Resep Chiffon Cake Keju Anti Gagal

Resep Chiffon Cake Keju Anti Gagal – Sajian kue yang lembut dan halus ini memiliki cita rasa yang nikmat. Tiap gigitannya akan membuat anda ketagihan. Dengan tambahan topping keju sajian kue ini semakin spesial, aromanya yang harum bikin tidak sabar untuk mencicipinya. Nah, anda bisa membuat chiffon cake keju di rumah, resepnya mudah dan sederhana seperti berikut ini.

Resep Chiffon Cake Keju Anti Gagal

Chiffon cake keju ini dilengkapi dengan topping keju. Kue yang sudah matang dalam oven, kemudian dilapisi dengan mentega bagian atasnya. Selanjutnya ditambahkan keju agar kue semakin spesial.

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, kue basah, kue bolu
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 1 jam 30 menit
Porsi 15 potong
Kalori 297.1 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 150 gram tepung terigu protein rendah
  • 100 gram keju cheddar parut
  • ½ sdt soda kue
  • 100 ml susu cair
  • 100 gram gula kastor
  • ½ sdt cream of tartar
  • 1 sdt baking powder
  • 7 butir putih telur
  • ½ sdt garam
  • 5 butir kuning telur
  • 100 ml minyak goreng

Bahan Untuk Taburan

  • 200 gram keju cheddar
  • 200 gram mentega

Langkah-langkah

Cara Membuat Chiffon Cake Keju

  1. Pertama-tama, silakan siapkan wadah lalu ayak tepung terigu bersama dengan soda kue, garam, baking powder, keju, garam beserta gula kastor sebanyak 2 sendok makan. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.

  2. Kemudian, di bagian tengahnya silakan buat lubang. Lalu tuangkan minyak goreng bersama dengan kuning telur dan susu. Aduk-aduk dengan pengocok kawat sampai adonan licin. Jika sudah, silakan sisihkan.

  3. Setelah itu, putih telur silakan kocok dengan menggunakan mixer kecepatan sedang hingga berbusa.

  4. Tambahkan ke dalamnya cream of tartar bersama dengan sisa gula dalam beberapa tahapan sambil adonan terus dikocok sampai adonan membentuk ujung tumpul ketika mixer diangkat.

  5. Adonan putih telur silakan dimasukan sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung sambil diaduk-aduk dengan perlahan dan tercampur merata.

  6. Ambil loyang chiffon cake dengan diameter 24 cm. Lalu silakan alasi menggunakan kertas roti. Sebelum digunakan anda bisa memanaskan loyang selama 10 menit.

  7. Setelah itu, silakan bagian dalam loyang perciki dengan menggunakan air masak. Lalu adonan yang sudah dibuat tuangkan ke dalam loyang.

  8. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Lalu panggang adonan dalam oven panas selama kurang lebih 75 menit atau hingga benar-benar matang.

  9. Setelah matang, silakan angkat dan segera balik loyang hingga kue dingin.

  10. Apabila sudah dingin, anda bisa mengeluarkan kue pada loyang dengan menggunakan spatula. Lalu kue dibalikan di atas rak kawat. Sekali lagi balik ke piring saji sampai bagian atas kue berada di bagian atas.

  11. Seluruh permukaan kue silakan olesi dengan mentega. Lalu taburi di atasnya dengan keju parut sesuai selera.

  12. Terakhir anda bisa menyajikannya.

Catatan Resep

Chiffon cake keju spesial ini rasanya begitu nikmat dan teksturnya yang lembut akan memanjakan lidah. Itulah resep chiffon cake yang lembut dan enak. Selamat mencoba di rumah.

Lihat artikel lainnya : Resep Bistik Ayam

Leave a Reply

Rating Resep