Resep dan Cara Membuat Kue Cotton Doughnut yang Enak, Lembut dan Lezat

 

Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan cotton doughnut dirumah anda.

Sajian istimewa nan lezat ini kini sudah tak hanya bisa anda nikmati dari membelinya. Sebab kini anda akan dapat membuat sajian ini dirumah dengan mudah dan sederhana. Ingin tahu seperti apa resep membuat kue cotton doughnut yang enak? Simak resepnya dibawah ini.

donat cotton

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Cotton Doughnut yang Enak, Lembut dan Lezat

4.8 875

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Cotton Doughnut yang Enak, Lembut dan Lezat

Bahan-Bahan Donat:

  • 70 gram mentega tawar
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 260 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • 450 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 kuning telur
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 50 gram gula pasir
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Hiasan Untuk Donat:

  • 10 keping oreo tanpa krim
  • 100 gram dark cooking chocolate

Cara Membuat Kue Cotton Doughnut yang Enak, Lembut dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama silahkan lakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan. Beberapa peralatan ini adalah barang penting yang perlu anda siapkan dengan betul. Untuk itu, maka silahkan persiapkan semuanya dengan seksama. Adapun beberapa peralatan yang harus anda siapkan diantaranya adalah baskom, loyang, beberapa wadah, sendok plastik, wajan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan sederhana. Untuk itu, mengingat cukup pentingnya peranan dari peralatan ini maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai mempersiapkan semua peralatan silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan semua bahan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kali ini.
  3. Selanjutnya adalah dengan menaburi loyang yang sudah anda siapkan dengan menggunakan tepung terigu. Hal ini diperlukan agar nantinya adonan donat yang dimasukkan kedalam loyang tidak menjadi lengket atau sulit untuk dikeluarkan karena menempel pada loyang. Setelah selesai sisihkan sementara.
  4. Kemudian lanjutkan dengan memanaskan mentega tawar dalam wajan sampai bahan ini menjadi leleh secara merata. Caranya, masukkan mentega dalam wajan dan nyalakan api pada kompor dengan api yang sedang. Setelah leleh, angkat dan matikan api sementara.
  5. Taburkan tepung terigu berprotein sedang kedalam mentega yang telah meleleh dan aduk-aduk bahan ini sampai menjadi kalis secara merara. Setelah itu, angkat dan sisihkan sementara.
  6. Panaskan susu cair dalam wajan dan panaskan jangan sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan kedalam kuning telur dan aduk-aduk bahan tersebut secara merata sambil terus diaduk dengan cepat.
  7. Selanjutnya tuangkan sedikit demi sedikit adonan kedalam campuran tepung terigu sambil diaduk-aduk sampai licin secara meraa. Angkat dan sisihkan sementara.
  8. Aduk tepung dengan protein yang tinggi bersama dengan ragi instan dan juga gula pasit. Masukkan campuran susu sedikit demi sedikit kedalam adonan dan aduk bahan ini sampai kali secara merata.
  9. Masukkan garam kedalam adonan dan uleni kembali sampai adonan berubah menjadi kalis secara merata.
  10. Giling tipis adonan dengan menggunakan rolling pin dengan ketebalan 1 cm. Giling kembali sampai menjadi lebih tipis. Lubangi bagian tengah adonan dengan menggunakan cetakan.
  11. Masukkan dalam loyang yang telah ditaburi dengan tepung dan diamkan selama kurang lebih 30 menit dalam loyang sampai bahan tersebut mengembang secara merata.
  12. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian goreng sampai matang hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan bila sudah matang.

Cara Membuat Hiasan:

  1. Silahkan panaskan coklat sampai meleleh pada wajan. Caranya masukkan air kedalam wajan atau panci dan masukkan coklat dalam mangkuk anti panas.
  2. Lalu tempatkan mangkuk diatas bibir panci dan biarkan meleleh.
  3. Haluskan oreo dengan menggunakan blender dan gunakan untuk menaburi donat setelah dicelupkan dalam coklat panas.

Sajikan saat sudah dingin.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons