Aneka Tips dan Trik Merawat Peralatan Dapur

TIPS ALAT DAPUR

Temukan solusi dari berbagai macam permasalahan yang menimpa alat masak anda di sini. Diharapkan tips dan trik yang kami sajikan ini bermanfaat dalam menjaga keawetan peralatan anda di dapur.

Tips Pintar Bersihkan Dapur Makan Untuk Dapur yang Bersih dan Nyaman

Tips bersihkan dapur

Memiliki dapur yang bersih dan nyaman merupakan dambaan untuk semua orang terlabih lagi bagi ibu rumah tangga.

Untuk mejaga agar dapur kita tetap bersih dan nyaman, maka hal yang harus kita lakukan yaitu menjaga dan merawat dapur tersebut dengan sebaik mungkin. Namun terkadang, banyak sekali masalah yang dihadapi karena mengingat dapur adalah tempat memasak. Masalah-masalah yang biasanya timbul yaitu adanya noda atau kotoran yang sulit dihilangkan. Tidak sedikit wanita atau ibu rumah tangga yang merasa geram akan keadaan ini.

Namun, untuk sekarang ini anda jangan merasa khawatir, karena ada beberapa tips pintar atau cara yang bisa anda lakukan ketika membersihkan atau merawat dapur untuk mewujudkan dapur bersih dan nyaman. Dengan tips ini dijamin dapur anda akan kembali kinclong. Berikut tips pintar membersihkan dapur makan yang bisa anda simak.

Tips Pintar Bersihkan Dapur Makan Untuk Dapur yang Bersih dan Nyaman

Baking soda

Baking soda ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kegiatan sehari-hari kita, yang mana salah satunya yaitu dapat membantu kita dalam membersihkan area dapur. Baking soda ini bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda-noda yang sulit dihilangkan, terlebih lagi untuk noda yang berminyak. Baking soda sangat aman digunakan, bahkan dipercaya sangat ampuh. Cara memanfaatkan baking soda untuk membersihkan dapur cukup mudah, anda hanya tinggal menggunakan alat pembersih spons atau kain bersih. Lalu tambahkan air dan campurkan baking soda ke dalamnya. Aduk sampai merata, aplikasikan atau semprotkan cairan tersebut pada noda yang sulit dihilangkan, kemudian tunggu beberapa menit. Baru setelah itu anda bisa langsung membilasnya atau menglapnya dengan menggunakan spons atau lap bersih.

Cuka makan

Jika anda sempat kesal karena mendapati lantai dapur kotor karena noda bekas mencincang daging yang tidak kunjung hilang, maka solusi yang bisa anda ambil yaitu membersihkannya dengan menggunakan ramuan berbahan dasar cuka. Mengapa cuka ampuh membersihkan bekas daging di meja atau lantai dapur? Hal ini disebabkan karena cuka mengandung bahan yang mampu mengikat bekas daging tersebut, serta mampu menghilangkan bau yang ditimbulkan oleh bekas daging. Nah, anda bisa mencoba tips ini untuk memudahkan pekerjaan anda di dapur.

Air panas

Seperti yang sudah kita ketahui, air panas merupakan salah satu musuh bakteri yang sulit dihilangkan. Membersihkan dapur dengan menggunakan air biasa faktanya tidak dapat membersihkan bakteri atau noda yang sulit dihilangkan, karena air biasa hanya mampu membersihkan noda yang mudah untuk dihilangkan saja. Apabila anda mendapati noda yang sulit membandel dan membekas di dapur anda, maka cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan air panas. Dengan air panas ini dijamin dapur anda akan kembali bersih dan nyaman seperti sedia kala.

Larutan pembersih lantai

Noda yang biasanya menempel di tempat cucian memang akan sangat sulit sekali dibersihkan. Untuk menghilangkannya, maka anda bisa menggunakan atau memanfaatkan larutan pembersih lantai. Caranya sangat sederhana dan mudah, dimana anda tinggal menyiapkan larutan pembersih lantai secukupnya, lalu setelah itu siramkan pada tempat mencuci piring yang terdapat noda membandel, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Sementara menunggu, anda bisa menyiapkan kain bekas, lalu basahi kain tersebut. Setelah itu, usapkan pada tempat yang terdapat noda. Lakukan secara berulang-ulang agar noda benar-benar hilang dan bersih.

Itulah tips membersihkan dapur untuk dapur bersih dan nyaman. Semoga tips yang kami sajikan ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Bagikan tips ini kepada teman anda, berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Tips Membersihkan dan Merawat Alat Masak Stainless Stell yang Baik dan Benar

Tips bersihkan alat makan stainless stell

Alat memasak merupakan peralatan yang sangat penting dan harus ada di dalam setip rumah, karena tanpa alat-alat memasak maka kita akan sangat susah atau kerepotan ketika hendak menyediakan sarapan, makan siang maupun makan malam.

Karena alat memasak merupakan alat yang penting, oleh sebab itu kita harus merawat dan memperhatikan alat masak tersebut dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar bahan dan kebersihan dari alat masak tersebut bisa dijaga dengan baik. Terlebih lagi untuk alat memasak berbahan stainless stell. Nah, untuk membersihkan atau merawat alat memasak berbahan stainless stell sebenarnya ada beberapa perawatan khusus yang harus kita lakukan. Mengingat harga alat masak tersebut cukup mahal, jika kita salah dalam membersihkan atau merawatnya maka kilaunya pun akan menjadi rusak.

Selain menjaga keadaannya, membersihkan dan merawat alat masak stainless stell dengan baik dan benar pun bertujuan untuk membersihkan bakteri dengan sempurna agar bakteri yang menempel tidak masuk ke dalam tubuh sehingga kesehatan kita akan tetap terjaga.

Lantas seperti apa tips membersihkan dan merawat alat masak berbahan dasar stainless stell? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips membersihkan alat masak stainless stell

  • Alat masak berbahan dasar stainless stell tentunya berbeda dengan alat masak yang lainnya, yang mana alat masak ini dilapisi dengan bahan anti lengket super yakni bahan silver stone. Cara membersihkan alat masak yang satu ini cukup mudah dan sederhana, dimana anda hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sabun, baru setelah itu bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Cuci alat masak tersebut dengan menggunakan bahan yang lembut seperti misalkan sabun pembersih, sedangkan untuk menjaga agar kilaunya tetap nampak maka jangan sekali-kali menggosok alat tersebut dengan menggunakan batu kembang.
  • Jangan sembarangan ketika membersihkan atau menggosok alat memasak tersebut. Anda harus menggosoknya sesuai dengan alur yang melingkar, dengan cara ini kotoran yang berada di sela-sela alur yang melingkar tersebut dapat dibersihkan dengan baik.
  • Jika terdapat sisa masakan yang membekas pada alat masak atau terdapat gosong, maka jangan sekali-kali membersihkannya dengan menggunakan benda tajam seperti pisau, garpu, sendok atau alat lainnya, karena jika digunakan maka akan menyebabkan lecet. Untuk membersihkannya maka anda bisa menyiapkan air hangat, lalu tuangkan air hangat tersebut ke dalam alat masak stainless stell, setelah itu diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, dengan begitu kotoran yang membekas akan hilang dengan sendirinya.

Tips merawat alat masak stainless stell

  • Setelah selesai mencuci alat masak berbahan stainless stell, maka pastikanlah bahwa anda mengeringkannya terlebih dahulu sebelum disimpan. Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan lap bersih.
  • Sebelum anda memakai alat masak tersebut, maka alangkah baiknya jika anda mencucinya terlebih dahulu dengan mengunakn air hangat dan cuka. Hal ini bertujuan agar bakteri yang menempel pada alat masak tersebut hilang. Setelah itu, anda bisa langsung membilasnya dengan menggunakan air bersih dan sedikit sabun.
  • Ketika menyimpan alat masak ini, maka anda harus menyimpannya di tempat yang baik dan benar. Tempat yang sejuk dan bebas debu merupakan tempat yang sangat dianjurkan untuk menyimpannya.
  • Agar alat masak tetap mengkilap dan nampak seperti baru lagi, maka cobalah untuk teteskan cuka dapur pada permukaan alat memasak tersebut. Lalu gosok pelan-pelan dengan menggunakan kain lembut.

Nah, itulah tips membersihkan dan merawat alat masak berbahan stainless still. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tips Jitu dan Praktis Menghilangkan Getah Nangka Pada Pisau

Tips bersihkan pisau dari getah

Siapa yang tidak kenal dengan buah nangka? Ya buah nangka merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Buah nangka memiliki cita rasa yang begitu enak dan nikmat. Setiap orang yang menyantapnya akan merasa ketagihan. Bahkan aromanya yang khas akan membuat banyak orang tergoda.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan matang, buah nangka juga bisa diolah menjadi berbagai olahan tertentu, seperti dijadikan kripik atau campuran kolak. Bahkan tidak hanya ketika matang saja, buah nangka yang masih muda pun biasanya banyak diminati, karena buah nangka muda ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan untuk menu makan. Banyak sekali menu makan yang bisa diolah dari buah nangka, seperti diolah dengan cara disayur, dibuat gudeg, ditumis dengan berbagai macam kreasi dan lain sebagainya.

Namun meskipun begitu, banyak sekali orang yang merasa malas ketika membelah atau membuka buah nangka. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, buah berukuran besar dengan kulit hijau bergerigi ini memiliki kandungan getah yang mana jika mengenai tangan atau pisau akan menjadi sangat lengket, kotor bahkan akan sulit sekali dibersihkan.

Beberapa orang tentunya akan melakukan cara untuk mencegah agar getah tidak menempel pada pisau, dimana cara yang biasanya dilakukan yaitu melapisi pisau dengan menggunakan plastik. Namun, untuk saat ini anda tidak harus melakukan hal seperti itu karena ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membersihkan atau menghilangkan getah nangka pada pisau. Cara ini terbilang cukup efektif, praktis dan cepat. Lantas seperti apa cara yang harus dilakukan? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips Jitu dan Praktis Menghilangkan Getah Nangka Pada Pisau

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, ambil pisau yang kotor karena getah nangka. Lalu nyalakan api kompor.
  2. Letakan pisau tersebut di atas api kompor menyala beberapa detik. Setelah itu lap pisau dengan menggunakan tisu tebal atau kain. Dengan begitu getah nangka pun akan bersih dan hilang dengan cepat.

Hal yang harus anda ingat yaitu, ketika masih dalam keadaan panas anda harus segera menglapnya, karena jika pisau sudah dingin getah nangka yang menempel pada pisau tersebut akan sulit untuk dihilangkan atau dibersihkan.

Ketika membersihkan getah nangka pada pisau panas maka anda harus lebih berhati-hati. Anda harus memastikan bahwa alat atau tisu yang digunakan untuk menglap tebal. Jangan sampai tangan anda menyentuh pisau panas tersebut, karena akan melukai tangan dan meningalkan bekas luka bakar.

Nah, sedangkan untuk menghilangkan atau membersihkan getah nangka pada tangan, anda hanya tinggal mengambil minyak goreng secukupnya saja. Lalu oleskan minyak goreng tersebut pada tangan, kemudian gosok-gosokan secara lembut dan perlahan. Setelah itu, anda bisa langsung mencuci tangan anda dengan menggunakan sabun dan air sampai benar-benar bersih. Dengan begitu, tangan anda akan menjadi bersih dari getah nangka yang lengket ini.

Itulah tips membersihkan atau menghilangkan getah nangka pada tangan. Dengan tips atau cara di atas kini anda tidak perlu takut ketika membelah buah nangka, dan dijamin pisau anda akan kembali bersih seperti semula. Mudah dan praktis bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan tips ini kepada teman atau sahabat anda baik di twitter atau di facebook. Tambahkan pula komentar anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet, Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Tips membersihkan merawat rice cooker

Rice cooker merupakan salah satu alat masak yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan rice cooker pekerjaan menanak nasi akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Namun meskipun begitu, kita tidak bisa menggunakan rice cooker dengan sembarangan, karena hanya dengan kesalahan kecil saja akan membuat rice cooker menjadi cepat rusak serta tidak bisa digunakan lagi.

Nah, untuk menghindari hal seperti itu maka anda harus rutin membersihkan dan merawat rice cooker yang anda miliki, karena dengan perawatan yang baik akan membuatnya lebih awet serta berumur panjang.

Lantas seperti apa merawat rice cooker agar awet dan tahan lama? Berikut ini penjelasan yang bisa anda simak.

Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet, Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Hindari mencuci beras menggunakan panci rice cooker

Biasanya banyak orang yang selalu mencuci atau membersihkan beras yang akan dimasak dengan menggunakan panci rice cooker itu sendiri. Namun, perlu kita ketahui kebiasaan tersebut dapat mengikis lapisan anti lengket yang ada pada panci, sehingga dengan begitu ketika memasak nasi kemungkinan besar akan menjadi lengket.

Cabut atau lepaskan stop kontak jika rice cooker tidak digunakan

Ketika anda selesai memasak atau menghangatkan nasi, maka alangkah lebih baiknya jika anda mencabut stop kontak. Ketika anda berniat untuk membersihkannya, maka pastikan rice cooker dalam keadaan dingin atau tidak panas.

Masak nasi sesuai kapasitas rice cooker

Agar rice cooker yang anda miliki tidak cepat rusak atau lebih tahan lama, maka pastikan anda memasak nasi sesuai dengan takaran yang ada dalam petunjuk. Jangan berlebihan memasak nasi dengan menggunakan rice cooker karena akan menyebabkan nasi susah matang serta meluber keluar, yang mana hal itu akan membuat rice cooker menjadi cepat rusak.

Biasakan selalu cek penampung uap air

Hal yang harus anda perhatikan yaitu, memastikan bahwa anda selalu mengcek penampung uap air yang ada pada rice cooker. Jika ada air di dalamnya maka segeralah untuk membuangnya, karena jika membiarkannya selama berhari-hari akan menyebabkan atau menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga nasi yang anda masak kelezatannya akan berkurang.

Cuci panci rice cooker dengan baik dan benar

Ketika mencuci panci rice cooker tentunya kita harus berhati-hati, hal ini bertujuan untuk membuat atau menjaga agar lapisan anti lengketnya tidak terkelupas dan rusak. Cara yang baik dan benar mencuci panci rice cooker yaitu, siapkan air hangat secukupnya. Lalu rendam panci rice cooker yang akan anda bersihkan di dalam air hangat tersebut. Diamkan beberapa saat sampai sisa nasi yang menempel pada permukaan dalam menjadi lunak. Setelah itu, gunakan sponge untuk membersihkan panci tersebut. Jika sudah, anda bisa langsung mengeringkannya dengan menggunakan kain lap.

Bersihkan badan rice cooker

Selain bagian dalam yang harus dibersihkan, anda juga harus membersihkan bagian luar rice cooker itu sendiri. Cara membersihkan badan rice cooker cukup mudah, anda hanya perlu lap basah untuk membersihkan debu dan segala kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan dengan mengangin-anginkannya agar badan rice cooker bersih dengan sempurna.

Nah, jika anda rutin merawat rice cooker, maka alat masak yang satu ini akan menjadi lebih awet dan tahan lama  serta tidak mudah rusak. Itulah tips atau cara merawat rice cooker. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share atau bagikan tips ini kepada teman anda, berikan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Tips Atau Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Karat yang Menempel Pada Alat Dapur

Tips bersihkan karat pada alat dapur

Semua orang tentunya menginginkan semua peralatan dapurnya selalu dalam keadaan bersih dan terlihat baru.

Namun sayangnya, proses memasak, perawatan dan penyimpanan yang tidak tepat kerap kali membuat alat-alat di dapur menjadi tidak seperti yang kita inginkan. Dimana biasanya masalah yang akan muncul yaitu karat.

Alat dapur yang berkarat biasanya akan langsung dibuang oleh sang pemilik karena dianggap membahayakan. Lantas apakah anda harus membeli alat dapur setiap saat? Tentunya tidak, karena alat dapur atau alat memasak yang berkarat masih bisa dibersihkan dengan tips atau cara yang kami jelaskan di bawah ini.

Tips Atau Cara Jitu Mencegah dan Mengatasi Karat yang Menempel Pada Alat Dapur

Cara mencegah karat pada alat dapur

  • Karat yang kemungkinan besar akan timbul pada peralatan memasak anda sebenarnya bisa dicegah, dimana cara mencegahnya cukup mudah dan sederhana seperti berikut:
  • Setelah memasak anda harus langsung membersihkan alat tersebut. Hilangkan atau bebaskan alat memasak dari sisa kotoran yang lengket atau menempel, karena kotoran tersebut dapat memicu karat.
  • Setelah mencucinya, maka sebelum disimpan anda harus memastikan bahwa alat tersebut dalam keadaan kering. Jika alat masak yang anda simpan belum kering, maka dapat memicu timbulnya karat.
  • Apabila alat masak terbuat dari besi, maka ketika mencucinya usahakan jangan digosok terlalu keras karena menggosok terlalu keras akan merusak lapisan luarnya. Jika itu terjadi, alat masak tersebut akan mudah berkarat.

Cara membersihkan karat pada alat memasak

Jika alat memasak yang anda miliki terlanjur berkarat, maka anda bisa membersihkannya dengan cara di bawah ini.

1. Manfaatkan lemon

Selain bermanfaat untuk kecantikan, lemon juga ternyata ampuh dalam membersihkan karat pada peralatan masak. Dimana pada lemon terdapat kandungan asam yang terbukti sangat ampuh dalam meluruhkan karat. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan atau membersihkan karat sangat mudah, dimana anda hanya tinggal menyiapkan buah lemon secukupnya. Lalu belah buah lemon tersebut menjadi dua bagian, kemudian gosokan pada alat masak yang berkarat. Setelah itu, taburi garam. Kemudian, gosok kembali sampai benar-benar bersih. Diamkan beberapa saat, baru setelah itu anda bisa langsung mencucinya atau membilasnya dengan menggunakan sabun.

2. Manfaatkan cuka

Selain lemon, cuka juga ternyata ampuh menghilangkan karat pada alat masak. Caranya yaitu, anda cukup mencampurkan cuka dengan air secukupnya saja, lalu rendam alat masak yang berkarat di dalm air tersebut selama kurang lebih satu malam. Untuk keesokan harinya, anda bisa menggosok alat masak tersebut dengan lembut dan perlahan sampai karatnya menghilang.

3. Manfaatkan kentang

Bahan makanan ini mengandung asam oksalat yang dipercaya ampuh dalam membasmi atau mengatasi karat. Cara menggunakan kentang untuk membersihkan karat yaitu, belah kentang yang sudah anda siapkan menjadi dua bagian, lalu taburkan soda kue. Setelah itu, gosokan kentang pada alat dapur  atau alat masak yang berkarat. Gosok sampai bersih dan karat menghilang. Baru setelah itu, anda bisa langsung mencucinya sampai bersih dengan menggunakan sabun atau cairan pencuci piring.

4. Minyak tanah

Selain ketiga bahan tersebut, minyak tanah pun ternyata efektif membasmi karat. Caranya sangat mudah dan sederhana sekali, oleskan minyak tanah pada alat dapur yang berkarat. Jika sudah, anda bisa langsung mendiamkannya beberapa saat. Setelah itu, gosok dengan menggunakan pasir sampai karatnya hilang. Kemudian, cuci alat dapur tersebut sampai benar-benar bersih.

Itulah tips atau cara membersihkan karat pada alat memasak. Sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bagikan atau share tips ini kepada teman dan sahabat anda, berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Tips Ampuh Membersihkan Panci atau Wajan yang Gosong dan Berkerak

Tips membersihkan panci atau wajan berkerak

Pada dasarnya, memasak merupakan kegiatan yang tidak bisa terlepas dari para wanita terlebih lagi wanita yang sudah berumah tangga.

Ketika memasak tentunya kita tidak bisa terlepas dari alat-alat untuk memasak itu sendiri seperti panci ataupun wajan. Namun, biasanya masalah akan timbul setelah memasak, dimana panci atau wajan yang digunakan untuk memasak tersebut menjadi gosong atau berkerak. Ketika menghadapi masalah seperti ini banyak wanita yang merasa geram dan kesal.

Membersihkan panci atau wajan yang gosong atau berkerak sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Namun, tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara melakukannya, sehingga dengan begitu biasanya mereka membiarkan panci atau wajan kesayangan mereka dalam keadaan yang buruk seperti itu.

Kita bisa membersihkan wajan atau panci yang gosong dan berkerak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan atau menguraikan kepada anda semua seperti apa tips membersihkan panci dan wajan yang gosong. Dengan adanya tips ini diharapkan dapat membantu pekerjaan anda. Lantas seperti apa tips atau cara membersihkan panci dan wajan yang gosong serta berkerak? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tips Ampuh Membersihkan Panci atau Wajan yang Gosong dan Berkerak

1. Air panas

Ketika mendapati panci atau wajan gosong, maka untuk membersihkannya anda bisa langsung segera merendam dengan menggunakan air panas. Kerak gosong yang menempel pada panci atau wajan akan menjadi lebih lembek, sehingga dengan begitu mudah dibersihkan.

2. Memanfaatkan cuka

Di dalam cuka terdapat kandungan asam asetat, dimana kandungan ini dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan atau mencuci panci dan wajan yang gosong. Cara menggunakan cuka untuk membersihkan panci dan wajan gosong cukp mudah, dimana langkah yang harus anda lakukan yaitu siapkan cuka secukupnya saja. Lalu siramkan cuka tersebut pada panci gosong dan berkerak. Setelah itu, diamkan beberapa saat. Baru setelah itu anda bisa langsung menggosoknya dengan menggunakan spons serta sabun sampai benar-benar bersih.

3. Manfatakan minyak sayur

Minyak sayur yang biasanya kita gunakan untuk memasak ternyata memiliki manfaat lainnya. Dimana minyak sayur diyakini dapat membantu membersihkan panci atau wajan yang gosong dan berkerak. Minyak sayur dapat membantu dalam melunakan kerak atau gosong pada kedua alat tersebut. Cara menggunakan minyak sayur untuk membersihkan panci dan wajan cukup mudah, anda hanya tinggal mengoleskan minyak sayur secara merata pada panci atau wajan. Diamkan beberapa saat, baru setelah itu anda bisa mencucinya seperti biasa dengan menggunakan sabun, spons dan air sampai bersih.

4. Baking soda dan air

Seperti yang kita ketahui, baking soda sangat ampuh dalam membersihkan kerak yang menempel pada alat-alat masak. Cara membersihkan panci atau wajan dengan baking soda yaitu, siapkan baking soda dan air secukupnya. Lalu campurkan kedua bahan tersebut, aduk sampai merata. Setelah itu, oleskan pada panci atau wajan yang gosong. Diamkan beberapa jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci panci anda seperti biasanya sampai bersih.

Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan menaburkan baking soda secara langsung pada panci atau wajan yang akan anda bersihkan, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, cuci sampai bersih.

Itulah cara membersihkan wajan atau panci yang gosong dan berkerak. Selamat mencoba.

Bagikan tips bermanfaat ini kepada teman-teman anda, berikan juga komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Tips Cerdas Membersihkan dan Merawat Alat-Alat di Dapur

Tips merawat alat dapur

Para wanita khususnya ibu rumah tangga biasanya memiliki hobi mengoleksi alat dapur.

Namun, banyaknya peralatan dapur yang dimiliki terkadang membuat bingung pemiliknya sendiri karena harus menuntut perhatian yang lebih ekstra dalam merawat dan menjaga kebersihannya.

Menjaga kebersihan dan merawat peralatan dapur adalah hal yang penting untuk dilakukan. Nah, berikut tips cerdas dan bermanfaat yang bisa anda lakukan ketika membersihkan atau merawat alat-alat di dapur.

Tips Cerdas Membersihkan dan Merawat Alat-Alat di Dapur

1. Panci

Cara membersihkan dan merawat panci pada dasarnya sangat mudah, dimana ketika sudah dipakai anda harus langsung mencucinya sampai bersih. Ketika memasak dengan menggunakan panci, akan lebih baiknya jika anda menggunakan api sedang agar panci tidak gosong atau berkerak. Namun, jika anda mendapati panci dalam keadaan gosong atau berkerak, maka anda bisa membersihkannya dengan cara: Siapkan baking soda dan air secukupnya, lalu campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Setelah itu, oleskan campuran ini secara merata pada panci yang gosong maupun berkerak. Diamkan beberapa menit, baru setelah itu anda bisa langsung mencucinya sampai bersih.

2. Wajan atau pan

Jika wajan yang akan anda gunakan untuk memasak masih dalam keadaan baru, maka anda bisa mengoleskan minyak goreng pada bagian bawahnya agar wajan tidak mudah berkerak serta warna aslinya terlindungi. Hindari merendam wajan atau pan setelah digunakan, akan lebih baik jika anda langsung mencucinya sampai benar-benar bersih. Jika wajan digunakan untuk memasak bahan makanan atau bumbu yang pekat dan amis, maka anda bisa menyiramnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Jika sudah bersih, lap wajan tersebut dan simpan di tempat yang tergantung.

3. Kompor gas

Setelah digunakan untuk memasak, maka anda harus langsung membersihkan kompor, terlebih lagi untuk sisa minyak yang menempel serta remah-remah  makanan yang ada pada lubang api. Sedangkan untuk sisa atau bekas cipratan minyak, anda bisa menaburkan tepug, lalu setelah itu menglapnya sampai benar-benar bersih.

4. Pisau

Jika anda ingin pisau tetap awet dan terus tajam, maka setelah digunakan segeralah cuci hingga bersih. Lalu setelah itu, lap dengan menggunakan tissue atau handuk sampai benar-benar kering. Letakan kembali pisau yang sudah digunakan pada tempat khusus untuk menyimpannya.

5. Talenan

Setelah talenan digunakan untuk alas memotong daging, ayam atau ikan, maka segera mungkin oleskan jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa lemak yang menempel. Setelah itu, anda bisa langsung menyiram talenan dengan menggunakan air panas. Baru anda bisa mencucinya seperti biasa sampai benar-benar bersih. Kemudian, simpan di tempat yang kering.

6. Mixer atau blender

Jika anda sudah menggunakan mixer atau blender seperti gelas atau wadah, sendok pemutar serta bagian-bagian lainnya, maka anda bisa langsung mencucinya sampai bersih. Sedangkan untuk blender atau mixernya anda cukup menglapnya dengan menggunakan tissue basah atau lap basah sampai bersih. Kemudian, keringkan dengan menggunakan lap kering.

7. Alat makan dari plastik

Alat makan yang terbuat dari bahan plastik akan membuat kotoran dan bau menempel erat serta susah untuk dibersihkan. Setelah digunakan, akan lebih baiknya jika anda merendam  dengan air yang sudah dicampur baking soda selama kurang lebih 10 menit. Baru setelah itu, anda bisa langsug mencucinya sampai bersih dengan menggunakan sabun. Sebelum disimpan, anda bisa menglapnya sampai kering.

Nah, itulah tips membersihkan dan merawat alat-alat di dapur. Selamat mencoba.

Bagikan resep ini kepada teman anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah.

  • 1
  • 2
Loading...