Resep dan Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Indonesia kaya akan berbagai aneka resep masakan dengan berbahan dasar ikan.

Masakan ikan menjadi salah satu menu makanan favorit, terlebih bagi yang sedang melakukan liburan dimana selalu tersaji berbagai masakan dengan bahan dasar ikan. Salah satu ikan yang menjadi pilihan adalah ikan patin. Ikan patin yang yang hidup di air tawar ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya khas rasanya yang gurih, selain itu ikan patin juga memiliki tekstur dagingnya yang lembut, serta memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Masakan ikan patin banyak sekali ragamnya, salahsatunya ikan patin bakar, ikan patin tempoyak, pepes ikan patin. Namun kali ini membuat masakan ikan patin yang berbeda yaitu membuat masakan pindang ikan patin. Penasaran bagaimana cara membuat pindang ikan patin, yuk kita lihat resep dan cara memasaknya :

masakan pindang ikan patin

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Review

4.9review 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Bahan Utama

  • Ikan Patin 5 ons

Bahan untuk Kuah pindang ikan patin

  • 6 buah Rampai ( ukuran kecil)
  • cabe keriting secukupnya ( sesuai selera)
  • 2 ruas jari jahe
  • 5 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari laos
  • 5 tangkai sereh
  • 5 buah daun salam
  • 8 biji bawang merah
  • air asam jawa
  • ½ buah nanas matang
  • gula merah secukupnya
  • daun kemangi secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Cara Memasak 

  1. Yang pertama adalah membuat bumbu halus dengan menggunakan blender , masukan seperti  bahan berupa rampei (setengahnya), kemudian jahe lalu, kunyit, kemudian nasas belah menjadi dua bagian, lalu setengah bagian dimasukin pada blender, selanjutnya tambahkan cabe merah secukupnya ( sesuai selera, mau pedas / tidak), tambahkan air secukupnya lalu blender hingga halus.
  2. Selanjutnya bumbu halus dituang kedalam panci yang sudah berisi air sebelumnya yang sudah dipanaskan, diamkan hingga mendidih.
  3. Selanjutnya adalah mengiris setengah potongan nanas kecil-kecil, lalu iris pula rampai, lalu laos dimemarkan, bawang merah secukupnya di memarkan (digeprek), lalu serai di memarkan juga daun salam simpan dalam satu wadah, kemudian masukan pada panci , diamkan hingga mendidih dan harum.
  4. Yang terakhir adalah memotong ikan patin yang sudah dibersihkan sebelumnya menjadi beberapa bagian (sesuai selera), Lalu masukan pada panci yang berisi bumbu yang mendidih, diamkan sekitar 10 sampai 15 menit agar bumbu meresep pada ikan patinnya.
  5. Setelah itu tambahkan bumbu penyedap rasa secukupnya/ untuk ukuran air bumbu yang dimasukan 1 liter bias menambahkan bumbu penyedap sekitar 3-4 sdt
  6. Kemudian tambahkan air asam, Lalu kemangi kemangi agar baunya harum. Angkat
  7. Pindang ikan patin siap dihidangkan

Itulah dia Resep Dan Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin yang bias anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sederhana. Hidangkan makanan pindang patin ini ditengah-tengah keluarga tercinta anda pada saat makan malam. Dan tentunya dengan membuat masakan pindang ikan patin akan menambah koleksi menu harian anda. Anda juga bisa mencoba masakan ikan patin lainnya berupa ikan patin bumbu kuning yang tentunya sangat nikmat dan lezat.

Berikut adalah video Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Patin

Jangan lupa share resep dan cara membuat masakan pindang ikan patin ini kepada teman-teman ataupun keluarga anda. Dan tentunya beri komentar dibawah ini ya. Terima Kasih.

Video Resep Menarik Lainnya..

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda