Resep Kue Bolu Kukus

aneka bolu kukus

Aneka sajian kue bolu kukus dengan toping, rasa dan bahan yang berbeda-beda yang diharapkan mampu memperkaya koleksi resep ibu dirumah. Sajian kue bolu kali ini merangkum kue bolu kukus dengan bentuk seperti kue muffin yang lucu. Untuk tahu resepnya, simak dibawah ini

Resep dan Cara Membuat Brownis Kukus Cokelat Oreo Tanpa Oven yang Lembut, Legit dan Lezat

Resep-brownis-kukus-cokelat-oreo.jpg

Brownis merupakan salah satu sajian kue basah yang digemari banyak orang karena kelezatan rasanya. Nikmatnya sajian ini akan menyergap mulut siapa saja yang menyantapnya dan membuat si penikmatnya merasa ketagihan.

Brownis itu sendiri memiliki beragam varian yang cukup menggoda. Salah satu brownis yang wajib anda coba yaitu brownis kukus cokelat oreo. Oreo yang melengkapi brownis kali ini akan menjadikan rasanya semakin lezat. Teksturnya yang legit dan lembut akan membuat setiap orang yang menyantapnya jatuh cinta.

Anda bisa menyajikan brownis kukus cokelat oreo ini di tengah keluarga saat kumpul keluarga. Kehadiran brownis ini akan membuat kumpul keluarga semakin hangat. Untuk mendapatkan brownis ini anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya sederhana dan mudah, bahan-bahan yang diperlukannya pun cukup praktis. ( Baca juga : Resep Bolu Kukus Kacang )

Nah, untuk memudahkan anda dalam membuat brownis  kukus cokelat oreo ini di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Brownis Kukus Cokelat Oreo Tanpa Oven yang Lembut, Legit dan Lezat

Review

4,9 review 907

Waktu Memasak

Persiapan : 20 menit

Memasak : 45 menit

Total : 65 menit

Jumlah Porsi

12 potong

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Brownis Kukus Cokelat Oreo yang Lembut, Legit dan Lezat

  • 80 gram tepung terigu
  • 10 buah oreo dengan krim
  • 4 butir telur
  • 50 gram margarin
  • 120 gram gula pasir
  • 20 gram cokelat bubuk
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 75 gram cokelat masak pekat
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Brownis Kukus Cokelat Oreo yang Lembut, Legit dan Lezat

Cara Membuat Adonan

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memanaskan margarin yang sudah disiapkan sampai meleleh. Jika margarin sudah meleleh, silahkan masukan cokelat masak pekat yang sebelumnya sudah dipotong-potong. Aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Jika sudah merata anda bisa langsung menyisihkannya.
  2. Siapkan wadah lalu kocok bahan-bahan seperti gula pasir, telur, dan garam hingga mengembang.
  3. Tambahkan bahan-bahan lainnya yang sudah disiapkan seperti tepung terigu, cokelat bubuk, maizena dan baking powder sambil diayak juga diaduk sampai merata.
  4. Tambahkan campuran margarin ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan perlahan. Jika adonan sudah merata, anda bisa langsung menyisihkannya terlebih dahulu.

Cara Membuat Brownis Kukus Cokelat Oreo

  1. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus adonan. Loyang yang harus anda siapkan yaitu loyang berukuran 10x3x4 cm.
  2. Alasi loyang tersebut dengan menggunakan kertas, namun tanpa diolesi dengan margarin.
  3. Ambil adonan  yang sudah anda buat tadi, lalu tata oreo yang sudah disiapkan di atasnya.
  4. Kemudian kukus adonan dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang dan mengembang.
  5. Jika sudah matang, anda bisa mematikan api dan mendinginkannya terlebih dahulu.
  6. Baru setelah itu anda bisa langsung mengangkat dan memotong-motongnya.
  7. Terakhir, sajikan brownis ini di atas tempat atau piring saji yang sudah disiapkan. Lalu sajikan di tengah-tengah keluarga. ( Artikel lainnya : Aneka Resep Kue )

Brownis kukus cokelat oreo sudah selesai dibuat. Santap brownis bersama dengan teh hangat agar lebih enak dan nikmat.

Itulah resep dan cara membuat brownis kukus cokelat oreo. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman atau sahabat anda.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Keju yang Lezat, Lembut dan Enak

bolu kukus pandan keju

Hidangan kue bolu kukus pandan keju adalah sajian yang nikmat.

Hidangan ini pun akan dapat anda buat dirumah dengan mudah. Nah, bagi anda yang penasaran ingin menyimak resep sajian kue bolu kukus pandan keju yang enak. Maka tak perlu khawatir, resep kali ini akan dapat anda buat dirumah dengan mudah.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Keju yang Lezat, Lembut dan Enak

Review

4.8 review 387

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Cup

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Keju yang Lezat, Lembut dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 btr telur
  • 10 sdm tepung terigu
  • 3 sdm mentega cairkan
  • 10 sdm gula pasir
  • 1 sdm pasta pandan
  • 7 sdm minyak sayur
  • 1 bks susu bubuk
  • 1 sdt TBM
  • Secukupnya keju parut

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Keju yang Lezat, Lembut dan Enak

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan diperlukan untuk membuat adonan kue kali ini. Hal ini tentunya penting karena dengan mempersiapkan peralatan ini, maka anda akan dapat membut adonan kue dengan lebih nyaman dan lebih tenang tanpa anda harus dibuat repot dengan bulak-balik pergi ke dapur untuk mengambil peralatan yang belum anda persiapkan. Untuk itulah, sebelum membuat adonan kue, maka silahkan dahulukan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang disebutkan diatas. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah panci pengukus, lap bersih, mixer, baskom, cetakan muffin dan cup kue kertas.
  2. Setelah peralatan diatas dipersiapkan, lanjutkan dengan mempersiapkan loyag atau cetakan muffin. Caranya, siapkan loyang muffin dan masukkan cup kue kertas dibagian atasnya, kemudian tekan kebagian bawah agar posisi cup kue kertas menjadi lebih pas dan lebih kuat melapisi bagian loyang.
  3. Setelah selesai dengan loyang kue, sekarang siapkan kukusan dan masukkan air kedalamnya secukupnya saja. Letakkan diatas kompor dan nyalakan api sedang. Kemudian panaskan kukusan ini secara merata.
  4. Sementara itu, untuk bahan-bahan disini silahkan parut keju yang sudah anda persiapkan dan bagi menjadi dua bagian. Dimana satu bagian jumlahnya agak banyak dan satu bagian lain dibuat dengan ukuran yang lebih sedikit.
  5. Selanjutnya, carikan mentega dengan menggunakan wajan. caranya, masukkan mentega kedalam wajan dan nyalakan kompor dengan menggunakan api yang kecil. Aduk-aduk mentega sampai meleleh dan angkat dari kompor. Tunggu dan diamkan mentega sampai agak dingin untuk selanjutnya mentega akan bisa anda campur dengan bahan-bahan lainnya.
  6. Untuk bahan-bahan sisanya anda haya perlu menyisihkan beberapa bahan tersebut. Karena bahan-bahan itu bisa langsung anda campur dan dibuat adonan secara langsung.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Keju:

  1. Untuk membuat adonan yang pertama, silahkan dekatkan baskom dengan jangkauan anda dan masukkan telur beserta dengan gula pasir dan TBM kedalamnya. Kemudian aduk-aduk bahan ini secara merata sampai mengembang selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, masukkan tepung terigu yang telah diayak dan aduk-aduk dengan perlahan pada kecepatan yang rendah agar tepung tidak berhamburan keluar.
  3. Lalu masukkan susu bubuk dan juga minyak sayur serta pasta panda. Aduk-aduk bahan ini sampai tercampur secara merata.
  4. Bila semua bahan sudah tercampur merata, masukkan atau sendokkan adonan dalam loyang atau cetakan dan berikan taburan keju dibagian atasnya.
  5. Kukus dalam kukusan selama kurang lebih 20 menit sampai kue mengembang dan matang secara merata.

Setelah matang, sajikan dalam piring dan berikan bagian atas kue dengan taburan keju sisanya.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

bolu kukus santan

Sajian kue bolu kukus santan adalah sajian yang enak dan lezat untuk dibuat dirumah.

Apalagi bila anda menyertakan si buah hati membuat sajian ini. Tentu saja, kegiatan membuat sajian ini akan semakin ceria dan menyenangkan. Yuk, simak resep membuat sajian kue bolu kukus santan dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • Telur ayam 2 butir
  • Cake emulsifier/pelembut 1 sdt
  • Gula pasir 250 gram
  • Santan kelapa 200 cc
  • Tepung terigu 250 gram
  • Pasta pandan, sesuaikan dengan takaran adonan
  • Essens vanilla 1 sdt
  • Tepung meizena 50 gr

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan yang Enak, Lembut dan Empuk

Tips Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Sebelum Membuat Adonan:

  1. Untuk yang pertama kali bis adilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut adalah alat yang akan menunjang anda untuk membuat sajian kue yang lebih mudah. Adapun peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, pengukus, loyang muffin dan cup kue kertas. Mengingat betapa pentingnya peralatan ini, maka tak sebaiknya langkah ini anda lewati.
  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan, lanjutkan dengan mulai menyiapkan loyang untuk alas adonan kue. Caranya, tempatkan loyang muffin dekat dengan jangkauan anda dan letakkan cup kue kertas dibagian atasnya dengan sedikit ditekuk kebagian dalam agar posisinya lebih kuat.
  3. Kemudian siapkan kukusan yakni panci, letakan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Masukkan air secukupnya dalam panci dan tutupi bagian dalamnya dengan menggunakan sarangan. Sementara itu, untuk tutup panci silahkan lapisi terlebih dahulu alat ini dengan menggunakan lap bersih agar uap yang keluar dari kukusan tidak jatuh dan dapat diserap oleh lap. Setelah itu, sisihkan agar kukusan menjadi lebih panas secara merata.
  4. Setelah semua peralatan dipersiapkan kita akan mulai me-review beberapa bahan yan mungkin cukup asing untuk anda. Bahan tersebut adalah penggunaan santan kelapa. Bahan ini cukup penting dalam pembuatan kue kali ini untuk menjaga agar kue bolu kukus yang anda buat menjadi lebih mekar dan mengembang.
  5. Cukup dengan bahan yanng diatas, bahan-bahan yang lain akan dapat anda masukkan dan mungkin sudah cukup familiar untuk anda.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Santan:

  1. Siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan gula, telur dan cake emulsifier kedalamnya. Lalu dengan menggunakan mixer silahkan aduk-aduk bahan ini secara merata sampai kaku dan sampai bahan ini terlihat lebih pucat selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, masukkan adonan lain seperti tepung mazeina dan tepung terigu yang telah diayak. Aduk-aduk semua bahan ini sampai merata dan teraduk secara keseluruhan.
  3. Kemudian masukkan pasta pandan kedalamnya dan aduk-aduk secara merata kembali. Setelah tercampur matikan mixer dan bagi adonan menjadi dua bagian pada wadah yang berbeda.
  4. Setelah itu, pada salah satu wadah, silahkan berikan tetesan pewarna makanan dengan perasa pandan dan aduk-aduk secara merata sampai adonan berubah warna.
  5. Sendokan adonan dalam loyang dan isi hingga 3/4 hampir penuh. Setelah itu, kukus adonan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menyajikan hidangan ini untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Motif Semangka yang Cantik, Lembut dan Asli Enak

bolu kukus semangka

Sajian kue bolu kukus motif semangka adalah sajian yang enak.

Selain nikmat, sajian ini pun begitu unik dan terlihat cantik dengan paduan warna-warni yang mencolok dan hiasan meses yang bertaburan dimana-mana.

Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep membuat sajian kue bolu kukus motif semangka yang enak. Maka mari kita simak langsung seperti apa resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Motif Semangka yang Cantik, Lembut dan Asli Enak

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Dieprlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Motif Semangka yang Cantik, Lembut dan Asli Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 125 gr terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • secukupnya Meses
  • 1/2 sdt sp
  • 1 btr telur
  • Pewarna makanan (kuning, merah, hijau)

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Motif Semangka yang Cantik, Lembut dan Asli Enak

Cara Mempersiapkan Alat dan Bahan:

  1. Lakukan hal pertama dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan kue kali ini seperti mixer, baskom, lap bersih, pengukus, cetakan muffin dan kertas roti. Dengan mempersiapkan peralatan ini, maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat adonan kue tanpa harus terganggu dengan pergi ke dapur untuk membawa peralatan yang belum anda persiapkan.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan loyang atau cetakan yang akan digunakan untuk alas adonan kue. Caranya, potong kertas roti dengan bentuk bulat kira-kira dengan diameter 3 cm. Gunakan gunting untuk memotongnya dan lakukan hal yang serupa pada sisa kertas roti.
  3. Kemudian persiapkan pula panci untuk alat mengukus adonan kue kali ini. Caranya, tuangkan terlebih dahulu secukupnya air kedalamnya. Lalu letakan dibagian atas kompor dan nyalakan api sedang. Jangan lupa masukkan pula sarangan panci kedalamnya. Sementara itu, untuk tutup panci, sebelum dipasangkan pada panci pengukusan. Sialhkan lapisi terlebih dahulu dengan menggunakan lap bersih yang sudah dipersiapkan. Hal ini berfungsi untuk membuat uap air dari panci tidak menetes kebawah dan akan dapat diserap oleh lap tadi.
  4. Sementara untuk membuat motif semangka pada kue, maka anda perlu sekali untuk mempersiapkan beberapa pewarna makanan seperti warna merah, kuning dan hijau dan untuk membuat efek biji semangkanya kita akan buat dari butiran coklat meses.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Semangka:

  1. Untuk yang pertama setelah semua bahan dipersiapkan dan peralatan sudah anda dekat dengan anda. Silahkan campurkan beberapa bahan pada baskom seperti halnya telur, SP dan gula pasir. Aduk-aduk semua bahan ini sampai mengembang dan pucat secara merata selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah iut, masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan susu cair dan Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai mengental dan tercampur.
  3. Tuangkan susu cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai merata dan adonan tercampur dengan susu.
  4. Setelah iut, matikan mixer dan bagi adonan menjadi 4 bagian dengan 2 bagian ukurannya lebih banyak dan 2 adonan lain dengan ukuran yang lebih sedikit. Untuk dua adonan yang lebih banyak silahkan berikan pewarna merah dan kuning. Sementara untuk dua adonan yang sedikit yang satu berikan warna hijau dan satunya biarkan berwarna putih. Aduk-aduk adonan yang sudah diberikan pewarna agar tercampur secara merata.
  5. Masukkan sedikit meses pada adonan dengan warna kuning dan adonan warna merah dan aduk-aduk secara merata.
  6. Untuk menyusunnya, masukkan adonan berwarna merah dan kuning hingga hampir penuh dan dibagian atas berikan dengan adonan putih dibagian tengan dan tutup dengan warna yang hijau.
  7. Setelah itu, kukus adonan pada panci selama kurang lebih 15 menit sampai mengembang dan mekar.

Setelah matang, angkat dan sajikan hidangan ini dalam wadah atau piring untuk disantap.

Jangan lupa share resep ini dan berikan komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Keju yang Lembut, Cantik dan Asli Lezat

bolu kukus keju

Hidangan kue bolu kukus keju adalah sajian yang enak dan nikmat.

Tekstur lembut dari kue dan nikmatnya taburan keju dibagian atasnya seolah membuatnya begitu sulit dilupakan. Nah, agar anda tak penasaran seperti apa resep membuat sajian kue bolu kukus keju yang lembut dan enak. Maka simak langsung seperti apa resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Keju yang Lembut, Cantik dan Asli Lezat

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Keju yang Lembut, Cantik dan Asli Lezat

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 250 gr terigu protein sedang
  • 100 ml santan
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt soda kue
  • 100 ml minyak goreng
  • keju parut secukupnya utk taburan

Bahan Gula Merah:

  • air 100 ml
  • 250 gr gula merah
  • 1 lbr daun pandan
  • Seujumput garam

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Keju yang Lembut, Cantik dan Asli Lezat

Cara Mempersiapkan Alat dan Bahan:

  1. Pertama-tama, kita persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Hal ini tentunya penting sekali karena beberapa peralatan ini adalah alat yang akan anda butuhkan untuk membuat kue. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah pengukus, lap bersih, mixer, baskom, loyang muffin dan kertas roti. Dengan mendahulukan mempersiapkan peralatan diatas, maka anda tidak akan dibuat kerepotan harus bulak-balik ke dapur untuk membawa peralatan yang belum anda persiapkan.
  2. Selanjutnya, persiapkan loyang untuk alas adonan kue. Caranya, potong terlebih kertas roti dengan menggunakan gunting dengan bentuk bulat berdiameter 3 cm. Lakukan hal yang sama pada sisa kertas roti kira-kira cukup untuk adonan kue yang anda buat.
  3. Lalu, siapkan pula pengukusan. Caranya, nyalakan kompor dan tempatkan panci dibagian atasnya. Gunakan api yang sedang dan masukkan air secukupnya kedalam panci. Kemudian tunggu sampai kukusan panas. Untuk tutup pani sebelum dipasang untuk menutupi panci, silahkan lapisi terlebih dahulu panci dengan menggunakan lap bersih yang sudah anda persiapkan. Hal ini tentunya akan berfungsi untuk membuat air dari uap pada panci bisa diserap oleh lap dan tidak akan menetes kebagian bawah yang membuat bagian bawah menjadi basah.
  4. Selanjutnya, untuk membuat larutan gula bisa dilakukan dengan menyiapkan panci dan masukkan air kedalamnya, lalu berikan dengan gula kedalamnya. Mauskkan pula pandan dan garam, kemudian aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai larut dan gula bersatu dengan air.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Keju:

  1. Setelah semua peralatan dipersiapkan, lanjutkan dengan mempersiapkan baskom dekat dengan jangkauan anda. Lalu masukkan kedalamnya telur dan soda kue, lalu aduk-aduk semua bahan ini sampai mengembang dan tercampur secara merata selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, tuangkan santan kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai merata hingga mengental dan santan bersatu dengan bahan-bahan lainnya.
  3. Kemudian, masukkan tepung terigu dan aduk kembali. Baru setelah itu, masukkan gula merah yang telah larut. Aduk dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi dan aduk-aduk secara merata.
  4. Terakhir, berikan miyak goreng dan aduk kembali sampai semua bahan tersebut tercampur merata. Setelah itu matikan mixer dan sisihkan.
  5. Sendokkan adonan dalam loyang yang sudah dipersiapkan dan lakukan hal yang sama pada semua loyang yang masih tersisa. Sebelum dikukus, silahkan taburi dengan menggunakan parutan keju.
  6. Kukus dalam panci selama kurang lebih 10 menit atau sampai matang.

Angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian siap untuk disantap.

Jangan lupa share resep ini dengan klik tombol share berikut dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer yang Tetap Lembut dan Enak

bolu kukus tanpa telu mixer

Sajian kue bolu kukus mungkin adalah salah satu sajian kue yang sudah sering anda cicipi.

Aneka ragam bahan dalam resep membuat kue ini memang seringkali membuat seseorang merasa malas untuk membuatnya. Namun kali ini, kami akan hadirkan untuk anda resep membuat sajian kue bolu kukus tanpa telu dan tanpa mixer yang akan dapat anda buat dirumah. Simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer yang Tetap Lembut dan Enak

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer yang Tetap Lembut dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 1 gelas tepung protein sedang
  • 3-4 sdm minyak sayur
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 gelas susu bubuk coklat
  • 1/2 gelas gula pasir
  • Bahan Taburan:
  • Secukupnya chocochips
  • Secukupnya taburan keju

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer yang Tetap Lembut dan Enak

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan Kue:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan mempersiapkan peralatan kue. Langkah kali ini adalah cara yang penting, sebab beberapa peralatan ini adalah alat yang akan menunjang anda untuk dapat membuat adonan kue dengan lebih mudah. Beberapa peralatan tersebut diantaranya seperti mixer, lap bersih, loyang muffin, pengukus dan baskom yang akan kita gunakan untuk membuat adonan kue. Nah, mengingat betapa pentingnya beberapa peralatan ini, maka sebaiknya anda tidak mengabaikan langkah yang satu ini.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kukusan. Caranya, tempatkan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tuangkan air secukupnya kedalam panci dan tunggu sampai kukusan panas. Sementara itu, untuk tutup panci silahkan lapisi terlebih dahulu tutup panci dengan menggunakan lap bersih. Hal yang satu ini pun tak kalah pentingnya. Karena dengan demikian, uap air yang dihasilkan dari kukusan akan dapat diserap sehingga tidak menetes kebawah yang akan membuat adonan kue yang dikukus bisa jadi basah.
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan menyiapkan loyang atau cetakan untuk kue bolu kukus. Caranya, ambil kertas roti dna bentuk bulat dengan diameter kira-kira 3 cm meter. Gunakan gunting untuk memotong bagian kertas roti agar potongannya bisa merata. Setelah itu, tempatkan potongan ini dibagian atas loyang muffin dan tekan kebagian dalam agar posisinya lebih pas.
  4. Sementara itu, mengingat disini kita tidak akan menggunakan mixer, maka gunakan pengocok manual sebagai gantinya. Ketika menggunakan alat ini, maka kecepatan mengocok akan bergantung pada tenaga anda sendiri. Untuk menghasilkan adonan yang bagus, maka sebaiknya kocoklah adonan dengan cepat dan stabil.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer:

  1. Pertama siapkan baskom dan masukkan tepung kedalamnya bersama dengan gula pasir, susu coklat bubuk dan adir. Aduk-aduk semua bahan ini sampai merata selama kurang lebih 10 menit atau sampai mengental dan tercampur secara merata.
  2. Setelah iut, masukkan minyak sayur kedalamnya adonan dan aduk-aduk kembali sampai tercampur merata.
  3. Bila semua bahan sudah tercampur dan diaduk, silahkan lanjutkan dengan menyiapkan loyang dan menyendokan adonan kedalamnya dengan perlahan.
  4. Siapkan pula kukusan dan kukus adonan selama kurang leih 15-20 menit atau sampai matang.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menyantapnya selagi masih fresh dari kukusan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Susu yang Lembut, Enak dan Mekar

bolu kukus susu

Hidangan kue bolu kukus susu adalah hidangan yang nikmat dan lezat.

Bagi anda yang sering kali mengadakan acara arisan atau beberapa event dirumah. Sajian kali ini bisa menjadi menu jamuan yang cocok yang bisa anda buat dirumah.

Yuk, simak resep membuat sajian kue bolu kukus susu yang lembut dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Susu yang Lembut, Enak dan Mekar

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Susu yang Lembut, Enak dan Mekar

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 250 gr terigu serbaguna
  • 25 gr susu bubuk
  • 2 butir telur
  • 1 sdt SP
  • secukupnya pewarna
  • 225 gr gula pasir
  • 250 ml susu cair full cream
  • 1/2 sdt esens vanila

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Susu yang Lembut, Enak dan Mekar

Cara Mempersiapkan Sebelum Membuat Kue:

  1. Cara yang pertama kita akan persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan kue seperti mixer, baskom, lap bersih, loyang muffin, pengukus dan juga cup kue dengan bentuk mangkuk dengan bagian pinggir yang beliuk-liuk. Nah, dengan mempersiapkan peralatan ini, maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat adonan kue dengan lebih mudah dan nyaman. Karena demikian, anda tak perlu pergi bulak-balik ke dapur karena anda belum mempersiapkan peralatan yang anda butuhkan.
  2. Silahkan siapkan kukusan ditas kompor, tuangkan secukupnya air kedalam panci. Nyalakan kompor dan gunakan api yang sedang. Jangan lupa masukkan sarangan panci kedalamnya. Untuk tutup panci, anda bisa melakukan hal ini dengan melapisinya mengunakan lap bersih yang sudah dipersiapkan. Hal ini menjadi hal yang penting karena bila tidak dilapisi dengan menggunakan lap, maka nantinya si uap yang keluar dari panci akan menetes kebawah dan membuat adonan yang anda kukus nantinya menjadi basah.
  3. Selanjutnya persiapkan loyang untuk mencetak adonan. Caranya, siapkan loyang dan tempatkan cup kue dari kertas dibagian atasnya. Usahakan cup kertas ini menempel pada loyang dengan cara menekuknya kebagian dalam dan lakukan hal yang sama pada semua loyang yang masih tersisa.
  4. Sementara itu, untuk tepung terigu silahkan campurkan bahan ini bersama dengan susu bubuk dan aduk-aduk secara merata. Lalu ayak dengan menggunakan saringan dan tempatkan dalam satu wadah yang sama dan sisihkan.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Susu:

  1. Setelah peralatan anda siapkan dan bahan-bahan sudah diayak secara merata, sekarang siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan campur telur bersama dengan esens vanila, gula pasir dan SP. Aduk dengan menggunakan mixer dan gunakan kecepatan paling tinggi. Aduk bahan ini sampai memutih dan kaku kira-kira selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah iut, masukkan campuran tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk secara bergantian. Baru tuangkan air kedalamnya dan aduk kembali secara merata.
  3. Setelah semua bahan tercampur secara merata, silahkan matikan mixer dan sendokan adonan kedalam loyang untuk kemudian lakukan hal serupa pada sisa adonan sampai habis.
  4. Kukus adonan dalam kukusan selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang secara merata.

Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring. Hidangan kue bolu ini akan siap disantap dan disajikan untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa share resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sakura yang Enak, Lembut dan Cantik

bolu kukus sakura

Sajian kue bolu kukus sakura adalah sajian bolu kukus yang nikmat.

Hidangan kue yang satu ini mungkin sudah sering anda santap di toko kue atau beli di pasar. Namun bagaimana dengan sajian kue bolu kukus sakura? Nah, agar tak penasaran seperti apa resep membuat kue bolu kukus sakura, maka simak langsung yuk, resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Serta Memasak Soto Daging Kuah Santan Kuning Enak, Lezat dan Sederhana

Review

4.8 review 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Sakura yang Enak, Lembut dan Cantik

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 gelas blimbing tepung terigu
  • 200 grm gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sd tsp
  • 2 sdm tepung maizena
  • air 200ml
  • 2 butir telur
  • 3 jenis warna makanan

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sakura yang Enak, Lembut dan Cantik

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue kali ini. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah mixer, panci pengukus, baskom, lap bersih, loyang muffin yang akan digunakan untuk mencetak dan yang terakhir adalah kertas roti. Dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan ini, maka anda akan dapat membuat adonan kue dengan mudah tanpa harus repot kembali ke dapur untuk mengambil peralatan yang anda lewatkan.
  2. Setelah peralatan, kita akan persiapkan loyang untuk mencetak adonan kue bolu kukus. Caranya, siapkan loyang muffin dan potong kertas roti dengan bentuk bulat kira-kira berdiameter 3 cm. Potong dengan menggunakan gunting dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, siapkan loyang dan tempatkan kertas yang teah dipotong dibagain atasnya, Tekuk kebagian dalam dan sisihkan. Lakukan hal yang sama pada semua loyang yang akan anda gunakan untuk mencetak.
  4. Sementara itu, untuk pengukus bisa dipersiapkan dengan menyiapkan panci yang telah diberikan air diatas kompor. Nyalakan kompor dan gunakan api yang sedang. Tunggu sampai panas dan jangan lupa masukkan sarangan untuk penyangga dibagian dalamnya. Nah, untuk tutup panci silahkan lapisi bagian ini dengan lap bersih yang sudah anda persiapkan. Hal ini tentunya berfungsi agar uap yang keluar dari dalam panci bsia diserap oleh lap dan tidak akan membuat bagian dalam panci basah karena cucuran air upa.
  5. Selain itu, untuk urusan pewrna makanan, silahkan gunakan 3 jenis pewarna makanan yang berbeda yang melambangkan warna-warna cantik dari bunga sakura seperti pink, biru dan warna lainnya yang anda sukai. Akan tetapi, bila anda menginginkan ada sentuhan warna putihnya, maka pewarna makanan bisa anda gunakan cukup 2 jenis saja.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sakura:

  1. Setelah peralatan dipersiapkan, lanjutkan dengan mengocok telur, gula, sp dan juga vanili. Aduk-aduk bahan ini sampai mengembang dan warnannya berubah menjadi lebih pucat secara merata. Aduk bahan ini dengan menggunakan kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit.
  2. Kemudian, masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan mazeina dan susu bubuk juga air. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang rendah sampai semua bahan mengental.
  3. Setelah semua bahan dicampur secara merata, sekarang matikan mesin mixer dan bagi adonan menjadi 3 bagian.
  4. Lalu berikan tetesan pewarna makanan. Setelah itu, aduk-aduk secara merata sampai adonan tersebut menjadi berubah warnanya.
  5. Sendokan adonan dalam loyang secara bergantian sampai hampir penuh. Lalu, masukkan dalam pengukusan dan kukusan selama kurang lebih 15 menit atau sampai kue matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian akan siap disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Milo Oreo yang Enak, Lembut dan Empuk

bolu kukus milo oreo

Hidangan kue bolu kukus milo oreo adalah sajian yang enak dan mudah untuk dibuat.

Hidangan seperti ini tentu akan cocok menemani anda saat sedang bersantai seperti menonton televisi atau sekedar berbincang dengan keluarga.

Nah, agar anda pun bisa menyajikan hidangan ini dirumah, maka tak perlu khawatir resep kali ini bisa anda buat dengan mudah dan sederhana.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Serta Memasak Soto Daging Kuah Santan Kuning Enak, Lezat dan Sederhana

Review

4.8 review 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Milo Oreo yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 100 gr terigu protein sedang
  • 2 sdm air
  • 75 gr gula halus
  • 10 keping oreo(tanpa krim)
  • 1/2 sdt emulfisier
  • 1 sachet milo bubuk
  • 1 1/2sdm mentega cair
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Milo Oreo yang Enak, Lembut dan Empuk

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Yang pertama kali bisa anda lakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah mixer, baskom, loyang muffin, cup kue kertas, pengukus, lap bersih. Dengan mempersiapkan peralatan in, maka anda tak akan lagi dibuat kesulitan dengan bulak-balik ke dapur karena harus menjangkau beberapa peralatan yang belum anda persiapkan.
  2. Selanjutnya, silahkan siapkan kukusan. Caranya, tuangkan terlebih dahulu secukupnya air dalam panci dan tempatkan panci ini diatas kompor untuk kemudian nyalakan api dengan menggunakan api yang sedang. Sebelum penutup panci diletakan dibagian atas pancinya, lapisi terlebih dahulu bagian ini dengan menggunakan lap dan ikat bagian atasnya dengan kuat. Hal ini tentunya difungsikan air uap yang keluar dari panci tidak mentes dan turun kebawah. Dengan melapisinya menggunakan lap, maka air uap tersebut akan diserap.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan menyaipkan loyang muffin. Caranya, tempatkan cup kue kertas dibagain atas loyang muffin dan tekan kebagian bawah untuk kemudian agar posisinya lebih kuat dan pas sehingga ketika diisi dengan menggunakan adonan kue, maka kertas tersebut tidak goyang atau tumpah.
  4. Untuk bahan milo bubuk ada bisa mencampur bahan ini dengan tepung terigu, dan aduk-aduk secara merata sampai bahan ini tercampur.
  5. Untuk oreo kepingan, anda bisa menghancurkan bahan ini dengan menggunakan tumbukan sampai agak hancur.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Milo Oreo:

  1. Silahkan kocok telur bersama dengan gula pasir dan emulsifier sampai mengembang dan memutih selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, tambahkan air kedalamnya dan kocok-kocok kembali dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai bahan ini tercampur merata.
  2. Masukkan campuran milo dan tepung terigu dan aduk-aduk dengan bahan tadi dan gunakan kecapatan yang rendah pada mixer. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  3. Setelah itu, baru masukkan oreo yang telah dihancurkan. Aduk kembali secara merata.
  4. Matikan mixer dan sendokkan bahan tersebut dalam loyang untuk kemudian lakukan hal yang serupa pada sisa adonan.
  5. Lalu kukus dalam panci selama kurang lebih1 5 menit atau sampai semua bahan ini mengembang dan matang.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Mixer yang Mengembang, Mekar dan Lembut

bolu kukus tanpa mixer

Sajian kue bolu kukus mungkin tak lagi asing ditelinga anda.

Nah, bila biasanya anda seringkali mencicipi sajian kue bolu ini dengan tekstur yang empuk dari telur. Kali ini kami hadirkan resep baru yang lebih sederhana yakni kue bolu kukus yang dibuat tanpa menggunakan mixer. Penasaran seperti apa resepnya? Simak resep mudahnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Mixer yang Mengembang, Mekar dan Lembut

Review

4.8 review 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yan Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Mixer yang Mengembang, Mekar dan Lembut

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 100 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt baking powder
  • 160 ml air
  • 250 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 250 gr gula merah, sisir halus

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Mixer yang Mengembang, Mekar dan Lembut

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan penting yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah cetakan loyang muffin, kertas roti lap bersih, panci, mixer dan baskom atau wadah. Dengan terlebih dhaulu mempersiapkan peralatan ini, maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat sajian kue yang ceria. Karena dengan begini, anda tidak harus pergi bulak-balik ke dapur hanya untuk menjangkau peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue.
  2. Untuk selanjutnya, kita akan persiapkan loyang dan kertas roti sebagai alas untuk adonan kue yang akan dikukus pada panci. Caranya, potong kertas roti dengan bentuk bulat dan gunakan gunting untuk memotongnya. Buat diameter 3 cm pada bulatan tersebut. Setelah itu, siapkan loyang dekat dengan jangkauan anda dan masukkan kertas roti kedalamnya dengan ditekuk sedikit bagian.
  3. Lalu, siapkan panci atau pengkus, caranya masukkan air secukupnya dalam pengukusan dan tempatkan pengukusan diatas kompor. Nyalakan api sedang dan tunggu sampai pengkusan panas. Sementara itu, untuk penutup panci silahkan lapisi terlebih dahulu alat ini dengan menggunakan lap bersih yang sudah dipersiapkan. Hal ini tentunya bertujuan agar uap yang keluar dari panci bisa diserap oleh lap dan tidak akan menetes kebagian bawah yang akan membuat adonan menjadi basah.
  4. Selanjutnya, kita akan lanjutkan kembali dengan membuat larutan gula merah untuk adonan kue. Caranya masukkan irisan gula merah dalam panci dnatuangkan air kedalamnya bersama dengan daun pandan dan berikan dengan taburan garam sedikit bagian saja. Aduk-aduk bahan ini sampai mendidih dan gula merah menajdi larut dengan air. Aduk-aduk dan diamkan sementara sampai bahan ini mendidih secara merata. Angkat dan sisihkan tunggu sampai dingin.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Mixer:

  1. Setelah semua peralatan dan bahan-bahan dipersiapkan, lanjutkan dengan mencampur tepung terigu bersama dengan baking powder dan juga soda kue. Aduk-aduk dan ayak dengan menggunakan saringan. Sisihkan sementara.
  2. Selanjutnya, tuangkan air gula dalam campuran tepung. Aduk-aduk secara merata dan tambahkan minyak goreng kedalamnya. Aduk sampai adonan tercampur dan mengental.
  3. Setelah semua bahan tercampur seara merata, siapkan loyang dan sendokkan adonan kedalamnya sampai loyang 3/4 hampir penuh. Lakukan hal yang sama pada sisa loyang yang masih kosong.
  4. Setelah itu, masukkan dalam kukusan dan kukus didalamnya selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang. Jangan membuka tutup panci jika kue belum matang. Atau nantinya yang akan terjadi adalah sulit untuk kue bisa mengembang dan naik keatas permukaan.

Nah, setelah matang, angkat dan sajikan hidangan ini dalam piring.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat