Resep Sambal Bawang Bu Rudy yang Enak, Gurih dan Pedas

Resep Sambal Bawang Bu Rudy yang Enak, Gurih dan Pedas -Sambal seolah-olah sudah menjadi menu wajib saat makan. Kehadiran sambal akan membuat makan menjadi lebih berselera. Rasanya yang pedas dan gurih, dikombinasikan dengan menu lainnya akan membuat anda ketagihan.

Nah, sambal yang terkenal enak dan populer yaitu sambal bawang Bu Rudy. Untuk menikmatinya anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep sambal bawang Bu Rudy yang enak, gurih dan pedas yang bisa anda ikuti dengan mudah di rumah.

Resep dan Cara Membuat Sambal Bawang Bu Rudy

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep sambal, sambal, sambal pedas
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 30 menit
Porsi 7
Kalori 15 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram cabai rawit orange
  • 100 gram cabai rawit hijau
  • 50 gram cabai rawit merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok makan kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Sambal Bawang Bu Rudy

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu mencuci terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah disediakan seperti cabai rawit dan bawang merah yang sudah dikupas sebelumnya. Bahan-bahan tersebut jangan dipotong-potong, anda bisa membiarkannya utuh.

  2. Selanjutnya silakan siapkan wajan. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Silakan panaskan minyak.

  3. Apabila minyak telah panas, silakan masukan cabai rawit yang sudah dicuci. Goreng cabai sampai layu.

  4. Jika cabai sudah layu dan matang, silakan angkat dan letakan di atas cobek dengan bawang. Lalu anda bisa uleg kasar bawang dan cabai.

  5. Tambahkan bumbu lainnya seperti garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Uleg kembali dan aduk hingga merata.

  6. Kemudian silakan sambal yang sudah dihaluskan digoreng lagi hingga minyaknya berubah warna menjadi cokelat kemerahan.

  7. Apabila sudah seperti itu, silakan angkat dan dinginkan terlebih dahulu.

Terakhir anda bisa menyajikannya. Agar sambal tahan lama, anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Tips Agar Sambal Bawang Tahan Lama

Aneka sambal seperti sambal bawang, sambal terasi hingga sambal bajak dapat disimpan dalam waktu cukup lama jika anda menyimpannya dengan tepat. Berikut ini tips agar sambal tahan lama.

Menyimpan Sambal Buatan Rumah

  • Sebelumnya  anda harus memastikan bahan dan peralatan yang digunakan untuk membuat sambal bersih. Pasalnya, kedua hal ini akan menentukan ketahanan dari sambal yang anda buat.
  • Pastikan cabai, bawang dan bumbu lainnya benar-benar dalam keadaan segar. Sebelum membuat sambal anda bisa memilih terlebih dahulu bahan-bahan. Pisahkan bahan yang masih segar dengan yang sudah busuk.
  • Alat yang digunakan untuk membuat sambal juga pastikan dalam keadaan bersih. Karena kotoran atau sisa makanan yang menempel pada peralatan dapat menjadi media jamur tumbuh.
  • Sebelum bahan-bahan semuanya dihaluskan, anda bisa menggoreng cabai terlebih dahulu. Apabila sudah dihaluskan anda bisa menumisnya kembali dengan menggunakan minyak sampai matang. Tambahan minyak akan dapat membuat sambal menjadi tahan lama. Sebelum dimasukan ke dalam toples kering dan bersih, pastikan sambal sudah benar-benar dingin terlebih dahulu.

Tips Menyimpan Sambal Dalam Kemasan

  • Sambal kemasan tanpa mengandung pengawet, kesegarannya dapat bertahan dengan cara dipanaskan kembali. Kemudian masukan ke dalam toples.
  • Pastikan toples atau wadah yang digunakan benar-benar bersih. Caranya yaitu merebus toples dengan memakai air panas.
  • Kemudian sambalnya dimasukan pada wadah yang sudah direbus tadi. Cara ini akan dapat menjaga kesegaran sambal selama beberapa hari.

Baca juga : Churros Resep

Selain sambal bawang Bu Rudy, ada juga sambal bajak hingga sambal udang Bu Rudy yang tidak kalah nikmat. Apabila anda sudah mencoba membuat sambal bawang Bu Rudy, tidak ada salahnya anda buat sambal udang dan sambal bajaknya. Yuk simak resepnya di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Sambal Udang Ala Bu Rudy

Resep Sambal Udang Bu Rudy

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram cabai rawit merah
  • 100 gram cabai merah keriting
  • 100 gram bawang merah
  • 100 gram udang manis
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Udang Bu Rudy

  1. Pertama-tama silakan siapkan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng cabai dan bawang. Kemudian tuangkan minyak goreng, lalu silakan minyak dipanaskan.
  2. Setelah itu, masukan bahan-bahan seperti cabai rawit merah, cabai merah keriting dan bawang merah. Aduk merata dan masak sampai bahan-bahan tersebut layu. Apabila sudah seperti itu, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  3. Untuk bahan-bahan yang sudah digoreng, silakan diulek kasar. Jika ingin lebih praktis anda bisa menggunakan blender namun pastikan jangan terlalu halus. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya untuk sisa minyak goreng silakan dipanaskan kembali. Lalu jika telah panas masukan udang dan goreng hingga matang.
  5. Lalu tambahkan sambal yang sudah anda ulek tadi. Masukan bumbu lainnya seperti garam dan gula. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.
  6. Anda bisa mengoreksi rasanya dan masak hingga sambal benar-benar matang.
  7. Apabila sambal sudah matang, anda bisa mengangkat dan menyajikannya pada tempat saji sebagai tambahan menu makan.
  8. Untuk anda yang ingin membuat stock sambal, agar sambal tahan lama anda bisa memasukannya ke dalam toples bersih.

Sambal udang ala Bu Rudy sudah selesai dibuat. Anda bisa menjadikan sambal sebagai menu pelengkap makan. Rasa sambal yang pedas dan gurih akan membuat makan anda semakin berselera.

Resep dan Cara Membuat Sambal Bajak Ala Bu Rudy

Resep Sambal Bajak Bu Rudy

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 8 buah cabai merah
  • ½ potong tomat merah
  • 15 buah cabai rawit
  • 4 sendok makan terasi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Bajak Ala Bu Rudy

  1. Setelah bahan dan bumbu semuanya anda siapkan, sekarang anda bisa langsung membuat sambal bajak ala Bu Rudy dengan resep yang sederhana dan mudah. Pertama, silakan siapkan cobek dan ulekan. Lalu letakan bahan-bahan kecuali penyedap rasa dan gula. Ulek semua bahan tersebut hingga lumat, namun pastikan jangan terlalu halus.
  2. Selanjutnya, silakan siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng. Panaskan minyak tersebut menggunakan api kecil.
  3. Setelah itu, masukan bahan-bahan yang sudah diulek ke dalam minyak panas. Aduk dan tumis hingga matang.
  4. Tambahkan bumbu seperti penyedap dan gula. Anda bisa mencicipi rasanya. Jika ada yang kurang silakan tambahkan bumbu sesuai selera.
  5. Masak sambal hingga benar-benar matang. Jika sudah matang, silakan angkat dan masukan sambal dan minyak ke dalam wadah.
  6. Minyak bermanfaat untuk pengawet. Nah, sambal yang disimpan dalam wadah ini bisa anda masukan ke dalam kulkas dan dapat bertahan selama beberapa hari.

Sambal bajak terasi ala Bu Rudy sudah selesai dibuat. Rasanya yang gurih sangat lezat dan menggugah selera makan. Anda bisa menikmatinya sebagai menu pendamping lauk lainnya.

Itulah resep sambal bawang ala Bu Rudy dan beberapa resep sambal lainnya yang bisa anda buat di rumah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons
Scroll to Top