Aneka Resep Tempura

menu tempura

Bagi anda yang menginginkan cara sederhana dalam membuat tempura di rumah, kami sajikan dalam bentuk artikel yang dapat membantu anda membaut hidangan tempura istimewa. Aneka resep tempura dengan bahan dasar tempura rumahan, tempura ebi, tempura ayam, tempura sayur dan masih banyak lagi.Silakan untuk mencoba resepnya disini. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Ebi yang Enak,Renyah,Sedap dan Istimewa

tempura ebi

Yuk,coba resep tempura ebi yang enak dibalut tepung yang renyah dengan saus yang istimewa di rumah dengan sajian yang lezat untuk keluarga.

Tempura merupakan makanan khas Jepang yang sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang gurih,tempura dapat terbuat dari bahan-bahan lainnya seperti bahan sayur,bahan daging,bahan ayam ataupun bahan tahu.Inilah yang menyebabkan penggemar tempura tidak pernah bosan untuk menyantap yang kriuk ini.

Ciri khas dari tempura adalah tepungnya yang krispy,banyak diantaranya yang sudah pernah mencoba akan tetapi kurang memuaskan dari hasil tepungnya yang lembek.Nah, sebelum anda mencoba membuat tempura ebi, kami akan memberikan tipsnya untuk anda.

Perhatikan ketika membuat adonan tempura.Umumnya menggunakan kuning telur saja.Sedangkan untuk tepung yang digunakan merupakan tepung khas tempura atau menggunakan campuran tepung terigu dengan tepung sagu dengan perbandingan 3:1. Selanjutnya perhatikan pula cara mengaduk adonan, aduklah menggunakan sumpit,sebanyak 10 kali. Adonan yang terlalu diaduk merata akan membuat tepung menjadi keras.

Kemudian yang harus diperhatikan selanjutnya adalah minyak yang digunakan,gunakan api sedang dengan minyak yang dapat merendam adonan dengan sempurna. Apabila ingin tepung yang lebih tebal, sebelum diangkat siram kembali dengan adonan lalu masak kurang lebih 7-8 detik sebelum diangkat.

Nah, kali ini anda sudah tahu tips untuk memasaknya. Saatnya anda untuk mengetahui resep komplit cara membuat tempura ebi.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ebi yang Enak,Renyah,Sedap dan Istimewa

Review

4.9 review 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Ebi yang Enak,Renyah,Sedap dan Istimewa

Bahan Utama Tempura Ebi

  • 200 gram udang
  • 200 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur + sedikit air, kocok lepas
  • 125 gram tepung terigu atau secukupnya
  • 125 gram tepung roti
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tempura Ebi 

  1. Langkah pertama untuk membuat tempura ebi yaitu mengupas kepala dan kulitnya, sisakan ekor dan satu ruas kulit diatas yaitu tepatnya sebelum ekornya.
  2. Kemudian tusuk bagian punggung udang dengan menggunakan tusuk bambu kecil, keluarkan pembuluh darah hitam dipunggung udang
  3. Berikan garam secukupnya
  4. Lalu tepung tapioka diberi sedikit air,remas-remas udang dan cuci hingga dua kali dan menjadi bersih
  5. Setelah itu letakan udang di talenan yaitu posisi punggung diatas fungsinya untuk meluruskan udang supaya menggorengnya dapat memanjang dan tidak bengkok.
  6. Celupkan udang ke dalam kocokan telur, kemudian lapisi dengan tepung roti hingga seluruh udang terselimuti
  7. Bersihkan ekor udang dari tepung roti
  8. Kemudian panaskan minyak agar panas, angkat dan tiriskan

Sedangkan bagi anda yang ingin melengkapinya dengan saus tempura , caranya mudah sekali anda dapat mempersiapkan 150 ml air yang ditambahkan dengan kecap asin , gula dan kaldu ikan.Semua bahan dicampur hingga merata, siap dijadikan saus yang tempura.

Hanya saja tempura dapat ditambahkan pada beberapa menu seperti udon atau ricebowl. Sehingga tempura menjadi hidangan pelengkap yang enak. Terlebih lagi dengan bahan yang digunakan untuk membuat tempura beranekaragam dapat membuat tempura semakin banyak diminati.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa untuk berbagi resep dengan teman dan keluarga melalui media sosial dan juga berikan komentar di kolom yang sudah disediakan. Selamat mencoba resep tempura dengan bahan lainnya di website kami seperti tempura ikan, tempura ayam atau tempura sayuran. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

tempura sosis

Coba resep kami yan satu ini, tempura sosis dengan cara yang sederhana akan tetapi tetap enak dengan saus tempura yang istimewa.

Tempura yang umumnya menggunakan udang, kini dapat anda coba dengan menggunakan bahan lain seperti sosis yang tidak kalah enak,gurih dan renyah.Dalam membuatnya tidak jauh berbeda dengan membuat tempura udang rumahan yang sederhana.

Perkembangan tempura tidak hanya dijadikan kudapan, kini disajikan di dalam beberapa menu Jepang seperti tendon yaitu tempura yang ditelatakan diatas kotak nasi atau dikenal sebagai Tenju. Kemudian tempura soba yang disajikan dengan soba hangat. Adapula tenzaru yang terbuat dari campuran soba dingin dan tempura. Bahkan anda juga dapat menemukan tempura dalam ten musubi atau onigiri yang berisi tempura dengan bumbu garam.

Bahan pelengkap tempura biasanya menggunakan tentsuyu yaitu parutan lobak maupun jahe sebagai penyedap dengan tambahan air , miri, katsuobushi, keap asin yang dimasasak untuk menguapkan alkohol lalu disaring.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempura merupakan bahan yang mudah untuk anda cari sedangkan untuk menyajikan tempura menjadi hidangan istimewanya Anda dapat membuat saus tempura.Beberapa bahan untuk membuat saus tempura harus anda dapatkan di supermarket tertentu.

Yuk, coba resep membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Review

4.8 review 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Bahan Utama Tempura Sosis

  • 8 Sosis Sapi
  • 200 ml air es
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 150 gram tepung tempura/roti
  • 100 gram tepung bumbu

Bahan Pelengkap Saus Tempura

  • 250 ml Dashijiru
  • 30 ml kecap
  • 30 ml mirin
  • 1 sendok makan jahe parut
  • 4 sendok makan lobak putih parut

Cara Membuat Tempura Sosis Yang Sederhana,Enak dan Istimewa

Cara Membuat Tempura Sosis

  1. Langkah pertama tuang air es ke dalam mangkuk kemudian tambahkan kuning telur dan aduk
  2. Lanjutka dengan menambahkan tepung dan aduk dengan menggunakan sumpit, hindari mengaduk terlalu kuat karena adonan akan menggumpal
  3. Panaskan minyak dengan suhu 170 derajat celcius didalam wajan anti lengket
  4. Lalu masukan sosis yang sudah dipotong menjadi dua bagian , goreng hingga warnanya berubah kuning keemasan

Cara Membuat Saus Tempura

  1. Langkah pertama membuat dashijiru yaitu dengan menyiapkan 15 cm kombu, 60 gram katsuo bushi dan 1000 ml air putih.
  2. Cara membuatnya rendam rumput laut kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang, jika sudah berbuih angkat rumput laut.
  3. Lalu cairan yang berbuih tadi tambahkan bonito flakes dengan menggunakan api kecil. Biarkan cairan mendidih untuk beberapa menit hingga berbusa.
  4. ketika flake berada di dasar panci saring kemudian rebus kembali dengan 4 cup air.
  5. Lalu panaskan kembali dashijiru dengan tambahan kecap dan cuka kemudian angkat dan pisahkan parutan lobak dengan ukuran kerucutm diaras parutan lobak ditaruh juga parutan jahe.

Sajikan tempura sosis dengan tambahan saus khas yang lebih menjadikan menu ini istimewa. Anda juga dapat mencoba tempura rumaha, tempura ikan, tempura ayam atau tempura udang di resep lainnya. Silahkan untuk berbagi resep di media sosial anda dan jangan lupa untuk meninggalkan pesan/ komentar di kolom bawah ini setelah anda mencoba resep tempura sosis dengan sausnya. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak

tempura ikan tenggiri

Mari coba resep membuat tempura yang enak dan sederhana dengan bahan utama ikan tenggiri.

Tempura khas Jepang yang umumnya menggunakan udang kini dapat diganti dengan bahan lainnya. Anda dapat memilih bahan sayur, sosis ataupun daging.Adapun bahan yang digunakan kali ini adalah ikan tenggiri.

Cara membuat tempura berbeda dengan furai yang prosesnya deep fry. Membuat tempura dicelup ke dalam adonan kemudian digoreng sedangkan untuk deep fry dibungkus secara berurutan ke dalam tepung sebelum digoreng.

Bahan adonan yang digunakan untuk membuat tempura dikenal juga dengan sebutan koromo. Terbuat dari campuran terigu protein rendah denga telur ayam yang dikocok lepas denga tambahan air es. Adonan dicampur dengan menggunakan sumpit, umumnya tidak merata dan berisi gumpalan tepung hal ini untuk membuat hasil akhir tempura yang krispy dan tidak keras.

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng tempura dibeberapa restoran biasanya minyak wijen, minyak biji kapas atau minyak kamelia. Sedangkan untuk membuat tempura rumahan anda dapat menggoreng dengan menggunakan minyak yang jernih untuk hasil sajian tempura.

Inilah bahan dan resep untuk membuat tempura ikan tenggiri yang lengkap bisa dibuat dirumah .

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak

Review

4.9 review 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang harus disiapkan dalam Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak 

Bahan Utama Tempura Ikan Tenggiri

  • 150 gram ikan tenggiri dihaluskan
  • 3 sendok makan tepung bumbu
  • 1 butir putih telur dikocok
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • 50 ml air es
  • 100 gram tepung roti

Bahan Pelengkap Tempura Ikan Tenggiri

  • Saus mayonaise
  • Saus sambal
  • Seladah
  • Kentang goreng

Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak

  1. Langkah pertama ikan tenggiri yang sudah dibersihkan kemudian difillet dan dihaluskan
  2. Masukan tepung bumbu dengan tambahan daun bawang, air es dan juga bawang putih hingga tercampur merata
  3. Lalu bentuk adonan menyerupai kelingking, kukus sebentar , dinginkan
  4. Setelah adonan dingin lalu celupkan diatas putih telur dan gulingkan diatas tepung roti
  5. Panaskan minyak didalam wajan anti lengket hingga matang
  6. Siap disajikan dengan bahan pelengkap,kentang , seladah saus mayonaise dan saus sambal.

Tips untuk anda yang akan menggoreng tempura ikan tenggiri, gunakan wajan anti lengket dengan minyak yang lebih banyak. Hal ini untuk membuat adonan terendam sempurna dengan minyak dan hasilnya lebih kuning keemasan.

Sedangkan untuk mengurangi minyak ketika disajikan , gunakan tissue penyerap minyak sebelum disajikan. Tempura ikan tenggiri dapat dibekukan dan disimpan beberapa hari sehingga bagi anda dapat membuatnya dalam jumlah yang banyak, kemudian menggoreng ketika akan disajikan.

Tempura ikan tenggiri lebih renyah dan enak apabila adonan menggunakan air es, aduk dengan menggunakan sumpit sehingga hasil akhirnya tempura tidak keras. Bagi anda yang ingin mencoba di rumah, silahkan coba resep tempura lainnya seperti tempura rumahan, tempura udang, tempura ikan fillet, tempura sosis atau tempura sayuran.Kami juga menyajikan hidangan utama lainnya yang bercitarasa Indonesia. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan keluarga setelah anda mencoba resep di ini. Anda juga dapat meninggalkan komentar di kolom yang tersedia di bawah ini, selamat mencoba resep tempura ikan tenggiri. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak

tempura ikan tenggiri

Mari coba resep membuat tempura yang enak dan sederhana dengan bahan utama ikan tenggiri.

Tempura khas Jepang yang umumnya menggunakan udang kini dapat diganti dengan bahan lainnya. Anda dapat memilih bahan sayur, sosis ataupun daging.Adapun bahan yang digunakan kali ini adalah ikan tenggiri.

Cara membuat tempura berbeda dengan furai yang prosesnya deep fry. Membuat tempura dicelup ke dalam adonan kemudian digoreng sedangkan untuk deep fry dibungkus secara berurutan ke dalam tepung sebelum digoreng.

Bahan adonan yang digunakan untuk membuat tempura dikenal juga dengan sebutan koromo. Terbuat dari campuran terigu protein rendah denga telur ayam yang dikocok lepas denga tambahan air es. Adonan dicampur dengan menggunakan sumpit, umumnya tidak merata dan berisi gumpalan tepung hal ini untuk membuat hasil akhir tempura yang krispy dan tidak keras.

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng tempura dibeberapa restoran biasanya minyak wijen, minyak biji kapas atau minyak kamelia. Sedangkan untuk membuat tempura rumahan anda dapat menggoreng dengan menggunakan minyak yang jernih untuk hasil sajian tempura.

Inilah bahan dan resep untuk membuat tempura ikan tenggiri yang lengkap bisa dibuat dirumah .

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak

Review

4,9 review 190

Waktu Memasak

Persiapan : 20 menit

Memasak : 50 menit

Total : 70 menit

Jumlah Porsi

4 porsi

Bahan-bahan yang harus disiapkan dalam Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak 

Bahan Utama Tempura Ikan Tenggiri

  • 150 gram ikan tenggiri dihaluskan
  • 3 sendok makan tepung bumbu
  • 1 butir putih telur dikocok
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • 50 ml air es
  • 100 gram tepung roti

Bahan Pelengkap Tempura Ikan Tenggiri

  • Saus mayonaise
  • Saus sambal
  • Seladah
  • Kentang goreng

Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak

  1. Langkah pertama ikan tenggiri yang sudah dibersihkan kemudian difillet dan dihaluskan
  2. Masukan tepung bumbu dengan tambahan daun bawang, air es dan juga bawang putih hingga tercampur merata
  3. Lalu bentuk adonan menyerupai kelingking, kukus sebentar , dinginkan
  4. Setelah adonan dingin lalu celupkan diatas putih telur dan gulingkan diatas tepung roti
  5. Panaskan minyak didalam wajan anti lengket hingga matang
  6. Siap disajikan dengan bahan pelengkap,kentang , seladah saus mayonaise dan saus sambal.

Tips untuk anda yang akan menggoreng tempura ikan tenggiri, gunakan wajan anti lengket dengan minyak yang lebih banyak. Hal ini untuk membuat adonan terendam sempurna dengan minyak dan hasilnya lebih kuning keemasan.

Sedangkan untuk mengurangi minyak ketika disajikan , gunakan tissue penyerap minyak sebelum disajikan. Tempura ikan tenggiri dapat dibekukan dan disimpan beberapa hari sehingga bagi anda dapat membuatnya dalam jumlah yang banyak, kemudian menggoreng ketika akan disajikan.

Tempura ikan tenggiri lebih renyah dan enak apabila adonan menggunakan air es, aduk dengan menggunakan sumpit sehingga hasil akhirnya tempura tidak keras. Bagi anda yang ingin mencoba di rumah, silahkan coba resep tempura lainnya seperti tempura rumahan, tempura udang, tempura ikan fillet, tempura sosis atau tempura sayuran.Kami juga menyajikan hidangan utama lainnya yang bercitarasa Indonesia. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan keluarga setelah anda mencoba resep di ini. Anda juga dapat meninggalkan komentar di kolom yang tersedia di bawah ini, selamat mencoba resep tempura ikan tenggiri. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

tempura udang

Semua jenis makanan dapat dijadikan tempura, hanya saja yang paling terkenal adalah tempura udang.Yuk,coba resepnya disini.

Taukah anda bahwa tempura bukan merupakan makanan asli Jepang melainkan diperkenalkan oleh Portugis pada pertengahan abad ke 16.Selain itu pada zaman edo tempura merupakan makanan pedagang kaki lima yan snagat terjangkau. Bahkan pada asalnya tempura hanya terkenal di daerah Kyushu dan Okinawa yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang didatangkan di luar Jepang.

Di Jepang gorengan seperti tempura sudah terkenal dengan sebutan Satsuma-age. Sedangkan untuk tempura sayuran disebut dengan shojin-age sedangkan beberapa tempura dibagi menjadi dua yaitu tempura yang dengan adonan kuning telur saja disebut kinpura sedangkan untuk tempura yang dibuat dengan menggunakan putih telur saja disebut ginpura.

Cara menyajikan tempura beranekaragam, ada yang langsung disantap bersama dengan saus khas tempura. Adapula tempura yang disajikan dengan menu lainnya seperti tendon rice bowl atau dikenal dengan udon atau soba.

Berikut adalah beberapa tempura yang terkenal, yaitu tempura ebi, sakana, nasu, kinoko, kabocha, satsumaimo, shiso dan kakiage.

Nah, inilah resep untuk anda membuat sendiri tempura di rumah :

Nama resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Review

4.8 review 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Bahan Utama Tempura Udang

  • 250 gram udang
  • 100 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur
  • 200 ml air dingin

Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Cara Membuat Adonan Tempura

  1. Pertama-tama,aduk tepung dengan baking powder dan garam hingga merata
  2. Lalu kocok kuning telur hingga lepas dan masukan air dingin. Apabila diperlukan tambahkan 2 buah es batu selain itu anda harus tetap menjaga adonan tetap dingin. Hal ini akan membantu untuk membedakan suhu antara minyak dan adonan.
  3. Kemudian tuang campuran dengan tepung , aduk menggunakan sumpit tidak lebih dari 10 kali. Adonan yang terlalu banyak diaduk akan membuat udang tidak reyah.

Cara Menggoreng Tempura Udang

  1. Langkah pertama taburkan sedikit tepung maizena ke dalam udang yang sudah dibersihkan
  2. Kemudian celupkan udang ke dalam adonan tepung hingga bagian udang terlumuri , kecuali bagian ekor udang
  3. Selanjutya goreng udang kurang lebih 2-3 menit hingga keemasan.
  4. Apabila anda ingin kulit lebih banya maka tuang sedikit adonan tepung ke tambahan atas udang kemudian goreng kurang lebih 7 detik.
  5. Sajikan tempura dengan tambahan saus khas tempura.

Bagi anda yang ingin mencoba tempura ini dapat dilengkapi dengan saus khas tempura atau saus sambal dan mayonnaise. Sedangkan bagi anda yang ingin mencoba mengikuti langkah-langkah membuat tempuira , kami sajikan dalam bentuk video tutiruak du bawah ini.

Bagi anda yang ingin mencoba tempura lainnya anda dapat mencoba tempura ikan, tempura ayam, tempura tahu atau tempura sayuran di resep yang telah kami sediakan . Anda juga dapat berbagi resep dengan teman-teman di media sosial anda, klik bagian share di bawah ini. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom bawah ini.  Selamat mencoba resep lainnya yang dapat membantu anda untuk menyajikan  hidangan istimewa ditengah keluarga. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Tahu Udang Garing,Renyah dan Enak

tempura tahu

Bagi anda pencinta makanan jepang pasti sangat mengenal tempura,kali ini kami mengajak anda untuk mencoba resep baru yaitu tempura tahu udang yang garing,renyah dan gurih.

Anda pernah membuat tempura di rumah akan tetapi gagal karena rasanya tidak sama dengan tempura yang anda pesan di restoran? Anda harus mengetahui trik untuk membuat tempura yang garing dan renyah berikut ini.

Bagi anda yang ingin membuat tempura dengan tekstur yang garing dan renyah pilih tepung khusus tempura.Anda dapat membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat.Meskipun pada dasarnya anda dapat menggunakan tepung terigu biasa untuk membuatnya hanya harus menggunakan campuran lainnya.

Bagi anda yang akan membuat tempura renyah dengan menggunakan tepung terigu sebaiknya campurkan dengan tepung sagu. Perbandingan dalam menggunakan tepung terigu dan sagu yaitu 3:1 sehingga tidak  membuat melempem dan tidak membuat alot.

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penggunakan air untuk membuat adonan. Gunakan air es untuk melarutkan tepung sehingga membantu menempel di udang dengan sempurna.Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tempura yang gurih dan renyah.Nah, sekarang kami akan berbagi resep cara membuat tempura udang yang renyah , garing dan enak.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Tahu Udang Garing,Renyah dan Enak

Review

4.9 review 178

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-bahan yang harus anda persiapkan  untuk membuat  Tempura Tahu Udang Garing,Renyah dan Enak

Bahan Utama Tempura Tahu

  • 250 gram udang
  • 200 gram tahu putih
  • 1 butir telur
  • 6 sendok makan tepung terigu
  • 3 sendok makan tepung sagu
  • 2 lembar daun bawang
  • 4 siung bawang putih
  • 250 gram tepung roti
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • gula putih secukupnya

Bahan Pelengkap Tempura Tahu 

  • Seladah
  • Mentimun
  • Saus
  • Mayonaise
  • Cara Membuat Resep Tempura Tahu Udang Garing,Renyah dan Enak

  1. Langkah pertama bersihkan udang, buang kotorannya, punggungnya dibelah, kuliti dan bagian ekor tetap dibiarkan utuh. Lumuri dengan garam.Sisihkan
  2. Lalu tahu putih dimasukan ke dalam wadah dan dihaluskan
  3. Campurkan dengan tambahan telur dan daun bawang yang sudah diiris kecil
  4. Tambahkan bumbu seperti garam, merica, gula putih hingga diaduk merata
  5. Lalu masukan tepung terigu dan tepung sagu
  6. Terakhir cetak dengan menggunakan bantuan 2 sendok , setelah berbentuk bulat kemudian tancapkan udang
  7. Gulingkan diatas tepung roti
  8. Kemudian panaskan minyak, goreng hingga berubah warna kuning keemasan
  9. Sajikan tempura dengan tambahan bahan pelengkap.

Bagi anda yang ingin mengurangi kandungan minyak dari tempura yang digoreng , sebaiknya gunakan tissue penyerap minyak yang dapat mengurangi minyak. Selain itu agar tetap enak ketika disantap,menyantap dalam kondisi hangat apabila dibiarkan terlalu dingin tepung akan lebih lembek karena terkena udara.

Selain menggunakan bahan tahu, anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti kentang yang ditumbuk atau ditambah dengan campuran daging cincang.Ini akan menggugah selera makan anda, yuk coba resep lainnya seperti tempura udang, tempura ebi, tempura sayur dan tempura ayam yang dapat anda coba di rumah untuk hidangan keluarga.

Bagi anda yang telah mencoba resep tempura, jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan keluarga melalui media sosial yang ada di bawah ini. Anda juga dapat meninggalkan pesan di kolom komentar yang telah tersedia. Selamat mencoba resep kami lainnya.  

Resep dan Cara Membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

tempura sayur

Selain udang atau ebi tempura terkenal dengan bahan utama sayuran, kali ini kami akan mengajak anda untuk mencoba resep tempura yang kriuk, enak dan renyah dengan cara yang sederhana untuk hidangan keluarga.

Tempura sayuran selain memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan sangat banyak diminati karena terdiri dari aneka rasa sayur.Beberapa bahan sayur yang sering digunakan adalah bawang bombay, terung ungu, daun bayam atau jamur shittake.

Saran penyajian tempura selain rasanya yang renyah adalah dapat disantap dengan berbagai macam makanan.Salah satu contohnya adalah ketika makan soba Jepang dengan tambahan tempura. Bahkan dinikmati dengan nasi yang diberi kecap manis sebagai Tendon rasanyapun sedap.

Kini, bagi anda yang ingin mencoba tempura di rumah. Kami akan memberikan tipsnya sehingga tempura lebih renyah dan gurih. Pertama adalah adonan tempura diaduk menggunakan sumpit sehingga tidak membuat tempura keras ketika disajikan. Kedua adalah penggunaan air es untuk membuat adonan mengembang ketika digoreng.

Bagi anda yang ingin mencoba tempura sendiri di rumah, kali ini kami akan berbagi resep dengan anda cara membuat tempura sayuran yang lengkap dengan bumbu tepung yang gurih dan renyah.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

Review

4.8 review 180

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

Bahan Utama Tempura Sayur

  • 300 gram udang ukuran besar tanpa kulit, sisakan ekornya, belah punggungnya, pipihkan
  • 150 gram bawang bombay, iris bulat
  • 150 gram terung ungu, potong 2, iris tipis membujur 1 cm
  • 150 gram daun bayam jepang
  • 50 gram  jamur shiitake, iris tipis
  • 300 gram  tepung terigu serbaguna
  • Minyak sayur, untuk menggoreng
  • 200 ml air es
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

  1. Langkah pertama bersihkan udang, kupas kulitnya, kemudian bagian punggungnya dierat dan terakhir adalah beri garam, sisihkan.
  2. Kemudian campurkan tepung dengan air hingga merata , kemudian masukan telur kocok hingga rata
  3. Selanjutnya lumuri udang, terung, jamur shiitake, bawang bombay dengan menggunakan adonan tepung
  4. Lalu panaskan minyak panas dengan menggunakan wajan anti lengket
  5. Goreng adonan hingga matang,warna berubah menjadi kuning keemasan
  6. Kemudian angkat dan tiriskan
  7. Sajikan selagi hangat

Untuk membantu anda dalam membuat tempura sayuran, kami sajikan dalam bentuk video tutorial di bawah ini . Sehingga anda dapat mengikuti proses pembuatannya, selamat menyaksikan.

Bagi anda yang ingin membuat aneka ragam sayuran lainnya dapat menggunakan wortel besar, jagung manis, paprika hijau, paprika kuning atau paprika merah dalam membuat tempura sayuran. Sedangkan untuk membuat saus tempura sendiri cukup mudah campuran dari kecap asin khas Jepang ditambah dengan mirin ditaburi parutan lobak dab bawang putih akan membuat tempura sayuran menjadi lebih enak.

Anda dapat mencoba resep tempura lainnya yang beranekaragam seperti tempura tahu, tempura daging, tempura ikan, tempura ayam atau tempura jamur. Selain rasanya yang gurih,menyantap tempura dapat disajikan diberbagai menu makanan lainnya sehingga tidak membuat anda bosan ketika menyantapnya.

Bagi anda yang telah mencoba resep tempura sayur , tidak ada salahnya untuk berbagi resep dengan teman atau keluarga anda melalui media sosial dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah ini . Selamat Mencoba. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Jamur Tiram yang Enak dan Lezat

tempura jamur

Tempura yang berbahan dasar jamur memiliki cita rasa yang enak dan lezat ditambah dengan saus pelengkap yang istimewa.

Tempura makanan jepang yang dicelup ke dalan adonan tepung. Berbeda dengan furai yang diencerkan kemudian dicelup beberapa kali ke dalam adonan. Cara membuat tempura cukup sederhana yaitu campuran dari tepung terigu dengan kuning telur diencerkan dengan air yang bersuhu dingin kemudian digoreng dengan minyak yang panas.

Bahan untuk tempura sendiri dapat berupa udang/ebi, daging,ikan, ayam , sayuran dan berbagai tanaman liar yang sering digunakan di Jepang. Hanya saja di Indonesia yang terkenal adalah tempura udang.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk membuat tempura dengan bahan utama jamur. hanya saja bukan jamur shiitake yang umum digunakan sebagai tempura sayuran tetapi jamur yang sangat mudah didapatkan di Indonesia, jamur tiram. Apabila merujuk ke negara asalnya, cara menyajikan tempura beranekaragam. Dapat dijadikan menu pelengkap beberapa hidangan jepang atau dinikmati sebagai cemilan. Tempura yang dinikmati sebagai cemilan disajikan dengan tamabahan saus yang dikenal dengan sebatan tenstsuyu.

Nah, untuk anda yang semakin penasaran untuk membuat tempura jamur, berikut ini adalah resep lengkapnya untuk anda.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Jamur Tiram yang Enak dan Lezat

Review

4.8 review 180

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Jamur Tiram yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Tempura Jamur Tiram

  • 200 gr jamur tiram, cuci bersih, peras, lalu suwir2.
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok makan keju parut
  • Garam sesuai selera
  • Merica sesuai selera
  • 3 sendok makan terigu
  • 1 sendok makan maizena

Bahan Saus Tomat Tempura Jamur Tiram

  • 2 buah tomat, pilih yang merah
  •  potong2 kemudian blender hingga halus. Beri sedikit air untuk menghaluskan
  • 1 sendok makan maizena
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat membuat Tempura Jamur Tiram yang Enak dan Lezat

Cara Membuat Tempura Jamur Tiram

  1. Langkahh pertama kocok telur dan keju hingga merata
  2. Kemudian celupkan jamur tiram satu persatu , lalu gulingkan ke dalam tepung.
  3. Panaskan minyak selanjutnya masukan satupersatu, goreng hingga warnanya berubah menjadi warna kuning keemasan. Angkat dan sisihkan

Cara Membuat Saus Tomat

  1. Langkah pertama panaskan terlebih dahulu tomat yang sudah diblender kemudian aduk hingga merata
  2. Selanjutnya masukan tambahan  garam, gula, jeruk nipis dan maizena hingga meletup-letup
  3. Kemudian matikan api hingga dingin, simpan di dalam toples. Bisa disimpan di dalam lemari pendingin apabila terlalu banyak ketika disajikan .

Bagi anda yang ingin menggunakan saus khusus untuk tempura , anda dapat membuatnya dari campuran campuran katsuobushi dengan air ditambah mirin dan kecap asin yang dimasak hingga mendidih dan mengguap kemudian disaring. Adapula yang menyantap tempura dengan air perasan jeruk dan garam. Selain itu saus yang sering dibuat juga dapat dari bahan campuran garam dengan bubuk kari, campuran garam dengan bubuk matcha, campuran garam dengan bubuk andaliman.

Bagi anda yang ingin mencobanya, silahkan coba resep tempura lainnya seperti tempura udang, tempura sayuran, tempura ebi, tempura ayam atau tempura tahu. Silahkan untuk berbagi resep dengan teman atau keluarga anda di media sosial dan jangan lupa untuk meninggalkan pesan komentar di bawah ini. 

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Goreng yang Renyah Enak dan Sederhana

tempura ikan

Tempura ikan merupakan makanan khas Jepang dengan citarasa renyah dan gurih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, yuk coba resep sederhananya disini.

Tempura yang berasal dari Jepang ini ternyata apabila diamati dari asal usul katanya berasal dari Bahasa Portugal. Sudah sejak dulu kala masyarakat jepang mengenal makanan yang dibalut dengan menggunakan tepung yang digoreng yaitu pada zaman Nara-Heinan. Seiring berkembangnya , masyarakat jepang dipertengahan abad 16 mengenal Fritter yaitu makanan yang berasal dari Barat dan berkembang menjadi Tempura.

Tempura yang sangat terkenal di Indonesia ini merupakan makanan jepang yang memiliki nilai sejarah tinggi, bahkan pada zaman Edo. Tempura disajikan dengan tusuk sate dibeberapa kedai dan menjadi makanan ringan oleh rakyat Jepang.

Seiring berkembangnya zaman, tempura dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan tidak hanya dibeberapa restoran khas Jepang saja,beberapa kedai sering kali menyajikan tempura didalam buku menu.

Rasa tempura yang renyah dan gurih inilah yang cocok ditambah dengan nasi atau sekedar sebagai cemilan dengan bumbu saos yang tersedia.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk mencoba resep tempura ikan yang renyah dan sederhana.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Goreng yang Renyah Enak dan Sederhana

Review

4.8 review 178

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-bahan yang digunakan untuk Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Goreng yang Renyah Enak dan Sederhana

Bahan utama Tempura Ikan Goreng

  • 500 gram ikan tanpa kulit dan tulang/ fillet
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 175 gram tepung roti
  • 2 sendok makan air
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap Tempura Ikan Goreng

Salada atau Kentang goreng

Cara Membuat Tempura Ikan Goreng

  1. Langkah pertama bersihkan ikan fillet sesuai selera
  2. Kemudian kocok telur di dalam mangkuk dengan garam secukupnya, campurkan dua sendok makan air putih, sisihkan
  3. Siapkan tepung pada piring yang lebar
  4. Kemudian siapkan tepung roti di dalam piring yang lebar
  5. Lanjutkan minyak goreng di dalam wajan
  6. Lalu ambil potongan ikan, taruh diatas tepung terigu usahakan tepung hingga rata
  7. Selanjutnya celupkan ke dalam kocokan telur hingga matang, simpan ikan diatas tepung roti, bolak-balik hingga perlahan dan ikan terbungkus rata.
  8. Lalu goreng ikan hingga kekuningan dan lalukan langkah tersebut hingga ikan habis

Sajikan ikan goreng tepung /tempura ikan yang renyah dengan tambahan selada dan kentang goreng . Untuk lebih menikmati hidangan ini anda dapat menambahkan sambal seperti saus sambal, saus tartare atau mayonaise.

Apabila anda kesulitan mencari ikan fillet di dalam kemasan, anda dapat menggunakan ikan laut yang dibuang kulit dan durinya. Sedangkan tips untuk anda dalam menggoreng tempura ikan, usahakan menggunakan wajan anti lengket dan untuk mengurangi kadar minyak pada ikan tempura dapat menggunakan kitchen towel/ tissue dapur di atas piring.

Anda dapat mencoba resep tempura lainnya di website kami , tempura rumahan sederhana, tempura daging , tempura ayam, tempura sosis atau tempura sayuran. Kami menyajikan beberapa menu mancanegara yang dapat menjadi pilihan hidangan utama keluarga. Setelah mencoba resepnya anda dapat berbagi dengan teman atau keluarga melalui media sosial dan juga jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini.  

Resep dan Cara Membuat Tempura Daging Lengkap,Mudah dan Enak

tempura daging

Mencoba resep tempura dengan bahan daging dilengkapi dengan saus sebagai hidanga rumahan yang enak.

Anda pasti tidak asing dengan tempura, menu yang sangat khas dari negeri sakura ini sangat menjamur di Indonesia.Bahkan tidak hanya di restoran khas Jepang tetapi dibeberapa tempat makan yang mudah untuk anda pesan.

Tempura yang sering anda temukan berbahan dasar udang namun kini kami akan mencoba dengan bahan yang berbeda dengan bahan utama daging. Daging yang akan digunakan adalah ikan kakap dan daging ikan cumi.

Sama halnya dengan membuat tempura lainnya, adonan  yang harus disiapkan adalah tepung, kuning telur, air es dan minyak untuk menggoreng.Sedangkan untuk bumbunya hanya menggunakan tambahan garam atau kaldu instan apabila anda biasa menggunakannya.

Tempura ini sering digunakan sebagai lauk yang diletakan pada beberapa jenis makan lain.Salah satu diantaranya adalah Tempura donburi yang dikenal dengan juga dengan tempura tendon, yaitu campuran nasi putih didalam mangkok dengan tempura diatasnya kemudian disiram dengan menggunakan saus kental(tare) yang dibuat dari campuran kecap ,mirin dan gula.

Yuk, coba resep tempura dengan bahan utama daging dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Daging Lengkap, Mudah dan Enak

Review

4.7 review 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk Membuat Tempura Daging Lengkap,Mudah dan Enak

Bahan Utama Tempura Daging

  • 250 gram udang
  • 250 gram daging ikan kakap putih
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 250 gram daging cumi – cumi
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 100 gram ubi jalar, potong tipis – tipis
  • 100 gram terung, potong – potong
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt kaldu instan300 gram tepung terigu
  • 400 ml air dingin
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Saus Tempura Daging

  • 100 ml kecap kikkoman
  • 400 ml dashi (kaldu ikan)
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • ½ buah lobak, parut
  • 5 cm jahe, parut

Cara Membuat Tempura Daging Lengkap,Mudah dan Enak

Cara Membuat Tempura Daging

  1. Langkah pertama kupas udang, sisakan bagian ekor saja, kemudian belah bagian punggung udang, memarkan , sisihkan
  2. Lanjutkan dengan memotong daging ikan kakap sebesar jari kemudian lumuri dengan bumbu merica dan juga garam
  3. Kemudian potong cumi sebesar jari, lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan
  4. Kemudian campurkan tepung terigu, air dingin , telur yang sudah dikocok tambakan garam dan kaldi instan menjadi adonan yang licin
  5. Celup udang, ikan kakap, ikan cumi, ubi dan terung hingga bergantian
  6. Goreng dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan , angkat dan sajikan
  7. Lalu untuk membuat saus. campurkan kaldu ikan, kecap kikkoman , garam dan gula pasir
  8. Saran penyajian , sajikan tempura bersama dengan sausnya

Tips bagi anda yang ingin membuat adonan tempura yang tidak terlalu keras ketika disajikan. Adonan tepung yang dibuat diaduk menggunakan sumpit sehingga tidak membuat tepung tempura keras ketika disajikan. Sedangkan untuk membuat minyak penggorengan, sebaiknya sebelum menggoreng adonan kedua, bubuk tepung dibersihkan terlebih dahulu/disaring sehingga hasilnya tidak kuning .

Bagi anda yang ingin berbagi resep dengan teman atau keluarga anda,silahkan untuk berbagi resep di media sosial dan juga jangan lupa tinggalkan komentar dikolom yang tersedia dibawah ini. Selamat mencoba resep tempura daging. 

  • 1
  • 2
Loading...