Resep dan Cara Membuat Sendiri Tempura Rumahan Sederhana Khas Jepang yang Gurih dan Renyah

Yuk coba resep tempura terbaru kami,makanan khas Jepang yang terkenal di Indonesia.Bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan dan cara yang sederhana.

Tempura merupakan salah satu makanan Khas Jepang yang krispy dengan balutan tepung gandum. Bahan yang digunakan dapat disesuaikan dengan favorit keluarga,ikan ataupun sayuran.Kali ini kami mengajak anda untuk membuat tempura rumahan dengan cara yang sederhana tapi rasa yang istimewa.

Cara membuat tempura sangat mudah dan sederhana, bahan yang akan digunakan sebagai bahan utama tempura dicampur dengan telur kemudian dilumuri dengan bahan tepung lalu digoreng di wajan berisi minyak panas. Bumbu yang digunakan merupakan rempah yang umum tersedia dan sering anda gunakan untuk memasak sehari-hari.

Sedangkan untuk penyajian tempura dapat dimakan dengan tambahan saus khas tempura. Dibeberapa restoran Jepang saus terbuat dari arak dan kaldu ikan dengan tumbukan lobak ataupun jahe. Bahkan dapat disajikan dengna nasi atau dimakan bersama soba Jepang atau Udon.

Bahan yang umum digunakan untuk membuat tempura adalah udang meskipun sebenarnya anda dapat menggantinya dengan jenis ikan atau sayuran. Yuk, coba resep tempura rumahan yang sederhana di bawah ini.

tempura rumahan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sendiri Tempura Rumahan Sederhana Khas Jepang yang Gurih dan Renyah

4.9 109

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk  Membuat Sendiri Tempura Rumahan Sederhana Khas Jepang yang Gurih dan Renyah

Bahan Utama Tempura Rumahan Sederhana

  • 500 g udang ukuran sedang, buang kepala dan kulitnya hingga bersihkan
  • 125 g tepung terigu
  • 25 g tepung beras
  • 25 g tepung bumbu
  • 1 kuning telur kocok lepas
  • 250 ml air dingin (air es)
  • 1/4 sdt backing powder
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tempura Rumahan Sederhana

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan udang, cara membersihkan udang harus bersih kemudian tekan punggung udang dengan mengggunakan pisau hingga dapat memanjang.
  2. Selanjutnya siapkan wadah untuk adonan tepung,campurkan tepung bumbu, tepung terigu dan tepung beras hingga merata
  3. Selanjutnya masukan kuning telur yang telah dikocok lepas kemudian masukan backing powder dan merica hingga merata
  4. Panaskan minyak didalam wajan anti lengket, celupkan udang ke dalam adonan tepung
  5. Kemudian goreng hingga warna kuning keemasan dan matang
  6. Angkat kemudian tiriskan

Untuk memudahkan anda membuat tempura udang khas Jepang rumahan yang sederhana, kami akan tampilkan dalam bentuk tutorial video di bawah ini untuk langkah-langkah dalam pembuatannya. Silahkan untuk menyimak.

Apabila keluarga anda memiliki riwayat alergi dengan udang maka dapat diganti dengan jenis ikan . Ikan yang biasa digunakan misalnya adalah ikan laut, ikan tenggiri atau dapat juga menggunakan daging ayam atau daging sapi. Bahkan beberapa kedai menyajiikan sosis tempura yang tidak kalah renyah dengan tempura udang.

Bagi anda yang ingin mencoba resep mancanegara lainnya, anda dapat mengunjungi kembali website kami selerasa.com. Beberapa resep mancanegara dan hidanga utama khas Indonesia dapat menjadi pilihan anda dan keluarga. Anda juga dapat berbagi resep dengan teman atau keluarga di media sosial yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar yang telah tersedia apabila anda telah mencobanya. Yuk, mencoba resepnya dan berbagi dengan kami bagaimana tanggapan anggota keluarga anda ? 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons