Aneka Tips dan Trik Merawat Peralatan Dapur

TIPS ALAT DAPUR

Temukan solusi dari berbagai macam permasalahan yang menimpa alat masak anda di sini. Diharapkan tips dan trik yang kami sajikan ini bermanfaat dalam menjaga keawetan peralatan anda di dapur.

Cara Efektif Bersihkan Kulkas dari Bau yang Tidak Sedap

Cara-membersihkan-kulkas.jpg

Kulkas menjadi tempat menyimpan makanan yang sangat diandalkan dalam rumah tangga. Selain menjadikan makanan atau bahan makanan lebih segar, juga akan membuatnya lebih awet atau tidak mudah basi. Karena kulkas berhubungan dengan  makanan, maka dari itu kebersihannya harus benar-benar diperhatikan.

Tidak jarang kulkas mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Jika tidak segera dibersihkan bisa saja aroma yang tidak sedap tersebut mempengaruhi makanan atau bahan makanan lainnya yang disimpan di dalam kulkas.

Cara membersihkan kulkas itu sendiri pada dasarnya mudah dan sederhana. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar. Sehingga meskipun sudah dibersihkan tak jarang kulkas tetap kotor dan masih mengeluarkan aroma yang tidak enak.

Nah karena seperti itu, penting mengetahui cara baik dan benar membersihkan kulkas supaya anda bisa membersihkannya dengan tuntas sehingga akhirnya kulkas anda benar-benar bersih. Kali ini kami hadirkan cara efektif membersihkan kulkas dari bau yang tidak sedap.  Untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Tips Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Basi dan Tahan Lama )

Cara Efektif Bersihkan Kulkas dari Bau yang Tidak Sedap

Tidak bisa dipungkiri, kulkas memang selalu mengeluarkan aroma yang tidak sedap setelah lama tidak dibersihkan. Namun, yang menjadi masalahnya meskipun sudah dibersihkan bau tetap tidak mau hilang. Hal itu mungkin disebabkan karena cara membersihkan yang tidak benar. Untuk itu, agar anda bisa membersihkan kulkas dengan tuntas, simak cara bersihkan kulkas di bawah ini.

  1. Terkadang anda bingung kapan harus membersihkan kulkas, karena anda merasa tidak lama anda baru saja membersihkan kulkas. Untuk menentukan kapan waktu yang tepat membersihkan kulkas yaitu dengan melihat ketebalan bekuan es dari dalam freezer. Jika bekuan es sudah menumpuk atau bahkan lebih dari 1 cm, maka kulkas harus sudah kembali dibersihkan.
  2. Silahkan matikan freezer, kemudian keluarkan semua makanan yang ada di dalamnya. Area yang harus anda bersihkan yaitu nampan dan rak. Cuci satu persatu bagian sampai bersih dengan menggunakan larutan sabun yang ringan. Setelah selesai dicuci, anda bisa mengeringkannya. Pastikan semuanya benar-benar kering. Anda bisa menjemurnya sebentar.
  3. Sebelum anda membersihkan semua bekuan es yang terdapat dalam freezer, sebaiknya hindari menyimpan makanan di dalam freezer tersebut. Freezer tidak bisa ditempati oleh makanan setelah sekitar 30 menit didiamkan terlebih dahulu. Lap semua bagian yang terdapat dalam kulkas. Anda harus memastikan tidak ada genangan air dalam setiap bagian kulkas. Jika masih ada, anda bisa menglapnya kembali sampai benar-benar kering.
  4. Bersihkan debu yang terdapat pada grill bagian bawah kulkas sekitar 6 bulan sekali.
  5. Anda bisa mengontrol aroma kulkas dengan cara menaruh kotak baking soda di rak bagian belakang. Sebaiknya ganti kotak baking soda tersebut setiap 1 bulan sekali. Jika area freezer selalu mengeluarkan  aroma yang tidak sedap, anda bisa menyimpan kotak baking soda dalam freezer.
  6. Agar kulkas anda aromanya segar, anda bisa membersihkan area dalam kulkas dengan menggunakan spons yang sudah direndam dalam ekstrak vanili. ( Artikel lainnya : Tips Memasak Kangkung Agar Tidak Hitam, Tetap Hijau dan Segar )

Itulah cara  efektif membersihkan kulkas dari bau yang tidak sedap. Kini anda jangan lagi khawatir mengenai permasalahan bau yang ditimbulkan dari kulkas, karena anda bisa membasmi bau tersebut dengan cara-cara di atas.

Yuk berbagi tips ini bersama teman atau sahabat anda dengan klik ‘share’ yang sudah kami sediakan. Terimakasih.

Tips Agar Talenan Kayu Tetap Bersih dan Higenis

1.TALENAN KAYU

Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua.

Anda mungkin menganggap alat ini sederhana karena bentuknya sepeti papan, hanya terbuat dari platisk biasa atau kayu. Namun, meskipun sederhana alat ini berperan penting dalam kelancaran memasak.

Talenan perlu dilakukan perawatan agar tetap bersih dan higenis. Merawatnya tidak hanya dengan mencucinya saja, karena ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini.

  1. Sebelum anda menggunakan talenan kayu, maka disarankan untuk mengolesi talenan kayu tersebut dengan menggunakan minyak zaitun. Diamkan beberapa saat sampai minyak zaitun meresap. Baru setelah itu anda bisa langsung menggunakannya.
  2. Anda harus mengerti dan tahu bagaimana cara merawat talenan kayu yang biasa anda gunakan untuk memotong bahan makanan tertentu agar bersih dan higenis. Yang mana hal yang harus anda lakukan jangan merendm talenan kayu tersebut di dalam kayu atau memasukannya ke dalam mesin khusus untuk mencuci piring. Karena jika itu dilakuan akan merusak struktur dan bentuk dari talenan kayu tersebut.
  3. Cara mencuci talenan juga harus anda perhatikan. Pada saat talenan sudah digunakan, untuk membersihkannya anda harus membasuhnya dengan mengggunakan air hangat. Gosok talenan tersebut dengan menggunakan sabun pencuci piring. Jika sudah, anda bisa langsung mengeringkan talenan tersebut.
  4. Anda harus menyimpan talenan kayu pada tempat yang benar-benar kering. Jangan simpan talenan kayu pada tempat dengan suhu yang terlalu berlebihan, baik itu terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, anda juga harus menghindari menyimpan talenan kayu pada tempat yang berair atau lembab, karena akan membuat talenan menjadi cepat rusak
  5. Apabila tertinggal bahan makanan atau bumbu yang baru selesai anda potong, yang mana makanan atau bumbu tersebut meninggalkan bau, maka anda bisa menghilangkan baunya tersebut dengan menggunakan jeruk nipis dan garam dapur. Caranya sangat mudah sekali, potong jeruk nipis yang sudah anda siapkan. Potong jeruk nipis tersebut menjadi 4 bagian. Kemudian, oleskan jeruk nipis pada talenan yang sudah anda gunakan bersama dengan garam secukupnya. Biarkan talenan selama kurang lebih 2 menit. Jika sudah, bilas talenan dengan menggunakan air hangat. Ketika mengeringkan maka sebaiknya anda memposisikan telenan tersebut secara vertikal. Apabila talenan sudah kering, maka bau makanan yang masih tertinggal pada talenan pun akan hilang.
  6. Bentuk talenan kayu bisa saja berubah. Yang mana talenan kayu menjadi melengkung atau sebaliknya. Agar bentuk talenan kayu kembali seperti semula anda bisa meletakannya pada permukaan yang datar. Kemudian, tutupi talenan kayu tersebut dengan menggunakan handuk basah. Jika sudah, simpan benda berat di atas talenan yang sudah ditutupi tersebut. Tunggu kurang lebih 8 jam atau sampai bentuk talenan kembali seperti semula. Setelah itu, angkat handuk basah. Letakan kembali benda berat di atas talenan sampai talenan kering. Lalu, ambil minyak zaitun dan oleskan minyak zaitun pada talenan.
  7. Jika talenan digunakan untuk memotong daging, maka dengan segara anda harus membersihkannya agar bakteri atau kotoran yang menempel segara dihilangkan. Caranya yaitu, siapkan cuka secukupnya. Lalu campurkan cuka tersebut dengan air secukupnya. Kemudian, sikat talenan dengan menggunakan spons yang sudah dimasukan ke dalam larutan. Jika sudah, bilas talenan dan anda bisa langsung mengeringkannya.

Apabila talenan bersih, maka makanan yang anda sajikan pun akan higenis dan sehat. semoga bermanfaat.

Bagikan tips ini kepada orang di sekitar anda. Tambahkan koentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Parutan dari Sisa Bahan Makanan atau Rempah

TIPS MEMBERSIHKAN PARUTAN

Indonesia kaya akan kuliner khasnya, yang mana seperti kita ketahui sendiri kuliner atau masakan khas Indonesia memiliki cita rasa yang begitu khas dan lezat serta kaya akan bumbu di dalamnya, terutama bumbu rempah-rempahnya. Banyak sekali makanan asli Indonesia yang memanfaatkan rempah rempah sebagai bumbu utamanya. Beberapa bumbu rempah yang biasanya digunakan yaitu lengkuas, jahe dan kelapa. Agar mendapatkan cita rasa yang semakin istimewa, bumbu-bumbu tersebut biasanya  dihaluskan dengan menggunakan parutan.

Parutan itu sendiri merupakan alat tradisional yang dimanfaatkan untuk menghaluskan bumbu maupun bahan makanan tertentu, seperti keju, kentang dan lain sebagainya. Nah, setelah kita selesai memarut bumbu atau bahan makanan tersebut, biasanya tertinggal sisa-sisa yang menempel pada parutan. Sisa makanan atau bumbu tersebut cukup sulit untuk dihilangkan, bahkan ketika membersihkan parutan kita harus hati-hati agar tangan tidak terluka.

Agar tidak melukai tangan ketika membersihkan parutan, sebenarnya ada cara mudah dan efektif yang bisa dilakukan. Cara tersebut dilakukan dengan memanfaatkan bahan bahan tertentu. Nah, berikut ini kami sajikan cara membersihkan parutan dari sisa bahan makanan atau rempah.

Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Parutan dari Sisa Bahan Makanan atau Rempah

Gunakan Sikat Gigi

Membersihkan parutan memang gampang-gampang susah, jika kita tidak berhati-hati ketika membersihkannya maka tangan kita akan terluka. Nah,cara mudah membersihkan parutan dari sisa bumbu rempah atau bahan makanan tertentu yaitu dengan memanfaatkan sikat gigi. Sikat parutan yang masih menyisakan bahan makanan atau rempah yang sudah anda parut. Agar lebih mudah ketika membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi, maka anda harus merendam parutan tersebut selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, anda bisa langsung menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi.

Keringkan dan Masukan ke Dalam Oven

Selain membersihkan dengan menggunakan sikat gigi, anda juga bisa membersihkannya dengan cara mengeringkan di ruangan terbuka. Setelah sisa rempah dan makanan kering, anda bisa langsung memasukannya ke dalam oven dengan suhu 70 derajat. Panaskan parutan di dalam oven selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, anda bisa langsung mengusap parutan dengan menggunakan lap bersih. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air seperti biasa.

Gunakan Kentang Mentah

Kentang mentah diyakini mampu membersihkan parutan dari noda bekas makanan atau rempah. Cara membersihkan parutan dengan menggunakan kentang mentah ini cukup mudah, anda hanya harus memarut kentang mentah tersebut. Kentang mentah akan membuat noda terangkat dari parutan. Selanjutnya, cuci parutan tersebut dengan menggunakan air mengalir.

Nasi Kering

Nasi kering juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan parutan dari sisa bumbu rempah atau makanan lainnya. Setelah anda menggunakan parutan untuk menghaluskan bahan makanan tertentu atau rempah, janganlah langsung mencuci parutan tersebut. Sebelum anda mencuci parutan tersebut, parutkan terlebih dahulu nasi yang sudah dalam keadaan kering sampai halus atau seperti pasir. Parutkan nasi kering tersebut dengan merata pada parutan. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci parutan tersebut. Ketika mencucinya anda bisa memanfaatkan sikat atau sabut kelapa dengan menggunakan sabun.

Demikian beberapa cara mudah dan efektif membersihkan parutan dari sisa makanan atau bumbu rempah. Mudah dan bermanfaat bukan? Selamat mencoba.

Bagikan atau share tips ini kepada teman atau orang terdekat anda. Berikan juga komentar anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Tips Mudah Menajamkan Pisau dan Gunting yang Tumpul

TIPS MENAJAMKAN PISAU

Pisau dan gunting merupakan peralatan yang selalu ada di setiap rumah.

Pisau biasanya digunakan untuk memotong bahan atau bumbu masakan tertentu ketika memasak. Sedangkan gunting digunakan untuk memotong plastik, kertas dan lain sebagainya. Kedua peralatan ini sangat penting, untuk itu kehadirannya selalu dibutuhkan di setiap rumah.

Namun, jika cara pemakaiannya tidak tepat atau digunakan secara terus menerus tanpa adanya perawatan, pisau dan gunting akan menjadi tumpul atau tidak tajam seperti sebelumnya. Bahkan jika digunakan untuk memotong pun hasil yang didapatkan tidak akan maksimal, bahkan yang lebih parahnya akan melukai tangan kita.

Oleh karena itu, banyak orang yang justru mengabaikan pisau dan gunting yang sudah tidak tajam tersebut dan memutuskan untuk membeli yang baru.  Namun, tahukah anda? Pisau dan gunting yang tumpul ternyata bisa kembali tajam asalkan kita tahu seperti apa cara menajamkannya. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menajamkan kedua peralatan tersebut, namun cara-cara yang sudah ada justru hanya memberikan hasil yang sesaat. Karena setelah pisau atau gunting tersebut kembali digunakan, keduanya pun akan kembali tumpul dalam waktu cepat.

Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bukan? Untuk itu diperlukan cara yang lebih efektif lagi untuk menajamkan pisau dan gunting. Seperti apa cara efektif menumpulkan pisau dan gunting? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

Tips Menajamkan Pisau

Sebelum menajamkan pisau anda harus tahu peralatan apa saja yang harus disiapkan. Dimana bahan yang harus anda siapkan yaitu mug atau mangkuk keramik. Jika gelas mug atau mangkuk keramik sudah siap, anda bisa langsung membalikannya hingga bagian bawahnya terlihat. Setelah itu, asah pisau yang tumpul pada bagian bawah mug yang kasar. Anda bisa memegang ujung pisau, lalu gosok-gosokan pada bagian pantat mug hingga pisau kembali mengkilat dan tajam. Agar lebih mudah ketika menggosoknya, maka anda bisa membasahi pantat mug dengan menggunakan sedikit air hingga keramik menjadi lembab.

Selain menajamkan, anda juga bisa sekaligus menghilangkan karat yang menempel pada pisau. Caranya yaitu, basahi atau cuci pisau terlebih dahulu. Lalu asah pisau sampai karat yang menempel hilang. Ulangi langkah yang sama beberapa kali sembari membasahi pisau dan pantat mug keramik sampai karat benar-benar hilang dan pisau kembali tajam.

Tips Menajamkan Gunting

Mengasah gunting tidak semudah mengasah pisau. Apabila salah arah ketika mengasah gunting maka gunting tersebut bukannya menjadi tajam justru yang ada malah bertambah tumpul. Apabila gunting salah diasah, akibatnya akan menjadi sulit untuk digunakan kembali. Bahkan kemungkinan besar gunting tersebut tidak bisa digunakan dan berakhir di tempat sampah.

Sama halnya dengan menajamkan pisau, anda juga perlu menyiapkan alat. Alat yang harus anda siapkan yaitu botol yang terbuat dari kaca. Anda bisa memanfaatkan botol bekas minuman atau bekas kecap. Caranya yaitu, ambil gunting yang tumpul, lalu buka jepitannya dan gunting bagian leher botol kaca yang sudah anda siapkan tersebut. Lakukan langkah ini dengan cepat dan berkali-kali sampai gunting kembali tajam.

Setelah mengetahui tips ini, kini anda tidak usah membeli gunting atau pisau baru karena pisau dan gunting lama pun akan terlihat seperti baru.

Itulah cara menajamkan kembali pisau dan gunting. Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Tips Membersihkan Noda Bekas Teh dan Kopi Pada Gelas atau Cangkir dengan Efektif dan Cepat

CARA BERSIHKAN GELAS DARI NODA TEH

Tidak bisa dipungkiri lagi, teh dan kopi merupakan minuman yang memiliki banyak penggemar.

Namun, kerap kali ada sebagian orang yang merasa kesal karena gelas atau cangkir kesayangannya menjadi kotor karena noda yang ditinggalkan oleh kopi dan teh sulit dihilangkan, terlebih lagi jika gelas atau cangkir tersebut adalah cangkir kesayangan.

Karena penampilannya terganggu dan tidak menarik lagi, terkadang banyak orang justru membuang gelas dan cangkir yang ternoda tersebut, dan lebih memilih membeli yang baru. Namun, membeli gelas atau cangkir baru bukanlah solusi yang tepat. Pasalnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau membersihkan noda bekas teh dan kopi yang menempel tersebut.

Cara membersihkan noda bekas teh dan kopi cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Nah, berikut ini tips membersihkan noda bekas teh dan kopi yang bisa anda simak.

Tips Membersihkan Noda Bekas Teh dan Kopi Pada Gelas atau Cangkir dengan Efektif dan Cepat

Cuka dan garam

Cuka dan garam merupakan bahan pertama yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi atau membersihkan gelas dan cangkir yang kotor karena noda teh dan kopi. Cara memanfaatkan kedua bahan ini cukup mudah dan sederhana, dimana langkah yang harus anda lakukan yaitu, siapkan cuka dan garam secukupnya saja. Jika keduanya sudah siap, gosokan pada noda di cangkir, gelas atau wadah lainnya. Setelah itu, anda bisa langsung mencuci gelas dengan menggunakan cairan pencuci piring sampai benar-benar bersih. Jika sudah, anda bisa langsung membilasnya sampai bersih.

Baking soda

Baking soda memang dipercaya bisa membantu menghilangkan noda apapun pada peralatan, termasuk noda bekas kopi dan teh pada gelas, cangkir atau mug. Caranya yaitu, siapkan baking soda secukupnya saja. Lalu taburkan baking soda yang sudah anda siapkan tersebut pada gelas atau cangkir yang akan anda bersihkan. Lalu gosok-gosok dengan menggunakan spons. Baru setelah itu, cuci gelas atau cangkir dengan menggunakan cairan pencuci piring. Lalu bilas dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Lemon

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, lemon juga bermanfaat dan bisa membantu membersihkan gelas atau cangkir yang kotor karena noda teh atau noda keramik. Lemon bisa kita temukan dengan mudah di pasar tradisional dan bisa anda beli dengan harga yang cukup terjangkau. Cara memanfaatkan lemon untuk membersihkan gelas dan cangkir cukup mudah. Caranya yaitu, siapkan lemon secukupnya saja. Lalu tuangkan air panas ke dalam gelas, cangkir, mug atau alat lainnya yang kotor karena kopi dan teh. Setelah itu, masukan atau tuangkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Diamkan selama kurang lebih satu malam. Setelah itu, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun pencuci piring. Bilas sampai benar-benar bersih.

Nanas

Cara memanfaatkan nanas untuk menghilangkan noda teh dan kopi cukup mudah. Caranya yaitu, potong buah nanas yang sudah anda siapkan. Lalu ambil bagian tengah buah nanas. Gunakan bagian tersebut untuk menggosok-gosokannya pada bagian yang terdapat noda. Jika sudah, anda bisa langsung membersihkan kembali dengan menggunakan cairan pencuci piring, kemudian bilas dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Itulah tips membersihkan noda teh atau kopi pada cangkir dan gelas. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman-teman anda, berikan juga komentar anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Cara Efektif Bersihkan Galon Air Agar Terbebas dari Bakteri

CARA BERSIHKAN GALON

Saat ini hampir setiap rumah memiliki dispenser, karena diakui kehadiran dispenser memberikan banyak manfaat untuk keluarga di rumah.

Dispenser terbukti dapat memenuhi kebutuhan air dengan mudah dan praktis, baik air dingin maupun air panas. Sehingga ketika kita membutuhkan air panas kita tidak harus memasaknya terlebih dahulu.

Dispenser tentunya akan satu paket dengan galon. Yang mana galon tersebut memiliki fungsi untuk menampung air. Nah, untuk menjaga kebersihan air yang kita minum, tentunya kita harus menjaga kebersihan dispenser itu sendiri dengan rutin. Namun, seringkali kita lebih fokus untuk membersihkan dispensernya saja, sedangkan galonnya diabaikan. Padahal keduanya harus benar-benar diperhatikan guna mencegah adanya kotoran yang nantinya akan tercampur dengan air yang kita minum.

Galon air bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri atau kuman tertentu, yang mana kebersihannya biasanya sering diabaikan.

Salah satu penyebab mengapa kebersihan galon air sering diabaikan yaitu karena sulitnya ketika dibersihkan, terlebih lagi ketika membersihkan bagian dalamnya. Perlu cara khusus yang harus dilakukan dalam membersihkan galon air.

Namun, cara membersihkan galon untuk mencegah bersarangnya bakteri  nyatanya tidak diketahui oleh banyak orang. Sehingga ketika membersihkannya pun mereka hanya asal-asalan saja yang terpenting terlihat bersih. Tahukah anda, galon yang terlihat bersih belum tentu bebas dari bakteri. Untuk itulah, anda harus tahu seperti apa cara efektif membersihkan galon agar benar-benar terbebas dari bakteri.

Cara membersihkan galon ternyata cukup mudah dan sederhana, dengan memanfaatkan bahan-bahan tertentu anda sudah bisa menjaga kebersihan dan keawetan galon. Di bawah ini cara membersihkan galon agar terbebas dari bakteri beserta dengan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat-Alat yang Dibutuhkan

  • Cairan pencuci piring secukupnya
  • Sarung tangan karet
  • Cairan bleaching
  • Sikat khusus untuk membersihkan botol, akan lebih baik jika anda memilih sikat dengan tangkai yang panjang

Cara Membersihkan Galon

  1. Jika bahan-bahan seperti di atas sudah anda siapkan, maka anda bisa langsung mencoba membersihkannya. Dimana langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu, isi galon yang akan anda bersihkan dengan air hangat sampai 1/4 bagian. Jika sudah, anda bisa langsung menuangkan sabun cuci piring yang sudah anda siapkan tadi.
  2. Tutup galon air dengan penutupnya. Lalu kocok-kocok dengan sekuat tenaga.
  3. Setelah itu, buka tutup galon. Kemudian, ambil sikat khusus botol lalu gosok-gosok bagian dalamnya dengan menggunakan sikat tersebut. Pastikan anda menggosoknya sampai ke bagian sisi-sisi yang tersembunyi.
  4. Selanjutnya, buang air sabun yang ada di dalam galon tadi. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai tidak ada lagi sisa sabun di dalamnya.
  5. Kemudian, isi galon dengan menggunakan air dingin sampai penuh. Lalu tuangkan sekitar setengah cangkir cairan bleaching. Tutup kembali galon dengan tutupnya, lalu kocok sampai merata.
  6. Diamkan selama kurang lebih 1 menit. Lalu buang air yang bercampur dengan cairan bleaching di dalam.
  7. Selanjutnya, bilas dengan menggunakan air sampai benar-benar bersih. Baru setalah itu, anda bisa langsung mengeringkannya terlebih dahulu sebelum kembali digunakan.

Dengan cara yang kami sajikan ini, galon anda akan lebih bersih dan terbebas dari kuman yang bersarang. Selain itu, galon pun akan menjadi lebih awet.

Itulah tips membersihkan galon agar terbebas dari bakteri atau kuman. Selamat mencoba.

Share atau bagikan tips bermanfaat ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

Cara Cerdas Bersihkan Talenan Kayu Tanpa Menggunakan Sabun

CARA MEMBERSIHKAN TALENAN KAYU

Memasak merupakan kegiatan yang tidak bisa terlepas dari para wanita, karena sudah menjadi kodratnya seorang wanita menjadi ibu rumah tangga dan menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga.

Berawal dari kebiasaan, memasak menjadi hobi beberapa wanita. Namun, meskipun begitu ada beberapa wanita yang kerap kali merasa kesal ketika hendak membersihkan alat-alat yang digunakan untuk memasak, terlebih lagi jika memasak bahan-bahan yang memang sulit dibersihkan seperti halnya daging.

Ketika kita memasak daging, tentunya sebelum diolah kita harus memotongnya terlebih dahulu. Dimana talenan merupakan alas yang biasanya digunakan ketika hendak memotong daging. Ketika memotong daging, selain menyisakan bau dan lemak pada pisau juga akan menyisakannya pada talenan. Bahkan bau dan lemak tersebut akan lebih sulit untuk dihilangkan terlebih lagi pada talenan yang terbuat dari kayu.

Hampir semua orang memiliki cara yang sama ketika membersihkan talenan. Dimana caranya yaitu dengan memanfaatkan sabun dan air. Cara ini memang terbilang cukup efektif, namun mungkin bau dan lemaknya akan sulit untuk dihilangkan atau masih tetap menempel pada talenan tersebut. Bahkan, apabila masih menyisakan bau dan mencucinya kurang bersih,  baunya tersebut bisa mempengaruhi pada bahan makanan lainnya, sehingga makanan tersebut akan terkontaminasi oleh bakteri yang masih menempel pada talenan. Akibatnya makanan yang kita santap pun menjadi kurang sehat atau tidak higenis, akibatnya akan mempengaruhi kesehatan orang-orang yang mengkonsumsi makanan tersebut.

Meskipun tidak ada anjuran seperti apa cara yang harus dilakukan untuk membersihkan talenan, namun akan lebih baik lagi jika kita mencari cara  yang lebih efektif dari cara yang sudah ada. Dan nyatanya memang  ada cara membersihkan talenan yang dipercaya sangat efektif, dimana cara yang dimaksud yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah kita temukan, bahkan jika harus membeli pun harganya terjangkau atau murah. Dimana bahan yang dimaksud  yakni lemon dan garam.

Seperti yang kita ketahui semua, lemon merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit dan dimanfaatkan sebagai perasa makanan atau minuman, ternyata buah ini juga bisa membantu kita menyelesaikan masalah di dapur.

Nah, penasaran seperti apa cara membersihkan talenan kayu dengan menggunakan lemon dan garam? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung caranya pada pembahasan di bawah ini.

Cara Cerdas Bersihkan Talenan Kayu Tanpa Menggunakan Sabun

Cara membersihkan talenan kayu tanpa menggunakan sabun memang lebih mudah dan sederhana. Langkah pertama kali yaitu, siapkan lemon secukupnya. Dimana lemon bisa anda beli dengan mudah di pasar tradisional. Jika lemon sudah siap, potong lemon menjadi dua bagian dan campurkan dengan garam secukupnya saja. Lalu gosok-gosokan lemon pada talenan secara merata. Setelah itu, bilas talenan dengan menggunakan air hangat sampai merata. Ketika masih dalam keadaan basah, anda sebaiknya tidak langsung menyimpannya, melainkan keringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari agar tidak timbul jamur dan tidak lembab. Baru setelah itu, anda bisa langsung menyimpannya atau menggunakannya kembali.

Cara mencuci talenan tanpa sabun sudah selesai. Jika tidak ada lemon yang bisa dimanfaatkan, anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dan baking soda. Karena kedua bahan ini sama efektifnya seperti cara di atas.

Itulah cara membersihkan talenan kayu tanpa menggunakan sabun. Semoga bermanfaat.

Share atau bagikan tips bermanfat ini kepada teman-teman anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

Cara Praktis dan Mudah Bersihkan Kompor dan Dinding Dapur yang Berminyak

CARA BERSIHKAN KOMPOR

Ketika memasak, kerap kali kita tidak sengaja menumpahkan minyak pada kompor atau minyak meletup keluar dan mengenai dinding dapur.

Jika  dibiarkan biasanya noda minyak tersebut akan mengendap dan sulit dihilangkan. Selain akan menimbulkan bau yang tidak sedap, juga akan mengganggu keindahan serta akan merusak lapisan cat pada kompor. Keadaan ini tentunya sangat menjengkelkan bukan?

Biasanya banyak orang membersihkan cipratan minyak tersebut hanya dengan menglapnya saja menggunakan lap kering maupun lap basah, namun nyatanya cara tersebut tidak akan membersihkan noda minyak secara tuntas karena sisa-sisanya masih akan menempel.

Oleh sebab itu, diperlukan cara cerdas untuk mengatasinya. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi noda bekas minyak, caranya cukup mudah dan praktis. Bahkan ada cara alternatif lain yang bisa dilakukan untuk lebih memudahkan, sehingga dengan adanya cara ini kompor dan dinding dapur anda akan kembali bersih dan harum. Lantas seperti apa caranya?

Untuk mengetahuinya, anda bisa simak cara praktis dan mudah bersihkan kompor dari noda minyak di bawah ini.

Cara Praktis dan Mudah Bersihkan Dinding Dapur yang Berminyak

Larutan tepung maizena dan cuka

Untuk menghilangkan atau mengatasi minyak yang menempel pada kompor atau dinding dapur, bahan pertama yang bisa anda manfaatkan yaitu larutan yang terbuat dari tepung maizena dan cuka. Cara membuat larutan yang dimaksud cukup mudah, dimana langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu campurkan kedua bahan tersebut dan aduk merata sampai menjadi pasta. Kemudian, tambahkan air sampai sedikit encer. Baru setelah itu, anda bisa langsung mengoleskannya pada kompor atau dinding dapur yang berminyak.

Usap menggunakan spons

Jika anda sudah mengaplikasikan atau mengoleskan larutan di atas pada kompor dan dinding dapur, maka anda bisa melanjutkan pada langkah berikutnya. Ambil spons, lalu usapkan spons tersebut pada kompor atau dinding dapur. Anda bisa mengusapkan spons dengan gerakan memutar hingga noda bekas minyak hilang.

Cuci dengan sabun pencuci piring

Setelah noda minyak hilang atau bersih, anda bisa mencuci kompor atau dinding dapur anda. Caranya yaitu, ambil lap lalu masukan ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan cairan pencuci piring. Usapkan lap basah tersebut pada kompor dan dinding dapur.

Keringkan

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan, anda bisa langsung mengeringkannya. Caranya yaitu, ambil lap kering, lalu usapkan pada kompor atau dinding dapur anda hingga benar-benar kering

Selain cara di atas, ada alternatif lain yang bisa anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan minyak tanah seperti berikut.

Minyak tanah

Cara memanfaatkan minyak tanah untuk membersihkan minyak pada kompor dan dinding dapur lebih mudah. Siapkan lap dan minyak tanah secukupnya saja. Lalu masukan lap ke dalam wadah berisi minyak tanah. Lalu gosokan lap tersebut pada permukaan kompor dan dinding dapur yang berminyak, dinding dapur yang dimaksud yaitu dinding yang terbuat dari keramik. Lap semua noda minyak tersebut sampai hilang. Untuk menghilangkan bau minyak tanah yang menempel, anda bisa menglapnya kembali dengan lap yang sudah diberi cairan pencuci piring atau pengharum lainnya.

Cukup mudah dan sederhana bukan? Saat ini anda tidak harus mengeluh lagi karena ada cara cerdas yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda minyak yang membandel.

Itulah cara membersihkan noda minyak pada kompor dan dinding dapur. Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman anda, dan berikan juga komentar anda pada kolom di bawah.

Tips atau Cara Jitu Hilangkan Bau Amis Pada Peralatan Makan

Tips hilangkan bau amis

Ikan dan daging merupakan menu makan yang disukai oleh banyak orang, maka tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang selalu menyajikan menu makan ini demi untuk membuat keluarganya senang.

Meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi pada akhirnya banyak orang pula yang merasa malas ketika menu makanan ini habis dan meninggalkan sisa atau bumbu pada piring dan peralatan makan lainnya. Selain sisa menu ini sangat kotor dan meninggalkan minyak, tidak jarang juga akan membuat peralatan makan menjadi bau amis.

Ketika kita mencucinya dengan menggunakan sabun, mungkin peralatan makan akan kembali bening atau kinclong. Namun, untuk bau amis yang menempel pada peralatan makan ini akan cukup sulit dihilangkan.

Saat ini anda jangan merasa khawatir lagi karena ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bau amis pada peralatan makan tersebut bisa dihilangkan. Lantas sepeti apa caranya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan pertama yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada peralatan makan atau dapur. Cara memanfaatkannya sangat sederhana sekali, dimana anda harus menyiapkan jeruk nipis secukupnya saja, lalu peras airnya. Siramkan perasan air jeruk nipis tersebut pada peralatan makan yang berbau amis. Kemudian, tunggu sekitar 5-10 menit, lalu anda bisa langsung mencuci peralatan tersebut dengan menggunakan sabun seperti biasanya. Pastikan anda membersihkan peralatan dapur sampai bau amisnya benar-benar hilang.

Arang atau Abu

Tips selanjutnya yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan bau amis pada peralatan makan yaitu dengan memanfaatkan arang atau abu. Cara ini merupakan cara tradisional yang biasa digunakan sejak zamam dahulu. Meskipun cara ini tidak banyak dipakai di zaman modern seperti saat ini, tetapi jangan salah, bubuk arang dan abu ini merupakan salah satu bahan yang sangat efektif dan manjur sebagai penghilang bau amis. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, yang mana anda hanya tinggal menyiapkan bubuk arang atau abu secukupnya saja. Lalu taburkan bubur abu atau arang tersebut pada peralatan makan yang anda rasa bau. Selanjutnya, gosok secara merata peralatan makan tersebut. Setelah itu, bilas peralatan makan dengan menggunakan air bersih. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci peralatan makan tersebut dengan menggunakan sabun seperti biasanya, lalu bilas seperti biasa lagi. Dengan cara ini peralatan makan anda akan semakin kinclong dan bau amis akan hilang.

Daun kemangi

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan bahan yang biasanya kita gunakan untuk memasak ini. Siapkan daun kemangi secukupnya saja, lalu remas-remas daun kemangi tersebut, masukan ke dalam air bersih yang sebelumnya sudah anda siapkan. Kemudian, bersihkan peralatan makan tersebut, lalu cuci seperti biasanya dengan menggunakan sabun. Apabila sudah, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih, jangan lupa pula bersihkan dengan menggunakan air kemangi. Jika bau amis pada peralatan makan belum juga hilang, maka anda bisa merendam peralatan makan tersebut dengan air kemangi selama kurang lebih 10-25 menit. Selanjutnya, bilas peralatan makan tersebut dengan menggunakan air bersih.

Nah, itulah cara membersihkan atau mengatasi peralatan makan bau amis. Setelah membersihkannya, anda bisa langsung mengeringkan semua peralatan makan tersebut agar baunya semakin segar. Mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu anda. Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Tips Efektif dan Mudah Membersihkan Bekas Telur Gosong yang Menempel Pada Wajan

Tips bersihkan bekas telur pada wajan

Telur merupakan bahan masakan yang disukai oleh banyak orang, selain mengandung banyak nutrisi telur juga bisa diolah menjadi menu yang enak dan lezat.

Banyak olahan masakan yang dihasilkan dari telur, seperti semur telur, telur dadar, telur goreng dan lain sebagainya. Di antara banyaknya olahan telur, telur goreng atau ceplok telur merupakan menu yang paling sederhana yang bisa dibuat. Membuat telur goreng untuk sarapan atau menu makan memang merupakan pekerjaan yang mudah. Namun, meskipun begitu bisa saja suatu waktu anda gosong ketika menggorengnya, yang mana akibatnya akan menimbulkan sisa gosong pada wajan.

Telur yang gosong biasanya akan cukup sulit untuk dibersihkan meskipun sudah menggunakan cairan pencuci piring. Namun, jika anda membersihkannya dengan menggunakan tips atau cara yang tepat, wajan anda akan kembali bersih seperti sediakala.

Nah, berikut ini tips membersihkan wajan dari gosong bekas telur.

Tips Efektif dan Mudah Membersihkan Bekas Telur Gosong yang Menempel Pada Wajan

Manfaatkan air panas dan cairan pencuci piring

  1. Hal pertama kali yang harus anda lakukan ketika hendak membersihkan bekas gosong telur yaitu, tuangkan air secukupnya pada wajan sampai semua bagian gosong karena telur tertutupi. Lalu tambahkan sabun pencuci piring secukupnya saja.
  2. Jika sudah, simpan atau tempatkan wajan yang telah diisi air dan dicampur sabun pencuci piring tersebut di atas kompor. Lalu nyalakan kompor dengan api besar sampai air mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api menjadi sedang. Diamkan kembali sampai air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Ketika itu anda harus mengawasi jangan sampai air yang terdapat di dalam wajan habis. Selagi air dalam wajan tersebut mendidih, kikis bagian bawah atau dasar wajan dengan menggunakan spatula untuk menghilangkan bekas telur gosong yang masih tertinggal.
  3. Jika sudah, anda bisa langsung mengangkat wajan dari kompor. Lalu buang sisa air, sabun dan sisa telur yang terdapat pada wajan. Kemudian, cuci wajan dengan menggunakan spons lembut yang sebelumnya sudah diberi sabun dan air.

Manfaatkan cuka putih

Selain tips di atas, anda juga bisa menggunakan tips lainnya. Dimana anda bisa menggunakan cuka putih untuk menghilangkan gosong bekas telur. Caranya cukup mudah, siapkan 1/2 cangkir cuka putih ke dalam wajan yang akan anda bersihkan. Lalu tambahkan air panas sampai bagian wajan yang terdapat sisa telur gosong terendam. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, bersihkan wajan tersebut dengan menggunakan sabun dan air. Selain dapat membersihkan wajan, cuka putih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau telur akibat gosong.

Pasta dari baking soda

Jika pada wajan masih terdapat noda minyak yang tersisa dari telur, maka anda bisa membuat pasta dari baking soda. Siapkan baking soda secukupnya saja, lalu tambahkan air secukupnya, kemudian aduk sampai merata. Oleskan campuran tersebut pada wajan dengan menggunakan spons. Setelah itu, diamkan atau biarkan sampai pasta mengering. Jika sudah mengering, anda bisa lansung mencucinya dengan menggunakan air hangat, gunakan spons kasar untuk menggosok wajan tersebut agar setiap telur gosong yang masih tersisa benar-benar hilang dengan sempurna.

Itulah tips membersihkan sisa gosong telur pada wajan. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bagikan atau sebarkan tips ini kepada teman dan sahabat anda di twitter atau di facebook, berikan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

  • 1
  • 2
Loading...