Resep Ketoprak Enak

Resep Ketoprak Enak – Ketoprak merupakan salah satu jajanan kaki lima yang banyak disukai.

Ketoprak ini biasanya dijajakan dengan gerobak. Campuran bahan-bahan dengan tambahan bumbu terasa sangat nikmat. Ketoprak biasanya dicari untuk menu sarapan atau menu makan malam.

Di daerah anda, mungkin ada banyak pedagang ketoprak yang bisa ditemukan. Namun untuk bisa menikmati sajian ketoprak ini, sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara membuatnya sangat mudah. Nah, kami hadirkan berikut ini resep dan cara membuat ketoprak untuk anda.

Baca juga : Resep Tahu Telur Khas Surabaya

Resep Ketoprak Enak

Ketoprak berbahan tahu, kemudian disiram dengan saus kacang. Biasanya cabe rawit dan bawang putih langsung digerus di atas piring dengan kacang tanah yang sebelumnya sudah ditumbuk halus. Namun ada juga yang menggunakan cobek.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Ketoprak, Ketoprak enak, Resep ketoprak
Waktu Persiapan 10 minutes
Waktu Memasak 30 minutes
Kalori 402 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 4 buah tahu putih kecil
  • 100 ml kecap manis
  • 100 gram tauge
  • 50 gram bihun kering
  • 4 sendok makan bawang merah goreng
  • 200 ml air matang
  • 2 sendok makan kacang tanah goreng

Bahan Saus Kacang

  • 5 buah cabe rawit hijau
  • 100 gram kacang goreng
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih

Langkah-langkah

Cara Membuat Ketoprak

  1. Pertama-tama, silakan bersihkan terlebih dahulu tauge yang sudah anda sediakan. Bersihkan di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih. Jika sudah, silakan tiriskan.

  2. Selanjutnya seduh bihun di dalam air mendidih. Tunggu selama beberapa saat lalu tiriskan.

  3. Setelah itu, silakan seduh tauge yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan air panas sampai layu. Jika sudah layu, anda bisa meniriskannya terlebih dahulu.

  4. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak. Lalu goreng tahu yang sudah anda sediakan hingga matang dan bagian luarnya garing.

Cara Membuat Saus Kacang

  1. Langkah selanjutnya yaitu membuat saus kacang. Silakan kacang digiling atau ditumbuk halus bersama dengan cabai, bawang putih dan garam sampai benar-benar halus.

  2. Kacang yang sudah dihaluskan ditambahkan air secukupnya hingga menjadi saus dengan tekstur yang kental.

Cara Menyajikan Ketoprak

  1. Jika bahan-bahan sudah siap dan saus kacang sudah selesai dibuat, anda bisa langsung menyajikannya. Silakan ambil tahu yang sudah anda sediakan. Lalu potong-potong dan letakan pada piring saji.

  2. Tambahkan tauge dan bihun yang sudah diseduh terlebih dahulu. Lalu anda bisa menyiramnya dengan saus kacang.

  3. Lalu tambahkan kecap manis dan taburi di atasnya dengan kacang goreng dan bawang merah goreng.

  4. Anda bisa menyajikannya dengan telur dadar atau kerupuk. Tambahan sambal juga akan membuat sajian ketoprak ini semakin nikmat.

  5. Ketoprak juga bisa anda sajikan bersama dengan potongan ketupat atau lontong.

Catatan Resep

Tips Membuat Ketoprak

Beberapa tips membuat ketoprak yang harus anda perhatikan seperti berikut ini.

  • Untuk bihun sebagai bahan membuat ketoprak, sebaiknya anda memilih bihun yang kualitasnya bagus. Tidak mulur kenyal dan teksturnya lembut. Bihun kering diseduh dalam air yang mendidih sampai mengembang, serta lunak. Jika sudah, bisa langsung ditiriskan.
  • Untuk tahu putih anda bisa menggunakan tahu Bandung yang lembut. Selain itu, anda juga bisa memilih tahu yang kualitasnya bagus.
  • Tahu dan bahan pelengkap lainnya silakan disajikan dan diaduk dengan merata bersama saus kacang sebelum anda menyajikannya untuk dinikmati.

Ketoprak bisa anda hadirkan di tengah-tengah keluarga jika bingung memilih menu untuk keluarga tercinta. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkannya juga sederhana. Anda bisa membuatnya dengan cepat dan praktis di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga  Resep dan Cara Memasak Sayur Tahu Cabe Gendot yang Pedas, Nikmat dan Menggugah Selera

Tinggalkan komentar

Rating Resep