Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Terong Tumis Balado yang Nikmat dan Lembut

 

Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan yang enak untuk santap berbuka anda saat beduk maghrib tiba.

Adalah sajian terong tumis balado yang enak dan gurih yang akan bisa ibu buat dirumah dengan mudah. Kuah yang sedap dan tekstur lembut dari terong akan membuat santap kali ini menjadi lebih istimewa. Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

puasa-tumis-terong.JPG

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Terong Tumis Balado yang Nikmat dan Lembut

Review

4.7 review 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Terong Tumis Balado yang Nikmat dan Lembut

Bahan-Bahan Utama:

  • 200 gr teri
  • 4 buah terong ungu besar

Bahan dan Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 5 buah cabai merah
  • Secukupnya kecap manis
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 buah tomat
  • 3 butir kemiri
  • 5 siung bawang merah
  • Minyak secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Menu Buka Puasa Terong Tumis Balado yang Nikmat dan Lembut

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Hal pertama, dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan masakan kali ini. Beberapa peralatan kali ini adalah alat yang akan menunjang anda untuk dapat membuat masakan dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Untuk itu, langkah kali ini sebaiknya tidak anda lewat atau diabaikan begitu saja. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah wajan, beberapa wadah, spatula, serokan dan sebuah pirings saji.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan utama yakni terong bersama dengan ikan terinya.
  3. Untuk terong, anda bisa mempersiapkan bahan ini dengan cara, memotongnya dengan menggunakan pisau secara merata. Potong terong dengan bentuk menyerong dengan ketebalan kita-kira 3 cm. Lakukan hal yang sama pada sis terong yang masih tersedia.
  4. Masukkan terong kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum kita persiapkan ikan terinya.
  5. Untuk ikan teri, silahkan masukkan ikan teri kedalam wadah yang berbeda dari anda memasukkan terong. Lalu bawa semua bahan ke tempat cucian untuk dibersihkan secara merata.
  6. Untuk yang pertama, kita bersihkan terlebih dahulu terongnya. Caranya, dekatkan terong dalam wadah pada air yang mengalir dan remas-remas dengan perlahan untuk membuang kotoran yang ada pada terong secara merata.
  7. Angkat dan tiriskan airnya bila terong sudah dirasa bersih secara merata. Lalu sisihkan dalam wadah tersebut.
  8. Sementara itu, untuk ikan teri sama seperti membersihkan terong. Silahkan bersihkan ikan teri dengan air untuk membuang kelebihan garam yang masih terdapat dalam ikan teri. Buang airnya dan tiriskan dalam wadah.

Cara Membuat Tumis Terong:

  1. Untuk membuat tumis terong, silahkan masukkan sedikit air kedalam terong dan tambahkan dengan menggunakan garam secara merata. Aduk-aduk sampai garam larut bersama dengan air. Dan setelah itu, diamkan bahan ini dalam wadah selama kurang lebih 10 menit.
  2. Bila sudah selesai, silahkan siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya secukupnya. Tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
  3. Setelah itu, goreng terong kedalamnya sampai kering dan mengkerut. Bila sudah matang, angkat sajian ini dari wajan dna tiriskan sementara minyaknya agar menetes. Lalu sisihkan sementara.
  4. Kemudian, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri dan juga tomat. Haluskan dengan menggunakan ulekan secara merata.
  5. Selanjutnya, panaskan kembali wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium bau harum yang enak dan lezat. Masukkan sedikit air kedalamnya dan tunggu sampai air mendidih.
  6. Masukkan ikan teri dan aduk-aduk semua bahan sampai tercampur merata dan masak sampai matang.
  7. Terakhir, silahkan masukkanterong dan aduk-aduk merata. Masak sampai bumbu meresap dan agak kering. Matikkan api dan angkat sajian ini.

Hidangkan dalam piring saji, untuk kemudian hidangan ini akan siap anda cicipi saat waktu berbuka tiba.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...