Resep dan Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Semua jenis makanan dapat dijadikan tempura, hanya saja yang paling terkenal adalah tempura udang.Yuk,coba resepnya disini.

Taukah anda bahwa tempura bukan merupakan makanan asli Jepang melainkan diperkenalkan oleh Portugis pada pertengahan abad ke 16.Selain itu pada zaman edo tempura merupakan makanan pedagang kaki lima yan snagat terjangkau. Bahkan pada asalnya tempura hanya terkenal di daerah Kyushu dan Okinawa yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang didatangkan di luar Jepang.

Di Jepang gorengan seperti tempura sudah terkenal dengan sebutan Satsuma-age. Sedangkan untuk tempura sayuran disebut dengan shojin-age sedangkan beberapa tempura dibagi menjadi dua yaitu tempura yang dengan adonan kuning telur saja disebut kinpura sedangkan untuk tempura yang dibuat dengan menggunakan putih telur saja disebut ginpura.

Cara menyajikan tempura beranekaragam, ada yang langsung disantap bersama dengan saus khas tempura. Adapula tempura yang disajikan dengan menu lainnya seperti tendon rice bowl atau dikenal dengan udon atau soba.

Berikut adalah beberapa tempura yang terkenal, yaitu tempura ebi, sakana, nasu, kinoko, kabocha, satsumaimo, shiso dan kakiage.

Nah, inilah resep untuk anda membuat sendiri tempura di rumah :

tempura udang

Nama resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Review

4.8 review 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Bahan Utama Tempura Udang

  • 250 gram udang
  • 100 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur
  • 200 ml air dingin

Cara Membuat Tempura Udang Jepang yang Enak,Renyah dan Sederhana

Cara Membuat Adonan Tempura

  1. Pertama-tama,aduk tepung dengan baking powder dan garam hingga merata
  2. Lalu kocok kuning telur hingga lepas dan masukan air dingin. Apabila diperlukan tambahkan 2 buah es batu selain itu anda harus tetap menjaga adonan tetap dingin. Hal ini akan membantu untuk membedakan suhu antara minyak dan adonan.
  3. Kemudian tuang campuran dengan tepung , aduk menggunakan sumpit tidak lebih dari 10 kali. Adonan yang terlalu banyak diaduk akan membuat udang tidak reyah.

Cara Menggoreng Tempura Udang

  1. Langkah pertama taburkan sedikit tepung maizena ke dalam udang yang sudah dibersihkan
  2. Kemudian celupkan udang ke dalam adonan tepung hingga bagian udang terlumuri , kecuali bagian ekor udang
  3. Selanjutya goreng udang kurang lebih 2-3 menit hingga keemasan.
  4. Apabila anda ingin kulit lebih banya maka tuang sedikit adonan tepung ke tambahan atas udang kemudian goreng kurang lebih 7 detik.
  5. Sajikan tempura dengan tambahan saus khas tempura.

Bagi anda yang ingin mencoba tempura ini dapat dilengkapi dengan saus khas tempura atau saus sambal dan mayonnaise. Sedangkan bagi anda yang ingin mencoba mengikuti langkah-langkah membuat tempuira , kami sajikan dalam bentuk video tutiruak du bawah ini.

Bagi anda yang ingin mencoba tempura lainnya anda dapat mencoba tempura ikan, tempura ayam, tempura tahu atau tempura sayuran di resep yang telah kami sediakan . Anda juga dapat berbagi resep dengan teman-teman di media sosial anda, klik bagian share di bawah ini. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom bawah ini.  Selamat mencoba resep lainnya yang dapat membantu anda untuk menyajikan  hidangan istimewa ditengah keluarga. 

Loading...