Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Saus Lada Hitam yang Enak, Spesial dan Lezat

Hidangkan lezat dan nikmatnya sajian ikan lele goreng tepung dengan bumbu saus lada hitam.

Kombinasi renyah tepung bersama dengan lembutnya daging ikan lele akan membuat sajian ini tersaji dengan istimewa. Yuk, kita simak resep berikut ini untuk mengetahui seperti apa resep ikan lele goreng tepung saus lada hitam.

ikan lele goreng tepung lada hitam

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Saus Lada Hitam yang Enak, Spesial dan Lezat

Review

4.7 review 187

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Saus Lada Hitam yang Enak, Spesial dan Lezat

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 6 ekor ikan lele, difillet
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1/3 sdt merica bubuk

Bahan Bumbu Pencelup Ikan:

  • 3 sdm terpung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 3 sdm tepung mazeina
  • Secukupnya penyedap bubuk

Bahan Saus Lada Hitam:

  • 2 sdm minyak
  • 1 sdm lada hitam, kasar
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt saus tiram
  • 10 gr cabai rawit merah
  • 50 gr bawang bombai, iris kasar

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Saus Lada Hitam yang Enak, Spesial dan Lezat

Tips Untuk Membersihkan Ikan Lele Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan adalah dengan terlebih dahulu mencuci bersih ikan lele segar yang sudah anda persiapkan. Selain itu, ada beberapa bagian pada ikan lele yang harus dibuang dan dibersihkan sebab bagian ini tidak layak untuk dikonsumsi. Nah, bagian pertama pada ikan lele yang akan dibersihkan adalah bagian lendir yang ada pada tubuh ikan. Tahukah anda? Jika anda kesulitan membersihkan lendir ditubuh ikan lele, cara tradisional yang akan dapat membantu anda membersihkannya adalah dengan menggunakan abu gosok. Caranya, taburkan abu gosok pada tubuh ikan dan gosokkan pada tubuh ikan secara merata. Setelah ikan kesat, bilas kembali ikan dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang disisakan oleh abu gosok.
  2. Selanjutnya, kita bersihkan pula bagian insang yang ada dikepala ikan. Untuk membersihkan bagian ini, lakukan dengan menggunakan pisau dan bersihkan lapisan insang ikan secara merata hingga bagian ini bersih.
  3. Kemudian bersihkan jeroan yang ada diperut ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikannya secara merata. Pastikan anda membersihkan jeroan ikan hingga bersih merata.
  4. Setelah itu, silahkan fillet ikan lele dengan memisahkan bagian daging dan tulangnya. Buang juga bagian kepala ikan lele, sebab bagian ini tidak akan digunakan.
  5. Terakhir, silahkan lumuri ikan lele dengan menggunakan air jeruk nipis dan seasoning dengan menggunakan bawang putih, merica dan juga garam. Setelah itu, biarkan ikan selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Saus Lada Hitam:

  1. Setelah ikan didiamkan dengan bumbu rendaman, selanjutnya silahkan panaskan minyak diatas kompor yang menyala dengan api yang sedang. Tunggu hingga minyak menjadi lebih panas secara merata.
  2. Sebelum fillet ikan lele digoreng, silahkan campurkan terlebih dahulu bahan pencelup dalam sebuah wadah dan aduk-aduk merata.
  3. Ketika ikan hendak digoreng, silahkan celupkan ikan terlebih dahulu pada bahan ini. Untuk selanjutnya goreng ikan hingga matang dan berwarna keemasan.
  4. Angkat ikan jika sudah matang dan tiriskan minyaknya untuk selanjutnya disisihkan terlebih dahulu.
  5. Sekarang, kita akan buat bumbu saus lada hitamnya. Caranya, panaskan kembali minyak diatas wajan dan tumis bawang bombay hingga tercium bau harum yang lezat.
  6. Setelah itu, masukkan saus tiram bersama dengan kecap manis, cabai rawti dan juga lada hitam. Aduk-aduk dan masak hingga harum.
  7. Kemudian, masukkan air kedalamnya dan amsak hingga air mendidih. Masukkan tepung mazeina sedikit saja dan aduk-aduk hingga mengental.

Setelah saus lada hitam matang angkat saus dan sajikan bersama dengan ikan lele goreng tepung yang sudah kita buat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda.

loading...
loading...