Resep Masakan Lengkap dan Cara Masak Sayur Kacang Panjang Kuah Bening yang Sedap

Kacang panjang merupakan jenis sayur yang sudah tidak asing lagi, ya hal tersebut disebabkan karena sayur yang satu ini mudah ditemukan.

Sama seperti jenis sayur yang lainnya, kacang panjang pun memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Selain bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, kacang panjang biasanya dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu seperti dijadikan sayur atau tumisan.

Jika pada sayur asem anda selalu menemukan kacang panjang sebagai bahan pelengkap, maka lain halnya untuk sayur yang akan kami sajikan resepnya kali ini. Kacang panjang akan menjadi bahan utama dengan kuah bening yang melengkapinya. Cita rasanya yang sedap akan menggugah nafsu makan anda.

Anda bisa membuat sayur kacang panjang bening ini sebagai menu makan untuk hari ini. Cara membuatnya sangat sederhana dan praktis, bagi anda yang baru belajar memasak tidak akan measa kesulitan ketika berada di dapur. Tidak hanya itu saja, tetapi bahan pelengkap lain dan bumbu yang dibutuhkannya pun mudah ditemukan. Lantas apa saja resep dan bagaimana cara masak sayur kacang panjang kuah bening? Jika penasaran yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Sayur kacang panjang bening

Nama Resep

Resep Masakan Lengkap dan Cara Masak Sayur Kacang Panjang Kuah Bening yang Sedap

4.8 201

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Memasak Sayur Kacang Panjang Kuah Bening yang Sedap

Bahan Utama Sayur Kacang Panjang Kuah Bening

  • 150 gram kacang panjang
  • 50 gram taoge
  • 50 gram jagung keputren
  • 1.250 ml air kaldu

Bumbu Sayur Kacang Panjang Kuah Bening

  • 4 cm temu kunci
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Gula merah sisir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Masak Sayur Kacang Panjang Kuah Bening yang Sedap

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Kacang Panjang Kuah Bening

  1. Langkah pertama yaitu, cuci bersih kacang panjang yang telah disiapkan. Lalu potong kacang panjang tersebut dengan ketebalan 2-3 cm.
  2. Setelah itu, potong-potong jagung keputren.
  3. Lalu siangi taoge yang telah anda siapkan.
  4. Iris tipis bawang merah dan bawang putih.
  5. Kemudian memarkan temu kunci.

Cara Masak Sayur Kacang Panjang Kuah Bening

  1. Dalam proses memasak, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu didihkan air kaldu yang telah anda siapkan.
  2. Lalu masukan bawang merah dan bawang putih yang telah diiris dan temu kunci yang telah dimemarkan. Rebus bumbu tersebut sampai tercium aroma harum.
  3. Setelah itu masukan kacang panjang, jagung keputren, dan taoge. Aduk sampai merata. Rebus semuanya sampai layu.
  4. Kemudian, tambahkan bumbu seperi gula merah, garam dan penyedap rasa. Aduk merata sampai bumbu larut.
  5. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu merasap. Jika sudah seperti itu, siapkan mangkuk saji yang akan anda gunakan untuk menyajikan sayur kacang kuah bening ini. Lalu angkat sayur kacang panjang dari atas kompor, kemudian sajikan pada wadah yang telah disiapkan.

Sayur kacang panjang kuah bening telah selesai dibuat dan siap untuk disantap. Sayur kacang panjang bening ini bisa anda santap sebagai teman nasi. Anda pun bisa menyantapnya dengan kerupuk atau sambal. Tidak hanya itu, ketika menyajikannya anda bisa menambahkan bahan pelengkap seperti bawang goreng agar rasanya semakin gurih.

Itulah resep dan cara masak sayur kacang panjang kuah bening. Perkaya resep masakan yang anda miliki dengan resep-resep yang kami sajikan ini. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan kepada orang yang ada disekitar anda dengan cara mengklik tombol share.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons