Resep dan Cara Membuat Tempura Ayam yang Enak ,Lezat dan Istimewa

Kini tidak hanya udang sebagai bahan utama tempura. Anda dapat menggunakan ayam yang enak dan lezat sebagai hidangan istimewa.

Tempura di restoran seringkali berbeda dengan tempura yang anda bikin sendiri di rumah,padahal resepnya sama saja sih, apa yang membedakannya ya? Pertanyaan yang wajar terjadi bagi anda yang ingin mencoba resep tempura rumahan yang istimewa.

Sebelum kami berbagi resep tempura ayam kami berbagi tips membuat tempura yang enak , lezat dan istimewa sehingga mirip dengan hidangan restoran. Saat membuat adonan agar kriuk adalah dengan mendinginkan adonan , hindari mencampur tepung dengan menggunakan air panas, bahkan sebauknya menggunakan air dingin atau dengan tambahan air soda.

Selanjutnya adalah mengaduk, ketika mengaduk adonan tepung gunakan sumpit, tujiannya agar tepung tidak menggumpal terlalu banyak sehingga tempura yang dihasilkan akan renyah. Begitupula ketika memasukan bahan secara bertahap, usahakan masukan bahan ke dalam adonan tepung satu persatu agar tidak banyak tepung yang menempel ke bahan .

Lalu terakhir adalah perhatikan minyak untuk menggoreng.Suhu yang ideal untuk menggoreng tempura adalah 170 derajat celcius , sehingga lebih dari itu akan mengakibatkan bahan belum matang tetapi tampilan gosong .

Setalah mengetahui tipsnya, anda semakin penasaran untuk mencobanya? Inilah cara yang dapat anda lakukan untuk membuat Tempura Ayam yang Enak ,Lezat dan Istimewa.

tempura ayam

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Ayam yang Enak ,Lezat dan Istimewa

Review

4.8 review 160

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk Resep dan Cara Membuat Tempura Ayam yang Enak ,Lezat dan Istimewa

Bahan Utama Tempura Ayam

  • 300 gram ayam fillet
  • 2 butir telur ayam
  • 150 gram tepung tempura
  • Air dingin
  • Minyak sayur secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelengkap Tempura Ayam

  • Kubis secukupnya
  • 1 batang wortel
  • Mayones secukupnya

Cara Membuat Tempura Ayam yang Enak ,Lezat dan Istimewa

  1. Langkah pertama ayam fillet dipotong memanjang dibeberapa bagain , kemudian mariner dengan garam dan lada, diamkan terlebih dahulu hingga meresap
  2. Kemudian campurkan kuning telur dan air es didalam wadah, selanjutnya tambahkan campuran tepung tempura
  3. Langkah selanjutnya tambahkan minyak ke dalam wajan, kemudian goreng ayam dengan mencelupkan ke dalam adonan hingga berubah warna menjadi kuning keemasan, angkat.
  4. Lakukan pada bahan lainnya.
  5. Sedangkan untuk membuat sausnya, campurkan irisan kubis dan wortel kemudian tambahkan salad dan mayones.Sajikan.

Meskipun sangat terkenal sebagai menu makanan Jepang, siapa sangka ternyata catatan yang ditemukan tempura ini diperkenalkan oleh Portugis di abad ke 16. Bahkan penjelasan mengenai nama tempura sendiri seringkali dihubungkan dengan penamaan dari nama portugis .

Pada zaman Edom tempura ditemukan sebagai makanan kaki lima yang berbahan ubi jalar, sayuram. udang atau umbi teratai. Bahkan tempura sendiri dibagi menjadi dua jenis berdasarkan telur yang dipakai yaitu kinpura yaitu tempura yang menggunakan kuning telur saja sedangjan ginpura adalah tempura yang menggunakan putih telur saja .

Anda ingin mencoba resep tempura diatas? Silahkan untuk mencoba dan berbagi di media sosial anda bahkan bagi anda yang ingin meninggalkan komentar silahkan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia di bawah ini, selamat mencoba resep tempura daging ayam untuk keluarga dengan tambahan saus yang istimewa . 

loading...