Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

Hidangan kue bolu kukus pandan adalah hidangan enak yang akan dapat anda buat dirumah dengan mudah.

Penasaran seperti apa resep membuat sajian ini? Tak perlu khawatir, kali ini kami akan sajikan untuk anda resep membuat hidangan kue bolu kukus pandan yang enak dan mengembang. Simak resepnya dibawah ini.

bolu kukus pandan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

4.7 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 butir telur
  • 4 tetes pewarna hijau
  • 200 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml minuman bersoda tawar  
  • 25 ml air daun suji (dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan)
  • 1/4 sendok teh esens pandan
  • 2 sendok teh SP
  • 275 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram santan kental instan

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Enak, Mengembang dan Lembut

Tips Persiapan Sebelum Membuat Kue:

  1. Untuk yang pertama, lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah pengukus (panci), lap (untuk melapisi tutup panci), mixer (untuk mengocok adonan kue), baskom (tempat membuat adonan kue), loyang dengan bentuk menyerupai mangkuk namun dengan bagain bolong-bolong dibagian dalamnya serta mangkuk kertas (untuk alas adonan kue).
  2. Nah, setelah beberapa peralatan diatas dipersiapkan, lanjutkan dengan mempersiapkan loyang. Caranya, siapkan loyang dengan bolong-bolong, lalu masukkan mangkuk kertas kedalamnya dan agak ditekan sedikit bagian. Setelah itu, baru sisihkan sementara.
  3. Bila semua peralatan sudah disiapkan, sekarang kita akan berlanjut pada bahan-bahan. Ada beberapa bahan yang perlu di ulas sedikit. Hal ini pun penting sekali jika saja anda belum terlau famliar atau kurang mengerti dengan beberapa bahan yang tertera diatas.
  4. Bahan pertama disini kita akan ulas daun suji. Untuk bahan yang satu ini alasan kita menggunakan daun suji agar warna hijau yang dihasilkan bisa lebih mencolok namun tetap dengan menggunakan bahan yang alami. Dengan demikian penampilan yang cantik akan membuat mata lebih menarik melihatnya.
  5. Sementara untuk minuman bersoda, bahan yang satu ini akan bisa anda dapatkan di toko atau supermarket. Seperti misalkan minuman soda dengan merk sprite atau semacamnya. Hanya saja, sebaiknya gunakan yang tidak berwarna agar tidak merusak warna dari sjaian kue kali ini.
  6. Untuk penggunaan santan disini, maksudnya agar tekstur dari kue yang kita buat menjadi lebih lembut dan legit.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan:

  1. Untuk membuat kue, caranya siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan telur, gula pasir, garam beserta dengan emulsifier kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur merata selama kurang lebih 7 menit hingga kaku.
  2. Setelah itu, baru masukkan bahan-bahan yang kering seperti tepung terigu dan baking powder. Masukkan bahan ini secara bergantian sambil diayak-ayak. Aduk kembali sampai merata.
  3. Lalu masukkan minuman soda bersama dngan santan kental, daun suji, air pandan dan juga esens panda. Aduk kembali secara merata hingga adonan menjadi berwarna hijau.
  4. Setelah tercampur, matikan mixer dan siapkan loyang. Lalu sendokkan adonan kedalam loyang sebanyak 2 sendok makan.
  5. Siapkan loyang dan kukus adonan ini selama kurang lebih 12 menit atau sampai anda melihat kue menjadi mekar dan matang secara merata.

Angkat kue ini dinginkan sebentar dan dalam setengah jam, kue ini akan bisa anda sajikan untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons