Resep Kue Bolu Kukus

aneka bolu kukus

Aneka sajian kue bolu kukus dengan toping, rasa dan bahan yang berbeda-beda yang diharapkan mampu memperkaya koleksi resep ibu dirumah. Sajian kue bolu kali ini merangkum kue bolu kukus dengan bentuk seperti kue muffin yang lucu. Untuk tahu resepnya, simak dibawah ini

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar yang Enak, Lembut dan Empuk

bolu kuku ubi ungu

Sajian kue bolu kukus ubi ungu adalah hidangan yang lezat.

Inovasi unik dari memanfaatkan umbi-umbian tentunya akan membuat rasa dan tampilannya terlihat unik dan lezat. Nah, untuk anda yang ingin menyajikan hidangan ini dirumah, kali ini kami suguhkan resep membuat kue bolu kukus ubi ungu yang enak.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar yang Enak, Lembut dan Empuk

Review

4.7 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 1 kg tepung terigu
  • 1 sendok makan cake emulsifier
  • 500 ml air soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • 8 butir telur ayam
  • 500 gr ubi ungu
  • 1 kg gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar yang Enak, Lembut dan Empuk

Tips Persiapan Sebelum Membuat Kue:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat kue kali ini. Hal ini tentunya penting sekali, karena dengan mempersiapkan peralatan ini, anda akan dapat membuat adonan kue dengan lebih mudah dan lebih nyaman tanpa anda harus pergi ke dapur untuk mengambil peralatan yang belum anda persiapkan. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, panci, loyang muffin, mangkuk kertas dan mixer untuk mengaduk adonan kue. Nah, bila persiapan ini sudah anda didekat jangkauan anda, maka selanjutnya kita lihat persiapan apa lagi yang harus anda persiapkan.
  2. Selanjutnya, persiapkan loyang muffin dan tempatkan dalam wadah yang datar, kemudian tempatkan mangkuk kertas dibagian atasnya dengan sedikit menekuk atau menekannya ke bawah agar mangkuk kertas pas dengan loyang muffin. Setelah itu, sisihkan sementara untuk selanjutnya kita akan persiapkan bahan-bahannya.
  3. Ada beberapa bahan yang perlu kita ulas sedikit, hal ini dimaksudkan untuk memperjelas jika saja anda masih belum terlalu familiar dengan beberapa bahan diatas.
  4. Nah, untuk bahan yang pertama yakni ubi ungu. Ubi ungu ini perlu diolah sebelum dimasak dan dijadikan bahan membuat adonan kue. Caranya, silahkan kukus ubi ungu sampai empuk dan matang, angkat ubi dan kupas agian cangkangnya. Setelah itu, masukkan dalam blender atau ditumbuk dengan menggunakan ulekan sampai ubi halus secara merata. Kemudian sisihkan sementara.
  5. Setelah selesai lanjutkan dengan mempersiapkan air soda. Air soda dalam resep kali ini berfungsi untuk membuat adonan kue menjadi mekar dan mengembang saat dikukus. Dengan demikian, bahan yang satu ini penting sekali anda persiapkan dirumah.
  6. Sementara untuk sisa bahan-bahan yang lain, anda hanya perlu menyisihkannya, sebab bahan-bahan tersebut akan dapat langsung dicampur dan sudah cukup familiar sehingga anda tidak akan lagi kebingungan.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ubi Ungu:

  1. Untuk membuat adonan kue bolu kukus silahkan lakukan dengan mencampurkan semua bahan seperti tepung terigu, gula pasir, telur, vanili, air soda dan aduk-aduk dengan menggunakan mixer secara merata selama kurang lebih 7 menit atau sampai semua bahan ini menjadi kaku dan berwarna pucat.
  2. Setelah itu, masukkan cake emulsifier kedalamnya bersama dengan baking soda dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan mengembang dan tercampur secara merata.
  3. Setelah itu, baru masukkan ubi ungu yang telah dikukus dan dihaluskan secara merata. Aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  4. Setelah tercampur secara merata, masukkan adonan kedalam loyang muffin dan masukkan secara perlahan sedikit demi sedikit.
  5. Masukkan dalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 20 menit.

Setelah matang, angkat dan sajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi yang Lembut, Empuk dan Enak

bolu kukus pelangi

Sajian kue bolu kukus pelangi adalah hidangan yang nikmat.

Rasanya yang lezat dengan tampilan ceria dari warna-warna yang bervariasi akan membuat sajian kali ini tersaji begitu istimewa. Hidangan seperti ini tentunya akan cocok dihidangkan untuk si kecil yang tentunya kan tertarik dengan paduan warna-warna mencolok yang indah.

Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan ini, maka tak perlu khawatir. Kali ini kami akan suguhkan resep mudah dan sederhananya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi yang Lembut, Empuk dan Enak

Review

4.7 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

24 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi yang Lembut, Empuk dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • telur ayam 4 butir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 ml santan kental
  • 125 gr tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • gula pasir 150 gr
  • 1 sendok makan cake emulsifier
  • pewarna makanan secukupnya (warna pelangi)

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi yang Lembut, Empuk dan Enak

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk cara yang pertama, bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda gunakan untuk membuat sajian kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, pengukus, lap untuk melapisi tutup panci, mixer dan juga beberapa loyang muffin beserta dengan kertas roti. Untuk kertas roti ini, sebaiknya potong-potong bagian ini dengan menggunakan gunting dan buat dengan bentuk bulat secara merata, potong dengan diameter kira-kira 3 cm. Mempersiapkan peralatan sebelum mempersiapkan bahan-bahan tentu menjadi hal yang penting. Dengan mempersiapkan peralatan ini, maka akan mudah untuk anda bisa membuat sajian kue yang lebih mudah tanpa anda harus terganggu pergi ke dapur untuk mengambil peralatan yang anda lewatkan.
  2. Nah, setelah peralatan diatas dipersiapkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan. Disini ada beberapa bahan yang perlu kita ulas sedikit jika saja anda masih belum terlalu familiar dengan beberapa bahan atau belum paham betul bagaimana mempersiapkan bahan tersebut.
  3. Bahan pertama adalah santan kental. Bahan yang satu ini difungsikan untuk membuat sajian kue bolu kukus yang kita buat lebih mengembang dan teksturnya menjadi lebih empuk. Untuk itulah, bahan yang satu ini menjadi salah satu bahan penting yang tidak boleh anda lewatkan.
  4. Selanjutnya adalah cake emulsifier atau bahan pengembang kue. Bahan yang satu ini bisa anda dapatkan di toko bahan kue seperti SP, ovalet dan lain sebagainya.
  5. Sementara untuk pewarna makanan, untuk dapat menghasilkan warna pelangi maka gunakan beberapa warna seperti merah, kuning dan hijau. Gunakan bahan ini secukupnya saja.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi:

  1. Pada baskom, silahkan campurkan beberapa bahan seperti telur, gula pasir, cake emulsifier dan kocok dengan menggunakan mixer secara merata sampai semua bahan ini tercampur dan mengembang secara merata selama kurang lebih 7 menit atau sampai semua bahan menjadi kaku.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung terigu dan baking powder serta sediki garam. Aduk-aduk ketika memasukakn bahan ini sampai merata.
  3. Tuangakn santan kental kedalam adonan dan aduk kembali sampai semua bahan merata secara keseluruhan.
  4. Bagi adonan menjadibeberapabagian sesuai pembagian warna yang anda siapkan. Tuangkan beberapa tetes pewarna makanan dan aduk-aduk secara merata sampai adonan berubah warnanya.
  5. Masukkan dalam loyang muffin secara bergantian sedikit demi sedikit dan kukus dalam panci sampai matang dan mekar selama kurang lebih 10 menit.

Setelah matang, sajikan dan santap.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan ebrikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

bolu kukus pandan

Hidangan kue bolu kukus pandan adalah hidangan enak yang akan dapat anda buat dirumah dengan mudah.

Penasaran seperti apa resep membuat sajian ini? Tak perlu khawatir, kali ini kami akan sajikan untuk anda resep membuat hidangan kue bolu kukus pandan yang enak dan mengembang. Simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

Review

4.7 review 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 butir telur
  • 4 tetes pewarna hijau
  • 200 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml minuman bersoda tawar¬†¬†
  • 25 ml air daun suji (dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan)
  • 1/4 sendok teh esens pandan
  • 2 sendok teh SP
  • 275 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram santan kental instan

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

Tips Persiapan Sebelum Membuat Kue:

  1. Untuk yang pertama, lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah pengukus (panci), lap (untuk melapisi tutup panci), mixer (untuk mengocok adonan kue), baskom (tempat membuat adonan kue), loyang dengan bentuk menyerupai mangkuk namun dengan bagain bolong-bolong dibagian dalamnya serta mangkuk kertas (untuk alas adonan kue).
  2. Nah, setelah beberapa peralatan diatas dipersiapkan, lanjutkan dengan mempersiapkan loyang. Caranya, siapkan loyang dengan bolong-bolong, lalu masukkan mangkuk kertas kedalamnya dan agak ditekan sedikit bagian. Setelah itu, baru sisihkan sementara.
  3. Bila semua peralatan sudah disiapkan, sekarang kita akan berlanjut pada bahan-bahan. Ada beberapa bahan yang perlu di ulas sedikit. Hal ini pun penting sekali jika saja anda belum terlau famliar atau kurang mengerti dengan beberapa bahan yang tertera diatas.
  4. Bahan pertama disini kita akan ulas daun suji. Untuk bahan yang satu ini alasan kita menggunakan daun suji agar warna hijau yang dihasilkan bisa lebih mencolok namun tetap dengan menggunakan bahan yang alami. Dengan demikian penampilan yang cantik akan membuat mata lebih menarik melihatnya.
  5. Sementara untuk minuman bersoda, bahan yang satu ini akan bisa anda dapatkan di toko atau supermarket. Seperti misalkan minuman soda dengan merk sprite atau semacamnya. Hanya saja, sebaiknya gunakan yang tidak berwarna agar tidak merusak warna dari sjaian kue kali ini.
  6. Untuk penggunaan santan disini, maksudnya agar tekstur dari kue yang kita buat menjadi lebih lembut dan legit.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan:

  1. Untuk membuat kue, caranya siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan telur, gula pasir, garam beserta dengan emulsifier kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur merata selama kurang lebih 7 menit hingga kaku.
  2. Setelah itu, baru masukkan bahan-bahan yang kering seperti tepung terigu dan baking powder. Masukkan bahan ini secara bergantian sambil diayak-ayak. Aduk kembali sampai merata.
  3. Lalu masukkan minuman soda bersama dngan santan kental, daun suji, air pandan dan juga esens panda. Aduk kembali secara merata hingga adonan menjadi berwarna hijau.
  4. Setelah tercampur, matikan mixer dan siapkan loyang. Lalu sendokkan adonan kedalam loyang sebanyak 2 sendok makan.
  5. Siapkan loyang dan kukus adonan ini selama kurang lebih 12 menit atau sampai anda melihat kue menjadi mekar dan matang secara merata.

Angkat kue ini dinginkan sebentar dan dalam setengah jam, kue ini akan bisa anda sajikan untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Coklat Kopi yang Lembut, Legit dan Enak

bolu kukus coklat kopi

Hidangan kue bolu kukus coklat kopi adalah sajian yang enak.

Sajian ini tentunya cocok sekali bagi anda yang saat ini tengah mendamba menikmati sajian kue yang lezat namun mudah untuk dibuat. Yuk, simak seperti apa sih cara membuat sajian kue bolu kukus coklat kopi yang enak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Coklat Kopi yang Lembut, Legit dan Enak

Review

4.7 review 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Coklat Kopi yang Lembut, Legit dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 butir telur
  • 175 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh cokelat pasta
  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh kopi instan dan 1 sendok teh air panas
  • 1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
  • 225 ml minuman bersoda tawar
  • 25 gram cokelat masak pekat, dilelehkan
  • 1/8 sendok teh moka pasta
  • 50 gram cokelat keping kecil

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Coklat Kopi yang Lembut, Legit dan Enak

Cara Mempersiapkan Peralatan dan Bahan:

  1. Lakukan hal yang pertama dengan mempersiapkan perlatan yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kue kali ini. Hal in penting sekali, karena beberapa peralatan ini ragamnya cukup banyak yang akan membuat anda kesulitan jika anda mempersiapkan peralatan ini ketika anda mulai membuat adonan. Nah, untuk itulah sebaiknya persiapkan sejak dini beberapa peralatan tersebut. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah panci pengukus beserta dengan penutupnya, lap untuk melapisi penutup panci, mixer, baskom dan loyang berukuran kecil seperti mangkuk yang biasanya terdapat bolong-bolong dibagian dalamnya, tak lupa juga kertas mangkuk yang akan anda butuhkan untuk alas kue kali ini.
  2. Nah, setelah peralatan dipersiapkan, sekarang ada beberapa bahan yang perlu kita review sedikit jika saja anda belum terlalu familiar dengan bahan-bahan tersebut atau anda belum terlalu paham dengan bahan-bahan tersebut.
  3. Bahan pertama yakni tepung terigu, silahkan masukkan tepung terigu kedalam wadah atau alat penimbang dan ukur dengan takaran yang sudah disesuaikan. Setelah ukurannya pas, masukkan bahan ini kedalam wadah dan sisihkan sementaa.
  4. Bahan selanjutnya adalah coklat pekat yang dmasak. Adapun cara memasak bahan ini bisa dilakukan dengan merebus air dalam panci sampai mendidih dan tempatkan mangkuk kaca dibagian atasnya. Lalu masukkan coklat kedalamnya dan biarkan uap dari air membuat coklat yang anda masak menjadi meleleh secara merata.
  5. Sementara itu, untuk membuat kopi anda bisa melakukannya dengan memasukkan kopi dalam gelas dan masukkan air panas sebanyak 1 sendok teh kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata. Kemudian disaring untuk memisahkan antara ampas dan kopinya.

Cara Membuat KUe Bolu Kukus Coklat Kopi:

  1. Siapkan baskom dan masukkan gula pasir bersama dengan emulsifier, telur dan kocok semua bahan ini dengan menggunakan mixer secara merata sampai kaku selama kurang lebih 10 menit.
  2. Masukkan tepung terigu bersama dengan baking powder secara bergantian sambil diayak dan kocok merata.
  3. Matikan mixer dna bagi adonan menjadi dua bagian secara merata. Masukkan adonan ini dalam mangkuk dan sisihkan sementara.
  4. Untuk satu bagian donan silahkan masukan larutan kopi dan aduk-aduk secara merata.
  5. Untuk yang adonan lain, silahkan masukkan coklat pekar dn tambahkan dengan coklat keping aduk-aduk merata.
  6. Siapkan loyang dan sendokan adonan sampai hampir penuh. Kukus sampai matang selama kurang lebih 10 menit.

Angkat dan sajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Talas yang Empuk, Mekar dan Lembut

bolu kukus talas

Hidangan kue bolu kukus talas adalah hidangan yang enak dan lezat.

Nah, sajian kali ini tentunya akan sangat cocok untuk anda yang tengah mendamba mencicipi sajian enak yang mudah untuk dibuat.

Untuk itu, maka anda tak perlu khawatir, sajian kue bolu kukus talas kali ini adalah sajian enak yang mudah untuk dibuat. Bahan talas hanya perlu anda kukus dalam panci atau wadah anti panas sampai matang dan empuk secara merata. Setelah itu, baru angkat dan masukkan talas ke mesin blender untuk kemudian akan dihaluskan secara merata. Dari sini, talas akan bisa dicampur dan dibuat adonan kue bolu kukus.

Penasaran seperti apa resep membuat sajian kue bolu kukus talas yang empuk, maka simak langsung resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Talas yang Empuk, Mekar dan Lembut

Review

4.7 review 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Talas yang Empuk, Mekar dan Lembut

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 1 butir telur
  • 125 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 1 sendok teh sp
  • 4 tetes pewarna ungu
  • 75 gram talas kukus
  • 100 ml air soda
  • 6 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Talas yang Empuk, Mekar dan Lembut

Tips Persiapan Sebelum Membuat Adonan:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat kue kali ini. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah panci untuk pengukus, mixer, baskom, cetakan muffin, kertas roti (potong bulat dengan diameter 3.5 cm). Nah, mengingat pentingnya beberapa peralatan ini, maka penting pula untuk anda bisa mempersiapkan peralatan ini dekat dengan jangkauan anda. Agar demikian, nantinya anda akan dapat membuat kue dengan lebih mudah.
  2. Bila peralatan diatas sudah anda persiapkan, sekarang kita akan lanjutkan dengan menyiapkan loyang. Caranya, siapkan loyang dan masukkan kertas roti dibagian atasnya, lalu tekan sedikit kebagian dalam dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya untuk bahan-bahan. Disini penting sekali mengulas beberapa bahan-bahan jika saja anda masih merasa asing dengan beberapa bahan diatas.
  4. Bahan pertama adalah talas. Untuk bahan yang satu ini, setelah dikukus, lanjutkan dengan menghaluskannya agar bahan ini lebih mudah dicampur.
  5. Sementara untuk sisa bahan-bahan lainnya, anda hanya perlu menyisihkan bahan-bahan tersebut. Sebab bahan tersebut bisa langsung dimasukkan dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Bolu Kukus Talas:

  1. Seperti biasa, langkah membuat adonan ini bisa dilakukan dengan menyiapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan beberapa bahan seperi telur,emulsifier atau SP dan gula. Kemudian aduk-aduk semua bahan ini sampai putih pucat dan kaku secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalamnya sambil terus diaduk-aduk sampai tepung habis secara merata.
  3. Masukkan talas yang sudah dihaluskan dengan menggunakan blender. Masukkan bahan ini bersama dengan air soda, pewarna makanan. Dan aduk-aduk semuanya sampai tercampur merata dan adonan berubah warnanya.
  4. Siapkan loyang dan sendokkan bahan adonan ini kedalamnya secara merata hingga memenuhi 3/4 dari cetakan atau loyang.
  5. Setelah itu, siapkan kukusan dan tunggu sampai kukusan panas. Masukkan adonan kedalamnya dan tutupi dengan tutup panci yang sudah dilapisi dengan menggunakan lap. Masak sampai matang dan mekar.

Baru setelah itu angkat dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini akan siap untuk disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

bolu kukus tape ketan

Sajian kue bolu kukus tape ketan adalah perpaduan yang lezat.

Betapa tidak, lembut dan empuknya kue bolu yang berpadu denga nikmat dan segarnya sajian dari tape ketan akan membawa sensasi berbeda di lidah anda. Ingin tahu seperti apa cara membuat sajian kue bolu kukus tape ketan yang enak, maka kita simak langsung saja resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Review

4.7 review 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 butir telur
  • 2 tetes pewarna hijau
  • 75 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 ml santan kental instan
  • 50 gram tape ketan tiriskan
  • 2 sendok makanair suji

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Tips Persiapan Sebelum Membuat Kue:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Hal ini tentunya penting sekali, karena dengan mempersiapkan peralatan ini, maka anda akan lebih mudah untuk dapat membuat adonan kue dengan lebih mudah, tanpa anda harus pergi kedapur untuk membawa peralatan yang anda lewatkan. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah pengukus (panci), lap (untuk melapisi tutup panci), loyang dengan bentuk mangkuk kecil, mangkuk kertas.
  2. Bila semua peralatan sudah dipersiapkan, maka selanjutnya kita akan dapat mempersiapkan Loyang dan alas untuk adonan kue yang telah dibuat. Caranya, masukkan mangkuk kerta dibagian atas loyang kecil dan tekuk kebagian dalam dengan perlahan agar mangkuk kertas ini menempel pada loyang.
  3. Selanjutnya untuk bahan-bahan, beberapa bahan penting untuk diulas untuk menjaga-jaga bila saja anda kurang familiar dengan bahan-bahan diatas atau merasa kurang jelas. Nah, bahan pertama yang akan diulas adalah tape ketan. Untuk bahan ini, silahkan buka bungkus tape ketan dan tiriskan sementara agar airnya tidak terlalu banyak.
  4. Kemudian untuk tepung terigu, gunakan jenis terigu dengan protein yang sedang. Jenis terigu ini sudah banyak dijual dipasaran dengan merk yang cukup terkenal. Dengan demikian, anda akan bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.
  5. Sementara untuk bahan sisanya, anda bisa menyisihkannya. Sebab bahan-bahan ini akan langsung bisa dimasukkan dan dicampur menjadi adonan.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan:

  1. Untuk membuat adonan kue, silahkan siapkan baskom dan amsukkan beberapa bahan untuk kemudian bahan in akan dikocok dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah emulsifier, gula pasir dan telur. Aduk-aduk bahan ini sampai mengembang dan kaku secara merata.
  2. Setelah itu, ayak tepung teirgu bersama dengan baking powder dengan menggunakan ayakan. Setelah itu, baru masukkan secara bergantian kedalam adonan yangs udah diaduk. Campur kembali bahan ini dengan menggunakan mixer sampai tercampur secara merata.
  3. Baru setelah itu, masukkan tape ketan kedalamnya bersama dengan santan, air suji, pewarna makanan dan aduk-aduk secara perlahan sampai semua bahan ini berubah warnanya menjadi hijau.
  4. Siapkan cetakan atau loyang dengan bentuk muffin atau mangkuk kecil dan sendokkan adonan kedalamnya sebanyak 1 sendok makan penuh.
  5. Masukkan dalam kukusan yang sudah panas dan kukus selama kurang lebih 10 menit atau sampai anda melihat adonan matang. Untuk menentukan adonan matang atau tidak, silahkan tusukan tusuk gigi dibagian tengan kue dan bila saat anda mengangkatnya tusuk gigi tersebut bersih, maka anda akan siap mengangkatnya.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Enak dan Lembut

bolu kukus ketan hitam

Sajian kue bolu kukus ketan hitam adalah sajian kue bolu kukus yang enak.

Hidangan kali ini selain nikmat, juga cukup mudah untuk dibuat dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian yang satu ini? Tak perlu khawatir, kali ini kami akan suguhkan resep special untuk anda agar anda bisa membuat sajian ini dirumah dengan mudah. Inilah dia resep membuat sajian kue bolu kukus ketan hitam yang enak.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Enak dan Lembut

Review

4.7 review 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketam Hitam yang Enak dan Lembut

Bahan-Bahan Utama:

  • 50 gram ketan hitam tiriskan
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 2 tetes pewarna hijau tua
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan air suji
  • 50 ml santan kental instan

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Enak dan Lembut

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Hal pertama yang penting dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan utnuk membuat adonan kue kali ini. Nah, beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, loyang dengan bentuk mangkuk yang dibagian tengahnya terdapat bolong-bolong, kertas roti (potong menajdi bentuk bulat dengan diameter kira-kira 3.5 cm), pengukus (panci). Setelah melihat pentingnya peralatan ini, maka penting pula untuk anda mempersiapkan peralatan ini terlebih dahulu sebelum anda membuat adonan kue.
  2. Setelah peralatan diatas dipersiapkan, selanjutnya kita akan mempersiapkan loyang untuk kue. Caranya, siapkan loyang kecil tadi diatas piring dengan permukaan yang datar dan tempatkan kertas roti dibagian atasnya untuk kemudian ditekuk hingga kerta masuk kedalam loyang. Baru sisihkan sementara.
  3. Kemudian kita akan berlanjut ke bahan-bahan. Ada beberapa bahan yang perlu kita ulas sedikit, hal ini penting dilakukan jika saja anda merasa asing dengan beberapa bahan atau merasa belum jelas dengan bahan-bahan diatas.
  4. Bahan peralatan yang akan dipersiapkan terlebih dahulu adalah tape ketan hitam. Rendam terlebih dahulu tape dalam air, angkat dan tiriskan. Setelah itu, untuk menghindari nasi ketan yang masih mentah, maka silahkan masak terlebih dahulu beras ketan sampai matang dan pulen. Setelah itu, masukkan dalam wadah untuk kemudian disisihkan sementara.
  5. Untuk air suji ini, anda bisa menggunakan daun suji sebanyak 3-4 lembar dan tumbuk dengan menggunakan tumbukan atau diblender secara merata hingga halus setelah itu saring dan ambil airnya.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam:

  1. Siapkan baskom terlebih dahulu dan masukkan kedalamnya gula, emulsifier dan juga telur. Aduk-aduk bahan ini dengan menggunakan mixer dan gunakan kecepatan paling tinggi pada mixer sampai bahan ini mengembang secara merata.
  2. Setelah itu, baru masukkan bahan-bahan yang kering seperti tepung terigu dan juga baking powder. Sebelum bahan ini dimasukkan sebaiknya saring atau ayak terlebih dahulu dan masukkan bahan ini secara bergantian. Setelah itu, aduk kembali sampai tercampur merata.
  3. Kemudian, masukkan nasi ketan hitam kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur merata. Tambahkan santan, pewarna hijau dan juga air suji. Aduk-aduk secara perlahan sampai merata.
  4. Matikan mixer dan sendokan sebanyak satu sendok makan penuh adonan ini dalam loyang muffin. Lakukan hal yang sama pada semua loyang yang masih kosong sampai adonan habis.
  5. Setelah itu, panaskan kukusan dan kukus bahan ini sampai matang selama kurang lebih 10 menit.

Setelah itu, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian siap disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Mekar yang Lembut, Lezat dan Enak

bolu kukus coklat

Hidangan bolu kukus coklat adalah sajian yang enak dan lezat.

Cara menikmati sajian yang paling sempurna adalah dinikmati bersama dengan secangkir teh hangat saat santai atau berkumpul bersama dengan keluarga.

Ingin tahu seperti apa cara membuat bolu kukus coklat mekar? Simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Mekar yang Lembut, Lezat dan Enak

Review

4.8 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bolu Kukus Coklat Mekar yang Lembut, Lezat dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh pasta coklat
  • 3 butir telur
  • 200 ml susu cair full cream
  • 150 gram gula pasir
  • 15 gram emulsifier
  • 1 sendok teh vanila ekstrak/vanila bubuk

Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Mekar yang Lembut, Lezat dan Enak

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan utnuk membuat sajian kue kali ini. Hal ini tentunya penting sekali mengingat peralatan ini akan sangat anda butuhkan agar anda bisa membuat sajian kue ini dengan lebih mudah dan lebih nyaman. Adapun beberapa peralatan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah baskom, mixer, pengukus, loyang kecil, kertas roti. Nah, mengingat pentingnya beberapa peralatan ini, maka demikian silahkan siapkan beberapa peralatan tersebut sebelum anda membuat sajian adonan kue kali ini.
  2. Nah, selesai mempersiapkan peralatan untuk membuat kue, langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang anda butuhkan. Hanya saja, disini ada beberapa bahan yang perlu kita review kembali jika saja anda belum terlalu familiar dengan bahan-bahan tersebut atau ukurannya dirasa belum cukup jelas.
  3. Bahan pertama adalah tepung terigu, silahkan masukkan bahan ini kedalam alat penimbang dan ukur dengan takaran yang sudah disesuaikan.
  4. Selanjutnya adalah gula pasir. Untuk bahan yang satu ini anda bisa mendapatkan ukuran yang pasti dengan memasukkan gula pasir kedalam alat penimbang bahan kue dan ukur dengan takaran yang telah ditentukan. Setelah itu, baru masukkan gula pasir dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Sementara itu, untuk susu cair, anda bisa menggunakan dan memilih merk apa saja dari susu cair yang banyak dijual dipasaran.
  6. Nah, untuk bahan sisanya, anda hanya perlu menyisihkan bahan-bahan ini. Sebab bahan ini hanya perlu dimasukkan dan dicampur menjadi adonan dalam wadah.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Coklat:

  1. Setelah peralatan dan bahan-bahan dipersiapkan secara merata. Lanjutkan dengan mulai membuat sajian adonan kue. Caranya, siapkan baskom dan masukkan kedalamnya telur, susu cair, gula pasir, vanila extract, emulsifier dan aduk-aduk dengan menggunakan mixer secara merata dengan menggunakan kecepatan paling tinggi sampai adonan mengembang dan berwarna putih.
  2. Selanjutnya,masukkan tepung terigu dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan tercampur.
  3. Setelah tercampur, matikan mixer dan bagi adonan menjadi dua bagian. Pisahkan dalam mangkuk ukuran yang sedang.
  4. Sementara itu, siapkan loyang dengan ukuran seperti mangkuk yang biasanya terdapat bolong-bolong dibagian dalamnya. Lalu tempatkan kertas roti yang sudah dibentuk bulat sedang dibagian atasnya. Kemudian tekuk kebagian dalam dan sisihkan.
  5. Lalu masukkan pasta coklat kedalam salah satu adonan dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  6. Masukkan satu sendok adonan berwanra coklat dan tidak berwarna kedalam kertas roti secara bergantian hingga 3/4 bagian hampir penuh.
  7. Kukus sampai matang dan tutup dengan panci yang dilapisi dengan lap.

Sajikan hidangan ini untuk keluarga anda dirumah.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan keluarga dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

bolu kukus sederhana

Hidangan kue bolu adalah sajian yang enak.

Hidangan ini tentu akan cocok disuguhkan ketika anggota keluarga berada dirumah atau ketika mertua berkunjung. Lembut dan lezatnya sajian kue bolu kukus, membuat siapa saja suka dengan sajian ini.

Nah, agar anda tak lagi penasaran dengan resep membuat sajian kue bolu kukus sederhana, maka mari kita simak langsung seperti apa cara membuat kue bolu kukus sederhana yang enak dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

Review

4.8 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 buah

Bahan-Bahan yang Dilakukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

Bahan Utama Membuat Kue:

  • 200 gram gula pasir
  • 275 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 pewarna makanan berbeda
  • 1/2 sdt baking powder
  • 225 m soda tawar
  • 2 sdt emulsifier
  • 2 butir telur

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan Sebelum Membuat Kue:

  1. Untuk cara yang pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang akan digunakan. Hal ini penting sekali mengingat anda perlu tahu beberapa peralatan yang akan anda butuhkan. Adapun peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, mangkuk kertas, loyang berukuran kecil seperti mangkuk, pengukus, panci dan juga lap untuk melapisi penutup panci. Nah, bila peralatan ini sudah disiapkan dari jangkauan anda, maka demikian anda akan dapat dengan mudah mempersiapkan dan membuat kue bolu kukus dalam keadaan yang nyaman tanpa anda harus kesulitan menjangkau dan mendapatkan bahan-bahan ini.
  2. Selanjutnya untuk bahan yang akan diulas adalah gula pasir. Ukur bahan ini dengan menggunakan mesin timbangan.
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan mengukur tepung terigu. Sama halnya dengan gula pasir, takaran yang pasti ini bisa anda dapatkan dari mengukur menggunakan mesin timbangan. Setelah selsai sisihkan.
  4. Sementara itu, untuk pewarna makanan disini kita hanya akan menggunakan sedikit saja, kita-kita setengan sendok teh. Untuk urusan warna, anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda. Jika anda ingin mendapatkan warna putih dan warna yang lain, maka anda hanya cukup menggunakan satu pewarna saja.
  5. Nah, utuk sisa bahan-bahan yang lain, anda bisa menyisihkan bahan ini dan mendekatkannya dengan jangkauan anda, agar nantinya bahan-bahan ini akan dapat langsung dimasukkan dan dicampur menjadi adonan.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar:

  1. Setelah bahan dan bahan dipersiapkan, lanjutkan dengan menyiapkan baskom dan mencampur beberapa bahan kedalamnya seperti telur, emulsifier, gula pasir dan aduk-aduk dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi selama kurang lebih 5 menit sampai semua bahan yang anda aduk menjadi lebih kaku.
  2. Nah setelah itu, baru ayak terigu bersama dengan tepung terigu secara merata dan masukkan bahan ini kedalam kocokan bahan-bahan yang lainnya.
  3. Masukan soda tawar kedalamnya dna kocok kembali dengan menggunakan mixer sampai mengembang dengan perlahan. Diikuti dengan memasukkan esens vanili. Aduk kembali sampai semua bahan merata.
  4. Nah, setelah semua bahan merata, matikan mixer dan bagi adonan menjadi tiga bila anda menggunakan 2 pewarna makanan yang berbeda.
  5. Pada masing-masing adonan yang sudah dipisahkan, silahkan berikan tetesan pewarna makanan kira-kira sebanyak 2-3 tetes. Kemudian aduk-aduk secara merata sampai berubah warnanya.
  6. Siapkan cetakan, dan tempatkan mangkuk dari kertas diatas loyang cetakan. Masukkan adonan sebanyak 1-2 sendok makan kedalamnya dan lakukan hal serupa sampai semua adonan habis.
  7. Kukus adoann selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai adonan mekar dan mengembang secara merata.

Sebaiknya tidak membuka penutup kukusan saat anda mengukus adonan kue. Agar tidak menciut atau gagal mekar. Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Wortel Mekar yang Legit, Lezat dan Enak

bolu kukus wortel

Sajian kue bolu kukus wortel adalah hidangan inovasi baru dari kue bolu kukus.

Sajian ini tentunya enak dna juga sehat. Yang mana bila anda ingin menyajikannya untuk si kecil, maka sajian ini akan sangat cocok untuk mereka. Nah, agar ada tak penasaran seperti apa resep membuat sajian kue bolu kukus wortel mekar yang enak. Simak resepnya dibawah ini.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Wortel Mekar yang Legit, Lezat dan Enak

Review

4.8 review 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Wortel Mekar yang Legit, Lezat dan Enak

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram wortel
  • 200 gram gula pasir
  • 275 gram tepung terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • 3 tetes pewarna merah muda
  • 1/2 sendok makan emulsifier
  • 200 ml minuman bersoda tawar
  • 1 sendok teh baking powder
  • 50 gram fruit mix kaleng

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Wortel Mekar yang Legit, Lezat dan Enak

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Cara yang pertama lakukan dengan mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Hal ini tentunya penting. Sebab dengan mempersiapkan perlatan ini, maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat sajian kue tanpa harus terganggu pergi ke dapur karena anda melewatkan beberapa peralatan yang anda lupakan. Untuk itu, sebaiknya dahulukan mempersiapkan beberapa peralatan ini sebelum anda membuat sajian adonan kue.
  2. Adapun peralatan yang perlu anda persiapkan diantaranya adalah baskom, mixer, pengukus, loyang dengan bentuk mangkuk dengan bagian bolong terdapat diluar, lalu beberapa kertas roti yang sudah dipotong dengan bentuk melingkar.
  3. Setelah peralatan dipersiapkan, silahkan siapkan loyang dengan memasukkan potongan kertas roti kedalam loyang dan tekan kebagian dalam untuk kemudian kertas tersebut agar dapat menutupi loyang dan menjadi alas adonan kue.
  4. Kemudian kita lanjutkan pada bahan-bahan. Ada beberapa bahan-bahan yang perlu di review disini untuk menjaga jika saja anda belum terlalu familiar dengan beberapa bahan tersebut. Nah, bahan pertama yang perlu dipersiapkan adalah wortel. Untuk bahan ini, silahkan kupas bagian kulit luarnya dan haluskan dengan menggunakan blender atau diparut dengan menggunakan parutan secara merata.
  5. Sementara untuk bahan soda tawar, perlu diketahui bahan yang satu ini difungsikan untuk membuat si adonan kue menjadi mekar dan membuat tekstunya menjadi lebih lembut. Untuk bisa mendapatkan bahan yang satu ini, anda bisa mendapatkan di supermarket atau di toko makanan.
  6. Untuk ukuran fruit mix, anda bisa membelinya dengan bentuk kalengan dan takarannya bisa anda sesuaikan dengan selera. Jika anda suka fruit mix, maka anda bisa menambahkan ukurannya menjadi lebih banyak.

Cara Membuat Bolu Kukus Wortel:

  1. Siapkan baskom dan dekatkan dengan jangkauan anda, lalu masukkan kedalamnya gula pasir bersama dengan emulsifier dan juga telur serta garam. Kemudian aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur dan menjadi lebih kaku sampai pucat selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah itu, baru masukkan bahan yang kering seperti tepung terigu, baking powder, susu bubuk dan juga baking powder. Masukkan secara perlahan sambil diayak secara merata. Aduk-aduk kembali sampai merata.
  3. Masukkan minuman soda kedalamy bersama dengan pewarna makanan dan kocok kembali secara merara.
  4. Masukkan wortel yang telah diparut dan juga fruit mx, kocok kembali secara meraa.
  5. Siapkan loyang dan sendokan adonan kedalamnya sampai hampir penuh. Sebanyak 1-2 sendok makan.
  6. Siapkan kukusan dan kukus secara merata sampai mekar selama kurang lebih 10 menit.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat