu nikmat?

Rasanya hampir semua orang pernah mencicipi hidangan yang satu ini. Betapa tidak hidangan sup merupakan salah satu masakan yang penyajiannya nikmat kapanpn dan dimanapun, tak perlu menunggu momen tertentu untuk merasakan kelezatan dan kenikmatan dari hidangan sup. Disantap kapan saja dan dimana saja, hidangan ini memang memiliki cita rasa yang begitu lezat dan begitu khas. Baik siang, sore, malam ataupun pagi hidangan sup tidak pernah mengecewakan. Rasa yang begitu hangat namun menyegarkan tubuh membuat hidangan ini tersaji dengan begitu istimewa.

Kombinasi rempah bumbu yang begitu kaya bersama dengan sayuran yang beraneka ragam dan tambahan daging didalamnya mampu menghasilkan kuah gurih yang memiliki cita rasa yang begitu berselera. Apalagi tambahan bahan pelengkap seperti bawang goreng, daun bawang dan tomat semakin menyegarkan dan menyemarakan momen menyatan sup ini.

Hanya saja, jika kita kurang pintar mengolah kaki sapi, bisa jadi sop kaki yang dihasilkan menjadi kurang nikmat dan malah menimbulkan bau amis yang tidak sedap pada hidangan sop yang kita buat. Untuk itulah, jika ingin mengolah hidangan ini anda dituntut untuk bisa sedemikian pintar mengolah kaki sapinya terlebih dahulu. Salah satu tips mengolah kaki sapi agar menghasilkan hidangan yang lezat pada masakan adalah dengan memilih kaki sapi yang masih segar dan membersihkannya dengan seksama. Pastikan kaki sapi dibersihkan dengan benar dan bulu-bulunya dihilangkan. Kemudian rebus kaki sapi hingga matang setelah itu baru bisa disajikan menjadi hidangan dan disertakan menjadi bahan makanan untuk disandingkan dengan sup.

Nah, agar tak lagi penasaran seperti apa mengolah sup tulang kaki sapi, berikut ini ada resep masakan yang bisa anda simak.

sop kaki sapi

Nama Resep

Resep Masakan Sop Tulang Kaki Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak dan Lezat
4.6 67

 

Waktu Memasak

Persiapan : 45 menit
Memasak : 120 menit
Total : 165 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Tulang Kaki Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak dan Lezat

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 2 kg Kaki sapi segar
  • 3 batang Daun bawang (bagian batang saja)
  • 4 batang Daun seledri
  • 1/2 sdm cuka
  • 1 sdm gula putih
  • 1 tomat segar
  • Kaldu instant secukupnya
  • 3 ltr air
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 butir Bawang merah
  • 1 sdm Merica butiran
  • 4 siung Bawang putih

Cara Membuat Sop Tulang Kaki Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Tulang Kaki Sapi:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu bersihkan dan potong-potong kaki sapi menjadi beberapa bagian yang diinginkan dengan ukuran sesuai dengan selera.
  2. Pastikan kaki sapi dicuci pada air yang mengalir dan jika masih terdapat bulu-bulu pada kaki pastikan diberihkan dengan benar.
  3. Selanjutnya masukkan dalam panci dan rebus selama kurang lebih 2 jam.

Cara Membuat Sop:

  1. Masukan minyak dalam wajan dan pasakan kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum dari tumisan.
  2. Didihkan kembali rebusan kaki sapi dan apabila takaran air dalam panci sudah pas, masukkan tumisan bumbu tadi dalam rebusan. Aduk-aduk hingga merata.
  3. Masukkan daun bawang, seledri dan tomat kemudian tambahkan cuka dan gula putih serta garam dan kaldu aduk hingga merata dan matang.
  4. Angkat dan sajikan.

Hidangkan lezatnya sop tulang kaki sapi yang lezat dan istimewa ditengah-tengah keluarga anda.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep Memasak Bumbu Sayur Sop/Sup Daging Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak

Menyajikan hidangan makanan dirumah seringkali membuat para ibu kebingungan setelah kehabisan menu karena sajian menu makanan yang itu-itu saja.

Dan seringkali sang suami dan buah hati meminta hidangan yang berbeda dimana hal inilah yang seringkali membuat ibu pusing dan frustasi mencari hidangan baru yang lezat dan nikmat yang bisa membuat selera makan keluarga menjadi tergugah.

Sebenarnya, ada begitu banyak resep makanan yang tersaji dan begitu beragam yang mana ibu bisa bebas memilih makanan mana yang ingin ibu sajikan. Hanya saja, bagi para ibu yang pemula dan masih belajar memasak, mungkin ibu akan kesulitan membuat hidangan masakan karena mungkin ibu belum terbiasa atau belum terlalu mahir mengolah makanan.

Nah, kali ini salah satu hidangan makanan yang bisa ibu buat untuk memperkaya koleksi resep dirumah adalah hidangan sop daging sapi kuah bening. Hidangan lezat yang begitu nikmat dengan kombinasi sayuran dan kuah gurih yang lezat tentu saja akan membuat selera makan keluarga menjadi semakin tergugah. Selain itu kandungan sayuran dan protein dari daging sapi tentu saja baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian keluarga dimana kandungan serat dan protein baik untuk kesehatan dan bagi pertumbuhan anak-anak.

Selain itu, resep membuat hidangan sop daging sapi kuah bening terbilang cukup mudah dan bahan-bahan yang dipergunakannya pun cukup mudah ditemui sehingga bagi ibu yang ingin mencoba mengolahnya sendiri dirumah tentu tidak akan menjadi masalah sebab ibu bisa membuatnya kapanpun ibu mau. Nah, agar ibu tak lagi penasaran seperti apa resepnya dan bagaimana mengolahnya, yuk kita simak resep dan cara memuat hidangan nikmat dan sajian sedap sop daging sapi kuah bening berikut ini.

sop daging bening

Nama Resep

Resep Memasak Bumbu Sayur Sop/Sup Daging Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak

4.6 98

Waktu Memasak

Persiapan : menit
Memasak : menit
Total : Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sayur Sop/Sup Daging Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak

Bahan Utama yang Diperlukan:

  • 500 gram Daging Sapi (potong dadu)
  • 3 siung Bawang Putih (haluskan)
  • 2 sendok makan Minyak goreng
  • 2 buah Wortel (potong-potong)
  • 1 cangkir Brokoli
  • 1 cangkir Kembang kol
  • 2 sendok teh Kaldu sapi bubuk
  • Garam dan Merica secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • 2 buah Tomat (potong-potong)
  • Bawang goreng secukupnya
  • 2 batang Seledri (potong-potong)

Cara Membuat Sayur Sop/Sup Daging Sapi Kuah Bening Spesial yang Enak

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama terlebih dahulu anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak goreng pada panci, tunggu hingga panas dan tuangkan bawang putih halus kemudian tumis bawang putih hingga tercium aroma harum.
  2. Setelah bawang yang ditumis harum, tuangkan rebusan air untuk merebus daging dan masukkan daging kemudian rebus hingga menjadi empuk.
  3. Selanjutnya, tuangkan potongan sayuran yakni wortel, brokoli dan kembang kol biarkan hingga terebus dan tekstur sayuran menjadi lebih empuk dan matang.
  4. Setelah matang sayuran beserta daging yang direbus maukan merica garam dan bumbui hingga bumbu menjadi lebih pas.

Cara Menyajikan:

  1. Setelah matang, siapkan mangkuk saji masukkan bahan pelengkap dan siram dengan kuah sayur sop masukkan pula sayuran beserta dagingnya.
  2. Taburi bawang goreng dan seledri, kemudian sajikan.

Hidangkan lezat dan nikmatnya sajian istimewa dagi daging sapi yakni sop daging sapi kuah bening yang lezat dan nikmat. Anda bisa menikmati hidangan ini bertemankan dengan nasi hangat dan ditambah dengan bahan pelengkap lain seperti emping melinjo atau kerupuk yang lezat.

Nah, berikut ini ada video membuat sop iga sapi sederhana sebagai gambaran membuat sop daging sapi kuah bening.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat agar mereka bisa menyajikan lezat dan nikmatnya sop daging sapi kuah bening ini. Dan tak lupa pula berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan sumber daya alamnya, baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui, baik itu dari jenis flora maupun fauna.

Selain kaya akan sumber daya alamnya yang begitu melimpah, Indonesia juga dikenal dengan negara yang kaya akan ragam kuliner yang begitu bervariasi yang tentunya masing-masing kuliner yang disuguhkan memiliki cita rasa yang khas dan begitu lezat bahkan sampai terkenal ke mancanegara.
Tumbuhan rempah yang hidup di Indonesia begitu berlimpah, hal inilah yang tentunya menjadi salah satu faktor mengapa hidangan nusantara dikenal dengan hidangan lezat yang kaya akan bumbu dan rempah yang begitu banyak. Bumbu rempah ini tentu saja bisa diaplikasikan pada banyak bahan makanan, seperti pada telur, ayam, daging, sayuran dan masih banyak lagi.

Beberapa hidangan nusantara menawarkan rasa alami Indonesia yang dipadu dan disesuaikan dengan lidah dan selera masyarakat Indonesia, sehingga tidak heran jika masyarakat Indonesia akan jatuh cinta dengan hidangan nusantaranya.

Nah, salah satu hidangan nusantara yang paling banyak dicari dan selalu menjadi hidangan istimewa dibeberapa momen adalah hidangan makanan yang dibuat dari bahan daging. Hidangan makanan dari bahan ini senantiasa menjadi hidangan utama yang selalu diburu dan banyak dicari. Betapa tidak, rasa gurih yang lezat dari daging yang berkolaborasi dnegan nikmatnya bumbu dan rempah membuat hidangan ini tentu saja tersaji dengan begitu istimewa dan lezat. Andapun mungkin sudah tidak asing dengan beberapa masakan nusantra yang dibuat dari bahan dasar daging dan tentunya anda setuju jika hampir semua olahan daging yang dibuat menjadi hidangan makanan memiliki cita rasa yang begitu lezat serta nikmat bukan?

Salah satu hidangan lezat khas Indonesia adalah hidangan empal daging lezat dengan cita rasa manis yang begitu nikmat. Dan kali ini kabar baiknya adalah kali ini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

resep empal daging sapi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

 

4.9 76

 

Waktu Memasak

Persiapan: 25 menit

Memasak: 35 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

Bahan Utama Untuk Membuat Empal Daging Manis:

  • 10 ons daging sapi
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 2 cm lengkuas (memarkan)
  • 1/2 liter air
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus Untuk Empal:

  • 100 gr gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 buah kemiri (disangrai)
  • 10 butir bawang merah
  • 100 ml air
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar halus

Cara Membuat Empal Daging Sapi Empuk yang Manis dan Lezat

Cara Membuat EMpal Daging Manis:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan daging sapi hingga daging benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih, kemudian rebus daging bersama dengan garam, daun salam dan lengkuas hingga benar-benar matang dan empuk. Setelah empuk kemudian angkat.
  3. Selanjutnya, potong-potong daging sesuai dengan arah serat atau sesuai dengan selera anda.
  4. Lumuri daging dengan bumbu yang telah dihaluskan dan diamkan sementara hingga bumbu meresap pada daging.

Cara Menggoreng Empal dan Menyajikannya:

  1. Siapkan wajan dan goreng empal hingga berwarna kecoklatan dan daging menjadi benar-benar matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Sajikan empal daging manis selagi hangat dan berikan taburan bawang goreng dibagian atasnya untuk menambah selera.

Demikian resep membuat empal daging sapi manis yang lezat, selamat mencoba dan selamat menikmati.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Resep hidangan lezat yang asli enak dan gurih memang seringkali menggoda untuk disantap.

Godaan dari aroma yang begitu semerbak serta penampilan lezat dari hidangan yang menggoda memang seringkali membuat rasa lapar tergugah dengan tiba-tiba dan membuat lidah seperti tak henti meneteskan air liurnya.

Ada begitu banyak hidangan lezat di nusantara yang mana beberapa diantaranya mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Hidangan yang nikmat dengan bumbu serta komposisi rempah yang begitu kaya adalah salah satu ciri khas makanan Indonesia. Sehingga tak heran jika cita rasa dari masakan Indonesia seringkali tersaji begitu istimewa.

Olahan dari daging sendiri memang memiliki ragam yang cukup luas. Namun kali ini kami akan bahas salah satu resep asli masakan Indonesia yang memiliki cita rasa khas yang begitu lezat serta begitu nikmat.

Adalah hidangan empal daging yang memiliki cita rasa gurih lezat dan bumbu yang begitu asli Indonesia. Terdapat banyak jenis hidangan empal daging salahsatunya adalah Empal gentong yang merupakan makanan khas yang berasal dari kota Cirebon, Jawa Barat. Hidangan ini cukup mirip dengan gule yang dimasak dengan cara yang tradisional yakni diatas kayu bakar dan dibuat didalam gentong yang terbuat dari tanah liat. Jika dilihat hidangan ini memang merupakan hidangan kuno. Namun demikian, urusan rasa tentu saja tak boleh diragukan. Meskipun dimasak diatas kayu bakar dan dimasak menggunakan gentong, rasa dari hidangan empal gentong terasa begitu lezat dan nikmat. Seperti apa sih resepnya? Kita simak berikut ini.

Resep empal gentong

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih
4.7 56

 

Waktu Memasak

Persiapan: 20 menit

Memasak: 40 menit

Total: 60 menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Bahan Utama Empal Gentong:

  • 1/2 kg daging sandung lamur
  • 300 gr paru sapi
  • 300 gr babat sapi
  • 3 sdm minyak goreng
  • 3 lbr daun jeruk
  • 6 biji cengkih
  • 3 cm kayu manis
  • 2 biji kapulaga
  • 2 cm lengkuas
  • 2 ltr air
  • 2 cm jahe
  • 2 lbr daun salam
  • 2 batang serai
  • 1/2 butir kelapa setengah tua

Bumbu Untuk Empal Gentong:

  • 1 sdm ketumbar (disangrai)
  • 1 sdt merica butir
  • 2 sdt garam
  • 6 butir kemiri (disangrai)
  • 4 cm kunyit
  • 12 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Bahan Pelengkap Untuk Empal Gentong:

  • Kerupuk kulit
  • Kucai (diiris)
  • Bawang goreng
  • Cabai giling
  • Daun bawang (diiris)

Cara Membuat Empal Gentong Daging Sapi Asli yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Empal Gentong:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memarut kelapa hingga kesemuanya diparut. Kemudian sangrai kelapa hingga berwarna kecoklatan dan angkat.
  2. Selanjutnya rebus daging sandung lamur dengan memasukan kayu manis, cengkih, daun salam, daun jeruk, jahe, kapulaga, serai dan lengkuas. Kemudian rebus daging hingga lunak, angkat kemudian potong-potong daging seukuran kecil atau sesuai selera.
  3. Rebus babat dan paru secara tepisah hingga empuk, angkat, tiriskan dan potong-potong sesuai dengan selera. Setelah selesai masukkan dalam kaldu daging sapi.
  4. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu balus, seperti bawang putih, kemiri, kunyit, bawang merah, ketumbar, garam dan merica butiran hingga harum. Lalu masukkan dalam kaldu daging.
  5. Masukkan potongdan daging bersama dengan jeroan dan kepala sangrai dalam kaldu dan didihkan sambil diaduk merata kemudian angkat.

Cara Menyajikan Empal Gentong:

  1. Setelah diangkat, ambil mangkuk saji atau piring saji, tuangkan empla kedalam piring saji.
  2. Kemudian masukan bahan pelengkap dan taburi juga dengan bawang goreng.

Demikian cara membuat empal daging sapi asli enak dan gurih. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.

Bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

Sajian sedap yang begitu nikmat yang hadir sebagai menu makanan tentu saja akan tersaji begitu menggoda.

Apalagi jika dihidangkan sewaktu perut terasa lapar, sudah pasti menu makanan yang disajikan di meja makan akan habis disantap tanpa menyisakan sedikitpun. Hidangan kuliner yang ada di nusantara memang memiliki ragam yang cukup banyak dan mungkin beberapa diantaranya belum sempat anda cicipi karena jumlah hidangannya yang terlalu banyak.

Nah, dari sekian banyak hidangan nusantara yang begitu populer, setujukah anda jika hidangan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging sapi seringkali menjadi hidangan lezat yang begitu istimewa? Ya, memang benar hidangan makanan yang dibuat dari bahan dasar daging sapi memang seringkali menjadi sajian nikmat yang begitu disukai. Rasanya yang lezat serta rasa gurih yang begitu khas dari daging sapi membuat hidangan yang diolah dapat menghasilkan hidangan lezat yang begitu nikmat.

Nah, salah satu hidangan lezat yang dibuat dari bahan dasar daging sapi adalah hidangan empal daging sapi dengan taburan serundeng nikmat yang kaya akan bumbu dan rempah. Sajian sedap ini dibuat dengan cara memasak daging sapi dengan rempah dan bumbu hingga meresap kemudian digoreng dan disajikan bersama dengan parutan kelapa yang disangrai dan dibumbui. Urusan rasa, tentu saja sajian ini tak lagi diragukan. Bumbu manis yang ada pada daging bercampur menjadi satu dengan rasa gurih hidangan daging membuat makanan ini tersaji dengan begitu istimewa.

Anda tentu tidak lagi asing dengan hidangan ini dan mungkin seringkali menemukan hidangan ini disajikan dirumah makan atau restoran favorit anda. Namun kali ini anda akan dapat menyajikan dan menghidangkannya ditengah-tengah keluarga anda. Dengan resep yang akan kami jelaskan kali ini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resepnya? Kita simak resep berikut ini.

resep empal daging serundeng

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat
4.6 56

 

Waktu Memasak

Persiapan : 20 menit
Memasak : 30 menit
Total :  50 Menit

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

Bahan Utama Membuat Empal Goreng Serundeng:

  • 350 gram daging gandik
  • 1 ltr air
  • 3 lembar daun jeruk, diremas-remas
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 1 sentok teh gula pasir
  • 1 lembar daun salam
  • 2cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok teh garam
  • 75 gram kelapa parut
  • 250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 sendok teh air asam jawa

Bumbu Halus Untuk Membuat Empal Goreng Serundeng:

  • 8 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat Empal Daging Serundeng Kelapa Presto yang Manis Lezat

Cara Membuat Empal Serundeng:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan merebus daging dalam air hingga menjadi tiga perempat matang.
  2. Selanjutnya angkat daging dan potong searah dengan serat daging. Kemudian memarkan dan ukur hingga kaldu menjadi sebanyak 500 ml dan sisihkan sementara.
  3. Setelah selesai, rebus kembali daging dan masukkan bumbu halus beserta dengan daun salam, gula, garam, merica, kaldu daging, serai dan santan hingga mendidih dan aduk-aduk.
  4. Tuangkan air asam jawa dan rebus hingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap, kemudian angkat.

Cara Menggoreng Empal Serundeng:

  1. Setelah diangkat, tiriskan kemudian goreng dalam minyak panas hingga menjadi kecoklatan.
  2. Kemudian aduk rata sisa bumbu dan kelapa parut kasar dan aduk-aduk diatas api kecil hingga kelapa mengering.

Kini anda bisa menuangkannya dalam mangkuk saji dan memberikan taburan serundeng diatas empal daging yang sudah anda buat. Demikialah resep daging empal goreng serundeng yang bisa anda coba di rumah.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep ini.

Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
Resep Rendang Daging Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis