Resep dan Cara Membuat Pancake Gandum Kentang yang Enak dan Spesial

Lezat dan nikmat adalah sajian pancake gandum kentang.

Sajian ini tentu saja bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resep membuat sajian pancake gandum kentang yang enak dan special? Simak resepnya dibawah ini.

pancake gandum kentang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pancake Gandum Kentang yang Enak dan Spesial

Review

4.7 review 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pancake Gandum Kentang yang Enak dan Spesial

Bahan-Bahan Pancake:

  • 75 gram tepung gandum
  • 85 gram havermut
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan gula semut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 butir telur
  • 100 gram kentang kukus
  • 225 ml susu cair
  • 50 gram quick melt cheese

Bahan Pelengkap Pancake:

  • 100 ml sirup maple/madu
  • 2 sendok makan gula tepung
  • 50 gram almond slice
  • 100 gram krim kocok non dairy

Cara Membuat Pancake Gandum Kentang yang Enak dan Spesial

Cara Membuat Adonan Pancake:

  1. Untuk yang pertama kita akan lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan pancake. Beberapa peralatan ini adalah hal penting yang tidak sebaiknya anda lewatkan. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah baskom, wajan anti lengket, sebuah piring saji dan kocokan untuk mengaduk adonan. Nah, mengingat peran peralatan yang cukup penting maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah pada resep kali ini.
  2. Selesai mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan mengocok telur dalam wadah. Caranya pecahkan telur dalam wadah dengan menggunakan pisau atau sendok, lalu aduk-aduk dan kocok sampai lepas dengan menggunakan kocokan. Sisihkan dalam wadah.
  3. Setelah itu siapkan mesin blender dan masukkan havermut atau gandum kedalamnya. Aduk-aduk dan haluskan secara merata dengan kecepatan paling tinggi pada blender. Setelah selesai matikan blender dan masukkan gandum yang sudah halus kedalam wadah.
  4. Selanjutnya untuk kentang, masukkan kentang dalam tempat cucian dan cuci sampai bersih hingga kotoran dan kuman yang masih tersisa bisa dibersihkan secara merata. Setelah itu, potong-potong kentang dengan bentuk yang sembarang, masukkan dalam panci dan kukus sampai matang. Setelah matang angkat sajian ini dan haluskan dengan menggunakan ulekan atau dengan menggunakan blender saat masih hangat. Sisihkan dalam wadah.
  5. Lelehkan margarin dalam wajan. Caranya masukkan margarin dalam wajan dan gunakan api yang sedang tunggu dan biarkan sampai margarin menjadi lebih leleh secara merata. Angkat bila sudah mencair dan sisihkan dalam wadah.
  6. Untuk cheese atau keju silahkan potong dengan bentuk kotak-kotak dengan ukuran yang anda inginkan.
  7. Untuk membuat adonan bisa dilakukan dengan mengayak terlebih dahulu campuran tepung gandum, havermut, gula palem, garam dan juga baking powder. Ayak bahan-bahan ini dengan menggunakan ayakan dan sisihkan dalam wadah.
  8. Setelah itu dalam wadah yang lain aduk rata susu bersama dengan telur, margarin yang sudah dilelehkan dan kentang yang sudah dihaluskan. Kocok secara merata hingga semua bahan ini teraduk keseluruhan.
  9. Bila sudah tercampur merata silahkan masukkan bahan adonan diatas kedalam campuran tepung gandum sedikit demi sedikit sampai semuanya habis. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  10. Panaskan wajan anti lengket, olesi dengan menggunakan margarin dan tunggu sampai panas. Setelah panas baru tuangkan adonan dan masak adonan sampai matang secara merata. Angkat dan sisihkan dalam piring saji.

Cara Membuat Bahan Pelengkap:

  1. Kocok terlebih dahulu krim kocok sampai mengembang dengan menggunakan mixer secara merata.
  2. Sangrai almond dan potong atau cincang dengan kasar.

Sajikan pancake dalam piring saji dan berikan krim kocok dibagian atasnya untuk kemudian taburi dengan kacang almond dan gula tepung secara merata.

Jangan lupa share dan bagikan resep ini.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat