Aneka Resep Ikan Gurame

ikan gurame

Sajian aneka resep ikan gurame memiliki rasa yang khas karena itu tidak heran banyak hidangan yang menyajikan ikan gurame ini. Salah satu resep ikan gurame dibuat dengan cara di sup, dibakar, diacar serta banyak lagi varian aneka resep dengan bahan dasar ikan gurame. Dan tentunya dengan menu ikan gurame ini akan menambah koleksi menu harian anda.

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo

gurame goreng cabe ijo

Resep mudah serta cara pembuatan yang sangat sederhana yaitu membuat masakan ikan gurame goreng cabe ijo.

Aneka resep ikan banyak sekali jenisnya, baik ikan laut maupun ikan tawar. Masakan ikan menjadi salah satu makanan ataupun masakan yang favorit, dimana ikan ini memiliki daging yang enak dan lezat kala disantap. Karen itu tidaklah heran banyak disekeliling kita, baik rumah makan atupun restoran-restoran selalu menyajikan makanan dengan bahan dasar ikan. Salah satu pilihan pecinta kuliner yang banyak diminati adalah ikan gurame. Ya, ikan gurame ini memiliki bentuk yang khas serta memiliki dagingnya yang tebal, serta apabila dimasak daging ikan gurame ini sungguh enak dan lezat.

Meskipun ikan gurame ini hidup di air tawar, namun memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan pada ikan gurame merupakan kaya akan protein, vitamin dan masih banyak lagi kandungan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan gurame, kali ini kami akan mengajak anda mencoba membuat masakan ikan gurame goreng cabe ijo. Cara membuat masakan ikan gurame cabe ijo ini sangatlah cepat dan praktis, karena itu sangat cocok bagi anda yang pemula ada baiknya mencoba masakan gurame goreng cabe ijo ini. Berikut resep dan cara membuatnya, kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo

Review

4.6 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo

Bahan

  • 1 ekor gurame ukuran sedang
  • 8 buah cabe rawit ijo
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah Cabe ijo ukuran besar
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng ikan dan menumis)
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat Gurame Goreng Cabe Ijo

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adah memcuci ikan gurame hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan perasan jeruk nipis dan juga garam, aduk-aduk, lalu diamkan sekitar 5 menit.
  2. Setelah itu panaskan miyak goreng, lalu masukan ikan gurame, goreng hingga kering dan warnanya kecoklatan, angkat lalu tiriskan dan sisihkan lalu simpan ditempat piring saji.
  3. Setelah itu siapkan ulekan, kemudian masukan garam secukupnya, kemudian bawang putih, lalu bawang merah, ulek kasar, setelah itu masukan kembali cabe hijau dan juga cabe rawit, ulek kasar.
  4. Selanjutnya panasakan minyak goreng untuk menumis, masukan bahan bumbu yang diulek tadi, lalu tambahkan air sedikit saja, tambahkan pula gula secukupnya, lalu aduk-aduk sebentar.
  5. Angkat dan tuangkan bahan bumbu cabe hijau diatas ikan gurame yang sudah disiapkan di piring saji.
  6. Ikan gurame cabe hijau siap dihidangkan

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo yang bisa anda coba dirumah. Cara pembuatan yang sangat sederhana dan bahan yang mudah ditemukan, masakan ikan gurame ijo ini akan menggugah selera makan anda. Untuk anda penggemar masakan pedas bisa anda coba tambahkan beberapa cabai rait agar masakan ikan gurame lebih mantap kala dimakan. Dengan adanya resep dan cara pembuat ikan gurame goreng cabe ijo ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Cabe Ijo kepada semua kerabat, teman dan juga saudara tercinta anda, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini ya, terima kasih.

Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

ikan gurame saus besengek

Ingin mencoba masakan yang sangat sederhana dan praktis yuk kita coba membuat masakan ikan gurame saus besengek.

Berbicara tentang masakan berbahan dasar ikan, selalu mejadi pilihan para pecinta kuliner untuk mencicipinya. Selain rasa yang lezat dari ikan, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan ini, salah satunya ikan gurame. Ikan gurame sangat baik bagi kesehatan, Karena ikan gurame memiliki kandungan yang kaya akan protein, vitamin dan juga banyak lagi kandungan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dagingnya yang empuk dan gurih ikan gurame ini sangat cocok dimasak dengan cara apapun, salah satunya gurame bakar, sup ikan gurame, ikan gurame asam manis dan masih banyak lagi jenis masakan berbahan dasar ikan gurame ini. Karen itu tidak heran banyak masakan ikan gurame ini tersaji ditempat rumah makan ataupun restoran yang selalu memberikan sajian sedap enak dari masakan ikan gurame ini.

Namun kali ini kami selerasa.com mencoba memberikan resep yang sangat mudah dan praktis yaitu resep masakan ikan gurame saus besengek. Cita rasa yang sangat lezat inilah masakan ikan gurame menjadi salah satu masakan favorit keluarga pecinta kuliner. Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ikan gurame, tidak ada salahnya mencoba masakan ikan gurame saus besengek, berikut resep dan cara membuatnya.

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Bahan

  • 500 gram fillet ikan gurame, dipotong sesuai selera
  • 85 gram tepung bumbu
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 Liter minyak goreng (5 sdm untuk menumis)
  • 200 ml santan
  • 2 batang serai, diiris-iris
  • 6 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula merah
  • 3 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah menduci ikan gurame hingga besih, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk, kemudian diamkan sekitar 5 menit.
  2. Selanjutnya adalah siapkan tepung bumbu dalam wadah, kemudian gulingkan fillet ikan gurame pada tepung.
  3. Kemudian panaskan minyak untuk mengoreng ikan gurame, hingga warnanya coklat kekuning-kuningan, lalu angkat dan tiriskan lalu simpan dipiring saji.
  4. Selanjutnya cabai merah dihaluskan ditambah dengan air putih menggunakan blender hingga halus.
  5. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng untuk menumis, lalu tumis cabai merah yang sudah diblender, kemudian masukan pula serai yang sudah dipotong-potong serong, lalu aduk hingga rata.
  6. Selanjutnya masukan santan, gula merah, lalu asam jawa dan juga garam, lalu aduk-aduk hingga kuahnya terlihat menyusut dan mendidh, angkat
  7. Siramkan kuah tersebut diatas ikan gurame yang sudah disimpan pada piring saji hingga merata.
  8. Ikan gurame saus besengek siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat

Demikianlah Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek yang bisa anda coba dirumah. Sajikan masakan ikan gurame saus besengek ini ditengah-tengah keluarga anda. Menu harian anda akan semakin lengkap dengan mencoba membuat masakan ikan gurame besengek ini. Rasa yang lezat dari ikan gurae ditambah dengan bumbu saus yang diracik sedemikan rupa, menjadikan masakan gurame saus besengek ini menjadi makanan pilihan keluarga anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek agar teman, saudara serta keluarga tercinta anda merasakan betapa lezatnya masakan ikan gurame saus besengek ini, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Mangga

ikan gurame saus mangga

Resep ikan gurame ini akan melengkapi menu harian menjadi sangat terfavorit karena dimasak dengan cara gurame goreng saus mangga.

Resep ikan gurame ini banyak sekali jenis dan cara memasaknya, karena ikan gurame menjadi salah satu pilihan keluarga untuk mencicipi masakan berbahan dasar ikan gurame. Selain bentuk yang khas ikan gurame memiliki dagingnya yang gurih dan lezat serta memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya sebagai pencegahan terhadap penyakit jantung. Selain itu ikan gurame ini kaya akan kandungan gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu kaya akan protein, vitamin dan juga memiliki kalori yang rendah.

Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ataupun makanan ikan khususnya ikan gurame, tidak ada salahnya selalu mengkonsumsi ikan karena sangat menyehatkan bagi keluarga tercinta anda. Kali ini kami tim selerasa.com akan memberikan resep masakan ikan gurame goreng saus mangga. Rasa yang lezar serta gurih ditambah dengan rasa asam dari buah mangga ini, akan menambah daya tarik bagi anda untuk mencicipinya. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan ikan gurame goreng saus mangga, yuk kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Mangga

Review

4.7 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Mangga

Bahan

  • 7 ons Ikan gurame
  • 2 buah Cabe merah besar, direbus
  • 3 buah jeruk nipis
  • 1 buah mangga muda, diiris kecil korek api
  • 100 gram saus tomat
  • 2 sdt gula pasir
  • 100 gram saus sambal
  • 1 buah mangga matang, potong-potong buang bijinya
  • saus bangkok
  • tepung terigu
  • 2 butir telur ayam

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Mangga

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan gurame di fillet terlebih dahulu, ataupun anda bisa membeli ikan gurame yang sudah difillet, setelah itu ikan gurame dicuci hingga bersih, kemudian potong menjadi beberapa bagian sesuai selera
  2. Setelah itu ikan gurame taruh didalam wadah, kemudian tambahkan telur, kemudian tambahkan garam, gula sekitar 1/2 sdt.aduk hingga merata
  3. Setelah itu ikan gurame digulingkan dalam wadah yang berisi tepung, aduk-aduk hingga semua terbalut oleh tepung.
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan gurame yang sudah dibalut dengan tepung hingga kering dan warnanya coklat kekuning-kuningan (menjadi crispi). Angkat lalu tiriskan. Selanjutnya goreng sisa ikan gurame yaitu kepalanya hingga matang. Angkat lalu tiriskan.
  5. Kepala ikan gurame simpan di piring saji, kemudian letakan crispi daging gurame diatasnya, lalu taburi mangga dengan mangga muda, sisihkan
  6. Setelah itu siapkan blender, lalu masukan cabe, mangga matang, lalu tambahkan air putih secukupnya lalu blender, kemudian tambahkan saus tomat, saus sambal, kemudian gula pasir, blender hingga merata. Matikan
  7. Setelah itu, bahan yang sudah diblender disangrai sebentar, kemudian angkat.
  8. Setelah itu saus yang disangrai tadi di taburi ataupun siram di atas ikan gurame yang sudah disiapkan dipiring saji hingga merata.
  9. Ikan gurame saus mangga siap disajikan

Itulah dia resep Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Mangga yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pembuatan yang sederhana menajdikan gurame saus mangga ini menjadi pilihan menu keluarga anda. Dengan mencoba membuat masakan ikan gurame saus mangga ini juga tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share resep Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Mangga kepada kerabat, keluarga serta saudara anda semua, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Saus Salsa

ikan gurame saus salsa

Resep masakan ikan yang akan menggugah selera anda kali ini adalah masakan ikan gurame saus salsa.

Ikan gurame salah satu jenis aikan air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Selain bentuknya yang khas ikan gurame memiliki rasa dagingnya yang enak, tebal serta memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Karena itu tidak heran apabila banyak restoran ataupun tempat-tempat makan yang menyajikan masakan dengan bahan dasar ikan gurame. Selain sebagai sajian masakan untuk disantap ikan gurame ini salah satu ikan yang banyak dibudidayakan, karena memiliki nilai jual yang baik, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba yang ingin memiliki usaha dalam pemeliharaan ikan gurame ini.

Ikan gurame memang banyak sekali jenis ragam memasaknya diantaranya sup ikan gurame, ikan gurame asam manis, gurame bakar dan masih banyak lagi jenis masakan ikan gurame yang bisa anda cicipi tentunya. Namun kali ini yang akan kami bahas adalah membuat masakan ikan gurame saus salsa, salah satu masakan nusantara yang banyak digemari dengan beberapa tambahan rempah-rempah serta bumbu yang menjadikan bahan tersebut menjadi racikan saus salsa, selain itu juga tampilan dari saus salsa ini akan sangat menarik karena memiliki warna bumbu yang merah cerah, yang membuat kita akan sangat ingin mencobanya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan resep dan cara membuat masakan ikan gurame saus salsa, berikut kami jelaskan dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Saus Salsa

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan gurame Saus Salsa

Bahan

  • 500 gram gurame fillet
  • 85 gram Tepung Bumbu
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 Liter minyak goreng

Bahan Saus

  • 2 buah tomat merah
  • 6 buahh cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah jeruk nipis
  • 1 batang seledri
  • 3 sendok makan gula
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat Masakan Ikan gurame Saus Salsa

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah cabe rawit dipotong-poytong kecil
  2. Setelah itu seledri dipotong-potong kemudian cincang
  3. Selanjutnya bawang putih digeprek kemudian dicincang
  4. Kemudian tomat dipotong seperti dadu
  5. Setelah itu siapkan wadah, kemudian masukan tomat, caba rawit bawang putih dan juga seledri
  6. Kemudian tambahkan 3 sendok makan gula pasir, kemudian garam dan juga perasan air jeruk nipis, lalu aduk hingga merata. sisihkan
  7. Selanjutnya adalah melumuri ikan gurame fillet menggunakan perasan air jeruk nipis, setelah itu diamkan sekitar 5 menit
  8. Setelah itu siapkan tepung bumbu pada wadah yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu gulingkan atau balur ikan gurame fillet pada tepung bumbu
  9. Kemudian panaskan minyak goreng lalu masukan ikan gurame, goreng hingga kering ataupun warnanya berubah hingga kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.
  10. Setelah ditiriskan ikan gurame tersebut simpan pada piring saji, kemudian lumuri ikan gurame diatasnya dengan saus
  11. Ikan gurame siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan gurame Saus Salsa yang bisa anda coba dirumah. Dengan bahan yang sederhana dan banyak dijumpai serta cara pembuatan yang sangat praktis, tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Sajikan masakan ikan gurame saus salsa ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Dengan membuat masakan saus salsa ini akan menambah selera makan anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan gurame Saus Salsa ini kepada kerabat, teman serta saudara selerasa.com tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Tahu Tausi Yang Enak

ikan gurame tahu tausi

Ikan gurame memang menjadi salah satu pilihan kuliner yang paling banyak diminati, salah satunya masakan ikan gurame tahu tausi yang memiliki rasa yang lezat.

Ikan gurame merupakan ikan yang hidup di air tawar memang memiliki bentuk yang khas serta memiliki dagingnya yang tebal dan juga apabila dimasak memiliki rasa yang lezat serta gurih. Karena itu tidak heran apabila ikan gurame banyak dicari oleh para pecinta kuliner. Ikan gurame ini memang banyak sekali ragamnya apabila dimasak, salah satunya sup ikan gurema, ikan gurame goreng terbang, dan masih banyak lagi masakan dengan bahan dasar ikan gurame ini. Ikan gurame selain memiliki rasa yang lezat dan juga gurih kala disantap, ikan gurame ini sangat baik apabila dikonsumsi oleh anak, dimana protein serta nutrisi lainnya yang terdapat pada ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh sang anak, serta mampu mencerdaskan otak sang anak.

Nah kali ini yang akan kami bahas cara memasak ikan gurame tahu sausi, yang memiliki rasa yang enak tentunya akan menjadi sangat special bagi anda karena apabila mengkonsumsi masakan ikan gurame tahu sausi ini anda kan merasa ketagihan, penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Tahu Tausi Yang Enak

Review

4.9 review 96

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Tahu Tausi Yang Enak

Bahan

  • 1 ekor ikan gurami (600 gram)
  • 1 potong tahu putih
  • 1 buah cabe merah besar, buang biji, potong korek api
  • 1 potong daun bawang, dipotong serong
  • 2 siung bawang putih,dicincang
  • 2 butir bawang merah, dicincang halus
  • 2 cm jahe, cincang halus
  • 100 gram jamur merang,
  • Minyak goreng secukupnya (4 sdm untuk menumis)
  • Penyedap rasa sapi secukupnya
  • 2 sendok makan tausi (cuci dengan air agar tidak terlalu asin)
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt sagu
  • 1 sdt minyak wijen
  • 250 ml air

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Tahu Tausi Yang Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan gurame hingga bersih, kemudian lumuri dengan garam dan juga dengan tepung sagu.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, setelah itu ikan gurame digoreng hingga kering dan matang. Angkat dan sishkan
  3. Setelah itu tahu digoreng hingga setengah matang, angkat lalu sisihkan.
  4. Selanjutnya adalah siapkan air dalam wadah, kemudian masukan saus tiram, minyak wijeun dan juga gula pasir, lalu aduk hingga merata, sisihkan
  5. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng sekitar 4 sdm, lalu tumis bawang merah, bawang putih dan juga jahe, hingga mengeluarkan aroma harum, setelah itu tambahkan tausi lalu aduk aduk
  6. Selanjutnya masukan bawang daun dan juga tahu yang sudah digoreng, kemudian masukan air yang sudah diberi bahan bumbu tadi, aduk-aduk hingga rata
  7. Selanjutnya tambahkan cabe merah dan juga jamur, aduk hingga merata, kemudian beri bumbu penyedap rasa, lalu aduk hingga rata dan juga meresap.
  8. Terakhir adalah siapkan ikan gurame goreng di piring saji, kemudian siramkan tahu tausi diatas ikan guramenya.
  9. Siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat

Itulah dia Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Tahu Tausi Yang Enakyang tentunya bisa anda coba dirumah. Dengan bahan yang mudah ditemukan serta cara memasak yang sangat sederhana tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Hidangkan masakan ikan gurame tahu sausi ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Tahu Tausi Yang Enak kepada sahabat selerasa.com, dan jangan lupa tentunya beri komentar dibawah ini ya, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih

pesmol ikan gurame

Masakan ikan gurame memang menjadi salah satu pilihan makanan pecinta kuliner, salah satunya dibuat dengan cara ikan gurame pesmol yang memiliki rasa yang enak dan gurih.

Ikan gurame yang hidup di air tawar ini memang banyak digemrai oleh banyak kalangan, Karena ikan gurame memiliki dagingnya yang tebal dan juga empuk kala dimasak. Ikan gurame bisa dibuat dengan cara sop ikan gurame, gulai ikan gurame, ikan gurame bumbu kuning dan juga banyak lagi masakan dengan bahan dasar ikan gurame ini. Rasa yang enak dan gurih bisa anda dapat dari ikan gurame pesmol, penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih

Bahan

  • 1,5 Kg Ikan gurame segar ( 1 ekor)
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 3 lembar daun salam yang sudah bersih
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 1 liter air putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 buah cabe rawit merah utuh
  • 5 buah Bawang merah
  • gula pasir 1 sendok makan
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 1 buah wortel ( potong memanjang membentuk korek api )
  • 1 buah mentimun ( potong memanjang membentuk korek api )
  • Cuka secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit, kupas
  • 3 cm jahe, kupas
  • 4 buah kemiri
  • ½ sdt garam

Cara membuat Masakan Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan gurame hingga bersih buang, sisik dan isi perut, kemudian cuci kembali hingga bersih, selanjutnya potong menjadi 3 bagian.
  2. Selanjutnya ikan gurame dilumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam, agar aroma bau amis pada ikan gurame hilang, diamkan sekitar 15 menit.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan gurame hingga kering dan matang, angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu panaskan mintak goreng dengan menggunakan api kecil untuk menumis, lalu masukan bumbu halus, aduk aduk, lalu tambahkan serai, daun salam, kemudian aduk-aduk hingga tercium bau aroma wangi. Lalu tambahkan potongan wortel dan juga mentimun. Terakhir masukan cabe rawit dan bawang merah utuh, aduk-aduk.
  5. Selanjutnya tambahkan air, lalu aduk aduk hingga air mendidih.
  6. Setelah itu masukan ikan gurame yang sudah digoreng, lalu diamkan sekitar 3 menit lalu balikan ikan sama sekitar 3 menit.
  7. Terakhir tambahkan garam, gula putih dan juga penyedap rasa, diamkan hingga airnya sedikit surut dan terlihat agak mengental, matikan lalu tambahkan air cuka secukupnya.
  8. Angkat dan siap disajikan

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih yang bisa nada coba dirumah. Dalam pembuatan yang sederhana serta dalam pemilihan bahan pun banyak ditemukan disekeliling kita. Rasa yang lezat serta ada asam-asam pada masakan ikan gurame pesmol ini tentunya akan semakin enak dan gurih kala disantap. Namun yang terpenting tentunya dengan mengentahui Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Pesmol Enak dan Gurih akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ikan gurame pesmol ini dengan cita rasa yang enak dan gurih, tentunya pada semua teman beserta keluarga tercinta kuliner selerasa.com, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Tepung Crispy Gurih dan Renyah

ikan gurame goreng crispy

Resep mudah yang akan kami sajikan sekarang adalah masakan ikan gurame goreng tepung crispy dengan memiliki cita rasa yang gurih dan renyah.

Ikan gurame salah satu ikan yang hidup di air tawar, memiliki cirri dan bentuk yang khas serta memiliki duri yang besar dan sedikit menjadikan ikan ini menjadi salah satu masakan favorit untuk diolah. Selain itu ikan gurame ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih bagi si kecil mengkonsumsi ikan sangat baik untuk perkembangan serta kecerdasan otak sanga anak. Baiknya diolah dengan cara dimasak berupa sup ikan gurame bening, ikan gurame rica rica dan masih banyak lagi jenis masakan ikan gurame.

Salah satu resep yang cocok dihidangkan dalam keluarga terlebih bagi anak-anak mengolah ikan gurame dengan cara digoreng crispy. Mudah dan sederhana membuat gurame goreng crispy  ini diminati oleh semua kalangan, selain rasanya yang gurih dan renyah, sekali memakannya saja akan membuat anda ketagihan. Selain itu juga masakan ikan gurame goreng tepung crispy ini sangat cocok untuk bekal anda yang sedang bepergian, bahkan bagi anak anda yang susah makan, dengan mengenalkan ikan gurame goreng tepung crispy ini selera makan anak anda akan bertambah. Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana resep dan cara memasak ikan gurame goreng tepung crispy ini, berikut ini kami uraikan dibawah ini.

Nama Resep

Resep Mudah Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Tepung Crispy Gurih dan Renyah

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Tepung Crispy Gurih dan Renyah

Bahan

  • 150 gram daging ikan gurame, dipotong kotak
  • 1 bungkus penyedap rasa ikan goreng
  • 7 gram tepung roti kasar
  • 4 sdm tepung terigu serbaguna
  • 100 ml air putih
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Tepung Crispy Gurih dan Renyah

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah, mencuci hingga bersih ikan gurame
  2. Selanjutnya adalah ikan gurame dibumbui dengan penyedap rasa, lalu tekan-tekan  agar bumbu meresap pada ikan gurame, diamkan sekitar 15 menit.
  3. Setelah itu campur tepung terigu dengan air putih secukupnya, kemudian lapisi ikan gurame dengan adonan tepung tersebut, kemudian simpan pada kulkas sekitar 10 menit fungsinya agar adonan menjadi pada.
  4. Setelah itu gulingkan ikan gurame yang sudah dilapisi tepung terigu kemudian gulingkan semua adonan ikan pada tepung roti kasar, hingga semuanya terlapisi dengan rata.
  5. Kemudian siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng, setelah itu masukan ikan gurame, masak hingga berubah warna coklat keemasan dan matang.
  6. Angkat dan siap disajikan bersama dengan nasi putih dan juga saus asam manis.

Demikianlah Resep Mudah Membuat Masakan Gurame Goreng Tepung Crispy Gurih dan Renyah yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhana dan juga mudah. Rasa ynag gurih dan lezat dari gurame goreng tepung crispy ini tentunya akan mengoyangkan lidah anda. Namun tentunya yang lebioh penting adalah setelah mengetahui resep dan cara memasak ini akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep Mudah Membuat Masakan Gurame Goreng Tepung Crispy Gurih dan Renyah kepada semua teman dan keluarga pecinta kuliner selerasa.com, jangan lupa beri komentar dibawah ini ya,,,terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas

gurame karamel ubi pedas

Aneka masakan ikan gurame kali ini membuat gurame karamel ubi pedas, yang akan membuat anda semua ketagihan kala menyantapnya.

Ikan gurame banyak digemari oleh kalangan masyarakat karena memiliki dagingnya yang padat serta memiliki citarasa yang enak dan gurih dan juga lembut kala disantap. Selain itu ikan gurame dikenal dengan memiliki duri yang besar dan juga tidak banyak. Mangkanya tidak heran banyak hidangan yang menyajikan masakan dengan bahan dasar ikan gurame ini. Salah satunya adalah masakan tumis ikan gurame paprika, sup ikan gurame dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah kali ini kami dari selerasa.com akan memberikan resep dan cara memasak ikan gurame karamel ubi pedas, kita simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas

Bahan

  • 1 ekor ikan gurame (di fillet)
  • 50 gram Asam Jawa
  • 1 sdt lada bubuk
  • 3 sdm Tepung Maizena
  • 2 buah Ubi Jalar Parut
  • 50 gr Ebi Sangrai, Cincang
  • 10 buah Cabai Merah Giling
  • 8 siung Bawang Putih Goreng
  • 1/4 ibu jari Jahe
  • 1,5 buah Gula Jawa
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • seledri untuk hiasan

Cara Membuat masakan Ikan gurame Karamel ubi pedas

Cara memasak

  1. Ikan gurame kita fillet terlebih dahulu, dengan cara yang pertama adalah kita sayat dimulai dari belakang ekor ikan gurame menuju mendekati kepalanya, setelah itu sayat ke bagian dalam perut dagingnya, kemudian balikan sekarang bagian bawah ikan lakukan melingkar sayat ke bagian dalam dagingnya.
  2. Selanjutnya potong semua bagian ikan gurame yang sudah di fillet menjadi 8 bagian.
  3. Setelah itu ikan gurame dilumuri dengan asam jawa dan juga garam secukupnya, kemudian lada bubuk, fungsinya adalah untuk menghilangkan bau amis pada ikan, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  4. Selanjutnya siapkan tepung maizena pada wadah, lalu gulingkan semua potongan ikan gurame hingga terbalut oleh tepungnya setelah itu diamkan.
  5. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng menggunakan api sedang, kemudian goreng ubi jalar hingga garing dan dan warnanya berubah kuning keemasan, aduk-aduk. Angkat  lalu tiriskan.
  6. Setelah itu masih menggunakan minyak goreng yang sama, masukan ikan gurame yang sudah dibalut dengan tepung maizena, masak hingga garing dan matang sekitar 5 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Setelah itu adalah menumis, masukan bawang merang yangsudah di cincang, lalu masukan irisan cabe rawit merah, aduk-aduk, kemudian tambahkan bawang putih yang sudah digoreng sebelumnya, lalu masukan cabe merah giling dan juga ebi yang sudah disangrai dan juga dicincang, aduk-aduk hingga rata.
  8. Selanjtnya membuat caramel, masukan gula merah dan juga air sedikit, lalu aduk-aduk hingga rata agar gulanya meleleh dan mengental, lalu tambahkan garam secukupnya.
  9. Selanjutnya masukan ubi jalar yang sudah digoreng tadi, aduk-aduk hingga ubinya meresep dan tercampur rata.
  10. Setelah itu masukan ikan gurame lalu aduk-aduk hingga ikan gurame terbalut oleh bumbu, dan ubinya menempel pada ikan guramenya, angkat simpan pada piring saji lalu diamkan.
  11. Setelah dingin ubinya akan lengket pada daging ikan guramenya. Kemudian beri hiasan berupa daun seledri secukupnya
  12. Ikan gurame karamel ubi pedas siap disajikan.

Itulah dia Resep dan cara membuat Masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat praktis. Sajikan ikan gurame karamel ini bersama dengan nasi putih hangat ditambah beberapa bahan tambahan lainnya berupa irisan tomat dan juga mentimun. Dengan begitu tentunya memasak ikan gurame karamel ubi pedas ini semakin bertambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Berikut Video yang bisa anda saksikan

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat masakan ikan gurame caramel ubi pedas ini kepada teman, ataupun sahabat pecinta kuliner selerasa.com, serta jangan lupa pula beri komentar dibawah ini ya, terima kasih

Resep Tumis Ikan Gurame Paprika

tumis ikan gurame paprika

Rasa yang lezat dipadu dengan beberapa bahan bumbu tentunya membuat tumis ikan gurame ini akan sangat nikmat kala disantap.

Aneka resep ikan gurame memang sangat banyak macamnya. Mulai dari cara mebuat sop ikan gurame, gulai ikan gurame, ikan gurame bumbu kuning dan masih banyak lagi varian masakan yang bahan dasarnya ikan gurame. Ikan gurame memang menjadi salah satu aneka varian masakan yang banyak diminati karena memiliki daging yang tebang, selain itu juga ikan gurame ini memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.  Selain itu juga ikan gurame memiliki tekstur dagingnya yang tebal, sehingga dimasak dengan cara apapun ikan gurame tetap enak kala disantap.

Aneka masakan tumis juga memang sangat banyak, salah satu nya tumis sayuran, namun kali ini  tidak ada salahnya membuat sesuatu yang berbeda dengan membuat tumis ikan gurame. Rasa yang lezat sudah pasti didapat dari masakan tumis ikan gurame ini yang membuat anda akan merasa ketagihan setelah menyantapnya. Penasaran resep dan bagaimana cara memasak tumis ikan gurame paprika, berikut kami jelaskan dibawah ini.

Nama Resep

Resep Tumis Ikan Gurame Paprika

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Tumis Ikan Gurame Paprika

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram fillet ikan gurame ( dipotong dadu)
  • 1 Buah bawang bombay
  • 2 buah bawang putih cincang
  • 1/4 paprika merah (bentuk korek api)
  • 1/4 buah paprika kuning (bentuk korek api)
  • 1/2 bungkus bumbu penyedap rasa
  • 50 ml air putih matang
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan Hiasan

  • bawang bombay ungu bentuk bunga
  • daun bawang bentuk bunga

Cara Membuat Tumis Ikan Gurame Paprika

Cara memasak

  1. Panaskan minyak goreng, lalu tumis irisan bawang bombay dan juga bawang putih yang sudah dicincang, aduk-aduk hingga aroma tercium harum, dengan menggunakan api yang besar.
  2. Setelah harum masukan ikan gurame, aduk hingga rata dan ikan gurame berubah warna sekitar 5 menit
  3. Setelah ikan gurame berubah warna lalu tuang air putih, lalu bumbu penyedap rasa, aduk-aduk hingga airnya terlihat setengah menyusut.
  4. Selanjutnya masukan paprika merah dan juga paprika kuning, aduk hingga rata dan bumbunya meresap pada ikan gurame.
  5. Setelah matang angkat dan tuang pada piring saji yang sudah diberi hiasan bawang bombay ungu bentuk bunga dan daun bawang bentuk bunga, siap disajikan selagi hangat.

Itulah dia Resep Tumis Ikan Gurame Paprika yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhana. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Rasa yang lezat pada ikan gurame dipadukan dengan bahan bumbu paprika ini tentunya akan menambah selera anda. Yang lebih menarik lagi tentunya dengan ada tambahan berupa hiasan dari bawang Bombay ungu dan juga daun bawang. Dengan membuat tumis ikan gurame parika ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep Tumis Ikan Gurame Paprika ini kepada teman, serta keluarga tercinta selerasa.com, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Masakan Membuat Ikan Gurame Goreng Terbang

ikan gurame goreng terbang

Aneka varian masakan ikan gurame kali ini memilki ciri bentuk yang khas dimana ikan gurame menyerupai burung seolah akan terbang.

Berbicara tentang ikan gurame memang tidak akan pernah habis, karena memang ikan gurame ini dibuat sedemikian rupa tetap memiliki cirri yang khas mulai dari bentuk dan juga rasa yang gurih dan empuk dan juga memiliki dagingnya yang tebal menjadikan ikan gurame pilihan dalam setiap menu makanan. Ikan gurame diolah tidak hanya digoreng dan juga dibakar, namun banyak sekali varian dari masakan ikan gurame ini, salah satunya  gulai ikan gurame, sop ikan gurame, pepes ikan gurame dan masih banyak lagi.

Pada kesemapatan  kali ini kami mengajak anda untuk melihat sesuatu yang unik, biasanya cukup dibersihkan kemudian diolah langsung dengan cara digoreng ataupun dibakar, namun kali ini memang beda karena sebelum dimasak ikan gurame ini dibentuk terlebih dahulu, sehingga terlihat seperti mau terbang ikan guramenya. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat ikan gurame goreng terbang, berikut penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Masakan Membuat Ikan Gurame Goreng Terbang

Review

4.9 review 96

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Gurame Goreng Terbang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu

  • 2 ekor ikan gurame, ukuran sedang
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 75 gram tepung baizena
  • minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Bahan Saus

  • 2 sdm margarin
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah cabai merah, (buang biji dan bentuk menyerupai korek api)
  • 1 ruas jari jahe, dimemarkan
  • 75 gr saus tomat
  • 1 sdt kecap inggris
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 3/4 sdt gula pasir
  • 250 ml air
  • 2 sdt tepung sagu (dilarutkan dalam 2 sdm air )
  • 1 Buah daun bawang, diiris
  • 1/2 sdt air jeruk nipis

Cara membuat Ikan Gurame Goreng Terbang

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan guirame di belah kedua sisinya dari bagian ekor hingga ke kepala (tidak putus)
  2. Setelah itu cuci hingga bersih, kemudian lumuri dengan jeruk nipis, garam dan juga merica bubuk, kemduian diamkan sekitar 15 menit.
  3. Setelah itu ikan gurame gulingkan pada tepung maizena.
  4. Selanjutnya adalah ikan gurame bagian tulangnya di jepit menggunakan penjepit, lalu goreng sambil dijepit hingga matang, angkat dan tiriskan.
  5. Kemudian membuat bumbu saus, yaitu panaskan margarine kemudian tumis cabai merah, bawang putih serta jahe hingga harum.
  6. Setelah itu tambahkan nanas, kecap inggris, saus tomat, merica bubuk, garam serta gula pasir, kemudian aduk hingga.
  7. Setelah itu tamnbahkan air kaldu, masak hingga mendidih, lalu kentalkan dengan menggunakan larutan tepung sagu, kemudian aduk-aduk hingga nantinya meletup-letup, selanjutnya tambahkan daun bawang, lalu kacang polong serta air jeruk nipis, lalu aduk-aduk hingga klayu, kemudian angkat.
  8. Ikan gurame terbang siap disajikan bersama dengan sausnya.

Demikianlah Resep Masakan Membuat  Ikan Gurame Goreng Terbang yang bisa anda coba dirumah. Bentuk yang unik serta memiliki rasa gurih dan lezat  tentunya akan menarik semua perhatian pada ikan gurame ini pada ruang meja makan anda, terlebih bagi sang buah hati dengan seperti ini tentunya nafsu makannya bertambah. Selamat mencoba.

Berikut adalah video cara membuat Ikan Gurame Goreng Terbang

Jangan lupa share Resep Masakan Membuat Ikan Gurame Goreng Terbang ini kepada teman-teman pecinta kuliner semua, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek

ikan gurame bumbu cobek

Hidangan masakan ikan gurame salah satu jenis makanan yang banyak sekali peminatnya adalah dengan cara di cobek.

Resep ikan memang banyak sekali macamnya, salah satunya resep ikan gurame, ikan patin, resep ikan tuna dan masih banyak lagi jenis masakan berbahan dasar ikan ini. Dalam memasak ikan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anda sehari-hari. Dan yang lebih penting mungkin sesuai selera ikan apa yang dipilih ditambah dengan cara pengolahannya. Namun kali ini kami mencoba memberikan pilihan bagi anda yang gemar dengan ikan gurame dengan cara dimasak cobek. Banyak tempat-tempat restoran yang menyajikan masakan ikan gurame bumbu cobek ini, karena itu tidak heran kalau masakan ikan gurame bumbu cobek ini salah satu masakan yang digemari oleh berbagai masyarakat.

Rasa yang lezat dari ikan gurame ditambah dengan bumbu cobek,,hmmm pasti kala menyantapnya akan merasa ketagihan. Bagaimana tidak ikan gurame memilki rasa yang gurih, serta memiliki dagingnya yang tebal menjadikan ikan gurame ini salah satu menu makanan favorit ikan gurame bumbu cobek. Bagi anda yang sangat ingin membuat ikan gurame bumbu cobek ini tentuny yang harus diperhatikan adalah dari peracikan bumbunya, ditambah dengan air jeruk dan juga kencur, akan membuat ikan gurame cobek ini bertambah nikmat dan lezat. Penasaran bukan!, berikut kami sajikan resep membuat masakan ikan gurame goreng bumbu cobek.

Nama Resep

Resep Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek

Bahan utama

  • 1 ekor ikan gurami segar ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu cobek

  • 5 butir bawang merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 2 cm kencur
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jeruk limau, ambil airnya

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek

Cara memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan sisik dan juga insangnya, lalu kemudian cui hingga bersih, setelah itu lumuri dengan air jeruk dan juga garam fungsinya untuk menghilangkan bau amis pada ikan gurame, diamkan sekitar 15 menit, sishkan
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu masukan ikan gurame, masak hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan.
  3. Kemudian membuat bumbu cobek, minyak goreng dipanaskan sekitar 2 sdm, lalu goreng bawang merah, setengah matang, lalu angkat.
  4. Setelah itu siapkan ulekan kemudian ulek kasar, seperti bawang merah, cabai rawit, kencur dan juga jahe, setelah itu tambahkan garam dan juga perasan air jeruk.
  5. Yang terakhir adalah cara penyajian sipankan piring saji kemudian hias dengan daun selada, mentimun dan juga tomat, kemudian simpan ikan gurame pada piring saji tersebut, lalu siram dengan bagian atas ikan gurame dengan dengan bumbu cobek.
  6. Siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek yang bisa anda coba dirumah. Mudah dan sederhan dalam pembuatnya namun tetap memiliki rasa yang lezat. Bagi anda saya pastikan setelah mencoba makanan ikan gurame bumbu cobek ini tentunya akan merasa ketagihan. Sajikan ikan gurame bumbu cobek ini di hidangan menu harian anda, selamat mencoba.

Berikut adalah video cara membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek

Jangan lupa share ya Resep Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Cobek pada teman-teman pecinta kuliner anda, serta saudara anda. Jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Memasak Ikan Gurame Goreng Nyat nyat

ikan gurame nyat nyat

Membahas resep masakan Ikan gurame memang tidak pernah ada habisnya, Karena rasa gurih dan lezat ikan gurame ini memang sudah sangat cocok kebanyakan lidah di kalangan masyarakat kita.

Ikan gurame gurame memang memiliki berbagai banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, selain itu bentuk yang unik dan juga memiliki tulang yang besar menjadi salah satu cirri khasnya. Kali ini kami akan membahas salah satu masakan ikan gurame yang diolah dengan cara di goreng dengan ditambah beberapa bahan berupa bumbu nyat nyat. Penasaran bukan seperti apa bumbu nyat nyat mari kita simak berikut ini bagaimana resep dan cara membuat ikan gurame goreng nyat nyat.

Nama Resep

Resep dan Cara Memasak Ikan Gurame Goreng Nyat nyat

Review

4.9 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Gurame Goreng Nyat nyat

Bahan utama

  • 1 ekor ikan ukuran sedang
  • air jeruk
  • 2 ruas jari kunyit (dhaluskan)
  • MInyak goreng untuk menggoreng

Bahan bumbu

  • 2 cm lengkuas, diris-iris
  • 2 cm jahe, diris,iris
  • 1 cm kunyit, diris-iris
  • 1 cm kencur, diiris-iris
  • 80 gram Bawang merah
  • 70 gram Bawang putih
  • 4 buah Cabe merah
  • 8 buah Cabe rawit
  • Bumbu wangen khas bali
  • Terasi secukupnya
  • 2 lembar Daun jeruk
  • 1 batang Serai, dimemarkan
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Santan secukupnya
  • Air kaldu secukupnya

Cara membuat Ikan Gurame Goreng Nyat nyat

Cara Memasak

  1. Ikan gurame dibesihkan kemudian buang sisiknya dan juga buang isi perutnya, lalu sayat-sayat bagian badan ikan kemudian cuci hingga bersih, selanjutnya celupkan pada campuran air jeruk dan juga kunyit, sambil dipijat-pijat agar bau amis ikan gurame akan hilang dan jika diolah akan terasa lezat.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, kemudian goreng ikan gurame hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan.
  3. Setelah itu siapkan bahan untuk membuat bumbu nyat-nyat, yang pertama adalah siapkan ulekan kemudian masukan lengkuas, jahe, kunyit dan juga kenur, lalu ulek kasar, selanjutnya tambahkan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit. Lalu ulek hingga halus kemudian tambahkan bumbu wangen lalu ulek lagi hingga halus.
  4. Selanjutnya panaskan miyak goreng secukupnya lalu tumis bahan bumbu halus hingga harum, kemudian tambahkan  terasi, daun jeruk, kemudian serai, garam dan juga gula merah, lalu aduk-aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya tambahkan pula santan dan juga air kaldu kedalam tumisan tersebut, aduk-aduk hingga mendidih dan juga mengental.
  6. Selanjutnya masukan ikan gurame goreng, lalu aduk-aduk hingga bumbu meresep.
  7. Angkat, simpan ikan gurame pada piring saji lalu siram kembali ikan gurame diatasnya dengan bumbu nyat-nyat nya. Siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Memasak Ikan Gurame Goreng Nyat nyat yang bisa anda coba dirumah. Rasa yang nikmat dan pedas ini tentunya akan menambah selera anda kala menyantapnya. Sajikan bersama dengan nasi putih ditambah dengan beberapa bahan lainnya berpa lalaban, seperti mentimun, kol, daun selada, dll. Dengan memasak ikan gurame goreng nyat-nyat tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share Resep dan Cara Memasak Ikan Gurame Goreng Nyat nyat ini kepada saudara terinta anda, serta teman-teman pecinta kuliner selerasa.com, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Spesial Masakan Ikan Gurame Kuah Pucung yang Enak dan Lezat

ikan gurame kuah pucung

Ikan gurame kuah pucung merupakan masakan yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Sajian yang berbeda dan juga istimewa kami hadirkam masakan berbahan dasar ikan gurame. Pilihan pada ikan gurame Karen memang ikan gurame memilki banyak kandungan gizi, selain itu juga dagingnya yang tebal ditambah rasa yang gurih dari ikan gurame ini sehingga banyak yang menyukai masakan dari ikan gurame. Ikan gurame hidup di air tawar dan memiiki bentuk yang unik dank has dan juga memiliki tulang yang besar dan tebal.

Berbicara masakan berbahan dasar ikan gurame kali ini kami mengajak anda, mencoba masakan ikan gurame kuah pucung. Kuah pucung ini memiliki rasa yang khas serta unik yang sebetulnya hampr sama dengan masakan semur. Nah penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, yuk kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep Spesial Masakan Ikan Gurame Kuah Pucung yang Enak dan Lezat

Review

4.7 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan Ikan Gurame Kuah Pucung yang Enak dan Lezat

Bahan/ bumbu

  • 1 ekor ikan gurame ukuran besar, dipotong-potong menjadi 4 bagian
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sdt garam
  • 300 ml air
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Kuah

  • 850 ml air
  • 3 batang serai, memarkan
  • 2 buah daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk, tulangnya dibuang
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 buah tomat uykuran sedang, dipotong-potong
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Bumbu Halus

  • 12 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 4 buah kluwek, direndam 100 ml air hangat
  • 2 cm kunyit
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 4 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Kuah Pucung yang Enak dan Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan hingga bersih, selanjutnya lumuri dengan air jeruk, garam, ketumbar bubuk dan juga air, kemdian diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu panaskan minyak lalu goreng ikan gurame hingga kering dan juga matang, lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya membuat kuah, pertama panaskan minyak untuk menumis, lalu tumis bumbu halus, kemudian tambahkan serai, daun salam, daun jeruk dan juga lengkuas, hingga mengelurakn aroma harum.
  4. Selanjutnya tambahkan air, kemudian gula pasir dan juga garam, lalu didihkan, setelah itu tambahkan tomat dan juga daun bawang, masak sampai mendidih setelah itu masukan ikan gurame, masak hingga matang.
  5. Angkat dan siap disajikan dengan ditaburi dengan bawang goreng.

Itulah dia Resep Spesial Masakan Ikan Gurame Kuah Pucung yang Enak dan Lezat yang bisa anda coba dirumah.  Bahan yang mudah ditemukan serta cara pembuatan yang sederhana menjadikan masakan ini pilihan keluarga tercinta. Rasa dari ikan gurame serta ditambah dengan kuah pucung menjadikan masakan ini lezat, gurih dan pedas.  Namun tetap diperhatikan dalam keluarga tentunya sang anak pun ingin mencicipi masakan ikan gurame yang tentunya tidak menambahkan cabai pada masakan ini. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat menjadikan dengan begitu suasana keluarga menjadi istimewa. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Spesial Masakan Ikan Gurame Kuah Pucung yang Enak dan Lezat pada teman, atapun keluarga tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Kremes Telor Mentega

gurame goreng kremes telor mentega

Masih dalam varian aneka resep masakan ikan gurame salah satu yang akan dibahas kali ini adalah mebuat ikan gurame goreng kremes telor mentega.

Ikan gurame salah satu ikan yang banyak disukai oleh banyak kalangan, Karena ikan gurame ini memiliki daging yang tebal dan empuk serta lezat kala dimasak. Salah satu masakan dari ikan gurame adalah ikan gurame goreng saus mentega, lalu masakan gulai ikan gurame, kemudian ikan gurame bumbu rujak dan masih banyak lagi masakan berbahan dasar ikan gurame ini. Selain dari masakan yang lezat kala disantap, ikan gurame ini memiliki ganyak kandungan gizi yang baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu disarankan agar anak anda banyak mengkonsumsi ikan karena ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik dan mapu mencerdaskan otak anak anda.

Perpaduan ikan gurame dengan kremes telor ini tentunya akan sangat menggoda, rasa dari ikan gurame ditambah dari rasa telur tentunya akan menambah lezat masakan ini. Nah bagi anda yang sangat suka dengan masakan bahan dasar ikan gurame, berikut resep dan cara membuatnya ikan gurame goreng kremes telor mentega.

Nama Resep

Resep dan cara membuat ikan gurame goreng kremes telor mentega

Review

4.9 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat ikan gurame goreng kremes telor mentega

Bahan

  • 2 ekor ikan gurame (fillet badan gurame potong-potong)
  • 1 ½ sendok garam
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bahan pelapis ikan

  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gr tepung sagu
  • 50 gram tepung meizena
  • 2 butir telur
  • 50 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk

Bahan Untuk Keremes telur

  • 8 kuning telur
  • 1 sendok teh gula
  • 2 sendok teh kaldu
  • 2 sendok makan margarine
  • 1 sendok teh kaldu instan
  • ½ sendok teh penyedap rasa
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat ikan gurame goreng kremes telor mentega

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan gurami hingga bersih kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan juga garam, lalu diamkan sekiat 10 menit.
  2. Selanjutnya adalah semua untuk bahan pelapis dicampurkan lalu aduk hingga rata.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian ikan gurame dicelupkan pada bahan pelapis lalu goreng sampai matang dan warnanya kuning keemasan. Lakukan sampai bahan ikan gurame habis.
  4. Selanjutnya adalah membuat kremes telor, yang pertama adalah mengkocok kuning telur hiungga berbusa lalu tambahkan penyedap rasa, lalu kaldu ayam serta garam, aduk hingga rata.
  5. Kemudian panaskan minyak goreng yang diberi margarine selanjutnya tuang kuning telur secara perlahan sambil diaduk memutar, lakukan aduk terus sampai nanti bentuknya menjadi kremesan-kremesan, angkat dan tiriskan.
  6. Terakhir adalah menaburkan kremesan telor mentega tersebut diatas ikan gurame yang disimpan pada wadah berupa piring. Siap disajikan

Itulah dia resep dan cara membuat ikan gurame goreng kremes telor mentega yang bisa anda buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhan tentunya akan sangat mudah. Sajikan ikan gurame kremes telor mentega ini bersama dengan nasi putih hangat ditambah beberapa bahan berupa lalaban ataupun krupuk, dan bagi anda yang suka pedas tentunya membuat sambal agar nafsu makan anda bertambah. Dengan membuat ikan gurame kremes telur mentega ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan resep dan cara membuat ikan gurame goreng kremes telor mentega ini kepada teman, kerabat serta saudara pecinta kuliner selerasa.com, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Spesial Membuat Ikan Gurame Goreng Saus Mentega Mudah dan Praktis

gurame goreng saus mentega

Mencoba membuat kreasi masakan berbahan dasar ikan gurame dengan cara membuat ikan gurame goreng saus mentega mudah dan praktis.

Banyak varian aneka masakan ikan gurame yang bisa anda sajikan, salah satunya membuat ikan gurame saus mentega, yang memiliki cita rasa yang khas dari aroma mentega tentunya akan menambah selera kala anda menyantapnya. Seperti halnya masakan ikan gurame lainnya seperti gulai ikan gurame, ikan gurame bumbu rujak, dan masih banyak lagi varian aneka masakan ikan gurame namun ternyata membuat ikan gurame goreng saus mentega juga tidak kalah nikmatnya. Selain rasa yang khas dari ikan gurame goreng saus mentega ini, yaitu dalam pembuatan yang sederhana, mudah dan juga praktis, sehingga dengan cepat masakan ini cepat tersaji. Masakan ini sangat cocok untuk anak karena anak sangat menyukai rasa harum dari mentega ini, selain itu juga masakan ikan gurame goreng saus mentega ini tidak memiliki rasa yang pedas, naumn bagi anda yang menykai masakan pedas bisa tambahkan cabai sesuai selera. Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui lebih jauh resep dan cara membuat masakan ikan gurame goreng saus mentega ini, berikut penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Spesial Membuat Ikan Gurame Goreng Saus Mentega Mudah dan Praktis

Review

4.8 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Gurame Goreng Saus Mentega Mudah dan Praktis

Bahan Utama

  • 1 ekor gurame, dipotong-potong menjadi 4 bagian
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Saus

  • 100 gram margarin
  • 1 buah bawang bombay, diiris panjang
  • 2 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 2 sdm kecap inggris
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang, diiris miring
  • 2 buah jeruk limau, (perasannya)
  • 100 ml air

Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Saus Mentega Mudah dan Praktis

Cara Memasak

  1. Ikan gurame dicuci hingga bersih kemudian lumuri menggunakan garam, kecap asin, dan juga merica, lalu diamkan sekiat 15 menit.
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng lalu ikan gurame digoreng hingga matang, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya adalah membuat saus, yang pertama memanaskan margarine, kemudian tumis bawang Bombay, dan juga bawang putih hingga tercium aroma harum, lalu masukan ikan gurame, aduk hingga rata.
  4. Selanjutnya tambahkan kecap manis, merica bubuk, kecap inggris dan juga gula pasir, lalu aduk hingga rata, selanjutnya air dituang, lalu aduk-aduk hingga mendidih, terakhir masukan daun bawang dan perasan air jeruk limau, aduk hingga rata. Masak hingga matang.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Spesial Membuat Ikan Gurame Goreng Saus Mentega Mudah dan Praktis yang patut anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara memasak yang sederhana dan praktis ikan gurame ini tetap memiliki rasa yang khas, nikmat dan juga gurih. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat tentunya akan menambah selera makan anda akan bertambah ditambah dengan beberapa bahan tambahan lainnya berupa lalaban ataupun membuat sambal agar ada cita rasa pedas sehingga anda lahap kala menyantapnya. Bertambah wawasan juga tentunya bagi anda dengan mengetahui resep serta cara memasak ikan gurame goreng saus mentega ini menjadi salah satu koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Spesial Membuat Ikan Gurame Goreng Saus Mentega Mudah dan Praktis kepada pecinta kuliner selerasa.com terdekat anda tentunya, dan jangan lupa pula beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep Mudah Membuat Gulai Ikan Gurame Enak, Lezat dan Special

gulai ikan gurame

Ikan gurame termasuk ikan yang banyak diminati oleh para pecinta kuliner, terlebih dimasak dengan cara di gulai yang memiliki rasa yang enak, lezat dan special.

Ikan gurame ikan yang memiliki bentuk tubuhnya yang khas serta memiliki tulang yang cukup besar-besar, namun ikan gurame ini memiliki tekstur dagingnya yang tebal serta empuk, sehingga banyak varian masakan berbahan dasar ikan gurame. Selain rasanya yang gurih serta nikmat ikan gurame ini tentunya memiliki kandungan gizi yang baik sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan pada ikan gurame sendiri terdapat protein, omega 3 dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan gurame ini.

Aneka varian masakan ikan gurame ini salah satunya dengan cara dimasak seperti di pepes, di sup, dibakar dan juga bahkan bisa dibuat gulai yang tidak kalah lezat dan gurihnya dengan varian masakan ikan gurame lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran, bagaimana resep dan cara membuat gulai ikan gurame ini, mari kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep Mudah Membuat Gulai Ikan Gurame Enak, Lezat dan Special

Review

4.9 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Gulai Ikan Gurame Enak, Lezat dan Special

Bahan Utama

  • ½ kg ikan gurame ukuran sedang
  • 750 ml santan kental
  • 4 buah belimbing wuluh, dipotong-potong bulat
  • Daun kemangi secukupnya (ambil daunnya)
  • Air Jeruk (untuk melumuri ikan)

Bahan Bumbu yang dihaluskan

  • 9 buah bawang merah
  • 6 buah bawang putih
  • 7 butir kemiri
  • 2 ruas jari kunyit
  • 3 ruas jari jahe
  • 2 sendok teh ketumbar

Bahan Bumbu Lainnya

  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh, digeprek
  • 3 buah cabe ijo potong-potong ukuran sedang
  • 3 buah cabe merah potong-potong ukurang sedang
  • Gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Gulai Ikan Gurame Enak, Lezat dan Special

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci bersih ikan gurame kemudian lumuri dengan perasan air jeruk, lalu diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng secukupnya kemudian tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan daun salam, daun sereh dan juga daun jeruk.
  3. Kemudian masukan ikan gurame, lalu belimbing wuluh, lalu tambahkan pula cabe merah dan cabe ijo yang sudah dipotong-potong, dan juga tambahkan bawang merah yang sudah diiris, lalu garam, gula, aduk-aduk, lalu masak hingga matang
  4. Selanjutnya adalah masukan daun kemangi agar gulai ikan gurame mengeluarkan wangi harum yang sedap.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah Resep Mudah Membuat Gulai Ikan Gurame Enak, Lezat dan Special yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara memasak yang sangat sederhana. Rasa lezat dan gurih serta bau aroima wangi dari gulai ikan gurame ini tentunya akan menambah nafsu makan anda. Sajikan gulai ikan gurame ini ditambah dengan beberapa bahan tambahan lainnya berupa lalaban, mentimun, tomat, kol, serta kerupuk yang akan menambah suasana keluarga anda menjadi hangat. Dengan mengetahui resep dan cara memasak gulai ikan gurame ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Dan jangan lupa share ya Resep Mudah Membuat Gulai Ikan Gurame Enak, Lezat dan Special pada semua pecinta kuliner baik teman, saudara, sahabat, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Mudah Memasak Pindang Ikan Gurame Yang Enak dan Gurih

pindang ikan gurame

Pindang ikan gurame memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat dan gurih kala disantap.

Masakan pindang salah satu masakan yang menjadi favorit karena memiliki rasa yang manis dan juga gurih. Pindang juga merupakan masakan ikan ditambah dengan perpaduan dalam memasak serta penggaraman, sehingga yang dihasilkan ikan akan menjadi lebih awet dan juga memiliki kadar garam yang rendah. Pindang seperti kita ketahui memiliki citarasa yang khas, kemudian teksturnya, dalam proses memasaknya disesuaikan dengan jenis ikan yang akan dimasak dengan cara di pindang. Banyak ikan yang dimasak dengan cara dipindang salah satunya ikan tuna, ikan kembung, ikan mas dan masih banyak ikan lainnya yang tentunya disesuaikan dengan selera anda.

Namun dalam memasak pindang kali ini bahan ikan yang akan kami pilih adalah ika gurame. Ikan gurame memiliki cita rasa yang gurih dan lezat sehingga sangat cocok apabila dimasak dengan cara di pindang. Selain rasa, ikan gurame memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, salah satunya ikan memiliki protein yang tinggi. Masakan ikan memang cenderung sangat cocok bagi anak-anak karena bermanfaat untuk mencerdaskan otak anak anda. Selain dimasak dengan cara dipindang ikan gurame sebetulnya banyak varian memasaknya salahsatunya membuat sup ikan gurame, ikan gurame saus tiram dan pepes ikan gurame dll. Bagi anda yang penasaran bagaimana resep dan cara membuat pindang ikan gurame berikut simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep Mudah Memasak Pindang Ikan Gurame Yang Enak dan Gurih

Review

4.8 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pindang Ikan Gurame Yang Enak dan Gurih

Bahan

  • 1/2 kg ikan gurame
  • 4 siung bawang merah, diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 batang sereh dimemarkan
  • 1 buah tomat ukuran sedang, diiris
  • 3 buah belimbing wuluh iris
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 cm jahe iris tipis
  • 2 cm lengkuas iris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • air secukupnya
  • Gula putih secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 buah Cabe rawit

Cara membuat Pindang ikan gurame yang enak dan gurih

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci bersih ikan gurame, kemudian potong menjadi tiga bagian.
  2. Selanjutnya adalah mendidihkan air, menggunakan api sedang.
  3. Kemudian masukan semua bahan, lalu masak sampai ikan gurae matang dan rasanya manis.
  4. Biarkan hingga nanti terlihat airnya menyusut dan bumbunya pun meresap.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Mudah Memasak Pindang Ikan Gurame yang bisa anda coba dirumah. Rasa yang manis serta gurih khas masakan pindang ikan gurame ini tentunya akan menggugah selera anda. Masakan pindang ikan gurame ini memang identik dengan rasa yang manis namun bagi anda yang gemar dengan masakan pedas tidak ada salahnya tambahkan cabai sesuai selera. Dengan memasak ikan pindang gurame ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda, selamat mencoba.

Dan jangan lupa share resp mudah memasak pindang ikan gurame ini kepada pecinta kuliner selerasa.com, sahabat, atapun keluarga terinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Membuat Pepes Bakar Ikan gurame Gurih dan Lezat

pepes bakar ikan gurame

Resep special kali ini adalah membuat pepes bakar ikan gurame, rasa lezat serta gurih akan menggoyangkan lidah anda semua.

Masih dengan varian masakan ikan gurame, mungkin sebelumnya selera.com membahas masakan ikan gurame dengan cara di sup, dibakar, dll. Ikan gurame menjadi pilihan pecinta kuliner selerasa.com karena ikan gurame memiliki bentuk yang khas serta memiliki duri yang besar. Selain itu ikan gurame juga memiliki kandungan gizi yang baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah kandungan yang paling baik adalah protein, karena memang makanan ikan kaya akan protein yang tinggi, disamping itu juga ikan memilki kandungan lemak yang baik dan sehat dibandingkan dengan lemak yang terdapat pada daging ayam maupun daging sapi. Adapaun kandungan lainnya berupa omega 3 dan masih banyak manfaat yang bisa didapat dari ikan, khususnya ikan gurame.

Kali ini yang akan kami bahas adalah membuat masakan pepes ikan gurame bakar dengan cita rasa yang gurih dan lezat, cara pembuatannya pun memang sedikit unik, karena setelah dikukus pepes ikan ini langsung dibakar dengan menggunakan panggangan yang ditarus diatas bara api, penasaran bagaimana resep dan cara mebuatnya, berikut simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep Special Membuat Pepes Bakar Ikan gurame Gurih dan Lezat

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pepes Bakar Ikan gurame Gurih dan Lezat

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan gurame (ukuran sedang 600 gram)
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk, (diiris kasar)
  • 2 batang serai, iris serong
  • 1 ruas jahe, iris tipis
  • 1 ruas lengkuas, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau besar, iris serong
  • 1 ikat kemangi, (daunnya)
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Bahan Bumbu Halus

  • 5 buah cabai merah kritiing
  • 7 butir bawang merah
  • 3 siungbawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 ruas kunyit bakar
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat Pepes Bakar Ikan gurame Gurih dan Lezat

Cara membuat bumbu halus

  1. Untuk semu bahan bumbu yang dihaluskan bisa dengan menggunakan ulekan ataupun bisa dengan menggunakan blender.

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan gurame, buang isi perutnya, kemudian kerat-kerat baian tubuhnya, lalu cuci hingga bersih.
  2. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu halus dan juga dengan minyak goreng hingga merata ke bagian rongga dalam perut ikan gurame, kemudian diamkan sekitar 20 menit.
  3. Setelah itu siapkan beberapa lembar daun pisang, kemudian tumpuk lalu beri bahan irisan setangahnya kemudian simpan ikan gurame yang sudah dilumuri dengan bumbu halus, kemudian tambahkan pula diatas ikan gurame dengan bahan bumbu iris yang sisanya.
  4. Selanjutnya gulung ikan gurame dan sematkan bagian ujungnya menggunakan daun lidi ataupun tusukan gigi.
  5. Gulungan ikan gurame dikukus sampai matang, setelah itu panggang dengan menggunakan bara api ataupun menggunakan api yang kecail, hingga daun pisang terlihat hangus serta kering, kemudian angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Special Membuat Pepes Bakar Ikan gurame Gurih dan Lezat yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sederhana dan cepat. Dengan begitu tentunya membuat pepes bakar ikan gurame ini akan menambah koleksi menu harian anda, adapun masakan ikan gurame lainnya berupa sup ikan gurame, ikan gurame acar kuning dan masih banyak lagi, selamat mencoba.

Dan jangan lupa share ya Resep Special Membuat Pepes Bakar Ikan gurame Gurih dan Lezat pada teman-teman, kerabat serta saurada anda, dan janga lupa juga beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Rica- rica Enak dan Praktis

ikan gurame rica-rica

Masakan dengan rasa yang gurih dan lezat tentunya akan membuat anda ketagihan kala menyantapnya, seperti masakan ikan gurame goreng rica-rica.

Berbicara tentang masakan ikan, banyak sekarang ini masakan yang menyajikan berbagai bahan dasar ikan, terlebih apabila anda sedang berkunjung ke restoren-restoran ataupun tempat rumah makan, biasanya selalu tersaji masakan berbahan dasar ikan, salah satunya ikan mujair, ikan patin, ikan gurame dan juga ikan lainnya baik yang di air tawar maupun ikan yang hidup di air laut.

Untuk anda yang gemar dengan ikan air tawar khususnya ikan gurame, dan tentunya tidak perlu untuk sengaja pergi ke tempat-tempat  rumah makan, karena kali ini akan kami berikan resep special membuat masakan ikan gurame rica-rica yang enak dan juga praktis. Cita rasa yang menggoda dalam bumbu rica-rica ini tentunya sangat berbeda dengan masakan lainnya.  Karena ikan gurame ini salah satu ikan yang banyak digemari oleh banyak kalangan terlebih daging ikan gurame ini sangat gurih dan lezat ditambah dengan bumbu-rica, selain itu juga ikan gurame memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, Nah, penasaran bukan, berikut ini kami berikan ulasannya dibawah.

Nama Resep

Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Rica- rica Enak dan Praktis

Review

4.8 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Rica- rica Enak dan Praktis

Bahan/ bumbu

  • 1 ekor ikan gurame, fillet, potong bentuk dadu
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram tepung beras
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, dimarkan
  • 1 batang serai, dimarkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • 75 ml minyak goreng untuk menumis
  • minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu Tumbuk Kasar

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat merah

Cara membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Rica- rica Enak dan Praktis

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah menucui ikan gurame hingga bersih, selanjutnya lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, diamkan sebentar, lalu gulingkan pada tepung beras yang sudah disediakan pada mangkuk.
  2. Nyalakan api sedang, kemudian panaskan minyak goreng lalu goreng ikan gurame hingga matang, kemudian tiriskan.
  3. Selanjutnya panaskan minyak untuk menumis, lalu tambahkan bumbu bahan kasar, lalu daun salam, lengkuas dan juga serai, aduk hingga tercium aroma harum, setelah itu masukan ikan gurame goreng, aduk kembali hingga rata.
  4. Selanjtnya tambahkan garam, gula pasir dan juga air, lalu masak ikan gurame hingga bumbunya meresap dan matang.
  5. Ikan gurame goreng rica-rica siap disajikan bersama dengan hangatnya nasi putih.

Itulah dia Resep Special Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Rica- rica Enak dan Praktis yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang tentunya mudah ditemukan da cara pembuatan yang sangat sederhana dan juga praktis sehingga tidak memerlukan waktu banyak memasaknya. Sajikan ikan gurame rica-rica ini pada kesempatan makan bersama dengan keluarga tercinta anda. Dan tentunya dengan membuat ikan gurame rica-rica ini akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Special  Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Rica- rica Enak dan Praktis pada saudara, kerabat atauun sahabat tercinta anda, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special

ikan gurame bakar

Aroma rasa harum dari ikan bakar gurame tentunya akan menggugah selera anda, ditambah dengan sambal kecap pedas menjadikan masakan ikan gurame bakar menjadi sangat special.

Aneka varian ikan memang sangat banyak khususnya ikan gurame. Ikan gurame ini bisa diolah menjadi sesuatu masakan yang berbeda dan gurih. Salah satu masakan yang banyak diminati dari ikan gurame ini adalah dengan cara dibakar. Ikan gurame bakar ini akan banyak ditemukan di restoran-resetoran ataupun tempat makan lainnya yang biasanya banyak ditemukan ditempat wisata. Namun ikan gurame ini tidak hanya dibakar saja ada beberapa masakan ikan gurame seperti sup ikan gurame, ikan gurame bumbu rujak dan banyak lagi masakan lainnya.

Menikmati liburan bersama dengan keluarga tercinta tentunya akan sangat menyenangkan, tempat wisata salah satu tempat bermain bagi siapapun terlebih bagi anak-anak merupakan arena tempat untuk bermain. Namun bagi anda yang sedang tidak melakukan perjalanan ataupun berwisata, tidak ada salahnya mencoba membuat sesuatu makanan yang sederhana yaitu ikan bakar, ikan yang dipilih tentunya ikan gurame karena memiliki daging yang empuk dan gurih.  Penasaran resep dan cara membuat ikan gurame bakar kecap pedas special, yuk kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special

Review

4.8 review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special

Bahan

  • 2 ekor ikan gurame ( 800 gram), dikerat-kerat
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 5 sdm air asam jawa
  • 5 sdm kecap manis
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan bumbu halus

  • 5 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt garam

Bahan Sambal Kecap

  • 5 sdm kecap manis
  • 1 buah tomat, buang bijinya, lalu potong-potong
  • 5 buah cabe rawit merah, diiris-iris
  • 5 buah cabe rawit hijau, diris-iris
  • 2 butir bawang merah, diiris-iris
  • ½ sdt air jeruk nipis

Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special

Cara membuat :

  • Yang pertama dilakukan adalah merendan ikan gurame dengan mengyunakan iar jeruk nipis dan juga garam, kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  • Selanjutnya adalah panaskan minyak untuk menumis, kemudian tumis bumbu halus hingga aroamnya tercium harum.
  • Setelah itu tambahkan asam jawa, lalu aduk hingga rata. Lalu angkat simpan pada mangkuk, kemudian tambahkan kecap manis, lalu aduk hingga rata.
  • Setelah itu ikan gurame dilumuri dengan bahan bumbu, lalu bakar di atas panggangan hingga matang.
  • Ikan gurame bakar siap disajikan bersama dengan sambal kecapnya.

Demikianlah Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special yang bisa anda coba dirumah. Sangat mudah dan simple dalam pembuatannya menjadikian makanan ikan gurame bakar ini sangat lezat kala disantap, ditambah dengan beberapa bahan pelengkap berupa lalab, seperti mentimun, tomat dan juga yang lainnya, hmmm sepertinya enak dan patut di coba para pecinta kuliner selerasa, Dan yang paling penting tentunya dengan membuat ikan gurame bakar ini akan menambah koleksi menu harian anda, Selamat mencoba.

Berikut adalah Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat ikan bakar kecap pedas special ini pada teman dan saudara tercinta anda, dan jangan luypa beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame Bening Enak, Segar dan Lezat

sup ikan gurame bening

Makanan yang berkuah tentunya sangat disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa yang nikmat dan juga segar kala disantap, ditambah bahan berupa ikan guramne didalam sup tersebut.

Sup salah satu makanan sup yang banyak diminati tentunya adalah sup ikan gurame bening, dimana resep ikan gurame ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan, selain itu juga biasanya dalam pembuatan sup selalu ada beberapa bahan tambahan berupa wortel, kentang, kol dan banyak lagi sayuran yang tentunya sangat baik juga untuk kesehatan. Sup ini juga sangat baik apabila dikonsumsi oleh siapapun terlebih bagi anak, karena ikan gurame ini memiliki kandungan protein yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya sup ini sangat cocok dikonsumsi apabila cuaca sedang dingin ataupun cuaca turun hujan. Namun terlepas dari itu sebetulnya sup ikan guarem bening ini bisa dikonsumsi kapan saja sesuai dengan kebutuhan menu makanan anda. Membuat sup ikan gurame ini memang banyak macamnya seperti salahsatunya adalah masakan sup ikan gurame kemangi dimana ada tambahan berupa daun kemangi, namun sesuai dengan selera anda bisa menambahkan bahan apa saja tentunya. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat sup bening ikan gurame, berikut penjelasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame Bening Enak, Segar  dan Lezat

Review

4.6 review 95

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Sup Ikan Gurame Bening Enak, Segar  dan Lezat

Bahan

  • 2 ekor ikan gurame yang masih segar
  • 3 cm jahe, dimemarkan
  • 1 buah wortel, diiris tipis
  • 100 gram kentang, dipotong dadu
  • 1 batang bawang daun polong, diiris tipis
  • 2 utas daun seledri, diiris tipis
  • 2 buah tomat merah, dipotong-potong
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 3 butir bawang merah, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 6 buah cabe rawit, dipotong-potong
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara membuat Sup Ikan Gurame Bening Enak, Segar  dan Lezat

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci bersih ikan gurame, kemudian potong sesuai selera anda.
  2. Selanjutnya adalah menumis bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang putih dan juga bawang merah, hingga tercium aroma harum.
  3. Selanjutnya tambahkan jahe pada tumisan, aduk hingga layu.
  4. Setelah itu tambahkan air, kemudian tunggu sampai air mendidih.
  5. Setelah mendidih masukan ikan gurame, lalu kentang, kemudian wortel, diamkan hingga mendidih, aduk sekali-kali hingga matang.
  6. Selanjutnya masukan bumbu berupa merica bubuk, gula, garam, penyedap rasa, aduk hingga rata.
  7. Setelah itu, tambahkan tomat, kemudian irisan daun bawang bawang polong serta seledri, dalam keadaan api mati.
  8. Sup bening ikan gurame siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame bening Enak, Segar  dan Lezat yang bisa anda buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Unutuk bahan tambahan bisa masukan bawang goreng apabila anda menyukainya. Dengan membuat sup bening ikan gurame tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba Resep Masakan Ikan ini.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame bening Enak, Segar  dan Lezat pada teman, kerabat, serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak

Rujak menjadi salah satu pilihan dalam pembuatan masakan yang kali ini akan kami padukan bersama dengan ikan gurame.

Siapa yang tidak kenal dengan rujak, salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan lansia sangat menyuaki makanan rujak ini. Rujak memang identik dengan buah-buahan, namun apa jadinya apabila bumbu rujak ini kita padukan dengan bahan berupa ikan. Ikan yang akan kita pilih kali ini adalah ikan gurame, dimana ikan gurame ini memiliki rasa yang gurih dan juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.

Ikan gurame yang digoreng ditambah dengan bahan bumbu rujak tentunya memiliki rasa yang unik namun tetap rasa yang khas dari bumbu rujak ini semakin menggugah selera anda kala menyantapnya. Untuk ikan gurame ini tidak hanya digoreng saja anda bisa ikan guramenya dengan cara dibakar, tentunya sesuai selera anda. Namun kali ini saya ingin ikan guramnenya di goreng. Penasaran bagaimana resep dan cara membuat masakan ikan gurame goreng bumbu rujak, kita simak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak

Review

4.6 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak

Bahan Utama

  • 1 ekor ikan Gurame (800 gram)
  • 150 ml santan (kental)
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan Bumbu

  • 50 gram Cabe merah keriting
  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 5 buah kemiri, disangrai
  • 1 cm Jahe
  • 1 cm kunyit, dubakar
  • 1 buah Tomat ukuran sedang
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • 5 gram Gula jawa
  • Garam secukupnya

Cara membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mebersihkan ikan gurame lalu kerat-kerat selanjutnya dilumuri dengan jeruk nipis dan juga garam, diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu goreng ikan gurame hingga matang dan warnanya berubah hingga coklat kekuningan, lalu sisihkan.
  3. Kemudian cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit serta jahe dihaluskan, dengan cara diulek ataupun bisa menggunakan blender
  4. Setelah itu panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis bahan yang sudah dihaluskan hingga aroma tercium harumm setelah itu tambahkan daun jeruk yang sudah disobek-sobek, kemudian tambahkan daun salam serta santan kental.
  5. Setelah terlihat mendidih kemudian masukan ikan gurame, kemudian beri kaldu, gula jawa serta garam, lalu diamkan hingga bumbunya meresap pada ikan guramenya, jangan lupa menggunakan api kecil.
  6. Yang terakhir adalah tambahkan irisan tomat, kemudian angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu banyak. Rasa lezat dari bumbu rujak ini tentunya akan menambah selera makan anda. Sajikan bersama dengan keluarga tercinta anda pada saat sedang berkumpul. Dengan membuat masakan ikan gurame bumbu rujak ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak pada teman, sahabatm, kerabat serta saydara tercinta, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Tiram

gurame saus tiram

Rasa yang lezat serta guirih kala disantap tentunya mampu mengoyangkan lidah anda kala mengkonsumsi ikan gurame goreng saus tiram.

Berbicara varian aneka masakan ikan memang banyak sekali jenis ikan yang bisa diolah sedemikian rupa, baik ikan laut maupun ikan tawar. Sebagai contoh salah satunya ikan laut yang gemar dikonsumsi masyarakat luas adalah ikan tuna, adapun ikan air tawar yang banyak dikonsumsi adalah ikan patin, selain itu juga ikan gurame dan banyak lagi ikan yang bisa dikonsumsi sesuai selera anda tentunya. Namun kali ini kami mengajak bagaimana mengolah ikan gurame menjadi masakan yang lezat, salah satunya adalah membuat masakan ikan gurame saus tiram.

Masakan ikan gurame saus tiram ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja, selain rasanya yang lezat dan gurih ternyata pada masakan ini terdapat pula kandungan gizi yang baik, baik dari ikan gurame sendiri maupun bahan tambahan lainnya berupa brokoli yang tentunya sangat baik bagi kesehatan. Ikan gurame seperti kita ketahui memiliki kandungan protein yang baik dan juga memiliki kandungan vitamin E yang tentunya sangat baik untuk kulit.

Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan gurame khususnya ikan gurame goreng saus tiram, kali ini kami mengajak anda bagaimana resep dan cara membuatnya, kita simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Tiram

Review

4.7 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Tiram

Bahan

  • 350 gram Ikan gureame fillet
  • 150 gram Brokoli
  • 1 butir Telur
  • 250 gram Tepung terigu
  • 200 ml air putih
  • 1 sdm Tepung maizena
  • 100 gram Paprika merah
  • 1 sdt garam
  • 5 sdm Saus tiram
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Tiram

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah memotong paprika, kemudian potong-potong menjadi bentuk segitiga.
  2. Selanjutnya tepung maizena larutkan menggunakan air secukupnya lalu aduk hingga rata.
  3. Kemudian gurame fillet dipotong seperti bentuk dadu
  4. Ikan gurame yang sudah dipotong masukan pada wadah kemudian tambahkan garam dan juga telur, lalu aduk hingga rata, lalu tambahkan tepung terigu, aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya panaskan minyak goreng kemudian goreng ikan gurame hingga warnanya berubah kekuning kekemasan dan matang, angkat lalu tiriskan.
  6. Selanjutnya menumis brokoli dan juga prapika menggunakan minyak secukupnya, aduk-aduk kemudian tambahkan air secukupnya dan juga tambahkan pula saus tiram, aduk hingga rata.
  7. Selanjutnya tambahkan pula larutan tepung maizena, kemudian aduk hingga rata dan juga kuahnya menjadi mengental dan mendidih.
  8. Terakhir siramkan kuah saus tiram ini pada ikan gurame goreng  yang sudah disimpan pada piring dengan rata.
  9. Ikan gurame saus tiram siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Tiram yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhana tanpa memerlukan waktu yang banyak. Dengan begitu membuat masakan ikan gurame goreng saus tiram ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Goreng Saus Tiram pada teman, kerabat serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa pula beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Tepung Asam Manis Nanas Enak dan Special

ikan gurame tepung asam manis

Masakan ikan Gurame tepung asam manis merupakan sajian yang memiliki cita rasa yang enak dan juga special.

Ikan gurame merupakan ikan yang hidup diair tawar dengan memiiki dagingnya yang padat, lalu durinya yang besar-besar, namun memiliki rasa yang enak dan gurih, karena itu banyak orang sangat menyukai masakan ikan gurame. Ikan gurame juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan terutama kulit karena terdapat kandungan protein dan juga vitamin E, dengan selalu mengkonsumsi ikan gurame ini kulit anda halus. Selain untuk kulit ikan gurame juga mampu mengganti nsel-sel yang rusak karena ikan gurame memiliki kandungan protein dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari ikan gurame ini.

Ikan gurame ini hampir disetiap restoran ataupun tempat makan lainnya selalu tersedia dengan berbagai macam jenis masakan dari bahan dasar ikan gurame, salah satunya seperti sup ikan gurame, ikan gurame acar kuning dan juga ikan gurame asam manis. Namun yang akan dibahas kali ini adalah masakan ikan gurame tepung asam manis yang memiliki rasa yang khas dari buah nanas, sehingga gurame tepung asam manis ini sangat unit dan tentunya akan menggugah selera anda kala mengkonsumsinya. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat ikan gurame tepung asam manis nanas enak dan special, berikut simak ulasannya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara membuat Masakan Ikan Gurame Tepung Asam Manis Nanas Enak dan Special

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Tepung Asam Manis Nanas Enak dan Special

Bahan utama dan bumbu

  • 900 gram gurame fillet, potong dadu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air jeruk lemon
  • 1 sendok teh tepung sagu
  • 1 sendok teh tepung beras
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah besar, diiris serong
  • 100 gram wortel, potong korek api
  • 3 buah tomat, direbus, haluskan
  • 3 sendok makan makan saus tomat
  • 1 sendok teh kecap inggris
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh tepung sagu, larutkan
  • 1 buah Bawang Bombay
  • kacang polong secukupnya

Bahan pelapis

  • 8 sendok makan tepung terigu
  • 2 butir telur ayam (putihnya saja)

Bahan pelengkap

  • Nanas secukupnya
  • Mentimun secukupnya

Cara membuat Masakan Ikan Gurame Tepung Asam Manis Nanas Enak dan Special

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan gurame dicuci hingga bersih, kemudian lumuri dengan menggunakan air jeruk lemon dan juga garam, fungsinya adalah untuk menghilangkan bau amis pada ikan gurame, setelah itu diamkan sekitar 10-15 menit
  2. Selanjutnya buat bahan pelapis seperti putih telur dan juga tepung terigu aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya celupkan ikan guramne pada bahan pelapis.
  4. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya kemudian goreng ikan gurame hingga matang, dengan menggunakan api sedang, lalu angkat dan sisihkan.
  5. Sekarang membuat saus, yang pertama dilakukan adalah menumis bawang putih, bawang Bombay, dan juga cabai merah hingga harum, lalu tambahkan wortel, aduk-aduk hingga layu wortelnya. Kemudian tambahkan tomat lalu aduk hingga layu pula, setelah itu bubuhi dengan saus tomat, kecap inggris, lalu aduk hingga rata.
  6. Selanjutnya tambahkan air, garam, kacang polong dan juga gula pasir, diamkan masak hingga mendidih dan juga matang (sekali-kali diaduk). Selanjutnya kentalkan menggunakan larutan tepung sagu, aduk hingga mendidih (meletup-letup), lalu tambahkan bahan pelengkap berupa nanas yang sudah diiris dan juga mentimun yang diiris.
  7. Ikan gurame asam manis siap disajikan bersama dengan sausnya.

Itulah dia Resep dan Cara membuat Masakan Ikan Gurame Tepung Asam Manis Nanas Enak dan Special yang bisa anda coba dirumah. Sajikan ikan gurame tepung asam manis ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Cukup mudah bukan? Tentunya masakan ikan gurame asam manis ini akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Dan jangan lupa share Resep dan Cara membuat Masakan Ikan Gurame Tepung Asam Manis Nanas Enak dan Special kepada teman, sahabat serta keluarga tercinta anda, dan jangan lupa pula beri komentar dibawah ini, Terima kasih.

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Acar Kuning

ikan gurame acar kuning

Ikan gurame acar kuning yang memiliki rasa yang khas seperti rasa asam didalamnya tentunya akan menggugah selera makan anda.

Ikan gurame ikan yang hidup di air tawar, dan ikan guame ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Karena itu ikan gurame salah satu ikan yang banyak diminati karena memiliki tekstur daging yang enak dan gurih. Selain itu ikan gurame mampu dibuat sedemikian rupa masakan seperti  sup ikan gurame ataupun masakan yang akan dibahas kali ini adalah ikan gurame acar kuning. Ikan gurame acar kuning ini banyak tersaji di restoran-restoran dimana ikan ini selalu menjadi menu utama para wisatawan kala berkunjung. Namun bagi anda yang tidak hendak bepergian dan hendak ingin membuatnya sendiri dirumah, berikut kami berikan resep dan cara membuat masakan ikan gurame acar kuning.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Acar Kuning

Review

4.7 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Acar Kuning

Bahan Utama

  • Ikan gurame
  • Minyak goreng secukupnya
  • Jeruk nipis
  • 1 gelas air putih (sesuai selera)

Bahan bumbu halus

  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah Bawang putih
  • 1 ons Kemiri (disangrai)
  • 3 cm kunyit
  • 1 buah cabe merah

Bahan Bumbu Lainnya

  • 1 sdm merica
  • ½ sdm gula putih
  • Garam secukupnya
  • 1 ½ sdm ketumbar (dihaluskan)
  • 1  buah tomat ukuran sedang
  • ½ sdt cuka
  • penyedap rasa (bila suka)
  • Bawang Bombay diiris-iris
  • Bawang daun, diiris-iris
  • 1 buah Tomat ukuran kecil  di iris-iris
  • 1 buah Cabai rawit

Bahan bumbu dapur

  • 1 cm Laos
  • 1 batang Sereh
  • 3 lembar Daun salam
  • 3 cm Jahe

Bahan pelengkap

  • Mentimun, diris kecil memanjang
  • Tomat (dipotong hias)
  • Daun lalab

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Acar Kuning

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah ikan gurame dibersihkan terlebih adhulu kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan juga garam, fungsiny yaitu untuk menghilangkan bau amis pada ikan tersebut, lau diamkan sekitar 5 menit.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng lalu ikan gurame digoreng hingga kering dan matang, angkat lalu tiriskan.
  3. Setelah itu panaskan minyak lalu tumis bumbu yang dihaluskan, hingga harum setelah itu tambahkan semua bahan bumbu dapur seperti daun salam, sereh, jahe, dan juga laos. Aduk hingga rata.
  4. Setelah itu tambahkan air sesuai selera, lalu tambahkan pula garam, gula lalu ketumbar yang sudah dihaluskan, bagi yang suka penyedap rasa boleh tambahkan secukupnya  agar rasa menjadi gurih, lalu aduk hingga rata dan mendidih.
  5. Selanjutnya tambahkan ikan gurem lalu aduk hingga rata agar bumbu meresap, sekitar 5-10 menit, selanjutnya tambahkan cuka agar bumbu terasa sedikit masam lalu aduk kembali, setelah matang, lalu angkat
  6. Ikan gurame acar kuning disimpan dalam piring kemudian taburi mentimun yang sudah di potong kecil-kecil, lalu tambahkan tomat dan juga daun lalab lainnya.
  7. Siap disajikan ditambah dengan nasi putih hangat.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Acar Kuning yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat sederhana sehingga tidak memerlukan waktu banyak dalam memasaknya. Dan yang lebih penting Ikan gurame acar kuning ini tentunya akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Dan jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Acar Kuning kepada teman, kerabat ataupun keluarga tercinta anda, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini. Terima kasih

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special

sup ikan giurame

Aneka resep ikan salah satu pilihan masyarakat adalah ikan gurame yang dimasak dengan cara di sup tentunya akan menambah selera anda, ditambah dengan bau harum dari daun kemangi menjadikan sup ini lebih enak dan special.

Varian resep ikan kali ini adalah ikan gurame dimana ikan guame ini ikan yang banyak diminati oleh msyarakat Indonesia karena memiliki dagingnya yang empuk serta memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Ikan gurame ini hidup di air tawar dan ikan gurame juga ikan yang di budidayakan sehingga kelestariannya terjaga. Banyak sekali varian resep ikan gurame yang bisa dikonsumsi, salah satunya yang akan kami bahas kali ini adalah membuat sup ikan gurame aroma kemangi, penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat sup ikan gurame kemangi enak dan special

Bahan :

  • 1 kg ikan gurame
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 jahe ukuran jari, memarkan
  • 1 ikat kemangi (ambil daunnya)
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 buah tomat ukuran sedang, iris-iris
  • 1 sdt garam
  • 5 siung bawang putih , diiris tipis-tipis
  • 8 buah bawang merah , iris tipis-tipis
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt lada hitam
  • 2 buah cabe merah, iris-iris
  • 1 batang daun bawang, potong-potong 1 cm
  • 3 batang daun seledri
  • 1/2 sdm bumbu kaldu ayam bubuk
  • 2 1/2 liter air

Cara Membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special

Cara Memasak :

  1. Yang pertama dilakukan adalah didihkan air sekitar 2 liter dalam panci
  2. Kemudian ikan gurame dibersihkan terlebih dahulu lalu potong menjadi tiga bagian, diantaranya kepala, badan dan juga ekor, kemudian lumuri dengan air jeruk lalu diamkan,  Setelah itu masukan kedalam panci yang sudah mendidih
  3. Lalu tambahkan sebagian jahe, lalu sereh serta garam kedalam panci tersebut, aduk rata lalu didihkan setelah itu ikan gurame sisihkan
  4. Selanjutnya adalah minyak goreng dipanaskan kemudian tumis bawang merah dan juga bawang putih yang sudah di iris-iris, hingga mengeluarkan bau harum.
  5. Setelah itu kaldu bekas rebusan ikan gurame masukan kedalam tumisan, lalu tambahkan cabe merah, lalu bagian jahe yang tersisa, lengkuas, dan juga daun jeruk, aduk hingga rata dan hingga mendidih, selanjutnya tambahkan lada hitam dan juga bubuk kaldu ayam.
  6. Setelah itu masukan ikan gurame, lalu tambahkan tomat diamkan masak hingga 10-15 menit
  7. Kemudian masukan daun bawang, seledri serta daun kemangi, diamkan sebentar hingga layu daun bawang, seledri serta daun kemangi.
  8. Angkat dan sup ikan gurame siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special yang bisa anda buat dirumah. Mudah dan sederhana menjadikan sup ikan gurame ini memiliki rasa yang enak ditambah dengan nasi putih hangat serta bahan tambahan lain berupa kerupuk tentunya menjadi special kala disantap  bersama dengan keluarga tercinta. Dengan begitu Resep dan Cara membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special akan menambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Berikut adalah video Resep dan Cara membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special

Dan jangan jupa share ya Resep dan Cara membuat Sup Ikan Gurame Kemangi Enak dan Special pada teman, sahabat ataupun keluarga tercinta, jangan lupa pula beri komentar dibawah ini. Terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda