Tips dan Trik Terbaru Hindarkan Karat dari Perabotan Rumah Tangga

Mengoleksi perabotan rumah tangga dengan ragam yang banyak memang menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk ibu-ibu di rumah. Betapa tidak, selain koleksi yang semakin bertambah tentunya perlengkapan dan perabotan dapur yang lengkap akan tentu membuat kegiatan rumah tangga menjadi semakin mudah.

Itulah mengapa, banyak ibu rumah tangga mendambakan bisa memiliki banyak perabotan yang lengkap dan beraneka ragam. Hanya saja, permasalahan yang seringkali dihadapi adalah ketika perabotan rumah tangga dari bahan besi dan logam seringkali berkarat.

Karat tak hanya mengganggu, namun hal ini pun mampu menghilangkan estetika dari perabotan rumah tangga yang dikoleksi. Pada akhirnya, perabotan rumah tangga yang karatan seringkali diabaikan dan jarang lagi digunakan. Karena khawatir karat tersebut akan mengontaminasi hidangan makanan yang dimasak.

Akan tetapi, sebenarnya ada banyak tips dan trik terbaru untuk menghindarkan karat dari perabotan rumah tangga. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Tips dan Trik Terbaru Hindarkan Karat dari Perabotan Rumah Tangga

Jangan Merendam Perabotan Terlalu Lama

Bila ibu di rumah memiliki perabotan yang seringkali direndam setelah digunakan. Maka mulai saat ini perhatikan dengan baik kebiasaan tersebut. Sebab merendam perabotan rumah tangga berbahan logam meski pada akhirnya akan dicuci namun kotoran yang menempel pada peralatan tersebut akan dapat menjadi karat.

Apalagi bila peralatan yang anda gunakan sebelumnya digunakan untuk memasak bahan-bahan yang melibatkan banyak bumbu atau kotoran yang dapat berbekas. Seperti misalkan menggoreng bumbu sampai menyisakan gosong pada perabotan dan lain sebagainya. Hal semacam ini akan tentu membuat karat pada perabotan semakin besar kemungkinannya.

Untuk itulah maka perhatikan dengan baik untuk tidak merendam perabotan rumah tangga dalam air terlalu lama. Apalagi membiarkan kotoran menempel didalamnya. Sebaiknya, segera cuci dan untuk menghilangkan kotoran yang menempel dengan kuat. Maka anda akan dapat menggunakan gosokan dari kawat.

Pastikan Mengeringkan Perabotan Sebelum Disimpan

Tips penting lain yang harus anda perhatikan dengan baik dalam mengurus dan merawat perabotan rumah tangga agar tidak mudah berkarat adalah dengan memastikan peralatan kering sebelum anda menyimpannya didalam lemari atau dalam wadahnya.

Untuk itu, setelah selesai dicuci sampai bersih maka sebaiknya tidak hanya digantung dan membiarkan air cuciannya menetes kebawah. Anda pun perlu memastikan bahwa semua bagian peralatan sampai ke bagian sudutnya kering secara merata. Anda bisa menjemurnya dibawah terik sinar matahari guna memastikan peralatan ini dikeringkan secara merata.

Atau mungkin cara lain yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengelap seluruh bagian permukaan perabotan hingga kebagian dalamnya secara merata.

Sebab dengan begini maka perabotan berbahan khususnya stainless atau logam akan dapat lebih tahan lama. Dan tampilannya pun akan senantiasa tetap terlihat menarik karena bebas dari karat yang mengganggu.

Gunakan Peralatan dengan Rutin Minimal 1 Bulan Sekali

Biasanya ketika membeli peralatan rumah yang baru, ibu akan cenderung melupakan peralatan yang lama. Akan tetapi, perabotan rumah tangga yang tidak digunakan dalam waktu yang lama akan mungkin mudah menimbulkan karat. Hal ini akan mungkin membuat peralatan rumah tangga baru pun cenderung berpotensi karatan apabila tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk itu, maka sebaiknya gunakan peralatan rumah tangga secara rutin minimal 1 kali dalam satu bulan. Terutama untuk peralatan yang disimpan dalam rak tertutup. Agar demikian, peralatan yang digunakanpun senantiasa dapat dirawat dengan baik.

Ketika peralatan sering digunakan maka mungkin peralatan ini akan senantiasa dapat dirawat dengan mudah. Agar demikian anda pun bisa bergunta-ganti dan tidak menggunakan peralatan yang itu-itu saja.

Jangan Menggosoknya Terlalu Keras

Sewaktu mencuci perabotan rumah tangga dari bahan logam atau besi maka perhatikan dengan baik tehnik menggosok peralatan ini. Sebab menggosoknya teralu keras hanya akan mungkin membuat karat timbul.

Selain itu, perhatikan pula penggunaan penggosok yang anda kenakan. Apalagi menggunakan serabut yang kasar. Sebab hal ini akan mungkin mengikis lapisan dari perabotan dapur secara perlahan. Nah, lapisan ini yang lama kelamaan akan mengikis lapisan logam yang membuat karat mudah terjadi.

Bagaimana Antisipasi Saat  Terlanjur Berkarat?

Akan tetapi, ketika perabotan rumah tangga sudah terlanjur berkarat maka jangan dibuang atau diabaikan begitu saja. Sebab ibu masih bisa memperbaiki peralatan rumah tangga yang terlanjur berkarat. Nah, dibawah ini adalah beberapa antisipasi ketika perabotan rumah tangga terlanjur berkarat.

Manfaatkan Cuka

Peralatan rumah tangga yang terlanjur berkarat akan dapat anda atasi dengan menggunakan cuka. Penggunaan cuka bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan karat sebab kandungan asam pada cuka mampu merontokan tumpukan kerak karat yang ada pada perabotan. Untuk itu, daripada kebingungan mencari cara untuk mengatasi kerak dengan memanggil tukangnya. Maka anda akan dapat mengatasinya dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

Caranya adalah dengan menuangkan satu sendok teh atau satu sendok makan cuka pada bagian yang berkarat lalu diamkan selama beberapa saat. Kemudian anda akan dapat menggosoknya secara merata dengan menggunakan gosokan.

Rendam dengan Cairan Coca Cola

Cara lain yang akan dapat anda lakukan untuk mengatasi kerak karat yang ada pada perabotan rumah tangga dengan mudah adalah dengan menggunakan cairan coca cola. Selama ini mungkin kita sering mengkonsumsi coca cola sebagai sajian minuman berkarbonasi yang rutin di konsumsi. Karena rasanya yang nikmat dan sensasi menyegarkan yang dimilikinya, memang sajian minuman ini banyak diminati.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa minuman yang satu ini akan dapat anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi kerak dan karat yang ada pada perabotan rumah tangga. Caranya pengaplikasiannya pun cukup mudah dan sederhana.

Anda hanya perlu menuangkan coca cola dalam panci atau perabotan rumah tangga yang akan dibersihkan. Kemudian setelah itu, rendam dengan coca cola dan biarkan bahan ini secara merata selama beberapa saat.

Kemudian setelah itu, anda akan senantiasa menggosoknya dan mencucinya seperti biasa. Baru bilas dengan menggunakan air. Anda akan mendapati kerak dan kotoran dibersihkan secara merata. Dengan begini maka anda akan senantiasa dapat menggunakannya kembali karena kini peralatan anda sudah nampak lebih bersih dan kinclong.

Nah, itulah dia beberapa tips dan trik hindarkan perabotan rumah tangga dari karat. Semoga informasi diatas bermanfaat dan senantiasa dapat membantu ibu merawat peralatan rumah tangga di rumah dengan mudah dan sederhana.

Pada intinya sering menggunakan dan memperhatikan perawatan dari semua peralatan diatas adalah langkah penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Agar demikian perabotan rumah tangga di rumah anda senantiasa terpelihara dengan baik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons