Resep dan Cara Membuat Sayur Bobor Kacang Panjang yang Enak dan Sedap

Sayur bobor merupakan salah satu sayur khas masyarakat Indonesia, sayur yang satu ini memiliki cita rasa yang begitu khas.

Dimana kekhasan dari sayur yang satu ini muncul dari rasa kencur yang digunakan sebagai bumbu. Sayur bobor pada umumnya menggunakan daun lembayung atau daun kacang panjang. Namun selain daun tersebut, sayur yang satu ini biasanya memanfaatkan sayur-sayuran lainnya seperti kangkung, bayam tidak terkecuali kacang panjang.

Sayur bobor kacang panjang tidak akan kalah enak dari sayur bobor jenis lainnya. Kacang panjang yang renyah akan berpadu dengan kuah santan gurih dalam hidangan, terlebih lagi ditambah dengan rempah dan bumbu pilihan sehingga dengan begitu sayur yang satu ini pun akan tercipta lebih sedap dan spesial.

Resep sayur bobor kacang panjang yang akan kami sajikan kali ini bisa menjadi referensi bagi anda ketika menyajikan menu makan untuk keluarga di rumah. Cara membuat sayur yang satu ini sangat mudah dan sederhana, bahan dan bumbu yang dibutuhkannya tidak sulit sehingga mudah ditemukan baik di pasar tradisional atau di warung terdekat rumah. Nah, bagi anda yang merasa penasaran akan resep dan cara membuatnya, anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Resep sayur bobor kacang panjang1

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sayur Bobor Kacang Panjang yang Enak dan Sedap

4.7 189

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Sayur Bobor Kacang Panjang yang Enak dan Sedap

Bahan dan Bumbu Utama Sayur Bobor Kacang Panjang

  • 150 gram kacang panjang
  • 50 gram tempe
  • 500 ml santan dari ¼ butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Bumbu Halus Sayur Bobor Kacang Panjang

  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah

Cara Membuat Sayur Bobor Kacang Panjang yang Enak dan Sedap

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Bobor Kacang Panjang

  1. Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yakni potong kacang panjang yang telah disiapkan dengan ketebalan kurang lebih 3 cm. Lalu cuci kacang panjang tersebut sampai bersih.
  2. Setelah itu,potong tempe membentuk dadu.
  3. Haluskan semua bumbu yang telah ditentukan seperti di atas.

Cara Membuat Sayur Bobor Kacang Panjang

  1. Langkah pertama yaitu, masukan santan yang telah anda siapkan pada panci. Lalu rebus sampai santan mendidih.
  2. Setelah itu, masukan daun salam dan bumbu halus. Masak hingga tercium aroma harum dari bumbu.
  3. Selanjutnya, masukan kacang panjang dan tempe yang telah dipotong. Aduk sampai merata. Masak hingga tempe dan kacang panjang matang.
  4. Kemudian, tambahkan bumbu seperti garam dan gula pasir. Aduk sampai bumbu larut. Masak kembali sampai semua bahan benar-benar matang dan bumbu meresap.
  5. Jika telah matang, angkat lalu sajikan pada mangkuk saji yang telah anda siapkan.

Sayur bobor kacang panjang telah siap dihidangkan. Sayur yang satu ini akan lebih nikmat apabila di santap dalam keadaan hangat beserta nasi hangat pula. Anda juga bisa menambahkan lauk pelengkap sesuai dengan selera anda.

Itulah resep dan cara membuat sayur bobor kacang panjang. Sangat praktis bukan? Semoga resep yang kami sajikan bermanfaat dan bisa menambah koleksi resep masakan anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan kepada saudara, teman, sahabat atau orang-orang yang ada di sekitar anda lainnya, dengan cara klik tombol share yang tersedia. Berikan pula komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons