Aneka Resep Nasi Lemak

menu nasi lemak

Nasi Lemak, olahan beras yang dapat menjadi inspirasi ketika menyajikan menu utama dapat menjadi pilihan anda. Aneka resep nasi lemak yang terkenal gurih, beraroma rempah dan enak dapat anda coba sendiri di rumah. Dilengkapi dengan tips memasak nasi lemak dan lauk pauk yang cocok untuk menemani hidangan nasi lemak untuk keluarga. 

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau

nasi lemak hijau pandan

Berbeda dengan nasi lemak pada umumnya, kali ini kami akan berbagi resep dan cara membuat nasi lemak pandan hijau yang memiliki warna dan aroma yang berbeda. Aroma daun pandan yang terdapat pada nasi lemak hijau ini akan membuat nafsu makan anda semakin bertambah.

Meskipun nasi lemak pandan tidak umum seperti nasi lemak sebelumnya akan tetapi nasi lemak ini masih menggunakan bahan dan bumbu yang sama, hanya saja menggunakan tambahan daun pandan untuk menambah aroma pada nasi lemaknya.

Nasi lemak yang terkenal di Melayu ini dapat disajikan dengan tambahan lauk pauk,ciri khas lauk nasi lemak diantaranya adalah ayam goreng, telur yang direbus kemudian dibelah menjadi dua bagian, sambal goreng ikan bilis, kacang tanah yang digoreng yang menjadi taburan nasi lemak. Adapula tambahan sayuran seperti mentimun dan juga kangkung atau daun singkong yang direbus

Nasi lemak seringkali disajikan sebagai hidangan utama ketika sarapan atau makan siang. Hanya saja kini pedangan kaki lima ataupun rumah makan seringkali menyediakan nasi lemak, sehingga anda dapat memesannya tidak terbatas di waktu sarapan dan makan siang.

Nasi lemak hijau beraroma daun pandan ini, dapat menjadi pilihan anda dalam menyajikan hidangan utama berbahan nasi di rumah anda. Anda dapat mencoba resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi lemak kampung pandan hijau

Bahan Utama Nasi Lemak Pandan 

600 gram beras

Bahan Bumbu Nasi Lemak Pandan

1 1/2 sdt garam

Bahan Pelengkap Nasi Lemak Pandan

Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat nasi lemak kampung pandan hijau

Cara Membuat Bumbu Nasi Lemak Pandan

Untuk membuat bumbu:Warna hijau yang dihasilkan dari daun pandan yang diblender kemudian saring

Cara Membuat Nasi Lemak Pandan

Pertama-tama masak santan dari setengah butir kelapa bersama dengan daun salam, serai, garam, dan air pandan hingga mendidih

Bagi anda yang akan membuatnya, tambahan warna hijau dapat pula menggunakan pewarna makanan yang memiliki aroma pandan. Hanya saja hasilnya akan berbeda dengan air daun pandan yang anda buat sendiri. Seperti dalam video panduan kali ini, kami akan memberikan gambaran resep dan membuat nasi lemak hijau daun pandan . Hanya saja sedikit berbeda dengan resep, video di bawah ini menggunakan tambahan pewarna makanan hijau.

Dengan demikian bagi anda yang ingin mencoba hidangan utama berbahan dasar beras yang berbeda dapat pula menjadikan nasi lemak sebagai menu utama keluarga anda. Nasi lemak dengan tambahan lauk pauk yang disesuaikan dengan selera keluarga anda dapat melengkapi kebersamaan anda.

Seperti resep dan cara membuat di atas, membuat nasi lemak tidaklah susah bahkan cenderung praktis dan sangat mudah untuk membuatnya sendiri di rumah untuk dijadikan hidangan keluarga. Anda dapat berbagi resep dan cara membuat nasi lemak kampung pandan hijau ini kepada keluarga atau rekan anda. Selamat mencoba .  

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau Menggunakan Rice Cooker

nasi lemak ricecooker

Nasi lemak atau seringpula dikenal dengan nasi gurih yang terkenal di Melayu, bahkan sangat mudah untuk mendapatkannya. Banyak sekali penjual kaki lima hingga ke restoran yang menyajikan nasi lemak dengan berbagai macam lauk.

Nasi lemak yang hampir sama dengan nasi uduk ini sangat banyak digemari oleh masyarakat Melayu bahkan dijadikan menu utama ketika sarapan.Meskipun demikian kini nasi lemak dapat ditemukan kapan saja dan disantap ketika makan siang atau makan malam.

Nasi lemak memiliki variasi lauknya,baik menggunakan rendang, daging sapi, sambal telur, tambahan sambal ikan teri ataupun dengan berbagai macam sayuran seperti mentimun, tomat, kangkung atau tumisan laiinya.

Nasi lemak yang enak adalah nasi lemak yang memiliki cita rasa harum dan gurih dimana nasinya masih utuh dan tidak pecah. Bahkan tekstur nasi cenderung lembut. Untuk mendapatkan nasi yang gurih dapat menggunakan santan kental, sedangkan untuk mendapatkan aroma yang harum dapat menggunakan daun pandan, serai, daun dalam dan tambahan daun jeruk purut.

Kali ini kami akan berbagi resep yang berbeda, selain nasi lemak yang dapat dibuat dengan menggunakan rice cooker. Resep nasi lemak yang akan kami bagikan disini adalah nasi lemak dengan tambahan daun pandan sehingga memiliki aroma dan warna yang berbeda. Anda penasaran untuk mencobanya ? Inilah nasi lemak kampung pandan hijau menggunakan rice cooker.

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau Menggunakan Rice Cooker

Review

4.5 review 93

Waktu Memasak

Persiapan :menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi kampung pandan hijau menggunakan rice cooker

Bahan Utama

  • 3 cup beras
  • 3 cup air
  • 65 ml santan

Bahan Bumbu

  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay kecil
  • 2 cm jahe,memarkan
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • air daun pandan dari 10 lembar daun pandan yang diblender kemudian disaring

Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau Menggunakan Rice Cooker

Cara Membuat

  1. Langkah pertama masukan beras dengan tambahan santan dan juga air sesuai dengan jenis beras.Begitupula dengan tambahan air daun pandan .
  2. Kemudian masukan bahan bumbu seperti bawang putih yang sudah dhaluskan, kemudian tambahkan bawang bombay, tambahan jahe yang sudah dimemarkan. Begitupula dengan serai, daun salam dan juga daun jeruk. Masak nasi hingga matang .
  3. Setelah masak, kemudian buka dan aduk dari bawah ke atas nasi, selanjutnya hangatkan kembali 10 menit sehingga nasi tidak menggumpal .

Dengan demikian nasi lemak hijau pandan sangat mudah untuk anda praktekan di rumah sendiri untuk dijadikan hidangan utama keluarga. Bahkan dapat pula menjadi sajian istimewa ketika menjamu tamu atau acara istimewa keluarga .Silahkan untuk mencobanya sendiri di rumah anda dan berbagi resep dengan keluarga dan rekan , resep(recipe) dan cara membuat nasi lemak kampung pandan hijau menggunakan rice cooker  .

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Menggunakan Rice Cooker

nasi lemak rice cooker

Nasi lemak tidak jauh berbeda dengan nasi uduk, hanya saja nasi lemak umumnya menggunakan tambahan daun pandan, kayu manis dan daun serai yang membuat aromanya berbeda.

Berbeda dengan nasi uduk yang ditambah dengan bumbu rempah yang lebih beragam . Selain itu tambahan lauk pauk dari kedua masing-masing hidangan utama ini jelas berbeda.

Pada nasi lemak umumnya menggunakan lauk pauk yang dipengaruhi oleh kultur melayu, seperti ikan bilis, rendang, telur yang dibelah dua, ikan asin kering ataupun sambal blacan. Berbeda dengan nasi uduk yang dipengaruhi oleh kultur arab dan sunda. Nasi uduk Betawi memiliki rasa yang berbeda beda sesuai dengan wilayahnya, misalnya Kebon Kacang, Polugadung, Klender, Palmerah dan lain-lain.

Kali ini kami akan berbagi resep masakan dan cara membuat nasi lemak. Hanya saja seperti cara membuat aslinya yang dikukus, kami akan membuatnya lebih simpel lagi yaitu dengan membuat nasi lemak menggunakan rice cooker. Dengan menggunakan rice cooker anda dapat lebih mudah dan praktis dalam membuat nasi lemak.

Untuk tetap menghasilkan nasi lemak yang enak dan gurih, kami akan memberikan tips kepada anda dalam membuat nasi lemak menggunakan rice cooker. Inilah resep dan cara membuat nasi lemak menggunakan ricecooker yang dapat anda masak di rumah. Selamat mencoba.

Nama Resep

Resep  Dan Cara Membuat Nasi Lemak Menggunakan Rice Cooker

Review

4.9 review 133

Waktu Memasak

Persiapan : 10 menit

Memasak : 45 menit

Total : 55 Menit

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi lemak menggunakan rice cooker

Bahan Utama

  • 4 cup beras
  • 6 cup santan cair
  • 1 helai daun pandan
  • garam secukupnya

Bahan Sambal

  • 2 cup ikan bilis
  • 4 sdm cabe giling
  • 1 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 bawang bombay
  • asam jawa secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak secukupnya
  • air secukupnya

Bahan Pelengkap

  • Ayam goreng tepung
  • Sambal
  • Kacang Tanah
  • Mentimun

Cara membuat nasi lemak menggunakan rice cooker dan sambal bilis

Cara Membuat Nasi Lemak

  1. Langkah pertama masukan beras yang sudah dicuci ke dalam periuk rice cooker kemudian tambahkan santan dan tambahkan daun pandan kemudian berikan garam , aduk.
  2. Masak hingga rice cooker beralih menjadi hangat, kemudian kukus kembali hingga 10 menit.
  3. Buka rice cooker biarkan asap mengepul dan aduk pelan-pelan agar nasi tidak menggumpal.

Cara Membuat Sambal Ikan Bilis

  1. Pertama-tama panaskan minyak, kemudian goreng ikan bilis hingga kering, tiriskan
  2. Kurangkan sedikit minyak, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan tambahkan cabai kering.
  3. Kemudian masukan bumbu seperti garam, gula kemudian aduk.
  4. Tambahkan sedikit air, setelah mendidih masukan ikan bilis dan air asam jawa. aduk hingga mendidih dan keluar minyak, angkat

Bagi anda yang ingin membuat resep nasi lemak menggunakan rice cooker anda dapat mengikuti panduan video di bawah ini yang dapat membantu anda untuk memberikan gambaran membuat nasi lemak.

Saran penyajian bagi anda dapat menggunakan tambahan lauk yang disesuaikan dengan favorit keluarga anda . Anda dapat menambahkan ayam goreng dengan mentimun sebagai lalapan sehingga menambah cita rasa nasi lemak yang anda buat. Nasi lemak dengan tambahan lauk yang ada di dalamnya dapat membantu keluarga anda dalam mencukupi kebutuhan nilai gizi harian.

Bagi anda yang akan mencobanya di rumah, kini anda dapat dengan mudah untuk membuatnya dengan panduan resep makanan diatas, bahkan dapat dengan mudah dan praktis dengan menggunakan ricecooker di rumah anda, selamat mencoba.

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Khas Kepulauan Riau

nasi lemak khas riau

Tidak jauh berbeda dengan nasi lemak yang berasal dari Malaysia, Brunei dan Singapura, nasi lemak yang terkenal di Kepulauan Riau masih dengan bahan dan bumbu yang sama. Menggunakan beras putih sebagai bahan utama dengan tambahan santan dan juga bumbu rempah yang khas.

Nasi lemak yang banyak terkenal di Kepulauan Riau mendapat pengaruh dari lauk pauk yang dihidangkan pada nasi lemak tersebut. Bahkan beberapa nasi lemak yang berasal dari Medan, Pekanbaru, Sumatera Utara dan Riau ini memiliki lauk yang khas.

Sebut saja dengan tambahan daging rendang, sayur labu, bihun goreng , sambal goreng kentang bahkan dengan tambahan tauco. Bahkan di berbagai tempat di Kepulauan Riau, nasi lemak adapula yang disajikan dengan menggunakan daun pisang, menjadi nasi bungkus didalamnya campuran nasi lemak dengan lauk pauk yang khas.

Cara membuat nasi lemak sangat mudah, sama halnya dengan menanak nasi biasa. Hanya saja menggunakan tambahan bumbu rempah yang khas sehingga menambah aroma nasi lemak. Bagi anda yang akan mencobanya, kali ini kami akan berbagi resep dan cara membuat nasi lemak. Terlebih bagi anda yang rindu akan kampung halaman ,Melayu. Kami hadirkan nasi lemak khas Kepulauan Riau yang dapat anda sajikan untuk keluarga anda di rumah.

Nama Resep

Resep (recipe) dan cara membuat nasi lemak khas kepulauan riau

Review

4.9review 98

Waktu Memasak

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi lemak khas Kepulauan Riau

Bahan Utama

  • 1 kg beras putih / bisa menggunakan beras pandan wangi
  • 1/2 liter santan kental

Bahan Bumbu

  • 130 gram bawang merah
  • Bahan pelengkap

    • Rendang
    • Sambal goreng ikan bilis
    • Kripik Tempe
    • Tahu tauco
    • Sambal
    • Mentimun
    • Acar
    • Tumisan

    Cara Membuat nasi lemak khas Kepulauan Riau

    Cara Membuat Bumbu

    Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan juga bawang putih kemudian , goreng.

    Cara Membuat Nasi Lemak

    1. Pertama-tama cuci beras hingga bersih, kemudian tiriskan
    2. Selanjutnya panaskan dandang hingga mendidih, kukus beras tadi hingga matang
    3. Lanjutkan dengan memanaskan wajan yang telah diberi minyak
    4. Lalu masukan daun dalam dan juga serai hingga wangi, lanjutkan dengan menambahkan bawang merah dan putih yang sudah digoreng sebentar saja, apabila sudah wangi maka tambahkan santan
    5. Aduk-aduk hingga merata dan berikan air sedikit saja, agar santan tidak terlalu kental
    6. Kemudian masukan beras yang telah dikukus tadi ke dalam bumbu, aduk kembali hingga rata
    7. Terakhir masukan beras yang sudah tercampur dengan bumbu ke dalam dandang, kukus hingga matang. Kurang lebih 25-30 menit.

    Untuk memudahkan anda dalam membuat nasi lemak, anda dapat mengikuti panduan video di bawah ini sebagai gambaran dalam membuat nasi lemak.

    Dengan demikian bagi anda yang akan membuatnya di rumah sendiri, anda dapat menyesuaikan lauk pauk yang disukai oleh keluarga anda. Selain dapat menambah selera makan anda, tambahan lauk pauk akan menambah nilai gizi harian untuk keluarga anda. 

    Nasi lemak yang gurih dari tambahan santan dengan sambal yang pedas dan lauk pauk yang khas di Kepulauan Riau dan sekitarnya akan menambah hidangan ini lebih istimewa dan mengobati kerinduan anda ke kampung halaman di tanah Melayu.

    Resep (Recipe) Dan Cara Membuat Nasi Lemak Melayu Kukus Yang Lengkap,Komplit,Gurih Dan Sedap

    nasi lemak spesial komplit enak gurih

    Nasi lemak yang sangat terkenal di negeri tetangga dengan cita rasa yang gurih dan sedap memang sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan.Bahkan tidak hanya di Malaysia, Brunei dan juga Singapura akan tetapi di Indonesia seperti di tanah Riau dan Kepulauan Riau kebiasaan masyarakatnya menjadikan nasi lemak sebagai menu sarapan dengan lauk pauk yang khas.

    Nasi lemak sendiri berdasarkan bahasa melayu merujuk pada nasi lamak yang memiliki arti tekstur , gurih dan berminyak yang seringkali dihasilkan dari santan kelapa yang menghasilkan lema nabati di dalamnya. Bahkan proses pembuatan nasi lemak tidaklah sulit, nasi dimasak bersamaan dengan santan kelapa kemudian diberikan daun pandan ataupun daun salam untuk menambah aroma hidangan nasi.

    Nasi lemak umumnya dihidangkan dengan berbagai jenis lauk, seperti telur, ikan, tempe, daging sapi, ayam ataupun dengan tambahan mentimun dan sambal. Kali ini kami akan berbagi resep pada anda dalam membuat nasi lemak yang gurih, sedap dan komplit untuk dipraktekan di rumah anda.

    Nama Resep

    Resep (Recipe) Dan Cara Membuat Nasi Lemak Melayu Kukus Yang Lengkap, Komplit, Gurih Dan Sedap

    Review

    4.9review 98

    Waktu Memasak 

    Persiapan : menit

    Memasak : menit

    Total : Menit

    Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap

    Bahan Utama

    • 1 cup nasi
    • 1,5 cup santan
    • Air disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan

    Bahan bumbu

    • 1/2 sdt jahe parut
    • 1 lembar daun salam
    • garam secukupnya

    Bahan pelengkap

    • Telur balado
    • Udang goreng
    • Kentang goreng
    • Empal
    • Tumis bilis dan kacang tanah
    • Mentimun

    Cara membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap

    Cara membuat

    1. Masukan nasi yan sudah di cuci bersih ke dalam panci kemudian tambahkan santan dan berikan air secukupnya sesuai dengan jenis beras.
    2. Selanjutnya tambahkan jahe parut sebanyak setegah sendok teh kemudian tambahkan daun salam dan garam secukupnya, aduk hingga rata
    3. Masak dalam api kecil hingga air terserap , matikan api dan biarkan selama 20 menit.
    4. Setelah itu kukus hingga nasi hingga berbau harum

    Berikut ini adalah contoh video yang dapat menjadi panduan anda dalam membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap. Bisa anda praktekan di rumah sendiri dengan menggunakan bahan dan alat yang sederhana.

    Saran penyajian anda dapat menggunakan berbagai jenis lauk. Hanya saja untuk kali ini ami akan menggunakan ikan bilis yang khas disajikan dengan nasi lemak. Ikan bilis dengan bumbu balado yang ditambah dengan taburan kacang tanah akan membuat cita rasa semakin nikmat.

    Selain itu tambahan seperti telur balado, udang goreng tepung , kentang goreng, sambal dan mentimun dapat menjadi pilihan anda ketika menyajikan nasi lemak. Nasi lemak yang kaya akan kandungan gizi ini memang sangat cocok untuk dijadikan hidangan utama di tengah keluarga anda. Aroma dan citarasa yang menggugah selera sangat pas untuk di hidangkan menjadi selingan nasi putih di tengah keluarga.

    Kini, nasi lemak yang terkenal di negeri jiran dan Kepulauan Riau dapat dengan mudah untuk anda buat di rumah sendiri dengan panduan resep cara membuat nasi lemak yang mudah akan tetapi tidak menghilangkan cita rasa aslinya. Anda dapat membagikan resep dan cara membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap kepada keluarga dan kerabat anda. Selamat mencoba.

    Loading...
    Resep Nasi Goreng Resep Nasi Kuning Resep Nasi Tumpeng Resep Nasi Uduk
    Resep Nasi Goreng Spesial, Praktis dan Gurih Resep Nasi Kuning Praktis Menggunkan Rice Cooker

    Resep Nasi Tumpeng Kreasi Komplit Nampak Cantik

    Resep Nasi Uduk Spesial, Komplit dan Lezat

    Resep Nasi Goreng Spesial

    Resep Nasi Goreng Spesial Praktis dan Sedap

    Resep Nasi Kuning

    Resep Nasi Kuning Praktis Menggunkan Rice Cooker

    Resep Nasi Tumpeng

    Resep Nasi Tumpeng Kreasi Komplit Nampak Cantik

    Resep Nasi uduk

    Resep Nasi Uduk Spesial, Komplit dan Lezat