Resep dan Cara Mengolah Kue Tradisional Klepon Singkong yang Nikmat dan Kenyal

Kue yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita semua, kue bulat yang dibalut dengan kelapa di luarnya bisa kita temukan dengan mudah di pasaran.

Biasanya kue tradisional yang satu ini terbuat dari tepung ketan, namun untuk kue kali ini terbuat dari singkong. Meskipun begitu cita rasanya akan tetap enak dan nikmat. Teksturnya yang kenyal akan membuat anda ketagihan.

Proses membuat kue tradisional klepon singkong ini sederhana dan praktis, oleh sebab itu anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah, meskipun belum pernah membuatnya sama sekali tetapi anda tidak akan merasa kesulitan. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang dibutuhkannya juga sederhana, anda bisa menemukan dan membali bahan-bahannya dengan mudah di pasar tradisional.

Penasaran apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan seperti apa cara membuat kue tradisional klepon singkong? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep klepon singkong1

Nama Resep

Resep dan Cara Mengolah Kue Tradisional Klepon Singkong yang Nikmat dan Kenyal

Review

4.8 review 239

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

16 porsi

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Tradisional Klepon Singkong yang Nikmat dan Kenyal

Bahan Utama Kue Klepon Singkong

  • 500 gram singkong
  • 85 ml air hangat
  • 75 gram tepung ketan
  • 125 gram gula merah
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Balutan atau Lapisan Kue Klepon Singkong

  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 gram kelapa parut kasar

Cara Mengolah Kue Tradisional Klepon Singkong yang Nikmat dan Kenyal

Cara Membuat Adonan Kue Klepon Singkong

  1. Pertama, ambil singkong yang sudah anda siapkan. Lalu parut singkong tersebut. Jika sudah, peras airnya.
  2. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan singkong yang sudah diparut  ke dalam wadah tersebut bersama dengan tepung ketan dan garam. Aduk-aduk sampai merata.
  3. Masukan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan mudah dibentuk.
  4. Lalu ambil sedikit adonan, bentuk bulat-bulat.
  5. Pipihkan adonan yang sudah dibulatkan tersebut, lalu beri sedikit gula merah yang sudah di sisir. Bungkus gula merah tersebut. Kemudian, bentuk bulat. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk bahan-bahan lainnya.

Cara Merebus Kue Klepon Singkong

  1. Anda harus menyiapkan panci terlebih dahulu, dimana panci ini digunakan untuk merebus adonan klepon yang sudah dibentuk tadi.
  2. Beri atau tuangkan air secukupnya saja ke dalam panci. Lalu rebus air tersebut sampai mendidih.
  3. Jika air sudah mendidih, masukan adonan klepon yang sudah dibentuk ke dalamnya. Rebus adonan sampai mengapung dan benar-benar matang.
  4. Jika adonan sudah matang, anda bisa langsung mengangkat dan meniriskannya.
  5. Campurkan kelapa parut yang sudah anda siapkan bersama dengan garam secukupnya. Lalu siapkan alat untuk mengukus dan kukus kelapa parut tersebut sekitar 5-10 menit.
  6. Jika sudah, angkat kelapa parut dan simpan di atas piring.

Ambil klepon yang sudah direbus tadi, lalu gulingkan di atas kelapa parut sampai permukaan klepon tertutupi oleh kelapa. Setelah itu, anda bisa langsung menyajikannya untuk di santap.

Kue klepon singkong sudah selesai dibuat. Dengan adanya kue klepon ini di tengah-tengah keluarga maka kehangatan keluarga anda akan semakin bertambah.

Itulah resep dan cara membuat kue klepon singkong. Selamat mencoba.

Sebarkan atau bagikan resep dan cara membuat kue klepon singkong ini, jangan lupa untuk memberikan atau menyertakan komentar pada kolom di bawah ini.

loading...