Resep dan Cara Membuat Donat Polos/Plain Doughnut yang Enak, Renyah, Lembut dan Lezat

 

Sajian plain doughnut atau donat polos adalah bentuk sajian dari kue donat yang paling sederhana.

Sebelum topping banyak dijumpai, penyajian kue donat pada dasarnya hanya berbentuk kue cincin yang dinikmati bersama dengan gula tepung. Nah, agar anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah dengan mduah maka mari kita simak resep mudahnya dibawah ini.

donat polos

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Donat Polos/Plain Doughnut yang Enak, Renyah, Lembut dan Lezat

4.8 764

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

25 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Donat Polos/Plain Doughnut yang Enak, Renyah, Lembut dan Lezat

Bahan-Bahan Donat:

  • 350 gram tepung terigu
  • 6 gram ragi instan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 30 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 kuning telur
  • 50 gram mentega tawar
  • 185 ml air es
  • minyak padat untuk menggoreng

Cara Membuat Donat Polos/Plain Doughnut yang Enak, Renyah, Lembut dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dngan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan ini akan sangat membantu anda untuk dapat membuat adonan yang lebih mudah dan lebih praktis. Untuk itu, maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah yang satu ini. Adapun beberapa peralatan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah wajan untuk menggoreng, baskom untuk membuat adonan, beberapa wadah untuk menampung bahan-bahan, kocokan untuk mengaduk adonan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah.
  2. Setelah selesai, lanjutkan dengan mengayak beberapa bahan kering seperti tepung terigu, ragi instan, baking powder dan juga gula pasir. Aduk-aduk dan ayak dengan menggunakan saringan untuk kemudian tempatkan dalam wadah yang sama.
  3. Bila sudah selesai silahkan masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit kedalam campuran bahan kering tadi dan uleni dengan menggunakan tangan secara merata.
  4. Setelah itu, silahkan masukkan mentega tawar bersama dengan garam. Uleni bahan ini secara merata hingga teksturnya menjadi lebih elastic. Lalu diamkan sementara selama kurang lebih 30 menit.
  5. Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan. Lalu dengan menggunakan timbangan silahkan timbang adonan menjadi masing-masing ukurannya sebanyak 30 gram. Lalu bulatkan adonan dengan menggunakan tangan dan sisihkan sementara selama kurang lebih 10 menit sampai mengembang secara merata. Jangan lupa tutupi bagian atasnya dengan menggunakan lap basah.
  6. Kemudian, pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan cetakan secara merata. Lalu letakan adonan diatas loyang yang telah diberikan dengan taburan tepung terigu secara merata. Setelah itu, sbeelum terburu digoreng, silahkan diamkan kembali selama kurang lebih 60 menit sampai adonan donat benar-benar mengembang.
  7. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian tunggu sampai minyak goreng dalam wajan menjadi panas secara merata.
  8. Masukkan adonan donut kedalamnya dan masak dengan menggunakan api yang kecil sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan tiriskan sementara agar minyaknya turun. Sajian donat polos ini bisa langsung dinikmati. Atau bila anda ingin menambahkan topping, maka anda bisa dengan bebas melakukannya. Salah satu topping yang paling mudah da sederhana adalah dengan menambahkan gula tepung dibagian atas donat atau mengaduknya secara merata sampai donat terbaluti dengan gula tepung. Setelah itu, donat akan siap untuk disajikan bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons