Resep Balado Jengkol Teri Lezat

Resep Balado Jengkol Teri Lezat – Balado jengkol bisa dikombinasikan dengan teri untuk mendapatkan sajian yang lebih lezat. Tambahan teri juga akan membuat olahan balado jengkol lebih gurih. Dinikmati dengan sepiring nasi hangat, makan anda akan lebih berselera.

Resep Balado Jengkol Teri Lezat

Jengkol balado teri diolah dengan aneka bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, cabai, tomat serta bumbu penyedap yang membuat sajian ini terasa lezat. Kemudian ditambahkan teri untuk melengkapi rasa dari sajian balado jengkol.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Jengkol, Olahan jengkol, Resep Jengkol
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 40 menit
Porsi 3 porsi
Kalori 77 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 250 gram jengkol
  • 250 gram ikan teri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 1 buah tomat
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 4 buah bawang putih
  • 20 buah cabe merah
  • 6 buah bawang merah

Langkah-langkah

Cara Membuat Balado Jengkol Teri

  1. Pertama-tama, silakan rendam jengkol yang sudah anda sediakan selama semalaman. Sesekali anda bisa mengganti air rendamannya supaya kulit jengkol mudah terkelupas. Selain itu, cara ini juga dilakukan agar baunya berkurang. Apabila sudah direndam semalaman, silakan tiriskan terlebih dahulu.

  2. Kemudian anda bisa merebus jengkol dengan menggunakan air baru hingga matang dan benar-benar empuk. Lalu setelah seperti itu, silakan tiriskan jengkol dan potong-potong memanjang.

  3. Selanjutnya ambil ikan teri yang sudah anda sediakan. Lalu cuci teri di bawah air mengalir supaya tidak terlalu asin.

  4. Setelah itu teri direndam dalam air. Aduk-aduk, lalu air rendamannya silakan dibuang. Tiriskan terlebih dahulu.

  5. Langkah berikutnya silakan haluskan bumbu halus seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa menghaluskannya dengan cara diulek atau diblender kasar.

  6. Silakan siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng teri. Setelah minyak panas, silakan masukan teri dan goreng hingga matang. Angkat.

  7. Kembali panaskan minyak. Lalu goreng jengkol yang sudah direbus hingga garing. Angkat.

  8. Panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu atau sekitar 3 sendok makan. Lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk merata dan goreng hingga harum.

  9. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula. Aduk hingga merata dan bumbu larut.

  10. Masukan teri dan jengkol yang sudah digoreng. Aduk hingga merata. Silakan koreksi rasanya, jika kurang bumbu anda bisa menambahkannya sesuai selera.

  11. Terakhir silakan angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda sediakan.

Catatan Resep

Balado jengkol teri yang lezat sudah selesai dibuat. Tambahan teri membuat sajian ini semakin nikmat.

Leave a Reply

Rating Resep