Resep dan Cara Membuat Jamu Empon-Empon Untuk Mencegah Virus Corona

Cara Membuat Jamu Empon-Empon – Tidak bisa dipungkiri,  banyaknya korban virus corona membuat seluruh masyarakat cemas dan khawatir. Segala cara dilakukan untuk mencegah terpapar oleh virus yang satu ini. Hal ini terbukti dengan meningkatnya permintaan masker mulut, serta hand sanitizer.

Selain melindungi diri dan menjaga kebersihan, tips agar terhindar dari paparan virus yaitu dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan ataupun minuman yang dipercaya memiliki khasiat tersebut.

Saat ini empon-empon sedang banyak diburu oleh masyarakat untuk dibuat jamu. Empon-empon diketahui akan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah infeksi virus corona.

Cara membuat jamu empon-empon

‘Empon-empon’ itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang berasal dari kata empu yang artinya rimpang induk. Nama ini biasanya digunakan pada tanaman yang memiliki akar tinggal. Sejak zaman dulu, empon-empon sering digunakan untuk bumbu masakan ataupun pengobatan tradisional.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu empon-empon di antaranya yaitu, jahe, temulawak, kayu manis, kunyit, kencur, sereh dan daun pandan. Dimana jahe yang digunakan yaitu jahe merah yang memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh supaya tetap fit. Temulawak bermanfaat untuk menjaga kebugaran. Lalu kunyit memiliki peran sebagai antioksidan, antikanker dan antitumor. Antioksidan itu sendiri bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan manfaat kencur salah satunya yaitu untuk mengobati batuk, menjadikan pernapasan lebih lega dan lain sebagainya. Sementara sereh dapat membantu menurunkan demam, selain itu kandungannya dapat membantu mengeluarkan zat yang berbahaya bagi tubuh.

Anda bisa membuat sendiri jamu empon-empon di rumah karena cara membuatnya mudah sekali diikuti dan bahan-bahan yang dibutuhkannya pun mudah ditemukan. Berikut ini resep dan cara membuat jamu empon-empon yang dapat anda simak.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram temulawak
  • 2 batang kayu manis
  • Kunyit secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • 150 gram jahe
  • 5 sendok gula merah/gula putih sesuai selera
  • 2 batang sereh
  • Kencur secukupnya
  • 150 ml air

Cara Membuat Jemu Empon-Empon

  1. Jika semua bahan-bahan yang diperlukan sudah siap, anda bisa langsung mengolah atau membuat jamu empon-empon. Caranya sangat mudah sekali. Dimana langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mencuci bersih bahan-bahan yang sudah disiapkan. Jika sudah bersih, silakan tiriskan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan potong-potong terlebih dahulu semua bahan-bahan yang telah anda sediakan.
  3. Selanjutnya, silakan sediakan panci yang akan digunakan untuk merebus jamu. Lalu masukan air sesuai dengan takaran yang telah ditentukan. Rebus semua bahan-bahan sampai airnya mendidih.
  4. Jika air sudah mendidih, silakan angkat dan saring rebusan bahan-bahan, lalu airnya dimasukan ke dalam gelas.
  5. Tunggu terlebih dahulu beberapa saat hingga air rebusan hangat supaya mudah diminum.
  6. Kemudian setelah hangat, anda bisa langsung meminumnya.

Itulah resep dan cara membuat jamu empon-empon untuk mencegah virus corona. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu, anda bisa meminum jamu tersebut agar dapat mencegah serangan virus. Perlu anda ingat juga, bahwa jamu empon-empon ini hanya digunakan untuk menangkal saja, bukan obat mencegah atau penyembuhan khusus dari virus corona. Tentunya agar terhindari dari virus ini, tidak hanya dengan mengonsumsi jamu empon-empon saja, namun kita juga perlu menjaga kebersihan dan kesehatan.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons