Tips Mudah dan Sederhana Mengatasi Nasi Lengket Saat Memasak

Beras merupakan makanan pokok Indonesia, meskipun sudah mengkonsumsi makanan berat, tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa belum afdol sebelum mengkonsumsi nasi. Oleh sebab itu kehadirannya di meja makan biasanya tidak bisa dilewatkan.

Mengolah nasi merupakan kegiatan yang sederhana dan mudah. Namun meskipun begitu, ketika mengolah nasi, seringkali orang merasa malas karena hasilnya seringkali mengecewakan, seperti misalkan nasi menjadi lebih keras, lembek bahkan terkadang menjadi lengket.

Saat ini sudah ada rice cooker atau alat khusus untuk memasak nasi, dimana dengan alat yang satu ini pekerjaan kita akan lebih mudah. Sedangkan bagi anda yang masih menggunakan cara manual atau menggunakan kompor, hal ini termasuk pekerjaan yang cukup rumit. Karena biasanya masalah-masalah akan selalu menghampiri dan menghambat.

Ketika nasi dalam keadaan tidak baik, maka kemungkinan besar selera makan kita akan menjadi berkurang. Oleh sebab itu, diperlukan tips atau cara untuk mengatasi nasi agar tidak lengket ketika dimasak. Tidak sedikit orang yang tahu seperti apa tips dan caranya, sehingga dengan begitu banyak orang yang jutsru melakukan kesalahan yang sama ketika memasak nasi.

Lantas seperti apa tips dan cara mengatasi nasi lengket saat memasak? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tips mengatasi nasi lengket ketika memasak

Tips Mudah dan Sederhana Mengatasi Nasi Lengket Saat Memasak

Jika anda masih memasak nasi dengan menggunakan cara tradisional, seperti misalkan menggunakan panci, maka akan ada baiknya jika panci tidak ditutup. Hal ini disebabkan karena beras yang ada di dalam panci akan bergesekan, serta melepaskan pati sehingga hal ini akan membuat nasi menjadi lengket ketika disajikan.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menambahkan air lebih banyak lagi agar butiran beras dapat lebih bebas bergerak. Memang akan sulit dimengerti jika anda menganggap semakin banyak air maka nasi justru akan semakin lembek.

Dengan menambahkan banyak air ketika memasak nasi, bahkan hingga mencapai konsistensi nasi seperti halnya ketika anda memasak pasta kemudian ditiriskan. Cara seperti ini akan menjaga butiran beras tidak saling bergesekan. Tujuan kita harus meniriskan nasi yaitu agar dapat memastikan nasi tidak terserap lebih banyak oleh air.

Sedangkan untuk beras merah, anda bisa memastikannya dalam waktu 25 menit. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun ketika menumis beras merah, baru setelah itu tiriskan agar beras tidak menjadi lembab yang berlebihan.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang nasi putih, dimana di antaranya nasi putih sangat mudah menyerap air. Untuk itu, anda bisa menggunakan sendok makan minyak untuk menumis beras selama 2 menit sebalum dimasak. Minyak memiliki fungsi untuk melindungi bantuk lapisan yang ada di sekitar butiran beras saat dimasak. Sehingga ketika anda menumis, akan membuat nasi menjadi semakin nikmat dengan aroma bakarnya.

Ketika memasak nasi, anda harus menambahkan air sebanyak empat kali dari takaran beras. Kemudian, masukan ke dalam panci dan rebus hingga nasi benar-benar matang. Untuk memastikan apakah nasi matang atau tidak, anda dapat memeriksanya setelah 15 menit setelah air mendidih.

Itulah tips mudah dan sederhana mengatasi nasi lengket saat di masak. Semoga membantu dan bermanfaat.

Bagikan tips bermanfaat ini kepada teman-teman anda dengan cara menekan tombol share, tambahkan juga pendapat atau komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

Loading...