Resep dan Cara Membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

Selain udang atau ebi tempura terkenal dengan bahan utama sayuran, kali ini kami akan mengajak anda untuk mencoba resep tempura yang kriuk, enak dan renyah dengan cara yang sederhana untuk hidangan keluarga.

Tempura sayuran selain memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan sangat banyak diminati karena terdiri dari aneka rasa sayur.Beberapa bahan sayur yang sering digunakan adalah bawang bombay, terung ungu, daun bayam atau jamur shittake.

Saran penyajian tempura selain rasanya yang renyah adalah dapat disantap dengan berbagai macam makanan.Salah satu contohnya adalah ketika makan soba Jepang dengan tambahan tempura. Bahkan dinikmati dengan nasi yang diberi kecap manis sebagai Tendon rasanyapun sedap.

Kini, bagi anda yang ingin mencoba tempura di rumah. Kami akan memberikan tipsnya sehingga tempura lebih renyah dan gurih. Pertama adalah adonan tempura diaduk menggunakan sumpit sehingga tidak membuat tempura keras ketika disajikan. Kedua adalah penggunaan air es untuk membuat adonan mengembang ketika digoreng.

Bagi anda yang ingin mencoba tempura sendiri di rumah, kali ini kami akan berbagi resep dengan anda cara membuat tempura sayuran yang lengkap dengan bumbu tepung yang gurih dan renyah.

tempura sayur

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

Review

4.8 review 180

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

Bahan Utama Tempura Sayur

  • 300 gram udang ukuran besar tanpa kulit, sisakan ekornya, belah punggungnya, pipihkan
  • 150 gram bawang bombay, iris bulat
  • 150 gram terung ungu, potong 2, iris tipis membujur 1 cm
  • 150 gram daun bayam jepang
  • 50 gram  jamur shiitake, iris tipis
  • 300 gram  tepung terigu serbaguna
  • Minyak sayur, untuk menggoreng
  • 200 ml air es
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat Tempura Sayur yang Kriuk,Renyah dan Enak

  1. Langkah pertama bersihkan udang, kupas kulitnya, kemudian bagian punggungnya dierat dan terakhir adalah beri garam, sisihkan.
  2. Kemudian campurkan tepung dengan air hingga merata , kemudian masukan telur kocok hingga rata
  3. Selanjutnya lumuri udang, terung, jamur shiitake, bawang bombay dengan menggunakan adonan tepung
  4. Lalu panaskan minyak panas dengan menggunakan wajan anti lengket
  5. Goreng adonan hingga matang,warna berubah menjadi kuning keemasan
  6. Kemudian angkat dan tiriskan
  7. Sajikan selagi hangat

Untuk membantu anda dalam membuat tempura sayuran, kami sajikan dalam bentuk video tutorial di bawah ini . Sehingga anda dapat mengikuti proses pembuatannya, selamat menyaksikan.

Bagi anda yang ingin membuat aneka ragam sayuran lainnya dapat menggunakan wortel besar, jagung manis, paprika hijau, paprika kuning atau paprika merah dalam membuat tempura sayuran. Sedangkan untuk membuat saus tempura sendiri cukup mudah campuran dari kecap asin khas Jepang ditambah dengan mirin ditaburi parutan lobak dab bawang putih akan membuat tempura sayuran menjadi lebih enak.

Anda dapat mencoba resep tempura lainnya yang beranekaragam seperti tempura tahu, tempura daging, tempura ikan, tempura ayam atau tempura jamur. Selain rasanya yang gurih,menyantap tempura dapat disajikan diberbagai menu makanan lainnya sehingga tidak membuat anda bosan ketika menyantapnya.

Bagi anda yang telah mencoba resep tempura sayur , tidak ada salahnya untuk berbagi resep dengan teman atau keluarga anda melalui media sosial dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah ini . Selamat Mencoba. 

Loading...