Resep Minuman Penguat Stamina & Imun Menurut dr Zaidul Akbar

Tidak bisa kita pungkiri, wabah Virus Corona membawa kekhawatiran untuk masyarakat. Berbagai cara dilakukan agar dapat terhindar dari virus Corona, termasuk dengan mengonsumsi tanaman herbal. Bahkan semenjak virus Corona menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, tanaman herbal banyak dicari sebab dipercaya dapat mencegah covid-19.

Tanaman herbal diketahui dapat mencegah virus Corona karena dapat membantu meningkatkan kekebalan imun. Kemudian tanaman herbal yang dipercaya dapat mencegah virus Corona disebut dengan empon-empon. Tanaman herbal yang termasuk empon-empon itu sendiri terdiri dari jahe, temulawak, kencur, kunyit dan sereh.

Manfaat jahe memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antivirus sehingga bermanfaat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sedangkan pada kunyit terkandung curcumin yang bermanfaat sebagai anti virus, anti peradangan, anti jamur dan antioksidan. Sedangkan kencur bisan dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bisa mengatasi batuk.

Nah, resep dari dr Zaidul Akbar, tanaman herbal yang diolah menjadi minuman yang dapat membantu mencegah virus Corona di antaranya yaitu kunyit, jeruk nipis, lengkuas dan kayu secang. Anda bisa membuat minuman penguat stamina dan imun tubuh di rumah dengan mudah. Bahan-bahannya sederhana dan cara membuatnya mudah. Nah, berikut ini resep lengkap dan cara membuat minuman penguat stamina dan imun dari tanaman herbal.

Resep Minuman Penguat Stamina & Imun Menurut dr  Zaidul Akbar

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword minuman herbal, minuman sehat, minuman tradisional
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 20 menit
Porsi 2

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 jempol besar lengkuas
  • 1/2 - 1 buah jeruk nipis
  • 1-2 telunjuk kunyit
  • 300 ml air
  • 5-7 lembar secang

Langkah-langkah

Cara Membuat Minuman Penguat Stamina dan Imun

  1. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah anda siapkan seperti kunyit, secang, dan lengkuas. Anda bisa mencuci bahan-bahan tersebut hingga bersih. Lalu tiriskan.

  2. Selanjutnya, silakan iris lengkuas dan kunyit. Jika tidak, anda bisa parut bahan-bahan tersebut.

  3. Kemudian rebus air sebanyak 300 ml. Lalu rebus dengan bahan-bahan yang sudah anda parut, beserta secang. Rebus selama kurang lebih 2 hingga 3 menit.

  4. Apabila rebusan sudah hangat, anda bisa menambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata.

  5. Jika anda memiliki darah rendah, anda bisa menambahkan garam himalaya sebanyak seujung sendok. Aduk kembali hingga merata dan mendidih.

  6. Lalu anda bisa mengangkatnya. Anda bisa meminumnya sebanyak 1 hingga 2 kali sehari sebelum anda makan.

Kayu secang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, beberapa di antaranya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antiradang sehingga bagus untuk menangkal virus Corona. Selain itu, juga bermanfaat sebagai anti tumor, anti bakteri, menurunkan gula darah, serta menjaga kesehatan hati.

Artikel lainnya : Cara Membuat Wedang Teh Jahe

Sedangkan beberapa manfaat lengkuas di antaranya yaitu kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membuat lengkuas berkhasiat dalam melawan penyakit, serta melindungi sel-sel tubuh rusak yang disebabkan karena radikal bebas. Kandungan polifenol pada lengkuas dapat membantu menurunkan gula darah, kolesterol dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, lengkuas bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, membantu melindungi tubuh dari infeksi yang berbahaya, melawan radang dan lain sebagainya.

Itulah resep minuman penguat stamina dan imun menurut dr Zaidul Akbar. Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah karena bahan-bahan yang dibutuhkannya juga mudah ditemukan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons